20 Rekomendasi Game Anime Terbaik di PC - GimTekno

20 Rekomendasi Game Anime Terbaik di PC

Memainkan game anime di PC seringkali jadi incaran bagi mereka yang menyukai film/seri animasi dari Jepang tertentu. Melalui game, kita bisa berperan sebagai tokoh favorit kita, dan berpetualang di dunia mereka yang fanastis.

Selain anime yang diubah menjadi game, ada juga lho game yang diubah menjadi anime seperti Ace Atorney, Amagami SS, Fate/stay night, Inazuma Eleven, Persona, sampai Pokemon.

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut adalah beberapa game anime terbaik di PC yang diadaptasi dari seri anime dan sebaliknya. Jadi bukan hanya yang punya visual art kartun ala anime saja!

Game Anime Terbaik di PC

1. The Idolm@ster Starlit Season

The Idolmaster adalah game buatan Bandai Namco Enertainment yang sudah ada sejak tahun 2005. Popularitas game ini membuat The Idolmaster berkembang menjadi banyak judul game lainnya, anime, manga, album musik, hingga konser live.

The Idolmaster Starlit Season

The Idolmaster sendiri memiliki gameplay unik di mana kamu menjadi produser dari sebuah grup idol wanita. Selain mengatur keseharian mereka, kamu pun bisa berinteraksi dengan banyak karakter yang memiliki kepribadian, latar belakang dan mimpi mereka sendiri.

Sayang kebanyakan game The Idolmaster terbaru hanya dirilis untuk perangkat Android dan iOS. Untungnya ada satu game anime The Idolmaster untuk PC bernama Starlit Season yang dirilis untuk memperingati 15 tahun seri ini.

Sama seperti game The Idolmaster lainnya, kamu harus bisa mengatur grup idol kamu. Agar menjadi yang terbaik, kamu harus mengingkatkan skill mereka melalui 3 mini-games mirip DDR di mana kamu harus menekan tombol dengan timing yang tepat. Pastikan juga konser berjalan sempurna agar grup kamu mendapatkan lebih banyak fans.

Selain hal tersebut, interaksi dengan masing-masing idol menjadi daya tarik utama game ini. Dengan tampilan semi 3D yang memukau, The Idolmaster Starlit Season jadi salah satu game anime terbaik untuk kamu yang menyukai visual novel dan genre manajemen.

2. Attack on Titan 2

Attack on Titan (AoT) atau Shingeki no Kyojin adalah seri manga populer karya Hajime Isayama. Manga ini jadi salah satu manga tersukses di pasaran dan sudah terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia, serta meraih banyak penghargaan bergengsi.

Attack on Titan 2

Attack on Titan sendiri memiliki cerita unik di mana umat manusia tinggal di kota dengan dinding tinggi yang menghalangi masuknya Titan. Dalam manga ini kita akan mengikuti kisah Eren Yaeger dalam usahanya membasmi para Titan bersama rekan-rekannya.

Popularitas AoT membuat manga ini diadaptasi menjadi anime pada thun 2013, dengan season terakhir direncanakan pada akhir 2023 ini. Buat kamu yang menyukai animenya, kamu juga bisa memainkan game anime di PC-nya, salah satunya adalah Attack on Titan 2.

Game AoT 2 menggunakan cerita dari dua season pertama anime Attack on Titan. Di sini kamu akan masuk ke 104th Cadet Corp dan beraksi melawan Titan yang masuk melalui Tembok Maria. Meski begitu ending game ini dibuat orisinil dan berbeda dari anime maupun manga-nya.

Game ini sendiri mendapatkan respon positif dari paran penggemarnya. Selain alur cerita yang panjang, game open world RPG ini juga menawarkan sistem pertempuran keren. Meski butuh waktu untuk dipelajari, kamu yang sudah beradaptasi dengan maneuver gear yang familiar di anime tersebut akan merasakan serunya terbang sambil melayangkan senjata ke arah Titan yang menyerangmu.

3. Captain Tsubasa: Rise of New Champions

Captain Tsubasa adalah salah satu manga yang sangat ikonik. Karaker utama manga ini, Tsubasa Ozora, bahkan menginspirasi banyak pesepakbola hebat seperti Alessandro Del Piero, Fernando Torres, Andres Iniesta, Hidetoshi Nakata, Alexis Sanchez, dan banyak lagi.

Captain Tsubasa: Rise of New Champions

Manga buatan Yōichi Takahashi muncul pertama kali pada tahun 1981, sebelum diadapatasi dalam bentuk seri anime di tahun 1983-1986. Setelah itu Captain Tsubasa terus dibuatkan anime-nya, bahkan hingga tahun 2023 ini.

