Ranking 7 Game Suikoden Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

Ranking 7 Game Suikoden Terbaik Sepanjang Masa

Ranking Game Suikoden Terbaik Sepanjang Masa

Plotnya yang unik membuat Suikoden jadi salah satu seri game RPG yang memiliki banyak penggemar. Dari beberapa judul yang sudah dirilis, akan menarik untuk melihat siapa saja yang ada di ranking game Suikoden terbaik sepanjang masa.

Suikoden I menjadi pembuka yang manis sebelum diakhiri dengan epik oleh Suikoden V. Di luar itu, ada beberapa game spin-off yang punya tema menarik, meski sayangnya hanya diterjemahkan sebagian saja.

Nah, buat kamu yang menyukai seri game ini, berikut adalah ranking game Suikoden terbaik lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Game Suikoden Terbaik

7. Suikoden 4 (2005)

Suikoden IV cover

Platform: Playstation 2, Playstation 3

Di posisi paling buncit, ada Suikoden IV yang memiliki cerita 150 tahun setelah game Suikoden pertama. Meski menawarkan cerita yang sama solidnya dengan game lainnya, Suikoden IV menawarkan gameplay yang terlalu berbeda dan dieksekusi dengan kurang sempurna.

Di game kali ini, tokoh kamu diberkati kekuatan dari Rune of Punishment. Beda dari gama lainnya, kali ini kita akan lebih banyak bermain di bagian selatan dunia Suikoden dengan kepulauannya. Hal ini pun memperkenalkan hal baru, seperti eksplorasi yang lebih banyak dilakukan menggunakan kapal laut.

Sayangnya perjalanan lewat jalur laut ini cukup membuat frustasi para pemain, terutama karena lambatnya kapal dan cukup seringnya random encounter yang membuat eksplorasi membosankan.

Suikoden 4 Gameplay

Game ini sendiri jadi game Suikoden pertama tanpa kehadiran pendirinya, Yoshitaka Murayama. Mungkin sebuah kebetulan, namun hal ini sering dijadikan alasan kenapa ada perubahan yang cukup besar pada franchise Suikoden.

Salah satunya adalah pengurangan jumlah party menjadi hanya 4 orang saja. Meski hal ini mempercepat battle, gameplay jadi terasa lebih dangkal dan mengurangi aspek yang membuat Suikoden IV terasa berbeda dari seri lainnya.

Selain itu ceritanya pun tergolong singkat dan mungkin akan lebih cepat tamat tanpa adanya perjalanan laut yang menguras waktu. Latar belakang yang ada lebih dari satu abad setelah Suikoden pertama pun membuat semua karakter di game ini baru dan menjadikannya sangat asing bagi penggemar lama Suikoden.

Di luar semua kekurangannya, pemandangan laut yang baru dan cerita khas Suikoden dengan Rune dan 108 Destiny Stars tetap membuat game ini patut dicoba penggemar Suikoden, meski untuk dimainkan terakhir. Selain itu cerita mengenai Snowe Vingerhut yang jadi teman baikmu pun jadi salah satu pengembangan karakter yang banyak diapresiasi dari seri ini.

6. Suikoden Tierkreis (2009)

Suikoden Tierkreis

Platform: Nintendo DS

Tierkreis adalah game spinoff Suikoden yang dirilis khusus untuk Nintendo DS. Di game ini, kamu berperan sebagai pemuda dari Citro Village yang nantinya akan memimpin 108 hero dari berbagai suku untuk melawan antagonis yang disebut "The One King."

Beda dari game Suikoden lainnya, Tierkreis mengambil latar belakang dunia paralel. Konsep dunia alternatif di realm Suikoden sendiri bukan hal baru karena ada beberapa karakter ikonik Suikoden yang tampak bukan berasal dari bumi seperti Viki, Yuber, atau Pesmerga. Adanya naga dan lokasi aneh yang ada di beberapa game Suikoden juga memberi petunjuk bagi keberadaan dunia lain di Suikoden tersebut.

