Apa itu file ECM dan bagaimana cara membukanya? - GimTekno

Apa itu file ECM dan bagaimana cara membukanya?

Apa itu file ECM dan bagaimana cara membukanya?

File ECM akan terasa familiar bagi mereka yang pernah download CD/DVD games dari internet. Namun sebenarnya apa itu file ECM dan bagaimana cara membukanya?

Secara singkat, ECM (Error Code Modeler) adalah metode kompresi yang dirancang khusus untuk sebuah CD/DVD atau disc image (BIN, ISO, atau CCD). Dibandingkan cara lainnya, ECM mampu memperkecil ukuran disc image hingga 15-20% lebih kecil.

Dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi, tidak heran jika situs download CD games umumnya membagikan file mereka dalam format .ECM. Dengan ukuran yang lebih kecil, kamu pun bisa download lebih cepat bukan?

Untuk menggunakannya, kamu butuh alat dekompresi ECM. Namun jika kamu download CD Games, umumnya aplikasi seperti emulator PS1 DuckStation atau emulator all-in-one RetroArch sudah support format tersebut dan bisa langsung kamu gunakan.

Buat kamu yang masih penasaran bagaimana cara kerja ECM, serta cara membuka file ECM, kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu File ECM?

ECM (Error Code Modeler) adalah metode yang dikembangkan oleh Neill Corlett, seorang pengembang perangkat lunak yang terkenal di bidang kompresi data. Neill Corlett menciptakan algoritma ECM khusus untuk mengompresi gambar disk CD dan DVD, khususnya yang berisi data audio atau video. Meski berukuran lebih kecil, metode ini mampu menjaga kualitas isi CD/DVD tanpa menghilangkan integritasnya.

Untuk menggunakan cara ini, kamu terlebih dahulu harus membuat disc image, baik dalam format ISO, BIN, CCD, CUE atau IMG. Setelah itu kamu bisa memakai tools ecm.exe untuk mengkompresinya. Pada tahap ini, file yang akan kamu dapat nantinya akan memiliki ekstensi .bin.ecm atau semacamnya. Sebagai langkah tambahan, file ini nantinya bisa diperkecil lagi menggunakan aplikasi kompresi seperti WinRar atau 7-Zip.

Cara Kerja ECM

Cara kerja ECM sudah dijelaskan di situs resmi pembuatnya, yang sayangnya kini telah dihapus. Namun kamu bisa membacanya di halaman web archive.

Secara umum, CD (Compact Disc) memiliki ribuan sektor berukuran 2352 bytes. Dari total ukuran tersebut, 2048 bytes digunakan untuk data, sementara sisanya dibagi untuk beberapa hal lain, seperti:

  • Sync - Kode khusus untuk memberitahu awal sektor
  • Address - Untuk mengetahui sektor mana yang sedang dilihat atau digunakan
  • EDC - Error Detection Code yang dipakai untuk mendeteksi apakah data rusak/cacat atau tidak
  • ECC - Error Correction Code yang dipakai untuk memperbaiki data rusak/cacat
Ilustrasi bagian dari CD

Di antara semuanya, Data, Sync dan Address sangat mudah dikompresi, tidak seperti EDC dan ECC yang bisa dibilang tidak mengalami banyak perubahan. Karena itulah ECM menghapus keduanya dari masing-masing sektor bila memungkinkan. Hal inilah yang membuat tingkat kompresi ECM lebih tinggi dibanding metode kompresi lainnya, khusus untuk kasus ini.

Meski ada bagian yang terhapus, data yang kamu dapat tetap akan sama dengan aslinya, karena EDC dan ECC biasanya akan sangat jarang digunakan. Kode EDC dan ECC bahkan bisa dibuat ulang jika kita mengkonversi kembali ECM ke format disc image seperti BIN atau ISO.

Cara Membuka File ECM

Untuk membuka file ECM, kamu perlu aplikasi khusus agar tidak muncul pesan "How do you want to open this file?" atau "Windows cannot open this file". Beberapa aplikasi untuk membuka ECM yang bisa kamu gunakan antara lain:

Jika kamu download CD Games dalam format ECM, kebanyakan emulator seperti Retro Arch atau Duck Station sudah bisa membuka file tersebut secara langsung tanpa di-dekompresi terlebih dahulu. Meski begitu waktu loading akan terasa lebih lambat.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuat tools dari pengembang ECM dari link berikut.

Untuk menggunakannya, cukup ekstrak file yang sudah kamu download, lalu cari program bernama unecm.exe. Jika sudah, klik dan tahan file ECM kamu lalu drag ke program unecm.exe tersebut. Biarkan proses dekompresi berjalan hingga selesai.

Cara buka file ECM

Jika kamu ingin coba mengkompresi disc image ke forma ECM, kamu bisa melakukan hal yang sama, namun kali ini dengan program ecm.exe. Cukup tarik file yang kamu ubah lalu biarkan program berjalan hingga selesai. (GimTekno.com)

0 Komentar