17 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik dan Terlengkap - GimTekno

17 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik dan Terlengkap

Butuh rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Korea untuk pemula? Tenang, ada banyak kok' pilihan aplikasi untuk belajar kosakata dan tata bahasa Korea dengan materi yang lengkap. Mau yang gratis dan support Bahasa Indonesia pun ada!

Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa belajar Bahasa Korea secara mandiri tanpa perlu mengikuti les formal. Buat kamu yang senang dengan budaya Korea, hal ini jelas akan sangat membantu kamu dalam memahami lebih dalam tanpa tergantung terjemahan orang lain.

Mulai dari belajar menulis Hangul hingga bercakap-cakap dengan orang Korea langsung, berikut adalah beberapa aplikasi belajar Bahasa Korea untuk pemula yang bisa kamu coba!

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea

1. King Sejong Institute Foundation

King Sejong Institute Foundation (KSIF) adalah lembaga yang didiriikan oleh pemerintah Korea Selatan dengan mengambil nama dari Raja Seong, Sang Raja Korea dari era Joseon yang merumuskan Hangul sebagai alfabet resmi di Korea.

Lembaga ini sendiri membuat beberapa aplikasi belajar Bahasa Korea lengkap, baik untuk pemula atau yang sudah masuk level intermediate. Aplikasi ini juga sudah support Bahasa Indonesia sehingga lebih mudah digunakan.

Aplikasi belajar bahasa Korea dari King Sejong Institute Foundation

Pada aplikasi Sejong Korean Vocab, kamu bisa belajar ribuan kosakata Bahasa Korea yang sering digunakan. Setiap kata pun dilengkapi dengan ilustrasi dan penjelasan lengkap agar kamu lebih cepat menghapalnya. Tidak ketinggalan, ada beragam games yang bisa melatih sekaligus menantang skill vocab Korea kamu.

Buat kamu yang ingin belajar tata bahasa Korea, ada aplikasi grammar yang bisa menuntun kamu sesuai dengan kurikulum yang ada pada buku Sejong Hakdang Korean Grammar. Aplikasi ini pun dilengkapi kuis serta game yang dapat memandu kamu belajar Bahasa Korea dalam suasana yang fun.

Dan buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berbicara kamu, KSIF juga memiliki aplikasi ngobrol Bahasa Korea lho! Kamu bahkan bisa menggunakan aplikasi business conversation mereka yang dapat membantu kamu memahami Bahasa Korea yang banyak dipakai di dalam dunia bisnis di Negeri Gingseng tersebut.

2. Write It! Korean

Tidak seperti alfabet yang dipakai di Indonesia, Korea memiliki Hangeul yang jadi standar penulisan di negara mereka. Jika kamu memutuskan untuk belajar Bahasa Korea, mau-tidak-mau kamu juga harus mempelajari alfabet yang mereka gunakan.

Aplikasi untuk belajar menulis Hangul Write It! Korean

Untuk memudahkan kamu belajar menulis Hangul Korea, aplikasi Write It! Korean akan sangat membantu. Melalui materi yang mereka sediakan, kamu bisa belajar cara menulis Hangul step-by-step sambil menghapal semua huruf vokal dan konsonan yang mereka punya.

Setiap huruf pun dilengkapi file audio agar kamu tahu cara membacanya. Dan mengingat aplikasi ini bisa dipakai secara offline, kamu bisa belajar huruf Korea di mana saja dan kapan saja tanpa perlu terhubung dengan internet.

3. Infinite Korean

Setelah menguasai Hangul, langkah penting selanjutnya dalam belajar Bahasa Korea adalah dengan menghapal kata-kata baru. Meski kamu bisa menggunakan aplikasi flash card seperti Anki untuk melakukannya, Infinite Korean menyediakan cara yang lebih seru untuk belajar kosakata Bahasa Korea.

Aplikasi kosakata Korea Infinite Korean

Melalui game, Infinite Korean bisa membantu kamu menghapal ratusan kata baru. Pertanyaan nantinya akan diberikan dalam tiga format berbeda, teks, audio, dan gambar (ikon) dan tugas kamu adalah menjawab secepat-cepatnya. Di akhir permainan, kamu bisa mereview jawaban kamu untuk melihat hafalan mana yang masih harus kamu perbaiki.

