16 Game Pixel Terbaik di Konsol Game Modern - GimTekno

16 Game Pixel Terbaik di Konsol Game Modern

Game pixel terbaik di konsol modern

Meski terkesan jadul, grafis piksel masih menjadi andalan bagi developer game. Maka tidak heran bila game pixel terbaik masih bisa kamu temukan di banyak konsol modern.

Penggunaan grafis piksel sendiri awalnya dipakai karena keterbatasan teknologi pada zaman tersebut. Makanya kita bisa menemukan banyak game era 2000-an ke bawah yang masih menggunakan desain kotak-kotak tersebut.

Seiring perkembangan zaman, tampilan visual yang lebih realistis dimungkinkan dalam konsol. Meski begitu desain piksel tidak serta merta menghilang. Tampilan jadul khas konsol 16 bit nyatanya masih tetap digunakan sampai sekarang, dan mendapatkan apresiasi karena desainnya yang unik.

Jika kamu menyukai atau sekadar ingin bernostalgia dengan tampilan seperti ini, berikut adalah beberapa game pixel terbaik yang bisa kamu temukan di PC dan konsol terbaru saat ini.

Game Piksel Terbaik di Semua Perangkat

1. Hyper Light Drifter

Release: 2016

Platform: Linux, Windows, OS X, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, iOS

Hyper Light Drifter

Menurut pembuatnya, Hyper Light Drifter adalah kombinasi antara The Legend of Zelda: A Link to the Past and Diablo, serta dunia yang terinpirasi oleh Nausicaa of he Valley of the Wind. Hasilnya adalah game luar biasa yang dengan dunia yang bisa kamu eksplorasi sesuka hati.

Game ini sendiri fokus pada estetika dan eksplorasi di mana kamu bisa berpetualang di dunia piksel. Ceritanya sendiri disampaikan dalam bentuk audio visual, sehingga kamu tidak akan menemukan dialog teks di game ini.

Secara keseluruhan, tampilan visual di mana setiap karakter dan latar belakang dibuat secara manual menjadi daya tarik terbesar game ini. Sistem pertempuran pun dibuat menarik dengan skill, equipment, dan senjata yang bisa kamu upgrade sepanjang petualangan.

2. Eastward

Release: 2021

Platform: Windows, MacOS, Xbox One, Nintendo Switch

Eastward

Eastward adalah game indie buatan Pixpil yang berbasis di Shanghai, Cina. Di game ini kita akan mengikuti kisah dua orang unik, John dan Sam, dalam mempelajari dunia di sekitar mereka.

Secara desain, Eastward adalah salah satu game dengan desain yang menawan. Meski berupa piksel, game ini sangat berbeda dengan game di era SNES dan menawarkan detail yang luar biasa.

Tidak cuma aspek grafis, cerita juga menjadi daya tarik yang kuat game ini. Dengan narasi dan gaya cerita yang baik, game ini pun memiliki ratusan karakter yang masing-masing memiliki desain serta dialog yang unik.

Untuk gameplay, Eastward menggunakan timing-based mechanic di mana setiap musuh memiliki gerakan yang bisa kamu pelajari dan hindari. Dua karakter kamu pun bisa saling bertukar tempat untuk melawan beragam monster di dunia Eastward.

3. Sea of Stars

Release: 2023

Platform: Windows, macOS, Linux, Nintendo Switch, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series X/S

Sea of Stars

Meski baru rilis tahun ini, Sea of Star sudah jadi salah satu rekomendasi game JRPG yang tidak boleh dilewatkan. Terinspirasi dari game RPG seperti Breath of Fire dan Chrono Trigger, Sea of Stars seakan mampu mengembalikan kejayaan game JRPG lawas dengan sentuhan yang lebih modern.

Bercerita mengenai perjuangan Valere dan Zale dalam melawan alkemis jahat, game ini memiliki semua elemen terbaik dari JRPG seperti cerita yang memukau, karakter yang menarik, serta tampilan piksel dan soundtrack khas game RPG lawas.

Tidak cuma itu, game ini pun banyak menyusupkan unsur gameplay modern meski tetap mempertahankan core gameplay seperti sistem turn-based combat khas JRPG. Belum lagi adanya banyak puzzle serta side quest yang mempengaruhi ending yang kamu dapat semakin membuat game ini pantas jadi salah satu game piksel terbaik.

