18 Game Sport PSP Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

18 Game Sport PSP Terbaik Sepanjang Masa

Dalam sejarahnya, Playstation telah merilis beragam game olahraga PSP terbaik yang menghibur dan menantang. Dari sepakbola hingga balapan, PSP memiliki beberapa judul game sport yang bahkan masih asik dimainkan saat ini menggunakan emulator.

Game-game ini tidak hanya menampilkan grafis yang memukau untuk ukuran handheld, tetapi juga gameplay yang seru dan konten yang mendalam. Cocok nih buat kamu yang bosan dengan game Android yang kini lebih mengedepankan konsep pay-to-win pada banyak game mereka.

Nah, buat kamu yang sedang cari-cari permainan seru kamu selanjutnya, berikut adalah beberapa rekomendasi game olahraga PSP terbaik yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Game Olahraga PSP

1. MLB '11: The Show

Baseball mungkin bukan permainan yang populer di Indonesia, tetapi game ini sangat digemari di Amerika. Makanya tidak heran jika organisasi baseball Amerika (MLB) memiliki banyak judul game di konsol PSP, dengan MLB '11: The Show jadi yang terakhir di konsol tersebut.

MLB 11: The Show adalah salah satu game sport terbaik di PSP

Gameplay MLB '11: The Show menawarkan pengalaman baseball yang mendalam. Kamu bisa memilih untuk bermain sebagai tim penuh atau memainkan mode karir Road to the Show, di mana kamu mengendalikan satu pemain dan berusaha untuk menjadikannya bintang baseball.

Versi PlayStation Portable sendiri menampilkan kecerdasan buatan yang disesuaikan, mode karir yang lebih up-to-date, serta animasi yang lebih baik. Selain itu ada tambahan mode mode Rivalry, serta pembaruan daftar pemain yang membuat pengalaman bermain semakin menarik dan realistis.

2. Madden NFL 12

Sama seperti baseball, American football juga jadi olahraga yang cukup asing di Indonesia meski sangat populer di negara lainnya. Makanya olahraga ini memiliki banyak representasi di PSP, dengan Madden NFL 12 jadi salah satu yang terbaik.

Madden NFL 12 jadi salah satu game olahraga terbaik di PSP

Meskipun versi PSP-nya tidak memiliki grafis sebaik versi konsol lainnya, namun game ini tetap menawarkan pengalaman bermain yang seru dan memuaskan. Fitur seperti Franchise mode, Superstar mode, dan Ultimate Team mode tetap ada dalam versi PSP, meskipun mungkin dengan penyesuaian tertentu.

3. NFL Street 3

Masih dengan tema American football, kali ini ada NFL Street 3 yang membawa olahraga tersebut ke jalanan. Beda dengan versi sebelumnya, ada beragam trik dan manuver yang harus kamu kuasai agar kamu bisa menghindari terjangan lawan serta mencetak touchdown dengan penuh gaya.

NFL Street 3 PSP

Untuk menguasainya, ada mode Street School di mana kamu bisa belajar beragam gerakan dari dasar. Kamu pun nantinya bisa bertanding dengan beragam tim di mode Street Battle. Kamu bahkan bisa beradu skill dengan teman melalui mode Local Multiplayer.

Dan buat kamu yang ingin permainan berbeda, mode Own the City memungkinkan kamu untuk menciptakan karakter kamu sendiri dan mengembangkan skillnya. Kamu pun bisa memberinya berbagai perlengkapan untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjadi pemain football terbaik di jalanan.

4. Everybody's Golf Portable 2

Everybody's Golf Portable 2, atau Hot Shots Golf: Open Tee 2, adalah game yang sudah ada sejak zaman Playstation One. Dengan ide permainan yang sederhana, game ini memungkinkan kamu menikmati golf dengan cara yang mudah meski bisa cukup menantang juga untuk kamu yang sudah mahir.

Everybody's Golf Portable 2 jadi salah satu game golf terbaik di PSP

Buat kamu yang baru mengenal permainan golf, mekanisme dasar Hot Shots Golf: Open Tee 2 sangatlah mudah dimengerti. Tujuan dari setiap permainan golf adalah untuk memasukkan bola ke dalam lubang di bawah Par, namun tantangan sebenarnya datang dari jenis tongkat yang kamu pakai serta jenis pukulan yang diperlukan.

Aksi di lapangan secara langsung memengaruhi karakter pilihan kamu di luar lapangan. Dengan menyelesaikan tantangan single-player, kamu akan memperoleh poin loyalitas untuk karakter pilihan kamu, yang nantinya dapat digunakan untuk membuka karakter dan pakaian baru.

