20+ Game RPG PSP Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

20+ Game RPG PSP Terbaik Sepanjang Masa

Mirip konsol buatan Sony lainnya, Playstation Portable (PSP) juga memiliki banyak game RPG/JRPG keren. Game RPG PSP terbaik sepanjang masa ini pun memiliki grafik yang terbilang baik dan masih seru untuk dimainkan saat ini.

Mulai dari Persona, Final Fantasy, hingga berbagai game dari serial Ys, ada banyak pilihan yang bisa dimainkan oleh pecinta RPG. Gameplay-nya pun beragam, mulai dari RPG tradisional dengan sistem pertempuran berbasi giliran, tactical RPG, atau action RPG yang mirip western RPG.

Mengingat bentuk konsolnya yang memiliki layar lebar, game PSP jadi permainan yang seru untuk dimainkan di hape kamu. Emulator PSP untuk Android dan iOS pun mudah didapat sehingga kamu bisa memainkannya dengan mudah tanpa perlu memiliki konsol PSP sungguhan.

Nah, buat kamu yang ingin mencobanya, berikut adalah daftar game RPG terbaik di PSP yang bisa kamu coba.

Kumpulan Game RPG PSP Terbaik

1. Persona 3 Portable

Rilis: 2010, Genre: Role-playing game, Social simulation

Persona 3 atau Shin Megami Tensei: Persona 3 adalah game RPG yang awalnya rilis di PS2 pada tahun 2006 sebelum dibuat versi PSP-nya pada tahun 2010. Versi PSP ini diberi nama Persona 3 Portable dan hadir dengan beberapa perubahan.

Persona 3 Portable PSP

Sama seperti versi aslinya, di sini kamu akan berperan sebagai pelajar yang bergabung dengan grup yang menyelidiki fenomena supranatural. Dan sama seperti game Persona lainnya, game RPG PSP ini juga memiliki elemen life-sim di mana kamu juga bisa menikmati kehidupan kamu sebagai anak sekolahan.

Meski begitu, Persona 3 Portable hadir dengan beberapa tambahan. Salah satunya adalah adanya karakter utama wanita. Meski tidak berpengaruh banyak pada plot, kamu bisa menikmati alur cerita yang berbeda. Selain itu sistem pertempuran juga mendapatkan upgrade dan lebih mirip dengan game Persona 4. Hal ini pun memberi kesan fresh, bahkan untuk kamu yang sudah pernah memainkannya di PS2.

2. Jeanne D'Arc

Rilis: 2007, Genre: Tactical role-playing game

Jeanne D'Arc adalah game eksklusif Playstation Portable yang terinspirasi dari kisah perjuangan Joan de Arc dalam membebaskan Perancis di abad ke-15. Meski begitu Sony menggabungkan game RPG taktikal ini dengan elemen fantasi serta kisah pertempuran antara manusia dan iblis.

Jeanne D'Arc PSP

Di game ini, kamu akan mengendalikan beberapa karakter yang masing-masing punya kemampuan unik dalam pertempuran. Mirip game taktikal pada umumnya, kamu harus bisa memanfaatkan kelebihan yang kamu miliki sambil mempertimbangkan berbagai faktor seperti medan, posisi musuh, dan kekuatan dan kelemahan karakter untuk meraih kemenangan.

Meski tidak sepopuler SRPG lainnya, Jeanne D'Arc jadi game yang patut dicoba penggemar game RPG strategi. Tidak cuma punya cerita yang menarik, game ini pun memiliki kualitas grafik yang masih terbilang baik. Belum lagi adanya voice over dari penutur beraksen Perancis yang membuat game ini punya latar belakang yang terasa otentik dengan kisah Joan de Arc yang sesungguhnya.

3. Disgaea: Afternoon of Darkness

Rilis: 2007, Genre: Tactical role-playing game

Disgaea: Afternoon of Darkness merupakan remake dari game Disgaea: Hour of Darkness yang lebih dulu muncul di konsol Playstation 2. Di game ini kamu akan mengikuti kisah Laharl yang berambisi untuk menjadi raja iblis dan mengalahkan pesaing lainnya.

Disgaea: Afternoon of Darkness

Meski secara umum sama, game yang rilis untuk PSP ini memiliki beberapa tambahan, seperti opsi di mana kamu bisa bermain sebagai Etna yang awalnya merupakan pengawal Laharl. Selain itu Afternoon of Darkness juga memiliki beberapa boss battle tambahan, serta memiliki opsi multiplayer.

