25+ Game Buatan Indonesia yang Mendunia - GimTekno

25+ Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia membuat kita tidak sulit untuk mencari game buatan Indonesia yang mendunia. Kebanyakan bisa ditemukan di Steam dan membuatnya bisa dimainkan siapa saja.

Game lokal pun memiliki kualitas yang tidak kalah baik dan mampu bersaing dengan banyak game dari negara lainnya. Buktinya ada beberapa game buatan Indonesia yang bisa mendapatkan penghargaan di ajang gaming internasional.

Nah, buat kamu yang ingin coba memainkannya, berikut adalah beberapa game PC buatan Indonesia yang bisa didownload lewat Steam.

Daftar Game PC Buatan Indonesia

Daftar game buatan Indonesia yang mendunia

Game Year Developer Genre
DreadOut 2014 Digital Happiness Horror
DreadOut 2 2020 Digital Happiness Horror
DreadEye VR 2017 Digital Happiness Horror, VR
DreadHaunt 2023 Digital Happiness Horror
Pamali 2018 StoryTale Horror
Infectonator: Survivor 2016 Toge Productions Zombie, Strategy
Infectonator 3: Apocalypse 2018 Toge Productions Zombie, Strategy
Necronator: Dead Wrong 2020 Toge Productions Tower Defense
Coffee Talk 2020 Toge Productions Visual Novel
Coffee Talk 2 2023 Toge Productions Visual Novel
My Lovely Wife 2022 Toge Productions, GameChanger Studio Visual Novel, Fantasy
My Lovely Daughter 2018 GameChanger Studio Visual Novel
Ascender 2017 GameChanger Studio Platformer, Puzzle
NSFW ~ Not a Simulator For Working 2016 GameChanger Studio Casual
Ultra Space Battle Brawl 2018 Mojiken Action, Sports, Fighting
Banyu Lintar Angin 2017 Mojiken Casual
She and the Light Bearer 2019 Mojiken Point & Click, Adventure
A Space for the Unbound 2023 Mojiken Puzzle
When The Past Was Around 2020 Mojiken Puzzle, Hidden Object
Coral Island 2023 Stairway Games Farming Sim, Life Sim
Rage in Peace 2018 Rolling Glory Jam Action
Hello Goodboy 2023 Rolling Glory Jam Exploration
What Comes After 2020 Rolling Glory Jam, Pikselnesia Casual
Troublemaker 2023 Gamecom Team Action RPG
Babol the Walking Box 2021 Gamecom Team Action, Adventure
A Day Without Me 2020 Gamecom Team Horror, Action
Epic Conquest 2 2020 Gaco Games Action RPG
MagiCat 2017 Kucing Rembes Platformer
An Octave Higher 2015 Kidalang Visual Novel
One Small Fire at a Time 2016 Kidalang Visual Novel
Rising Hell 2021 Tahoe Games Action, Roguelike
Potion Permit 2022 MassHive Media JRPG, Simulation
Azure Saga: Pathfinder 2018 MassHive Media RPG
Kitaria Fables 2021 Twin Hearts Action RPG, Farming Sim
Ghost Parade 2019 Lentera Nusantara Adventure, Platformer
Aquaculture Land: Fish Farming Simulation 2019 Maulidan Games Simulation, Management
Just Deserts 2016 Vifth Floor Casual, Dating Sim
Valthirian Arc: Hero School Story 2018 Agate JRPG, Simulation
Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds 2018 Semisoft JRPG
Celestian Tales: Old North 2015 Ekuator Games JRPG
Nusakana 2015 Studio Namaapa RPG
Anuchard 2022 StellarNull Action RPG
Rendezvous 2023 Pendoopo Creations Action, Adventure
Pulang Insanity - Director's Cut 2020 Ozysoft Horror
Grammarian Ltd 2022 Algorocks, Simpleton Simulation, Education
Loading Story 2021 Potatodog, Clay game Studio, Simpleton Casual
Paw Paw Paw 2020 Simpleton Platformer, Action RPG
Faerie Afterlight 2023 Clay Game Studio Puzzle, Platformer
Oracle of Forgotten Testament 2018 Dragon Emperors JRPG
Cursed Mansion 2023 Dragon Emperors Horror, Puzzle
Knight vs Giant: The Broken Excalibur 2023 Gambir Studio Roguelike, Action

1. DreadOut

Developer: Digital Happiness

Game buatan Indonesia pertama datang dari Digital Happiness yang berlokasi di Bandung. Meski namanya penuh keceriaan, studio ini spesialis pembuat game horor PC lho!

