Cara Main SNES di Linux dengan Emulator SNES9x - GimTekno

Cara Main SNES di Linux dengan Emulator SNES9x

SNES9x adalah salah satu emulator SNES terbaik bagi kamu yang ingin mencoba atau bernostalgia dengan game-game Super Nintendo zaman dahulu.

Emulator SNES9x sendiri bisa digunakan di banyak platfrom, termasuk Linux. Belum lagi cara pakainya cukup mudah dan fitur-fiturnya pun cukup lengkap mengingat aplikasi tersebut gratis.

Nah, buat kamu yang ingin coba main game Super Nintendo di Linux, berikut adalah cara instal emulator SNES9x di Linux agar kamu bisa melakukannya.

Cara Instal Emulator SNES9x di Linux

Tergantung distro Linux yang kamu gunakan, berikut adalah beberapa cara instal emulator SNES di Linux agar kamu bisa memainkan game Super Nintendo/Famicom.

Ubuntu

Beberapa emulator SNES populer seperti Higan dan SNES9x dapat diinstal langsung dari Software Center, atau menggunakan perintah berikut dari Terminal,

sudo apt-get update
sudo apt-get install snes9x-x

OpenSUSE

Pengguna OpenSUSE tidak perlu repot dengan masalah instalasi karena emulator SNES9x sudah ada pada OpenSUSE Build Service. Untuk menginstalnya, cukup masuk ke halaman SNES9x untuk SUSE, pilih distro Linux kamu lalu klik tombol 1-Click Install untuk mendapatkannya.

Arch Linux

sudo pacman -S snes9x-gtk

Fedora

Emulator SNES9x dapat diinstal melalui non-free third party repository. Untuk melakukannya, masuk ke situs RPM Fusion lalu pilih versi Fedora yang kamu gunakan. Setelah itu download non-free RPM tersebut lalu masuk ke folder download, install RPM, lalu instal emulator SNES9x dengan perintah berikut di Terminal,

# Masuk ke folder download
cd ~/Downloads

# Install RPM
sudo dnf install rpmfusion-nonfree-release-*.noarch.rpm

# Install emulator SNES9x
sudo dnf install snes9x-gtk

Cara Main Game SNES di Linux

Setelah berhasil menginstal emulator SNES9x, bermain game Super Nintendo dapat dilakukan dengan mudah. Tapi sebelumnya, pastikan kamu sudah download ROM SNES karena emulator ini tidak menyediakan game SNES secara default. Permainan Super Nintendo tersebut bisa kamu unduh melalui situs seperti

  • emuparadise.me
  • romsgames.net
  • retrostic.com
  • romspedia.com, dll

Setelah kamu mengunduh ROM SNES tersebut, buka aplikasi SNES9x lalu pilih menu File > Open ROM Image lalu pilih game yang ingin kamu mainkan. Tanpa menunggu lama, kamu sudah bisa memainkan game SNES favoritmu di PC Linux.

Cara main game snes di Linux dengan emulator SNES9x

Konfigurasi Gamepad

Game Super Nintendo lawas tentu akan lebih menyenangkan bila dimainkan dengan gamepad. Untungnya emulator ini bekerja dengan banyak jenis joystick dan gamepad tanpa perlu driver tambahan selama distro Linux kamu mengenali perangkat tersebut.

Untuk memetakan tombol kontroler kamu di SNES9x, masuk ke menu Options > Preferences lalu cari opsi JoyPads. Untuk mulai memetakan tombol, cukup klik pada opsi yang tersedia (seperti Up, Down, Start, dll) lalu diikuti dengan menekan tombol pada joystick kamu.

Setelah itu emulator SNES9x akan secara otomatis mengupdate pilihan tersebut. Jika sudah, klik tombol Apply.

Fitur Save Game

Fitur Save adalah hal yang lumrah pada setiap game Super Nintendo. Dengan opsi tersebut, kamu bisa melanjutkan permainan tanpa harus mengulangnya dari awal.

Pada emulator SNES9x, fitur Save menjadi jauh lebih baik karena permainan dapat disimpan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu menunggu opsi Save muncul di permainan.

Untuk melakukannya, klik menu File > Save State lalu pilih salah satu slot yang tersedia. Jika kamu ingin menlanjutkan permainan, kamu hanya perlu masuk ke menu File > Load State lalu pilih slot yang kamu gunakan untuk menyimpan game tersebut.


Itulah dia cara main game Super Nintendo di Linux yang bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan emulator SNES9x. Dengan emulator tersebut, kamu bisa bernostalgia atau sekedar mencoba beberapa game legendaris dari SNES di PC Linux kamu.

0 Komentar