Dari sisi teknis, game ini pun hadir dengan rasio 16:9 yang memaksimalkan tampilan layar lebar PSP. Tambahan lain seperti music shop di mana kamu bisa mendengarkan soundtrack game ini, serta record keeper yang mencatat semua statistik dalam game pun membuat game ini memiliki rating yang sedikit lebih tinggi dari game aslinya.

4. Disgaea 2: Dark Hero Days

Rilis: 2009, Genre: Tactical role-playing game

Kesuksesan game Disgaea pertama diikuti pula oleh sekuelnya, Disgaea 2: Cursed Memories. Game ini pun dibuat ulang untuk Playstation Portable dengan nama Disgaea 2: Dark hero Days tiga tahun setelah versi PS2-nya.

Disgaea 2: Dark Hero Days

Di sini kamu akan berperan sebagai pemuda bernama Adell yang berusaha mengalahkan Overlord Zenon untuk mengembalikan penduduk desanya yang telah dikutuk menjadi iblis. Secara umum gameplaynya tidak jauh berbeda dengan Disgaea: Hour of Darkness di mana kamu bisa mengontrol party dan berperang pada peta grid berbentuk 3D isometric.

Versi PSP-nya sendiri memiliki beberapa perbedaan dengan versi PS2-nya. Di sini terdapat Axel Mode di mana kamu bisa berperan sebagai Axel yang memiliki cerita dari sudut pandang yang berbeda. Game ini pun hadir dengan karakter tambahan serta beberapa fitur yang muncul pada game Disgaea 3.

5. Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Rilis: 2007, Genre: Tactical role-playing game

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions adalah remake dari permainan strategi taktis klasik "Final Fantasy Tactics" yang dirilis untuk PlayStation Portable (PSP) pada tahun 2007. Ceritanya mengikuti perjalanan seorang pemuda bernama Ramza Beoulve yang terlibat dalam konflik politik dan perang yang kompleks di dunia fantasi bernama Ivalice.

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions PSP

Beda dari versi Playstation-nya, The War of the Lionshadir dengan peningkatan visual yang signifikan, dengan gaya seni yang direvisi, cutscene animasi baru, dan suara dialog yang direkam ulang. Permainan ini juga menambahkan beberapa karakter baru, misi sampingan, dan fitur multiplayer melalui Ad-Hoc untuk meningkatkan pengalaman bermainnya.

Meskipun gameplay-nya tidak banyak berubah, penambahan konten dan peningkatan visual membuat "Final Fantasy Tactics: The War of the Lions" jadi pilihan menarik bagi penggemar FF Tactics. Apalagi di sini kamu bisa bertemu karakter lain dari dunia Final Fantasy seperti Balthier (FFXII) dan Cloud Strife (FFVII).

6. Tactics Ogre: Let Us Cling Together

Rilis: 2011, Genre: Tactical role-playing game

Tactics Ogre: Let Us Cling Together adalah remake dari permainan strategi taktis klasik yang lebih dulu dirilis untuk Super Famicom. Pada salah satu game RPG taktikal terbaik ini, kamu akan mengikuti perjalanan seorang pemimpin pemberontak yang berusaha membebaskan tanahnya dari penindasan kerajaan.

Tactics Ogre: Let Us Cling Together PSP

Perbedaan utama antara versi PSP dan Super Famicom adalah peningkatan visual yang signifikan, termasuk pembaruan dalam grafis, cutscene, dan suara. Selain itu terdapat penambahan kelas karakter baru, skill, dan item yang membuat game ini makin seru.

Secara keseluruuhan, sistem permainan yang sudah kompleks dari versi aslinya tetap dipertahankan, dengan pertarungan taktis berbasis giliran dan pilihan moral yang mempengaruhi alur cerita.

7. Crisis Core: Final Fantasy VII

Rilis: 2008, Genre: Action role-playing game

Crisis Core: Final Fantasy VII adalah prekuel dari permainan klasik Final Fantasy VII yang dirilis untuk PSP pada tahun 2007. Di game ini kamu akan mengikuti perjalanan Zack Fair dalam menjelajahi konflik internal Shinra, pertempuran melawan organisasi misterius bernama SOLDIER, dan pertemanannya dengan Cloud Strife.