Suikoden Tierkreis

Keunggulan Suikoden Tierkreis terletak pada desain dunianya yang luas, di mana kamu bisa menjelajahi berbagai wilayah dan bertemu dengan karakter dari ras unik, mulai dari Roar, Porpos, hingga Auster. Grafiknya yang menawan dan musik yang memikat pun dikombinasikan dengan sistem permainan NDS secara apik. Sistem pertarungan turn-based memberikan kesempatan untuk menyusun tim dari ratusan karakter yang dapat direkrut, masing-masing dengan kemampuan dan cerita latar yang berbeda.

Sayang semua kelebihannya tersebut masih belum bisa membuat Tierkreis masuk dalam daftar teratas untuk game Suikoden terbaik sepanjang masa.

Dibanding game Suikoden lain, ada kesan bahwa cerita di game ini terkadang terlalu kompleks dan sulit diikuti. Beberapa penggemar juga merasa bahwa Suikoden Tierkreis berbeda dari entri lain dalam seri Suikoden, terutama karena tidak berada di dalam dunia yang sama. Selain itu terdapat pula kritik atas penggunaan voice cast berbahasa Inggris yang dianggap kurang nendang dibanding game versi Jepang-nya.

Di luar itu, Suikoden Tierkreis jadi entri yang cukup menarik untuk dimainkan, tidak hanya untuk penggemar Suikoden saja, tapi juga untuk penggemar RPG/JRPG pada umumnya.

5. Suikoden Tactics (2005)

Suikoden Tactics Cover

Platform: Playstation 2

Meski hanya mendapatkan porsi yang terbatas, taktik ala FF Tactics jadi bagian yang tidak terpisahkan dari seri game Suikoden. Dan jika kamu menyukai aspek tersebut, kamu perlu memainkan Suikoden Tactics yang juga jadi spinoff seri ini selain Tierkreis.

Dikenal sebagai Rhapsodia di Jepang, game ini memiliki cerita yang jadi prekuel sekaligus sekuel bagi Suikoden IV. Di sini kamu akan berperan sebagai Kyril, seorang petualang yang menyelidiki fenomena misterius Rune Cannons yang bisa mengubah manusia menjadi batu.

Suikoden Tactics Gameplay

Dari segi gameplay, Suikoden Tactics mirip dengan Final Fantasy Tactics di mana kamu akan bertarung dalam sistem grid. Kamu pun harus bisa memanfaatkan formasi, serangan gabungan, dan elemen-elemen taktis lainnya untuk bisa menang.

Suikoden Tactics membuatnya sedikit unik dengan memasukan sistem Rune yang sudah familiar di Suikoden. Selain itu kamu pun bisa menggunakan lebih dari 100 karakter berbeda, di mana beberapa di antaranya hanya bisa bertindak sebagai support yang bisa memberi buff, healing, stealing, atau melakukan debuff saja.

Dibandingkan dengan game tactical RPG lain, Suikoden Tactics sebenarnya masih kalah kompleks. Namun tantangan yang kamu dapat seringkali dianggap terlalu sulit. Dan jika kamu tidak bermasalah dengan narasi yang tidak sedalam game Suikoden lainnya, Suikoden Tactics tetap jadi game yang patut kamu coba, terutama bagi penggemar RPG taktikal mirip Final Fantasy Tactics atau Tactics Ogre.

4. Suikoden (1996)

Suikoden 1 Cover

Platform: Playstation 1, Windows, Sega Saturn

Suikoden I adalah game yang memulai segalanya. Populer sebagai game Playstation 1, Suikoden I juga dirilis untuk PC Windows dan Sega Saturn. Versi Sega Saturn yang dirilis tiga tahun setelah PS1 pun dibuat ulang dengan menambahkan lokasi, event dan musuh baru, musuh baru, full motion opening video, hingga peningkatan kualitas warna.

Game ini sendiri bercerita mengenai pergolakan politik di Kekaisaran Scarlet Moon. Di sini kamu akan berperan sebagai salah satu anak Jendral yang membelot setelah mengetahui bobroknya mereka. Bersama 108 penjuang lainnya, kamu akan berusaha untuk melakukan revolusi dan membawa kedamaian di dunia Suikoden.