4. Owlboy

Release: 2016

Platform: Windows, macOS, Linux, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One

Owlboy

Dikembangkan pada tahun 2007, Owlboy baru dirilis pada tahun 2016. Masa penantian yang panjang bagi penggemarnya pun dibayar tunai dengan game yang memukau, baik dari sisi grafis maupun cerita.

Game ini sendiri bercerita mengenai Otis, yang merupakan manusia setengah burung hantu, dalam mempertahankan tempat tinggalnya dari para bajak laut.

Pada game ini, kamu harus menaklukan setiap tantangan dengan puzzle-solving dan melawan musuh yang menghalangi jalan. Sistem pertempuran pun dibuat unik di mana kamu harus menggunakan strategi untuk memanfaatkan kelebihan dan senjata yang dimiliki oleh teman-teman kamu.

Bagian terbaik dari game ini adalah grafiknya. Meski dibuat per piksel, Owlboy mampu menampilkan gambar yang spektakuler, baik dalam menampilkan karakter maupun latar belakang. Hal ini pun dilengkapi dengan animasi yang tidak kalah berkualitas yang membuat Owlboy jadi salah satu game pixel terbaik yang bisa kamu mainkan.

5. 8-Bit Adventures 2

Release: 2023

Platfrom: Windows, Linux, macOS, Playstation 4, Playstation 5, Nintendo Switch, Xbox One

8-Bit Adventures 2

Sesuai namanya, 8-Bit Adventures 2 adalah game dengan grafis piksel. Tapi tidak hanya desainnya saja, game ini sendiri memang dibuat untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan game JRPG terbaik dari era NES, SNES, dan PS1.

Sama seperti kebanyakan JRPG jadul, game ini memiliki latar belakang fantasi. Di sini kamu dan teman-teman kamu harus menghentikan usaha dari seseorang dengan kekuatan mengerikan untuk mengubah dunia.

Secara keseluruhan, game buatan Critical Games ini memiliki segalanya yang kamu cari dari JRPG klasik. Dilengkapi dengan gambar piksel modern, 8-Bit Adventures 2 juga memiliki cerita yang memikat, karakter yang memorable, turn-based combat, party member, hingga soundtrack MIDI yang khas dari era keemasan JRPG.

6. Undertale

Release: 2015

Platform: Windows, Linux, OS X, Playstation 4, PS Vita, Nintendo Switch, Xbox One

Undertale

Game ini rasanya kebalikan dari game dari developer ternama yang berusaha membuat game mereka se-realistis mungkin. Bahkan dibandingkan game piksel dari era SNES, beberapa scene di Undertale terkesan di bawah standar.

Namun di balik kesederhanaannya, game ini menawarkan cerita yang sangat menarik dengan gameplay yang sangat unik.

Game ini sendiri berkisah mengenai usaha seorang anak kecil untuk kembali ke rumahnya setelah jatuh ke dunia bawah tanah dengan beragam monster di dalamnya. Meski sekilas menyeramkan, dunia ini ternyata sangat berbeda dengan banyaknya humor dan kepribadian monster yang ekssentrik.

Sistem pertempurannya pun tidak kalah unik di mana kamu bisa memilih untuk menjadikan monster sebagai teman. Pilihan kamu untuk membunuh atau mengambil sikap damai pun bisa mempengaruhi cerita ending yang kamu dapat.

Dengan cerita dan gameplay seunik ini, tidak heran jika grafis Undertale yang minimalis tidak menghalangi jutaan orang untuk mencoba game piksel ini.

7. Stardew Valley

Release: 2016

Platform: Windows, macOS, Linux, Playstation 4, PS Vita, Android, iOS, Xbox One

Stardew Valley

Stardew Valley mungkin jadi game piksel paling populer dan salah satu yang terbaik di era modern. Game ini sendiri memiliki konsep yang mirip dengan game Harvest Moon yang dulu tidak kalah populer di era Playstation.

Meski masuk kategori farming simulation, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selain bercocok tanam dan mengurus hewan ternak. Hal yang paling menarik adalah social simulation-nya di mana kamu bisa berinteraksi dengan setiap NPC dan mendapatkan respon yang berbeda.

Secara umum, Stardew Valley adalah game yang pas untuk kamu yang ingin bermain dengan santai sambil melakukan beberapa tugas berbeda yang bisa kamu lakukan di area rumah kamu.