Pada awalnya, cerita Captain Tsubasa hanya berkutat pada perjuangannya dan rekan-rekan dalam kompetisi antar sekolah. Namun dalam perjalaannya, cerita sang kapten juga ingin berkembang hingga saat ia bermain di luar negeri dan mengikuti Piala Dunia.

Bagi kamu yang menyukai film animasinya, kamu juga perlu memainkan game anime di PC yang tidak kalah seru. Salah satunya adalah Captain Tsubasa: Rise of New Champions.

Di game ini kamu bisa mengikuti cerita orisinil, atau membuat karakter kamu sendiri dan main dalam mode mirip Player Career. Kamu pun bisa memilih sekolah asalmu sebelum main di Kejuaraan Dunia Junior. Satu hal menarik dari Captain Tsubasa adalah jurus-jurus yang bisa kamu gunakan dalam pertandingan sepakbola. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Drive Shot dari Tsubasa, Tiger Shoot dari Hyuga atau Slice Shot dari Misugi.

4. Digimon Survive

Digimon (Digital Monster) pertama kali muncul pada tahun 1997 sebagai pesaing Tamagochi. Pada awal 1998, game PC pertama Digimon muncul untuk Windows 95, sebelum seri anime pertama mereka, Digimon Adventure, disiarkan di tv antara Maret 1999 hingga Maret 2000.

Digimon Survive

Karakter Digimon sendiri awalnya dibuat lucu dan imut. Namun desain Digimon mengalami perubahan dengan style yang lebih mirip kartun Amerika. Kombinasi visual art tersebut dan sistem evolusinya membuat Digimon kini menjadi salah satu franchise yang digemari di seluruh dunia.

Jika kamu senang dengan cerita Digimon, ada cukup banyak game Digimon terbaik yang bisa dimainkan di PC. Salah satunya adalah Digimon Survive yang rilis pada tahun 2022.

Digimon Survive merupakan game yang menggabungkan tactical RPG khas Digimon dengan elemen visual novel. Di sini kamu akan mengikuti perjalanan Takuma Momozuka dalam usahanya kembali, setelah terdampar di dunia yang penuh dengan misteri.

Sama seperti game Digimon lainnya, kamu bisa merekrut dan melatih monster untuk membantu kamu. Bedanya pertempuran akan dilakukan dengan metode mirip Final Fantasy Tactics. Menariknya, pilihan kamu dalam berinteraksi dengan NPC serta evolusi Digimon bisa menentukan nasib petualangan kamu di game ini.

5. Dragon Ball: Xenoverse 2

Dragon Ball karya Akira Toriyama lebih dari sekadar anime, tapi juga pop culture yang sudah melegenda. Karakter hingga jurus dalam manga/anime ini begitu melekat di banyak penggemar. Jepang bahkan merayakan May 9th sebagai harinya Goku (dalam bahasa Jepang, 5 bisa dibaca "Go" dan 9 dibaca "Ku").

Dragon Ball: Xenoverse 2

Rilis pertama kali pada tahun 1984, manga yang terinpirasi dari cerita Sun wukong dan perjalanannya ke Barat ini telah terjual ratusan juta kopi di seluruh dunia. Adaptasi anime dari mulai Dragon Ball, Dragon Ball Z, hingga Dragon Ball GT yang rilis dari tahun 1986-1997 juga menjadi salah satu anime yang paling banyak ditonton di seluruh dunia.

Dragon Ball pun hadir dalam bentuk media video game di berbagai konsol, termasuk PC. Buat pengguna Windows, ada banyak game Dragon Ball terbaik sepanjang masa yang bisa kamu mainkan. Salah satu game anime Dragon Ball terbaik di PC yang jadi rekomendasi adalah Dragon Ball: Xenoverse 2.

Game yang dibuat berdasarkan Dragon Ball Online ini sudah ada sejak tahun 2016. Namun update rutin dan banyaknya DLC yang masih terus dirilis membuat game ini masih banyak dimainkan hingga sekarang.

Dibanding pendahulunya, Xenoverse 2 merupakan upgrade besar-besaran dengan sistem pertempuran yang lebih seru, tambahan elemen RPG dengan berbagai skenario akhir, serta fitur modifikasi yang memungkinkan kamu membuat karakter kamu sendiri untuk menyelamatkan dunia.

