21 Game Farm Terbaik di Android dan iOS - GimTekno

21 Game Farm Terbaik di Android dan iOS

Genre game farm adalah permainan di mana kamu bisa merasakan serunya bertani, beternak, atau berkebun dalam sebuah simulasi. Gameplaynya pun terbilang mudah dan cocok untuk kamu yang ingin main game santai, apalagi kebanyakan juga punya desain lucu yang cukup wow!

Di Android dan iPhone sendiri terdapat banyak game farm yang bisa dimainkan secara online maupun offline. Tidak cuma bertani dan beternak, terkadang game tersebut juga menyelipkan sedikit cerita, atau menyediakan banyak mini games dan event yang bisa kamu ikuti.

Jika kamu senang dengan genre semacam ini, berikut adalah beberapa game farm terbaik Android dan iOS yang bisa kamu download untuk smartphone kamu.

Game Simulator Pertanian dan Peternakan Terbaik

1. Tiny Pixel Farm

Rating: 4.7 - Download: 1,000,000+

Tiny Pixel Farm (Play Store)Tiny Pixel Farm (App Store)

Tiny Pixel Farm

Tiny Pixel Farm adalah game peternakan unik dengan tampilan pixel yang mirip dengan game dari zamannya konsol lawas. Tapi tidak cuma visual artnya, Tiny Pixel Farm juga punya gameplay yang tidak kalah menarik, serta ukuran kecil yang membuatnya jadi game ringan di Android.

Jika game pertanian lain punya area kerja yang sangat luas, game ini justru memberikan kamu semuanya hanya dalam satu layar saja. Jadi kamu tidak perlu scroll kesana kemari untuk mengerjakan hal yang berbeda. Meski begitu kamu tetap bisa melakukan banyak hal, mulai dari beternak beragam hewan, menanam pohon buah, hingga menyediakan akomodasi untuk tamu yang menginap.

Hewan yang bisa kamu ternak pun nantinya akan tergantung level yang kamu miliki, begitu pula dengan tampilan kandangnya. Kamu bahkan bisa membuka peternakan kedua kamu dan beternak hewan dari ekosistem yang berbeda. Dengan ukuran yang kecil, game yang bisa dimainkan offline ini bisa jadi pilihan buat kamu yang senang dengan game pertanian ringan di Android dan iOS.

2. Fiona's Farm

Rating: 4.8 - Download: 1,000,000+

Fiona's Farm (Play Store)Fiona's Farm (App Store)

Fiona's Farm

Fiona's Farm adalah game farm buatan Ace Academy yang bisa kamu mainkan secara offline. Game ini cukup menarik dengan mengkombinasikan farming dengan unsur cerita, petualangan dan puzzle di dalamnya.

Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai Fiona yang kembali pulang ke kampung halamannya dan membantu merenovasi sebuah pertanian. Kisah lama dan misteri mengenai orang terdekat, dan bumbu-bumbu romansa yang menantinya di masa depan jadi cerita yang bisa kamu nikmati sepanjang permainan.

Game ini pun tidak dibuat repetitif dengan melakukan hal seputar pertanian dan mengurus hewan saja. Kamu pun bisa menyelesaikan puzzle untuk mengungkap cerita, serta mendapatkan power up dan booster yang kamu perlukan untuk mengembangkan ladangmu.

3. Township

Rating: 4.7 - Download: 100,000,000+

Township (Play Store) | Township (App Store)

Township

Dirilis sejak tahun 2013, TownShip adalah salah satu game farm terbaik yang sangat populer dan sudah diunduh ratusan juta kali. Tapi tidak cuma itu, Township pun memiliki elemen membangun kota yang cukup kompleks untuk membuatnya jadi salah satu game city building terbaik di Android.

Di Township, kamu tidak akan kekurangan hal seru untuk dilakukan. Mulai dari mengumpulkan panen, mengolahnya, melakukan jual beli dengan kota lain, menambang, mencari artefak kuno, hingga mendirikan berbagai bangunan untuk membuat kotamu makin semarak.

