11 Aplikasi Stok Barang Gratis di Android - GimTekno

11 Aplikasi Stok Barang Gratis di Android

Sesuai namanya, aplikasi stok barang bisa membantu kamu mengelola inventaris gudang atau toko. Beberapa aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mencatat penjualan, sisa stok barang, atau harga barang tersebut.

Aplikasi Stok Barang Gratis Android

Mengelola stok barang sendiri menjadi salah satu hal penting bagi pebisnis.

Dengan mengetahui hal ini, bisnis akan berjalan lancar karena kebutuhan pelanggan akan terus bisa dipenuhi. Keuntungan pun akan lebih maksimal karena semua stok terhitung dengan baik dalam neraca keuangan.

Dalam bisnis berskala kecil, menghitung dan mendata stok barang rasanya masih bisa dilakukan menggunakan kertas dan pena. Namun saat inventaris gudang semakin kompleks dan pendataan harus dilakukan dalam waktu cepat, maka akan sulit untuk melakukan hal ini secara manual.

Untungnya kini ada cukup banyak aplikasi stok barang yang bisa diandalkan. Beberapa di antaranya bahkan gratis dan bisa diakses melalui smartphone secara offline. Nah, jika kamu butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi stok barang terbaik yang bisa kamu pakai gratis di hp Android.

Aplikasi Stok Barang Terbaik di Android

1. Google Spreadsheets

Spreadsheet adalah tools serbaguna yang bisa dipakai untuk berbagai skenario, salah satunya adalah untuk mencatat stok barang. Jika kamu bisa menggunakannya, aplikasi spreadsheet sangat fleksibel dan bisa dipakai untuk membuat aplikasi stok barang sederhana hingga yang paling kompleks sekalipun.

Bila kamu ingin membuat spreadsheet di Android, maka kamu butuh aplikasi office seperti Excel. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memakai Google Sheet yang 100% gratis dan punya fitur yang tidak kalah banyaknya. Aplikasi ini pun bisa mengenali file XLS dan XLSX yang dipakai di Microsoft Excel.

Untuk membuat aplikasi stok barang dengan Excel atau Google Sheet, kamu bisa memanfaatkan template siap pakai yang bisa dipilih saat kamu akan membuat file baru. Kamu pun bisa mengunduhnya dari situs seperti template.net yang menyediakan beragam contoh aplikasi stok barang dengan excel yang bisa diunduh secara gratis.

2. Stock and Inventory

Stock and Inventory alias Barang dan Persediaan jadi aplikasi yang sempurna untuk melacak dan mendata semua barang stok yang tersimpan di gudang. Selain itu aplikasi stok barang bahasa Indonesia ini bahkan bisa digunakan pada bisnis kecil untuk mencatat penjualan dan pemasukan.

Stock and Inventory alias Barang dan Persediaan

Setiap data stok yang dimasukan nantinya bisa ditambahkan foto/gambar pelengkap. Produk pun dapat dikategorikan agar lebih mudah dicari. Untuk membuat proses pendataan barang lebih cepat, aplikasi ini juga bisa memindai barcode baik melalui kamera smartphone atau melalui pemindai eksternal.

Satu hal yang menarik, kita bisa mengatur jumlah minimum stok agar nantinya kita bisa mendapat notifikasi saat stok mulai menipis.

Data-data barang yang telah berhasil diinput nantinya bisa disimpan dan diimport dalam bentuk file Excel. Kita bahkan bisa membuat template PDF untuk membuat katalog, daftar harga, serta invoices.

3. Stock and Inventory Management System

Stock and Inventory Management System adalah aplikasi yang bisa mengatur, melacak, dan mengontrol inventaris barang.

