Hotspot Tidak Terdeteksi? Ini Solusinya! - GimTekno

Hotspot Tidak Terdeteksi? Ini Solusinya!

Kenapa hotspot tidak terdeteksi dan tersambung ke smartphone?

Hotspot adalah fitur pada smartphone yang memungkinkan kamu untuk membagikan koneksi data kamu ke ponsel lainnya. Sayangnya hal ini seringkali bermasalah dan membuat hotspot tidak terdeteksi, tidak tersambung, hingga tidak bisa digunakan.

Jika kamu memiliki paket data aktif dan sudah mengatur jaringan hostpot dengan benar, masalah ini sebenarnya tidak perlu ada. Namun jika kamu mengalaminya, berikut adalah beberapa langkah yan gbisa dilakukan saat hotspot tidak terdeteksi.

Kenapa Hostpot Tidak Terdeteksi dan Tersambung?

1. Cek kuota

Cara paling mudah untuk memeriksa kenapa hostpot tidak terdeteksi atau tidak tersambung adalah dengan memeriksa paket data yang kamu miliki. Terlihat sepele, namun tanpa adanya sisa kuota di hp kamu, tentu kamu tidak bisa meyambungkan ponsel orang lain ke jaringan internet.

Jadi sebelum kamu melakukan langkah perbaikan lain di daftar ini, pastikan kuota internet kamu masih mencukupi yah!

2. Cek kekuatan sinyal

Selain kuota, kamu juga harus memeriksa kekuatan sinyal jaringan seluler kamu. Jika sinyal seluler kamu lemah atau tidak ada sama sekali, hotspot kamu mungkin tidak akan berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasinya, cobalah pindah ke lokasi dengan penerimaan sinyal yang lebih baik. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengganti kartu SIM dengan penerimaan sinyal yang lebih baik.

3. Cek mode pesawat

Mode Pesawat (Airplane Mode atau Flight Mode) adalah fitur smartphone yang akan mematikan semua jaringan dan koneksi data. Mengingat fitur ini dapat diakses dengan mudah, ada kemungkinkan kamu tidak sengaja mengaktifkan mode ini dan membuat hotspot tidak terdeteksi dengan baik.

Mode Pesawat bisa jadi penyebab kenapa hotspot tidak dapat digunakan

Jadi selain memeriksa kuota dan kekuatan sinyal, Mode Pesawat jadi hal lain yang harus kamu perhatikan saat jaringan hostpot kamu bermasalah.

4. Sambungkan ulang

Jika kamu bingung kenapa hotspot tidak terdeteksi dan tidak bisa digunakan, setelah sebelumnya bisa, kamu bisa menyambungkan ulang koneksi ke jaringan hotspot tersebut.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Settings > Wifi lalu pilih nama hostpot yang kamu gunakan. Setelah itu klik lalu pilih opsi "Forget " atau "Remove this network" untuk memutuskan koneksi kamu dengan jaringan tersebut.

Setelah itu, kamu bisa kembali login dengan password yang lama untuk coba kembali terhubung dengan jaringan hostpot tersebut.

5. Matikan VPN

Alasan lain kenapa hotspot tidak terdeteksi dan sulit disambungkan adalah karena keberadaan VPN pada smartphone yang digunakan sebagai hotspot. Meski bisa membuat koneksi lebih aman, penggunaan aplikasi VPN juga bisa mempengaruhi jaringan lain seperti hostpot.

Pengaruh VPN yang paling kentara dapat dilihat pada kecepatan akses, terutama bila kamu menggunakan server luar negeri. Beberapa VPN juga mungkin memiliki masalah kompatibilitas dengan konfigurasi hotspot tertentu atau mungkin tidak berfungsi dengan benar saat berbagi koneksi seluler. Hal ini dapat menyebabkan masalah konektivitas atau VPN tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasinya, matikan terlebih dahulu aplikasi VPN yang kamu gunakan. Jika aplikasi VPN tersebut yang menjadi masalahnya, kamu bisa menggunakan aplikasi VPN berbayar yang memberikan koneksi yang lebih stabil dan bisa diandalkan.

6. Matikan mode hemat baterai

Mode hemat baterai alias Battery Saver umumnya jadi fitur yang umum ada pada smartphone modern. Dengan fitur ini, hp kamu akan membatasi penggunaan daya agar baterai lebih awet dan tahan lama.

Dalam aplikasinya, salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan mematikan beberapa fitur dan layanan, terutama yang sedang dalam keadaan tidak terpakai.

Jadi jika kamu sedang mengaktifkan mode battery saver, ada kemungkinan hal ini jadi alasan kenapa hotspot tidak terdeteksi dan tidak tersambung ke smartphone lain. Untuk mengatasinya, kamu bisa menonaktifkan mode tersebut untuk sementara.

7. Batasi jumlah perangkat yang terhubung

Jika kamu menggunakan smartphone sebagai perangkat Wi-Fi yang menghubungkan banyak perangkat sekaligus, kamu mungkin perlu membatasi jumlahnya saat hostpot tidak terdeteksi dan tidak bisa digunakan.

Smartphone biasanya memiliki batasan jumlah perangkat yang dapat terhubung ke hotspot. Batas pastinya dapat bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel, serta kebijakan operator. Namun, batasan umum untuk banyak smartphone berkisar antara 5 hingga 10 perangkat.

8. Restart hp

Sama seperti barang elektronik lainnya, mematikan dan menyalakan ulang hp bisa jadi salah satu solusi ketika hostpot tidak terdeteksi dan sulit disambungkan.

Saat me-restart smartphone, perangkat tersebut akan menghapus cache sistemnya dan menghentikan proses yang sedang berjalan. Tindakan ini dapat menyelesaikan konflik atau kesalahan perangkat lunak apa pun yang mungkin terjadi, sehingga berpotensi meningkatkan kinerja fitur hotspot.

Me-restart ponsel juga ikut membantu memulihkan koneksi jaringannya. Hal ini dapat membantu memulihkan konfigurasi jaringan yang tepat dan memastikan fitur hotspot berfungsi dengan benar.

Tidak cuma itu, terkadang pengaturan atau konfigurasi sementara dapat menyebabkan masalah pada fitur hotspot. Memulai ulang ponsel akan mengatur ulang pengaturan ini ke kondisi default atau awal, yang dapat berguna jika hotspot tidak terdeteksi atau tidak bisa digunakan.

9. Kompabilitas perangkat

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memastikan perangkat yang kamu coba sambungkan kompatibel dengan jenis jaringan hotspot kamu, misalnya 2,4 GHz atau 5 GHz.

Beberapa smartphone lama umumnya hanya support pita 2.4 GHz saja. Sementara smarpthone keluaran terbaru umumnya juga support pita 5GHz yang lebih cepat dan memiliki latensi yang lebih rendah.

kompabilitas perangkat dapat berpengaruh pada jaringan hotspot yang tidak tersambung

Untuk memeriksanya, kamu bisa melihat menu pengaturan jaringan mobile hotspot atau tethering. Setelah itu kamu bisa melihat opsi AP Band dan menggantinya dengan frekuensi yang bisa digunakan oleh kedua perangkat.


Itulah dia beberapa cara mengatasi hotspot yang tidak terdeteksi dan tidak dapat disambungkan ke perangkat lain. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di atas. (GimTekno.com)

0 Komentar