16 Game Mirip Harvest Moon Terbaik di Semua Perangkat - GimTekno

16 Game Mirip Harvest Moon Terbaik di Semua Perangkat

Popularitas Harvest Moon telah menjadi inspirasi bagi banyak game lain setelahnya. Gameplay-nya yang unik membuat banyak game mirip Harvest Moon bermunculan, lengkap dengan elemen yang membuat franchise tersebut populer.

Baik itu aspek pertanian, peternakan, kehidupan sosial, atau elemen romansa-nya, game seperti Harvest Moon tidaklah sulit untuk ditemukan. Masing-masing bahkan menambahkan elemen kejutannya sendiri yang tetap membuatnya berbeda dari game Harvest Moon pada umumnya.

Nah, buat kamu yang menyukai permainan semacam ini, berikut adalah beberapa rekomendasi game mirip Harvest Moon terbaik yang bisa kamu mainkan.

Game Mirip Harvest Moon

1. Story of Seasons

Buat yang sempat vakum main game Harvest Moon, nama Story of Seasons mungkin akan sedikit membingungkan karena keduanya punya gameplay, bahkan tampilan yang benar-benar mirip.

Story of Seasons

Agar lebih jelas, Story of Seasons memang rebranding dari nama Harvest Moon setelah Marvelous tidak lagi menggunakan Natsume sebagai publisher mereka.

Story of Seasons sendiri memiliki banyak judul yang solid dan layak jadi game Harvest Moon terbaik sepanjang masa. Mereka pun banyak membuat ulang seri Harvest Moon lama dengan tampilan yang lebih modern untuk konsol gaming terbaru. Jadi buat kamu yang ingin bernostalgia dengan game Harvest Moon lama, kamu bisa mencoba judul yang sama di Story of Seasons terlebih dahulu!

2. Rune Factory

Rune Factory adalah game yang sama-sama dibuat oleh Marvelous. Game ini bahkan awalnya jadi spin-off bagi seri Story of Seasons sebelum akhirnya dibuat menjadi seri mereka sendiri.

Rune Factory 5

Mirip game Harvest Moon, aspek farming dan simulasi sosial juga bisa ditemukan di game ini. Jadi selain menanam, kamu juga bisa berinteraksi dengan NPC, memberikan mereka hadiah, hingga menikahi salah satu dari mereka. Sistem stamina pun juga dipertahankan, meski di game ini disebut dengan RP (Rune Point).

Perbedaan terbesar Rune Factory adalah latar belakangnya yang berada di dunia fantasi. Selain itu game ini juga memiliki sistem pertempuran melawan monster lucu yang nantinya bisa kamu tangkap. Monster ini pun menggantikan peran hewan di Harvest Moon dan dapat membantu kamu memproduksi bahan mentah, mengurus pertanian, hingga melawan monster lainnya.

3. Stardew Valley

Mencari game mirip Harvest Moon rasanya belum lengkap tanpa menyebut nama Stardew Valley. Apalagi pembuat game ini memang mengklaim Harvest Moon sebagai inspirasi terbesar dalam membuat game tersebut.

Stardew Valley

Sama seperti Harvest Moon, di sini kamu juga ditugaskan untuk mengurus pertanian dan peternakan, sambil berinteraksi dengan penduduk lain, serta menikahi mereka. Tampilan pikselnya pun akan mengingatkan kita pada game Harvest Moon zaman dulu yang pas untuk kamu yang ingin bernostalgia.

Meski begitu Stardew Valley hadir dengan fitur yang lebih kompleks namun tetap memiliki gameplay yang mudah. Inovasi baru seperti kustomisasi lahan pertanian dan sistem pertempuran saat mining pun membuatnya unik meski sebagian besar gameplay-nya mirip Harvest Moon.

4. Verdant Skies

Game lain yang juga terinspirasi dari Harvest Moon adalah Verdant Skies. Secara umum, tugas yang kamu lakukan mirip Harvest Moon, mulai dari bercocok tanam, membangun kota, hingga mencari pasangan. Namun kali ini kamu melakukannya dengan latar belakang planet bernama Viridis Primus.