Game horor buatan Indonesia, DreadOut

Salah satu seri paling populer mereka adalah DreadOut yang sudah memiliki satu sekuel dan satu game spin-off. Game ini bahkan memiliki versi VR (Virtual Reality) yang pastinya lebih seram untuk dimainkan. Dengan respon rata-rata yang positif di Steam, DreadOut jadi game yang pas buat kamu yang suka game-game horror ala Indonesia.

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Linda yang terdampar di sebuah desa terbengkalai saat mekukan field trip. Tanpa disangka, lokasi ini ternyata menyimpan sejuta misteri yang menyeramkan. Kamu pun nantinya harus bisa menyibak rahasia gelap mendalam dengan berbekal smartphone dan kamera yang kamu genggam.

2. Pamali

Developer: StoryTale

Masih dari Bandung, kali ini ada Storytale yang muncul lewat Pamali yang sama-sama jadi game buatan Indonesia bertema horror. Di sini kamu akan berperan sebagai Jaka yang kembali ke kampung halamannya untuk menjual rumah warisannya.

Game seram buatan Indonesia, Pamali

Pamali sendiri berbeda dari game horor pada umumnya karena suasana seram didapat dari cerita dan kisah horor yang mengiringi interaksi jaka dengan rumah dan benda-benda di dalamnya. Menariknya, kamu bahkan punya opsi untuk menyuarakan isi hatimu, entah dengan memuji sebuah benda/kejadian atau mengumpat dan menjelek-jelekannya.

Tidak cuma itu, game ini pun memiliki beberapa ending yang bisa didapat sesuai dengan tindakan dan pilihan kamu. Jika kamu mau berhenti bermain di awal, itu bisa jadi pilihanmu. Namun jika kamu ingin mempelajari kisah misterius yang ditawarkan game ini, pastikan kamu menghormati mereka yang tak nampak.

3. Infectonator 3: Apocalypse

Developer: Toge Productions

Toge Productions adalah developer game yang bermarkas di Tangerang, Banten. Bermula dari flash game di tahun 2009, mereka kini jadi salah satu developer game sukses asal Indonesia yang bahkan kini ikut membantu merilis game lokal agar bisa dinikmati secara global.

Game zombie buatan Indonesia, Infectonator 3: Apocalypse

Game pertama, sekaligus game yang membuat mereka populer adalah seri Infectonator dengan Infectonator 3: Apocalypse jadi yang paling baru. Infectonator sendiri merupakan game zombie yang hadir dengan sedikit twist menarik.

Bukannya melawan zombie, di sini kamu justru harus membuat virus zombies dan menginfeksi orang sebanyak-banyaknya. Mirip game Plague Inc, kamu bisa memutasi virus untuk membuatnya lebih berbahaya dan menyebar lebih cepat. Pastikan saja kamu tidak kalah dari manusia yang juga akan berusaha untuk mencari obat bagi virus yang kamu buat.

4. Coffee Talk

Developer: Toge Productions

Game buatan Toge Productions lain yang juga sangat populer adalah Coffee Talk dan sekuelnya, Coffee Talk 2: Hibiscus & Butterfly. Tidak cuma dirilis untuk PC, game ini pun tersedia untuk Nintendo Switch, Playstation 4, dan Xbox One.

Coffee Talk

Coffee Talk sendiri merupakan game visual novel di mana kamu berperan sebagai seorang barista di kota Seattle yang penuh dengan makhluk fantasi seperti vampir, alien, hingga putri duyung. Kamu pun bisa menyimak berbagai kisah dan konflik yang dialami oleh masing-masing karakter unik tersebut.

Sebagai barista, tugas kamu adalah meracik minuman yang dipesan pelanggan. Kamu pun bisa mengakses hp untuk melhat profil pelangganmu, atau mengganti lagu dalam kafemu. Namun hati-hati saat bekerja karena minuman yang kamu buat bisa mempengaruhi interaksi dan cerita dalam game ini.

