8 Ciri-Ciri LCD HP Rusak, Bukan Cuma Layar Retak Saja! - GimTekno

8 Ciri-Ciri LCD HP Rusak, Bukan Cuma Layar Retak Saja!

Mengetahui ciri-ciri LCD hp rusak bisa jadi pertimbangan sebelum kamu membawa hp ke service center terdekat. Tandanya sendiri sebenarnya cukup jelas, mulai dari layar yang rusak fisiknya, atau ketika layar menunjukan gejala yang tidak normal.

Kerusakan pada LCD sendiri bisa terjadi karena banyak hal, seperti terjatuh, terkena benturan keras, sering kepanasan, hingga terkena air. Selain itu usia hp yang sudah lawas juga bisa membuat beberapa komponen aus dan harus diganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Nah, buat kamu yang punya masalah ini, beirkut adalah beberapa ciri-ciri LCD HP rusak yang bisa kamu kenali, kalau bisa malah diatasi sendiri.

Tanda LCD HP Rusak

1. Kerusakan pada layar

Layar HP pecah atau retak, bisa menjadi salah satu ciri-ciri LCD HP rusak yang paling mudah dikenali. Pecahnya layar bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti terjatuh, terkena tekanan berlebih, atau benturan fisik lainnya.

Kerusakan klayar jadi ciri-ciri LCD HP rusak yang paling mudah dikenali

Retakan pada layar dapat mengganggu pengalaman pengguna dalam menggunakan perangkat, karena dapat mengganggu tampilan visual, membuatnya sulit untuk membaca atau berinteraksi dengan konten yang ditampilkan.

Selain itu, retakan juga bisa menjadi masalah keamanan, karena dapat memungkinkan debu, kotoran, atau bahkan air untuk masuk dan merusak komponen dalam perangkat.

Kerusakan pada layar seperti ini akan cukup sulit dilakukan oleh orang awam tanpa pengetahuan dan alat yang cukup. Jadi bila amu mengalami kerusakan fisik seperti ini, akan lebih baik melakukannya melalui tempat servis hp saja.

2. Warna layar hp yang berubah

Perubahan warna atau tingkat kecerahan layar yang tidak normal dapat menjadi ciri-ciri LCD HP rusak yang mengindikasikan masalah dengan panel LCD atau komponen terkait. Beberapa masalah yang umum termasuk:

  1. Warna Tidak Normal: Layar mungkin menampilkan warna yang tidak akurat, seperti warna yang terdistorsi, terlalu pucat, saturasi yang tinggi, atau bahkan hanya hitam-putih.

  2. Tingkat Kecerahan yang Tidak Konsisten: Tingkat kecerahan layar sering berubah sendiri, kadang menjadi sangat terang atau bahkan gelap sama sekali. Pengaturan tingkat kecerahan pun tidak akan berjalan normal sebagaimana mestinya.

  3. Perubahan Spontan dalam Kualitas Gambar: Layar mungkin mengalami perubahan tiba-tiba dalam kualitas gambar atau warna tanpa penyebab yang jelas.

Penyebab layar hp berubah warna dan tingkat kecerahan bisa sangat beragam, mulai dari mode baca dan mode tidur yang tidak sengaja aktif, kepanasan hingga kerusakan pada panel LCD itu sendiri.

Untuk memperbaiki masalah ini, kita bisa mulai dengan memeriksa perangkat lunak terlebih dahulu. Mulailah dengan memeriksa pengaturan layar pada hp kamu. Pastikan pengaturan warna dan kecerahan berada dalam kondisi yang benar. Lakukan restart perangkat untuk melihat apakah masalahnya terkait dengan perangkat lunak atau tidak.

Jika kamu punya pengetahuan teknis yang cukup, kamu bisa membuka perangkat dan memeriksa koneksi kabel fleksibel yang terhubung ke panel LCD. Pastikan kabel-kabel tersebut terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan fisik pada mereka.

Jika masalahnya tidak dapat diperbaiki dengan dua cara tersebut, kemungkinan besar ada masalah dengan panel LCD itu sendiri atau komponen terkait lainnya. Dalam hal ini, perbaikan atau penggantian komponen yang rusak mungkin diperlukan. Saran terbaik adalah menghubungi produsen atau penyedia layanan perbaikan resmi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3. Gambar buram atau ngeblur

Selain perubahan pada warna, perubahan pada kualitas gambar hp juga jadi tanda LCD hp rusak lainnya. Penyebab dan cara mengatasi masalah ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Jika kamu tidak memiliki pengetahuan teknis, ada baiknya hp dibawa ke service center terdekat untuk mendapatkan penggantian komponen.

