30+ Game Shooter Terbaik di Playstation 1 - GimTekno

30+ Game Shooter Terbaik di Playstation 1

Game Shooter Terbaik di PS1

Selain genre RPG, ada cukup banyak game tembak-tembakan terbaik di PS1 yang tidak kalah ikonik. Beberapa seri bahkan memulai debut mereka di konsol ini, seperti Medal of Honor yang masih berlanjut hingga sekarang.

Dengan hardware yang terbilang canggih di masanya, Playstation 1 juga jadi tempat bagi beberapa game shooter yang populer di arcade. Beberapa game menembak yang berasal dari PC pun bisa ditemukan di konsol pertama Sony tersebut.

Meski grafisnya kini terlihat ketinggalan zaman, game tembak-tembakan PSX masih layak untuk dimainkan ulang. Dan jika kamu ingin mencobanya, berikut adalah beberapa game tembak-tembakan terbaik dari salah satu konsol game terlaris sepanjang masa tersebut.

Game Tembak-Tembakan Terbaik di PS1

Games Developer Tahun Rilis
Medal of Honor DreamWorks Interactive 1999
Medal of Honor: Underground DreamWorks Interactive 2000
Syphon Filter 1 Eidetic 1999
Syphon Filter 2 Eidetic 2000
Syphon Filter 3 Bend Studio 2001
Time Crisis Namco 1997
Metal Slug X SNK 1999
Quake II id Software 1999
Doom id Software 1995
Doom II: Hell on Earth id Software 1995
Final Doom Team TNT 1996
Duke Nukem: Total Meltdown Aardvark Software 1997
Duke Nukem: Time to Kill n-Space 1998
Forsaken Probe Entertainment 1998
Apocalypse Neversoft 1998
Delta Force: Urban Warfare Rebellion Developments 2002
Army Men 3D The 3DO Company 1999
C-12: Final Resistance SCE Cambridge Studio 2002
Spec Ops: Stealth Patrol Zombie Studios & Runecraft 2000
Spec Ops - Ranger Elite Zombie Studios 2001
Spec Ops: Covert Assault Zombie Studios & Runecraft 2001
007 - Tomorrow Never Dies Black Ops Entertainment 1999
007 - The World is Not Enough Black Ops Entertainment 2000
Alien Resurrection Argonaut Games 2000
Die Hard Trilogy Probe Entertainment 1996
Einhänder Square 1998
R-Type Delta Irem 1999
Raystorm Taito 1996
Gekioh - Shooting King (Shienryu) Warashi 2002
Strikers 1945 Psikyo 1996
The Raiden Project Seibu Kaihatsu 1995

1. Spec Ops: Stealth Patrol, Spec Ops: Covert Assault & Spec Ops: Ranger Elite

Kita mulai daftar game tembak-tembakan terbaik di PS1 dari seri Spec Ops, game tactical shooter yang awalnya muncul di PC. Di Playstation 1, seri ini diwakili oleh Stealth Patrol, Covert Assault, dan Ranger Elite yang dikembangkan oleh Big Grub.

Dalam seri game ini, kamu akan mengontrol dua tentara (yang juga bisa dikontrol player 2) untuk melakukan berbagai misi, mulai dari menyelamatkan sandera, melawan musuh, atau memata-matai lawan. Melibatkan berbagai medan perang, Spec Ops dibuat dengan mensimulasikan misi-misi tentara sungguhan dan harus dilakukan dengan mengandalkan strategi.

Meski kurang mendapat respon bagus dari kritikus game, seri game Spec Ops meninggalkan banyak kesan mendalam bagi para pemain dan jadi salah satu judul yang paling diingat bila bicara mengenai game shooter paling seru di PS1.

2. C-12: Final Resistance

Selanjutnya ada C-12: Final Resistance, game tactical shooter yang dipublikasikan Sony eksklusif untuk Playstation pada tahun 2002 untuk wilayah Amerika Utara.

C-12: Final Resistance

Nama C-12 sendiri merujuk pada Karbon-12, isotop karbon terbanya di dunia yang berusaha diambil oleh ras alien berbahaya. Kamu pun berperan sebagai Letnan Riley, seorang tentara cybernetic yang berusaha melawan hal ini dengan bantuan cybernetic enhancements dan senjata canggih yang kamu miliki.

