18 Aplikasi Wajib Kpoper di Android dan iPhone - GimTekno

18 Aplikasi Wajib Kpoper di Android dan iPhone

Aplikasi wajib kpop

(Update: 11 Juli 2023) - Aplikasi Wajib Kpop adalah hal penting yang bisa dimiliki oleh penggemar musik Korea Selatan tersebut. Di Android dan iPhone sendiri terdapat banyak aplikasi yang bisa memenuhi hasrat kamu sebagai fans K-pop.

Mulai dari chatting-an, menonton video live, hingga edit foto artis favorit kamu, ada banyak aplikasi yang pastinya seru untuk kamu miliki.

Jadi jika adalah kamu fans BTS, Blackpink, iKon, New Jeans, Twice, Red Velvet, Stray Kids, atau Treasure, berikut adalah aplikasi wajib kpop yang bisa kamu instal di hp kamu.

Aplikasi KPop Terbaik untuk Penggemar Musik Korea

1. Weverse

Pencapaian besar seorang penggemar adalah dapat berkomunikasi langsung dengan idolanya. Namun, bagi para penggemar idola asal negri gingseng ini tentu akan kesulitan untuk bertemu langsung. Bahkan untuk menghadiri konser yang diselenggarakan di Indonesia pun cukup sulit bagi sebagian besar orang.

Namun, tidak perlu khawatir karena kini kamu bisa berinteraksi langsung dengan idolamu menggunakan aplikasi Weverse yang kini sudah digabung dengan V-Live. Aplikasi ini biasanya digunakan para idol untuk melakukan siaran langsung, menyapa dan berkomunikasi dengan penggemar langsung.

Para penggemar pun dapat meninggalkan komentar agar dapat dibaca dan ditanggapi layaknya live instagram. Bedanya adalah meski sudah berhari-hari, rekaman siaran langsung tersebut masih bisa ditonton kembali.

Para penggemar juga dapat berkontribusi untuk menambahkan subtitle agar dapat membantu penggemar lainnya yang tidak paham bahasa Korea.

Kamu juga bisa mendapatkan konten-konten eksklusif yang tidak bisa didapatkan di platform lainnya. Misalnya untuk comeback stage special atau showcase yang hanya diunggah melalui langganan bulanan Weverse.

2. SMTown Official Application

Apakah kamu penggemar Boa, TVXQ, EXO, SNSD, Red Velvet, Super Junior, Aespa, atau artis asal SM lainnya? Nah, kamu bisa download SMTown Official Application ini di smartphone mu.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa melihat profil lengkap serta diskografi dari masing-masing arti keluaran SM Entertainment. Kamu pun bisa menikmati semua Music Video dan info lain seperti jadwal comeback hingga drama yang dibintangi.

Namun, aplikasi ini hanya digunakan untuk artis SM saja. Jadi, kamu sudah pasti tidak akan mendapatkan update dari idol di luar SM.

3. YG Select

Beda dengan sebelumnya, YG Select adalah aplikasi yang wajib dimiliki fans dari YG Entertainment seperti Big Bang, Black Pink, Treasure, iKon, Winner dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi ini, kamu tidak akan ketinggalan berita dan event terbaru dari grup bias kamu.

Jika kamu senang berburu pernak-pernik grup dan soloist K-pop, YG Select menyediakan fitur shopping yang bisa kamu manfatkan untuk berburu free gifts, promotional item, hingga barang-barang eksklusif dari YG. Kamu bahkan bisa berburu barang-barang branded yang diendorse oleh artis favoritmu di sini.

4. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming lagu legal yang pas buat kamu yang senang mendengarkan lagu-lagu Kpop. Aplikasi ini memiliki koleksi lagu Kpop yang sangat lengkap, bahkan untuk lagu Korea di luar genre Pop.

Dengan tampilan muka yang mudah digunakan, kamu bisa menemukan beragam artis Kpop populer seperti BTS, Blackpink, G-Dragon, Ailee, Ateez, Twice, Sunmi, Chungha, Red Velvet, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa menemukan playlist Kpop agar kamu tidak perlu repot membuatnya lagi.

5. Kakao Talk

App Kpop lainnya yang harus kamu punya yaitu KakaoTalk. Kakao Talk merupakan aplikasi chatting orang Korea. Para idol juga biasanya menggunakan Kakao Talk untuk berkomunikasi langsung dengan para penggemarnya.

Tidak seperti aplikasi chatting pada biasanya, melalui Kakao Talk kamu bisa terhubung dengan komunitas. Jadi, kamu bisa masuk ke dalam grup yang berisikan teman satu fandom. Asik, bukan?

Tidak hanya itu, Kakao Talk juga bisa digunakan untuk membuat akun di berbagai situs voting Kpop. Jadi, kamu bisa membuat akun sebanyak-banyaknya untuk mendukung idol grup favoritmu.