Kamu yang senang mendekorasi kota pun pasti akan suka dengan banyaknya gedung dan dekorasi untuk mempercantik kota. Kamu pun bisa meletakan bendera negara dan landmak terkenal dari seluruh dunia. Bahkan, kamu bisa menjalankan kebun binatang kamu sendiri dengan mengisinya dengan beragam binatang eksotis.

4. Hay Day

Rating: 4.4 - Download: 100,000,000+

Hay Day (Play Store)Hay Day (App Store)

Hay Day

Game farm terbaik lain yang juga sudah diunduh lebih dari 100 juta kali adalah Hay Day. Kebetulan game ini pun rilis di tahun yang sama dengan Township dan membuatnya jadi salah satu game pertanian tertua di Play Store dan App Store.

Sama seperti Township, kamu bisa melakukan banyak hal di luar bertani dan beternak, seperti mendekorasi kota, memiliki hewan peliharaan, memancing atau mengikuti event. Kamu juga bisa membangun infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas dan penghasilanmu seperti Sugar Mill, Bakery, atau BBQ Grill.

Trading jadi cara lain bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini bisa dilakukan melalui delivery truck, steamboat, atau roadside shop. Fitur yang cukup lengkap membuat Hay Day terasa seperti game simulasi bisnis yang dipadukan dengan game simulasi pertanian.

5. Farmington

Rating: 4.7 - Download: 1,000,000+

Farmington (Play Store) | Farmington (App Store)

Farmington

Jika kamu menyukai Township, kemungkinan besar kamu juga akan menikmati Farmington. Tidak hanya punya desain yang hampir mirip, tampilan muka dan gameplaynya pun relatif sama meski tidak sekompleks Township.

Sama seperti game farm Android lainnya, kamu bisa bercocok tanam dan memelihara hewan ternak. Namun kamu juga bisa membangun jalan, bangunan dan pabrik untuk menunjang kerja kamu dan memperluas kota tempat kamu tinggal.

Kamu pun bisa mendapatkan uang dari barang yang kamu produksi dengan berbagai cara. Selain menjualnya langsung, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan warga, menyelesaikan pesanan melalui drone atau truk, hingga saling jual-beli barang dengan user lainnya.

6. Farm Party

Rating: 4.7 - Download: 50,000+

Farm Party (Play Store) | Farm Party (App Store)

Farm Party

Diluncurkan pada Mei 2023, Farm Party memberikan angin segar dengan memberikan sedikit twist pada sebuah game pertanian. Beda dengan game farming lainnya, Farm Party mengkombinasikan unsur merging dan fighting pada game mereka.

Merging alias penggabungan bisa dilakukan pada hewan atau bangunan. Menggabungkan hewan akan memberikan kamu hati untuk membuka lahan baru. Menggabungkan bangunan seperti stasiun kereta atau dermaga bisa membuatnya terupgrade ke level yang lebih tinggi.

Elemen fighting jadi hal unik dari game ini. Di sini kamu memiliki kemampuan untuk summon hewan lucu untuk membantu kamu. Namun kamu juga bisa mengirim mereka untuk menyerang tempat lain dan mengambil resource yang mereka punya.

7. Family Island - Farming Game

Rating: 4.6 - Download: 50,000,000+

Family Island - Farming Game (Play Store)Family Island - Farming Game (App Store)

Family Island - Farming Game

Family Island - Farming Game adalah game pertanian yang menggabungkan elemen survival sebagai bagian dari cerita. Di dalam game ini, kamu harus bertahan hidup setelah terdampar di pulau di tengah laut.

Agar bisa selamat, kamu bisa mulai membuka ladang dan menanam tanaman, dan menggunakannya untuk memasak makanan. Selain itu kamu juga bisa melakukan banyak hal, mulai dari membuat kerajinan, mendekorasi pulau, dan melakukan transaksi dengan trader yang entah bagaimana bisa mengakses pulau tersebut.

