Ranking 15 Game Need for Speed Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

Ranking 15 Game Need for Speed Terbaik Sepanjang Masa

Pertama kali rilis pada tahun 1994, Need for Speed telah meluncurkan lebih dari 20 game serta beberapa spin-off dan remastered version. Dengan sejarah sepanjang 30 tahun di tahun 2024 ini, menarik untuk melihat urutan game Need for Speed terbaik sepanjang masa.

Popularitas franchise Need of Speed membuatnya jadi salah satu game balap mobil terpopuler dan tersukses di dunia. Seri ini bahkan sudah dibuatkan film dan memiliki koleksi mainan Hot Wheels mereka sendiri.

Satu hal yang membuatnya unik dibanding game balap mobil lain adalah konsep balapan jalanan yang dimulai dari seri NSF: Underground. Beberapa game NFS juga banyak melibatkan polisi dalam kejar-kejaran seru, di mana kamu bahkan bisa berperan sebagai polisi-nya.

Selain itu, fitur modifikasi dan tuning ala balap liar pun jadi poin utama seri game balap mobil ini. Jadi tidak hanya tampil keren, mobil kamu pun harus punya performa yang tidak kalah ciamik untuk bisa dapat rating yang bagus.

Buat kamu yang senang balapan mobil Need for Speed jelas jadi seri yang tidak boleh kamu lewatkan. Bila bingung harus mulai dari mana, berikut adalah urutan game Need for Speed terbaik sepanjang masa berdasarkan rating dari Metacritic.

Urutan Game Need for Speed Terbaik

15. Need For Speed: No Limits (2015)

Platform: Android, iOS

Need for Speed: No Limits adalah game pertama dari seri NFS yang dibuat khusus sebagai mobile gaming. Dirilis pertama kali pada tahun 2015, game ini masih rutin diupdate dan mendapat sambutan menarik dengan rating rata-rata 4.4 dan total download di atas 100 juta.

Need For Speed: No Limits (2015)

Sama seperti seri utamanya, NFS No Limits juga fokus pada balapan jalanan sambil menghindari kejaran polisi. Kustomisasi juga jadi aspek penting yang tidak ketinggalan, dengan jutaan kombinasi yang bisa kamu coba.

Di game ini, kamu bisa mencoba beberapa mode balapan, mulai dari Campaign, Car Series Races, hingga Rival Races. selain itu kamu pun bisa mengikuti event tertentu berhadiah mobil baru, atau mencoba Interceptor Mode di mana kamu berperan sebagai polisi yang menangkap para pembalap liar.

14. Need for Speed: ProStreet (2007)

Platform: Windows, PS2, PS3, PSP, Xbox 360, Wii, NDS

Muncul setelah seri ikonik Underground 2, Most Wanted, dan Carbon ProStreet membuat penggemar Need for Speed cukup tercengang dengan perubahan besar pada gameplay ProStreet. Beda dari pendahulunya, ProStreet lebih fokus pada balapan di sirkuit dan lintasan balap resmi lainnya.

Need for Speed: ProStreet (2007)

Hal ini mungkin secara tidak langsung berpengaruh pada rating yang didapat ProStreet. Namun di luar itu, NFS: ProSpeed adalah game balap mobil yang solid, apalagi mereka juga dibuat oleh tim yang berada di balik kesuksesan NFS: Most Wanted.

Sama seperti game balap mobil pada umumnya, ProStreet memiliki koleksi mobil yang cukup lengkap dan lintasan balap sungguhan. Gameplaynya pun cukup menarik dengan mengkombinasikan simulasi dan arcade game yang mengharuskan kamu untuk menyetel mobil untuk setiap balapan. Game ini bahkan menyediakan wind tunnel di mana kamu bisa melihat pengaruh bodi mobil terhadap aerodinamika-nya lho!

13. Need for Speed: Heat (2019)

Platform: Windows, PS4, Xbox One

NFS Heat adalah game yang diluncurkan berbarengan dengan peringatan ke-25 tahun berjalannya seri ini. Meski sering dikritik karena ceritanya yang terlalu singkat dan tidak adanya inovasi baru di game ini, Heat jadi salah satu game NFS terbaik di era modern sejak mereka melakukan reboot pada tahun 2015.

