Ranking 10 Game Capcom Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

Ranking 10 Game Capcom Terbaik Sepanjang Masa

Dengan ratusan judul game yang sudah mereka keluarkan selama lebih dari 40 tahun, akan sangat menarik untuk membuat ranking game Capcom terbaik sepanjang masa bukan?

Mulai dari Resident Evil, Street Fighter, Ace Attorney, hingga Breath of Fire, Capcom memiliki banyak judul menarik yang bisa dimainkan oleh semua kalangan. Kebanyakan dari mereka juga dibuat dengan kualitas tinggi dan seringkali masuk dalam daftar game terbaik.

Nah, buat kamu yang senang memainkan game dari perusahaan video game Jepang ini, berikut adalah daftar game Capcom terbaik yang bisa kamu coba mainkan.

Daftar Game Capcom Terbaik

1. Resident Evil

Resident Evil, yang dikenal sebagai Biohazard di Jepang, pertama kali dirilis pada tahun 1996 di konsol Playstation. Seri ini sering disebut sebagai game yang mempopulerkan genre survival horror dan jadi salah satu pionir dalam membawa pengalaman menegangkan dan atmosfer horor ke dunia video game.

Resident Evil 2 Remake
Resident Evil 2 Remake

Sejauh ini Resident Evil sudah mengeluarkan lebih dari 20 judul game, belum termasuk beberapa remake game klasik mereka untuk PC dan konsol modern. Resident Evil 2 & 4 seringkali dianggap sebagai salah satu game horror terbaik, dengan Ada Wong, Jill Valentine, Leon Kennedy dan Lady Dimitrescu sebagai karakter ikonik dari seri ini.

Ceritanya sendiri fokus pada perusahaan farmasi jahat yang menciptakan virus mematikan yang mengubah manusia menjadi makhluk mengerikan. Protagonis umumnya adalah anggota tim khusus yang berusaha menghentikan penyebaran virus dan mengungkap konspirasi di baliknya.

Dengan menggabungkan elemen horor, survival, dan elemen aksi, game ini sering kali menempatkan pemain dalam situasi menegangkan dengan sumber daya yang terbatas. Selain itu, atmosfer gelap, desain level yang rumit, dan misteri yang melibatkan korporasi jahat menjadi elemen-elemen khas dalam setiap serinya.

Seri ini mencapai keberhasilan luar biasa sejak seri pertama dan kini telah dirilis untuk berbagai platform, seperti konsol, PC, dan perangkat seluler. Resident Evil juga merambah ke industri film, dengan beberapa adaptasi film yang menjadi populer. Berdasarkan data Statista, Resident Evil bahkan jadi serial dari Capcom dengan penjualan terbanyak per 2023.

2. Monster Hunter

Monster Hunter adalah seri game action role-playing yang pertama kali diperkenalkan oleh Capcom pada tahun 2004. Awalnya dirilis untuk konsol PlayStation 2, Monster Hunter sejak itu berkembang menjadi franchise global dengan tingkat penjualan yang hanya kalah dari Resident Evil saja.

Monster Hunter Stories 2: Wings Of Ruin
Monster Hunter Stories 2: Wings Of Ruin

Dalam game Monster Hunter, pemain berperan sebagai pemburu yang berusaha untuk mengumpulkan sumber daya dari monster yang mereka kalahkan untuk kemudian memperkuat perlengkapan dan senjata mereka. Mode multiplayer pun jadi ciri khas game ini di mana kamu bisa bekerja sama dalam kelompok untuk menghadapi monster yang lebih sulit.

Daya tarik Monster Hunter tidak hanya terletak pada gameplay yang menarik, tetapi juga dalam desain monster yang unik dan detail. Setiap monster memiliki perilaku dan taktik pertarungan yang berbeda, mendorong pemain untuk menggunakan strategi yang berbeda dalam setiap pertarungan.

Menariknya, seri ini sebelumnya hanya populer di Jepang sebelum munculnya Monster Hunter Rise di tahun 2018 membuat mereka lebih terkenal di pasar internasional. Sejak saat itu Seri Monster Hunter terus berevolusi dengan menambahkan elemen-elemen baru seperti senjata, monster, dan beragam fitur lainnya. Inovasi terus menerus ini membuat Monster Hunter memiliki fanbase yang luas dan layak disebut sebagai seri game Capcom terbaik sepanjang masa.

