30+ Game Escape Room Terbaik di Android dan iOS - GimTekno

30+ Game Escape Room Terbaik di Android dan iOS

Game escape room adalah game menarik bagi penggemar permainan teka-teki dan asah otak. Umumnya, game mencari jalan keluar tersebut mengharuskan kamu untuk menemukan ojek tersembunyi dan menggunakannya untuk bisa keluar dari sebuah ruangan.

Android sendiri memiliki banyak pilhan game escape room menarik. Meski gameplaynya terbilang mirip, masing-masing juga memiliki keunikan tersendiri, mulai dari segi cerita maupun tampilan grafisnya.

Buat kamu yang senang dengan game semacam ini, simak dulu yuk daftar game mencari jalan keluar terbaik yang bisa kamu mainkan di Android (dan iOS) berikut ini.

Daftar Games Mencari Jalan Keluar Gratis

Keterangan: Beberapa game di bawah yang tidak memiliki rating dan jumlah download merupakan serial yang terdiri dari beberapa game. Link dibuat mengarah ke halaman developer agar kamu bisa melihat sendiri daftar game escape room yang mereka buat.

Games Developer Rating Download
The Office Quest 11Sheep 4.5 1M+
Room Escape Series Apartment Bacon - -
Can You Escape Series ArtDigic - -
Prison Escape Puzzle Adventure Big Giant Games 4.7 10M+
Escape Game Museum Brazen Cat 4.8 100K+
Escape Room: Town Adventure Series BusColdApp - -
Hidden Town Escape Game Series Dark Dome - -
Hospital Horror - Scary Escape Escape Adventure Games 4.5 500K+
Scary Horror 2: Escape Games Escape Adventure Games 4.4 5M+
NOX Everbyte 4.9 1M+
Prison Break: Stickman Story Farm Studio 4.4 50M+
Tricky Doors Five-BN Games 4.7 1M+
Escape Candy Room Funkyland 4.7 1M+
Escape Fruit Kitchens Funkyland 4.7 1M+
101 Room Escape Game HFG Entertainment 4.8 10M+
Random Room Escape - Door Exit HFG Entertainment 4.7 500K+
Escape Room Parallel Mystery HFG Entertainment 4.4 500K+
Room Escape: Secret Mission HFG Entertainment 4.5 100K+
Can You Escape the 100 Rooms Series HKApp Bond - -
Rime IzumiArtisan 4.7 5M+
Tiny Room Kiary Games 4.9 10M+
Pair Room - Escape Game KOTORINOSU 4.8 10K+
Panel Room - Escape Game KOTORINOSU 4.9 10K+
GEN-KAN KOTORINOSU 4.9 10K+
Pixel Room - Escape Game KOTORINOSU 4.9 10K+
Exit II - Escape Game KOTORINOSU 4.8
Escape Room : The 4 Digit Code MinYourLogic 4.6 1M+
100 doors - Escape from School Peaksel Games 4.4 10M+
100 Doors - Escape from Prison Peaksel Games 4.5 5M+
Cube Escape Collection Rusty Lake 4.8 1M+
Pam's House: An Escape Game Slimomo 4.8 1K+
Laques Escape SmartCode 4.4 100K+
Faraway: Puzzle Escape Snapbreak 4.6 5M+
Doors: Awakening Snapbreak 4.6 1M+
Doors: Origin Snapbreak 4.7 1M+
Doors: Paradox Snapbreak 4.8 500K+
Polyescape Translantic 4.4 500K+
Rooms & Exits Webelinx Games 4.6 1M+

1. Hospital Horror - Scary Escape

Hospital Horror - Scary Escape jadi game mencari jalan keluar terbaik buat kamu yang senang dengan teka-teki dan horror survival. Jadi tidak cuma harus memutar otak, kamu juga harus tahan terhadap kengerian yang muncul di game ini.

Hospital Horror - Scary Escape

Cerita ini sendiri berlatar belakang tempat menyeramkan yang mirip rumah sakit usang atau rumah sakit jiwa. Tanpa tahu apa yang membuatmu terjebak di sini, kamu harus memecahkan beragam misteri untuk bisa keluar dari horor tersebut.

Untuk bisa keluar, kamu harus terlebih dahulu mencari sumber penerangan. Setelah itu kamu harus menelusuri satu persatu kamar yang ada di bangunan ini untuk mencari petunjuk. Tidak jarang kamu harus mengunjungi kamar yang sama berulang-ulang untuk mencari informasi mengenai orang jahat yang menelantarkan kamu.