Need for Speed: Heat (2019)

Satu hal menarik dari game ini adalah adanya siklus siang dan malam yang bisa kamu ubah sesuka hati. Di siang hari, kamu bisa mengikuti lomba balap mobil berhadiah uang yang nantinya bisa dipakai untuk mengupgrade kendaraan atau membeli mobil baru. Di malam hari, lomba akan menarik lebih banyak pengawasan polisi namun memberikan kamu REP.

Koleksi mobil yang beragam juga jadi hal lain yang jadi daya tarik dari game ini dengan ratusan mobil dari 33 pabrikan berbeda. Menariknya, kamu bisa menginstal aplikasi NFS Heat Studio di Android dan iOS untuk berkesempatan mendapatkan mobil baru dari game tersebut.

12. Need for Speed: Hot Pursuit 2 (2002)

Platform: Windows, PS2, GameCube, Xbox

Sebagai penerus Hot Pursuit, NFS Hot Pursuit 2 sebenarnya sudah melakukan tugasnya dengan baik. Dirilis empat tahun setelah game sebelumnya, Hot Pursuit 2 hadir dengan konsep yang hampir mirip dengan peningkatkan kualitas grafis dan suara serta penambahan beberapa fitur baru.

Need for Speed: Hot Pursuit 2 (2002)

Meski begitu game ini gagal mereplika semua keberhasilan mereka pada semua platform yang mereka gunakan. Di antara semua konsol yang bisa memainkan Hot Pursuit 2, hanya di PS2-lah kamu bisa merasakan betul pengalaman bermain Hot Pursuit 2 yang sesungguhnya.

Perlu dicatat, perbedaan versi ini tidak cuma terletak pada grafis, tapi juga gameplay dan kelengkapan mobil serta lintasan yang dipakai. Hal ini bahkan membuat game Hot Pursuit 2 tampak seperti game yang berbeda jika dimainkan di konsol lainnya. Tanpa adanya hal ini, peringkat NFS Hot Pursuit 2 mungkin bisa lebih tinggi di daftar game Need for Speed terbaik sepanjang sejarah ini.

11. Need for Speed: Carbon (2006)

Platform: Windows, PS2, PS3, PSP, Xbox, Xbox 360, GameCube, Wii, GBA, NDS

Game Need for Speed terbaik selanjutnya adalah NFS Carbon yang punya cerita nyambung dengan NFS Most Wanted yang rilis setahun sebelumnya. Untuk gameplaynya sendiri sangat mirip dengan NFS Most Wanted, namun dengan sedikit tambahan fitur menarik.

Need for Speed: Carbon (2006)

Pertama, di sini kamu bisa mengikuti event Canyon yang terinspirasi dari Tōge Racing yang terkenal di Jepang. Mirip dengan balapan di bukit khas anime Initial D, kamu harus bisa menjaga jarak dengan lawan, baik saat dikejar maupun saat mengejarnya. Kamu pun bisa memakai mode lain dengan tambahan aturan seperti kemenangan instan saat unggul 10 detik dari lawan, atau ketika lawan menghantam pembatas jalan.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah adanya kru yang bisa memiliki peran tertentu, mulai dari Blocker, Drafter, Scout yang bisa membantu kamu saat balapan, hingga Fixer, Mechanic, dan Fabricator yang bisa membantu kamu untuk urusan teknis.

10. Need for Speed (2015)

Platform: Windows, PS4, Xbox One

Need for Speed yang dirilis pada tahun 2015 diharapkan menjadi reboot seri tersebut dengan kontinuitas karakter dan lokasi balap. Reboot ini pun dibuat agar NFS bisa fokus hal yang menjadi ciri khasnya agar bisa bersaing dengan banyaknya seri game balap baru yang bermunculan.

Need for Speed (2015)

Need for Speed (2015) pun digarap dengan seksama dan melahirkan game balap dengan kualitas grafis terbaik di zamannya, gameplay yang menarik, serta alur cerita yang tidak kalah serunya. Beragam koleksi mobil pun tersedia dengan beberapa di antaranya bisa didapat secara gratis.

Sayang kontinuitas yang diharapkan tidak kunjung terjadi. Berbedanya alur cerita dan gameplay pada game-game Need For Speed selanjutnya malah membuat game ini jadi game balap mobil biasa. Apalagi game ini hanya bisa dimainkan secara online, yang artinya game ini bisa dihentikan kapan saja tanpa bisa dimainkan ulang.

