Spam Like Tiktok, Ga Bahaya Ta? - GimTekno

Spam Like Tiktok, Ga Bahaya Ta?

Bom Like atau Spam Like Tiktok jadi salah satu masalah yang umum pada aplikasi media sosial tersebut. Mendapatkan Like tentu menyenangkan, namun bila terlalu banyak dalam waktu singkat, rasanya tentu mencurigakan bukan?

Like, comment, dan share sendiri merupakan istilah yang umum pada aplikasi sosial media, termasuk Tiktok. Sayang fitur yang seharusnya dipakai untuk meningkatkan interaksi antar pengguna seringkali disalahgunakan sebagian orang.

Di Tiktok, spam Like jadi salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Makanya sering kita lihat ada larangan untuk jangan spam Like atau bom Like di caption video, kolom komentar, hingga profil Tiktok seseorang.

Nah, buat kamu yang penasaran, simak dulu yuk apa itu spam Like tiktok, penyebab spam Like di Tiktok, dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu spam Like Tiktok dan penyebab serta akibatnya

Apa Itu Spam Like Tiktok?

Istilah spam sebenarnya merupakan singkatan dari Sending and Posting Advertisement in Mass yang lazim di dunia marketing. Namun kini istilah tersebut dipakai juga di banyak bidang lain yang melakukan segala sesuatunya secara massal.

Pada spam Like Tiktok, ini artinya kamu mendapatkan banyak Like dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Hal ini bisa terjadi bila ada salah satu user yang menyukai video kamu, lalu secara massal menyukai semua video lain di akunmu.

Hal ini sebenarnya tidak masalah karena ada banyak user yang memang memiliki konten Tiktok yang menarik. Namun spam Like seringkali dilakukan tanpa melihat isi konten video TikTok.

Ada banyak alasan kenapa orang melakukan hal semacam ini. Salah satu alasan utama adalah untuk menarik perhatian pemilik akun Tiktok. Tidak jarang bahkan ada orang yang me-Like video lalu Unlike secara berulang-ulang agar nama mereka bisa selalu muncul di notifikasi kamu.

Selain alasan tersebut, spam Like juga seringkali dibarengi pesan untuk me-Like balik atau mem-Follow balik akun seseorang. Hati-hati dengan hal semacam ini karena akun kamu bisa saja dianggap melanggar ketentuan Tiktok dan membuatnya berisiko di-banned.

Kenapa Tidak Boleh Spam Like di Tiktok?

Spam Like Tiktok yang berasal dari individu sebenarnya tidak bermasalah. Jadi jika kamu ingin teman atau saudara kamu untuk men-support akun TikTok yang kamu buat, tidak apa-apa bila meminta masing-masing dari mereka untuk me-Like semua video di akun kamu.

Meski begitu perlu diketahui bahwa hal tersebut juga tidak akan serta merta meningkatkan akun Tiktok kamu. 100 Like yang kamu dapat dari satu akun mungkin bobotnya akan berbeda dengan 100 Like yang kamu dapat dari 100 akun berbeda.

Hal yang berbeda patut kamu waspadai dari serangan bom Like Tiktok. Hal ini umumnya dilakukan menggunakan bot yang bisa menghasilkan ribuan Like dalam waktu singkat. Jika kamu mendapatkan hal semacam ini, atau berpikir untuk menggunakan jasa auto Like Tiktok, simak dulu potensi masalah akibat spam Like tiktok di bawah ini.

1. Pembatasan akun

Setiap hal yang mencurigakan tentu akan mendapat perhatian bukan? Sama halnya ketika video Tiktok kalian yang tiba-tiba mendapatkan banyak Like dalam waktu singkat.

Pembatasan akun (shadowbanned) akibat spam like Tiktok
Pembatasan akun akibat spam Like Tiktok.

Tiktok sendiri memiliki algoritma yang nantinya akan memperhitungkan banyak faktor. Jika peningkatan jumlah Like tidak dibarengi dengan statistik penting lainnya, ada kemungkinan Tiktok mencurigai kamu memakai bot dan melakukan manipulasi untuk meningkatkan nilai engagement.

Jika Tiktok menganggap ini sebagai hal yang tidak wajar, ada kemungkinan nantinya kamu mendapatkan pembatasan akun yang pastinya membawa banyak dampak negatif.

2. Dianggap bot

Buat kamu yang sering me-Like video orang secara massal, hati-hati dianggap bot oleh Tiktok. Karena Tiktok tidak bisa membedakan akun asli dan akun bot, maka aktivitas yang mencurigakan bisa jadi pembeda.

Jadi pastikan kamu mengikuti aturan Tiktok dan melakukannya secara wajar, seperti tidak me-Like banyak video dalam waktu singkat atau tidak me-Like semua video milik akun tertentu.

3. Video akan sulit masuk FYP

Satu pertanyaan penting seputar spam Like Tiktok adalah , "apakah spam Like di tiktok bisa tidak fyp?"