Tidak cuma itu, Dragon Ball: Xenoverse 2 juga memiliki fitur online multiplayer. Dengan begitu kamu bisa bertarung dengan user lain di seluruh dunia, atau bersatu dalam Raid Battles untuk bersama-sama mengalahkan musuh kuat di dunia Xenoverse.

6. Dragon Quest 11 S: Echoes Of An Elusive Age - Definitive Edition

Karya Akira Toriyama lainnya juga bisa kamu nikmati melalui game anime lain berjudul Dragon Quest. Game yang sempat bernama Dragon Warrior saat dipasarkan di Amerika Utara ini pertama kali muncul di Famicom pada tahun 1986, dan masih terus diproduksi hingga kini terdapat belasan judul utama dan beberapa spin-off.

Dragon Quest 11 S: Echoes Of An Elusive Age - Definitive Edition

Pada tahun 1989, manga Dragon quest mulai dipublikasikan pada Weekly Shonen Jump. Di tahun yang sama, anime berjudul Dragon Quest: Legend of the Hero Abel muncul, diteruskan oleh Dragon Quest: The Adventure of Dai yang mengambil cerita dari manga pertama Dragon Quest.

Game Dragon Quest akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai genre RPG. Berlatar belakang dunia yang sama, semua game Dragon Quest memiliki banyak elemen yang mirip, namun tetap memiliki cerita unik mereka sendiri. Bagi pengguna PC, Dragon Quest 11 S: Echoes Of An Elusive Age - Definitive Edition (DQ11S) jadi game anime terbaik yang bisa kamu mainkan.

Pertama kali muncul untuk 3DS dan PS4 pada tahun 2017, enhanced version DQ11S diporting ke Windows pada 2020. Selain menawarkan cerita yang menarik, game ini juga hadir dengan elemen khas Dragon Quest, serta tambahan soundtrack orkestra dan mode 2D 16 bit yang diambil dari versi 3DS mereka, membuatnya jadi salah satu game Dragon Quest terbaik sekaligus game JRPG terbaik dari era modern.

7. Danganronpa: Trigger Happy Havoc

Danganronpa pertama kali muncul sebagai game di Playstation Portable pada tahun 2010. Game bernama Danganronpa: Trigger Happy Havoc ini menggabungkan elemen petualangan dengan visual novel, detective, serta elemen dating simulator. Kisahnya sendiri berlatar belakang sekolah Hope's Peak di mana untuk lulus, kamu harus menghabisi pelajar lainnya tanpa dituduh bersalah saat sidang kelas.

Danganronpa: Trigger Happy Havoc

Popularitas game ini membuatnya muncul dalam media lain seperti anime. Seri pertama Danganronpa: The Animation muncul pada tahun 2013 dengan mengambil cerita dari game pertama mereka. Sekuel anime ini pun muncul pada tahun 2016 dengan judul Danganronpa 3: The End of Hope's Peak High School yang bercerita mengenai prekuel dari dua game pertama mereka.

Bagi kamu yang ingin memainkannya, game anime Danganronpa juga muncul di PC Windows, Mac, dan Linux via Steam. Seri pertama Danganronpa: Trigger Happy Havoc jadi rekomendasi. Mengingat semua sekuelnya menggunakan cerita yang masih berkaitan, game pertama bisa menjadi gerbang untuk masuk ke dunia Danganronpa, serta memberikan kamu pondasi mengenai cerita awal dan cara kerja game ini.

8. Fairy Tail

Fairy Tail adalah manga buatan Hiro Mashima yang pertama kali muncul di Weekly Shōnen Magazine pada tahun 2006. Ceritanya sendiri mengenai Natsu Dragneel yang bergabung bersama guild Fairy Tail, dan mencari ayahnya yang hilang.

Fairy Tail

Popularitas yang tinggi membuat manga ini diadaptasi dalam bentuk anime yang musim perdananya tayang pada tahun 2009, dan berakhir pada season ke-9 di tahun 2019. Animenya sendiri tidak hanya mengikuti cerita utama Fairy Tail, tapi juga prekuel, Fairy Tail Zero, dan sekuel Fairy Tail: 100 Years Quest.

Meski manga dan animenya mendapatkan respon yang positif, Fairy Tail tidak memiliki judul game sebanyak seri anime/manga populer lainnya. Kebanyakan game Fairy Tail hanya bisa dimainkan di NDS, PSP, dan browser saja. Untungnya masih ada satu game anime Fairy Tail yang bisa kamu mainkan di PC.