4. Korean Flashcards & Vocabulary

Aplikasi belajar kosakata Bahasa Korea lain yang juga tidak kalah serunya adalah Korean Flashcards & Vocabulary buatan Avocards. Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar hingga 50 ribu kata Korea dari 50 kategori berbeda.

Aplikasi flashcard Bahasa Korea dari Avocards

Setiap flash card nantinya akan dilengkapi dengan arti, contoh kalimat, serta audio dari pembicara aslinya. Buat kamu yang sedang menghapal kata tertentu, ada opsi untuk membuat flash card kamu sendiri. Kamu pun nantinya bisa memainkan game seru untuk menguji kemampuan mendengar dan menulis Bahasa Korea-mu.

Yang tidak kalah menarik, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk belajar dari lagu K-Pop favoritmu, mulai dari BTS, BLACKPINK, MAMAMOO, Big Bang, TWICE, EXO, Stray Kids dan masih banyak lagi.

5. Duolingo

Buat yang pemula banget dan mau belajar Bahasa Korea dari nol, Duolingo jadi aplikasi yang pas. Duolingo sendiri memang jadi salah satu aplikasi paling populer untuk belajar bahasa asing, termasuk Korea. Aplikasi ini pun support Bahasa Indonesia sehingga kamu tidak perlu mengerti Bahasa Inggris terlebih dahulu untuk mulai belajar Bahasa Korea.

Duolingo

Salah satu keunggulan Duolingo adalah materinya yang dibuat sederhana oleh pakar bahasa mereka. Setiap materi pun disajikan dalam bentuk pelajaran singkat dan ditampilkan dalam bentuk game. Jadi selain tidak membosankan, materi akan lebih mudah diserap, dan diingat melalui ujian yang diadakan di setiap akhir materi.

Hal lain yang juga membuat Duolingo populer untuk pemula adalah fiturnya yang sedikit 'memaksa' kamu untuk bisa belajar bahasa baru secara konsisten. Kamu pun bisa melacak progress kamu dan mendapatkan achievement yang bisa memotivasi kamu untuk terus mengembangkan keterampilan bahasa baru kamu.

6. Memrise

Memrise adalah salah satu aplikasi belajar bahasa asing terbaik, termasuk Bahasa Korea. Meski fitur dasarnya bisa diakses secara gratis, Memrise juga menyediakan aplikasi belajar bahasa korea premium dengan akses tak terbatas ke semua materi mereka.

Aplikasi belajar Bahasa Korea Premium Memrise

Untuk memudahkan kamu belajar Bahasa Korea, Memrise memiliki beragam materi untuk berbagai skenario yang nantinya bisa disesuaikan dengan minat kamu. Memrise pun nantinya bisa menyuguhkan video pembelajaran yang sesuai dengan level kamu saat ini agar kamu lebih memahami kata baru yang kamu pelajari.

Satu hal menarik dari Memrise adalah fitur MemBot, aplikasi chat yang dapat membantu kamu melatih percakapan Bahasa Korea menggunakan teknologi AI GPT-3. Kecanggihan MemBot pun dijamin akan memberikan pengalaman yang sama dengan orang asli Korea, sehingga kamu bisa lebih pede dalam menggunakan Bahasa Korea.

7. Eggbun

Jika kamu menyukai konsep chat berbasis AI untuk belajar Bahasa Korea seperti Memrise, rasanya kamu juga akan cocok dengan Eggbun. Dengan menggunakan konsep chatting, kamu bisa belajar berbicara, membaca, mendengar, dan menulis dengan Bahasa Korea.

Aplikasi belajar bahasa korea terbaik Eggbun

Di balik itu, Eggbun adalah aplikasi belajar Bahasa Korea lengkap di mana kamu bisa mempelajari Hangeul, kosakata dan kalimat dasar, hingga cara pengucapan ala orang Korea. Eggbun pun memiliki fitur culture note yang bisa membantu kita lebih mengerti mengenai budaya Korea pada materi yang diajarkan.

