Ranking 13 Game Digimon Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

Ranking 13 Game Digimon Terbaik Sepanjang Masa

Game Digimon Terbaik Sepanjang Masa

Berawal dari saingan Tamagochi, Digimon kini jadi salah satu franchise game dan anime terpopuler di dunia. Beragam game Digimon terbaik pun hadir di banyak konsol game sejak kemunculannya di Playstation 1 pada tahun 1999 lalu.

HIngga kini, sudah ada puluhan judul game Digimon, mulai dari seri utamanya, hingga beragam game spin-off yang sama-sama serunya. Genrenya pun tidak terbatas pada fighting saja, tapi juga RPG, Visual Novel dan balapan.

Sayangnya tidak semua game Digimon dibuat untuk pemain di luar Jepang. Untungnya kamu masih bisa menemukan game fanmade yang menerjemahkan game Digimon berbahasa Jepang ke Bahasa Inggris. Jika kamu menyukai seri ini, berikut adalah beberapa rekomendasi game Digimon terbaik yang bisa kamu mainkan.

Game Digimon Terbaik Sepanjang Masa

1. Digimon World 3

Release: 2002, Platform: Playstation 1

Digimon World 3

Daftar game Digimon terbaik kita mulai dari Digimon World 3 yang juga dikenal sebagai Digimon World 2023. Pertama kali rilis di Playstation 1 pada tahun 2022, game ini menjadi angin segar bagi franchise Digimon setelah seri sebelumnya flop di pasaran.

Berbeda dengan dua seri sebelumnya, Digimon World menggunakan formula berbeda. Pada game ini, pertarungan dilakukan dengan sistem turn-based yang umum digunakan pada game JRPG pada saat itu. Hal ini pun membuat unsur petualangan pada game ini lebih kental dibanding seri sebelumnya yang lebih condong pada pet simulator.

Dengan karakter klasik dari 3 season awal anime Digimon, kamu bisa berpetualan seru di dunia Digimon yang terdiri dari berbagai macam landscape. Kamu pun bisa mengembangkan Digimon kamu dengan metode evolusi Digivolution yang tergolong kompleks dibanding game Digimon lainnya.

2. Digimon World

Release: 1999, Platform: Playstation 1, PC

Digimon World

Digimon World adalah game pertama dari seri Digimon yang menjadi tonggak sukses awal mereka. Dirilis di Jepang pada tahun 1999, game ini membawa konsep pet simulator ke level berikutnya dengan cerita menyelamatkan dunia dari kehancuran yang disebabkan tokoh jahat Analogman.

Tidak seperti game sejenisnya, Digimon World sepenuhnya fokus pada menangkap dan membesarkan Digimon-mu. Jadi di game ini kamu bisa memelihara satu digimon hingga meraih form Ultimate-nya. Menariknya, game ini juga mirip Tamagochi di mana kamu juga harus memperhatikan kebutuhan Digimon kamu, seperti makan, istirahat, hingga waktu buang air.

Hal lain yang tidak kalah unik adalah penggunakan konsep umur pada Digimon. Setelah melewati masa hidupnya, Digimon kamu akan menghilang meski nantinya bisa terlahir kembali dengan stat dasar yang lebih baik. Meski hal ini menjadi perdebatan, Digimon World tetaplah jadi salah satu game Digimon terbaik yang bisa kamu mainkan.

3. Digimon Rumble Arena

Release: 2001, Platform: Playstation 1

Digimon Rumble Arena

Dirilis untuk Playstation 1 pada tahun 2001, Rumble Arena adalah game fighting pertama yang dibuat untuk Digimon. Sayangnya game ini muncul di akhir masa hidup Playstation 1 yang membuatnya kurang mendapatkan apresiasi.

Game ini sendiri sering dianggap sebagai tiruan Super Smash Bros. Meski gameplay-nya mirip, Digimon Rumble Arena juga menambahkan fitur baru seperti health bar, serta kemampuan untuk menyerap energi dan berevolusi ke bentuk yang lebih kuat.

Saat memulai, kita bisa menggunakan satu dari 9 karakter yang disediakan. Namun seiring perjalanan, kamu bisa membuka hingga 24 karakter untuk dimainkan. Menariknya, game ini menggunakan pengisi suara Digimon asli sehingga menarik untuk kamu yang menonton anime-nya.

