7 Tips Agar Tidak Ngelag Saat Main Games di HP Xiaomi - GimTekno

7 Tips Agar Tidak Ngelag Saat Main Games di HP Xiaomi

Hp Xiaomi jadi salah satu merek smartphone pilihan buat mereka yang senang ngegame. Jika hp kamu terasa lemot, kamu mungkin butuh beberapa tips agar tidak ngelag saat main games di hp Xiaomi tersebut.

Lemotnya hp xiamoi sendiri dipengaruhi banyak faktor. Selain faktor usia, software yang outdate, minimnya tempat penyimpanan yang tersedia, sampai jaringan internet yang lemot akan membuat pengalaman ngegame kamu berantakan.

Jika kamu sering mengalami masalah tersebut, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba.

Tips agar main game di xiaomi tidak ngelag/lemot

Tips Agar HP Xiaomi Tidak Lemot

1. Restart HP

Jika game yang kamu mainkan sebelumnya bekerja dengan baik, tapi tiba-tiba ngadat saat akan dimainkan ulang, kamu bisa me-restart hp untuk membuatnya kembali normal.

Saat me-restart hp Xiaomi, kamu akan secara otomatis menghapus file temporary dan membersihkan cache pada memori untuk membuat performa hp kembali seperti semula.

2. Bersihkan Cache

Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang berfungsi untuk membuat proses komputasi hp menjadi lebih cepat. Namun jika terlalu banyak, hp kamu malah tidak akan memiliki space tersisa untuk menyimpan cache lainnya.

Untuk membersihkannya, kamu bisa mematikan dan menyalakan ulang hp kamu. Tapi jika kamu tidak mau repot, hp xiaomi juga memiliki fitur cache cleaner bawaan yang akan membantu membersihkan cache dan membuat performa hp kamu kembali seperti semula.

Untuk melakukannya, cukup cari aplikasi Security. Setelah itu pilih opsi Cleaner untuk mulai membersihkan cache pada hp Xiaomi.

3. Matikan Fitur Auto Sync

Auto-syncing adalah fitur yang akan mensinkronkan data-data dari hp kamu ke server Google dan layanan lain yang digunakan aplikasi kamu. Fitur ini memang akan berjalan di latar belakang, tapi prosesnya tetap saja 'memakan' banyak memori dan mengganggu jaringan internet kamu.

Untuk menonaktifkannya, kamu bisa masuk ke menu Settings lalu pilih opsi Accounts & Sync lalu matikan fitur tersebut agar game kamu mankin lancar.

4. Aktifkan Fitur Game Turbo Xiaomi

Game Turbo adalah fitur bawaan Xiaomi dengan OS MIUI 13 ke atas yang dirancang khusus untuk gamers. Dengan fitur ini, hp Xiaomi dapat mengunakan CPU dan GPU ponsel dengan lebih optimal. Selain itu ada pula fitur tambahan yang dapat memperbaiki kepekaan terhadap ketukan (tap), mengaktifkan fitur antialiasing, mengubah resolusi game, hingga meningkatkan kecepatan Mi Wifi.

Fitur Game Turbo di Xiaomi agar game lancar dan tidak ngelag

Untuk mengaktifkannya, silahkan masuk ke menu Settings lalu cari opsi Game Turbo. Setelah itu kamu bisa mengaktifkan fitur apapun yang dirasa bisa membantu kamu agar tidak ngelag saat main game di hp Xiaomi.

5. Nonaktifkan opsi HW Overlay

HW Overlay adalah salah satu ftur yang dapat mengatur penggunaan resource CPU atau GPU dalam menampilkan gambar pada layar smartphone. Menariknya, menonaktifkan fitur ini juga bisa membantu agar game tidak terasa lemot di hp Android.

Untuk melakukannya, kamu harus masuk ke Mode Pengembang (developer mode) terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu Settings lalu cek spek hp kamu pada menu My Device > All Specs. Tekan berkali-kali pada bagian MIUI Version hingga muncul notifikasi developer.

Jika berhasil, maka kamu bisa masuk ke fitur-fitur khusus pengembang yang bisa kamu akses di menu Settings > Additional Settings > Developer Options. Setelah itu kamu bisa menonaktifkan HW Overlay dan mainkan game kamu kembali.

Menonaktifkan fitur HW Overlays agar game tidak lemot di hp Android

Perlu dicatat bahwa menonaktifkan HW Overlays bisa meningkatkan performa beberapa game. Namun ada juga beberapa game yang tidak kompatibel dengan cara ini. Dan jika kamu melakukannya, jangan lupa untuk mengaktifkannya kembali karena cara ini akan membuat GPU kamu bekerja terus-menerus dan membuatnya cepat panan dan menghabiskan baterai.

6. Dinginkan HP

HP yang panas bisa jadi penyebab kenapa hp ngelag saat main game di Xiaomi. Agar tidak lemot, kamu bisa mendinginkan hp terlebih dahulu.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa memakai kipas pendingn HP alias mobile cooling fan yang bisa membantu kamu mengurangi panas pada hp saat bermain game. Satu tips penting saat memakai alat ini, colokkan cooling fan ke power bank agar tidak cepat menghabiskan baterai hp kamu saat digunakan.

7. Update OS Xiaomi

Menggunakan OS yang sudah tidak up-to-date juga bisa jadi penyebab kenapa hp Xiaomi lemot, terutama saat dipakai untuk menjalankan aplikasi dengan update terbaru. Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari dan menginstal update terbaru dari OS yang kamu pakai.


Itulah dia beberapa tips agar tidak ngelag saat main games di hp Xiaomi. Membersihkan cache atau menyalakan ulang hp biasanya sudah lebih dari cukup untuk mengatasinya. Namun sebagai langkah tambahan, mengaktifkan fitur Game Turbo atau menonaktifkan opsi HW Overlay bisa jadi solusi ampuh lainnya. (Gimtekno.com)

0 Komentar