5. My Lovely Wife

Developer: Toge Productions, GameChanger Studio

My Lovely Wife adalah game yang dikembangkan oleh Toge Productions bersama dengan GameChanger Studio yang sama-sama berdomisili di Tangerang. Mirip Coffe Talk, My Lovely Wife adalah game visual novel yang kali ini mengambil tema tentang cinta dan pengorbanan.

My Lovely Wife

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Jake yang baru saja kehilangan istrinya. Namun kesedihan tidak berlangsung lama karena kamu diberkati dengan kemampuan untuk men-summon Succubus, membuatnya jatuh hati kepadamu, hingga mengorbankannya untuk menghidupkan kembali wanita pujaanmu.

Dengan cerita yang cenderung gelap, My Lovely Wife akan membuat kamu mengambil keputusan sulit untuk memilih tambatan hati kamu selanjutnya. Game ini pun menawarkan dua ending utama dan ending yang berbeda untuk setiap Succubus yang pastinya membuat game ini seru untuk dimainkan berulang-ulang.

6. NSFW ~ Not a Simulator For Working

Developer: GameChanger Studio

Dengan judul yang sedikit berbahaya, NSFW ~ Not a Simulator For Working jadi game lain dari GameChanger Studio yang juga punya rating bagus di Steam. Di game ini kamu akan berperan sebagai pekerja kantoran yang bosan dengan rutinitas dan memilih untuk ber-leha-leha di tempat kerja.

NSFW ~ Not a Simulator For Working

Di game ini, bekerja dengan giat dan mengerjakan semua tugas kamu dengan baik malah akan menghisap jiwamu dan membuatnya game over. Jadi alih-alih bekerja, kamu bisa klik kanan dan melakukan hal lain yang lebih seru seperti menonton film, memainkan mini-games, atau melihat video yang ... yah begitu lah!

Membuka semua mini games dan film pendek jadi salah satu tujuan dari game ini. Namun hati-hati dengan rekan kerja yang selalu curiga dengan gerak-gerik kamu. Game ini pun semakin lama akan semakin menantang bila kamu ingin tetap bisa bersantai di kantor tanpa ketahuan.

7. A Space for the Unbound

Developer: Mojiken

Bicara game buatan Indonesia yang mendunia, A Space for the Unbound adalah salah satunya. Game buatan Mojiken yang berbasis di Surabaya ini berhasil berbagai penghargaan berlevel internasional serta masuk pada banyak nominasi game terbaik di berbagai ajang.

A Space for the Unbound, game buatan Indonesia yang mendunia

Aspek cerita jadi elemen terbaik dari game ini di mana kamu akan mengikuti kisah Atma dan Raya serta kejadian supranatural yang terjadi di akhir masa sekolah SMA mereka. Mereka pun mampu mengkombinasikannya dengan cerita mengenai kecemasan dan depresi yang bahkan dikonsultasikan dengan para ahli untuk mendapatkan representasi yang akurat.

Kisah menarik ini pun dilengkapi dengan desain piksel dan soundtrack menawan yang mampu menggambarkan suasana pedesaan Indonesia di tahun 90-an. Makanya tidak heran jika game ini mendapat respon yang sangat baik di Steam dan berbagai platform lainnya.

8. When the Past Was Around

Developer: Mojiken

Game buatan Mojiken lain yang juga mendapatkan bahkan penghargaan berlevel internasional adalah When the Past was Around. Di game point and click puzzle ini, kamu akan mengikuti kisah gadis bernama Eda yang berusaha untuk lepas dari cengkaraman masa lalu yang membelenggunya.

When the Past Was Around, game buatan Indonesia yang mendapat banyak penghargaan

Show, don't tell adalah narasi yang dipakai game ini dalam mengutarakan kisah mereka. Jadi meski tanpa dialog, game ini mampu menyampaikan pesan mereka dengan sempurna. Kisah yang menyentuh hati ini akan membenamkan kamu dalam karakter Eda beserta rasa sakit, kehilangan, dan marah saat kamu berusaha untuk merebut kembali milikmu yang hilang.

Selain cerita, tampilan visual game ini juga mendapat banyak pujian. Setiap puzzle pun dibuat dengan seksama dan sesuai dengan alur cerita yang ingin disampaikan.

9. Ultra Space Battle Brawl

Developer: Mojiken

Di antara semua game yang pernah dibuat Mojiken, Ultra Space Battle Brawl jadi yang paling unik. Sesuai namanya, Ultra Space Battle Brawl adalah game PC penuh aksi yang seru untuk dimainkan beramai-ramai.