Jika kamu menyukai game seperti ini, kamu juga mungkin akan suka dengan sekuel Digimon Rumble Arena 2, dan Digimon All-Star Rumble.

4. Digimon Racing

Release: 2004, Platform: Game Boy Advance

Digimon Racing

Game Digimon umumnya identik dengan petualangan atau pertempuran. Namun kali ini, karakter Digimon akan saling bersaing untuk menjadi yang tercepat di arena balapan.

Rilis pada tahun 2004 untuk Game Boy Advance, game ini memiliki konsep mirip Super Mario Kart di mana kamu bisa balapan mengunakan mobil balap kart mini. Kamu pun bisa mengambil item dan menggunakannya untuk menghantam musuh di lintasan atau membantu laju mobil balapmu.

Meski begitu konsep Digivolution yang identik dengan Digimon tetap bisa kamu temukan. Sepanjang lintasan terdapat power-up yang bisa mengisi meteran evolusi. Jka sudah terisi penuh, monster kamu pun bisa berubah menjadi bentuk terkuatnya dan memakai kekuatannya untuk mengalahkan musuh di lintasan.

Secara visual, game ini mungkin tidak sebaik game-game saat ini. Namun bagi penggemar Digimon yang ingin bernostalgia, Digimon Racing tetaplah jadi salah satu game Digimon terbaik yang bisa kamu mainkan.

5. Digimon Battle Spirit 2

Release: 2002, Platform: WonderSwan Color, Game Boy Advance

Digimon Battle Spirit 2

Digimon Battle Spirit pertama kali rilis di WonderSwan Color pada tahun 2002, sebelum akhirnya diporting ke Game Boy Advance pada tahun berikutnya. Game ini sendiri menggunakan Digimon yang berasal dari season 4 anime originalnya yang berjudul Digimon Frontier.

Saat memulai, kamu bisa memilih Digimon dalam bentuk rookie atau champion mereka. Digivolve pun dimungkinkan untuk membuat karatkter kamu makin kuat. Setelah itu, kamu hanya perlu bertanding satu lawan satu hingga bertemu Kerpymon/Cherubimon sebagai bos terakhir.

Secara keseluruhan, Digimon Battle Spirit 2 menonjol karena gameplaynya yang cepat dan menarik, baik untuk penggemar Digimon atau mereka yang senang dengan game fighting. Grafik yang menarik di masanya mampu menggambarkan kemampuan Digimon dengan baik. Mode multipemain pun berkontribusi untuk menjadikan permainan ini sebagai salah satu game Digimon terbaik sepanjang masa.

6. Digimon World Dawn And Dusk

Release: 2007, Platform: Nintendo DS

Digimon World Dawn and Dusk

Digimon World Dawn And Dusk adalah game yang rilis pada tahun 2007 sebagai bagian dari dunia Digimon Story. Bila diperhatikan, penamaan game ini mirip dengan game Pokemon yang memang menggambarkan dua game terpisah.

Sesuai namanya, masing-masing game memiliki cerita dan gameplay unik dengan tema "Siang" dan "Malam." Pada versi Dawn, kamu akan mendapati Digimon jenis Dragon, Water, dan Holy. Sementara pada versi Dusk, kamu akan menemukan Digimon tipe Dark, Insect, Machine, dan Beast. Tidak cuma itu, Digimon World Dusk pun lebih fokus pada cerita dibandingkan Digimon World Dawn yang fokus pada turnamen.

Meski sekilas jadi game mirip Pokemon, tetapi game ini punya keunikannya sendiri. Salah satunya adalah dunianya yang berbentuk seperti hub yagn saling terhubung dengan struktur berbasis penjara bawah tanah. Selain itu kebutuhan khusus untuk evolusi masing-masing Digimon pun membuat game ini unik dan jadi salah satu judul yang tidak boleh kamu lewatkan.

7. Digimon Survive

Release: 2022, Platform: Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, PC

Digimon Survive

Dirilis pada tahun 2022, Digimon Survive jadi entri paling baru saat tulisan ini dibuat. Meski begitu, game ini memiliki unsur cerita dan gameplay yang solid, yang membuatnya pantas disebut sebagai salah satu game Digimon terbaik sepanjang masa.