3. Street Fighter

Street Fighter adalah salah satu seri game fighting terbaik yang pertama kali dirilis oleh Capcom pada tahun 1987. Sejak kemunculannya, Street Fighter telah menjadi tonggak sejarah dalam genre fighting dan menjadi salah satu franchise game paling populer dan terlaris di dunia.

Ultra Street Fighter 4
Ultra Street Fighter 4

Popularitas serial game ini mulai menanjak sejak kemunculan Street Fighter II yang meninggalkan warisan besar di dunia game fighting. Street Fighter II: The World Warrior jadi game berantem pertama di mana kamu bisa memilih petarung kamu sendiri. Selain itu Street Fighter II pun terus mendapatkan update dengan berbagai tambahan fitur yang jadi basis bagi franchise ini dan game pertarungan satu lawan satu yang muncul setelahnya.

Karakter jelas jadi daya tarik utama game ini. Di sini kamu bisa memilih berbagai tokoh dari berbagai penjuru dunia yang memiliki gaya bertarung unik, mulai dari Ken dan Ryu dengan Karate-nya, Sagat dan Muay Thai-nya, E. Honda dengan Sumo-nya, dan masih banyak lagi. Hal ini pun dilengkapi dengan gameplay yang simpel namun sulit untuk dikuasai sehingga pertandingan semakin seru untuk dimainkan.

Tidak hanya mengukir nama dalam sejarahnya sendiri, Street Fighter juga memberikan pengaruh besar terhadap genre fighting game secara keseluruhan. Beberapa karakter mereka pun terkenal di dunia nyata dan menjadi ikon global yang ikut mempopulerkan Street Fighter dan membuatnya jadi salah satu seri game terbaik Capcom.

4. Mega Man

Mega Man, yang dikenal sebagai Rockman di Jepang, adalah seri game yang pertama kali diperkenalkan oleh Capcom pada tahun 1987 di NES. Meski seri utamanya kini berhenti pada Mega Man 11 yang rilis pada tahun 2018, Mega Man jadi jadi salah satu game Capcom dengan penjualan terbanyak keempat dengan lebih dari 40 juta kopi di seluruh dunia.

Mega Man 11
Mega Man 11

Dalam Mega man, kamu akan bertempur melawan robot jahat yang dipimpin oleh antagonis utama, Dr. Wily. Salah satu daya tarik Mega Man adalah kemampuan untuk menggunakan senjata musuh setelah mengalahkan mereka. Mengingat musuh yang ada lemah terhadap senjata tertentu, hal ini bisa menjadi strategi kamu dalam melawan musuh dan menyelesaikan level permainan.

Di luar itu, Mega Man adalah salah satu seri dengan judul game terbanyak, termasuk spin-off, remake, collection, hingga kameo di berbagai game cross-over populer. Meski setiap iterasi membawa desain dan inovasi baru, Capcom tetap setia pada inti permainan yang membuat Mega Man populer.

5. Devil May Cry

Devil May Cry (DMC) adalah seri game hack and slash yang pertama kali dirilis oleh Capcom pada tahun 2001. Menariknya, game ini dibuat oleh Hideki Kamiya sebagai Resident Evil 4. Namun perbedaan besar dengan gameplay game Resident Evil sebelumnya membuat game ini akhirnya dirilis terpisah. Keputusan ini pun terbilang tepat mengingat kini Devil May Cry jadi salah satu game Capcom terbaik sepanjang masa.

Devil May Cry 4
Devil May Cry 4

Secara umum, game ini bercerita mengenai protagonis bernama Dante, seorang pemburu setan setengah iblis, yang berusaha menggagalkan invasi demon di dunia. Game ini pun memiliki desain visual unik bergaya gothic dengan tema yang 'gelap.'

Satu hal yang membuat seri game ini unik adalah sistem kombinasi serangannya yang kompleks. Pemain dapat membuat rangkaian serangan sambil menghindari serangan lawan. Serangan kamu pun akan mendapatkan penilaian, mulai dari Dull, Cool, Bravo, Absolute, hingga Stylish sebagai skor tertingginya. Kamu pun sangat dianjurkan untuk menggunakan kombinasi serangan yang berbeda agar tidak mendapatkan skor 'Dull.'