8. Terraria

Release: 2011

Platform: Windows, Linux, macOS, PS3, PS4, PS5, iOS, Android, Windows Phone, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo 3DS, Switch, Wii U, Google Stadia, PS Vita

Terraria

Game piksel terbaik lain yang tidak kalah populer adalah Terraria. Meski sudah dirilis lebih dari sedekade lalu, Terraria masih banyak dimainkan di seluruh dunia dalam berbagai platform gaming yang ada.

Sekilas, Terraria mirip dengan game platform 2D side-scroller biasa. Namun bila kamu memainkannya, kamu bisa menemukan gameplay yang luar biasa kompleks di dalamnya.

Game ini sendiri terinspirasi dari Minecraft di mana kamu bisa mengumpulkan resource yang tersebar di berbagai tempat. Elemen yang paling mirip adalah mining dan crafting yang memungkinkan kamu untuk membuat beragam tools dan senjata yang dapat membantu kamu menaklukan ganasnya dunia Terraria.

9. Octopath Traveler 2

Release: 2023

Platform: Nintendo Switch, Windows, Playstation 4, Playstation 5

Octopath Traveler 2

Berikutnya ada Octopath Traveler 2 yang jadi game pixel dengan konsep yang sedikit unik. Beda dengan game piksel lainnya, game buatan Square Enix ini menggunakan teknik HD-2D yang mampu mengkombinasikan pixel art klasik khas SNES dengan efek background yang membuat gambar terlihat seperti 3D.

Tampilan unik ini juga dilengkapi dengan cerita menarik yang mengikuti kisah 8 orang tokoh utama yang berjalan bersamaan namun memiliki jalan ceritanya masing-masing. Menariknya, asing-masing karakter memiliki 'gaya' mereka sendiri dalam berinteraksi dengan NPC.

Hal ini membuat game ini dapat dimainkan berulang-ulang dengan alur cerita yang berbeda. Makanya tidak heran jika Octopath Traveler 2 jadi salah satu game JRPG terbaik di Nintendo Switch.

10. Dead Cells

Release: 2018

Platform: Linux, macOS, Windows, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, iOS, Android

Dead Cells

Dead Cells adalah game bergaya Metroidvania terbaik (Kombinasi game Metroid dan Castlevania) yang diluncurkan beberapa tahun belakangan ini. Game roguelike ini berhasil mengkombinasikan sistem pertempuran yang mengalir, menantang, dan dijamin bikin ketagihan.

Dead Cells sendiri menggunakan sistem permadeath yang akan membuat karakter kamu harus mengulang level bila kamu kalah. Namun setiap level akan memberikan kamu upgrade permanen untuk membantu kamu melawan musuh yang lebih kuat di level berikutnya.

11. Shovel Knight

Release: 2014

Platform: Windows, Linux OS X, Nintendo 3DS, Wii U, PS3, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, PS Vita

Shovel Knight

Shovel Knight adalah game 2D side-scrolling yang banyak terinspirasi dari game NES seperti Zelda II, Castlevania, dan DuckTales. Sesuai namanya, jagoan kamu dipersenjatai sekop yang bisa dipakai untuk mengalahkan musuh atau mencari harta karun.

Versi original Shovel Knight dirilis pada tahun 2014. Namun game ini masih rutin mendapatkan update dengan Shovel Knight: Shovel of Hope dan Shovel Knight Dig menjadi campaign baru mereka.

Satu hal menarik, game ini benar-benar membuat game mereka mirip dengan game NES dengan segala keterbatasannya. Jadi grafis mereka dibuat dengan palet warna serta jumlah sprite yang terbatas. Mereka bahkan menggunakan beberapa trik yang sama pada SNES untuk animasi karakter serta latar belakang game mereka.

12. A Space For The Unbound

Release: 2023

Platform: Nintendo Switch, Playstation 4, Playstation 5, Windows, Xbox One, Xbox Series X/S

A Space for the Unbound

A Space for the Unbound jadi game yang menarik untuk dimainkan gamers lokal, mengingat game ini dibuat oleh Mojiken Studio yang berbasis di Surabaya.

Game buatan Indonesia ini sendiri mendapatkan banyak pujian, terutama karena cerita dan narasinya yang sangat menyentuh hati. Tidak heran mengingat mereka berkonsultasi dengan para ahli terlebih dahulu untuk dapat menceritakan kisah mereka dengan sempurna.