Stock and Inventory Management System

Melalui aplikasi ini, kita bisa menambahkan beragam detail produk mulai dari nama, ID produk, harga pembelian, serta deskripsi singkat mengenai produk tersebut. Agar proses pendataan barang bisa dilakukan lebih cepat, aplikasi ini menyediakan fitur QR dan barcode scanner untuk membaca kode produk.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mendata transaksi masuk dan keluar. Pada aplikasi juga terdapat filter yang memudahkan pengguna untuk mencari produk dan transaksi yang mereka inginkan. Dan bila ada stok yang mulai menipis, aplikasi ini akan memberikan peringatan agar kita bisa melakukan pembelian stok sebelum barang habis.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan laporan untuk masing-masing barang dilengkapi dengan pie chart yang mudah dipahami siapa saja. Data-data barang pun dapat dibackup atau di-export dalam bentuk PDF atau Excel.

4. Stock Count: Stock Take Opname

Meski namanya kebarat-baratan, aplikasi Stock Count adalah aplikasi buatan developer lokal dan menyediakan support dalam bahasa Indonesia. Dengan aplikasi gratis dari Sterling Tulus Cemerlang ini kita bisa melakukan inventory checking melalui perangkat smarphone saja.

Stock Count: Stock Take Opname

Untuk memudahkan pendataan barang gudang, aplikasi ini dilengkapi fitur untuk membaca kode produk yang bisa digunakan memakai barcode scanner atau melalui kamera hp.

Data yang ada pun bisa diakses secara offline dan bisa disimpan dalam file CSV. hasil perhitungan pun nantinya dapat dikirimkan via email.

Dan bagi pelaku bisnis yang ingin menggabungkan aplikasi ini dengan kasir, Stock Count juga menyediakan aplikasi kasir/POS online yang bisa diintegrasikan dengan mudah dengan aplikasi stok barang ini.

5. Stok Barang dan Penjualan

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa kamu pakai untuk mencatat stok barang sekaligus mencatat semua penjualan yang kamu lakukan. Aplikasi ini pun hadir dengan fitur yang mampu memprediksi kebutuhan stok sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan stok.

Stok Barang dan Penjualan

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain yang membantu pemilik bisnis untuk mengelola staf dan memantau kinerja mereka. Aplikasi ini pun bisa membantu membuatkan laporan keuangan yang bisa jadi acuan untuk mengembangkan bisnis lebih jauh.

Satu hal menarik, Stok Barang dan Penjualan pun bisa dipakai lintas platform, mulai dari Android, iOS, hingga desktop melalui situs kelola.co. Data-data yang ada pun akan disinkronkan secara otomatis agar kamu bisa mendapatkan data yang sama secara real-time.

6. Inventaris Seluler

Mobile Inventory alias Inventaris Seluler adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk mengatur dan menghitung stok barang secara real-time. Tidak hanya mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki beragam fitur yang cocok untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Mobile Inventory alias Inventaris Seluler

Pada versi gratisnya, aplikasi ini menawarkan fitur stock management di mana kita bisa menambahkan barang dan memberikan informasi detail seperti kategori, tag, jumlah, lokasi, atau data kustom lainnya. Aplikasi stok barang dengan barcode ini pun memiliki fitur smart search untuk mengidentifikasi produk dengan cepat.

Sedangkan pada versi Premium terdapat beberapa fitur tambahan seperti export data ke file Excel atau CSV, NFC support, cloud backup, hingga akses ke penggunaan external barcode scanner.

7. Inventory

Inventory adalah aplikasi stok barang sederhana yang menggabungkan fitur barcode scanning, QR, dan perhitungan stok barang. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mendata dan menghitung barang-barang di rumah, hingga menghitung ATK di kantor.

Inventory App

Selain melalui ponsel, data hasil input pun dapat diakses melalui web browser. Dan dengan multiple users support, data pun dapat diakses beberapa orang sekaligus. Data pun akan terupdate secara real-time saat ada transaksi keluar masuk.

Data yang diinput nantinya akan secara otomatis disinkronisasi agar bisa diakses dari berbagai perangkat. Data stok barang pun selalu dibackup setiap hari dan ada opsi import dan export untuk membackup data secara lokal di kartu SD.

