Kenapa WA Tidak Bisa Diinstal? Ini Penyebabnya! - GimTekno

Kenapa WA Tidak Bisa Diinstal? Ini Penyebabnya!

Kenapa WA tidak bisa diinstal

Jika hp kamu punya storage yang cukup dan sudah terpasang OS terbaru, tidak ada alasan kenapa WA tidak bisa diinstal di hp Android atau iPhone. Namun jangan khawatir bila ada penyebab lain yang membuat WhatsApp tidak bisa terpasang di hp kamu, karena ada banyak solusi yang bisa kamu coba.

Mulai dari menghapus file tak terpakai, mengupdate OS, hingga mengatur ulang tanggal hp, wa yang tidak bisa diinstal dapat diatasi dengan mudah tanpa perlu mengganti hp.

Nah, buat kamu yang bermasalah dengan hal ini, berikut adalah beberapa penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa diinstal di Android dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Diinstal di Android dan Cara Mengatasinya

1. Memori penuh

Penyebab WhatsApp tidak bisa diinstal di Android yang paling utama biasanya berhubungan dengan memori hp kamu.

Jika ruang penyimpanan di hp kamu penuh (atau tersisa sedikit saja), kemungkinan besar kamu tidak bisa mengunduh WhatsApp dan memasangnya di hp kamu.

Perlu diketahui bahwa ukuran file instalasi WhatsApp sebenarnya kecil, hanya 50-an MB saja. Namun untuk memasangnya kamu butuh storage lebih besar karena Android juga butuh space untuk menyimpan file hasil unduhan, file sementara yang diperlukan saat instalasi, dan file data WhatsApp itu sendiri.

Dari situs resmi WhatsApp, mereka sangat menyarankan untuk menyediakan ruang kosong hingga 1GB. Meski begitu hal ini mungkin terlalu besar, kecuali kamu berencana untuk mengimpor data backup berukuran besar.

Untuk membuat hp kamu makin lega, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Jika Anda masih tidak dapat memasang WhatsApp, silakan coba langkah berikut ini:

Hapus data yang tidak terpakai

Data seperti foto, video, atau file download-an lama kelamaan dapat membuat memori hp kamu penuh. Untuk membuatnya kembali lega, kamu bisa menghapus file yang tidak kamu butuhkan atau punya kualitas yang jelek.

Untuk melakukannya, kamu bisa membuka aplikasi Galeri Android atau File Manager lalu pilih data mana saja yang ingin kamu hapus.

Pindahkan data

Jika kamu tidak ingin menghapus data hp, sangat disarankan untuk memindahkannya untuk membuat hp kamu lega. Kamu bisa menyalin data-data yang memenuhi hp ke SD Card eksternal atau komputer/laptop.

Hapus aplikasi/game yang tidak terpakai

Punya aplikasi atau game yang sudah lama tidak kamu gunakan, lebih baik dihapus saja agar hp kamu bisa dipakai untuk menginstal WhatsApp.

Hapus data cache

Cache adalah tempat menyimpan file sementara agar beberapa aplikasi dapat dibuka lebih cepat. Namun lama kelamaan ukuran cache bisa membesar dan membuat ponsel kamu penuh.

Tidak seperti foto dan video, folder cache umumnya sulit diakses melalui File Manager. Untungnya setiap hp kini hadir dengan aplikasi memory cleaner atau speed booster yang bisa membantu kamu menghapus file tersebut. Selain itu ada banyak juga aplikasi sejenis yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan file sampah dari hp Android.

Bersihkan cache Android jika WA tidak bisa diinstal atau diupdate

2. Masih pakai Android versi lama

Versi OS yang kamu gunakan juga bisa jadi penyebab kenapa WA tidak bisa diinstal.

Untuk mengikuti perkembangan teknologi, WhatsApp akan secara rutin menghentikan support untuk sistem operasi lama. Dengan begitu mereka bisa lebih fokus pada pengguna hp dengan OS yang lebih update dan memberikan mereka kepuasan yang lebih besar.

