15+ Game RPG Terbaik di PS1 - GimTekno

15+ Game RPG Terbaik di PS1

Game RPG terbaik di Playstation 1

Playstation 1 dan RPG/JRPG jadi dua hal yang tidak terpisahkan. Di konsol ini, kita bahkan bisa menemukan banyak game RPG terbaik di PS1 yang kelak jadi salah salah satu game role-playing terbaik sepanjang masa.

Mulai dari seri Vagrant Story, Suikoden, Chrono Cross, hingga deretan game Final Fantasy, selalu ada saja game RPG yang bisa membuat kita ketagihan dengan cerita yang kebanyakan berlatar belakang dunia fantasi dan sci-fi.

Buat kamu yang senang dengan game petualangan seperti ini, ada banyak game RPG PS1 terbaik yang bisa kamu mainkan dengan emulator PS1, seperti beberapa rekomendasi berikut ini.

Game RPG Terbaik Sepanjang Masa di PS1

1. Valkyre Profile

Kita mulai daftar game RPG terbaik di PS1 dengan Valkyrie Profile. Mengambil inspirasi dari mitologi Nordic, di game ini kamu akan berperan sebagai seorang Valkyrie bernama Lenneth. Dalam 8 chapter berbeda, kamu akan diminta untuk mengirimkan satu prajurit ke Valhala dan melatih mereka untuk bersiap menghadapi kiamat, Ragnarok.

Valkyre Profile

Sistem pertarungan jadi satu fitur menonjol di Vagrant Story. Pertarungan berlangsung dalam format side-scrolling dan turn-based, dimana setiap anggota tim memiliki tombol mereka sendiri. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus berhasil menetapkan tindakan yang tepat pada setiap karakter pada waktu yang tepat untuk melancarkan serangan kombo yang kuat. Meski terlihat rumit, hal ini sangat orisinal dan menyenangkan jika kamu sudah mengerti caranya.

Di luar itu semua, Valkyre Profeil juga akan selalu diingat berkat seni visualnya yang tergolong indah pada zamannya, lengkap dengan soundtrack yang memperdalam suasana di dalam game tersebut. Desain karakter dan sprite yang digambar tangan secara visual pun menawarkan hal unik dan tak terlupakan bagi para pemain, dan membuatnya jadi salah satu game PS1 yang harus kamu coba!

2. Final Fantasy Tactics

Meski merupakan game spin-off, Final Fantasy Tactics mendapatkan popularitasnya sendiri, dan bahkan bersaing dengan judul utama Final Fantasy lain sebagai game RPG terbaik di Playstation 1. Grafik pikselnya yang menawan pun membuat game ini masih asik dimainkan hingga sekarang.

Final Fantasy Tactics

Beda dengan game Final Fantasy lainnya, FF Tactics menggunakan sistem pertempuran taktikal. Di game ini pemain harus mengatur strategi dengan menempatkan karakter dalam sebuah grid dan memanfaatkan kemampuan serta medan pertempuran untuk keuntungan mereka.

Walaupun bukan yang pertama, Final Fantasy Tactics sering dianggap sebagai salah satu game taktikal RPG terbaik sepanjang masa. FF Tactics pun bahkan sering dianggap sebagai game yang mempopulerkan sistem pertempuran tersebut pada dunia barat. Kombinaiskan hal tersebut dengan cerita mendalam khas Final Fantasy, tidak heran melihat game ini sebagai salah satu game paling direkomendasikan di konsol PS1.

3. Vagrant Story

Setelah sukses dengan Final Fantasy Tactics, Square Enix berusaha untuk menciptakan game baru dengan konsep berbeda. Hasilnya adalah Vagrant Story yang ternyata mampu bersaing, atau bahkan melebihi popularitas game tersebut.

Vagrant Story

Game ini pun sukses berkat ceritanya yang intens dan mendalam. Visual art yang mengkombinasikan estetika Eropa Abad Pertengahan dengan elemen dark fantasy mampu menciptakan dunia yang kaya dan lebih hidup. Makanya tidak heran jika Vagrant Story jadi satu-satunya game Playstation 1 yang mendapatkan skor sempurna dari Famitsu.