8. Inventory Management

Inventory Management adalah aplikasi stok barang sederhana yang bisa dipakai untuk mencatat dan menghitung jumlah stok barang gudang. Cocok untuk usaha kecil dan menengah seperti toko sembako, apotek, bengkel, hingga warung kecil. Satu hal yang patut jadi pertimbangan, aplikasi support bahasa Indonesia selain bahasa Inggris dan bahasa populer lainnya.

Satu hal menarik dari aplikasi stok barang ini adalah menu kustomisasinya yang melimpah. Dengan begitu kita bisa mengatur aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan mulai dari menampilkan tanggal transaksi, menambahkan deskripsi saat menginput data, atau menambahkan perhitungan negatif.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memilki fitur pricing dan memberi label harga pada setiap barang. Dengan begitu laporan histori transaksi bisa menampilkan kolom pendapatan serta profit dan kerugian yang didapat pada periode tertentu.

9. POS Qasir: Aplikasi Kasir UMKM

Qasir lebih dari sekedar aplikasi stok barang saja, tapi juga aplikasi kasir lengkap yang bisa mendukung sistem point of sale (POS) untuk beragam keperluan bisnis, mulai dari usaha makanan dan minuman, fashion, mini market, toko elektronik, hingga online shop.

POS Qasir: Aplikasi Kasir UMKM

Jadi tidak hanya bisa dipakai untuk menghitung stok barang di gudang, aplikasi ini juga bisa dipakai mencatat transaksi harian, memonitor keuangan, hingga membuatkanmu laporan keuangan. Kamu yang ingin menggunakannya sebagai aplikasi kasir pun bisa memakai POS Qasir untuk membantu mencetak struk, membuat tiket pesanan, hingga menyediakan pembayaran cashless via QRIS.

Semua fitur tersebut juga terintegrasi dengan baik sehingga stok barang akan selalu terupdate sesuai dengan transaksi harian yang terjadi. Kamu yang ingin fitur tambahan pun bisa berlangganan Qasir Pro yang hadir dengan lebih banyak fitur.

10. Smart Inventory System - Mobile & Web

Smart Inventory System adalah aplikasi yang bisa membantu pelaku bisnis untuk mengelola stok barang dengan mudah melalui smartphone dan aplikasi berbasis web. Aplikasi ini juga baik digunakan untuk berkolaborasi agar bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

Smart Inventory System - Mobile & Web

Stok barang yang diinput nantinya akan dikategorikan pada 3 level berbeda. Items digunakan pada barang yang dapat dihitung dan dipindahkan, Groups digunakan untuk mengelompokan barang berdasarkan kategori tertentu seperti lokasi, ukuran, atau supplier, dan Tags digunakan untuk memberikan detail barang. Dengan ketiga level ini, pengguna akan lebih mudah dalam mengatur barang dan mencarinya dengan cepat.

Setelah diinput, data-data stok barang nantinya bisa disimpan dalam cloud system yang aman dan dapat dibagikan ke siapa saja selama memiliki akun login yang sama.

11. Simple Stock Manager

Aplikasi stok barang terakhir yang cocok untuk pelaku usaha adalah Simple Stock Manager. Selain memiliki tampilan yang gampang dimengerti, data-data pun dijamin aman dengan adanya backup berkala yang dienkripsi agar hanya pengguna saja yang bisa mengaksesnya.

Simple Stock Manager

Aplikasi ini memungkinkan siapa saja untuk mengelola stok barang dengan mudah. Cukup tambahkan produk, baik secara manual atau memakai barcode scanner, lalu aplikasi ini akan secara otomatis mengupdate jumlah barang sesuai dengan transaksi harian. Saat stok barang menipis, akan ada notifikasi agar restocking bisa segera dilakukan.


Itu dia beberapa aplikasi stok barang gratis yang bisa membantu pelaku bisnis untuk lebih mengoptimalkan kinerja mereka. Dengan begitu alur usaha akan tetap lancar dan kita pun bisa fokus pada hal lain untuk mengembangkan bisnis yang kita kelola. (GimTekno.com)

0 Komentar