9. Need for Speed: Porsche Unleashed (2000)

Platform: Windows, Playstation, GBA

Berbeda dengan judul NFS lainnya yang menampilkan beragam mobil dari pabrikan berbeda, "Porsche Unleashed" secara eksklusif fokus pada kendaraan Porsche. Di game ini NFS bekerja sama dengan Porsche untuk memodelkan kendaraan secara akurat agar bisa tampil lebih realistis di zamannya.

Salah satu fitur menonjol dari "Porsche Unleashed" adalah Evolution Mode, yang membawa pemain melewati berbagai era dalam sejarah Porsche. Pemain akan dibawa melalui periode waktu yang berbeda, dimulai dari masa awal Porsche 356 hingga model modern di tahun 2000. Mode ini memberikan perspektif unik dan kronologis mengenai evolusi mobil Porsche.

Tidak cuma mobilnya saja, track dan lingkungannya pun akan mengikuti sesuai dengan era yang sedang kamu lalui. Hal ini pun menjadi sesuatu yang baru dan membuat Porsche Unleashed jadi salah satu game Need for Speed terbaik sepanjang masa.

8. Need for Speed: Shift (2009)

Platform: Windows, PS3, PSP, Xbox 360, Android, iOS, Symbian, J2ME, Windows Mobile

Meski kini lebih dikenal karena balapan liar-nya, seri Need for Speed juga memiliki beberapa simulai game balap, seperti Shift yang rilis pada tahun 2009 di berbagai platform, termasuk sebagai game Java. Beda dari kebanyakan game Need for Speed, Shift diperuntukan untuk penggemar NFS yang menyukai simulasi dan ingin mencoba kendaraan mereka se-otentik mungkin.

Need for Speed: Shift (2009)

Shift sendiri bukan game simulasi balap pertama, karena masih ada game lain seperti ProStreet. Mirip pendahulunya, simulasi balap dibuat se-real mungkin meski Shift memiliki handling dan grafik yang lebih baik, meski tidak menampilkan mode cerita.

Detail simulasi ini bisa kamu lihat di berbagai aspek, terutama pada perspektif kamera in-car view di mana kamu bisa melihat pengendara dalam memacu kendaraan mereka, mengoper gigi, hingga melihat aksinya menggerakan kepala untuk melihat keadaan di sekelilingnya. Tabrakan hingga peningkatan G-Force saat kamu memasuki tikungan bahkan bisa membuat pengendaramu kehilangan pandangan untuk sementara.

7. Need for Speed: Unbound (2022)

Platform: Windows, PS5, Xbox Series X/S

Saat tulisan ini dibuat, NFS Unbound merupakan game paling baru dari seri Need for Speed. Sama seperti game terbaru pada umumnya, NFS Unbound unggul dari segi grafis, terutama dengan penggunaan street-style art yang belum pernah dipakai sebelumnya. Menariknya, gaya ini bisa kamu nonaktifkan bila dirasa kurang cocok.

Need for Speed: Unbound (2022)

Dari segi gameplay, game ini tidak memberikan hal yang baru. Fitur the heat system yang kembali dipakai dari game sebelumnya malah dikritik karena dianggap terlalu sulit dengan makin canggihnya AI polisi dalam melakukan kejar-kejaran. Untungnya kita masih bisa mengatur tingkat kesulitan game ini sehingga hal ini tidak jadi masalah besar.

Satu kekurangan yang banyak disampaikan penggemar Need for Speed adalah ceritanya. Karakter yang datar dan dialog yang cringe membuat segala kelebihan NFS Unbound tertutup dan membuatnya sulit untuk bersaing dengan game Need for Speed terbaik lain di peringkat teratas.

6. Need for Speed: Rivals (2013)

Platform: Windows, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One

Sebagai peraih penghargaan "Best Racing Games" pada ajang Game Critics Awards, tidak sulit untuk melihat NFS Rivals sebagai salah satu game Need for Speed terbaik sepanjang masa.

Need for Speed: Rivals (2013)

Sama seperti beberapa game Need for Speed lain, NFS Rivals memungkinkan kamu untuk memilih menjadi pembalap atau polisi. Masing-masing pun memiliki misi yang berhubungan dengan berkendara, bermanuver dan balapan secara ekstrim. Namun terinspirasi dari Hot Pursuit, game ini juga menambahkan elemen senjata agar kejar-kejaran makin seru.