6. Idol Champ

Idol Champ adalah aplikasi resmi dari MBC yang menyediakan integrasi sempurna dengan acara musik mereka. Di sini kamu bisa mengikuti voting untuk acara Show Champion, di mana suara kamu bisa menentukan apakah grup kamu bisa jadi juara di acara tersebut.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa melakukan voting untuk menampilkan artis idola kamu di waiting room, ikut membantu Comeback M/V mereka, hingga membuat mereka jadi cover majalah terkenal. Kamu pun bisa memberikan support tambahan melalui chamsim yang bisa didapat melalui kuis.

Bagi fans, kamu pun bisa menikmati banyak beneft dari aplikasi ini. Mulai dari reward jika artis yang kamu vote berhasil menang, mengikuti event dari MBC, hingga menonton acara-acara MBC, termasuk preview dan behind the scenes mereka.

7. MuBeat

Aplikasi voting Kpop lain yang bisa kamu coba adalah MuBeat. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membantu idol kamu menang di acara seperti Show! Music Core. Selain itu kamu pun bisa mengikuti voting untuk memilih artis yang bisa tampil dalam sesi QnA yang dilakukan muBeat.

Aplikasi buat vote idol Kpop Mubeat

Buat kamu yang senang menonton video, MuBeat juga menyediakan beragam video Kpop HD lengkap, mulai dari debut mereka hingga yang terbaru. Kamu bahkan bisa mengakses Focused Cams hingga acara original MuBeat yang dihadiri idolamu. Dan yang menarik, jumlah video yang kamu tonton nantinya akan dihitung dalam MuBeat Chart dan Gaon Social Chart lho!

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah fitur interaksi sosialnya. Di sini kamu bisa saling terhubung dengan fans Kpop lain dari seluruh dunia dan saling berbagi informasi mengenai artis idolamu.

8. Choeaedol

Masih soal voting, aplikasi wajib kpop lain yang bisa kamu instal di hp Android dan iPhone adalah Choeaedol. Beda dengan aplikasi voting kpop lainnya, Choeaedol lebih fokus pada polling komunitas. Jadi selain mengikuti voting idol dan lagu kpop terbaik, kamu juga bisa menemukan voting mengenai idol paling pintar, idol yang ingin kamu ajak liburan, idol yang kira-kira jago olahraga tertentu, dan sejenisnya.

9. Tik Tok

Para idol Korea sekarang mulai eksis di Tik Tok. Melalui platform ini mereka biasanya membagikan video-video yang dibuat sendiri. Berbeda dengan video resmi lainnya, sebagian besar mengedit videonya sendiri, lho!

Tidak hanya mendapatkan konten asli dari idolamu, kamu juga dapat mengikuti challenge dari mereka. Misalnya challenge Zico - Any Song yang cukup viral. Bahkan non-kpopers pun banyak yang mengikuti challenge ini.

Idol lainnya yang juga tidak kalah eksis yaitu Jeon Somi - What You Waiting For, Jessi - Nunu Nana, CLC - Helicopter, dan lainnya. Kamu dapat mencoba salah satunya dan mengunggah di akun milikmu.

10. Kpoppo

Sering ketinggalan berita-berita terbaru dari idolamu? Jangan khawatir. Kamu tidak akan lagi ketinggalan setelah mengunduh aplikasi Kpoppo.

Aplikasi berita Kpop Kpoppo

Kpoppo merupakan platform berita yang menyediakan berita ter-up-to-date. Jadi, kamu bisa langsung mengetahui kabar terbaru dari idolamu secara cepat. Menariknya, kamu bisa memfilter berita yang kamu baca berdasarkan artis yang ingin kamu ikuti.

Kpoppo sendiri lebih dari sekadar portal berita karena kamu juga bisa melakukan banyak hal lain, seperti melakukan voting, bergabung bersama komunitas, serta menyimpan berita menarik yang sudah kamu baca.

11. Dailymotion

Aplikasi orang Korea menarik yang bisa kamu unduh adalah dailymotion. Jika sudah menyukai seorang idol atau grup tentu kamu akan penasaran dengan mereka, kan?

Kamu bisa mendapatkan berbagai konten menarik berupa video melalui dailymotion. Apalagi kamu merupakan penggemar TWICE, 2PM, ITZY, Stray Kidz, dan artis asal JYP lainnya.

Kamu bisa mendapatkan semua kontennya secara lengkap. Sebab, dailymotion bekerja sama dengan JYP. Namun, jangan khawatir karena kamu juga bisa menikmati konten lainnya dari artis lain.

12. Amino

Aplikasi lain yang wajib dimiliki fans Kpop adalah Amino. Di sini kamu bisa saling berbagi dengan pengguna lain mengenai beragam hal mulai dari musik, bahasa, budaya, idols, dan banyak lagi, termasuk K-Pop.

Khusus buat kamu penggemar kpop, kamu bisa berkumpul bersama dengan penggemar grup idol lainnya dari seluruh dunia dan membicarakan banyak hal mengenai bias kamu mulai dari fan art, fan fiction, airport fashion, sampai kabar terbaru mereka.

13. Bubble

Bubble jadi salah satu aplikasi Kpop yang cukup viral, karena di sini kamu bisa terhubung langsung dan ngobrol dengan artis idolamu. Kamu sendiri bisa menginstal Bubble sesuai dengan artis yang kamu ikuti seperti Bubble for JYPNation, Bubble Starship, atau Bubble Cube.