Dari keterangan di situs resmi WhatsApp, ponsel yang kompatibel dengan WA harus memenuhi syarat berikut:

  • HP Android yang menjalankan OS 5.0 dan yang lebih baru
  • Ponsel iPhone yang menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru
  • KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru untuk feature phone

Untuk melihat versi OS yang kamu gunakan, cukup masuk ke menu Settings > About Phone lalu lihat keterangannya di menu tersebut.

Jika kamu masih menggunakan hp lama dengan OS lawas, segera lakukan upgrade untuk mengatasi masalah kompabilitas agar kamu bisa memakai WhatsApp.

3. Masalah koneksi internet

Saat download WhatsApp dari Google Play Store atau Apple App Store, pastikan kamu sudah memiliki koneksi internet yang baik dan stabil. Jika tidak, proses ini dapat berhenti di tengah jalan dan jadi penyebab kenapa wa tidak bisa diinstal di hp kamu.

4. File rusak

File rusak akibat koneksi inetrnet yang kurang stabil juga jadi penyebab kenapa WA tidak bisa diinstal. Selain cara di atas, langkah alternatif untuk mengatasinya adalah dengan menginstalnya secara manual.

Bagi pengguna Android, ada opsi untuk download APK WhatsApp secara resmi langsung dari website mereka. Meski ada banyak tempat download tempat apk yang aman, akan lebih baik mendapatkan file tersebut langsung dari developernya bukan?

Untuk melakukannya, cukup masuk ke website WhatsApp, lalu klik tombol Penginstal Paket untuk mulai download apk WhatsApp. Setalah itu buka aplikasi File Manager, cari file apk WA yang sudah kamu download, lalu klik untuk mulai menginstal.

Jika kamu gagal menginstal dengan cara tersebut, pastikan juga kamu sudah mengaktifkan opsi agar hp Android bisa menginstal aplikasi melalui file APK.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Settings > Security lalu centang opsi "Install from Unknown Source" atau "Sumber Tidak Dikenal".

5. Masalah pada aplikasi Google Play

Masalah pada aplikasi Google Play juga bisa jadi penyebab kenapa WA tidak bisa diinstal. Meski jarang terjadi, masalah pada aplikasi Google Play Store akan mengganggu proses download atau update WhatsApp.

Untuk memastikan Google Play kamu tidak bermasalah, kamu bisa coba menginstal aplikasi lain terlebih dahulu. Selain itu kamu juga bisa mengupdate Google Play ke versi terbarunya.

Masalah pada Google Play bisa jadi penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa diinstal

Jika terjadi masalah, kamu bisa membersihkan cache dan data aplikasi Google Play kamu, lalu me-restart-nya. Dengan mereset Google Play, kamu juga bisa ikut menghapus error yang membuat proses instalasi WA bermasalah.

Untuk melakukannya, buka menu Settings > Apps lalu pilih aplikasi Google Play Store dan cari opsi Clear Cache. Jika sudah, kamu bisa mematikan dan memulai ulang perangkat lalu coba download kembali WhatsApp.

6. Atur ulang tanggal hp

Meski terkesan sepele, pengaturan tanggal yang salah juga bisa jadi penyebab WhatsApp tidak bisa diinstal di Android dan iPhone.

Dan jika kamu sudah menginstalnya pun, pengaturan tanggal yang salah dapat mengganggu fitur WhatsApp seperti pengiriman gambar/video yang bermasalah karena selisih waktu yang tidak wajar.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu masuk ke menu Settings > Date and Time dan pilih opsi Set Time Automatically untuk mensinkronkan ponsel kamu dengan jam dunia. Selain itu jangan lupa juga untuk memastikan kamu sudah memilih zona waktu untuk kota tempat kamu tinggal, seperti Jakarta yang berada pada GMT+7.


Selama jaringan internet kamu bagus dan memori kamu cukup, proses instalasi WhatsApp umumnya akan berlangsung normal dan lancar. Namun jika terjadi kendala, kamu bisa menganalisa penyebab WA tidak bisa diinstal di Android dan mempraktekkan cara mengatasinya di atas. (GimTekno.com)

0 Komentar