Tidak cuma itu, elemen Risk/Reward juga jadi poin plus game ini. Alih-alih memakai cash atau REP, kamu bisa memakai Speed Points untuk membeli atau mengupgrade mobil kamu. Speed Points sendiri didapat dengan skill balapmu, mulai dari melewati batas kecepatan tertentu, drift, menabrak mobil lawan, dan masih banyak lagi.

Sayangnya game ini juga memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya sulit untuk dapat peringkat yang lebih tinggi. Hal yang paling utama adalah minimnya opsi kustomisasi dibanding game NFS lain. Selain itu game ini pun memiliki batasan native 30fps yang mungkin akan terlihat patah-patah bagi yang biasa main dalam 60fps.

5. Need for Speed: Underground (2003)

Platform: Windows, PS2, Xbox, GameCube, GBA

NFS Underground akan selalu diingat sebagai game yang mengalihkan fokus Need for Speed ke balapan jalanan, terutama balap liar di lingkungan urban. NFS Underground pun akan selalu jadi salah satu game Need for Speed terbaik sepanjang masa berkat banyaknya inovasi yang jadi pondasi bagi game NFS selanjutnya.

Need for Speed: Underground (2003)

Pertama, NFS Underground jadi game pertama yang memperkenalkan Mode Karir yang menampilkan cerita yang komprehensif. Untuk mobil, NFS Underground pun jadi yang pertama di seri Need for Speed yang mempopulerkan deretan mobil balap pabrikan Jepang. Hal ini pun diperkuat dengan fitur yang memungkinkan pemain untuk memodifikasi tampilan dan performa mobil mereka menggunakan parts sungguhan yang diproduksi oleh brand ternama dunia.

Dari segi gameplay, NFS Underground jadi yang pertama memperkenalkan drifting yang terus dipakai di semua game Need For Speed selanjutnya. Game ini pun memperkenalkan sistem Style Points yang memberikan reward bagi pemain yang bisa melakukan stunt seperti drifting, powersliding, menghindari lalu lintas, hingga mengambil jalan pintas.

4. Need for Speed: Shift 2 - Unleashed (2011)

Platform: Windows, PS3, Xbox 360

Shift adalah bukti bahwa Need for Speed bisa meraih popularitas yang sama, baik untuk balapan ala arcade maupun simulasi balap mobil di sirkuit. Menyusul kesuksesan Shift pertama, Need for Speed pun merilis NFS: Shift 2 - Unleashed yang bahkan lebih baik dari game sebelumnya.

Need for Speed: Shift 2 - Unleashed (2011)

Di game ini, kamu bisa memilih untuk berkarir di banyak mode balapan, mulai dari drifting, muscle car racing, retro car racing, endurance race, hingga balapan yang lebih serius seperti GT1. Kamu pun bisa memilih salah satu dari 140 mobil berlisensi yang dihadirkan di game ini.

Sama seperti pendahulunya, aspek realistis jadi andalan Shift 2. Perspektif in-helmet camera yang diperkenalkan pun memungkinkan kamu untuk melihat dari sudut pandang pengendara dan memberikan sensasi yang lebih realistis saat balapan. Balapan di malam hari pun akan memberikan pandangan berbeda dan jadi tantangan yang unik.

Meski begitu progress yang didapat dengan mengumpulkan bintang sebelumnya kini diganti menjadi experience points. Poin ini bisa didapat dengan skill berkendaramu, mulai dari menyusul lawan, melahap tikungan dengan sempurna, mengalahkan waktu lap standar, hingga memenangi lomba. Jika kamu berhasil naik level, maka kamu bisa membuka beragam event, kendaraan, atau menu kustomisasi baru.

3. Need for Speed: Hot Pursuit (2010)

Platform: Windows, PS3, Wii, Xbox 360, Android, iOS, Window Phone, Java ME

Kita mulai review NFS Hot Pursuit dengan fakta bahwa ini adalah satu-satunya game Need for Speed yang dibuat dalam tiga versi. Pertama rilis pada tahun 1998, game ini di-reboot pada 2010 sebelum dibuat versi remastered pada tahun 2020. Ketiganya pun mendapat sambutan yang baik dan bahkan meraih beberapa penghargaan bergengsi.

