12 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah - GimTekno

12 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah

Aplikasi kasir jadi salah satu tools yang bisa membantu pemilik bisnis dalam mengoptimalkan peran kasir. Tidak hanya membantu mencatat transaksi pembelian dan penjualan, aplikasi ini pun bisa dipakai untuk membuat laporan keuangan, meningkatkan efisiensi operasional, atau digunakan sebagai aplikasi stok barang.

Dengan adanya aplikasi point of service (POS) ini, pemilik bisnis dapat menghindari potensi kesalahan manusia. Kecepatan, ketepatan, kenyamanan serta akses real-time yang ditawarkan oleh aplikasi kasir punpastinya akan sangat membantu semua pelaku usaha kecil dan menengah.

Nah, buat kamu yang juga ingin memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan usahamu, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi kasir terbaik di Android yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi Kasir Terbaik untuk UMKM

1. Moka POS

Moka POS adalah aplikasi kasir premum yang cocok untuk usaha kecil hingga menengah ke atas yang sudah memiliki beberapa cabang. Dengan sistem yang bekerja real-time, Moka POS dapat membantu pemilik usaha untuk memantau transaksi harian dan stok barang dari satu tempat saja.

Moka POS

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp299 ribu per bulan, pengguna Moka bisa menambahkan berbagai layanan kasir, mulai dari pembayaran dengan e-wallet, membuat struk, menambahkan kode kupon promosi, menerima pesanan online, dan banyak lagi.

Lebih dari sekadar aplikasi kasir, Moka juga menyediakan fitur yang memungkinkan pemilik usaha untuk mengatur inventory dan karyawan, menangani data konsumen, membuat website, hingga memberikan edukasi dan training online agar pemilik bisnis dapat terus mengembangkan usaha mereka.

2. Majoo

Majoo adalah aplikasi all-in-one premium yang menyediakan beragam layanan, mulai dari kasir online, akutansi, aplikasi CRM, manajemen karyawan dan inventori, analisa bisnis, hingga membantu pembuatan toko online.

Majoo

Melalui layanan kasir online mereka, penjualan jadi semakin mudah dan praktis dengan adanya fitur cetak struk dan invoice, scan barcode untuk melihat menu, mengatur harga khusus ojek online, hingga menambahkan metode pembayaran dengan EDC, transfer bank, atau melalui dompet digital.

Dengan biaya langganan mulai dari Rp249 ribu, Majoo dapat digunakan untuk single outlet untuk semua jenis usaha. Di luar itu, Majoo juga menyediakan paket yang dapat membantu mengotomatisasi operasional penjualan, keuangan, hingga mengatur karyawan. Selain itu terdapat pula paket lengkap dengan perangkat pendukung kasir seperti thermal printer, cashdrawer, dan barcode scanner.

3. Kasir Pintar

Kasir Pintar adalah aplikasi Point of Sale (POS) premium lain yang cocok untuk segala jenis usaha, mulai dari F&B, Bengkel, Barbershop, Minimarket, Launry, hingga online shop. Namun beda dengan Moka dan Majoo, aplikasi ini memiliki versi gratis yang punya fitur yang cukup untuk bisnis kecil.

Kasir Pintar

Pada versi gratisnya, aplikasi kasir offline ini bisa mencatat penjualan tanpa batas. Kamu pun bisa mengatur stok barang serta mencatat nama pelanggan. Selain itu Kasir Pintar juga memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran dengan w-wallet seperti OVO, DANA, dan LinkAja.

Satu hal menarik, Kasir Pintar Free juga menyediakan layanan transaksi PPOB (Payment Point Online Bank) yang memungkinkan pelanggan untuk pembelian pulsa dan paket data, membayar tagihan Listrik, Telepon dan Internet, serta top-up gaming.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp55 ribu per bulan, kamu akan mendapatkan limit yang lebih besar, struk tanpa watermark, serta tambahan fitur seperti laporan keuangan dan manajemen barang yang lebih lengkap.

4. Aplikasir

Aplikasir adalah aplikasi kasir dengan fitur lengkap yang memungkinkan pemilik usaha untuk mengelola bisnis mereka dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Dibandingkan aplikasi POS lainnya, harga yang ditawarkan pun cukup rendah dan cocok untuk pelaku UMKM yang ingin menekan angka pengeluaran mereka.

Aplikasir

Jika dilihat sekilas, tampilan aplikasi ini sangatlah sederhana. Namun justru hal ini jadi kelebihannya karena Aplikasir jadi mudah dimengerti dan dipahami oleh mereka yang baru pertama kali memakai aplikasi POS. Selain itu hal tersebut juga membuat aplikasi ini solid dan jarang mengalami error.