Hal ini cukup sulit untuk dipastikan kecuali akun kamu mengalami pembatasan yang membuatnya benar-benar sulit masuk FYP.

FYP sendiri merupakan fitur penting pada Tiktok yang memastikan siapa saja untuk bisa viral meski tidak memiliki follower sekalipun. Untuk menentukan siapa saja yang bisa masuk FYP pun tidak hanya bisa diperhitungkan dari satu poin saja.

Satu hal yang pasti, Tiktok memperhitungkan seberapa lama waktu tonton seseorang untuk menentukan kualitas sebuah konten. Jika video kamu mendapat spam Like tanpa ditonton oleh si pemberi Like, maka konten kamu bisa saja dianggap tidak berkualitas meski jumlah Like-nya banyak. Hal ini tentu membuat konten kamu sulit masuk FYP.

4. Penurunan jumlah view dan komentar

Spam Like tidak dapat secara langsung menurunkan jumlah tayangan dan komentar di video kamu. Namun jika akun kamu dicurigai, ada kemungkinan pembatasan akun yang membuat video kamu mengalami penurunan drastis pada jumlah view, Like, dan komentar.

Makanya wajar kan kenapa orang tidak suka spam Like di Tiktok?

Efek spam Lke Tiktok
Efek spam Lke Tiktok yang berujung pada penurunan view.

5. Pemblokiran akun

Alasan lain kenapa tidak boleh spam Like di Tiktok adalah adanya ancaman pemblokiran akun atau shadowbanned. Jika sudah terjadi, maka akun Tiktok kamu akan menghilang dan akan sulit untuk dipulihkan.

Perlu dicatat bahwa kasus esktrim seperti ini hanya terjadi pada kasus yang memang dianggap manipulasi tingkat berat, seperti mendapatkan/memberikan ribuan Like dalam waktu singkat secara tidak wajar.

Selain itu penyebab lain pemblokiran akun adalah tindakan mutualan me-Like video orang lain dan mengajak mereka untuk melakukan hal yang sama. Jika sudah dilakukan pada tahap spamming (dilakukan setiap hari dalam jumlah masif), kemungkinan besar akun kamu akan dicurigai dan diblokir bila dianggap memanipulasi data Tiktok.

Cara Mengatasi Spam Like di Tiktok

1. Tulis peringatan di caption video

Spam Like seringkali dilakukan secara tidak sengaja oleh followers yang kelewat ngefans dengan akun kamu. Jadi meski maksudnya baik, banyak dari mereka yang tidak menyadari kalau tindakan mereka malah bisa merugikan akun orang lain.

Untuk mengtasi hal ini, satu cara yang banyak dilakukan konten kreator Tiktok adalah dengan menuliskan peringatan untuk tidak melakukan spam Like, baik di judul atau caption video mereka.

2. Blokir akun yang melakukan spam Like

Jika ada akun asing yang melakukan spam Like sampai pada tahap yang mengganggu, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan memblokir akun tersebut. Memblokir akun seseorang akan membuat mereka tidak dapat melihat dan berinteraksi dengan konten yang kamu buat. Dengan begitu mereka tidak bisa lagi melalukan spam Like, bom Like atau hal mengganggu lainnya.

3. Ubah akun Tiktok menjadi akun Privat

Secara default, semua akun Tiktok akan diset untuk Public yang artinya setiap orang bisa melihat konten kamu tanpa perlu menjadi follower. Namun bila kamu mendapat serangan spam Like yang mengganggu, kamu bisa mengubahnya menjadi Private untuk sementara. Dengan begitu hanya follower kamu saja yang bisa melihat konten yang kamu buat.

Untuk mengubah akun Tiktok menjadi Private, kamu bisa melakukan langkah berikut.

  • Login ke akun Tiktok lalu masuk ke menu Profil
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih menu Pengaturan dan Privasi
  • Cek pengaturan Privasi lalu aktifkan pilihan Akun Privat

Perlu dicatat bahwa hal ini akan membatasi tayangan video yang kamu buat. Jadi jangan lupa untuk mengembalikannya ke mode Publik setelah masalah spam Like mereda.

4. Berhenti upload video selama masa pembatasan akun

Akun yang mengalami shadowbanned tidak akan mendapatkan pemberitahuan. Satu-satunya gejala yang dirasakan adalah penurunan drastis pada jumlah view, like dan comment yang kamu dapat. Selain itu video baru kamu pun tidak akan muncul di beranda follower kamu, apalagi di FYP.

Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa berhenti upload selama masa pembatasan akun. Jangka waktu shadowbanned sendiri tidak memiliki ketentuan khusus. Beberapa pengguna mengklaim dibatasi hingga 2 minggu, namun beberapa lainnya bisa lebih dari itu.


Itulah dia penjelasan mengenai apa itu spam Like Tiktok dan beberapa alasan kenapa tidak boleh spam di Tiktok. Tidak cuma merugikan konten kreator, spam Like Tiktok bahkan bisa membuat akun kamu bermasalah. (GimTekno.com)

0 Komentar