Ultra Space Battle Brawl

Gameplaynya sendiri mirip gabungan antara Pong dan Brick Breaker di mana kamu harus mengarahkan bola untuk menghancurkan kristal lawan. Bedanya, kamu akan memakai karakter yang dapat bergerak ke segala arah. Karakter kamu pun akan memiliki stat dan serangan spesial yang membuat permainan jadi makin seru.

Hadir dengan konsep visual ala Jejepangan dari era 80-an, game ini kental dengan nuansa Indonesia lho! Mulai dari nama karakter seperti Budi, nama jurus, hingga soundtrack yang memadukan dangdut koplo dengan music synthwave.

10. Coral Island

Developer: Stairway Games

Meski tergolong baru, Stairway Games - Developer asal Jogja, langsung menggebrak dunia game internasional melalui Coral Island. Dengan tampilan visual dan gameplay yang menarik, tidak sulit melihat game ini sukses di Steam.

Coral Island

Coral Island sendiri bisa dibilang sebagai game mirip Harvest Moon yang fokus sebagai simulator pertanian. Selain itu kamu juga bisa melakukan banyak hal lain seperti beternak, memancing, menyelam, mining, berinteraksi dengan lebih dari 70 NPC, hingga menikahi salah satunya dan memiliki keturunan.

Dibanding game lain yang sejenis, game buatan Indonesia ini punya kualitas yang tidak kalah bagus. Tidak cuma karakter 3D-nya yang keren, tapi juga beragamnya karakter yang ada di pulau Coral. Lokasi yang luas dan banyaknya hal yang bisa kamu lakukan pun bisa membuat kamu larut dalam game ini berjam-jam.

11. Rage in Peace

Developer: Rolling Glory Jam

Rage in Peace adalah game side scrolling yang dibuat oleh Rolling Glory Jam yang berbasis di Bandung. Di game ini, kamu akan berperan sebagai Timmy yang disambangi oleh grim reaper dan diberi kabar akan kematiannya pada hari itu. Meski begitu Timmy diberi kesempatan terakhir untuk memenuhi impiannya.

Rage in Peace

Game ini sendiri mengharuskan kamu untuk menghindari semua jebakan dan rintangan yang bisa secara tiba-tiba muncul saat Timmy pulang ke rumah. Makanya kamu harus menghapal setiap letak jebakan untuk bisa berhasil maju ke level selanjutnya.

Di luar gameplay yang menyulitkan tersebut, tersimpan pesan moral mengenai kehidupan, kematian, dan bagaimana cara agar kamu bisa menerima semuanya. Hal ini pun membuatnya unik dibandingkan game platformer lainnya yang lebih fokus pada aksi saja.

12. What Comes After

Developer: Rollong Glory Jam, Pikselnesia

What Comes After dikembangkan oleh Studio Rolling Glory Jam yang bekerja sama dengan Pikselnesia yang didirikan oleh pembuat game Coffee Talk. Mirip dengan game tersebut, What Comes After adalah game yang fokus pada pengalaman bercerita alih-alih gameplay penuh aksi dan tantangan mekanins lainnya.

What Comes After

Dalam What Comes After, pemain mengendalikan seorang gadis muda bernama Vivi yang menemukan dirinya di kereta bawah tanah setelah kematian. Pemain akan berinteraksi dengan para penumpang kereta dan mendengarkan cerita-cerita mereka tentang kehidupan dan kematian. Setiap dialog memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam tentang makna hidup.

Degan cara main yang simpel, What Comes After akan mengajarkan kita untuk lebih mencintai diri sendiri. Grafisnya yang sederhana namun indah dan musik yang atmosferik turut mendukung suasana permainan. Sebagai game indie asal Indonesia, What Comes After menunjukkan bahwa pengembang-pengembang lokal dapat menghadirkan pengalaman bermain yang menarik dan penuh makna.

13. Troublemaker

Developer: Gamecom Team

Troublemaker adalah game buatan Gamecom Team asal Jakarta, Indonesia. Game ini menghadirkan pengalaman gaming unik dengan mencampurkan elemen-elemen aksi, pertarungan, dan kehidupan sekolah.