Di balik itu, Aplikasir menyediakan fitur lengkap bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Dengan Aplikasir, kamu bisa mengelola produk dan stok dengan mudah dengan beragam variasi produk, satuan dan harga. Kamu pun bisa membuat struk atau invoice, dan menyambungkan aplikasi dengan alat kasir seperti barcode scanner dan thermal printer.

Dengan biaya berlangganan Rp30 ribu per bulan, Aplikasir pun bisa membantu kamu membuat toko online dengan cepat. Dengan biaya Rp60 ribu per bulan, kamu bahkan bisa menggunakan domain premium agar toko e-commerce kamu lebih tampak menarik.

5. Kasirini

Buat kamu yang butuh rekomendasi aplikasi POS gratis, Kasirini bisa jadi nama pertama yang kamu pertimbangkan. Meski tanpa biaya bulanan, Kasirini memiliki semua fitur yang kamu perlukan untuk mengelola bisnis online maupun toko offline kamu.

Kasirini

Dengan Kasirini, kamu bisa mencatat transaksi harian lengkap dengan laporan lengkapnya. Kamu pun bisa mengelola inventaris serta mengatur pegawai. Tidak ketinggalan, Kasirini juga mampu menambahkan metode pembayaran digital seperti OVO, Gopay, LinkAja, atau ShopeePay, serta membuat nota otomatis yang nantinya bisa dicetak melalui printer.

Dan untuk sebuah aplikasi kasir gratis, Kasirini hadir dengan fitur premium seperti multi outlet, diskon untuk pelanggan, hingga mendesain nota pembayaran kamu sendiri.

Dan buat kamu yang ingin mencobanya, Kasirini dapat digunakan pada perangkat Android yang biasa saja, selama punya spek dengan minimal Android 4.4 atau Kitkat dan minimal memory RAM 1 GB. Kamu bahkan tidak butuh koneksi internet karena Kasirini bisa dipakai secara offline.

6. Griyo POS

Aplikasi gratis untuk UMKM selanjutnya adalah Griyo POS. Selain gratis, aplikasi ini juga bisa dipakai offline, cocok untuk kamu yang tidak terlalu ingin tergantung pada penyimpanan berbasis cloud dan butuh aplikasi yang stabil tanpa koneksi internet.

Griyo POS

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat transaksi harian, baik penjualan maupun pengeluaran. Setiap penjualan pun nantinya bisa dibuatkan struk yang bisa dicetak melalui thermal printer atau dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp.

Selain berfungsi sebagai aplikasi kasir, Griyo POS juga bisa membantu kamu mengatur kebutuhan produk atau material agar tidak kehabisan. Griyo POS pun dapat membuat laporan dan statistik yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mengetahui produk yang paling dibeli atau pembeli yang paling banyak melakukan transaksi.

7. Cashier & Stock iREAP POS Lite

Aplikasi kasir gratis lainnya adalah iREAP POS Lite yang bahkan tidak menampilkan iklan sama sekali. Aplikasi ini punya fitur yang cocok untuk usaha mikro yang dikelola perorangan, mulai dari warung makan, toko kelontong, hingga toko baju dan aksesoris.

Cashier & Stock iREAP POS Lite

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat penjualan dan pembelian harian, retur, hingga stok barang. Semua transaksi tersebut pun disajikan dalam laporan yang mudah dimengerti. Buat kamu yang menggunakan alat kasir, iReap POS Lite pun support beragam barcode scanner dan thermal printer.

Bisa digunakan secara offline, aplikasi ini bisa menjamin keamanan data kamu, dan bahkan menguncinya agar tidak bisa dibuka sembarangan. Selain itu aplikasi kasir gratis ini juga bisa membackup data kamu lewat Google Drive. Kamu pun bisa memulihkan data tersebut bila ingin menggunakan aplikasi iReap POS Lite di perangkat lainnya.

8. Kasir Toko Pintar Portable

Kasir Toko Pintar Portable adalah aplikasi POS dengan rating rata-rata yang sangat tinggi di Google berkat fiturnya yang melimpah namun 100% gratis dipakai tanpa tampilan iklan sekalipun. Aplikasi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi internet, kecuali kamu ingin membuat backup data kamu di Google Drive.

Kasir Toko Pintar Portable

Dengan tampilan yang sangat mudah digunakan, Kasir Toko Pintar Portable dapat membantu kasir lebih efisien dalam tugasnya. Penjualan pun bisa terhubung dengan barcode scanner dan printer untuk mempercepat pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tidak cuma itu, aplikasi kasir gratis di hp dan tablet Android ini juga bisa memberikan kamu laporan transaksi dan merekam data konsumen. Kamu bahkan bisa mendapatkan analisa keuntungan per item agar kamu bisa mengatur ulang strategi bisnis kamu.