2. Rime

Rime akan membawa kamu masuk ke dalam dunia buku yang unik dan penuh twist. Agar kamu bisa keluar, kamu harus bisa menyelesaikan teka-teki menggunakan semua petunjuk yang berserakan.

Rime

Rime sendiri menawarkan puzzle yang komplek di mana petunjuk yang kamu dapat bisa membawa kamu ke petunjuk lainnya. Hal ini membuat puzzle akan sedikit sulit namun sangat menantang. Tapi tenang, ada opsi "get the answer" buat kamu yang butuh bantuan.

Satu hal menarik, game ini memiliki tiga ending yang berbeda. Jadi jika kamu sudah menamatkannya, game ini bisa kamu mainkan lagi untuk melihat ending lainnya.

3. Faraway: Puzzle Escape

Faraway: Puzzle Escape adalah game yang mengkombinasikan konsep escape room dengan petualangan ala Indiana Jones atau Tomb Raider. Namun alih-alih mencari jalan keluar saja, kamu juga akan ditantang untuk bisa masuk ke dalam kuil kuno.

Faraway: Puzzle Escape

Di game ini, pemain akan mengikuti jejak sang ayah yang hilang saat mencari artefak misterius. Dalam perjalanannya, kamu akan menemukan peradaban kuno yang membawamu berpetualang di oasis dan gurun pasir. Untuk bisa menemukannya, kamu harus bisa mengamati sekeliling untuk mengumpulkan item, menyelesaikan puzzle, dan menggunakan alat kamu untuk bisa keluar dari labirin.

Faraway: Puzzle Escape sendiri terdiri dari 18 chapter yang masing-masing memiliki puzzle 3D yang menantang. Namun pada versi gratisnya, kamu hanya bisa mengakses setengah lokasi tersebut saja!

4. Doors Series

Selain seri Faraway, Snapbreak juga membuat banyak game mencari jalan keluar lain yang sama bagusnya, salah satunya adalah seri Doors yang terdiri dari Awakening, Origins, dan Paradox. Ceritanya pun tidak kalah seru dengan mengambil tema kehadiran sosok misterius dan kehancuran dunia.

Doors: Origin

Sama seperti seri Faraway, Doors juga hadir dengan tampilan 3D, serta visual art unik buatan tangan yang sangat mengagumkan. Hal ini pun dilengkapi dengan audio yang membuat dunia game Doors semakin asik dimainkan.

Puzzle yang menantang jadi alasan lain kenapa kamu harus mencoba seri ini, apalagi ada versi gratis di mana kamu bisa main hingga pertengahan game ini. Pada versi full, kamu bisa mendapatkan cerita lengkap, serta dua ending yang bisa kamu coba dapatkan.

5. Prison Escape Puzzle Adventure

Prison Break adalah salah satu seri populer di mana tokoh utamanya ditantang untuk bisa masuk dan keluar dari penjara. Jika kamu ingin merasakan keseruan yang sama, Prison Escape jadi game mencari jalan keluar yang harus kamu coba.

Prison Escape Puzzle Adventure

Dalam game ini, kamu akan dituduh sebagai kriminal dan harus mendekam di penjara ikonik Alcatraz. Untuk bisa keluar, kamu harus bisa memecahkan teka-teki yang ada di berbagai sudut ruangan penjara, mullai dari sel, ruang sipir, ruang penympnanan, dan banyak lagi.

Dengan puzzle yang menantang dan gambar berkualitas HD, akan sangat disayangkan untuk melewatkan game seru ini. Apalagi Prison Escape bisa di-download gratis dan bisa dimainkan secara offline.

6. 100 Doors - School Escape

100 Doors - School Escape adalah game mencari jalan keluar yang terlihat mudah, tapi bisa cukup membuat pusing. Memiliki misi untuk mengantarkan temanmu keluar dari sekolah, kamu harus menemukan objek tersembunyi dan memanfaatkannya untuk membuka pintu yang tertutup.

100 Dors - School Escape

Dengan 100 pintu yang harus kamu buka, 100 Doors jadi rekomendasi game escape room terbaik buat kamu yang ingin menghabiskan waktu. Apalagi game ini juga punya tamilan grafis dan animasi yang keren serta bisa dimainkan secara gratis. Ukurannya yang kecil pun membuat School Escape jadi game ringan Android yang harus kamu coba.