Suikoden 1 Gameplay

Dibandingkan game RPG lain di zamannya, Suikoden banyak membawa hal berbeda yang membuatnya berkesan. Salah satunya adalah ratusan cast yang jadi ciri khas seri ini. Meski tidak semuanya bisa digunakan dalam pertempuran, masing-masing tokoh memiliki cerita unik yang membuat mereka bergabung dengan grup kamu.

Saat melakukan eksplorasi, kamu bisa membuat party beranggotakan 6 orang. Member yang kamu pilih pun tidak bisa sembarangan karena setiap orang memiliki rentang jarak senjata yang berbeda. Selain itu beberapa member juga bisa dipasangkan agar bisa melepaskan kombo dengan damage yang lebih besar/luas.

Dari segi cerita, Suikoden I dibuat dengan alur cerita yang baik dengan tambahan detail menarik pada beberapa tokoh support jagoanmu. Cerita mengenai politik, perang, dan kehilangan pun mendapatkan sedikit twist menarik di akhir cerita. Uniknya lagi, kamu pun bisa men-transfer data game Suikoden kamu dan melanjutkannya di game Suikoden II.

Di luar itu, Suikoden tidak memiliki banyak kekurangan yang berarti. Kualitas grafiknya mungkin terlihat menua dibanding game Suikoden lainnya. Selain itu kewajiban penggunaan Gale Run hanya untuk bisa speed run pun cukup membuat kesal karena membuat perjalanan menjadi terasa lambat.

3. Suikoden 3 (2002)

Suikoden 3 Cover

Platform: Playstation 2, Playstation 3

Dalam ranking game Suikoden terbaik selanjutnya, ada Suikoden 3 yang bercerita 16 tahun setelah event di Suikoden II. Kali ini cerita berlokasi di region Grassland yang jadi rumah bagi beberapa suku dengan budaya yang berbeda.

D game ini kamu pun bisa menemukan beberapa karakter yang sebelumnya muncul di Suikoden II, seperti Luc, Tuta, Futch, Viki, Apple, atau Jeane. Di sini kamu bahkan bisa bertemu dengan karakter seperti Sanae Y yang merupakan anak dari Fred dan Yoshino yang jadi salah satu hero di Suikoden sebelumnya.

Suikode 3 sendiri jadi game Suikoden pertama di Playstation 2. Konami pun memaksimalkan potensi konsol tersebut dengan membuat game 3D pertama mereka. Meski visual dan animasinya terlihat ketinggalan zaman, desain karakternya masih cukup menarik untuk kamu yang ingin memainkannya saat ini.

Suikoden 3 Gameplay

Satu hal menarik di game ini adalah penggunaan Trinity Sight System di mana kamu bisa mengontrol tiga protagonis berbeda, seorang remaja dari Grassland, ksatria Zexan, dan tentara bayaran Harmonian. Hal ini memberikan kamu perspektif unik dari tiga sudut pandang yang berbeda. Kamu bahkan bisa mendapatkan protagonis keempat di pertengahan game yang membuat ceritanya semakin menarik.

Kualitas world building serta ceritanya yang familiar dan masih tertaut dengan seri sebelumnya membuat Suikoden 3 jadi favorit penggemar seri ini. Meski begitu game ini bukannya tanpa kekurangan, salah satunya adalah sistem pertempuran yang sangat berbeda dari dua game Suikoden sebelumnya.

Di game ini, karakter yang kamu pilih akan digunakan secara berpasangan. Meski sekilas tampak inovatif dan lebih realistis, hal ini menyulitkan pemain untuk mengontrol jalannya pertempuran karena kamu tidak bisa memilih aksi yang berbeda untuk masing-masing individu. Tidak cuma itu, animasi yang digunakan dalam pertempuran pun dianggap terlalu lama dan cukup membosankan jika kamu sering bertemu musuh di perjalanan.

2. Suikoden 5 (2006)

Suikoden V cover

Platform: Playstation 2

Suikoden 5 adalah seri utama terakhir dari seri ini sebelum mereka memutuskan hiatus sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Game ini mengambil latar belakang 6 tahun sebelum Suikoden I. Lokasinya sendiri berada di Southern Continent, yang terletak di sebelah selatan Island Nation tempat berlangsungnya event Suikoden IV.