Beda dengan game Digimon lainnya, Digimon Survive menggabungkan genre visual novel dan tactical RPG. Plot cerita yang dimilikinya pun cenderung gelap dengan tema survival, yang rasanya lebih memikat untuk pemain remaja dan dewasa.

Sama seperti kebanyakan game visual novel, cerita jadi daya tarik utama game ini. Di Digimon Survive, setiap pilihan yang kamu ambil akan berpengaruh pada jalannya cerita, proses evolusi Digimon, hingga kematian karakter tertentu. Hal ini sendiri mendapatkan respon positif dari para kritikus game dan membuat Digimon Survive memiliki replayability yang tinggi dan asik dimainkan berulang-ulang.

8. Digimon World: Next Order

Release: 2016, Platform: Playstation Vita, Playstation 4, Nintendo Switch, PC

Digimon World Next Order

Digimon World: Next Order adalah game RPG open world dengan gameplay yang mirip dengan Digimon World. Makanya tidak heran jika banyak penggemar yang menyatakan game ini sebagai suksesor resmi Digimon World, meski jadi entri ke-6 dari seri ini.

Sama seperti Digimon World, di sini kamu harus bisa merekrut Digimon sebanyak-banyaknya sambil memelihara Digimon kamu sendiri. Dengan lebih dari 200 Digimon yang bisa direkrut, kamu punya banyak waktu untuk menikmati permainan ini.

Meski begitu Digimon World: Next Order juga memiliki keunikannya sendiri. Selain tampilan visual dan gameplay yang lebih baik, kamu pun bisa memilih 2 dari 10 Digimon awal. Kamu pun bisa memilih karakter perempuan maupun laki-laki yang memiliki sedikit perbedaan pada cerita.

9. Digimon Adventure

Release: 2013, Platform: Playstation Portable

Digimon Adventure

Digimon Adventure adalah game eksklusif Playstation Portable yang dirilis bersamaan dengan perayaan 15 tahun anime Digimon pertama. Maka itulah, cerita di game ini diambil berdasarkan season pertama anime Digimon, lengkap dengan para pengisi suaranya.

Dari segi gameplay, kamu bisa melakukan pertempuran 3 lawan 3 dengan sistem turn-based combat. Setiap karakter yang kamu mainkan pun memiliki tingkat persahabatan yang bisa ditingkatkan melalui cerita. Hal ini pun nantinya bisa berpengaruh pada munculnya opsi bantuan serangan, atau episode tambahan.

Sayangnya game ini hanya dirilis dengan Bahasa jepang saja. Untungnya kamu bisa mencari unofficial patch Bahasa Inggris yang dirilis oleh fans pada tahun 2018.

10. Digimon World DS

Release: 2006, Platform: Nintendo DS

Digimon World DS

Digimon World DS, yang di Jepang dikenal dengan Digimon Story, adalah game yang dipublikasikan Bandai Namco pada tahun 2006 di Nintendo DS. Game ini pun menjadi inspirasi bagi game Digimon lainnya dan banyak menghasilkan sekuel seperti Digimon World Dawn and Dusk, Digimon Story: Super Xros Wars Red and Blue, hingga Digimon Story: Cyber Sleuth.

Meski jadi bagian dari franshise Digimon, game ini memiliki banyak kesamaan dengan game Pokemon. Selain sama-sama harus melatih dan mengumpulkan semua Digimon yang ada, sistem pertempuran pun sama-sama menggunakan mode giliran. Kamu pun harus memperhitungkan jenis gerakan dan elemen untuk bisa menang.

Satu fitur yang berbeda di Digimon adalah adanya Digi-Farm. Di sini pemain bisa meningkatkan level Digimon, membuatnya berevolusi, hingga berkomunikasi dengan para Digimon. Pada versi aslinya, game ini juga memanfaatkan koneksi bluetooth NDS agar para pemain bisa melakukan battle 3v3 atau saling bertukar Digimon.