Verdant Skies

Hal yang menarik dari game ini adalah alur permainannya. Saat memulai, kamu hanya ditugaskan untuk mengurus lahan kecil saja. Namun seiring berjalannya permainan, kamu akan diminta untuk berinteraksi dengan banyak hal lainnya. Secara perlahan kamu pun akan membuka area baru, lengkap dengan NPC baru dan material yang kamu butuhkan untuk membangun kolonimu.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah aspek farming-nya. Biji yang akan kamu gunakan untuk bertani bisa kamu modifikasi menggunakan modifikasi gen. Jadi meski kamu hanya memiliki opsi yang terbatas di awal, nantinya kamu bisa menanam beragam jenis tanaman sesuai hasil modifikasi kamu.

5. My Time at Portia

My Time at Portia adalah game yang menyajikan kombinasi yang menarik antara pertanian, crafting, dan hubungan sosial dalam dunia yang penuh warna dan menarik. Bagi para penggemar seri Harvest Moon, permainan ini dapat memberikan pengalaman yang akrab dengan sentuhan tambahan yang unik.

My Time at Portia

Mirip dengan seri Harvest Moon, game ini menekankan interaksi sosial. Pemain dapat membangun hubungan dengan warga Portia, mengikuti cerita mereka, dan bahkan membentuk ikatan pernikahan dengan karakter yang mereka sukai.

Satu hal yang menarik, menikah bisa memberikan kamu keuntungan tambahan tergantung karakter yang kamu nikahi. Meski kebanyakan memberi hadiah tertentu, ada juga karakter yang dapat membantu kamu dalam mengurus lahan dan crafting, dan beberapa karakter yang memberikan diskon tertentu. Selain itu kamu pun bisa membuat item tertentu, atau menggunakan furniture khusus pasangan yang bisa memberikan kamu stat bonus.

6. My Time at Sandrock

Jika kamu menyukai My Time at Portia, maka kamu juga harus mencoba My Time at Sandrock yang juga dibuat oleh developer yang sama. Mirip dengan Harvest Moon, kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari bertani, mengikuti event, hingga berinteraksi dengan NPC. Bedanya seri My Time ini juga mengkombinasikannya dengan pertempuran dan eksplorasi di dunia yang lebih luas.

My Time at Sandrock

Dibandingkan game sebelumnya, My Time at Sandrock menawarkan game yang lebih berbobot dengan perbaikan pada mekanisme sebelumnya, serta tampilan grafis yang lebih terpoles rapih. Namun beda dengan My Time at Portia yang lebih fokus pada crafing dan membangun kota, My Time at Sandrock memiliki aspek cerita yang lebih mendalam.

Serupa dengan Harvest Moon, kamu pun bisa menikah dan memiliki anak di game ini. Namun mekanisme-nya dibuat lebih kompleks karena di sini pasangan kamu juga bisa merasa cemburu lho! Jadi meski kamu memacari NPC, jangan coba-coba memainkan hatinya yah!

7. Harvest Town

Buat kamu yang sedang mencari game mirip Harvest Moon di Android dan iOS, Harvest Town adalah salah satu game farm terbaik yang bisa kamu mainkan. Kamu pun bisa download gratis game ini melalui Play Store atau App Store.

Harvest Town

Di game ini kamu bisa menemukan semua elemen yang membuat Harvest Moon digemari, mulai dari bercocok tanam sesuai musim, mengurus hewan ternak, eksplorasi kota, serta cerita menarik yang melibatkan banyak NPC. Tidak ketinggalan, kamu pun bisa menikahi gadis pujaanmu di game ini.

Di luar itu, game ini pun menambahkan banyak aspek lain yang membuatnya tidak kalah menarik dibanding Harvest Moon, seperti mengeksplorasi tempat misterius dan menyibak misteri di baliknya. Kamu pun bisa berinteraksi dengan pemain lain, entah untuk jual-beli item atau mengikuti lomba balap seru.

8. Sun Haven

Dengan tampilan pikselnya, game ini mungkin lebih mirip Stardew Valley yang sama-sama mengkombinasikan aspek farming dan life sim ala Harvest Moon dengan petualangan dan pertempuran.

Sun Haven

Dengan latar belakang dunia fantasi, di sini kamu juga bisa bercocok tanam dan beternak layaknya di Harvest Moon. Kamu pun bisa melakukan banyak hal lain, mulai dari mendekorasi rumah, crafting, memasak, membuat perhiasan, hingga menjadi pandai besi. Interaksi dengan NPC dan memilih salah satunya untuk menjadi pasanganmu juga tidak ketinggalan di game ini.

Namun mirip dengan Stardew Valley, kamu pun bisa berpetualang dan melawan monster menggunakan berbagai senjata untuk membuka pintu ke tempat mining yang lebih dalam. Selain itu kamu pun bisa meningkatkan skill kamu, baik fishing, crafing, mining, farming atau exploration, dengan cara sering melakukannya.