Mirip Memrise, Eggbun adalah aplikasi belajar Bahasa Korea premium di mana kamu harus berlangganan untuk membuka semua pelajarannya. Namun kamu yang ingin mencoba bisa memakai versi gratis sepuasnya dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

8. Cake

Buat kamu yang ingin mengembangkan skill Korea kamu, Cake adalah aplikasi yang tepat. Jangan salah, aplikasi ini juga menyediakan materi untuk level Beginner dan Elementary, namun rasanya aplikasi ini akan lebih cocok untuk kamu yang sudah mengetahui Hangeul dan struktur dasar Bahasa Korea.

Cake App

Cake sendiri memiliki cara unik dengan menggunakan berbagai konten video untuk menjelaskan kata/kalimat yang sedang kamu pelajari. Jadi tidak asal mengerti artinya, kamu pun bisa lebih memahami konteksnya dan bagaimana cara memakai kata atau ekspresi dengan tepat.

Konten video yang disediakan pun dapat membantu kamu belajar listening Bahasa Korea dengan cara yang menyenangkan. Meski ada versi berbayarnya, versi gratis Cake sudah lebih dari cukup dengan video baru setiap harinya sebagai bahan belajar kamu.

9. Drops

Drops adalah aplikasi untuk menghapal kosakata Korea yang sedang naik daun. Alasan utamanya adalah karena banyaknya konten menggunakan idol K-Pop dalam materi mereka. Tapi di balik itu, Drops memang memiliki cara menarik yang bisa membantu kamu dalam menghapal banyak kata baru.

Drops App

Dalam akun gratisnya, kamu akan mendapatkan materi gratis selama 5 menit setiap harinya. Setiap materi pun disajikan dengan ilustrasi menarik yang cocok untuk kamu yang lebih cepat menghapal melalui petunjuk gambar (visual cues). Tidak ketinggalan, setiap kata juga mencantumkan contoh pemakaian berupa penggalan video Youtube, TikTok, dan Snack dari K-Drama atau idol-idol favoritmu.

Tidak cuma itu, Drops juga menyajikan materi seputar tata bahasa Korea dasar. Kamu pun bisa mengakses materi seputar travel yang cocok untuk kamu yang segera berangkat ke Korea untuk jalan-jalan.

10. LingoDeer

Buat kamu yang cari aplikasi mirip Duolingo untuk belajar Bahasa Korea, LingoDeer bisa jadi salah satu alternatif terbaik. Beberapa pengguna bahkan mengklaim LingoDeer masih lebih baik dari Duolingo, terutama untuk belajar bahasa dari negara-negara Asia.

Aplikasi belajar bahasa korea yang bagus di Android LingoDeer

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa LingoDeer termasuk aplikasi belajar Bahasa Korea premium. Versi gratisnya hanya terbatas pada pengenalan Hangeul serta phrasebook. Namun bila kamu berlangganan, LingoDeer merupakan aplikasi belajar Bahasa Korea lengkap yang bisa kamu pertimbangkan.

Satu hal yang membuatnya berbeda dari aplikasi lainnya adalah struktur materi yang dibuat agar kamu bisa lebih mengerti tata bahasa dan grammar Korea yang dipakai sehari-hari. Setiap pelajaran pun dilengkapi dengan materi video yang juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill listening dan pelafalan Bahasa Korea-mu.

11. Lingory

Alternatif Duolingo lain yang juga pas untuk kamu yang ingin belajar bahasa Korea adalah Lingory. Aplikasi buatan developer Korea ini akan sangat membantu kamu yang ingin mempelajari grammar, struktur kalimat, atau sekadar menghapal kosakata baru. Apliksi ini pun gratis digunakan meski dengan tampilan iklan.

Lingory

Dibandingkan aplikasi belajar Bahasa Korea lainnya, Lingory tidak hanya menyediakan materi untuk Bahasa Korea yang super formal saja, mereka pun melengkapinya dengan bahasa sehari-hari yang masih tergolong sopan. Dengan begitu, kamu bisa belajar keduanya sekaligus sambil membandingkannya langsung.

