15+ Aplikasi Menggambar Android Terbaik di Android - GimTekno

15+ Aplikasi Menggambar Android Terbaik di Android

Menggambar dan mewarnai jadi salah satu aktivitas yang asik dilakukan di waktu luang. Untungnya di Android ada banyak aplikasi menggambar yang bisa membantu kamu membuat sketsa, vektor, lukisan, anime dan beragam gambar 2D lainnya.

Tidak cuma untuk pengguna yang advanced dan hobi menggambar, kamu juga bisa menemukan beragam aplikasi menggambar yang cocok untuk anak atau pemula. Pilihannya pun tidak melulu berbayar karena kamu juga bisa mendapatkan yang gratis, bahkan tanpa iklan sekalipun.

Nah, buat kamu yang ingin menggunakannya, berikut adalah beberapa aplikasi menggambar terbaik di hp/tablet Android yang bisa kamu pasang.

Rekomendasi Aplikasi Menggambar Terbaik

1. SketchBook

Rekomendasi aplikasi menggambar yang pertama adalah Sketchbook buatan Autodesk. Selain memberikan banyak fitur, aplikasi ini juga 100% gratis dan bisa digunakan tanpa iklan yang mengganggu.

Sketchbook adalah salah satu aplikasi menggambar gratis tanpa iklan di Android

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah tampilannya yang sederhana. Hal ini membuatnya jadi aplikasi menggambar terbaik untuk pemula. Saat pertama kali memulai, kamu akan melihat tampilan kanvas yang bersih dengan tools minimalis yang tersembunyi. Namun jangan sampai tertipu karena di balik itu semua SketchBook menawarkan banyak fitur.

Di sini kamu bisa menggunakan beragam jenis brush yang bisa kamu kustomisasi, mulai dari ukuran hingga sensitivitas tekanannya. Aplikasi ini pun support layer agar kamu bisa menggambar dengan lebih rapih. Gambar yang sudah buat pun nantinya bisa di-ekspor dan bahkan kamu simpan di layanan cloud seperti Dropbox. Tidak ketinggalan, kamu juga bisa lho membuat animasi singkat ala flipbook di SketchBook!

2. FP sDraw

Selain Sketchbook, aplikasi menggambar gratis tanpa iklan lainnya adalah FP sDraw. Tidak cuma itu, aplikasi ini pun berukuran sangat kecil sehingga ringan digunakan dan cocok untuk kamu yang punya hp kentang.

FP sDraw adalah aplikasi menggambar ringan untuk hp kentang

Dengan FP sDraw, kamu bisa membuat sketsa, mengedit foto, hingga membuat meme. Aplikasi ini pun bisa dipakai dengan sPen, Smart Pen, atau Active Pen buat kamu yang lebih memilih untuk menggambar menggunakan stylus.

Dibandingkan aplikasi lain, FP sDraw mungkin terbilang minim fitur. Namun jika kamu mencari aplikasi menggambar sederhana yang cocok untuk pemula atau anak kecil, maka FP sDraw bisa jadi rekomendasi sempurna.

3. Ibis Paint X

Ibis Paint X adalah salah satu aplikasi menggambar terpopuler di Android dan iOS dengan lebih dari 100 juta unduhan. Dengan ratusan jenis kuas, puluhan blending mode dan ribuan font, aplikasi ini jelas jadi opsi terbaik di Play Store. Versi gratis mereka pun tidak jauh berbeda dengan versi Pro dengan tambahan tampilan iklan.

Ibis Paint X adalah salah satu aplikasi menggambar gratis terbaik di Android

Memanfaatkan teknologi OpenGL, aplikasi ini menawarkan pengalaman menggambar yang bebas ngelag. Kamu pun bisa membuat layer sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan hp kamu. Aplikasi ini pun memiliki mode tracing yang memudahkan kamu untuk meniru gambar dari objek sungguhan.

Di luar itu, Ibis Paint X juga dikenal sebagai aplikasi menggambar manga/anime. Kamu bahkan bisa merekam proses pembuatan gambar kamu dan membagikannya melalui sosmed dan Youtube. Aplikasi ini bahkan memungkinkan kamu untuk melihat karya user lain agar kamu bisa belajar teknik yang mereka gunakan.