Sayangnya C-12: Final Resistance tidak sepopuler game tembak-tembakan PS1 lain di daftar ini. Meski begitu mereka yang pernah memainkannya sangt menyukai keunikannya dalam genre aksi-petualangan dan suasana pasca-apokaliptik yang ditampilkannya.

3. Army Men 3D

Army Men 3D adalah game third-person shooter yang jadi pionir bagi seri Army Men di Playstation. Di sini kamu akan berperan sebagai mainan tentara kecil berwarna hijau dengan gameplay seputar aksi, puzzle, dan eksplorasi.

Army Men 3D

Satu hal menarik, ide awal game ini berasal dari keinginan 3DO Company selaku developer dalam mengakali lembaga rating di Jerman yang dikenal ketat dalam mengatur tampilan kekerasan dalam video game.

Hal ini pun memuat Army Men jadi game tembak-tembakan unik di PS1. Selain melakukan pertempuran di daerah sekitar rumah dengan furniture yang terlihat jumbo, senjata yang kamu pakai pun tidak biasa, seperti kaca pebesar, flamethrower dari kaleng semprot, peledak plastik, dan banyak lagi.

4. Delta Force: Urban Warfare

Tidak kekurangan game dengan tokoh tentara pasukan khusus, Delta Force adalah seri game shooter lain di PS1 yang memiliki latar belakang serta misi militer yang realistis. Di Playstation, seri game buatan Rebellion Developments ini hanya diwakili oleh Delta Force: Urban Warfare.

Delta Force: Urban Warfare

Pada game ini, kamu akan berperan sebagai agen Delta Force bernama John Carter yang terlibat dalam perang melawan sindikat obat terlarang. Kamu pun ditugaskan untuk menyamar, menyusup dan menangkap bandar serta tokoh-tokoh dibalik sindikat tersebut.

Untuk menyelesaikannya, kamu harus menyelesaikan serangkaian misi yang diatur di lingkungan perkotaan. Permainan ini sangat menekankan pada strategi, perencanaan yang matang, dan tembakan yang presisi.

5. Apocalypse

Apocalypse adalah game third-person shooter yang dikembangkan Neversoft dan dipublikasikan oleh Activision. Di sini kamu berperan sebagai Trey Kincaid, prajurit futuristik yang berusaha melawan ilmuwan jahat bernama The Reverend dan menyelamatka dunia dari kiamat (apocalypse).

Apocalypse

Salah satu fitur penting dari game ini adalah kehadiran Bruce Willis, yang mengisi suara Trey Kincaid dan muncul sebagai sosok digital yang mirip dengan dirinya di dalam game. Game ini pun jadi salah satu contoh awal aktor Hollywood terkenal yang mengambil peran utama dalam video game.

Hal menarik lain dari game ini adalah game engine-nya. Dengan beberapa modifikasi, game engine untuk game ini nantinya juga dipakai untuk salah satu game legendaris PS1, Tony Hawk's Pro Skater.

6. Forsaken

Forsaken adalah video game first-person shooter (FPS) yang awalnya dikembangkan oleh Probe Entertainment utnuk PC sebelum diporting ke Playstation. Di sini pemain mengendalikan pesawat bersenjata lengkap yang dikenal sebagai "Scavenger" saat mereka menavigasi melalui level kompleks seperti labirin yang dipenuhi musuh dan jebakan.

Forsaken

Permainan ini memiliki latar belakang masa depan pasca-apokaliptik di mana permukaan bumi telah menjadi gurun terpencil. Pemain menjelajahi berbagai lingkungan bawah tanah dan industri, melawan geng scavenger jahat dan makhluk robot yang ganas.

Forsaken sendiri dikenang sebagai salah satu game underrated di PS1. Meskipun tidak sepopuler beberapa judul game FPS lain pada masanya, game ini masih memiliki tempat di hati para gamer yang menikmati mekanisme gameplay unik dan atmosfer dunianya.

7. Tomorrow Never Dies & The World is Not Enough

Tomorrow Never Dies dan The World is Not Enough adalah game aksi-petualangan orang ketiga berdasarkan film James Bond dengan judul yang sama. Dikembangkan oleh Black Ops Entertainment, kamu akan berperan sebagai mata-mata ikonik Inggris, James Bond.

Di game pertama kamu akan melakukan serangkaian misi untuk menggagalkan rencana seorang maestro media. Di game kedua, kamu akan menyelidiki pembunuhan seorang taipan minyak dan pencurian senjata nuklir.