9. Blue Oak bridge

Blue Oak Bridge memiliki semua hal yang pastinya bisa membuat fans Harvest Moon senang. Selain bertani, memancing, dan merawat hewan ternak, game ini juga menambahkan banyak hal lainnya yang membuatnya unik.

Blue Oak Bridge

Buat kamu yang ingin santai, menikmati kehidupan di pedesaan dan melakukan beragam aktivitas jadi hal yang menenangkan. Kamu pun bisa mengadopsi hewan yang bisa jadi teman setiamu. Dan jika kau tertarik dengan salah satu NPC, kamu bisa mendekatinya dan mungkin menikahinya suatu saat nanti.

Satu hal menarik, di game ini kamu bisa membuka kafe dan menjual lebih dari 60 resep dengan bahan-bahan dari ladang kamu sendiri. Kamu pun bisa belajar membuat berbagai ramuan untuk beragam keperluan, mulai dari teleportasi hingga mengubah cuaca.

Buat kamu yang senang dengan petualangan, Blue Oak Bridge juga menyimpan misteri yang menarik untuk dikuak. Pastikan kamu menyiapkan senjatamu karena ini akan melibatkan sihir terlarang dan rahasia kuno!

10. Pumpkin Days

Pumpkin Days adalah game mirip Harvest Moon yang bisa dibilang sedikit nyeleneh. Misalnya saja di sini kamu bisa melakukan poligami dan memiliki beberapa istri sekaligus. Kamu pun bisa memiliki hingga delapan anak di game ini. Kamu bahkan bisa memilih untuk berada di pihak yang sama dengan perusahaan yang ingin membangun pabrik di kota yang kamu tempati.

Pumpkin Days

Di luar itu, Pumpkin Days termasuk game pertanian yang cukup masif. Di awal permainan, kamu bisa memilih salah satu dari tiga kota yang ada. Masing-masing memiliki lebih dari 30 karakter berbeda dengan beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan, mulai dari memancing 100 jenis ikan berbeda, atau memasak salah satu makanan dari 600 resep yang ada.

Satu hal menarik, game ini menawarkan kamu empat tingkat kesulitan. Jadi game ini akan cocok untuk siapa saja, baik kamu yang ingin main dengan santau atau dalam mode paling kompetitif sekalipun.

11. Moonstone Island

Moonstone Island adalah game yang kamu dapat bila menggabungan Harvest Moon dengan Stardew Valley dan Pokemon. Meski di sini kamu bisa farming, berinteraksi dengan para NPC dan jatuh cinta, unsur petualangannya lebih terasa dibandingkan game pertanian pada umumnya.

Moonstone Island

Beda dengan Harvest Moon, bertani di sini lebih condong diperlukan untuk menumbuhkan tanaman yang diperlukan potion tertentu. Meski kamu juga bisa menjualnya, bertani cenderung bisa di-skip bila kamu ingin fokus pada kegiatan lainnya.

Di game ini, kamu juga akan diminta untuk menjelajahi seratus pulau berbeda demi menyelesaikan latihan alchemy. Dalam perjalanannya, kamu akan menemukan banyak misteri, serta sekumpulan makhluk unik yang bisa kamu taklukan. Makhluk ini pun nantinya bisa kamu gunakan untuk membantu dalam petualanganmu.

12. World's Dawn

World's Dawn adalah alternatif Harvest Moon terbaik buat kamu yang ingin game yang mirip dengan seri tersebut, namun lebih menyukai aspek kehidupan sosialnya. Game ini juga cocok untuk kamu yang ingin gameplay yang lebih santai tanpa perlu kerepotan mengurus lahan berukuran besar.

World's Dawn

Jika dibandingkan, aspek bertani dan beternak di game ini lebih mirip dengan game Harvest Moon awal yang lebih simpel, namun dengan luas lahan yang lebih terbatas, serta pilihan benih yang lebih sedikit per musimnya. Di luar itu, kamu pun sama-sama bisa memancing, foraging, memasak, mengikuti fetival, atau mendekorasi rumahmu.

Cerita menjadi kelebihan utama game ini dibanding game Harvest Moon. Dengan 32 karakter berbeda, kamu bisa mendapatkan bahan pembicaraan tergantung level persahabatanmu. Kamu pun bisa saling mengenal dan mempelajari lebih mendalam mengenai sejarah dan budaya kota Sugar Blossom yang kamu tinggali.