Troublemaker, game berantem PC buatan Indonesia

Cerita game ini mengikuti perjalanan seorang siswa baru bernama Budi yang pindah ke sekolah baru. Plotnya sendiri mengingatkan kita pada film Crows, di mana Budi harus mengikuti turnamen tahunan di sekolah untuk membuktikan siapa yang pantas menjadi jawara. Dengan sistem pertarungan ala game beat em'-up dan berbagai kombonya yang memukau, kamu bisa melakukan pertarungan sengit yang penuh aksi dinamis dan seru.

Tapi tidak melulu berantem, kamu juga akan merasakan kehidupan sehari-hari Budi sebagai seorang pelajar. Mulai dari memperbaiki nilai-nilainya, bergaul dengan teman-teman di geng Parakacuk, hingga mengarungi kisah cinta SMA yang penuh liku-liku.

14. Epic Conquest 2

Developer: Gaco Games

Game PC buatan Indonesia berikutnya adalah Epic Conquest 2 yang juga dirilis untuk Android. Menyusul kesuksesan game pertamanya, Epic Conquest 2 hadir dengan peningkatan kualitas grafis serta konten yang lebih melimpah.

Epic Conquest 2

Gameplay Epic Conquest 2 mengingatkan kita pada action RPG klasik seperti Ragnarok. Di game ini kita bisa mengeksplorasi dunia yang penuh dengan harta karun dan item tersembunyi. Kamu pun bisa mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat beragam perlengkapan yang bisa meningkatkan stat karakter kamu.

Di awal, game ini akan terlihat sederhana. Namun seiring perjalanan, game ini akan membuka banyak fitur baru yang membuatnya makin asik. Sayang versi PC-nya tampak terabaikan. Jika kamu ingin merasakan serunya game ini, kamu bisa mencoba versi Android-nya yang terus mendapatkan update rutin.

15. An Octave Higher

Developer: Kidalang

An Octave Higher adalah game Indonesia buatan Kidalang, developer game asal Bandung. Berlatar belakang kota Overture yang penuh magis, penemuan sebuah piano rusak oleh seorang pekerja akan membuatnya melalui petualangan yang penuh dengan misteri, tragedi, ketegangan, hingga komedi.

An Octave Higher

Narasi jadi kelebihan game ini di mana kamu bisa menyimak cerita dari sudut pandang tiga karakter utama mereka. Hal ini pun dilengkapi dengan latar bekalang kota Overture bergaya steampunk yang digambarkan dengan baik. Game ini pun mendapatkan penghargaan Indie Prize for Best Game Narrative pada ajang Casual Connect Asia 2015 untuk usahanya tersebut.

Sama seperti game visual novel pada umumnya, An Octave Higher akan lebih cocok untuk kamu yang lebih tertarik dengan aspek cerita dalam sebuah game. Pastikan kamu memilih keputusan yang tepat karena hal ini akan berpengaruh besar pada ending yang kamu dapat. Dan jika kamu jeli, ada beberapa easter egg yang membuat game ini makin menarik.

16. Rising Hell

Developer: Tahoe Games

Rising Hell adalah game buatan Tahoe Games asal Kediri yang saat ini sudah diakuisisi oleh Toge Productions. Di game ini, kamu akan berperan sebagai Arok yang berusaha naik ke dunia berbekal kekuatan untuk melawan iblis setelah dijebloskan ke dalam neraka.

Rising Hell

Gameplay jadi kekuatan utama game ini. Dengan kontrol yang mudah, kamu hanya perlu lompat, menghindar, dan mengalahkan lawan saja. Permadeath pun jadi fitur andalan game ini di mana kamu harus mengulang dari awal saat karakter kamu dikalahkan. Meski sederhana, hal ini sangat menyenangkan dan bikin nagih!

Agar game tidak membosankan, game ini hadir dengan berbagai mode dan karakter baru yang isa kamu buka. Kamu pun bisa mengupgrade masing-masing karakter agar kamu bisa melangkah lebih jauh ke dalam game ini.

17. Escape from Naraka

Developer: XeloGames

Escape from Naraka jadi game buatan Indonesia lain yang juga punya konsep serupa. Berhubung game ini dibuat oleh developer asal Bali, ada banyak sisipan kisah legenda dan mitologi dari Bali yang bisa kamu temukan dalam game ini.