9. Youtap POS

Youtap adalah aplikasi kasir digital gratis untuk Android dan iOS yang pas untuk kamu yang ingin mengembangkan usahamu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyediakan menu melalui QR Code, mencatat transaksi harian, hingga melayani pembayaran via QRIS (LinkAja, Shopee Pay, DANA, OVO, Gopay, Sakuku, dll)

Youtap POS

Aplikasi point of sale (POS) ini pun menyediakan laporan keuangan yang dibuat dengan Analisa Pintar yang bisa membantu kamu melihat perkembangan bisnis berdasarkan riwayat transaksi yang ada.

Youtap POS juga menyediakan layanan Extra yang memiliki fitur kasir lengkap, notifikasi stok produk, menerima layanan order online, hingga mengirim barang langsung ke pelanggan. Paket premium tersebut juga hadir dengan fitur Customer's Loyalty yang cocok untuk mengelola data konsumen dan menjaga kepuasan pelanggan.

10. Goe Pos

Goe Pos adalah aplikasi kasir yang dirancang khusus untuk bisnis makanan seperti restoran, kafe, toko kue, hingga food trucks. Kamu yang ingin mencobanya pun bisa menginstal versi Free sebelum berlangganan paket premium yang mereka sediakan.

Goe POS

Sama seperti aplikasi POS terbaik lainnya, Goe Pos juga memungkinkan kamu untuk mencatat transaksi harian, mengatur stok barang dan karyawan, membuat dan mencetak struk, serta menyediakan laporan keuangan yang bisa diprint atau disimpan dalam bentuk file digital (PDF dan Excel).

Di luar itu, Goe Pos memiliki fitur yang dapat menghubungkan kasir dengan bagian dapur agar alur pesanan berjalan lancar. Selain itu terdapat pula opsi split bill untuk mengakomodir pelanggan yang dapat berkelompok, serta opsi hold dan reserve untuk menahan pesanan di jam sibuk dan mem-booking tempat makan.

11. NUTAPOS

Sama seperti sebelumnya, NUTAPOS juga dirancang sebagai aplikasi kasir bisnis kuliner. Makanya aplikasi ini punya fitur khusus seperti kitchen display system yang mampu mengirimkan order langsung ke bagian dapur. Selain itu aplikasi ini juga punya fitur manajemen meja yang memudahkan pemilik bisnis untuk mengetahui jumlah meja yang kosong di outlet mereka.

NutaPOS

Tidak ketinggalan, ada pula fitur Tipe Penjualan (Bungkus, Makan di Tempat, atau GoFood), pilihan ekstra/modifier, split order, diskon, promo penjualan berdasarkan waktu atau jumlah transaksi, hingga mencatat feedback dari pelanggan.

Di luar itu, NUTAPOS memiliki banyak fitur yang tidak hanya memudahkan tugas kasir dan inventaris barang, tapi juga membantu pemilik bisnis untuk melihat kinerja bisnis dan memonitornya dengan mudah dari smartphone atau tablet saja.

Satu hal yang perlu disebutkan, NUTAPOS memiliki skema pembayaran yang cukup unik. Versi gratis aplikasi ini bisa dipakai secara cuma-cuma dengan fitur yang sama dengan paket premium mereka. Hanya saja nantinya pelanggan akan dibebankan Rp200 untuk setiap struk yang tercetak.

12. Pawoon

Pawoon adalah aplikasi kasir online berbasis cloud yang bisa dipakai di tablet atau smartphone untuk membantu kamu mengelola bisnis dengan mudah dan praktis. Dipercaya lebih dari 25 ribu pebisnis di Indonesia, Pawoon juga bisa jadi aplikasi POS terbaik untuk usahamu juga.

Pawoon

Melalui fitur point of sales mereka, kasir kamu bisa lebih efisien dalam bekerja dengan adanya fitur seperti split bill dan digital receipt, hingga tersedianya beragam metode pembayaran. Pawoon pun menjamin sistem mereka akan bekerja optimal dan tidak akan menimbulkan antrian panjang, bahkan saatjam sibuk sekalipun.

Untuk mencobanya, Pawoon menyediakan aplikasi gratis dengan limit transaksi yang terbatas. Jika ingin berlangganan, Pawoon menyediakan paket mulai dari Rp149 ribu per bulan untuk satu outlet, atau Rp299 ribu untuk kamu yang mengurus bisnis waralaba dengan banyak cabang.


Memlih aplikasi kasir yang tepat dapat membantu meringankan tugas kasir dan mengurangi potensi kesalahan. Aplikasi ini pun umumnya hadir dengan segudang fitur lain yang membuat bisnis dapat dijalankan lebih efisien dan dapat membantu pemilik bisnis untuk mengembangkan usaha mereka. (GimTekno.com)

0 Komentar