Dan berhubung kamu berada di tengah pulau misterius, jangan lupa untuk mengeksplorasi pulau sambil menikmati pemandangan dan hewan lucu di dalamnya, menyelesaikan puzzle, hingga menemukan hidden object yang tersebar di berbagai penjuru pulau.

8. Happy Ranch

Rating: 4.6 - Download: 1,000,000+

Happy Ranch (Play Store) | Happy Ranch (App Store)

Happy Ranch

Sesuai namanya, Happy Ranch adalah game di mana kamu bisa membangun dan menjalankan peternakan, dan mengisinya dengan berbagai hewan ternak lucu. Meski begitu kamu juga bisa membuka ladang dan menanam berbagai macam tanaman.

Dalam menjalankannya, kamu akan dibantu oleh spirit baik bernama Qltons. Tidak hanya mengurus tanaman dan ternak, Qltons juga bisa membantu memasak berbagai masakan dan hidangan penutup yang lezat.

Happy Ranch sendiri jadi game farm terbaik untuk kamu yang ingin main dengan santai. Selain punya gameplay yang super mudah, game ini juga punya karakter super lucu, artwork yang bagus dan musik yang menenangkan.

9. Stardew Valley

Rating: 4.6 - Download: 1,000,000+

Stardew Valley (Play Store)Stardew Valley (App Store)

Stardew Valley

Harvest Moon yang pertama kali muncul di SNES bisa dibilang jadi game yang mempopulerkan genre simulasi pertanian. Game ini pun menjadi inspirasi bagi banyak game sejenis, salah satunya adalah Stardew Valley yang sama-sama mengkombinasikan game pertanian dengan cerita yang memikat dan banyak hal menarik lainnya.

Selain mengumpulkan hasil panen dan menjualnya, kamu juga bisa melakukan banyak hal seperti mengikuti festival, mengeksplorasi gua, hingga melawan musuh di dalamnya. Kamu pun bisa mengumpulkan berbagai tanaman di sekitar desa, atau mencari ikan di tempat memancing favoritmu.

Satu hal yang berbeda dari game berbayar adalah aspek simulator sosial-nya. Di sini kamu bisa berbicara dengan NPC atau memberinya hadiah dan meningkatkan persahabatan kamu. Semakin dekat kamu dengan sebuah karakter, semakin banyak pula hal yang bisa kamu tanyakan atau lakukan.

Pada beberapa kesempatan, hal ini juga bisa memicu event khusus. Kamu bahkan bisa mendekati 12 karakter wanita dan memilih salah satunya untuk membentuk sebuah keluarga.

10. Mini Mini Farm

Rating: 4.7 - Download: 5,000,000+

Mini Mini Farm  (Play Store)Mini Mini Farm (App Store)

Mini Mini Farm

Jika kamu menyukai game pertanian mirip Stardew Valley, kamu juga bisa mencoba game Mini Mini Farm ini. Di sini kamu juga sama-sama bisa bertani dan beternak, serta mengumpulkan resource yang tersebar di penjuru pulau. Kamu pun harus membersihkan ladang dari rumput, batu dan potongan kayu terlebih dahulu sebelum bercocok tanam.

Pilihan tanaman yang bisa kamu tanam pun akan sangat beragam, mulai dari lobak, tomat, hingga blueberry. Hewan ternak yang kamu miliki pun nantinya bisa menghasilkan produk yang bisa kamu olah kembali untuk meningkatkan hasil jualnya.

Sayang aspek sosial game ini masih jauh dari Starew Valley. Meski karakter kamu akan mendapatkan cerita mengenai perjuangannya membangun pulau, interaksi dengan NPC-nya sangatlah minim dan hanya terbatas pada permintaan untuk memenuhi kebutuhan mereka saja.

