15 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik di Android - GimTekno

15 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik di Android

(Update: 12 Juli 2023) - Instagram jadi platform sosial media yang mempopulerkan tampilan visual sebagai fokus mereka. Makanya aplikasi edit foto Instagram, terutama yang gratis, jadi salah satu yang paling dicari agar pengguna bisa memposting foto terbaik mereka di platform tersebut.

Aplikasi edit foto Instagram terbaik di Android

Aplikasi edit foto tersebut sedikit berbeda dibanding image editor lain, karena di sini kamu bisa menggunakan berbagai filter khas Instagram dan langsung mengupload foto yang sudah kamu edit secara langsung.

Nah, buat kamu yang aktif dan pengen lebih eksis di Instagram, yuk percantik foto kamu terlebih dahulu dengan aplikasi edit foto Instagram terbaik berikut ini.

Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik

1. Canva

Canva sebenarnya bukan hanya aplikasi edit foto Instagram saja, tapi juga bagus untuk mengedit banyak desain visual lain seperti presentasi, poster, logo, dan masih banyak lagi. Canva sendiri dibuat untuk mempermudah kamu dalam desain sehingga alat ini mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

Cukup dengan menggunakan template yang sudah mereka sediakan, kamu sudah dapat membuat atau mengedit foto dan gambar yang nantinya bisa kamu posting di Instagram. Template tersebut pun dapat kamu modifikasi agar tampak unik dari pengguna Canva lainnya.

Versi gratis Canva sudah lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi. Jika kamu ingin fitur lebih, ada versi Pro yang akan memberikan kamu lebih banyak template, stock foto dan audio, fitur background remover, cloud storage, sampai menjadwalkan gambar yang sudah kamu buat ke berbagai platform sosial media.

2. Layout

Penasaran gak sih aplikasi edit foto Instagram kotak-kotak yang sering digunakan orang lain untuk membuat kolase foto? Tidak perlu bingung karena Instagram punya aplikasi khusus bernama Layout.

Layout, aplikasi edit foto Instagram kotak-kotak

Dengan Layout, kamu bisa menggabungkan hingga 9 foto. Kamu pun bisa mengatur tampilannya dengan tools seperti mirror, flip, swap, pinch, pull dan scale. Dan karena dibuat oleh Instagram, Layout pun dapat diintegrasikan sempurna dengan aplikasi sosmed tersebut dan menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Satu hal menarik, Layout dapat mengenali wajah yang sama pada foto-foto di galeri kamu, sehingga kamu bisa membuat kolase foto dengan mudah. Kamu pun bisa men-tag teman langsung di aplikasi ini.

3. VSCO

Rekomendasi aplikasi edit foto selanjutnya adalah VSCO, sebelumnya dikenal sebagai VSCO Cam. Tidak cuma menawarkan berbagai fitur untuk membuat foto kamu makin tjakep, aplikasi ini juga memiliki komunitas yang kuat. Dengan begitu kamu bisa berinteraksi dengan pembuat konten lain, menemukan ide baru, dan membagikan hasil edit yang kamu edit.

Pada versi gratisnya, kamu bisa menggunakan tools editing standard serta beberapa preset VSCO untuk mempercantik foto kamu. Namun jika kamu ingin sesuatu yang beda dari pengguna lainnya, kamu bisa berlangganan dan mendapatkan tambahan fitur 200+ preset, tools editing gambar yang lebih canggih, serta fitur editing video.

Tidak cuma itu saja, kamu pun bisa mendapatkan bonus konten untuk member serta berhak mengikuti kontes foto mingguan yang mereka adakan secara rutin.

4. Pixlr

Pixlr adalah salah satu aplikasi edit dan desain foto berbasis cloud nomor satu di pasaran. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula dan profesional, karena aplikasi ini memiliki berbagai alat dan fitur pengeditan foto, mulai dari yang sederhana hingga yang advanced.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengedit dan membuat foto menakjubkan di Pixlr hanya dengan beberapa langkah. Pixlr sendiri bisa diakses dari berbagai perangkat seperti browser PC atau gadget Android dan Apple.

Dengan Pixlr, kamu bisa melakukan pengeditan seperti menghapus latar belakang, membuat kolase, menambahkan animasi, template desain, dan lainnya. Jika ingin lebih banyak ftur, aplikasi ini menawarkan tiga jenis paket berlangganan kepada penggunanya, yang meliputi Paket Gratis, Premium, dan Kreatif.