Berlatar belakang sekolah di Indonesia pada era 90-an, kamu akan mengikuti petualangan Atma dan Raya dalam menelusuri misteri kekuatan supranatural yang tiba-tiba muncul di daerah mereka. Namun tidak hanya keseruan yang kamu dapat, cerita dalam game ini ternyata jauh lebih dalam dengan menyinggung masalah mental seperti kecemasan dan depresi.

Tanpa melebihkan karya lokal ini, grafik pixel yang digunakan tergolong sangat indah. Suasana yang familiar dengan kehidupan sehari-hari orang Indonesia pun bisa jadi alasan utama agar kamu mau mencoba salah satu game piksel terbaik tersebut.

13. Cassette Beasts

Release: 2023

Platform: Windows, linux, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch

Casette Beasts

Bicara game dengan tema monster collecting rasanya tidak bisa jauh dari Pokemon. Namun jika kamu mencari alternatif, Casette Beasts bisa memberikan kamu pengalaman yang sama, dengan cerita yang lebih dalam dan mekanis yang lebih kompleks

Sekilas, Caseete Beasts mirip dengan game Pokemon dari Nintendo DS dengan pixel art style dan konsep open world mereka. Namun untuk urusan gameplay, mereka memiliki formula sendiri yang terasa lebih fresh dibanding Pokemon.

Pada game ini, tokoh utama kamu bisa berubah menjadi binatang buas yang sudah kamu 'tangkap' menggunakan casette tape. Menariknya, tokoh kamulah yang akan mendapatkan poin untuk meningkatkan stats dan level up. Monster kamu sendiri memiliki mekanisme kompleks-nya sendiri yang pastinya menarik untuk kamu kulik!

14. Travellers Rest

Release: 2020

Platform: Windows, macOS, Linux

Travellers Rest

Travelers Rest adalah salah satu game simulasi bisnis dan manajemen mirip dengan Stardew Valley. Bedanya, di sini kamu menjadi penjaga penginapan dan bertugas untuk mengatur berbagai hal seputar tavern yang kamu miliki.

Di game ini, kamu bisa memasak, membuat minuman kamu sendiri, mengelola kebun, mengkustomisasi tavern kamu, dan bertemu dengan banyak karakter menarik. Karakter kamu pun bisa mendapatkan pengalaman untuk level up dan meningkatkan skill kamu dalam building, cooking, brewing, sosialisasi, atau magic.

15. Teenage Mutant Ninja Turtles: Shredder's Revenge

Release: 2022

Platform: Linux, Windows, Nintendo Switch, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Android, iOS

Teenage Mutant Ninja Turtles: Shredder's Revenge

Teenage Mutant Ninja Turtles adalah franchise game yang sudah menghasilkan banyak game beat 'em up' menarik. Sebagai contoh, Teenage Mutant Ninja Turtles: Tournament Fighters adalah salah satu game fighting terbaik di SNES yang masih asik dimainkan.

Jika kamu menyukai game semacam ini, Teenage Mutant Ninja Turtles: Shredder's Revenge adalah salah satu judul modern yang baru dirilis tahun kemarin di banyak konsol game.

Game ini sendiri masih menggunakan formula sukses mereka selama bertahun-tahun. Di game ini kamu bisa menggunakan karakter khas TMNT dan melawan musuh seperti Shredder dan Foot Clan. Gambar piksel dan sistem permainannya pun sangat mirip dengan game yang berasal dari zaman arcade mereka, sehingga cocok untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan game semacam ini.

16. Enter the Gungeon

Release: 2016

Platform: Linux, macOS, Windows, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Google Stadia

Ener the Gungeon


Jika kamu butuh game penuh aksi, Enter the Gungeon yang rilis pada tahun 2016 bisa jadi pilihan. Game rougelike plus dungeon crawling ini menjadi game tembak-tembakan nonstop yang tampak kacau tapi keren secara bersamaan.

Di game ini kamu akan berperan sebagai Gungeoneer yang berpetualang di Gungeon untuk melawan Boss dan Gundead untuk mendapatkan senjata terhebat. Tapi jangan sampai kamu kalah, karena kamu akan kembali ke level awal dan kehilangan semua item yang sudah kamu dapat!


Meski grafis berbentuk piksel memiliki kesan jadul, nyatanya banyak game modern yang dibuat menggunakan teknik desain tersebut. Dan jika kamu menyukai gambar semacam itu, beberapa rekomendasi game pixel terbaik di atas bisa kamu mainakan sesuai dengan platform gaming yang kamu miliki. (Gimtekno.com)

0 Komentar