Dengan judul yang sama, Fairy Tail rilis dikembangkan oleh Gust dan dipublikasikan oleh Koei Tecmo pada tahun 2020. Ceritanya sendiri mirip dengan anime-nya di mana kamu bisa mengikuti kisah Natsu dan kawan-kawan dan bergabung dengan guild. Bedanya, kamu bisa memilih karakter kamu sendiri. Kamu pun ditugaskan untuk mengembalikan kejayaan sebuah guild.

Secara umum, game ini jadi permainan seru bagi kamu yang familiar dengan karakter dan setting-an dunia Fairy Tail. Sistem pertempuran turn-based yang seru pun memungkinkan kamu untuk mengeluarkan jurus khas Fairy Tail dari karakter favoritmu.

9. Final Fantasy X Remake

Final Fantasy adalah salah satu franchise game terbaik yang telah mengeluarkan banyak karya, yang beberapa di antaranya jadi yang terbaik sepanjang masa. Pertama kali muncul di Famicom pada tahun 1987, seri ini masih terus mengeluarkan judul terbaru hingga tahun 2023 ini.

Final Fantasy X Remake

Masing-masing game memiliki cerita unik mereka sendiri, dengan karakter, lokasi, serta motif yang berbeda-beda. Makanya kamu bisa memainkan game Final Fantasy manapun tanpa perlu khawatir akan ketinggalan cerita dari seri sebelumnya.

Cerita Final Fantasy sendiri sempat diadaptasi dalam bentuk anime, baik seri tv maupun OVA/film. Advent Children dan Last Order yang mengambil cerita dari FF7 jadi film terpopuler, sementara Brotherhood yang terinpirasi dari FFXV jadi seri anime yang tidak kalah terkenalnya.

Buat kamu yang ingin memainkan game Final Fantasy, sebenarnya ada banyak judul yang bisa direkomendasikan. Apalagi semua game lawas mereka yang ikonik sudah mulai dibuat ulang dan diporting untuk bisa dimainkan di PC dan konsol modern. Namun di antara banyak judul, berikut adalah beberapa nama yang sering dianggap sebagai seri Final Fantasy terbaik sepanjang masa.

  • Final Fantasy VI. Sering disebut sebagai game FF terbaik sepanjang masa yang bahkan jadi inspirasi bagi banyak game JRPG lainnya. Game ini sendiri memiliki versi pixel remastered yang meningkatkan tampilan visualnya dan membuatnya bisa dimainkan di PC.
  • Final Fantasy VII. Salah satu game ikonik Final Fantasy yang membuat seri game ini populer, terutama di luar Jepang. Kamu bahkan bisa memainkan versi modern game ini dalam Final Fantasy VII Remake Integrade dengan tampilan yang jauh lebih memukau.
  • Final Fantasy X. Semua elemen dalam game ini membuatnya jadi salah satu game Final Fantasy terbaik sepanjang masa. Mulai dari cerita dengan ending yang memuaskan, soundtrack dan voice acting keren, dan karakter yang memorable. Game ini juga jadi game FF terakhir yang mengikuti pola sukses FF original yang jadi standar JRPG seperti single player mode, turn based combat, dan open-world. Game ini pun memiliki versi remake yang membuatnya hadir dengan tampilan yang lebih modern.

10. Gundam G Generation Cross Rays

Bicara soal mecha, nama pertama yang umumnya terlintas di kepala adalah Gundam. Berawal dari seri anime Mobile Suit Gundam di tahun 1979, Gundam kini beralih menjadi franchise raksasa yang mampu menghasilkan milyaran dollar dari anime, filem, game, manga, serta mainan plastik Gunpla.

Gundam G Generation Cross Rays

Satu hal menarik, saat pertama kali tayang, Mobile Suit Gundam dapat rating rendah dan sempat dibatalkan. Namun saat Bandai membeli hak cipta Gundam dan membuat mainan robot berdasarkan anime tersebut, popularitas Gundam malah menanjak. Anime pertama Gundam tersebut pun kini jadi salah satu tonggak bersejarah di dunia anime yang mengubah konsep robot dalam animasi Jepang.

Popularitas Gundam membuatnya hadir di berbagai media lainnya, termasuk video game. Penggemar mecha Gundam pun bisa menemukan berbagai judul game di banyak konsol, termasuk PC. Game di PC sendiri mungkin tidak sepopuler judul game Gundam lain di konsol gaming. Meski begitu ada beberapa judul game anime Gundam di PC yang rasanya sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya adalah Gundam G Generation Cross Rays di mana kamu bisa mengikuti kisah dan memilih karakter dari 4 seri Gundam Populer, yaitu Gundam Wing, Gundam SEED, Gundam 00, dan Gundam Iron-Blooded-Orphans. Membayangkan membuat tim dari koleksi Gundam tersebut saja sudah sangat menggiurkan bukan?