Hal yang tidak kalah menariknya adalah penggunaan keyboard Korea untuk menulis jawaban kamu saat latihan. Selain itu aplikasi ini juga akan memberikan kamu test saat memulai. Jadi kamu bisa memulai materi dari level kamu saat ini.

12. Papago

Bicara aplikasi terjemah, Google Translate masih jadi pilihan nomor satu. Namun bila kamu ingin menerjemahkan bahasa Korea, Papago bisa jadi alternatif yang lebih baik!

Aplikasi terjemah bahasa korea Papago

Dibuat oleh Naver, Papago memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dibanding Google Translate. Papago bisa dipakai untuk menerjemahkan teks, gambar, tulisan tangan, hingga mengartikan percakapan secara real-time.

Meski support jauh lebih sedikit bahasa, terjemahan Bahasa Korea yang dihasilkan lebih akurat dibanding Google Translate. Di sini kamu bisa translate ke format formal 존댓말 (jondaemal) atau 반말 (banmal) yang lebih kasual. Papago bahkan memiliki opsi untuk mengaktifkan atau mematikan opsi honorific (sebutan kehormatan) yang banyak dipakai dalam budaya Korea.

13. Korean - Listening and Speaking

KoreanーListening and Speaking buatan Poro Hanguego adalah aplikasi yang bisa membantu kamu melatih untuk mendengar dan berbicara dalam Bahasa Korea. Dengan lebih dari 750 dialog berbeda, kamu bisa belajar berbagai topik mulai dari sapaan, shopping, berbicara dengan anggota keluarga, atau untuk keperluan bisnis.

Aplikasi Korean Listening and Speaking

Satu hal menarik, setiap materi bisa dikustomisasi agar sesuai dengan level kamu. Di sini kamu bisa melihat terjemahan yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan. Kata yang sedang diucapkan pun akan di-highlight agar kamu mengetahui kata apa yang sedang dibicarakan. Kamu pun bisa mengatur kecepatan berbicara agar kamu lebih mudah menangkap pembicaraan.

Buat kamu yang ingin belajar sambil berangkat sekolah atau kuliah, aplikasi ini juga punya playlist mode lho! Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan waktu luang kamu untuk belajar Bahasa Korea selama perjalanan.

14. Mirinae

Mirinae adalah aplikasi unik yang mampu membantu kamu memahami struktur Bahasa Korea dengan mudah. Jadi cukup dengan menyalin kalimat yang ingin kamu pelajari, Mirinae mampu menjelaskan masing-masing kata, grammar yang dipakai, menunjukan idiom dan slank yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Mirinae

Aplikasi Bahasa Korea ini juga memiliki kamus bawaan yang nantinya bisa dipakai untuk melihat keterangan lengkap mengenai sebuah kata. Kamu pun bisa mencari kata yang mirip, serta melihat contoh penggunaan kata tersebut dalam kalimat lainnya.

Meski bisa didownload lewat Play Store dan App Store, Mirinae juga bisa diakses melalui situs mirinae.io. Menariknya, kamu juga bisa menginstal ekstensi Chrome Mirinae yang dapat membantu kamu saat menelusuri website berbahasa Korea, atau saat menonton Kdrama di situs seperti Netflix, Viki, atau Youtube.

15. Hello Talk

Mempelajari Bahasa Korea belum lengkap sebelum kamu mempraktikannya langsung dengan pembicara aslinya. Untungnya kita tidak perlu terbang jauh-jauh karena ada aplikasi chatting dengan orang Korea yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah Hello Talk.

Hello Talk

Hello Talk adalah aplikasi yang mempertemukan orang dari seluruh dunia yang ingin belajar bahasa baru, tidak terbatas pada Bahasa Korea saja. Di aplikasi ini, kamu bisa mencari partner kamu berdasarkan bahasa yang ingin dipelajari, region, umur, dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir bila kamu masih belum terlalu lancar berbahasa Korea karena Hello Talk memiliki fitur bawaan untuk menerjemahkan, mengkoreksi, serta memberikan caption secara instan dalam percakapanmu.