5. Tiger Woods PGA Tour 10

Ingin game golf yang lebih realistis? Tiger Woods PGA Tour 10 jadi game sports terbaik di PSP yang bisa kamu coba.

Tiger Woods PGA Tour 10 Playstation Portable

Dibandingkan game Tiger Woods lainnya, di sini kamu bisa mengikuti Tournament Challenge di mana kamu bisa mencoba berbagai lapangan golf dan menyamai rekor pegolf dunia sungguhan. Selain itu mini-games-nya pun dibuat lebih baik di mana kamu bisa melakukan berbagai tugas untuk mendapatkan attribute boost.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah adanya level kepercayaan diri yang bisa mempengaruhi skill pemain kamu. Semakin tinggi levelnya, semakin mudah pula bagimu untuk melakukan pukulan yang lebih berisiko.

6. FIFA 12

Meski bukan sering paling baru, FIFA 12 sering dianggap sebagai game FIFA terbaik di PSP. Meski dirilis lebih dari 10 tahun yang lalu, game ini punya gameplay seru dan grafik yang tidak kalah apik dari game sepakbola terbaik Android modern.

FIFA 12 jadi salah satu game sepakbola terbaik di PSP

Dibanding game FIFA sebelumnya, FIFA 12 hadir dengan tiga fitur penting, yaitu, Impact Engine, Tactical Defending, dan Precision Dribbling yang jadi pakem game FIFA selanjutnya. Ketiganya membuat game terasa lebih realistis dan memungkinkan kamu untuk melakukan lebih banyak hal.

FIFA 12 sendiri memiliki dua mode karir yang bisa kamu mainkan. Kamu bisa memilih untuk bermain sebagai pemain dan menggunakan skill kamu untuk menjadi yang terbaik. Namun kamu juga bisa berperan sebagai manager yang punya tugas lebih, mulai dari meracik formasi, membeli pemain, hingga menjaga mood pemain kamu.

7. Pro Evolution Soccer 2012

Selain FIFA, game olahraga PSP lain yang tidak kalah populer adalah Pro Evolution Soccer (PES) 2012. Meski kini tertinggal dari pesaingnya tersebut, zamannya PSP bisa dibilang jadi masa keemasannya game buatan Konami tersebut.

Pro Evolution Soccer 2012 jadi salah satu game olahraga PSP terbaik sepanjang masa

Dibanding game PES lain sebelumnya, PES 2012 memiliki banyak inovasi yang terus dipakai untuk game PES selanjutnya. Jad tidak hanya menambahkan rooster baru dan meningkatkan kualitas grafisnya saja, game ini juga mengupdate AI, animasi, hingga mekanika permainan mereka agar semakin realistis.

8. FIFA Street 2

FIFA Street 2 adalah game sepakbola yang tidak biasa, di mana kamu akan dibawa menjauh dari gemerlapnya stadium megah ke jalanan tempat kamu beradu skill dengan aturan yang lebih bebas.

FIFA Street 2 PSP

Meski bermain di jalanan, kamu tetap bisa membangun tim sepakbola impian kamu dengan beragam pemain bola sungguhan seperti Ronaldinho, Messi, atau David Beckham. Kamu pun bisa membuka beragam pesepakbola legendaris dunia seperti Cantona, Zico, hingga Beckenbauer.

Setelah membuat tim, kamu bisa mencoba permainan mini-soccer melawan tim lainnya dan mencetak skor sebanyak-banyaknya. Pastikan kamu mengeluarkan semua trik yang kamu punya dan jadilah yang terbaik di lapangan!

9. Virtua Tennis 3

Virtua Tennis 3 jadi game sport PSP terbaik buat kamu yang senang dengan olahraga raket tersebut. Di sini kamu bisa memainkan beragam pemain tenis kelas dunia dan membawa mereka menjadi juara di berbagai event yang kamu ikuti.

Virtua Tennis 3 PSP

Mode karir jadi aspek paling seru di mana kamu bisa membuat karakter kamu sendiri. Kamu pun nanti dapat melatihnya lewat mini-games seru, serta memberikannya aksesoris seperti baju dan raket untuk meningkatkan stat pemainmu.

10. NHL 07

Bagi pecinta hoki es, NHL 07 adalah satu-satunya wakil resmi di PSP. Meski grafik 3d-nya kini terlihat sedikit ketinggalan zaman, NHL 07 mampu menawarkan pengalaman bermain hoki yang baik dengan gameplay yang responsif dan realistis.