Dengan gameplay tersebut, DMC seringkali disebut sebagai pionir subgenre Character/Stylish Action atau Extreme Combat yang menggabungkan elemen action adventure dengan hack and slash melee combat. Cara bertarung seperti ini pun jadi inspirasi bagi game lain, mulai dari Bayonetta, God of War, Ninja Gaiden, hingga Darksiders.

6. Dead Rising

Menarik untuk melihat dominasi genre horor pada daftar game Capcom terbaik. Hal ini pun belum akan berhenti karena selanjutnya ada Dead Rising yang juga bermain di genre action horror. Pertama kali diperkenalkan oleh Capcom pada tahun 2006, game buatan Keiji Inafune ini menghadirkan pengalaman unik dengan fokus pada pertempuran melawan gerombolan zombie.

Dead Rising 2
Dead Rising 2

Meski mirip Resident Evil yang sama-sama mempunyai zombie, Dead Rising tetap memiliki keunikannya sendiri. Beda dengan RE yang lebih mengedepankan aspek horor dari zombie, Dead Rising lebih memperlakukan zombie seperti musuh dalam game hack and slash yang seringkali datang bergerombol. Kamu pun akan memiliki waktu yang terbatas untuk menyelesaikan misi utama dan menyelamatkan karakter lain.

Selain itu, Dead Rising juga dikenal dengan kreativitas dalam senjata dan pertempuran. Kamu bisa memakai objek sehari-hari sebagai senjata untuk melawan zombie, atau memodifikasi benda yang ada untuk membuat senjata yang lebih absurd.

Secara keseluruhan, Dead Rising menerima respon positif dari para pemain dan kritikus untuk kreativitasnya, alur cerita yang menarik, serta pengalaman bertahan hidup yang unik. Sayangnya seri ini belum lagi diteruskan setelah game terakhir mereka, Dead Rising 4, rilis pada tahun 2016 lalu.

7. Marvel vs Capcom

Marvel vs Capcom adalah seri game fighting crossover yang pertama kali diperkenalkan oleh Capcom pada tahun 1996. Sesuai namanya, seri ini membawa karakter-karakter ikonik dari Marvel Comics bersaing satu lawan satu dengan karakter-karakter Capcom dalam pertarungan aksi yang intens.

Marvel vs Capcom: Age of New Heroes
Marvel vs Capcom: Age of New Heroes

Satu hal yang membuat Marvel vs Capcom berbeda dari game fighting lain adalah tampilnya karakter populer dari dunia superhero Marvel dan karakter ikonik dari video game Capcom. Dua seri awal ini hanya menampilkan karakter Capcom dari Street Fighter saja. Namun setelah itu mulai muncul karakter Capcom lainnya, mulai dari Morrigan (Darkstalkers), Strider Hiryuu, Mega Man, Jill Valentine (Resident Evil), Captain Commando, Dante (Devil May Cry), dan masih banyak lagi.

Marvel vs Capcom juga dikenal dengan mekanika pertarungan yang canggih dan dinamis. Seri ini memperkenalkan konsep "tag team", di mana pemain dapat beralih antara karakter-karakternya selama pertarungan. Seri ini pun selalu dikenal dengan animasi dan visual menarik yang membuat semua serangan terlihat dinamis dan tampak mengesankan di layar.

Secara umum, serial Marvel vs Capcom mendapat pujian atas gameplay yang inovatif dan presentasinya yang memukau. Beberapa judul seperti Marvel vs Capcom 2 dan Marvel vs Capcom 3, bahkan sering mendapat penghargaan sebagai salah satu game fighting terbaik.

8. Ace Attorney

Game Capcom terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Ace Attorney yang memulai debut mereka melalui Phoenix Wright: Ace Attorney yang rilis pada tahun 2001 di Game Boy Advance.

The Great Ace Attorney Chronicles
The Great Ace Attorney Chronicles

Beda dengan game populer pada umumnya, Ace Attorney merupakan game visual novel. Ceritanya pun unik dan fokus pada drama hukum, di mana pemain mengambil peran seorang pengacara, Phoenix Wright (dan karakter lain pada seri berikutnya), yang harus membela klien mereka dalam pengadilan.