Need for Speed: Hot Pursuit (2010)

Ketiga versi game tersebut sama-sama mengedepankan aspek hot pursuit, yaitu kejar-kejaran antara pembalap dan polisi yang jadi fitur unik dari serial game balap Need for Speed. Balapan pun dibuat lebih seru dengan beberapa power-up yang bisa dipakai masing-masing pihak.

Meski konsep ini sudah cukup matang di versi aslinya, versi reboot 2010 menghadirkan peta yang lebih luas, grafik dan soundtrack yang lebih baik, pilihan mobil yang lebih beragam, serta pengenalan fitur Autolog yang kini lazim pada game NFS setelahnya. Versi remastered-nya bahkan dibuat dengan grafik yang lebih baik lagi serta support mode multiplayer dari berbagai platform berbeda.

2. Need for Speed: Most Wanted (2005)

Platform: Windows, PS2, PSP, Xbox, Xbox 360, GameCube, NDS, GBA

Muncul setelah NFS Underground 2, Most Wanted memiliki misi yang cukup sulit untuk meneruskan kejayaan seri Need For Speed. Namun Most Wanted berhasil melakukan tugasnya dan berhasil membuat game balap open-world yang mengintegrasikan balapan, challenge, dan kejaran polisi dengan sempurna.

Need for Speed: Most Wanted (2005)

Satu inovasi yang paling diingat dari NFS Most Wanted adalah sistem Blacklist yang menunjukan daftar pembalap paling dicari di kota. Kamu pun harus mengalahkan semua pembalap di daftar tersebut sebelum bertemu bos terakhir bernama Razor.

Pengejaran polisi jadi elemen utama dari NFS Most Wanted, Di mana AI dibuat lebih realistis dan memiliki taktik pengejaran yang canggih dan menantang. Apalagi game ini juga memperkenalkan Heat Level System yang akan membuat intensitas pengejaran semakin meningkat seiring lamanya pengejaran dan banyaknya pelanggaran yang kamu lakukan.

Untuk memudahkan kamu menghindar dari kejaran polisi, NFS Most Wanted juga memperkenalkan fitur Pursuit Breakers. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memicu peristiwa seperti bangunan runtuh atau benda jatuh untuk menghalangi pengejaran mobil polisi. Selain itu, kamu pun bisa menghindari polisi untuk sementara dengan berlindung di tempat persembunyian.

1. Need for Speed: Underground 2 (2004)

Platform: Windows, GBA, GameCube, PS2, Xbox, PSP, NDS

Sebagai sebuah sekuel, NFS Underground 2 melakukan semuanya dengan sempurna. Game ini mampu meningkatkan performa yang ada ada pada NFS Underground 1 dan menambahkan fitur lain yang membuatnya jauh lebih menarik.

Need for Speed: Underground 2 (2004)

Pilihan mobil yang disediakan kini jauh lebih beragam. NFSUG2 bahkan jadi game Need for Speed pertama yang menyediakan mobil SUV. Kamu bahkan bisa mengikuti event khusus SUV jika mengendarai jenis mobil tersebut. Urusan kustomisasi mobil pun jauh lebih baik, apalagi di game ini ada dyno-tuning system yang memungkinkan kamu untuk mengatur setiap parts mobil untuk mengoptimalkan performanya.

Satu hal yang paling diingat dari game ini adalah fitur open-world di mana kamu bisa bebas berkendara dan menjelajahi seluruh penjuru kota. Fitur yang pertama kali muncul di seri NFS ini pun hadir dengan mode balap baru bernama Outrun di mana kamu bisa menantang mobil lain secara real-time dan mengalahkan mereka untuk mendapatkan hadiah uang.

Semua inovasi di game ini membuatnya pantas jadi salah satu game Need for Speed terbaik sepanjang masa. Dan dengan grafik yang terbilang masih cukup baik, game komputer jaman dulu ini bahkan masih asik untuk dimainkan sekarang.


Itulah dia urutan game Need for Speed terbaik sepanjang masa. Patut dicatat bahwa daftar ini mungkin akan berbeda untuk setiap individu tergantung game pertama yang mereka mainkan. Meski game terbaru menawarkan grafik yang lebih baik dan gerakan yang lebih realistis, banyak game NFS awal yang masuk daftar ini berkat inovasi yang membuat seri Need for Speed besar dan populer seperti sekarang ini. (GimTekno.com)

0 Komentar