20 Game Memasak Terbaik di Android dan iOS - GimTekno

20 Game Memasak Terbaik di Android dan iOS

Game memasak tidak hanya jadi permainan terbaik buat kamu yang punya passion di bidang kuliner. Permainannnya yang interaktif dan butuh kecepatan serta koordinasi jari-jari juga membuat game memasak jadi salah satu mainan seru di hp Android dan iOS.

Permainan memasak gratis sendiri cukup mudah ditemukan di Google Play store atau Apple App Store. Pilihannya pun beragam, mulai dari yang santai sampai yang butuh skill tinggi. Gameplay-nya tidak melulu memenuhi pesanan pelanggan saja, tapi juga menyinggung aspek manajemen sumber daya dan beberapa hal unik lainnya.

Nah, buat kamu yang sedang mencari game memasak terbaik di Android (dan iOS), berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba!

Rekomendasi Game Memasak Terbaik

1. Selera Nusantara: Chef Story

Rating: 4.4 | Downloads: 5M+

Selera Nusantara (Play Store) | Selera Nusantara (App Store)

Selera Nusantara: Chef Story

Selera Nusantara: Chef Story adalah game memasak buatan Indonesia yang akan mengajak kamu untuk mengikuti perjalanan Siska dalam menjajakan beragam kuliner Nusantara. Mulai dari jajanan seperti Seblak dan Martabak, hingga makanan kaki lima seperti Nasi Goreng dan Bakso, semua ada di sini!

Sama seperti game memasak lainnya, kamu bisa memasak berbagai resep dan meningkatkan skill untuk membuka banyak resep baru lainnya. Kamu pun bisa memasak di berbagai tempat baru dan unik, sambil mengupgrade perlengkapan masakmu. Tidak ketinggalan, kamu pun bisa mengikuti perjalanan Siska untuk menjadi Master Chef di kejuaraan memasak, Selera Nusantara. 

2. Cooking Fever: Restaurant Game

Rating: 4.4 | Downloads: 100M+

Cooking Fever (Play Store) | Cooking Fever (App Store)

Cooking Fever: Restaurant Game

Cooking Fever adalah game memasak terbaik berbasis manajemen waktu yang dijamin bisa bikin kamu ketagihan. Pada game ini kamu bisa mencoba ribuan resep berbeda yang siap dimasak dengan ratusan bahan makanan. Selain itu peralatan yang bisa digunakan pun sangat beragam dan butuh ketelitian dalam memainkannya.

Agar tidak membosankan, Game ini menyediakan 13 lokasi yang unik dan jenis restoran yang berbeda mulai dari fastfood, dessert, makanan India, atau chinese food. Biar makin seru, game ini juga punya fitur sharing supaya kita bisa membagikan makanan yang sudah kita buat ke media sosial. Dijamin bikin teman-teman kamu pada ngiler deh!

3. Ramen Chain

Rating: 4.6 | Downloads: 1M+

Ramen Chain (Play Store) | Ramen Chain (App Store)

Ramen Chain

Buat kamu yang senang dengan gameplay ala Cooking Fever, Ramen Chain bisa jadi rekomendasi game memasak terbaik selanjutnya. Ramen Chain sendiri merupakan mobile game buatan Indonesia yang populer di banyak negara seperti Singapura, Taiwan, Hongkong, dan masih banyak lagi.

Di game memasak buatan developer Touchten ini kamu berperan sebagai seorang pemuda yang mempunyai cita-cita tinggi dalam membuat retoran Ramen yang sukses. Makanya kamu dituntut untuk bisa menyajikan masakan mie kuah Jepang dan memberikan pelayanan terbaik.

Tidak hanya akan menguji skill memasak kamu, game ini juga punya alur cerita menarik yang pastinya seru untuk dinikmati. Kamu pun bisa mencoba membuat toko ramen di 5 kota berbeda di seluruh penjuru Jepang. Selain itu kamu juga bisa ikutan mini games untuk mendapatkan hadiah yang berguna untuk mengupgrade restoran kamu.

4. Cooking Dash

Rating: 4.2 | Downloads: 10M+

Cooking Dash (Play Store) | Cooking Dash (App Store)

Cooking Dash, Game Masak Offline MB Kecil

Cooking Dash merupakan game memasak terbaik yang sangat populer, dengan lebih dari 10 juta pengguna aktif. Di sini kamu berperan sebagai Flo yang sedang berusaha untuk mendapatkan popularitas pada game memasak dengan manajemen waktu.