4. MediBang Paint

Buat kamu yang senang gambar manga atau komik, MediBang Paint jadi opsi lain yang bisa kamu gunakan. Di sini kamu bisa menemukan fitur seperti brush, panel komik, font, screen tones, hingga background siap pakai yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat cerita bergambarmu sendiri.

MediBang Paint jadi aplikasi menggambar anime terbaik di Android

Di luar itu, MediBang Paint memiliki fitur yang tidak kalah dari aplikasi menggambar lainnya. Satu hal menarik adalah integrasi tempat penyimpanan online otomatisnya sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi ini di berbagai perangkat dan bekerja dengan file save yang sama.

Sama seperti Ibis Paint X, aplikasi ini juga memiliki komunitas yang aktif di mana kamu bisa saling berbagi aset dan tutorial. Meski begitu aplikasi ini bisa cukup rumit bagi pemula yang baru mulai belajar menggambar dan akan lebih cocok untuk pengguna yang lebih berpengalaman.

5. Jump Paint

Jump Paint adalah aplikasi menggambar buatan MediBang yang berkolaborasi dengan Weekly Shonen Jump. Hal ini membuat Jump Paint jadi aplikasi terbaik untuk kamu yang ingin menggambar manga seperti One Piece-nya Eiichiro Oda atau My Hero Academia-nya Kohei Horikoshi.

Jump Paint adalah rekomendasi aplikasi menggambar manga terbaik di Android

Di aplikasi ini kamu bisa menemukan semua tools dan resources yang diperlukan untuk membuat manga. Mulai dari font yang digunakan para profesional, tones dan background gratis, hingga gambar siap pakai. Jump Paint pun melengkapinya dengan tools seperti panduan untuk menggambar perspektif, serta correction untuk membuat gurata kuasmu lebih stabil.

Di luar itu, Jump Paint juga menyediakan beragam materi buat kamu yang ingin belajar membuat manga. Tidak terbatas pada teknik menggambarnya saja, kamu pun bisa belajar dari para editor berpengalaman bagaimana cara mendesain karakter serta membuat dialog yang menarik.

6. Infinite Painter

Infinite Painter adalah aplikasi menggambar yang sangat direkomendasikan bagi para seniman digital, terutama bagi kamu yang bekerja di tablet menggunakan stylus. Deretan kuas dan pensil yang bisa dikustomisasi dapat memaksimalkan fitur tekanan (pressure) dan tingkat kemiringan stylus, sehingga kamu bisa merasakan rasanya menggambar di atas kanvas sungguhan.

Infinite Painter adalah aplikasi menggambar Android alternatif Procreate

Infinite Painter pun melengkapi fitur tersebut dengan beragam gestures. Gerakan tangan ini nantinya akan bekerja seperti shortcut yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses tools yang sering kamu gunakan.

Di luar itu, Infinite Painter juga memiliki deretan tools yang solid dan beragam yang cocok untuk segala keperluan. Meski kebanyakan fitur tersebut hanya ada pada versi premium mereka, Infinite Painter jelas jadi salah satu pilihan terbaik bagi pengguna smartphone atau table Android.

7. HiPaint

Bagi kamu yang belajar menggambar lewat Youtube, nama Procreate rasanya sudah tidak asing. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat Apple saja. Namun bagi pengguna Android, Infinite Painter dan HiPaint jadi aplikasi mirip Procreate yang bisa kamu coba.

HiPaint adalah aplikasi menggambar Android mirip Procreate

Khusus untuk HiPaint, aplikasi ini bahkan memiliki tampilan muka yang mirip sehingga banyak yang menyebutnya sebagai clone-nya Procreate. Keduanya pun punya banyak kesamaan fitur, mulai dari layer, dukungan untuk stylus, hingga beragam alat seleksi dan transformasi.

Selain itu, Hipaint dan Procreate samasama memungkinkan kamu untuk merekam proses menggambar dalam bentuk timelapse. Kamu pun nantinya dapat berbagi perkembangan karyamu dengan mudah di akun sosial media atau Youtube.