16. Migii TOPIK

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti TOPIK (Test of Proficiency in Korean), baik untuk kuliah atau bekerja, Migii TOPIK bisa jadi salah satu rekomendasi untuk belajar materi tes seperti menulis (쓰기 sseugi), membaca (읽기 ilgi), dan mendengar (듣기 deudgi).

Aplikasi ujian bahasa korea Migii TOPIK

Melalui aplikasi ini, kamu bisa meningkatkan skill Bahasa Korea kamu dengan mempelajari grammar dan kosakata yang sering muncul pada ujian TOPIK. Kamu pun bisa mengukur tingkat kemahiran kamu untuk masing-masing area, dan meningkatkan skornya menggunakan tips dan instruksi dari aplikasi ini.

Tidak cuma itu, Migii TOPIK juga menyediakan mock test yang mampu mensimulasikan test TOPIK 1 & 2 lengkap dengan format dan batas waktu di ujian sesungguhnya. Di akhir ujian, kamu pun bisa mereview jawaban dan mendapatkan penjelasan agar kamu bisa memperbaiki skor kamu di ujian selanjutnya.

17. Youtube

Youtube jadi platform yang pas buat kamu yang ingin mendapatkan materi belajar Bahasa Korea secara gratis tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Meski tidak seinteraktif aplikasi, Youtube bisa jadi aplikasi belajar Bahasa Korea paling lengkap dengan materi yang sangat masif yang membahas semuanya, mulai dari cara penulisan, pelafalan, interaksi sehari-hari, hingga belajar budaya Korea.

Tips Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Mempelajari bahasa asing bisa saja dilakukan secara otodidak. Jika kamu juga melakukannya, yuk ikuti beberapa tips berikut agar hasilnya semakin optimal!

Belajar Hangul terlebih dahulu

Sebelum belajar kosakata dan grammar, sangat disarankan untuk mempelajari Hangul terlebih dahulu. Tenang, Hangul tidak sesulit alfabet Jepang atau Mandarin kok! Hangul justru dibuat dengan sistematis agar dapat dipelajari dengan mudah.

Mengetahui Hangul dapat membantu memahami pengucapan kata-kata Korea secara akurat. Setiap karakter di Hangul berhubungan dengan bunyi tertentu, sehingga memudahkan kamu mengucapkan kata dengan benar sejak awal.

Setelah terbiasa dengan Hangul, kamu bisa mulai mempelajari kosakata dengan lebih efisien. Daripada menghafal kata-kata dalam bentuk Romawi, kamu bisa langsung mempelajarinya dalam Hangul, sehingga prosesnya lebih langsung dan membantu kamu mengasosiasikan suara dengan karakter Hangul-nya.

Tidak cuma itu, belajar Hangul sejak awal juga bisa memberi kamu motivasi lebih di awal pembelajaran. Mampu membaca dan menulis kata-kata dan frasa dasar bahasa Korea pastinya akan membuat kamu lebih semangat untuk belajar hal lainnya bukan?

Sesuaikan dengan gaya belajarmu

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Jadi apa yang berhasil untuk orang lain belum tentu akan bekerja sama baiknya buat kamu.

Belajar bahasa baru merupakan proses kompleks yang melibatkan berbagai keterampilan seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Pendekatan yang paling efektif bagi seseorang bergantung pada preferensi, kekuatan, dan kelemahan individu.

Bagi visual learner, belajar menggunakan gambar atau ilustrasi akan membuat mereka menyerap materi lebih baik. Bagi auditory leaner, menyerap materi dengan audio jadi cara terbaik bagi mereka untuk belajar bahasa asing. Selain itu ada orang yang bisa belajar bahasa Asing secara random, namun ada juga yang lebih memilih untuk mengikuti struktur tertentu.

Jadi pastikan kamu mengetahui cara belajar paling efektif buat kamu dan kombinsikan beberapa cara untuk memberikan hasil terbaik.