NHL 07 PSP

Mode permainan yang ditawarkan dalam NHL 07 juga cukup beragam. Kampanye Dynasty Mode memungkinkan kamu untuk mengelola sebuah tim, sementara Challenge Mode menantang pemain dengan tujuan-tujuan tertentu untuk diselesaikan.

Dan meski merupakan franchise dari NHL yang beroperasi di Amerika Utara, kamu juga bisa memainkan liga hoki es dari negara di luar area tersebut, seperti Elitserien di Swedia atau SM-liiga di Finlandia.

11. NBA 2K12

Kolaborasi NBA dan PSP melahirkan banyak game basket di konsol tersebut. Sebagian besar game mereka pun terbilang solid dan sulit untuk memilih salah satunya sebagai game olahraga terbaik di PSP.

NBA 2K12 jadi salah satu game basket terbaik di PSP

Jika kamu ingin mencobanya, NBA 2K12 jadi salah satu game basket terbaik di PSP. Tidak cuma bermain sebagai salah satu bintang NBA, kamu pun bisa memainkan Association Mode yang memungkinkan kamu untuk mengontrol NBA dan melakukan simulasi basket dari sudut pandang yang berbeda.

Tidak cuma itu, ada juga MyPlayer Mode di mana kamu bisa membuat karakter dan menjalankan karirmu sendiri. Lalu ada NBA's Greatest Mode di mana kamu bisa mengulang kembali momen bersejarah di NBA, seperti LA Lakers di akhir 1980-an, atau Chicago Bulls-nya Michael Jordan yang merajalela di pertengahan 90-an.

12. NBA Street Showdown

Street Showdown jadi game NBA lain yang juga pantas masuk daftar game sport PSP terbaik. Beda dari game NBA lainnya, di sini kamu akan bertanding di jalanan, lengkap dengan berbagai gerakan dan trik spektakuler yang membuat kita jatuh cinta pada olahraga ini.

NBA Street Showdown

Pada game ini, kamu bisa bertanding 3v3 di berbagai lokasi unik. Kamu bisa menyusun tim menggunakan pemain NBA sungguhan pada era tersebut, atau pemain legendaris NBA dari era berbeda. Kamu pun nantinya bisa membuka berbagai lokasi yang berbeda setiap kali kamu memenangkan turnamen dan tantangan yang tersedia di game ini.

13. Fight Night Round 3

Buat kamu yang senang dengan pertarungan yang seru, Fight Night Round 3 adalah game tinju terbaik yang bisa kamu temukan di PSP. Di sini kamu bisa bertanding di atas ring menggunakan petinju legendaris macam Muhamad Ali dan Oscar de la Hoya, atau membuat karakter kamu sendiri.

Fight Night Round 3 PSP

Dibandingkan game tinju lain pada masanya, FNR3 memiliki kualitas grafis yang cukup baik, bahkan untuk dimainkan saat ini. Kontrolnya yang inovatif menggunakan tombol-tombol PSP pun memudahkan kamu untuk melakukan pukulan dan menghindari serangan lawan.

Satu hal menarik dari game ini adalah mode permainan yang memungkinkan kamu untuk mengulang sebuah pertandingan tinju klasik. Mulai dari Muhamad Ali vs Joe Frazier, Marco Antonio Barrera vs Erik Morales, hingga Sugar Ray Leonard vs Marvin Hagler, game ini menyajikan cara unik bagi pecinta tinju untuk mengulang waktu dan menyaksikan sendiri momen legendaris di dunia tinju.

14. UFC Undisputed 2010

Selain tinju, Mix Martial Arts (MMA) juga menyumbangkan game sport terbaik di PSP melalui UFC Undisputed 2010. Di game ini, kamu bisa bertarung menggunakan jagoan dari Ultimate Fighting Championship dari era 2010-an seperti Brock Lesnar, Anderson Silva, atau Jon Jones.

UFC Undisputed 2010

Salah satu fitur utama dari UFC Undisputed 2010 adalah mode karir yang mendalam, di mana kamu bisa membuat dan mengelola petarung kamu sendiri, memilih gym untuk berlatih, dan berkompetisi untuk mendapatkan gelar UFC. Selain itu, game ini juga menawarkan mode multiplayer, yang memungkinkan pemain untuk berduel melawan pemain lain melalui jaringan Wi-Fi.