7. NOX - Mystery Adventure Escape

Butuh rekomendasi game mencari jalan keluar gratis lainnya? Coba main Nox deh! Tidak cuma menarik bagi pemain veteran, game ini juga punya banyak elemen yang bisa memikat pemain baru.

NOX - Mystery Adventure Escape

Berperan sebagai detektif, insting akan membawa kamu untuk mengungkap kisah di sebuah rumah besar yang penuh dengan kamar-kamar misterius. Untuk bisa keluar dari tempat tersebut, kamu harus mencari petunjuk dan memanfaatkan semua objek yang kamu temukan.

Mengawinkan elemen escape room dan hidden object, Nox hadir dengan gameplay yang mudah namun menguras otak. Hal ini pun dilengkapi dengan tampilan 3D yang sangat baik. Belum lagi semua stage yang ada bisa kamu mainkan secara gratis sepenuhnya lho!

8. Cube Escape Collection

Cube Escape jadi seri game escape room lain yang tidak boleh kamu lewatkan. Melalui sembilan game berbeda, Cube Escape memperkenalkan dunia Rusty Lake di mana kamu berperan sebagai detektif Dale Vandermeer dalam memecahkan berbagai misteri dan mencari jalan keluar saat ia terperangkap.

Cube Escape Collection

Satu hal yang membuat game ini unik adalah tampilan grafis 2D-nya yang unik. Namun yang jauh lebih membuatnya memikat adalah kisah di setiap seri yang bisa membuat kamu melupakan sulitnya teka-teki di game ini.

Untuk memainkan semua game-nya sekaligus, kamu bisa download Cube Escape Collection. Di sini kamu bisa menikmati semua seri tersebut, mulai dari Seasons, The Lake, Arles, Harvey's Box, Case 23, The Mill, Birthday, Theatre hingga The Cave.

9. Escape Room : The 4 Digit Code

Sesuai namanya, Escape Room : The 4 Digit Code mengharuskan kamu untuk mencari jalan keluar dari sebuah ruangan dengan memasukan 4 digit angka. Game ini pun bisa dimainkan gratis sepenuhnya dengan lebih dari 200 level berbeda.

Escape Room : The 4 Digit Code

Untuk mendapatkan kode tersebut, kamu harus mengamati objek di sekitar ruangan dan menggunakan logika serta matematika untuk mengkalkulasikan angka yang kamu butuhkan. Bila stuck, ada hint yang bisa memandu kamu menemukan kode tersembunyi.

Tidak perlu terburu-buru karena kamu tidak akan diberi batas waktu. Game pun bisa dimainkan offline agar kamu bisa meneruskannya kapan saja.

10. Hidden Town Series

Hidden Towns adalah serial game escape room yang dibuat oleh Dark Dome. Terdiri dari beberapa chapter, masing-masing game memiliki ceritanya sendiri. Kamu yang ingin mengikuti ceritanya pun tidak perlu khawatir harus memulai dari game yang mana, karena semuanya saling bertautan.

Hidden Town Series

Satu hal yang sama, semua game mencari jalan keluar tersebut memiliki puzzle yang menantang dan cerita mengenai Hidden Town yang sama-sama menarik. Game ini pun memiliki artwork yang sangat bagus, serta tantangan tambahan yang membuat game ini makin seru.

Semua game di seri ini bisa kamu mainkan secara gratis. Namun jika kamu ingin misi tambahan yang saling menautkan semua game tersebut, kamu harus mengupgrade-nya terlebih dahulu.

11. 101 Room Escape Game

HFG Entertainments adalah salah satu developer game yang banyak membuat game mencari jalan keluar, salah satunya adalah 101 Room Escape Game yang merupakan kumpulan dari beberapa game bertema escape room.

101 Room Escape Game

Meski namanya begitu, game ini punya lebih dari 300 kamar yang bisa kamu mainkan. Masing-masing pun memiliki tema berbeda, mulai dari ruangan indoor dan outdoor biasa, hingga ruangan fantasi dan horor. Game ini pun sudah memiliki terjemahan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimainkan.

Setiap puzzle pun memiliki tingkatan yang berbeda, ada yang tergolong mudah, dan ada yang cukup menantang untuk dipecahkan. Namun tenang, ada hint yang bisa membantu kamu keluar dari ruangan tersebut.

12. Tricky Doors

Tricky Doors adalah permainan point-and-click dalam genre escape the room, yang cocok untuk kamu yang senang teka-teki. Game mencari jalan keluar ini dilengkapi dengan berbagai mini-game dan misi kompleks, denga latar belakang ruangan yang dirancang dengan rumit.