Dari segi gameplay, kedua game ini menggabungkan aksi orang ketiga dengan elemen stealth, yang memungkinkan pemain untuk terlibat dalam baku tembak yang intens dengan menggunakan berbagai gadget, termasuk pistol Walther PPK khas Bond yang ikonik.

Secara umum, keduanya diterima dengan baik oleh para penggemar James Bond. Keduanya pun dianggap mampu menangkap esensi film dengan menampilkan cerita sinematik, akting suara, serta karakter dan lokasi yang dapat dikenali. Jadi jika kamu menyukai game tembak-tembakan dan aksi mata-mata James Bond, kedua game ini jelas tidak boleh kamu lewatkan!

8. Alien Resurrection

Game shooter PS1 lain yang juga diadaptasi dari film dengan judul yang sama adalah Alien Resurrection. Meski dijadwalkan rilis bertepatan dengan filmnya di tahun 1997, beberapa masalah membuatnya baru selesai tiga tahun setelahnya.

Cerita Alien Resurrection sendiri memiliki plot seperti filmnya. Terjadi setelah event Alien 3, kamu akan berperan sebagai clone Lt. Ellen Ripley yang berusaha untuk kabur dari USM Auriga yang telah dipenuhi oleh alien alias xenomorph. Game ini pun menggabungkan unsur horror di mana kamu juga bisa mengendalikan tokoh lainnya.

Saat rilis, Alien Resurrection mendapatkan respon yang rendah, kecuali dari penggemar franchise tersebut. Salah satu alasannya adalah kontrol menggunakan dua tombol analog yang terbilang sulit pada saat itu, meski kini banyak dipakai di game FPS.

9. Metal Slug X

Metal Slug adalah game tembak-tembakan terbaik yang berasal dari arcade sebelum diadopsi ke banyak konsol lain, seperti Playstation 1. Di konsol tersebut, kamu bisa memainkan Metal Slug X yang merupakan versi remake dari Metal Slug 2 dengan beberapa perbaikan dan tambahan dari versi sebelumnya.

Metal Slug X

Sama seperti game Metal Slug lainnya, game ini juga dikenal berkat gameplay run-and-gun-nya yang terlihat chaos. Kamu pun harus berperang melawan berbagai musuh, termasuk tentara, tank, dan makhluk mengerikan. Game ini menampilkan aksi side-scrolling dengan fokus menembak, melompat, dan menghindari serangan musuh.

Dibandingkan game lain di daftar ini, Metal Slug X dibuat dengan visual 2D pixel. Meski pada saat diluncurkan terlihat ketinggalan zaman, kini justru game inilah yang dianggap sebagai game tembak-tembakan lama di PS1 yang masih enak dimainkan.

10. Time Crisis

Time Crisis berawal dari game arcade sebelum sukses sebagai game rail shooter terbaik di Playstation 1. Dirilis pada tahun 1997, kamu berperan sebagai Richard Miller, seorang agen elit yang bertugas menyelamatkan putri Presiden dari organisasi teroris.

Time Crisis

Satu hal yang membuat Time Crisis populer adalah mekanik unik yang memungkinkan pemain untuk menembak sambil sesekali merunduk dan berlindung secara strategis. Adanya batasan waktu juga menjadi tantangan agar kamu bisa bertindak cepat. Mode multipemain kooperatif pun membuat game ini lebih asik dimainkan bersama-sama.

Secara umum, Time Crisis mendapat pujian karena berhasil menghadirkan pengalaman arcade ke PlayStation 1, lengkap dengan gameplay senjata ringan yang intuitif dan alur cerita yang mendebarkan. Level game yang menantang pun menjadikannya salah satu game tembak-tembakan terbaik di Playstation 1.

11. Syphon Filter 1, 2, 3

Syphon Filter jadi game lain yang juga seru untuk kamu yang senang dengan game tembak-tembakan di PS1. Dibuat oleh Eidetic (kemudian Bend Studio), serial ini berkisah tentang eksploitasi Gabe Logan dan Lian Xing, dua agen rahasia yang bekerja untuk International Presidential Consulting Agency (IPCA), dengan gameplay yang memadukan elemen stealth, tembak-menembak, dan pemecahan teka-teki.