Meski begitu game ini memiliki perbedaan dengan kebanyakan game Gundam lainnya. Tidak berupa game berantem, Gundam Cross Ray ini bergenre RPG di mana pertempuran dilakukan dengan konsep turn-based dan masing-masing unit dan pilot memiliki stat yang bisa dikembangkan. Selain itu karakter SD Gundam yang chibi membuat game ini kurang terasa macho, namun malah menggemaskan.

11. Kimetsu no Yaiba - The Hinokami Chronicles

Saat pertama kali terbit di majalah Weekly Shōnen Jump di tahun 2016, mungkin tidak ada yang menyangka kalau Kimetsu no Yaiba akan jadi manga yang fenomenal. Apalagi draft Koyoharu Gotouge sempat mendapatkan cukup banyak revisi sebelum disetujui editornya.

Kimetsu no Yaiba - The Hinokami Chronicles

Kini kisah Tanjiro Kamado dan adiknya Nezuko menjadi franchise yang menghasilkan pemasukan hingga ratusan triliun Rupiah. Tidak hanya manganya, anime Demon Slayer pun mendapatkan sambutan meriah. Film Mugen Train bahkan jadi film Jepang dengan pendapatan terbesar sepanjang masa.

Buat kamu yang ingin merasakan serunya bertarung melawan demon seperti Tanjiro dkk, kamu bisa mencoba game anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba – The Hinokami Chronicles di PC.

Game The Hinokami Chronicles diadaptasi dari dari movie dan season pertama animenya. Pada mode Story, kamu bisa mengikuti kisah Tanjiro Kamado dalam usahanya mengubah adiknya Nezuko kembali menjadi manusia dengan bergabung bersama Demon Slayer Corps.

Selain itu terdapat pula mode Versus di mana kamu bisa bertarung 2v2, melawan komputer maupun orang lain, baik secara offline maupun online. Kamu pun bisa menggunakan banyak karakter populer seperti Zenitsu Agatsuma, Inosuke Hashibira, Kyojuro Rengoku, Shinobu Kochou, Sabito, dan mencoba berbagai jurus mereka.

12. My Hero One's Justice 2

My Hero Academia atau Boku no Hero Academia adalah manga buatan Kohei Horikoshi yang terbit pada tahun 2014, dan diadaptasi menjadi anime pada tahun berikutnya. Anime ini berlatar belakang dunia di mana kebanyakan orang memiliki kekuatan super bernama Quirks. Kisah anime ini sendiri bercerita mengenai tokoh bernama Izuku Midoriya yang lahir tanpa Quirks dan mimpinya untuk menjadi superhero.

My Hero One's Justice 2

Baik manga maupun anime MHA mendapatkan respon yang sangat posiif dan sering meraih status best seller di banyak negara. Keduanya pun sering mendapatkan penghargaan bergengsi yang menunjukan kualitas tinggi yang dimiliki franchise ini.

Selain cerita menarik dari masing-masing hero, salah satu kelebihan anime ini adalah bagaimana cara masing-masing hero dan villain memanfaatkan dan memakai quirks yang mereka miliki. Jika kamu juga ingin mencobanya, game anime Boku no Hero Academia berjudul My Hero One's Justice 2 bisa jadi pilihan yang pas.

Melanjutkan kesuksesan game sebelumnya, My Hero One's Justice 2 adalah game pertarungan 3D dengan karakter populer dari My Hero Academia. Selain peningkatan kualitas grafis, sekuel game ini juga memberikan karakter baru untuk dimainkan seperti Lemillion, Pinky, Gang Orca, hingga Overhaul. DLC yang dirilis secara rutin juga ikut menambah karakter baru seperti Nomu, Hawks, hingga Midnight.

Pada game ini kamu bisa memilih satu dari beberapa mode permainan. Story Mode akan mengajak kamu untuk mengikuti kisah-kisah yang familiar di anime MHA. Lalu ada Single Player Mode di mana kamu bisa mengikuti pertarungan survival dengan satu karakter utama dan 2 sidekicks.

Namun mode yang paling seru adalah Versus di mana kamu bisa bertarung bersama teman kamu, baik secara online maupun offline. Dengan visual art yang keren, kamu bisa merasakan serunya bertarung di dunia MHA dan menghantam lawan dengan jurus-jurus khas dari masing-masing karakter.

13. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

Naruto berawal dari manga buatan Masashi Kishimoto yang pertama kali rilis pada tahun 1999, dengan versi animenya menyusul pada tahun 2002. Petualangan Uzumaki Naruto untuk menjadi Hokage pun dicintai banyak orang dan membuatnya jadi salah satu franchise terbesar di dunia.

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

World building, visual art, konsistensi cerita, dan tema ninja membuat Naruto begitu populer. Selain itu banyaknya tokoh dengan skill serta cerita mereka sendiri membuat banyak karakter di manga/anime Naruto begitu ikonik.

Untuk video game, Naruto sudah memiliki judul permainannya sendiri sejak tahun 2003 melalui Naruto: Konoha Ninpocho yang dirilis di Jepang pada konsol WonderSwan Color. Setelah itu muncul lagi banyak game yang diadaptasi dari manga/anime Naruto meski kebanyakan dirilis di Jepang dan bergenre fighting.

Buat kamu yang ingin merasakan serunya bertarung menggunakan karakter dan jurus dari Naruto, ada game anime Naruto di PC yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4.

Meski sudah ada game Naruto terbaru di PC, game keluaran tahun 2016 ini masih seru untuk dimainkan dengan basis yang lebih solid. Jika kamu ingin masuk ke dalam mode cerita, game ini menawarkan serunya pengalaman berada di Fourth Shinobi World War dan melihat kisah dari sudut pandang Naruto atau Sasuke.

Jika kamu lebih suka memacu adrenalin, Ninja Storm 4 juga hadir dengan sistem pertempuran yang cepat dan memiliki animasi yang luar biasa. Mode PvP juga tidak kalah serunya di mana kamu bisa mengganti personel ninja di tengah pertandingan untuk mendapatkan kombo. Belum lagi adanya elemental damage yang membuat kamu harus memperhitungkan pertarungan dengan matang untuk bisa menang.

14. Doki Doki Literature Club!

Meski memiliki karakter khas Jepang, Doki Doki Literature Club! (DDLC) ternyata dibuat oleh developer Amerika. Game anime ini pertama kali muncul di PC pada tahun 2017 sebelum diporting ke banyak konsol game lainnya.

Doki Doki Literature Club!

Daya tarik terbesar dari game visual novel seperti DDLC adalah ceritanya. Saat pertama kali dimainkan, game ini mirip dengan visual novel bergenre dating simulator dengan cerita berlatar belakang sekolah dan klub literatur di dalamnya. Kamu pun akan bertemu dengan banyak karakter wanita dan sering berinteraksi dengan mereka.

Namun dalam perjalanannya, cerita dalam game ini semakin lama memiliki tone yang semakin gelap. Tidak hanya mulai menyinggung tema-tema seperti depresi dan masalah mental lainnya, karakter dalam game pun mulai menyadari bahwa mereka ada di dalam game. Dengan adanya multiple ending dan unlockable cutscene, game ini memberikan kisah menarik dan jadi game anime terbaik di PC yang sayang untuk dilewatkan.

15. Phoenix Wright: Ace Attorney Trilogy

Ace Attorney, dikenal sebagai Gyakuten Saiban: Sono "Shinjitsu", Igiari! adalah game visual novel di mana pemain berperan sebagai pengacara dan harus membela klien mereka pada beberapa kasus.

Phoenix Wright: Ace Attorney Trilogy

Game ini pun dibuatkan anime-nya dan tayang antara April-September 2016. Season pertama anime Ace Attorney mengambil inspirasi dari dua judul game mereka, yaitu Phoenix Wright: Ace Attorney yang rilis pada tahun 2001 dan Justice for All yang rilis pada tahun 2002.

Game Ace Attorney menjadi populer karena mereka mampu menawarkan konsep unik. Sebagai pengacara, kamu harus bisa mengumpulkan barang bukti dan menggali informasi dari setiap saksi mata sebelum membuat kesimpulan, Aspek cerita jadi elemen paling menonjol di game ini.

Meski kebanyakan dirilis di konsol Nintendo, game Ace Attorney juga bisa kamu mainkan di PC. Salah satunya adalah Phoenix Wright: Ace Attorney Trilogy. Sesuai namanya, game ini terdiri dari 3 game paling populer di seri ini, yang juga jadi tiga game pertama mereka. Ketiganya seringkali dianggap sebagai game Ace Attorney terbaik sepanjang masa.