Crisis Core: Final Fantasy VII

Meski termasuk game Final Fantasy, Crisis Core memiliki gameplay yang berbeda di mana mereka fokus pada aksi dan pertempuran real-time, daripada pertarungan berbasis giliran tradisional. Sistem pertempuran dalam permainan ini menggunakan sistem "Digital Mind Wave" (DMW) yang unik, yang memberikan kemampuan tambahan kepada Zack berdasarkan kombinasi simbol yang muncul di layar selama pertempuran.

Selain itu, Crisis Core juga mampu menampilkan grafis yang luar biasa untuk perangkat PSP saat itu. Kombinasi musik yang epik dan cerita yang mengharukan pun semakin menambah kedalaman dunia Final Fantasy VII yang sering dianggap sebagai game Final Fantasy terbaik sepanjang masa.

8. Final Fantasy Type-0

Rilis: 2011, Genre: Action role-playing game

Sama seperti Crisis Core: Final Fantasy VII, Type-0 adalah game Final Fantasy yang dibuat dan dirancang khusus untuk konsol genggam Playstation Portable. Meski game ini tidak secara resmi dibuat dalam bahasa Inggris, kamu bisa menemukan fan translation jika ingin memainkannya.

Final Fantasy Type-0 PSP

Berlatang belakang dunia Orience, kamu akan mengendalikan sekelompok siswa elit dari Akademi Militer Rubrum, yang berjuang untuk melindungi negara mereka dari ancaman asing. Beda dari game FF kebanyakan, Type-0 menonjolkan cerita yang lebih serius dan dewasa, dengan tema-tema seperti perang, kehilangan, dan pengorbanan.

Gameplay-nya sendiri merupakan campuran antara aksi real-time dan elemen-elemen RPG tradisional. Kamu bisa mengontrol karakter dalam pertempuran langsung, menggunakan serangan, sihir, dan kemampuan khusus untuk mengalahkan musuh. Yang membuat Final Fantasy Type-0 unik adalah fokusnya pada pertempuran skala besar, di mana kamu bisa ikut dalam pertempuran yang melibatkan ratusan tentara dan makhluk sekaligus.

9. Final Fantasy IV: The Complete Collection

Rilis: 2011, Genre: Role-playing game

Selain merilis game FF eksklusif, kamu juga bisa menemukan banyak game Final Fantasy lawas di PSP yang hadir dengan kualitas grafis yang lebih tajam. Salah satunya adalah Final Fantasy IV: The Complete Collection yang menggabungkan kisah FFIV, FFIV: The After Years, dan tambahan skenario baru FFIV: Interlude.

Final Fantasy IV: The Complete Collection

Di game ini, kamu akan memerankan Cecil Harvey, seorang ksatria gelap yang berusaha mengatasi dosa-dosanya dan melawan kekuatan jahat yang mengancam dunianya. Gameplay-nya sendiri mengikuti pakem game FF modern, seperti adanya sistem Active Time Battle (ATB) yang pertama kali dikenalkan di game ini.

Jika kamu pernah mencobanya, Final Fantasy IV: The Complete Collection jadi game yang asik untuk dimainkan ulang. Selain mendapatkan ceritanya secara lengkap, game ini punhadir dengan grafis dan cutscene yang diperbaharui, serta fitur baru seperti voice acting, galeri artwork, dan mode baru yang memungkinkan kamu untuk menikmati kembali momen-momen penting dari cerita ini.

10. Half-Minute Hero

Rilis: 2009, Genre: Role-playing game, Action role-playing game

Half-Minute Hero adalah permainan RPG yang unik dan inovatif di mana kamu berperan sebagai seorang pahlawan yang harus menyelamatkan dunia dari kehancuran. Sesuai namanya, kamu hanya punya waktu 30 detik untuk mengalahkan musuh, mengumpulkan sumber daya, meningkatkan karakter dan menyelesaikan setiap misi.

Half-Minute Hero PSP

Game ini sendiri memiliki enam mode permainan yang masing-masing memiliki konsep unik mereka sendiri. Pada Hero 30 Mode, permainan akan mirip game RPG pada umumnya. Gamenya sendiri tidak terbatas pada 30 detik karena kamu bisa mereset waktu ini melalui sang Dewi Waktu. Lalu ada Evil Lord 30 Mode di mana kamu bisa mengontrol Evil Lord dan men-summon makhluk tertentu untuk melawan musuh dengan sistem real-time strategy. Setelah itu ada Princess 30 Mode yang lebih mirip game shoot 'em up.