11. Harvest Town

Rating: 4.5 - Download: 5,000,000+

Harvest Town (Play Store) | Harvest Town (App Store)

Harvest Town

Di antara semua game pertanian, Harvest Town jadi game mirip Stardew Valley terbaik di Android dan iOS. Dengan nama yang mengingatkan kita pada game yang jadi inspirasi Stardew Valley, Harvest Town memiliki gameplay yang benar-benar serupa game simulasi tersebut.

Sama seperti Stardew Valley, Harvest Town tidak hanya bergenre simulasi pertanian, tapi juga RPG, puzzle, dan life sim. Di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang tidak terbatas pada bertani dan beternak hewan saja. Kamu pun bisa ikut memecahkan misteri dan menyibak semua easter egg yang ada di game ini.

Interaksi dengan para NPC juga jadi nilai plus game Harvest Town. Jadi pastikan kamu selalu menyapa tetanggamu untuk membuka banyak cerita menarik, atau membuat mereka jatuh hati padamu.

12. Sumikko Gurashi Farm

Rating: 4.5 - Download: 1,000,000+

Sumikko Gurashi Farm (Play Store)Sumikko Gurashi Farm (App Store)

Sumikko Gurashi Farm

Sumikko Gurashi adalah karakter buatan San-X yang cukup populer di Jepang berkat desainnya yang imut dan latar belakangnya yang mengena di kebanyakan orang Jepang. Hadir dalam berbagai bentuk media, karakter-karakter lucu dari seri ini pun muncul di Android dan iOS dalam permainan Sumikko Gurashi Farm.

Permainannya sendiri tidak jauh berbeda dengan game farm lainnya di mana kamu bisa menanam tanaman untuk dijual atau dimasak sendiri. Kamu pun bisa mengikuti event yang diadakan setiap bulannya untuk mendapatkan item unik.

Meski begitu salah satu daya tarik terbesar game ini adalah kustomisasinya. Sumikko Gurashi Farm akan lebih cocok untuk kamu yang senang mendekorasi pertanian dan mendandani karakter kamu. Selain itu game ini pun punya gameplay yang sangat santai dan cocok untuk kamu yang doyan main game untuk relaksasi sambil melihat tingkah laku yang menggemaskan dari karakter Sumikko Gurashi.

13. My Dear Farm

Rating: 4.5 - Download: 1,000,000+

My Dear Farm (Play Store) | My Dear Farm (App Store)

My Dear Farm

Selain Sumikko Gurashi Farm, game pertanian lain yang juga memiliki desain karakter dan latar belakang yang lucu dan tidak kalah menggemaskan adalah My Dear Farm. Game ini pun sama cocoknya untuk kamu yang senang bermain game dengan santai.

Dibanding game lainnya, My Dear Farm mungkin memiliki gameplay yang sederhana. Di sini kamu hanya bisa menanam tanaman yang hasil panennya bisa kamu jual di pasar. Uang yang terkumpul pun bisa dipakai untuk membeli furniture dan dekorasi unutk mempercantik tampilan ladang.

Satu hal menarik dari game ini adalah kustomisasi karakternya. Di sini kamu mengganti pakaian, menambahkan aksesori, hingga mengubah gaya dan warna rambut. Kamu bahkan bisa mengkustomisasi hewan peliharaanmu juga!

14. FarmVille 2: Country Escape

Rating: 4.5 - Download: 50,000,000+

Farmville 2 (Play Store) | Farmville 2 (App Store)

FarmVille 2: Country Escape

Sesuai namanya, game pertanian dan peternakan buatan Zynga ini memungkinkan kamu untuk lari sejenak ke kehidupan desa yang menenangkan. Kamu bisa menanam tanaman dan memelihara hewan, serta menggunakan hasil panen untuk dijual atau bahan baku produk lainnya.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa melakukan banyak aktivitas seru lainnya seperti menyelamatkan hewan eksotik di Animal Park, balapan kapal dengan teman di Boat Club, mengunjungi Country Fair, atau sekadar mengeksplorasi dunia Farmville yang luas dan penuh tempat rahasia.