Menghapal kosakata umum

Apapun gaya belajarmu, menghapal kosakata umum yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari jadi langkah awal yang baik untuk belajar bahasa baru.

Meski belum mengerti grammar, mengetahui banyak kosakata akan membantu kamu untuk sedikit mengerti maksud dari tulisan atau pembicaraan yang kamu dengar. Kamu bahkan bisa menggunakannya untuk menebak arti kata yang tidak ketahui berdasarkan konteks yang kamu pahami.

Agar lebih efektif, kamu bisa menghapal kosakata berdasarkan kategori terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa merangkai kalimat dengan lebih baik di bidang tertentu, daripada mengetahui kosakata yang banyak tapi random dan sulit dirangkai dalam satu kalimat.

Mencari partner

Bagi yang sedang belajar Bahasa Korea secara otodidak, salah satu hal yang paling sulit adalah mengetahui letak kesalahan kita. Tanpa adanya guru, kita harus lebih teliti dalam mengevaluasi proses belajar kita agar kesalahan bisa diminimalisir sejak awal.

Sebagai alternatif, kita bisa bergabung dengan komunitas di Facebook, WhatsApp, atau Telegram. Meski sama-sama masih dalam tahap belajar, memiliki partner akan sangat membantu untuk mengetahui apa yang kita lewatkan, menjaga kamu agar tetap konsisten belajar, atau bahkan sebagai teman untuk melatih kamu bicara dalam Bahasa Korea.

Serap materi berbahasa Korea seanyak-banyaknya

Menyerap materi berbahasa Korea sebanyak-banyaknya jadi pendamping yang pas untuk sesi belajar formalmu. Melalui materi tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak hal di luar pelajaranmu, mulai dari kosakata baru, contoh penggunaan kata dalam mengeskpresikan suasana tertentu, atau belajar kata gaul yang dipakai anak muda Korea saat ini.

Bagi yang senang membaca, ada blog Naver atau beragam portal berita Korea yang bisa diikuti. Materi video dan audio berbahasa Korea pun kini mudah ditemukan melalui platform seperti Youtube.

Jika kamu menemukan sesuatu yang baru, pastikan kamu mencatatnya agar lebih mudah diingat. Kamu pun bisa memasukannya ke dalam flashcard agar kamu bisa mengulang-ulangnya sampai paham.

Chat dengan orang Korea

Terlibat dalam percakapan dengan penutur asli akan membantu kamu dalam mempraktikan tata bahasa, kosa kata, dan ekspresi yang telah kamu pelajari dalam konteks yang lebih otentik.

Interaksi rutin dengan penutur asli memungkinkan kamu berlatih dan meningkatkan pengucapanmu. Kamu pun bisa menerima feedback langsung mengenai aksen dan intonasi yang kamu gunakan.

Berbicara dengan native speaker juga akan mengenalkanmu pada aksen, pola bicara, dan ekspresi sehari-hari yang berbeda. Hali ini dapat membantu meningkatkan keterampilan listening kamu, sekaligus memberikan wawasan mengenai kehidupan sehari-hari orang Korea asli.

Konsisten

Sama seperti belajar hal lainnya, belajar Bahasa Korea akan lebih optimal selama kamu konsisten.

Konsisten mempelajari Hangul akan membuat kamu lebih cepat lancar menggunakannya. Konsisten menghapal kata baru akan membuat kamu mengerti lebih banyak kosakata Bahasa Korea. Konsisten mengulang pelajaran akan membantu memori kamu dalam mengingat lebih lama. Konsisten belajar akan membentuk kebiasaan baru yang baik dan mencegah kamu lupa akan pelajaranmu.


Itulah dia beberapa aplikasi belajar Bahasa Korea terbaik yang bisa kamu instal di hp Android dan iOS. Meski terbilang lengkap, ada baiknya kamu melengkapinya dengan materi lain, entah dari website, Youtube, atau buku berbahasa Korea agar kamu lebih cepat menguasai bahasa baru tersebut. (GimTekno.com)

0 Komentar