Untuk melakukannya, kamu harus menyelidiki kejahatan, mengumpulkan bukti dan menemukan inkonsistensi saat interogasi saksi. Setelah itu kamu pun harus bisa menghadirkan bukti yang relevan dan melakukan pemeriksaan sidang yang penuh teka-teki untuk membuktikan bahwa klien kamu tidak bersalah.

Kesuksesan game ini tidak hanya terletak pada pendekatan yang inovatif terhadap visual novel, tetapi juga pada skenario dan alur ceritanya yang cerdas. Ace Attorney pun memiliki karakter-karakter yang memorable dan karismatik, termasuk pengacara Phoenix Wright, jaksa Miles Edgeworth, hingga detektif Hermann von Karma.

9. Onimusha

Nama Onimusha mungkin akan sedikit asing bagi gamers modern, mengingat semua judul di serial ini hanya muncul di PS2 kecuali versi remaster yang muncul di tahun 2018. Namun melihat rating semua game Onimusha yang tinggi, tidak sulit bagi seri game ini untuk menjadi salah satu game Capcom paling laris sepanjang masa dengan 8,6 juta kopi.

Onimusha Warlords
Onimusha Warlords

Game buatan Hideki Kamiya ini pertama kali muncul pada tahun 2001. Onimusha fokus pada petualangan penuh aksi yang terinspirasi dari periode Sengoku di Jepang, di mana karakter utama harus menghadapi makhluk-makhluk supernatural dan mengungkap konspirasi jahat di baliknya. Gameplaynya sendiri menggabungkan elemen hack-and-slash dengan senjata khas Jepang, eksplorasi, dan teka-teki.

Secara umum, seri Onimusha terbilang cukup sukses dan mendapat penghargaan atas desain permainan, cerita, dan visualnya yang mengesankan. Kepopuleran dan penghargaan ini mengukuhkan Onimusha sebagai salah satu game franchise terbaik Capcom.

10. Dragon's Dogma

Dragon's Dogma mungkin belum pantas disebut sebagai seri game mengingat judul ini baru terdiri dari satu game utama, satu DLC, dan satu game online yang kini sudah ditutup. Namun mengingat rencana rilis Dragon's Dogma 2 di tahun 2024, tidak salah untuk menempatkan game ke-10 Capcom dengan penjualan tertinggi di daftar ini.

Dragon's Dogma
Dragon's Dogma: Dark Arisen

Dragon's Dogma sendiri merupakan game action RPG yang pertama kali rilis untuk PS3 di tahun 2012. Di sini kamu akan berpetualang di dunia fantasi yang penuh dengan makhluk-makhluk mitos dan tantangan yang mematikan, dengan tujuan akhir untuk mengalahkan naga misterius yang dikenal sebagai "The Dragon." Cerita Dragon's Dogma mengandung elemen epik, misteri, dan keputusan moral yang sulit. Kamu nantinya akan dihadapkan pada pilihan yang dapat mempengaruhi perkembangan cerita dan hubungan dengan karakter lain dalam game.

Salah satu fitur unik dalam Dragon's Dogma adalah sistem pelayan AI yang disebut "Pawns." Pemain dapat merekrut Pawns untuk menjadi sekutu mereka dalam pertempuran. Setiap Pawn memiliki kepribadian, keterampilan, dan preferensi unik, dan pemain dapat membagi pengalaman dan strategi dengan Pawns mereka.


Selama lebih dari 40 tahun, Capcom telah banyak melahirkan seri game populer yang begitu ikonik. Meski game terlaris mereka didominasi oleh genre horror, Capcom juga memiliki banyak game dari genre lain yang tidak kalah seru dan mengasikkan.

Mulai dari Ghost'n Goblins yang terkenal sebagai game platformer dengan hantu dan tantangannya yang sulit, Dino Crisis yang menggabungkan elemen horor dan thriller dengan pertempuran melawan dinosaurus prasejarah, game pertarungan side-scrolling klasik Final Fight, hingga Breath of Fire yang jadi salah satu seri RPG terbaik sepanjang masa, selalu ada game terbaik Capcom yang bisa kamu coba mainkan. (GimTekno.com)

0 Komentar