Tidak hanya harus pintar memasak, kamu juga bisa mengalokasikan keuntungan yang kamu dapat untuk mengupgrade menu makanan dan peralatan masak yang kamu miliki. Semakin bagus restoranmu, semakin baik pula rating yang bisa kamu dapat.

Dan jika kamu sudah memilikinya, pastikan kamu login setiap hari dan memainkan prize wheel untuk mendapatkan beragam hadiah yang pastinya akan berguna untuk mengupgrade level permainan kamu.

5. Cooking Mama: Let's Cook!

Rating: 4.6 | Downloads: 50M+

Cooking Mama (Play Store) | Cooking Mama (App Store)

Cooking Mama: Let's Cook!

Game memasak terbaik selanjutnya yang dapat kamu download adalah Cooking Mama. Game memasak ini merupakan salah satu gim yang cukup populer dan dapat kamu mainkan di smartphone Android dan iPhone kamu.

Pada game ini kamu bisa memasak lebih dari 30 resep berbeda. Selain itu kamu bisa mendekorasi dapur, menggabungkan 2 resep berbeda, melihat video memasak, atau memainkan mini-games yang seru dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti event mingguan dan berkompetisi dengan pemain lainnya dari seluruh dunia. Dan buat kamu yang sedang mencari game memasak yang ringan, ukuran Cooking Mama yang cuma 80-an MB bisa jadi pilihan terbaik.

6. Coobook Master: Cooking Games

Rating: 4.2 | Downloads: 10M+

Cookbook Master (Play Store) | Cookbook Master (App Store)

Cookbook Master: Cooking Game

Game memasak terbaik lain yang tidak kalah populer adalah Cookbook Master buatan Tapps Game. Di game ini kamu bebas memilih bahan makanan dan membuat makanan yang sesuai dengan keinginan kamu, atau kamu dapat memasak menggunakan resep memasak yang tersedia.

Menariknya, berbagai resep makanan dan bakery yang ada di game ini benar-benar sesuai dengan dunia nyata sehinga kamu bisa sedikit belajar mengenai memasak sungguhan. Untuk setiap menu yang berhasil kamu buat, kamu bisa mendapatkan koin untuk digunakan membeli bahan baku makanan baru untuk membuat kreasi yang berbeda.

Sama seperti Cooking Mama, Coobook Master: Cooking Games juga jadi rekomendasi buat kamu yang sedang cari game memasak offline mb kecil. Dengan ukuran hanya 70-an MB, Cookbook Master jadi salah satu game masak ringan yang cocok untuk hp kentang sekalipun.

7. World Chef

Rating: 4.5 | Downloads: 10M+

World Chef (Play Store) | World Chef (App Store)

World Chef

World Chef adalah salah satu game memasak dengan rating tinggi yang memungkinkan kamu untuk memasak beragam makanan dari puluhan negara yang berbeda. Di game ini kamu ditugaskan untuk membuat sebuah restoran dan memasak resep terbaik untuk tamu-tamu VIP kamu.

Tidak hanya memasak, kamu juga bisa mendekorasi restoran kamu sebagus mungkin, membeli dan menukar bahan-bahan makanan yang kamu butuhkan. Kamu pun bisa membangun dok kapal agar kamu bisa mendapatkan bahan eksotis, serta meningkatkan popularitas agar tamu-tamu VIP kamu menjadi tamu tetap di restoran yang kamu buat.

8. Good Pizza, Great Pizza

Rating: 4.7 | Downloads: 100M+

Good Pizza, Great Pizza (Play Store) | Good Pizza, Great Pizza (App Store)

Good Pizza, Great Pizza

Siapa sih yang tidak kenal dengan pizza? Jika kamu menyukainya, game Good Pizza, Great Pizza bisa jadi game memasak yang cocok buat kamu. Di game ini kamu bisa coba membuat pizza kamu sendiri dengan beragam toping yang bisa kamu bayangkan.

Game memasak ini menyediakan puluhan pelanggan yang berbeda dan kamu harus bisa melayani pesanan mereka dengan baik. Perlengkapan memasak yang kamu pakai bisa diupgrade untuk membantu kamu level up dan meningkatkan skill memasak.