Salah satu hal menarik dari game ini adalah sistem pertempuran inovatif-nya yang menggabungkan elemen strategi dan real-time action. Saat bertarung, kamu harus bisa mengatur serangan dan memblok lawan dengan sistem Risk and Chains. Kamu punbisa menargetkan area tubuh tertentu untuk mendapatkan damage yang lebih besar. Tidak cuma itu, game ini pun menawarkan kustomisasi senjata yang mendalam, memungkinkan pemain membuat dan meningkatkan senjata yang akan berpengaruh besar pada efektivitas pertempuran.

4. Breath of Fire III

Jujur agak sulit untuk memilih salah satu dari Breath of Fire III atau IV sebagai game RPG terbaik di PS1. Keduanya sama-sama punya cerita yang menarik, serta desain grafis 3D yang masih enak dilihat untuk standar game saat ini. Dengan margin yang tipis, BoF III mungkin jadi rekomendasi terbaik, terutama bagi kamu yang baru memainkan franchise game ini.

Breath of Fire III

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Ryu dalam usahanya untuk mengungkap misteri keberadaannya sebagai manusia setengah naga. Dalam perjalanannya kamu akan ditemani dengan berbagai karakter unik, yang beberapa di antaranya juga muncul di seri Breath of Fire lain seperti Nina.

Game ini sendiri memperkenalkan banyak hal baru pada franchise Breath of Fire. Selain tampilan 3D isometric, game ini pun memiliki Master System yang memungkinkan setiap karakter untuk memperlajari skill baru dan memperkuat stat mereka dengan belajar pada Master tertentu. Kamu pun bisa mengelola Fairy Village yang mampu memberikanmu item spesial dan bonus menarik lainnya.

5. The Legend of Dragoon

Masih bertema naga, game RPG terbaik di PS1 selanjutnya adalah The Legend of Dragoon. Menariknya, di awal rilis game ini sering dibandingkan dengan game RPG lainnya dan mendapatkan cukup banyak kritik. Meski begitu kini The Legend of Dragoon justru populer dan bahkan menjadi salah satu cult classic bagi penggemar RPG.

The Legend of Dragoon

Dari segi cerita, The Legend of Dragoon mengambil tema umum seputar pahlawan yang berusaha untuk mengalahkan kekuatan jahat kuno. Untuk grafik, game ini sudah menggunakan karakter 3D dengan pre-rendered background dan masih cukup enak dilihat dibanding game PS1 lain dengan tampilan visual serupa.

Satu hal menarik dari game ini adalah sistem pertempuran "Addition" yang inovatif. Saat bertarung, kamu harus bisa menekan tombol tertentu dengan presisi untuk mendapatkan kombo dan serangan yang lebih kuat. Hal ini berbeda dengan RPG tradisional yang lebih banyak membuat kamu menunggu giliran kamu tiba. Selain tu game ini juga memiliki mekanisme transformasi "Dragoon" yang memungkinkan karakter untuk menggunakan dragon form mereka dan menggunakan kekuatannya.

6. Final Fantasy VII

Bicara game RPG terbaik rasanya belum lengkap tanpa menyebut seri Final Fantasy. Playstation 1 sendiri diberkati dengan tiga game original yang kelak dianggap sebagai game Final Fantasy terbaik sepanjang masa, yaitu FF VII, FF VIII dan FF IX. Di antara ketiganya, Final Fantasy VII mungkin bisa disebut yang paling ikonik.

Final Fantasy VII

Narasi game ini merupakan sebuah masterclass, yang memadukan fiksi ilmiah, fantasi, dan pengembangan karakter yang dinamis. Game ini punya cerita kompleks yang mengangkat tema-tema identitas dan lingkungan hidup, saat Cloud Strife dan kawan-kawan berjuang untuk melawan kekuaasan Shinra yang tak terkendali.