8. Pixel Studio

Meski terlihat jadul, gambar pixel kembali populer di masa sekarang berkat desainnya yang timeless. Makanya tidak heran jika kamu bisa menemukan banyak game piksel yang dirilis baru-baru ini. Dan jika kamu ingin mempelajarinya, Pixel Studio adalah aplikasi menggambar terbaik untuk hal tersebut.

Pixel Studio untuk menggambar gambar piksel di Android

Sesuai namanya, Pixel Studio memiliki semua tools yang kamu perlukan untuk membuat gambar pixel, mulai dari dot pen, pixel art scaler, hingga palet warna untuk beragam model. Di luar itu, Pixel Studio tidak jauh berbeda dari aplikasi menggambar lain, seperti adanya layer atau symmetry drawing.

Satu hal menarik, kamu bisa membuat animasi frame-by-frame di aplikasi ini. Animasi ini nantinya bisa kamu simpan dalam format GIF atau sebagai sprite sheets. Tidak cuma itu, kamu pun bisa membuat video MP4 dan menambahkan soundtrack kamu sendiri lho!

9. Dotpict

Rekomendasi aplikasi menggambar piksel di Android lainnya adalah Dotpict. Mirip Pixel Studio, kamu bisa membuat karya 8 bit retro dengan beragam fitur seperti palet warna, layer, hingga animasi.

Dotpict

Di luar itu, Dotpict juga memiliki komunitas yang solid di mana kamu bisa saling berbagi gambar dan melihat karya pengguna lainnya sebagai inspirasi. Kamu pun bisa ikut serta dalam event yang diadakan Dotpict secara rutin untuk mengasah skill menggambar yang kamu miliki.

10. Tayasui Sketches

Dibanding aplikasi menggambar Android lain, Tayasui Sketches terbilang cukup minim fitur. Meski begitu, aplikasi ini mampu memberikan kamu pengalaman terbaik layaknya menggambar di atas kertas atau kanvas sungguhan.

Tayasui Sketches jadi salah satu aplikasi menggambar sketsa terbaik di Play Store

Dengan tampilan yang sangat sederhana, kamu bisa beralih dari satu brush ke brush lainnya dengan mudah tanpa perlu ribet membuka berbagai menu. Masing-masing tools tersebut pun memiliki opsi kustomisasi yang bisa diatur dengan mudah.

Tayasui Sketches memiliki versi gratis yang bisa kamu coba. Namun untuk menikmati semua fiturnya, termasuk layer dan tools tambahan, kamu harus memiliki versi Pro-nya terlebih dahulu.

11. Krita

Krita adalah aplikasi menggambar open source yang lebih dulu ada di PC sebelum akhirnya dibuat versi Android dan iOS-nya. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini diperuntukan untuk layar lebar, sehingga akan lebih cocok untuk tablet dibanding smartphone. Aplikasi ini bahkan akan lebih enak bila kamu memiliki keyboard eksternal agar kamu bisa memakai shortcut untuk mengakses tools mereka.

Krita jadi aplikasi menggambar gratis untuk membuat digital drawing dan melukis

Sama seperti versi desktop-nya, Krita adalah aplikasi yang pas buat kamu yang senang menggambar digital art dan lukisan. Koleksi brush yang beragam jadi andalan Krita. Kamu bahkan bisa memodifikasi masing-masing tools untuk membat artworks yang bisa kamu bayangkan.

Di luar itu, Krita juga dilengkapi segudang fitur lainnya, mulai dari membuat story board, filter, workspace kustom, dan masih banyak lagi. Selain itu Krita pun support beragam format file gambar, termasuk PSD yang digunakan oleh Adobe Photoshop. 

12. Drawing Desk

Drawing Desk adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melukis, menggambar, mewarnai, hingga membuat doodle dan sketsa. Dilengkapi dengan beragam tools, kamu bisa membuat karya menarik sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Drawing Desk jadi aplikasi belajar menggambar terbaik di Play Store

Di antara semua fitur yang ada, auto-colorize jadi satu yang cukup unik. Dengan mengandalkan AI, kamu bisa mewarnai gambar kamu dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukannya secara manual.

Tidak cuma itu, hal lain yang membuat aplikasi ini unik adalah materi pembelajaran yang disediakannya. Di sini kamu bisa mengikuti tutorial menggambar dan mewarnai yang cukup lengkap dengan instruksi yang mudah diikuti. Cocok untuk kamu yang sedang mencari aplikasi belajar menggambar gratis di Android!