Tricky Doors

Tujuan kamu dalam Tricky Doors adalah keluar dari setiap ruangan dengan memecahkan teka-teki, mencari benda tersembunyi, dan membuka rahasia di baliknya.

Tricky Doors dioptimalkan untuk tablet dan ponsel, memastikan pengalaman bermain game yang lancar di berbagai perangkat. Dengan tampilan grafis yang indah dan serangkaian tantangan seru, game ini menjanjikan petualangan yang mengasyikkan bagi pemain dari semua tingkat keahlian.

13. Escape Game Museum

Escape Game Museum adalah game mencari jalan keluar dengan latar belakang museum penuh karya seni menarik. Di sini kamu harus mengungkap misteri yang tersembunyi di dalam lukisan dan keluar dari serangkaian ruangan penuh teka-teki.

Escape Game Museum

Di game ini kamu bisa menelusuri delapan ruangan yang mengesankan, termasuk hidden room yang tersembunyi. Agar bisa keluar dari museum, kamu harus menjelajahi semua ruangan, ungkap benda tersembunyi, dan gunakan objek tersebut dengan cerdik.

Menariknya lagi, Escape Game Museum dapat dimainkan secara gratis hingga selesai. Dengan tambahan fitur auto-save, kamu pun bisa memainkan salah satu game escape room terbaik ini dengan nyaman tanpa harus mengulang progress dari awal setiap saat.

14. Pixel Room

Kotorinosu adalah developer game asal Jepang yang banyak membuat game mirip escape room dengan konsep yang unik. Semua game-nya pun jadi underrated game yang punya rating tinggi namun masih belum banyak diketahui orang.

Pixel Room - Escape Room

Yang pertama ada Pixel Room yang tidak hanya hadir dengan tampilan piksel yang minimalis, tapi juga cara main yang berbeda dari game mencari jalan keluar lainnya.

Terjebak di sebuah tempat, kamu harus bisa keluar dengan menebak aturan yang berlaku di ruangan tempat kamu berada. Kamu pun akan diajak secara perlahan untuk mempelajari dunia game ini, mulai dari tempat 2D 8-bit hingga ke ruangan 3D yang lebih advanced.

15. Panel Room

Game selanjutnya dari Kotorinosu yang harus kamu coba adalah Panel Room. Game ini punya cara main yang sama dengan Pixel Room, namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Panel Room - Escape Game

Sama seperti sebelumnya, kamu harus bisa memecahkan aturan main di sebuah ruangan untuk bisa keluar. Kamu pun akan diperkenalkan dengan gameplay secara perlahan.

Beda dengan sebelumnya, Panel Room memiliki tampilan berupa panel yang ada pada buku komik. Setiap level pun memiliki hint untuk membantu kamu bila stuck yang bisa diakses dengan melihat iklan.

16. Pair Room

Game escape room unik lain dari Kotorinosu adalah Pair Room yang dibuat bersama developer Desert Man. Di game ini kamu akan memerankan dua karakter kucing yang terjebak di dua ruangan yang berpasangan.

Pair Room - Escape Game

Beda dari game mencari jalan keluar pada umumnya, kamu harus bisa memanfaatkan kedua karakter untuk bisa memecahkan teka-teki di game ini. Jadi terkadang kamu harus saling bertukar item, atau bekerja bersama untuk melakukan tugas tertentu.

17. Tiny Room Stories Town Mystery

Last but not least, ada game Tiny Room di mana kamu berperan sebagai detektif yang menyelidiki hilangnya para penduduk dari kota Redcliff.

Tiny Room Stories Town Mystery

Menggabungkan elemen escape room dan petualangan, kamu akan diajak mengelilingi kota, mencari petunjuk, menyelesaikan puzzle, dan menyibak misteri kota tersebut. Setiap puzzle pun ditampilkan dalam bentuk 3D isometrik yang bisa diputar untuk melihat sekelilingnya.

Kombinasi gameplay yang menarik serta tampilan yang menarik membuat game ini jadi favorit pecinta teka-teki. Game ini pun meraih banyak penghargaan yang membuatnya pantas jadi salah satu game escape room terbaik di Android.


Itulah beberapa rekomendasi game mencari jalan keluar terbaik di Android. Buat kamu yang senang dengan teka-teki, game escape room tersebut bisa membantu kamu mengasah otak, sambil menyimak cerita menarik di baliknya. (GimTekno.com)

0 Komentar