Menyelesaikan tiga mode permainan tersebut akan membuka tiga mode baru lainnya yang tidak kalah unik. Meski plot-nya tidak sekompleks game RPG lain, gameplay-nya yang unik membuat game ini begitu ikonik dan banyak diganjar penghargaan game RPG terbaik di zamannya.

11. Valkyria Chronicles II

Rilis: 2010, Genre: Tactical role-playing game

Valkyria Chronicles II adalah game buatan SEGA yang dibuat hanya untuk Playstation Portable. Game ini sendiri merupakan game RPG Tactical di mana kamu akan mengikuti kisah kelas militer Cadet Gallia yang berjuang melawan kekuatan invasi yang jahat berlatar belakang dunia fiksi Eropa.

Valkyria Chronicles II PSP

Di game ini, kamu bisa mengendalikan unit militer seperti infanteri, sniper, tank, dsb. Kamu harus menggunakan strategi untuk menempatkan mereka dan menggunakan lingkungan sekitar untuk keuntunganmu. Nantinya kamu bisa meningkatkan kemampuan masing-masing karakter layaknya game RPG. Kamu pun bisa mengubah kelas karakter untuk memperoleh keterampilan baru dan meningkatkan statistik mereka.

Valkyria Chronicles II sendiri cukup berbeda dibanding game taktikal lainnya dengan adanya anime cutscenes, grafik yang mirip lukisan, hingga sedikit elemen third person shooter. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi dengan karakter lain, yang nantinya dapat memengaruhi cerita dan memberikan bonus dalam pertempuran.

12. Valkyrie Profile: Lenneth

Rilis: 2006, Genre: Role-playing game

Valkyrie Profile mungkin lebih dikenal sebagai salah satu game RPG terbaik di PS1. Namun enam tahun setelah dirilis untuk Playstation 1, game ini mendapatkan sambutan yang sama positifnya di Playstation Portable lewat game remake, Valkyrie Profile: Lenneth.

Valkyrie Profile: Lenneth PSP

Dibandingkan versi PS1-nya, Valkyrie Profile: Lenneth hadir dengan peningkatan visual dan audio yang signifikan. Grafis dan animasi karakter diperbarui untuk memanfaatkan kapabilitas PSP, sementara musik dan suara juga ditingkatkan. Selain itu, versi PSP-nya menambahkan fitur baru seperti video cutscene yang ditingkatkan dan pembaruan voice acting untuk karakter-karakter penting.

Meskipun inti gameplay dan ceritanya tetap sama dengan versi aslinya, pembaruan visual dan tambahan fitur membuat Valkyrie Profile: Lenneth untuk PSP menjadi pengalaman yang lebih imersif dan memikat bagi penggemar RPG.

13. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

Rilis: 2010, Genre: Action role-playing game

Kingdom Hearts: Birth by Sleep adalah prekuel dalam seri Kingdom Hearts yang dibuat bersama Disney Interactive Studios. Berlatar belakang 10 tahun sebelum event Kingdom Hearts pertama, game ini bercerita mengenai perjalanan Terra, Aqua dan Ventus, dalam mencari Master Xehanort dan melindungi dunia dari makhluk jahat bernama Unversed.

Kingdom Hearts: Birth by Sleep PSP

Dalam hal gameplay, Birth by Sleep mirip dengan game Kingdom Hearts sebelumnya, dengan pertarungan real-time, eksplorasi dunia yang berbeda, dan kemampuan untuk memanggil teman untuk pertolongan. Menariknya, kamu bisa mengakses skenario berbeda tergantung karakter yang sedang kamu mainkan.

Satu hal unik dari game ini adalah adanya sistem Command yang memungkinkan pemain membuat set kartu serangan dan keterampilan yang dapat digunakan selama pertempuran. Kombinasi hal ini dengan grafisnya yang indah pun membuat Kingdom Hearts: Birth by Sleep jadi salah satu game RPG PSP terbaik sepanjang masa.

14. Tales of Eternia

Rilis: 2006, Genre: Action role-playing game

Tales of Eternia, atau Tales of Destiny II, adalah game RPG PSP yang sebelumnya dirilis untuk PS1. Di game ini, kamu akan mengikuti petualangan Reid Hershel dan teman-temannya yang berusaha menyelamatkan dunia dari kehancuran akibat konflik antara dua planet yang berdekatan, Inferia dan Celestia.