13. Clip Studio Paint

Buat para profesional yang tidak segan membayar untuk mendapatkan aplikasi menggambar terbaik, Clip Studio Paint (CSP) adalah salah satu rekomendasi teratas. Meski begitu kamu bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dengan batasan waktu 1 jam per harinya.

Clip Studio Paint jadi aplikasi menggambar dengan fitur terlengkap untuk para profesional

Dibandingkan aplikasi lainnya, CSP menawarkan fitur yang sesuai untuk beragam hal. Kamu yang suka melukis akan sangat terbantu dengan koleksi brush mereka. Kamu bahkan bisa mengimport brush dengan format ABR dari Photoshop lho!

Kamu yang senang membuat lineart dapat menggunakan tools khusus vector yang mereka sediakan. Dan buat kamu yang ingin menggambar komik atau manga, CSP juga memiliki tools serta asset store yang akan memudahkan kamu dalam menciptakan mahakarya kamu sendiri.

14. Pocket Paint

Pocket Paint adalah aplikasi menggambar tanpa iklan yang juga bisa dipakai sebagai editor gambar. Aplikasi ini pun punya ukuran instalasi yang kecil dan pas buat kamu yang sedang cari aplikasi menggambar yang ringan untuk hp Android-mu.

Pocket Paint jadi aplikasi menggambar ringan tanpa iklan di hp Android

Meski gratis, aplikasi ini punya fitur yang cukup lengkap, seperti layer, stiker, hingga palet warna siap pakai. Aplikasi ini bahkan punya fitur zoom yang memungkinkan kamu untuk mengedit gambar hingga ukuran piksel terkecil.

Satu hal menarik, Pocket Paint juga bisa digabungkan dengan aplikasi buatan Catrobat lain bernama Pocket Code. Dengan kolaborasi ini, kamu bisa membuat animasi, aplikasi, hingga menggunakan gambar yang kamu buat ke dalam game smartphone buatanmu.

15. FlippaClip

FlippaClip mungkin lebih populer sebagai aplikasi animasi terbaik di Android. Namun bagi kamu yang ingin membuat karya 2D biasa, FlippaClip juga bisa jadi alternatif aplikasi menggambar yang cocok untuk siapa saja.

Selain membuat animasi, FlippaClip juga bisa dipakai sebagi aplikasi menggambar

Tidak kalah dari aplikasi lainnya, FlippaClip memiliki tools yang lengkap untuk membuat gambar yang kamu inginkan. Mulai dari brush, mirror, blending mode, teks, efek, kanvas kustom, hingga support terhadap stylus.

Nilai plus dari aplikasi ini tentu adalah tools animasinya yang sangat komplet. Aplikasi ini juga memudahkan kamu untuk membuat rotoskop dan mengambil scene favoritmu. Sayang untuk menikmati semua fiturnya kamu harus menggunakan versi Pro mereka.

16. BeeArtist

BeeArtist adalah aplikasi yang akan sangat pas untuk anak-anak yang ingin belajar menggambar. Tidak cuma itu, BeeArtist juga bisa jadi aplikasi mewarnai anak yang pastinya akan membuat mereka senang.

BeeArtist adalah salah satu aplikasi belajar menggambar anak terbaik di Android

Ditujukan untuk anak usia 7 tahun ke bawah, BeeArtis memiliki beragam materi pembelajaran yang akan memandu anak untuk menggambar hewan, bunga, benda, hingga superhero. Materi pun disediakan tanpa tampilan iklan sehingga orangtua tidak perlu khawatir.

Menariknya lagi, setiap materi memiliki skor untuk melihat kemampuan anak. Aplikasi ini pun tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, sehingga mudah dimengerti anak ataupun orang dewasa yang juga ingin ikutan belajar menggambar dari nol.


Itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi menggambar dan mewarnai yang bisa dipakai siapa saja, termasuk pemula dan anak-anak. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa membuat gambar 2D, entah itu anime, manga, sketsa, atau bahkan vektor dengan mudah melalui hp Android saja. (GimTekno.com)

0 Komentar