Dibandingkan game memasak lainnya, grafik permainan ini terlihat datar. Tapi gameplaynya cukup seru dan membuat siapa saja ketagihan. Buktinya, aplikasi ini sudah diunduh ratusan juta kali di Google Play Store serta mendapatkan rating rata-rata yang sangat baik.

9. Hungry Hearts Diner

Rating: 4.9 | Downloads: 1M+

Hungry Hearts Diner (Play Store) | Hungry Hearts Diner (App Store)

Hungry Hearts Diner

Buat kamu yang menyukai game memasak yang santai, Gagex punya beberapa pilihan permainan menarik, mulai dari Oden Cart, Showa Candy Shop, dan Hungry Hearts Diner. Setiap gamenya pun punya rating-rating yang sangat baik berkat cerita dan gameplaynya yang menarik. Permainan ini pun jadi salah satu rekomendasi game ringan Android yang bisa dimainkan offline.

Beda dari game memasak lainnya, game memasak seperti Hungry Hearts Diner (HHD) lebih fokus pada aspek cerita. Dengan beberapa karakter berbeda, kamu bisa menyiapkan makanan sambil mendengarkan kisah para pelanggan yang datang ke tempatmu. Didukung oleh visual chibi dan animasi yang lucu, serta audio yang menenangkan, HHD akan memberikan sensasi yang menghangatkan hati.

Gameplaynya sendiri tergolong santai di mana kamu hanya perlu memencet speech bubble untuk menyiapkan makanan yang diinginkan konsumen. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatur strategi kombo makanan agar pelanggan memesan lebih banyak makanan. Selain itu makanan yang sering kamu masak pun bisa level up untuk membuka menu makanan lainnya.

10. Baby Panda

Rating: 4.3 - 4.5 | Downloads: 10M+ - 50M+

Baby Panda's (Play Store) | Baby Panda's (App Store)

Little Panda's Space Kitchen


Baby Panda merupakan karakter lucu dari developer BabyBus yang memiliki segudang game khusus anak kecil. Jika kamu sedang mencari game memasak untuk anak dan balita, BabyBus memiliki banyak permainan yang cocok untuk mereka.

Di halaman BabyBus, kamu bisa menemukan banyak game memasak anak yang masing-maisng memiliki cara masak yang unik. Mulai dari Little Panda's World Recipes, Little Panda's Space Kitchen, Little Panda's Restaurant, Little Panda's Snack Factory, Little Panda's Chinese Recipes, hingga Baby Panda's Ice Cream Truck.

Karena dirancang untuk anak, tampilan visual game ini dibuat menggemaskan dan penuh warna-warni. Kontrol game pun dibuat sangat mudah sehingga balita pun bisa ikut memainkannya sekaligus melatih koordinasi motorik mereka.

11. The Cook: 3D Cooking Game

Rating: 4.4 | Downloads: 50M+

The Cook (Play Store) | The Cook (App Store)

Game Memasak Offline 3D, The Cook: 3D Cooking Game

The Cook: 3D Cooking adalah salah satu rekomendasi game memasak offline 3D yang akan mengajak kamu untuk berpetualang menggunakan food truck sambil menemukan berbagai resep makanan yang unik dan lezat.

Berbeda dengan game memasak pada umumnya, di sini tidak ada resep yang bisa membantu kamu meracik sebuah makanan. Kamu justru akan diminta untuk menebak bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan yang persis seperti yang diminta pelangganmu. Jika kamu sudah bisa menerkanya, maka kamu bisa mulai memotong, memasak dan menghias makanan yang sudah selesai.

Dengan tampilan 3D flat yang menarik, game ini akan cocok untuk kamu yang ingin memasak tanpa perlu terburu-buru. Dan sedikit peringatan, ada baiknya kamu memainkan game ini secara offline untuk menghindari tampilan iklan yang berlebihan.

12. Cooking Madness: A Chef's Game

Rating: 4.6 | Downloads: 100M+

Cooking Madness (Play Store) | Cooking Madness (App Store)

Cooking Madness: A Chef's Game

Dengan jumlah download di atas 100 juta, Cooking Madness: A Chef's Game jelas jadi salah satu game memasak terbaik dan paling populer di Android dan iOS. Meski gameplaynya mirip dengan permainan lain, Cooking Madness mampu menggabungkannya dengan tampilan yang menarik dan presentasi yang baik pula.