Aplikasi chat idol Korea Bubble

Meski tidak gratis, aplikasi chat idol Korea ini memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan pesan serta dedicated content dari artis yang kamu ikuti. Kamu bahkan bisa mendapatkan pesan kustom di mana nama kamu disebutkan langsung oleh sang idol lho!

Dan jangan khawatir masalah bahasanya. Pesan kamu bisa secara otomatis diterjemahkan ke bahasa Korea dan sebaliknya agar komunikasi kamu lancar.

14. PICKIT

PICKIT adalah aplikasi digital trading card di mana kamu bisa mengkoleksi, membeli, dan menjual foto ekslusif resmi idolamu. Kamu pun bisa berinteraksi dan bergabung dengan fans lain di seluruh dunia yang punya hobi koleksi foto yang sama.

Cara pakainya sendiri cukup mudah di mana kamu hanya perlu mencari idolamu lalu buka card pack yang kamu dapat. Kartu ini juga bisa didapat menggunakan koin yang bisa didapat dengan cara login setiap hari, melakukan misi tertentu, menjual koleksi foto, atau membelinya.

Untuk saat ini, PICKIT hanya memiliki koleksi resmi dari beberapa grup dan soloist seperti kim Jaehwan, Everglow, IZ*ONE, LOVELYZ, hingga VERIVERY.

15. Phoning

Khusus penggemar New Jeans, Phoning jadi aplikasi wajib Kpop yang bisa kamu instal. Dengan konsep mirip Weverse, kamu bisa mengakses lagu, foto, video, dan segala info mengenai NewJeans.

Tapi tidak cuma itu, aplikasi ini menirukan sebuah telepon di mana kamu bisa menambahkan masing-masing member dalam daftar kontak kamu. Kamu pun bisa saling bertukar pesan atau bahkan mendapatkan info dan notikasi seolah-olah kamu sedang menelpon mereka.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari aplikasi ini adalah tampilannya yang mirip dengan telepon genggam jadul dari era 90-an. Selaras dengan cover album debut mereka dan obsesi GenZ terhadap hal-hal berbau retro akhir-akhir ini.

16. SNOW

Buat kamu yang senang edit foto, SNOW adalah aplikasi yang patut kamu coba, apalagi jika kamu adalah penggemar Kpop. Saat ini ada banyak artis Korea yang menggunakan aplikasi edit foto ini, seperti Taeyon, Kim So-Hyun hingga Lee Sung-Kyung.

Aplikasi edit foto Snow banyak dipakai artis Korea

SNOW sendiri cukup viral belakangan ini berkat fitur SNOW AI-nya yang mampu mengedit tampilan foto kamu jadi ala-ala Korea. Tapi di luar itu, SNOW memang dilengkapi dengan banyak fitur gratis yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi kamu yang senang selfie untuk Instagram, aplikasi edit foto artis Kpop bisa membantu kamu untuk tampil flawless dengan fitur-fitur seperti AR Makeup yang memungkinkan kamu untuk mengaplikasikan filter makeup secara langsung pada foto dan video kamu.

17. Superstar

Superstar adalah aplikasi berisi game mirip Guitar Hero, namun dengan lagu-lagu Kpop. Untuk saat ini, DalcomSoft memiliki banyak versi game ini, mulai dari group di bawah label YG, JYPNation, SMTown, FNC, Starship, hingga BrandNew.

Di aplikasi ini, kamu bisa bersaing dengan pengguna lain di seluruh dunia untuk menjadi yang terbaik di permainan ini. Kamu pun bisa mengumpulkan kartu bergambar idola kamu dan mengoleksinya di hp kamu.

18. BTS World

BTS World adalah game seru yang dibuat oleh salah satu developer game terbaik asal Korea Selatan, Netmarble. Dan meski menggunakan karakter BTS, aplikasi permainan kpop terbaik ini sangat seru dan sayang untuk dilewatkan oleh fans K-Pop manapun.

Aplikasi Kpop BTS World

Di aplikasi kpop BTS ini kamu akan berperan sebagai manajer dari Big Hit Entertainment yang ditugaskan untuk membawa BTS debut dan meraih kisah sukses mereka sendiri. Satu hal yang menarik adalah cutscene berupa video asli dari BTS yang akan membawa kamu merasakan sendiri perjalanan karir mereka selama ini. Selain itu kamu pun bisa menyimak kisah masing-masing member yang tentu tidak kalah menariknya. 


Itulah beberapa aplikasi Kpop yang wajib kamu unduh dan pasang di smartphonemu. Selain aplikasi di atas, kamu juga bisa menginstal aplikasi umum seperti Youtube, atau Instagram untuk mengikuti artis idolamu.

Namun lewat aplikasi kpop, kamu tidak hanya bisa menikmati konten-kontennya, kamu juga bisa membantu idolamu dengan cara voting dan streaming agar lebih dikenal oleh orang banyak. (Gimtekno.com)

0 Komentar