4. Muncul bintik (dead pixel) pada layar

Dead pixel adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan titik kecil pada layar LCD yang tidak dapat menghasilkan cahaya atau warna. Hal ini biasanya terlihat sebagai titik kecil yang tetap gelap atau hitam di tengah-tengah gambar yang ditampilkan. Dead pixel dapat muncul dalam berbagai warna, tetapi yang paling umum adalah hitam, putih, atau warna lain yang kontras dengan latar belakang.

Adanya dead pixel bisa jadi tanda lcd hp rusak

Jika kamu menemukan dead pixel di hp kamu, kemungkinan besar LCD hp kamu bermasalah. Meskipun satu atau dua dead pixel mungkin tidak terlalu mencolok, namun jika ada banyak dead pixel yang terkonsentrasi di satu area tentu akan sangat mengganggu bukan?

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba aplikasi yang diklaim dapat membantu memperbaiki dead pixel, salah satunya adalah Dead Pixels Test and Fix buatan ZooxSoft. Dari banyak review pengguna, aplikasi ini terbilang ampuh meski beberapa orang harus menjalankan aplikasi ini hingga seharian.

Sebagai alternatif, memberikan tekanan lembut pada area yang terkena dead pixel dapat membantu memperbaikinya. Hal ini bisa dilakukan dengan hati-hati menggunakan ujung pensil karet atau alat serupa. Namun, kamu harus berhati-hati agar tidak merusak layar lebih lanjut.

5. Muncul garis berwarna-warni di hp

Selain berupa titik, kerusakan juga bisa muncul dalam bentuk garis yang umumnya berwarna-warni, entah secara horizontal maupun vertikal. Dibanding dead pixel, garis-garis berwarna-warni ini mencakup area yang lebih besar dan seringkali memiliki warna yang bervariasi.

Muncul garis pada LCD HP yang rusak

Salah satu penyebab umum dari masalah ini adalah adanya kerusakan pada kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan papan sirkuit utama (mainboard). Jika kabel fleksibel tersebut rusak atau terlepas dengan tidak benar, itu bisa menyebabkan masalah pada tampilan layar.

Selain itu kerusakan fisik pada panel LCD itu sendiri juga dapat menyebabkan munculnya garis-garis berwarna-warni di layar. Ini bisa disebabkan oleh tekanan fisik yang kuat atau benturan keras.

6. Gambar tidak muncul

Tanda LCD HP rusak selanjutnya adalah tidak adanya gambar, alias no display. Secara umum penyebab masalah ini biasanya berkaitan dengan backlight. Jika backlight mengalami kerusakan atau mati, layar akan tetap berwarna hitam karena tidak ada cahaya yang dipancarkan ke panel LCD.

Meski begitu tidak jarang hal ini disebabkan oleh kerusakan pada LCD HP yang menyebabkan layar menjadi hitam karena tidak ada kemampuan untuk menampilkan gambar.

7. Layar suka bergerak sendiri

Ghost touch adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku layar sentuh yang bereaksi secara acak tanpa adanya sentuhan fisik dari pengguna. Meskipun ghost touch dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk masalah perangkat lunak atau sentuhan yang sensitif, dalam beberapa kasus, ghost touch juga dapat menjadi tanda kerusakan pada layar LCD.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk menghapus aplikasi yang dapat menyebabkan konflik, melakukan reset pabrik, atau memperbarui sistem operasi. Namun jika cara tersebut tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya terletak pada kerusakan hardware, termasuk pada LCD.

8. Burn in

Burn-in pada layar smartphone terjadi ketika gambar atau elemen tampilan tertentu terus-menerus ditampilkan dalam waktu yang cukup lama, sehingga menyebabkan gambar tersebut "terbakar" ke dalam layar. Ini sering kali terjadi pada layar OLED atau AMOLED, di mana setiap piksel menghasilkan cahaya sendiri.

Burn-in sendiri bukanlah tanda langsung kerusakan pada LCD, tetapi lebih merupakan akumulasi dari pemakaian yang berlebihan atau penggunaan yang tidak sesuai.

Namun, terdapat beberapa kasus di mana burn-in bisa menjadi tanda bahwa layar smartphone telah mengalami beberapa kerusakan. Ini terutama terjadi ketika burn-in tidak terjadi secara merata di seluruh layar, tetapi terpusat di beberapa area tertentu. Hal ini mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan bagian-bagian tertentu dari layar, seperti masalah dengan piksel tertentu atau komponen lain yang terkait.


Itulah dia beberapa tanda LCD HP rusak yang bisa jadi patokan dalam mendiagnosa masalah di smartphone kamu. Jika kerusakan cukup parah, membawanya ke pusat servis hp jadi solusi terbaik, mengingat butuh keterampilan teknis serta alat khusus untuk mengganti LCD HP kamu sendiri. (GimTekno.com)

0 Komentar