Agar lebih seru, game Farmville lebih enak dimainkan bersama-sama. Dengan mengajak temanmu, kamu bisa bergabung dengan permainan co-op, saling membantu untuk mengembangkan pertanian, atau malah berlomba untuk mejadi yang terbaik.

Dan jika kamu suka game ini, jangan lupa juga untuk mengecek Farmville 3 yang lebih fokus pada peternakan.

15. Golden Farm

Rating: 4.3 - Download: 10,000,000+

Golden Farm (Play Store) | Golden Farm (App Store)

Golden Farm


Golden Farm adalah game farming yang memungkinkan kamu untuk memiliki pertanian sekaligus peternakan kamu sendiri. Kamu pun bisa membangun kota dan mengisinya dengan pabrik yang mampu mengelola resource yang kamu dapat.

Tidak cuma itu saja, kamu pun bisa melakukan segudang aktivitas lainnya seperti menanam pohon, menambang berlian, memasak, hingga menjalankan kebun binatang dan mengisinya dengan hewan eksotis dari pulau tropis yang bisa kamu kunjungi.

Jangan lupa juga untuk mengajak teman Facebook kamu agar kamu bisa saling berkunjung, atau bersaing menjadi yang terhebat dalam banyak event berhadiah seru.

16. Blocky Farm

Rating: 4.7 - Download: 1,000,000+

Blocky Farm (Play Store) | Blocky Farm (App Store)

Blocky Farm


Blocky Farm adalah game pertanian dan peternakan offline terbaik yang dibuat oleh developer indie. Satu hal yang membuatnya berbeda adalah tampilan karakter, bangunan dan latar belakang kotak-kotak mirip game Minecraft.

Di luar itu, Blocky Farm memiliki gameplay yang solid dan cenderung lebih advanced dibanding game farm terbaik lainnya, seperti interaksi unik dengan hewan peliharaan, gadget hewan dan efek cuaca. Belum lagi sekumpulan aktivitas di luar pertanian seperti memancing atau berenang dari perahu.

Meski begitu hal yang paling menarik adalah kemampuan untuk menaiki traktor mirip game Farming Simulator. Dengan bantuan physics-based drive system, kamu bisa merasakan sensasi berkendara di traktor mirip dengan kendaraan aslinya.

17. Family Farm Seaside

Rating: 4.3 - Download: 50,000,000+

Family Farm Seaside (Play Store)Family Farm Seaside (App Store)

Family Farm Seaside

Family Farm Seaside jadi salah satu game farm populer dengan lebih dari 50 juta unduhan. Salah satu daya tariknya adalah ukurannya yang masif dibanding game pertanian lainnya.

Di sini, kamu bisa menanam dan memproduksi lebih dari 300 produk berbeda. Kamu pun bisa memasak lebih dari 600 macam hidangan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan warga, atau mengikuti kontes. Selain itu ada lebih dari 500 dekorasi menarik yang bisa dipakai untuk mempercantik kotamu.

Selain sebagai pemilik ladang, di sini pun kamu akan berperan sebagai pemilik Marine Sea Resort. Jadi pastikan kamu mengurusnya agar bisa menerima order dan melayani pengunjung dengan baik. Jika kamu stress, adopsi hewan peliharaan dan pasangkan aksesoris lucu agar mereka tampak lebih imut.

18. LINE Brown Farm

Rating: 4.5 - Download: 10,000,000+

LINE Brown Farm (Play Store) | LINE Brown Farm (App Store)

LINE Brown Farm

Brown adalah salah satu karakter terkenal dari LINE berbentuk beruang coklat yang lucu. Kamu pun bisa memainkan karakter tersebut dalam berbagai game resmi buatan LINE, salah satunya adalah LINE Brown Farm yang bisa di-download di Play Store dan App Store.