5. SnapSeed

Jika kamu bosan dengan fitur dasar yang tersedia di banyak aplikasi edit foto Instagram, namun tidak terbiasa dengan rumitnya perangkat lunak photo editing profesional, maka kamu perlu mencoba Snapspeed.

Snapseed sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan Google dan dapat digunakan secara cuma-cuma. Meski gratis, Snapseed memiliki fitur elimpah yang membuatnya jadi salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik yang dapat kamu gunakan setiap hari untuk memposting konten hebat di akun Instagram kamu.

Pada Snapseed, kamu bisa menggunakan berbagai fitur seperti white balance, brush, dan menambahkan berbagai preset menarik. Selain itu kamu juga mendapatkan fitur healing untuk menghapus objek yang tidak kamu inginkan dari foto kamu. Dan tidak kalah penting, Snapseed juga bisa mengedit gambar RAW yang umumnya jadi fitur premium di aplikasi lainnya.

6. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah aplikasi pengeditan foto profesional, yang dapat kamu gunakan untuk mengatur dan mengedit foto secara cerdas untuk Instagram kamu. Kamu pun tidak perlu khawatir tentang penggunaannya karena Adobe telah menyediakan beberapa tutorial fotografi yang menakjubkan dan bisa kamu pelajari dengan cepat.

Dibandingkan aplikasi lainnya, Adobe Lightroom mungkin bukan aplikasi yang tepat untuk kamu yang senang memanipulasi foto. Meski ada tools editing foto dasar seperti cropping atau rotate, salah satu kelebihan Adobe Lightroom justru ada pada fitur retouching-nya.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa membuat foto kamu lebih 'hidup' dan memiliki warna yang lebih memikat. Apalagi apliksi ini juga dilengkapi dengan fitur AI yang bisa memberikan kamu rekomendasi preset untuk digunakan pada foto yang kamu edit.

7. PicsArt

Jika kamu menyukai aplikasi seperti Snapspeed, Pixlr, Adobe, dll., maka kamu juga pasti akan menyukai aplikasi ini. PicsArt bukan hanya aplikasi pengeditan foto dan video all-in-one, tetapi juga komunitas kreator sosial yang kreatif. Ini adalah aplikasi profesional untuk mengedit foto untuk Instagram kamu dengan mudah dan anti ribet.

Tidak seperti aplikasi edit foto lainnya di luar sana, PicsArt memiliki seperangkat alat dan template pengeditan foto dan video yang mudah digunakan. Mengedit foto pun akan semudah membalikan telapak tangan.

Tidak cuma mengedit foto, aplikasi ini pun hadir dengan fitur lain yang tidak kalah seru, seperti video editor dan collage maker. Dijamin konten visual kamu di Instagram akan jauh lebih seru dan lebih menarik.

8. PhotoRoom

Instagram kini tidak hanya digunakan untuk pemakaian pribadi saja, tapi juga untuk bisnis. Makanya tidak heran jika kamu bisa melihat banyak online store yang memanfaatkan Instagram untuk jualan dan promosi produk mereka.

PhotoRoom, aplikasi edit foto jualan di Instagram

Jika kamu butuh aplikasi untuk edit foto jualan di Instagram, PhotoRoom AI photo Editor bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik.

Salah satu fitur andalan mereka adalah Magic Retouch yang mampu menghilangkan benda atau objek yang tidak kamu inginkan di foto. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat foto produk yang lebih baik dengan latar belakang pilihan kamu sendiri. Kamu bahkan bisa menambakan teks, logo, atau membuat foto produk dalam bentuk kolase.

9. PixelCut

Aplikasi edit foto lain yang juga hadir dengan fitur background remover adalah PixelCut. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur magic eraser yang bisa membantu kamu menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto.

Hal ini membuat PixelCut sangat cocok untuk kamu yang membuka olshop di Instagram. Kamu pun bisa mengambil foto produk yang keren tanpa bantuan alat mahal maupun tenaga profesional.

Satu hal menarik, aplikasi ini juga memiliki fitur Magic Writer yang bisa membantu kamu untuk membuat caption berisi deskripsi produk dan hashtag menggunakan teknologi AI dari ChatGPT lho!