Dalam game ini, kamu bisa berpetualang ke berbagai penjuru dunia dan meningkatkan skill memasakmu melalui berbagai menu unik yang bisa kamu temukan. Setiap level dan restoran baru akan memberikan kamu tantangan baru, lengkap dengan strategi khusus untuk bisa mengenyangkan pelangganmu.

13. Hunt Cook: Catch and Serve

Rating: 4.7 | Downloads: 1M+

Hunt Cook (Play Store) | Hunt Cook (App Store)

Hunt and Cook: Catch and Serve

Hunt Cook: Catch and Serve adalah game memasak unik yang mengharuskan kamu untuk memburu bahan makananmu terlebih dahulu. Bersama dengan partner anjingmu, kamu bisa berburu berbagai hewan, mulai dari burung sawah, kelinci, hingga babi hutan. Anjing kamu pun nantinya bisa dikirim untuk mencari bahan makanan non-hewan seperti jahe, apel, atau bumbu lainnya.

Setelah selesai berburu, kamu bisa mulai memasak dengan memilih peralatan masak dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Jangan khawatir dengan proses untuk menyiapkan hewan tangkapanmu karena semuanya sudah disensor agar aman dan tetap family-friendly!

Nantinya akan ada pesanan yang bisa kamu coba penuhi untuk mendapatkan uang dan exp. Keduanya akan diperlukan untuk meningkatkan peralatan dan membuka banyak lokasi berburu dan hidangan baru.

14. SpongeBob: Krusty Cook-Off

Rating: 4.1 | Downloads: 50M+

SpongeBob: Krusty Cook-Off (Play Store) | SpongeBob: Krusty Cook-Off (App Store)

Game Spongebob: Krusty Cook-Off Memasak Burger

Spongebob Squarepants jadi salah satu serial kartun yang identik dengan memasak. Melalui game SpongeBob: Krusty Cook-Off, kamu bisa mengambil peran sebagai pedagang makanan di Bikini Bottom dan mengembangkan restoran kamu sendiri.

Dalam game simulasi manajemen ini, kamu akan mulai sebagai junior fry cook di restoran burger biasa. Semakin banyak makanan yang bisa kamu sajikan, semakin tinggi pula jabatan yang bisa kamu emban dengan restoran yang lebih bonafide.

Dan buat kamu penggemar kartun Spongebob, nikmati juga cerita menarik dari tv show tersebut beserta karakter ikonik seperti SpongeBob SquarePants, Mr. Krabs, Squidward, Sandy, and Patrick.

15. My Bakery Empire

Rating: 4.3 | Downloads: 100M+

My Bakery Empire (Play Store) | My Bakery Empire (App Store)

Game Memasak Kue My Bakery Empire

Buat yang lebih suka game memasak kue, My Bakery Empire adalah salah satu yang terpopuler dan sudah diunduh lebih dari seratus juta kali. Permainan memasak Empire ini sendiri punya gameplay yang mirip dengan game memasak lainnya. Bedanya di sini kamu akan membuat cupcakes, yoghurt smoothies, kue ulang tahun, dan beragam dessert lainnya.

Estetika jadi satu kunci penting di game ini karena selain membuatnya, kamu juga harus menghias kue secantik mungkin. Karakter kamu pun bisa didandani dan cocok sebagai game memasak anak perempuan yang senang dengan Barbie.

16. Cooking Games: Cooking Town

Rating: 4.2 | Downloads: 1M+

Cooking Games: Cooking Town (Play Store)

Game Memasak Gratis Cooking Games: Cooking Town

Game memasak seru offline lain yang masih punya tema seputar kue adalah Cooking Games: Cooking Town. Game ini mirip dengan kebanyakan game memasak yang memadukan time management sehingga kamu harus bisa melayani pelanggan dan menepati pesanan mereka.

Sebenarnya tidak cuma kue, Cooking Town juga merupakan game memasak burger shop, pizza, seafood, hingga waralaba ayam goreng mirip KFC. Selain memasak, tujuan kamu adalah membuka restoran sebanyak-banyaknya dan membuat kotamu jadi Food City.