Cerita serta puzzle menarik di game Phoenix Wright: Ace Attorney dan sekuelnya Justice for All, membuat keduanya jadi tonggak franchise Ace Attorney di dunia game. Trials and Tribulation pun jadi penutup yang manis untuk trilogi ini dengan cerita yang lebih kompleks, serta tambahan karakter yang membuat penyelesaian kasusmu makin menarik.

16. Yu-Gi-Oh! Master Duel

Bicara trading card game terbaik, salah satu nama yang mungkin akan kita ingat adalah yu-Gi-Oh! Manga buatan Kazuki Takahashi ini memang dibuat tahun 1996, namun popularitasnya belum tampak memudar hingga saat ini.

Yu-Gi-Oh! Master Duel

Permainan kartu Yu-Gi-Oh! memungkinkan kita untuk membuat deck kartu berisi monster, spell, dan jebakan. Kartu-kartu tersebut pun dapat disusun secara strategis dan digunakan untuk duel dengan lawan. Saking serunya permainan ini, Yu-Gi-Oh! bahkan memiliki turnamen resmi berskala internasional lho!

Bagi kamu yang ingin memainkannya di komputer, seri Yu-Gi-Oh! Power of Chaos seperti Yugi the Destiny, Kaiba the Revenge, dan Joey the Passion jadi game populer di tahun 2000-an. Jika ingin game anime Yu-Gi-Oh! terbaru, kamu bisa mencoba Yu-Gi-Oh! Master Duel yang rilis tahun 2022.

Master Duel sering dianggap sebagai game Yu-Gi-Oh! terbaik hingga saat ini. Selain menampilkan animasi untuk setiap action kartu, game ini juga punya koleksi kartu paling lengkap.

Satu hal menarik, game ini punya tutorial untuk pemula yang dibuat dalam bentuk cerita. Dengan begitu kamu bisa belajar mekanik game ini dari dasar. Setelah tamat, kamu bahkan bisa mendapatkan in-game currency yang nantinya bisa dipakai untuk mendapatkan kartu baru.

17. Persona 5 Royal

Persona berawal dari spin-off game Shin Megami Tensei yang rilis pada tahun 1994. Setelah itu Persona membuat seri game mereka sendiri dengan Revelations: Persona jadi game pertama mereka yang saat itu rilis untuk PS1 di tahun 1996.

Persona 5 Royal

Satu hal unik dari game Persona adalah genre RPG yang dikombinasikan dengan social simulation dan berlatar belakang dunia modern. Selain itu pertarungan pun melibatkan "Personas" yang merupakan manifestasi fisik dari alam bawah sadar karakter kamu.

Sampai saat ini, Persona sudah memiliki 5 main series, belum termasuk spin-off dari masing-masing seri tersebut. Jika kamu ingin memainkannya, Persona 5 Royal jadi rekomendasi sekaligus game terbaru dari franchise ini.

Persona 5 Royal sendiri merupakan enhanced version dari Persona 5 dengan tambahan karakter, dungeons, story arcs dan ending baru. Kualitas grafik dan soundtrack pun dibuat lebih menarik, beserta mekanik permainan yang membuat game makin seru dan menyenangkan.

18. Sword Art Online: Hollow Realization

Sword Art Online (SAO) dimulai sebagai light novel sebelum akhirnya diadaptasi dalam bentuk manga, anime, hingga video game. Anime ini bercerita mengenai Kazuto Kirigaya dan Asuna Yuuki yang terperangkap dalam dunia game dan harus menamatkannya agar mereka bisa selamat.

Sword Art Online: Hollow Realization

Meski bukan yang pertama, SAO seringkali disebut sebagai anime yang membuat genre isekai menjadi populer seperti sekarang. Walau dibantah pembuatnya, Sword Art Online memiliki banyak template sukses yang banyak ditiru manga isekai saat ini seperti karakter utama yang overpowered, world building berbasis game MMO, protagonis yang punya kehidupan biasa saja di dunia nyata, hingga adanya fan service melalui banyaknya karakter wanita sebagai pelengkap.

Di luar hal tersebut, Sword Art Online memiliki banyak judul game menarik untuk dimainkan. Tidak hanya keluaran terbaru, game lama mereka pun masih asik dimainkan, salah satunya adalah Sword Art Online: Hollow Realization yang dirilis pada tahun 2017.

Meski Fatal Bullet dan Re: Hollow Fagment sering disebut sebagai game Sword Art Online terbaik, Hollow Realization juga memiliki banyak poin yang jadi daya tarik utama mereka.

Pertama, latar belakang game ini adalah game baru bernama Sword Art: Origin yang diceritakan sebagai prekuel animenya. Makanya kamu yang pernah menontonnya akan familiar dengan beberapa elemen di dalamnya. Karakter NPC bernama Premiere pun menyediakan bumbu misteri yang menarik untuk dipecahkan.