Dari segi gameplay, Final Fantasy VII memperkenalkan sistem Active Time Battle (ATB), yang menambahkan elemen strategi real-time ke pertarungan berbasis giliran. Sistem ini, dikombinasikan dengan sistem Materia untuk kustomisasi karakter, memungkinkan gameplay yang mendalam dan strategis. Selain itu game ini juga menampilkan peta dunia terbuka yang luas dengan misi sampingan dan rahasia tersembunyi yang menarik untuk diungkap.

Dan jika tampilan grafis 3D-nya tampak ketinggalan zaman untukmu, kamu bisa juga memainkan versi remake dengan grafis yang lebih menawan.

7. Final Fantasy IX

Selain game di atas, seri Final Fantasy lain yang juga pantas masuk daftar game RPG terbaik adalah Final Fantasy IX. Di game ini kamu akan berperan sebagai Zidane Tribal dan kelompoknya yang berusaha menyelamatkan dunia dari rencana jahat Queen Brahme.

Final Fantasy IX

Game Final Fantasy IX sendiri sering dianggap sebagai penghormatan terhadap game JRPG klasik. Dari segi cerita, game ini kembali ke settingan fantasi setelah tiga seri sebelumnya mengambil tema sci-fi yang lebih modern. Desain karakternya pun dibuat dengan indah dengan gaya ala chibi dengan estetika khas dunia fantasi.

Dari segi gameplay, game ini memperbaiki semua hal yang ada di seri sebelumnya. Game ini pun memperkenalkan mode "Trance" yang memungkinkan kamu untuk melepaskan kekuatan dahsyat saat kamu membutuhkannya. Jadi jika kamu sedang mencari game PS1 yang masih enak dimainkan saat ini, Final Fantasy jelas jadi salah satu rekomendasi terbaik.

8. Star Ocean: The Second Story

Meski bukan yang pertama melakukannya, star Ocean: The Scond Story adalah game RPG PS1 yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan banyak ending yang berbeda. Jumlahnya pun tidak tanggung-tangung, ada 90 ending berbeda yang membuat game ini enak dimainkan berulang-ulang dengan berbagai skenario.

Star Ocean: The Second Story

Saat memulai, kamu bisa memilih untuk berperan sebagai Claude C. Kenny atau Rena Lanford. Kamu bahkan bisa memilih siapa saja yang ingin kamu ajak untuk masuk dalam party member. Tergantung karakter yang kamu pilih, cerita yang kamu dapat akan sedikit berbeda dan memungkinkan kamu untuk mendapatkan ending yang berbeda.

Hal menarik lain dari game ini adalah adanya "Private Action" yang memungkinkan karakter kamu untuk memiliki petualangannya sendiri. Karakter kamu bahkan bisa memiliki skill tertentu yang berguna dalam petualangan, seperti herbal medicine, memasak, menulis, musicianship, hingga mencuri. Party kamu bahkan bisa membuka Super Speciality seperti Master Chef, Blacksmithing, atau , dengan efek yang lebih hebat.

9. Grandia

Grandia adalah game yang pertama kali muncul di Sega Saturn, sebelum akhirnya diporting ke Playstation 1 dua tahun kemudian. Kesuksesan game ini bahkan membuatnya dapat dua sekuel dan versi Remaster yang muncul di Nintendo Switch dan PC Windows.

Grandia

Permainan ini mengikuti petualangan Justin, seorang petualang muda dan ambisius, saat ia memulai pencarian untuk mengungkap rahasia peradaban kuno dan memenuhi mimpinya menjadi seorang penjelajah terkenal. Narasinya ditandai dengan rasa ingin tahu, persahabatan, dan pertumbuhan pribadi, sehingga membuatnya mudah diakses dan bisa dimainkan siapa saja.

Untuk masalah gameplay, game ini tidak menggunakan random encounter seperti kebanyakan game RPG. Arah kamu mendekati musuh bahkan berpengaruh pada jalannya pertempuran.