Escape from Naraka

Escape from Naraka sendiri merupakan game platformer 3D yang dibuat untuk speedrunner. Poin tertinggi bisa kamu dapat dengan menamatkan sebuah stage secepat mungkin sambil mengumpulkan artefak dan kristal, serta terhindar dari serangan musuh sepanjang perjalanan.

Escape from Naraka mampu menggambarkan dunia bawah tanah khas Bali dengan sangat baik, lengkap dengan soundtracknya yang mencekam. Setiap level pun dirancang dengan baik dan semakin sulit dari stage sebelumnya. Meski sulit, game ini akan terasa memuaskan saat berhasil kamu taklukan.

18. Potion Permit

Developer: MassHive Media

MassHive Media asal Bandung jadi pengembang yang berada di balik game Potion Permit. Di game ini, kamu akan berperan sebagai seorang chemist yang dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit di kota Moonbury.

Potion Permit

Gameplaynya sendiri mirip dengan Harvest Moon atau Stardew Valley. Meski begitu game ini lebih fokus pada mengumpulkan bahan/material dibanding bertani. Bahan-bahan tersebut nantinya bisa kamu racik menjadi obat yang dibutuhkan NPC, atau dimasak untuk diberikan sebagai hadiah bagi mereka.

Dilengkapi dengan grafik piksel yang menawan, game ini juga memberi tantangan saat kamu haru melawan musuh untuk mendapatkan material baru. Semakin tinggi level kamu, semakin banyak pula area, material, dan resep yang bisa kamu buka. Selain itu, kamu pun bisa melakukan hal lain seperti memancing, membangun kota dan berinteraksi dengan para NPC.

19. Kitaria Fables

Developer: Twin Hearts

Masih dengan konsep serupa, Kitaria Fables juga jadi game buatan Indonesia lain yang bahkan telah mendapat banyak penghargaan. Gameplaynya sendiri mirip dengan game Rune Factory, namun lebih fokus pada aspek pertarungannya alih-alih farming-nya.

Kitaria Fables

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Nyanza Von Whiskers yang dikirim ke Paw Village untuk menjaga keselamatan warga desa dari para monster. Dengna grafik 3D yang berwarna-warni, kamu pun bebas bereksplorasi dan berinteraksi dengan semua makhluk yang ada di game ini.

Satu hal menarik dari game asal Jogja ini adalah mode local co-op yang memungkinkan kamu bermain dua orang memakai mode split screen. Hal ini pun jadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari game co-op untuk bermain berdua bersama anak, apalagi ada banyak hal yang bisa dilakukan dan pertempurannya pun terbilang mudah.

20. Ghost Parade

Developer: Lentera Nusantara

Game buatan Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Ghost Parade yang hadir di Steam, PS4, dan Nintendo Switch. Di game ini kamu akan berperan sebagai suri yang tersesat di hutan misterius berhantu dalam perjalanannya sepualng sekolah.

Ghost Parade

Gameplaynya sendiri merupakan kombinasi antara game platformer dan metroidvania. Untuk membantu kamu mengalahkan semua musuh, kamu dibekali dengan kemampuan untuk membuat ramuan dan menggunakan spirit untuk mengeluarkan kombo maut.

Beda dari game lain yang sejenis, Ghost Parade hadir dengan berbagai kearifan lokal dan hantu-hantu khas Indonesia. Game ini bahkan dilengkapi dengan jurnal yang akan terupdate dengan info seputar hantu yang sudah kamu temui dalam game ini. Tapi jangat takut, karena hantu di sini dibuat imut dan lucu kok!

21. Paw Paw Paw

Developer: Simpleton

Game buaan Indonesia selanjutnya datang dari developer game Simpleton yang berasal dari Malang. Game ini punya cerita menarik di mana kamu jadi grup hewan yang menolak perintah raja untuk mulai memakai celana, kocak!

Paw Paw Paw

Gameplaynya sendiri berupa sidescroll beat 'em up' di mana kamu bisa memilih berbagai karakter hewan lucu yang masing-masing memiliki kemampuan, stat, kombo, dan senjata andalannya sendiri. Game ini pun asik dimainkan beramai-ramai dengan musuh yang datang tanpa henti dari kanan dan kiri layar.

Selain melalui 30 level permainan dalam mode cerita, kamu juga bisa memilih mode VS untuk bertanding 1v1 secara lokal. Kamu pun bisa mengikuti mode Survival untuk bertahan selama mungkin dari serbuan musuh. Pastikan kamu sudah membuka banyak kombo dan senjata agar kamu bisa bertahan lebih lama.