10. Instasize

Sesuai dengan namanya, Instasize jadi aplikasi yang pas untuk kreator konten, terutama Instagram. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit foto kamu terlebih dahulu sebelum di posting di feed atau story Instagram.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan lebih dari 80 filter berbeda yang dapat memberi 'warna' berbeda pda foto kamu. Selain itu kamu juga bisa mengatur tampilan foto secara manual dengan mengubah kontras, tingkat kecerahan, exposure, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang jarang ditemukan pada aplikasi lain di daftar ini adalah fitur collage maker-nya. Dengna fitur ini, kamu bisa membuat foto kolase dengan menggabungkan beberapa foto sekaligus dalam sebuah frame dengan layout yang berbeda-beda.

11. StoryArt

Buat kamu yang sering bikin story, StoryArt bisa jadi aplikasi edit foto Instagram yang pas buat kamu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit foto dan video dengan tampilan yang profesional agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak like dan followers dengan konten yang kamu buat.

Di aplikasi ini kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur seperti 2000+ story template siap pakai, animasi, highlight cover maker, filter, hingga berbagai macam font yang bisa kamu gunakan sesuai dengan quotes yang ingin kamu unggah ke Instagram.

Tidak cuma edit foto saja, kamu pun bisa mengedit video dengan aplikasi ini juga lho! Tidak salah deh kalau StoryArt jadi salah satu aplikasi Instagram Story terbaik di Android!

12. Fotogenic

Buat kamu yang doyan selfie, Fotogenic bisa jadi aplikasi edit foto Instaram yang harus kamu coba. Dengan beragam fitur di dalamnya, kamu bisa mengubah semua foto selfie kamu lebih cetar membahana sebelum diupload ke sosial media.

Pada aplikasi ini kamu bisa mendapatkan banyak tools editing keren untuk menyesuaikan warna, mengatur tingkat kecerahan gambar, atau tools Paint buat kamu yang senang menggambar di atas foto kamu.

Dan yang paling penting, Fotogeni juga punya fitur Beauty yang bisa 'memperbaiki' tampilan wajah kamu, serta stretchslimmer, atau bodybuilding yang cocok untuk kamu yang ingin tampil lebih fit.

13. SNOW

SNOW jadi aplikasi edit foto yang sedang hits dan viral di Instagram, apalagi setelah para artis menggunakan fitur SNOW AI untuk mengubah tampilan wajah mereka menjadi ala-ala Korea.

SNOW, aplikasi edit foto Instagram yang sedang trend dan viral

Namun di balik itu SNOW juga menawarkan banyak fitur yang bisa membuat foto Instagram kamu makin keren, salah satunya adalah AR Makeup yang mampu mengaplikasikan makeup virtual pada foto secara real-time, bahkan video kamu.

SNOW sendiri juga jadi salah satu aplikasi edit foto andalan artis dan idol Kpop Korea. Makanya SNOW jadi salah satu aplikasi wajib Kpopers yang ingin meniru idola mereka.

14. Facetune

Facetune jadi aplikasi edit foto bagus untuk Instagram, terutama untuk kamu yang senang selfie. Fitur-fitur di dalamnya pun kebanyakan dirancang khusus untuk fto-foto portrait, alih-alih foto pemandangan.

Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melihat berbagai fitur yang mampu 'memperbaiki' foto selfie kamu, seperti pemutih gigi, penghalus kulit, pengubah warna mata, penambah makeup, dan masih banyak lagi.

15. Phonto

Kebanyakan aplikasi image editor memiliki fitur agar kamu bisa menambahkan tulisan pada foto yang ingin kamu posting. Namun jika kamu butuh aplikasi sederhana yang khusus dibuat untuk hal tersebut, Phonto bisa jadi rekomendasi terbaik untukmu.

Phonto, aplikasi edit foto tulisan di Instagram

Beda dengan aplikasi lain di daftar ini, Phonto khusus menyediakan aplikasi edit foto tulisan di Instagram dan Facebook. Opsi seputar teks yang bisa kamu gunakan pun sangat beragam, dan cocok untuk kamu yang senang posting quote, kata-kata mutiara, atau menambahkan lirik lagu sebagai caption di foto kamu.

Selain menyediakan lebih dari 200 font, kamu pun bisa mengubah warna dan ukuran teks, memutar teks, mengganti warna background, serta mengatur blend mode agar tulisan kamu makin tampak menyatu dengan foto yang kamu gunakan.


Gimana, ada banyak kan aplikasi edit foto Instagram yang bisa kamu pakai? Dengan semua fitur di dalamnya, foto kamu dijamin jadi lebih keren saat diupload ke sosial media. Tidak cuma mudah, kebanyakan aplikasi di atas juga gratis. Jadi kamu tidak akan rugi kok! (Gimtekno.com)

0 Komentar