Syphon Filter

Seri ini adalah salah satu seri pertama yang memperkenalkan senjata mirip taser yang disebut "Syphon Filter" yang dapat melumpuhkan dan melenyapkan musuh dengan berbagai cara. Game inini juga memadukan elemen stealth, yang mengharuskan pemain untuk menyelinap melewati penjaga dan menyelesaikan tujuan secara diam-diam.

Secara umum, Syphon Filter banyak dipuji karena penyampaian cerita sinematiknya dan gameplay yang menantang. Perhatian terhadap detail, khususnya dalam hal animasi karakter dan efek senjata, juga membuatnya jadi salah satu seri game populer di Playstation 1.

12. Doom & Final Doom

Doom adalah game first person shooter yang sering disebut sebagai salah satu yang mempopulerkan genre FPS dan menjadi standar bagi game lain setelahnya. Di sini, kamuberperan sebagai marinir luar angkasa yang dikenal sebagai Doom Slayer, yang bertugas melawan gerombolan setan yang dilepaskan dari Neraka di pangkalan bulan Mars.

Final Doom sendiri jadi game dari seri Doom lain yang muncul di PS1. Game ini mencakup dua paket ekspansi terpisah: "The Plutonia Experiment" dan "TNT: Evilution," masing-masing menampilkan serangkaian level, monster, dan tantangan baru, namun tetap mempertahankan gameplay bertempo cepat dan memacu adrenalin seperti judul aslinya pendahulunya.

Dampak keduanya pada dunia game sangatlah masif. Doom merevolusi genre first-person shooter, dan bahkan meletakkan dasar bagi permainan kompetitif online. Sementara Dinal Doom memperluas kesuksesan Doom dengan menyediakan lebih banyak konten dan tantangan bagi para pemain. Kamu pun bisa menikmati kedua game klasik ini lewat emulator PS1.

13. Medal of Honor & Medal of Honor: Underground

Medal of Honor game FPS paling populer di PS1 di mana pemain bisa merasakan kengerian dari medan perang Perang Dunia II. Di sini pemain berperan sebagai Letnan Jimmy Patterson, seorang agen OSS, dan terlibat dalam serangkaian misi berbahaya di belakang garis musuh.

Medal of Honor

Satu hal yang menjadi poin plus dari game ini adalah dedikasinya terhadap keakuratan sejarah dan perhatian terhadap detail, terutama pada senjata, seragam, dan peralatan asli era Perang Dunia II. Penekanan game ini pada stealth dan taktik menambah kedalaman gameplay, dan kampanye pemain tunggalnya menawarkan narasi menarik yang memberi penghormatan kepada para pahlawan Perang Dunia II di kehidupan nyata.

Dedikasi game ini membuatnya diterima dengan baik oleh para pemain dan kritikus. Medal of Honor menetapkan standar tinggi untuk video game bertema Perang Dunia II, dan membuka jalan bagi kesuksean game lain dari seri ini, seperti Medal of Honor: Underground yang menjadi sekuelnya.

14. Duke Nukem: Total Meltdown & Duke Nukem: Time to Kill

Duke Nukem merupakan salah satu franchise yang ikut mempopulerkan genre FPS bersama dengan DOOM. Di Playstation 1, game ini diwakili oleh Total Meltdown dan Time to Kill yang masing-masing rilis di tahun 1997 dan 1998.

Duke Nukem: Total Meltdown


Di antara keduanya, Total Meltdown memiliki gameplay yang paling mirip dengan seri Duke Nukem lainnya, dengan Time to Kill memiliki gameplay third person shooter.

Merupakan sekuel dari Duke Nukem I dan II yang rilis lebih dulu untuk PC, Total Meltdown sama-sama memiliki misi untuk melawan invasi alien ke bumi. Total Meltdown sendiri merupakan judul game komputer jaman dulu, Duke Nukem 3D, yang diadaptasi ke konsol Playstation. Beda dari versi PC-nya, game ini memperkenalkan mode multipemain dengan layar terpisah, yang memungkinkan pemain bersaing satu sama lain dalam berbagai mode permainan multipemain, termasuk Duke Match dan Co-op.

15. Quake II

Quake II adalah game yang first-person shooter yang lebih dulu muncul di PC sebelum diporting ke Playstation 1. Sama seperti versi PC-nya, di sini kamu akan berperan sebagai space marine yang harus berhadapan dengan ras alien bernama Strogg. Keduanya pun sama-sama menawarkan game penuh aksi cepat menggunakan beragam senjata.