22. Faerie Afterlight

Developer: Clay Game Studio

Masih dari Malang, kali ini ada Faerie Afterlight yang jadi game keluaran terbaru dari Clay Game Studio. Di game ini kamu akan mengikuti kisah Kimo dan Wispy dalam usaha mereka untuk mengembalikan Shard of Light yang berceceran.

Faerie Afterlight

Kimo dan Wispy sendiri nantinya akan kamu kontrol secara berbarengan. Keduanya memilki satu set kemampuan khusus yang harus kamu manfaatkan untuk menelusuri setiap tempat, menyelesaikan puzzle, hingga melawan musuh.

Tidak cuma itu, Kimo dan Wispy pun memiliki cara unik untuk meningkatkan kekuatan mereka dengan mengambil kekuatan dari raksasa yang kuat. Selain itu ada pula beberapa musuh yang bisa dijadikan teman yang nantinya bisa membantu kamu menamatkan setiap level di game ini.

23. Burst Fighter

Developer: Magesoft

Buat kamu yang senang dengan game shoot 'em up' mirip Ikaruga atau Raiden, Indonesia juga punya game yang tak kalah seru bernama Burst Fighter buatan Magesoft asal Malang.

Burst Fighter

Sama seperti dua game klasik di atas, Burst Fighter juga memungkinkan kamu untuk mengontrol pesawat dengan senjata di luar nurul! Kamu bahkan bisa menambahkan senjata melee seperti pedang untuk menghancurkan lawan dalam jarak dekat lho!

Namun sedikit perbedaan, kamu juga bisa memodifikasi pesawat tempur kamu, mulai dari bodinya, senjatanya, warnanya, dan masih banyak lagi. Kalau pesawat kamu sudah OP, game ini punya Expert Mode yang siap menantang kamu dengan lawan yang jauh lebih sulit.

24. Cursed Mansion

Developer: Dragon Emperors

Menariknya tema horor seakan jadi inspirasi bagi banyak developer game, termasuk Dragon Emperors asal Jakarta yang hadir lewat game Cursed Mansion yang baru rilis pertengahan tahun 2023 kemarin.

Cursed Mansion

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Rose yang terkunci dalam sebuah rumah megah kosong setelah ia terjebak badai misterius di tengah hutan. Kamu pun harus mencari cara untuk keluar dengan menelusuri setiap jengkal rumah tersebut sambil menyimak kisah horor di baliknya.

Dengan gameplay mirip game escape room, kamu harus bisa menyatukan setiap petunjuk yang ada. Beberapa event pun bisa terbuka melalui beberapa pemicu berbeda yang harus kamu waspadai. Dengan ending yang beragam, kamu bisa mendapatkan kisah yang berbeda untuk setiap keputusan yang kamu ambil.

25. Knight vs Giant: The Broken Excalibur

Developer: Gambir Studio

Knight vs Giant: The Broken Excalibur adalah game roguelike buatan Gambir Studio yang mengambil cerita yang terinspirasi dari kisah King Arthur, Merlin, dan Excalibur-nya yang terkenal. Meski begitu kisah ini terjadi di dunia fantasi yang penuh dengan monster besar dan sihir-sihir berkekuatan besar.

Knight vs Giant: The Broken Excalibur

Sebagai seorang ksatria, kamu harus bisa mengalahkan setiap monster yang menyerang kastilmu. Kamu pun bisa memperkuat karakter kamu dengan senjata dan lebih dari 100 kemampuan aktif dan pasif. Tidak ketinggalan, kamu pun bisa meningkatkan level kerajaanmu dan memanggil bakat-bakat terhebat ke dalamnya.

Satu hal menarik, game ini punya minimum requirement yang tergolong sangat rendah, cukup dengan prosesor Celeron dan 512MB RAM saja. Makanya game ini cocok jadi rekomendasi game ringan untuk pc atau laptop lama kamu.


Itulah dia beberapa game buatan Indonesia yang mendunia dan banyak diakui di dunia internasional. Dengan semakin pesatnya perkembangan di dunia gaming, mudah-mudahan akan semakin banyak developer game lokal yang ikut menyumbang karya-karya terbaik mereka. (GimTekno.com)

0 Komentar