Di game ini kamu akan berperang sebagai Pangeran Falena yang harus terjebak dalam kemelut politik yang melibatkan keluarga bangsawan. Menjadi prekuel bagi Suikoden I, kamu akan bertemu dengan banyak karakter yang familiar. Georg Prime dan Lorerai yang muncul di Suikoden I bahkan jadi memainkan peran penting dalam game ini.

Suikoden 5 Gameplay

Meningat banyaknya kritik yang datang pada Suikoden III dan IV, Konami memutuskan untuk kembali ke formula dasar mereka di Suikoden I dan II sambil memoles fitur baru yang muncul di konsol PS2. Hal ini pun mendapatkan apresiasi dari penggemar yang mendapatkan kembali game yang mirip dengan Suikoden yang mereka kenal selama ini.

Sebagai contoh, Suikoden V kembali menggunakan 6 party member yang digunakan di awal seri. Sistem pairing/berpasangan yang ada di Suikoden sebelumnya pun dihilangkan. Meski begitu beberapa hal baik, seperti Skill System yang mirip di Suikoden III tetap dipertahankan dan diperbaiki. Hal ini membuat Suikoden V memiliki gameplay yang unik dan menarik, namun tetap familiar untuk penggemar Suikoden.

Jujur saja tidak ada kekurangan berarti yang membuat game ini hanya bisa berada di peringkat kedua daftar game Suikoden terbaik sepanjang masa. Meski grafis 3D khas PS2 sedikit ketinggalan zaman, game ini juga punya replayability yang baik dan bisa dimainkan berulang-ulang untuk melihat 11 ending yang berbeda.

1. Suikoden 2 (1999)

Suikoden 2 Cover

Platform: Windows, Playstation 1

Suikoden 2 jadi peringkat teratas dalam daftar game Suikoden terbaik sepanjang masa. Meski awalnya tidak mendapatkan respon yang meriah, Suikoden II ternyata menjadi karya klasik yang bahkan sering dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik di PS1.

Suikoden II sendiri mengambil event 3 tahun setelah Suikoden pertama, dengan fokus pada invasi City-States of Jowston oleh Kingdom of Highland di bawah kendali Luca Blight. Kamu sendiri akan berperan sebagai anak yatim piatu yang nantinya terseret dalam konflik politik, pengkhianatan dan pertempuran, namun ditakdirkan untuk dapat mengakhiri kemelut tersebut.

Suikoden 2 Gameplay

Sekilas game ini memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya, namun Suikoden II mampu memperbaiki semua kekurangan di Suikoden I dan membalutnya dalam tampilan grafis yang lebih baik dan detail. Tidak cuma itu, ceritanya pun dibuat lebih mendalam dan berani menjelajahi tema yang lebih gelap dibanding prekuelnya.

Dari segi gameplay, Suikoden II menjadi penyempurnaan Suikoden I, mulai dari mekanisme lari yang kini tidak lagi memerlukan rune, tambahan tiga slot untuk rune, hingga sistem pertempuran pasukan yang lebih taktikal. Kamu yang sudah menamatkan Suikoden I pun dapat menggunakan data save kamu untuk memunculkan karakter di game tersebut di Suikoden II.

Tampilan retro 16-bit jadi kritik terbesar Suikoden II mengingat saat dirilis pertama kali, ada banyak game yang sudah menggunakan grafik 3D. Namun siapa sangka tampilan piksel justru jadi hal yang kembali ngetop dan membuat game ini masih asik dimainkan saat ini.


Itulah dia urutan game Suikoden terbaik sepanjang masa buat kamu yang ingin coba memainkannya. Meski punya cerita unik, sayangnya seri ini belum lagi mendapatkan sekuel baru setelah terakhir kali merilisnya di tahun 2006. Namun dengan kabar bakal adanya versi remaster untuk game-game tersebut, tidak ada salahnya untuk menengok kembali game Suikoden lama, apa lagi untuk para penggemar RPG berkualitas. (GimTekno.com)

0 Komentar