Mekanik pertempuran Grandia jadi daya tarik terbesar game ini. Salah satu cara untuk membuat karakter kamu kuat adalah dengan menggunakan skill yang sama berulang-ulang. Selain itu kamu pun bisa meningkatkan kemampuan dalam memakai senjata tertentu yang nantinya juga berpengaruh besar pada stat yang kamu miliki.

10. Lunar: Silver Star Story Complete

Lunar: Silver Star Story Complete merupakan remake dari game Lunar: The Silver Star yang lebih dulu muncul untuk Sega Saturn di tahun 1992. Nama Complete sendiri sendiri merujuk pada kemampuan PS1 yang mampu mewujudkan visi pengembang game ini secara utuh.

Lunar: Silver Star Story Complete

Meski begitu keduanya memiliki plot yang serupa. Di game ini kamu akan berperan sebagai Alex, seorang anak muda dari desa sederhana yang bercita-cita menjadi Dragonmaster, seorang pejuang dengan kekuatan naga yang misinya adalah melindungi dewi Athena, pencipta segala sesuatu di dunia Lunar.

Dibandingkan pendahulunya, Lunar: Silver Star Story Complete jelas memiliki peningkatan grafis dan audio. Selain itu kepribadian masing-masing karakter pun lebih dikembangkan dan diberi porsi lebih untuk membuat mereka lebih menonjol. Dari segi gameplay, permainan keduanya mirip dengan game RPG lainnya, bedanya kini versi remakenya tersebut menampilkan musuh di layar, bukan random encounter.

Jika kamu menyukai game RPG klasik seperti Final Fantasy, kemungkinan besar kamu juga menyukai seri ini. Kamu bahkan bisa memainkan sekuelnya yang tidak kalah seru, atau mencoba versi remake yang dibuat pada tahun 2010 untuk Playstation Portable.

11. Chrono Cross

Sejak kemunculannya pada tahun 1999, banyak orang yang menggangap Chrono Cross sebagai sekuel Chrono Trigger yang rilis di SNES beberapa tahun sebelumnya dan jadi salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Tidak mengherankan mengingat keduanya punya nama yang hampir mirip dan cerita yang sama-sama bertema penjelajahan waktu.

Chrono Cross

Meski begitu Chrono Cross bukanlah lanjutan dari Chrono Trigger. Chrono Cross memiliki pesonanya sendiri yang membuatnya jadi salah satu judul game petualangan paling populer di Playstation 1.

Dari segi cerita, kamu akan berperan sebagai Serge yang bepergian di antara dimensi alternatif untuk mengubah nasib dunia. Menariknya, ada 45 karakter yang bisa kamu ajak sebagai party member yang masing-masing memiliki kepribadian dan skill berbeda. Game ini pun memiliki berbagai macam ending yang membuatnya seru untuk dimainkan berulang-ulang.

Dengan tampilan 3D, sistem pertempurannya pun sedikit berbeda dari Chrono Trigger. Di sini ada faktor "Elements" yang memiliki konsep mirip Materia di FF7. Selain itu game ini pun menampilkan Stamina Bar yang akan berkurang setiap kali kamu memakai Elements.

12. Dragon Quest VII

Dragon Quest, atau Dragon Warrior, adalah game RPG yang dikenal dengan karakter khas Akira Toriyama, sang pembuat Dragon Ball. Tapi di luar itu, franchise game ini dikenal sebagai game RPG yang fokus elemen JRPG klasik seperti cerita yang menarik, pengembangan karakter, serta pertarungan turn-based.

Drago Warrior 7: Fragments of the Forgotten Past

Pada konsol Playstation, franchise ini diwakili oleh Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past. Sama seperti game Dragon Quest terbaik lainnya, seri ini juga mempertahankan formula RPG tradisional yang membuatnya populer. Namun sedikit perbedaan, alur cerita game ini mengharuskan kamu untuk menjelajahi beberapa lokasi berbeda sebelum kamu bisa membuka lokasi tersembunyi yang ada di masa lalu.