Gameplay yang seru dan kontrolnya yang asik membuat UFC Undisputed 2010 asik dimainkan berulang-ulang. Meskipun ada beberapa kritik terhadap kurangnya inovasi dari versi sebelumnya, game ini masih dianggap sebagai salah satu game bertarung terbaik di PSP.

15. Colin McRae Rally 2005

Colin McRae Rally 2005 adalah game balap rally yang dirilis untuk banyak konsol game, termasuk PSP. Game ini menawarkan pengalaman balap yang intens dan mendebarkan dengan berbagai mobil rally yang dapat kamu mainkan di lintasan yang menantang.

Colin McRae Rally 2005 PSP

Perbedaan utama antara versi PSP dan versi konsol lainnya mungkin terletak pada grafis dan kontrol. Meskipun versi PSP mungkin tidak sebaik versi konsol dalam hal grafis, namun kontrolnya tetap responsif dan menyenangkan untuk dimainkan. Kamu yang senang dengan game balap PSP pun pasti akan menyukai permainan ini!

16. NASCAR 07

Buat kamu yang lebih senang adu cepat di lintasan balap, NASCAR 07 jadi game sport PSP terbaik yang harus kamu coba. Di sini, kamu bisa merasakan pengalaman balap yang autentik dengan berbagai trek NASCAR resmi dan mobil NASCAR yang dapat dimainkan.

NASCAR 07 jadi salah satu game olahraga balap mobil terbaik di PSP

Salah satu hal yang membuat NASCAR 07 unggul dari game balap mobil lain di PSP adalah fokusnya pada balap NASCAR, yang memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari balap mobil konvensional. Selain itu, game ini juga menawarkan berbagai mode permainan, termasuk mode karir di mana pemain dapat berkompetisi untuk menjadi juara NASCAR.

Respon terhadap NASCAR 07 cenderung positif, terutama dari penggemar balap NASCAR. Mereka menghargai realisme dalam balap dan kecocokan dengan pengalaman balap NASCAR sesungguhnya. Meskipun mungkin kurang menarik bagi mereka yang lebih suka balap mobil jalanan atau formula, NASCAR 07 tetap menjadi pilihan yang solid bagi penggemar balap NASCAR di PSP.

17. SSX on Tour

Di luar cabang olahraga populer seperti basket atau sepakbola, jumlah game dari cabang olahraga lainnya tidaklah terlalu banyak. PSP sendiri hanya memiliki beberapa judul, salah satunya adalah SSX on Tour yang mengambil tema snowboarding.

SSX on Tour Playstation Portable

Di game ini, kamu bisa bertanding di berbagai ajang ski dan seluncur salju dan berkompetisi di berbagai ajang untuk menarik minat sponsor. Kamu pun nantinya bisa mengubah penampilan karaktermu dan memberikannnya perlengkapan yang dapat meningkatkan skill mereka.

Tidak cuma harus meluncur dengan cepat sampai ke garis finish, kamu pun harus melakukannya dengan penuh gaya. Beragam kumpulan trik yang bisa kamu lakukan tidak hanya memberikan poin ekstra, tapi juga menambah keseruan game ini.

18. WWE SmackDown! vs. Raw 2006

Meski lebih condong pada sportainment, nama WWE SmackDown! vs. Raw 2006 rasanya pantas masuk daftar game olahraga terbaik di PSP. Meski ada versi yang jauh lebih baru, versi 2006 sering dianggap sebagai game gulat terbaik di PSP dengan perbedaan yang tidak terlalu signifikan dengan versi konsol lainnya.

WWE SmackDown! vs. Raw 2006 adalah game gulat terbaik di PSP

Dibandingkan game WWE lainnya, versi 2006-nya memiliki konten yang lebih banyak. Setiap pemain memiliki animasi serta jurus khusus mereka masing-masing. Kamu yang ingin membuat karakter kamu sendiri pun bisa mengedit dengan detail, dibanding game WWE lain yang hanya bisa melakukannya separuhnya.

Tidak cuma itu, game ini juga memiliki lawan dengan AI yang lebih agresif. Hal ini tidak serta merta membuat game menjadi lebih sulit, justru akan ada lebih banyak tantangan karena kamu tidak perlu sering memberikan handicap hanya untuk mendapatkan pertandingan yang lebih seru.


Itulah dia daftar game sport PSP terbaik sepanjang masa. Tergantung olahraga yang kamu gemari, selalu ada judul yang pastinya bisa membuat kamu tertarik untuk memainkannya. (GimTekno.com)

0 Komentar