11. Digimon Story: Cyber Sleuth

Release: 2015, Platform: Playstation Vita, Playstation 4, Nintendo Switch, PC

Digimon Story: Cyber Sleuth

Cyber Sleuth terkenal karena usahanya untuk kembali ke gaya permainan asli Digimon World, namun dengan menggabungkannya dengan latar cyberpunk. Game ini dibua dengan fokus pada cerita, yang menampilkan banyak alur cerita dan pengembangan karakter yang menarik. Makanya, game ini sering dianggap sebagai salah satu seri yang menghidupkan kembali minat gamers dunia barat terhadap Digimon.

Kemampuan untuk beralih antara dunia nyata dan dunia digital menambah kedalaman eksplorasi dan pemecahan teka-teki. Beragam Digimon yang dapat dikoleksi, masing-masing dengan evolusi dan kemampuan yang berbeda, memberi pemain opsi kustomisasi yang luas dan kedalaman strategis dalam pertempuran.

Tidak cuma itu, penggabungan fitur online, karakter yang menarik, dan keseimbangan antara elemen Digimon klasik dan mekanisme game modern semakin berkontribusi pada daya tarik game ini. Makanya tidak heran jika Digimon Story: Cyber Sleuth mendapat respon positif dan jadi salah satu game Digimon terbaik sepanjang masa.

12. Digimon Story: Cyber Sleuth – Hacker's Memory

Release: 2017, Platform: Playstation Vita, Playstation 4, Nintendo Switch, PC

Digimon Story: Cyber Sleuth - Hacker's Memory

Digimon Story: Cyber Sleuth - Hacker's Memory jadi sekuel dari Digimon Story: Cyber Sleuth yang tidak kalah bagusnya. Melanjutkan peristiwa sebelumnya, game ini memberikan memperluas dunia cyberpunk di seri pertama dengan menambahkan protagonis baru, pemeran karakter yang beragam, dan tambahan karakter Digimon. Selain itu alur cerita juga dibuat lebih kompleks dan dalam, serta lebih melibatkan pemain.

Dengan gameplay yang tidak jauh berbeda, Hacker's Memory menawarkan perpaduan antara elemen RPG tradisional dan manajemen hewan peliharaan digital. Game ini memperkenalkan bentuk Digimon baru dan jalur evolusi, dengan penambahan sistem "Domination Battle" yang membuat pertempuran lebih strategis.

Tidak cuma itu, Hacker's Memory juga memanfaatkan fitur online, yang memungkinkan pemain untuk terhubung, saling bertukar Digimon, dan berkolaborasi. Integrasi ini meningkatkan replayability game dan mendorong interaksi antar pemain.

Secara keseluruhan, sekuelnya ini bisa dibilang lebih unggul dan sama-sama patut jadi salah satu game Digimon terbaik sepanjang masa.

13. Digimon World Re:Digitize

Release: 2012, Platform: Playstation Portable, Nintendo DS

Digimon World Re-Digitize

Digimon World Re:Digitize sering dianggap sebagai game Digimon terbaik. Sayangnya game ini hanya dirilis di Jepang, sampai akhirnya beberapa fans membentuk grup "Operation Decoded" dan membuat versi bahasa Inggris-nya. Langkah ini pun akhirnya diikuti oleh Bandai Namco dengan merilis Digimon World Re:Digitize Decode di Nintendo DS.

Beda dengan game sebelumnya, Re:Digitize kembali ke konsep awalnya sebagai pet simulator. Jadi mirip Tamagochi, kamu bisa memelihara dan melatih Digimon, serta mengkustomisasinya dengan berbagai aksesoris. Gameplay-nya sendiri menampilkan dunia open world di mana kamu bisa berpetualang dan melawan Digimon lainnya.

Satu perbedaan besar di game anime ini adalah desain karakternya yang lebih mirip 'manusia', bukan anime seperti biasanya. Dengan bantuan desainer dari Durarara! dan Shin Megami Tensei, game ini pun terasa lebih diperuntukan untuk pemain yang lebih dewasa.


Sebagai salah satu franchise terlama, Digimon memiliki banyak game yang memorable. Genrenya pun tidak terbatas pada fighting saja, tapi juga RPG atau balapan.

Satu hal yang pasti, elemen pet simulator dan Digivolution jadi hal yang tidak terpisahkan dari Digimon. Makanya kamu dapat melihat kedua hal tersebut di banyak game Digimon terbaik sepanjang masa di atas. (GimTekno.com)

0 Komentar