Meski begitu perlu diketahui bahwa game ini mungkin tidak untuk semua orang, bahkan untuk mereka yang senang dengan game RPG. Di awal cerita, alurnya akan terasa sangat lambat. kamu bahkan tidak akan menemukan musuh hingga beberapa jam pertama. Namun kamu yang lebih senang dengan cerita dan mengungkap misteri dalam game ini, Dragon Quest bisa memberikan kamu puluhan jam yang mengasyikan.

13. Suikoden II

Saat pertama kami muncul, nama Suikoden II sedikit tenggelam karena beberapa faktor. Selain karena rilis berbarengan dengan Final Fantasy VIII, game ini juga masih menggunakan karakter retro 16-bit serta tertutup oleh standarnya penampilan Suikoden pertama. Meski begitu game ini kini begitu populer dan bahkan dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik di Playstation 1.

Suikoden II

Satu hal yang menarik dari game ini jelas adalah jumlah karakter yang bisa kamu rekrut. Tidak tanggung-tanggung, ada 108 karakter berbeda, dengan setengahnya bisa kamu masukan sebagai party member dalam pertarungan. Sisanya memiliki peran masing-masing mulai dari merchant, mata-mata, koki, dan masih banyak lagi.

Dari segi cerita, kisah mengenai dua sahabat, Riou dan Jowy, yang terjebak pada konflik antara Jowston dan Highland Kingdom sangat menarik untuk disimak. Dan jika kamu penggemar JRPG tradisional, Suikoden II memiliki semuanya, mulai dari turn-based combat, grafik pixel, kustomisasi party, serta adanya beberapa ending yang bisa kamu dapat.

14. Wild Arms

Wild Arms menawarkan sesuatu yang unik dibandingkan dengan game JRPG lainnya dengan mengkombinasikan dunia fantasi dengan science fiction dan tema Wild West. Makanya di sini kamu bisa menemukan banyak elemen fantasi seperti magic dan mahkluk mistis, namun dengan latar belakang dunia barat tempo dulu dengan bangunan Saloon, lahan tandus, hingga teknologi steampunk.

Wild Arms

Cerita Wild Arms sendiri berlokasi di dunia fiksi bernama Filgaia. Di sini kamu akan berperan sebagai Rudy yang mampu mengoperasikan senjata kuno bernama Ancient Relic Machines (ARMs). Bersama dengan dua temannya, Jack dan Cecilia, ketiganya akan berusaha untuk mencegah ancaman yang dapat menghancurkan dunia.

Meski bertema dunia barat, unsur RPG-nya tetap sama. Bedanya, party kamu hanya terdiri dari tiga orang yang sama saja. Selain itu dalam pertempuran terdapat Force Bar yang memungkinkan karakter kamu untuk memakai Force Techniques. Masing-masing karakter pun memiliki "Tools" yang dapat membantu kamu dalam menyelesaikan puzzle dan melangkah lebih jauh ke dalam cerita.

15. Xenogears

Square banyak membuat game RPG terbaik di Playstaion 1 seperti Chrono Cross, Vagrant Story, dan seri Final Fantasy yang telah disinggung sebelumnya. Selain nama tersebut, Xenogears juga patut masuk daftar game terbaik buatan Square di PS1.

Xenogears

Menariknya, Xenogears dibuat sebagai prototype untuk Final Fantasy VII, sebelum akhirnya dibuat untuk menjadi sekuel Chrono Trigger. Namun rencana itu juga batal, Xenogears pun menjadi project baru dan memulai seri Xeno yang masih lanjut hingga kini. Makanya tidak heran jika Xenogears memiliki banyak kesamaan dengan kedua game Square tersebut, salah satunya adalah penggunakan ATB dalam sistem pertempuran mereka.

Penggunaaan mecha yang disebut Gears menjadi hal unik dari game ini. Gears tersebut bisa kamu gunakan untuk pertarungan, atau untuk mengeksplorasi dunia selama kamu tidak kehabisan bahan bakar. Gears ini bahkan menjadi ciri khas Xenogears yang masih dipertahankan hingga kini.