17. Cooking Crush

Rating: 4.6 | Downloads: 10M+

Cooking Crush (Play Store) | Cooking Crush (App Store)

Cooking Crush Game Memasak

Masih butuh rekomendasi game memasak offline yang seru? Kamu juga bisa coba Cooking Crush. Game memasak gratis ini akan membawamu ke 32 lokasi berbeda dengan lebih dari 500 kombinasi makananan yang berbeda, mulai dari makanan cepat saji, hidangan lezat, hingga kue-kue manis yang bikin ngiler!

Dengan tampilan yang yang menggugah selera, Cooking Crush menawarkan gameplay bertempo cepat. Terutama saat jam-jam sibuk di mana pesanan seperti datang tanpa henti.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah mode multiplayer di mana kamu bisa menantang teman kamu untuk beradu masak dengan cepat. Kamu pun bisa membentuk tim kamu sendiri dan terlibat dalam berbagai event grup berhadiah menarik untuk mengembangkan dapurmu.

18. Cooking Rage

Rating: 4.6 | Downloads: 1M+

Cooking Rage (Play Store)

Cooking Rage

Rekomendasi game memasak gratis selanjutnya adalah Cooking Rage. Dengan 12 restoran dengan tema berbeda, kamu bisa coba menaklukan hampir 1000 level yang masing-masing hadir dengan bahan makanan dan tantangan yang unik.

Mirip game masak lainnya, kamu harus bisa berpkir cepat dan menggerakkan jari dengan cermat untuk bisa memenuhi keinginan pelanggan. Strategi pun diperlukan agar kamu bisa menangani berbagai macam pesanan seefisien dan seoptimal mungkin.

19. Food Truck Chef

Rating: 4.3 | Downloads: 10M+

Food Truck Chef (Play Store) | Food Truck Chef (App Store)

Food Truck Chef

Meski tidak sepopuler di Indonesia, food truck merupakan hal yang lumrah di banyak negara. Jadi alih-alih memasak di dapur rumah atau restoran, kamu akan mengolah makanan kamu di atas kendaraan yang berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Salah satu game yang menyelami semangat food truck adalah Food Truck Chef yang dibuat oleh developer yang membuat game Spongebob memasak burger sebelumnya. Di game ini, kamu bisa memasak lebih dari 700 kombinasi bahan makanan berbeda dan menyelesaikan ratusan level tantangan. Kamu pun bisa mengupgrade peralatan masak dan mendekorasi truk makan agar lebih menarik.

Saat mulai, kamu akan lebih dulu menjalankan bisnis Pasta Truck sebelum naik level ke Pizza Truck, Tex-Mex-Truck, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa saling beradu skill dengan chef lain di Food Street Carnival untuk mendapatkan bintang dan gems.

20. Food Truck Pup: Cooking Chef

Rating: 4.6 | Downloads: 1M+

Food Truck Pup (Play Store)Food Truck Pup (App Store)

Food Truck Pup

Masih dengan tema yang sama, rekomendasi game memasak terbaik lainnya adalah Food Truck Pup di mana kamu berperan sebagai seekor Shiba-Inu yang mengelola bisnis crepes. Meski lebih condong sebagai game simulasi bisnis, Food Truck Pup memiliki Cooking Mode di mana kamu bisa lebih terlibat dalam pembuatan makanan.

Dengan tampilan piksel dan desain karakter yang menggemaskan, Food Truck Pup memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal. Mulai dari mengumpulkan bahan makanan sendiri, promosi toko melalui selebaran flyer, hingga menyewa karakter unik lain untuk membantu bisnis makananmu.

Tidak ketinggalan, kamu pun bisa mendandani karakter kamu dengan tiga set pakaian berbeda, serta mengubah dekorasi interior dengan menambahkan furniture baru.


Itulah beberapa rekomendasi game memasak terbaik di Android dan iOS yang bisa kamu mainkan secara gratis. Setiap game memiliki cara main mereka sendiri yang bisa disesuaikan dengan gaya permainanmu, apakah kamu lebih suka membuat makanan berdasarkan resep, mendekorasi restoran, atau lebih menyukai aspek manajemen dari sebuah game memasak? (GimTekno.com)

0 Komentar