Gameplay juga jadi hal menarik dari game ini. Melalui real-time combat, pemain dapat mengontrol satu karakter dan menggantinya dengan member lain dalam pertarungan. Partner System pun memungkinkan kamu untuk membangun hubungan dengan karakter lain dan membuka event dan dialog tertentu, atau membuat serangan kombo kamu makin kuat.

19. Yuru Camp: Virtual Camp

Yuru Camp aau Laid Back Camp adalah manga/anime buatan Afro yang memiliki tema yang tidak biasa. Di anime-nya, kamu bisa mengikuti kisah Rin Shima, Nadeshiko Kagamihara dan kawan-kawan dalam menikmati tempat camping di seluruh penjuru Jepang.

Yuru Camp: Virtual Camp

Interaksi antar karakter berbalut komedi dan slice of life jadi daya tarik anime ini. Selain itu kau pun bisa menikmati berbagai pemandangan alam Jepang yang digambarkan dengan luar biasa dan dipadukan dengan musik yang menenangkan.

Jika kamu ingin merasakan tenangnya bersantai bareng Rin dan Nadeshiko, Yuru Camp: Virtual Camp adalah game yang wajib kamu coba.

Beda dengan gim anime di PC lain di daftar ini, Yuru Camp: Virtual Camp akan lebih enak dimainkan menggunakan perangkat virtual reality (VR). Dengan perangkat tersebut, kamu bisa merasakan sensasi berada di dunia anime sambil bersantai di dua lokasi, yaitu di Lake Motosu dan Fumoto Campsite.

Game ini sendiri tidak memiliki interaksi yang banyak. Di game ini kamu hanya bisa melihat-lihat, mengambil foto, atau mengelus anjing saja. Meski begitu game ini tetap memiliki cerita yang bisa kamu nikmati, dan akan lebih cocok untuk penggemar anime Yuru Camp yang ingin healing secara virtual.

20. One Piece Odyssey

Bicara tentang anime rasanya belum afdol tanpa menyebut seri One Piece karangan Eiichiro Oda. Kisah mengenai Luffy dkk dalam mencari harta karun One Piece dimulai pada tahun 1997 dan belum selesai hingga tahun ini.

One Piece Odyssey

One Piece sendiri memiliki banyak daya tarik yang membuatnya jadi manga/anime nomor satu di Jepang. Selain world-building yang masif dan beragam karakter unik, One Piece juga memiliki cerita orisinil yang kompleks, emosional dan diceritakan secara konsisten.

Satu hal menarik dari cerita One Piece adalah foreshadowing yang banyak dilakukan Oda. Dengan teknik ini, Oda memberikan sedikit petunjuk mengenai apa yang akan terjadi di masa depan bagi mereka yang jeli menemukannya. Makanya teori-teori seputar One Piece juga jadi hal menarik bagi kamu yang membaca manganya.

Bicara video game, anime ini juga memiliki banyak judul yang bisa dimainkan. Luffy dan beberapa karaker One Piece lainnya bahkan seringkali muncul di video game lainnya. Jika kamu suka genre fighting, Burning Blood atau Pirate Warriors 4 bisa jadi pilihan. Namun jika kamu lebih memilih genre RPG, kamu harus mencoba game anime One Piece Odyssey.

Di sini Luffy dan kawan-kawan terdampar di sebuah pulau di New World. kamu pun harus bisa menemukan teman-temanmu sambil mengalahkan musuh baru yang kuat dan berkeliaran di sekitar pulau.

Secara grafis, game ini mampu merepresentasikan anime/manga One Piece dengan sempurna. Namun hal yang unik dari game ini adalah adanya mode Scramble Area Battles di mana kamu bisa membagi karakter kamu dalam area kombat berbeda sesuai dengan skill yang mereka miliki.

Menariknya, beberapa pertempuran dapat memunculkan Dramatic Scene di mana karakter kamu bisa bertarung di situasi yang tidak menguntungkan baginya, seperti ketika Sanji harus melawan perempuan. Scene ini nantinya dapat memberikan karakter kamu reward yang lebih besar dibanding pertarungan biasa.


Itulah dia beberapa game anime terbaik di PC yang bisa kamu mainkan. Melalui game tersebut, kamu bisa merasakan serunya dunia anime favoritmu, atau mengontrol karakter yang kamu suka dan mencoba semua skill yang dimilikinya. (GimTekno.com)

0 Komentar