13. Wylde Flowers

Wylde Flowers adalah game mirip Harvest Moon yang hadir dengan sedikit twist yang unik. Jadi bila di siang hari kamu sama seperti petani biasa, di malam hari kamu justru menjadi sesuatu yang berbeda.

Wylde Flowers

Sama seperti Harvest Moon, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di ladang. Mulai dari merawat hewan ternak, panen, memberi makan ikan, crafting, atau mengenal penduduk lain di kota.

Di malam hari, kamu bisa melakukan banyak hal yang sangat berbeda, mulai dari meracik ramuan, mengontrol cuaca, mengendarai sapu terbang, atau berubah bentuk menjadi kucing untuk menyelidiki sekte sihir misterius.

14. Kynseed

Kynseed adalah game mirip Harvest Mon lain yang juga lebih fokus pada elemen petualangannya. Tidak melulu harus terpaku di ladang, kamu bisa mengeksplorasi Quill sambil mempelajari rahasianya dan bertemu dengan karakter di dunia tersebut.

Kynseed

Kynseed sendiri merujuk pada benih pohon ajaib yang memungkinkan kamu untuk melihat hidup karakter kamu dan para NPC hingga menjelang ajalnya. Tapi jangan khawatir karena ketika karakter kamu mati, kamu bisa memainkan karakter sang anak lengkap dengan skill dan kekuatan yang sudah kamu dapat sebelumnya.

Di antara karakter yang ada, hanya Master saja yang sudah mendapatkan berkat untuk memiliki hidup panjang. Meski karakter ini tidak bisa kamu nikahi, mereka mampu menjadi guru yang dapat memberikan kamu kemampuan baru yang berguna dalam petualanganmu.

15. Fae Farm

Fae Farm adalah game alternatif Harvest Moon yang berlatar belakang dunia fantasi. Sesuai namanya, di game ini kamu bisa mengurus ladang yang kamu miliki di dunia fantasi bernama Azoria, sambil belajar untuk menggunakan sihir di situasi apapun.

Fae Farm

Tampilan grafis 3D yang bagus dan karakter yang digambarkan dengan lucu membuat Fae Farm layak dicoba penggemar Harvest Moon, apalagi gameplay-nya tergolong santai meski sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Selagi mengurus lahan pertanian, kamu pun bisa bertemu dengan karakter unik di kota ini dan menjalin persahabatan erat dengan mereka. Kamu bahkan bisa menemukan soulmate kamu dan mengajaknya kencan, atau bahkan menikah di Town Hall.

16. Coral Island

Terakhir ada Coral Island, game mirip Harvest Moon yang dibuat oleh Stairway Games asal Indonesia. Baru dirilis November 2023, game ini tidak kalah dengan game lain di daftar ini. Tampilan grafik yang sangat baik dan cerita menarik di dalamnya membuat game ini sudah mendapatkan ribuan review positif hanya dalam beberapa minggu saja.

Coral Island

Gameplay game buatan Indonesia ini sendiri mirip dengan game pertanian pada umumnya, namun dengan lebih banyak karakter dan latar belakang pulau tropis khas Asia Tenggara. Tidak ketinggalan, ada beberapa elemen lokal seperti karakter bernama Semeru hingga resep makanan nasi goreng yang pastinya familiar.

Sama seperti Harvest Moon, kamu bisa membangun lahan pertanian impianmu sambil membantu mengembalikan keindahan pulau dan berinteraksi dengan penduduk di sekitarnya. Satu aktivitas tambahan yang bisa kamu dapat adalah menyelam untuk mencari batu berharga serta memulihkan terumbu karang.

Dengan karakter yang bisa dikustomisasi, Coral Island juga memiliki lebih dari 70 NPC yang masing-masing punya cerita yang berbeda. Tidak cuma manusia, kamu pun bisa berteman dengan karakter putri duyung yang tinggal di dalam laut. Sang mermaid bahkan jadi salah satu dari 25 calon pasangan yang bisa coba kamu taklukan.


Itulah dia beberapa rekomendasi game mirip Harvest Moon terbaik yang harus kamu coba. Aspek unik dari game Harvest Moon seperti farming, life sim, serta pernikahan bisa kamu temukan di semua game di atas. Bagi para fans, game-game tersebut bisa menjadi alternatif Harvest Moon yang serupa namun tetap memiliki keunikan mereka masing-masing. (GimTekno.com)

0 Komentar