Tales of Eternia PSP

Dalam hal gameplay, game ini memakai sistem pertarungan real-time yang merupakan ciri khas dari seri "Tales of." Kamu bisa mengendalikan satu karakter dalam pertarungan sambil memberikan perintah kepada karakter lain dalam tim. Kamu pun bisa melakukan serangan kombinasi dan menggunakan keterampilan khusus untuk mengalahkan musuh.

Perbedaan antara versi PSP dan versi PlayStation-nya tidak terlalu signifikan dalam hal cerita dan gameplay. Namun, versi PSP memiliki beberapa peningkatan grafis dan fitur tambahan, seperti voice acting untuk beberapa dialog dan mode baru yang memungkinkan pemain untuk menyimpan dan memuat data permainan di titik tertentu.

15. Lunar: Silver Star Harmony

Rilis: 2010, Genre: Role-playing game

Popularitas game Lunar: The Silver Star membuatnya dibuat ulang hingga tiga kali, dengan yang terakhir adalah Lunar: Silver Star Harmony yang rilis untuk PSP. Dengan cerita yang sama, kamu akan berperan sebagai Alex yang berpetualang ke seluruh dunia untuk menjadi Dragonmaster selanjutnya.

Lunar: Silver Star Harmony PSP

Dibandingkan versi aslinya, Silver Star Harmony memiliki beberapa perbedaan. Salah satu yang paling signifikan adalah sisi grafis yang kini mendapatkan tampilan isometric, serta grafik gambar tangan yang lebih menarik. Game ini pun mendapatkan soundtrack dan voice over baru yang membuatnya terasa baru.

Dari sisi cerita, tidak ada yang jauh berbeda. Game ini hanya menambahkan sedikit prolog baru serta dialog tambahan untuk karakter utamamu. Hal ini berbeda dengan gameplay-nya yang dibuat lebih baik dan mendapat tambahan gerakan Ultimate yang terinspirasi game Lunar lainnya.

16. Ys Seven

Rilis: 2010, Genre: Action role-playing game

Ys Seven adalah salah satu game eksklusif PSP yang dirilis pada tahun 2010. Di sini kamu akan mengikuti petualangan Adol Christin dan sahabatnya, Dogi, saat mereka menjelajahi Kerajaan Altago untuk mengungkap misteri yang mengancam dunia mereka.

Ys Seven

Dibanding game Ys sebelumnya, Ys Seven memiliki gameplay berbeda di mana mereka lebih fokus pada senjata. Masing-masing tipe senjata, slashing, piercing dan striking weapons memiliki damage lebih pada monster tertentu. Karakter kamu pun nantinya hanya bisa memakai jenis senjata tertentu sehingga butuh strategi khusus jika kamu ingin pertarungan yang mudah.

Selain itu, karakter kamu pun nantinya bisa memakai skill yang bisa dilatih sesuai dengan jenis senjatamu. Pertarungan pun jadi makin seru dengan adanya sistem parry yang bisa menggagalkan serangan lawan.

17. Ys: The Oath in Felghana

Rilis: 2010, Genre: Action role-playing game

Game Ys lain yang juga jadi game RPG PSP terbaik adalah Ys: The Oath in Felghana. Game ini awalnya dirilis untuk PC di tahun 2005 dengan nama Ys III: Wanderers from Ys sebelum diporting ke PSP lima tahun kemudian.

Ys: The Oath in Felghana

Baik keduanya memiliki cerita yang sama di mana kamu akan mengikuti petualangan Adol Christin yang berusaha menyelamatkan kampung halaman rekannya Dogi di Felghana dari ancaman makhluk jahat. Namun pada versi PSP-nya, ceritanya lebih dikembangkan sehingga butuh waktu lebih lama untuk menamatkannya.

Selain itu, game ini juga mengubah grafik 2D Ys III menjadi 3D. Gameplaynya pun diubah dengan mengaplikasikan beberapa elemen dari game Ys VI yang lebih baru. Hal ini pun dapat sambutan baik, tidak hanya dari fans serial game Ys tapi juga pecinta game RPG pada umumnya.