Di game ini, kamu akan mengurus lahan pertanian dengan panduan dari paman Brown, Kamu pun akan dibantu oleh Brown mini yang bersedia melakukan apa saja. Selain itu pun kamu bisa membantu karakter LINE lainnya seperti Moon atau Cony untuk mendapatkan koin yang bisa dipakai untuk berbagai hal.

Sama seperti game LINE lainnya, LINE Brown Farm hadir dengan visual art khas mereka. Mekanis game pun dibuat mudah dan sangat membuat ketagihan dengan banyaknya event dan tantangan seru. Tidak ketinggalan, game ini akan lebih seru untuk dimainkan bareng teman-teman lain yang juga sama-sama menggunakan aplikasi LINE.

19. My Time at Portia

Rating: 4.4 - Download: 50,000+

My Time at Portia (Play Store)My Time at Portia (App Store)

My Time at Portia

My TIme at Portia adalah game yang awalnya dirilis pada tahun 2019 untuk PC, Nintendo Switch, Playstation 4, dan Xbox One. Pada tahun 2021, game ini pun diporting ke smarpthone Android dan iOS sebagai game premium berbayar.

My Time at Portia jadi game unik yang mengkombinasikan genre game simulasi dengan RPG. Pertanian dan peternakan sendiri sebenarnya bukan fokus utama dalam game ini, selain sebagai sumber resources bagi workshop yang kamu jalankan.

Hal menarik dari game ini adalah aspek open world mini yang memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi Portia dan menyelami segala aktivitas di dalamnya dengan tampilan 3D. Sosialisasi pun jadi elemen kunci dengan lebih dari 50 karakter berbeda yang bisa kamu dekati. Kamu bahkan bisa menikahi salah satunya dan membangun keluarga bersama.

20. Sunshine Island

Rating: 4.6 - Download: 100,000+

Sunshine Island (Play Store) | Sunshine Island (App Store)

Sunshine Island

Lagi cari game pertanian yang bagus keluaran terbaru? Sunshine Island yang baru rilis tahun 2023 ini bisa jadi pilihan. Meski baru, Sunshine Island punya gameplay solid yang membuatnya pantas jadi salah satu game simulator pertanian terbaik di Android dan iPhone.

Sunshine Island sendiri lebih mirip game tycoon di mana kamu bisa membangun pulau impianmu. Namun untuk melakukannya, kamu juga perlu menggarap ladang untuk ditanami agar hasilnya bisa dijual dan mendapatkan untung.

Jika ingin lebih cepat sukses, kamu bisa membuat guild dan mengisinya dengan teman-temanmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan resource yang dibutuhkan untuk mengembangkan pulau tempat kamu tinggal.

21. Royal Farm

Rating: 4.8 - Download: 5,000,000+

Royal Farm (Play Store) | Royal Farm (App Store)

Royal Farm


Royal Farm jadi salah satu rekomendasi game farming dengan rating terbaik di Android dan iOS. Di game ini kamu bisa bercocok tanam dan menggembala hewan untuk menghasilkan produk pertanian dan peternakan yang nantinya bisa dijual.

Tapi tidak cuma itu, di game ini kamu pun bisa membantu membangun kota yang penuh magis. Buat rumah untuk warga di sekitarmu dan dapatkan reward berharga dari para pelancong.

Terakhir, jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan warga dari negeri dongeng seperti Cinderella, Snow White, Rapunzel, hingga Gingerbread Man. Bantu penuhi kebutuhan mereka untuk mengembangkan kota dan pertanian yang kamu kelola.


Itulah dia beberapa rekomendasi game farming terbaik di Android dan iOS yang bisa kamu pilih. Meski kebanyakan menawarkan gameplay yang sama, masing-masing simulator pertaninan tersebut memiliki keunikan yang membuatnya asik dimainkan. (GimTekno.com)

0 Komentar