Quake II


Meski begitu kemampuan hardware Playstation 1 yang terbatas membuat game ini mendapatkan sedikit modifikasi. Hal ini berpengaruh pada penurunan kualitas grafis Quake II, meski termasuk bagus di antara game Playstation 1 lainnya.

Selain itu versi PlayStation 1 juga menyertakan mode multipemain dengan layar terpisah, yang memungkinkan pemain bersaing satu sama lain dalam berbagai mode permainan multipemain, termasuk pertandingan death match dan permainan kooperatif.

16. Die Hard Trilogy

Video game kedua di daftar ini yang menghadirkan Bruce Willis sebagai karakter. Dalam Die Hard Trilogy, kamu akan berperan sebagai John McClane, pahlawan ikonik yang diperankan oleh Bruce Willis, dan menghadapi berbagai tantangan, termasuk menembak, mengemudi, dan memecahkan teka-teki, sambil mencoba menggagalkan teroris dan menyelamatkan nyawa tak berdosa.

Permainan ini menawarkan kombinasi unik dari tiga mode permainan yang berbeda. Mode pertama, terinspirasi dari film Die Hard pertama, adalah third-person shooter yang berlangsung di dalam Nakatomi Plaza. Mode kedua, berdasarkan Die Hard 2: Die Harder, adalah game shoot 'em ups di mana pemain menjatuhkan musuh di bandara.

Terakhir, mode ketiga, yang terinspirasi oleh Die Hard with a Vengeance, adalah game mengemudi di mana pemain menavigasi jalanan Kota New York sambil memecahkan teka-teki terkait bom. Variasi gaya gameplay dan skenario yang terinspirasi dari film ini memberikan pengalaman Die Hard yang menarik dan mendalam bagi para penggemar serial film tersebut.

17. (BONUS) Game Shooting Kapal Terbaik di Playstation 1

Selain game FPS dan tactical shooter orang ketiga, game shoot-em-up menggunakan pesawat juga jadi game tembak-tembakan menarik di PS1. Kebanyakan bahkan memiliki grafis dan gameplay yang masih menarik untuk dimainkan saat ini.

Jika kamu tertarik, berikut adalah beberapa game tembak-tembakan pesawat yang bisa kamu mainkan di PSX.

Gekioh - Shooting King (Shienryu) - Gekioh - Shooting King adalah salah satu game shooter pesawat populer yang memulai debutnya di arcade. Meskipun tidak membawa banyak inovasi pada genre ini, game ini memberikan gameplay yang solid dan penuh nostalgia.

The Raiden Project - Sama seperti Shienryu, muncul pertama di arcade sebelum akhirnya jadi game pesawat ikonik di Playstation 1. The Raiden Project sendiri merupakan gabungan dua game pertama dalam seri Raiden yang terkenal.

Einhänder - Einhänder adalah game tembak-menembak side-scrolling yang dikenal dengan mekanisme gameplay inovatif, grafis memukau, dan soundtrack yang berkesan. Bercerita mengenai perang antara koloni Bumi dan Bulan, Einhänder jadi game 3D shooter pertama buatan Square yang menarik untuk dimainkan.

R-Type Delta - R-Type Delta adalah game horizontal shooter klasik yang dikenal karena desain levelnya yang rumit, serta gameplay mengesankan menggunakan Force dan Wave Cannon.

Raystorm - Raystorm adalah game tembak-tembakan vertikal dengan elemen gameplay unik seperti sistem penargetan penguncian, yang menambah kedalaman mekanisme penembakan. Meskipun relatif singkat, pertarungannya yang intens dan visual yang mencolok menjadikannya salah satu game shooting terbaik di PS1.

Strikers 1945 - Strikers 1945 adalah game vertical shooter klasik dengan tema Perang Dunia II. Kontrol game yang mudah dan beragam pilihan pesawat membuatnya menarik bagi pendatang baru dan veteran. Mode multipemain kooperatifnya menambah kesenangan, dan pertarungan bosnya yang mengesankan menjadi sorotan.


Itulah beberapa game tembak-tembakan terbaik dan paling populer di Playstation 1. Meski grafis dan gameplaynya terlihat sangat ketinggalan dibanding game shooter saat ini, nilai historis dan faktor nostalgia membuat beberapa game ini layak unutk kamu kunjungi sekali lagi. (GimTekno.com)

0 Komentar