18. The Legend of Heroes: Trails in the Sky

Rilis: 2011, Genre: Role-playing game

"The Trails" adalah salah satu serial RPG terbaik yang memulai debut mereka melalui The Legend of Heroes: Trails in the Sky. Pertama kali rilis di PC pada tahun 2004, game ini lalu diadopsi ke Playstation Portable pada tahun 2006 di Jepang dan tahun 2011 di Amerika Utara.

The Legend of Heroes: Trails in the Sky

Di game ini, kamu akan memerankan karakter Estelle Bright dan Joshua yang terjebak dalam sebuah usaha kudeta. Gameplay-nya sendiri mirip dengan game JRPG pada umumnya dengan pertarungan berbasis giliran. Bedanya ada pada jenis serangan, seperti Arts, Crafts, dan S-Crafts, yang masing-masing memiliki syarat tertentu dan damage yang berbeda-beda.

Mengingat semua game di seri The Trails saling berhubungan, The Legend of Heroes: Trails in the Sky jadi game yang pas untuk memperkenalkan kamu pada gameplay dan karakter yang saling berkaitan. Kamu pun bisa memulai eksplorasi di benua luas Zemuria melalui kota Liberl di game ini.

19. Star Ocean

Rilis: 2008 & 2009, Genre: Action role-playing game

Game RPG PSP terbaik selanjutnya adalah Star Ocean: First Departure dan Star Ocean: Second Evolution. Baik keduanya merupakan remake dari dua game pertama Star Ocean yang rilis di pertengahan tahun 90-an.

Star Ocean Second Evolution PSP

Buat yang belum tahu, Star Ocean adalah salah satu game RPG legendaris yang jadi salah satu pionir video game di mana kamu bisa menentukan nasib kamu sendiri dengan puluhan ending berbeda yang bisa didapat. Game ini pun memiliki elemen life sims/dating sims yang nantinya tidak hanya berpengaruh pada jalannya cerita, tapi juga pada pertempuran.

Sebagai game yang dibuat ulang, baik First Departure maupun Second Evolution hadir dengan peningkatan grafis dan animasi. Game ini pun mendapatkan karakter baru serta voice over, bahkan untuk NPC-nya. Tidak ketinggalan, sistem pertempuran pun mendapatkan upgrade sehingga game ini akan terasa fresh buat kamu yang pernah memainkannya di konsol sebelumnya.

20. Crimson Gem Saga

Rilis: 2008, Genre: Role-playing game

Crimson Gem Saga alias Garnet Chronicle merupakan sekuel dari Astonishia Story yang dibuat oleh studio Korea bernama IRONNOS. Meski game sebelumnya tidak terlalu sukses, Crimson Gem Saga mendapat sambutan yang lebih meriah berkat cerita dan gameplay yang lebih solid.

Crimson Gem Saga

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Killian von Rohcoff yang terjebak dalam perebutan artefak Crimson Gem yang legendaris. Untuk ceritanya berbeda dari game sebelumnya sehingga kamu bisa memainkan Crimson Gem Saga tanpa perlu mencoba Astonishia Story terlebih dahulu.

Crimson Gem Saga sendiri tidak menawarkan hal yang benar-benar baru pada gameplay mereka. Namun bagi penggemar game RPG dan turn-based combat-nya, game yang hanya dirilis untuk konsol PSP ini tetap jadi pilihan asik untuk dicoba.

21. Brave Story: New Traveler

Rilis: 2007, Genre: Role playing-game

Brave Story: New Traveler adalah game RPG yang dibuat berdasarkan novel dan manga Brave Story, dengan tambahan beberapa karakter original. Di sini kamu akan berperan sebagai Tatsuya yang memasuki dunia fantasi untuk menyelamatkan temannya yang terluka parah.

Brave Story: New Traveler

Untuk gameplay-nya sendiri mirip dengan JRPG lainnya. Satu hal yang berbeda adalah adanya mode game baru yang kamu dapat setelah menamatkan game ini. Melalui mode ini, kamu akan mendapatkan misi baru bernama The Earthrift. Kamu pun akan mendapatkan karakter baru dengan perlengkapan dan ability baru mereka.


Itulah dia beberapa game RPG PSP terbaik yang bisa kamu coba. Selain RPG tradisional, ada banyak action RPG dan tactical RPG yang tidak kalah serunya. Beberapa game remake mereka pun dibuat dengan peningkatan grafis yang membuatnya lebih fresh bagi kamu yang pernah memainkannya di konsol lain. (GimTekno.com)

0 Komentar