Di luar itu, cerita Xenogears juga jadi daya tarik terbesar game ini. Beda dengan game RPG lain di zaman tersebut, Xenogears banyak menyinggung cerita seputar psikologi, hingga simbol keagamaan. Hal ini bahkan membuat Xenogears sempat diragukan untuk dibuat versi Bahasa Inggris-nya meski ternyata hal ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para penggemar RPG.

16. (BONUS) Honorable Mention

Selain judul-judul game di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi game RPG terbaik di PS1 yang juga harus kamu coba. Beberapa bahkan bisa dianggap underrated RPG mengingat tidak banyak orang yang mengenalnya meski game tersebut punya kualitas yang baik.

Jadi untuk melengkapi daftar di atas, kamu juga bisa memainkan beberapa game RPG terbaik di PS1 berikut ini.

  • Castlevania: Symphony of the Night: Game RPG Platformer yang terkenal dengan suasana gotik dan eksplorasi non-liniernya. Pemain mengontrol Alucard dalam menjelajahi kastil Dracula, mendapatkan kemampuan baru dan mengalahkan monster.
  • Breath of Fire IV: Mampu mengembangkan semua yang ada pada seri sebelumnya dengan lebih baik. Sayang pada beberapa bagian, seperti transformasi naga, terlihat tidak lebih baik dari pendahulunya.
  • Alundra: Sebuah game aksi-petualangan yang mirip dengan seri "The Legend of Zelda". Pemain berperan sebagai Alundra, seorang pahlawan dengan kekuatan untuk memasuki mimpi orang-orang, saat ia melawan monster dan memecahkan teka-teki.
  • Lunar: Eternal Blue Complete: Sekuel dari Lunar: Silver Star Complete yang sama-sama remake dari game Sega Saturn, dengan cerita yang terjadi seribu tahun setelah event pertama.
  • Legend of Legaia: Game turn-based RPG dengan sistem pertarungan unik yang melibatkan masukan perintah arah untuk mengeksekusi serangan. Permainan ini mengikuti perjalanan Vahn, Noa, dan Gala untuk menyelamatkan dunia mereka dari kabut mematikan.
  • Final Fantasy VIII: Seri Final Fantasy, terkenal dengan kisah romantis karakternya, sistem Junction yang kompleks, dan cerita yang berkisar pada konflik antara Squall dan musuh bebuyutannya, Seifer.
  • Chrono Trigger: Salah satu game RPG SNES terbaik sekaligus JRPG legendaris yang terkenal dengan narasi penjelajah waktu dan engding-nya yang beragam. Game yang awalnya dirilis di SNES ini di-bundling bersama FFIV dalam Final Fantasy Chronicles. Sayang ada beberapa masalah yang membuat penggemar lebih menyukai versi SNES-nya.
  • Persona 2: Eternal Punishment: Bagian dari seri Persona, game ini menggabungkan pertarungan RPG tradisional berbasis giliran dengan latar perkotaan modern. Pemain mengungkap konspirasi misterius sambil menjelajahi kehidupan pribadi karakter mereka.
  • Front Mission 3: RPG taktis yang menampilkan pertarungan mecha dan alur cerita bercabang berdasarkan pilihan pemain. Permainan ini mengeksplorasi intrik politik dan peperangan dalam suasana futuristik.

Menarik melihat banyak game dari era akhir 90-an dan awal 2000 yang dibuat dengan kualitas tinggi, hingga layak disebut sebagai game RPG terbaik sepanjang masa di PS1. Beberapa game tersebut pun hadir dengan kualitas grafis timeless yang membuatnya masih enak dimainkan saat ini.

Tidak cuma itu, hampir semua game di atas mendapatkan versi remake atau remastered agar bisa dimainkan di konsol yang lebih modern. Hal ini membuktikan jika cerita menarik jadi salah satu tonggak penting dari sebuah game RPG yang membuatnya tetap menarik walau grafisnya ketinggalan zaman. (GimTekno.com)

0 Komentar