19 Game Spiderman Terbaik di Android, PC dan Konsol - GimTekno

19 Game Spiderman Terbaik di Android, PC dan Konsol

Pertama kali muncul di Atari 2600 pada tahun 1982, Spider-Man kini telah memiliki puluhan judul game di berbagai platform, termasuk cameo di banyak game Marvel. Karena itulah, menarik untuk melihat permainan apa saja yang jadi game Spiderman terbaik di Android, PC dan konsol game.

Spiderman sendiri merupakan salah satu tokoh superhero yang banyak digemari, apalagi setelah beberapa filmnya muncul. Tidak cuma anak kecil, banyak juga orang dewasa yang menyukai karakter manusia laba-laba tersebut.

Dengan kemampuan dan gaya bertarung yang unik, Spiderman juga seringkali jadi salah satu karakter yang seru untuk dimainkan dalam sebuah permainan. Siapa sih yang tidak senang beradu skill sambil berakrobat ria melawan musuh-musuh ikonik seperti Doctor Octopus, Green Goblin, atau Sandman?

Nah, buat kamu menyukai tokoh bernama asli Peter Parker tersebut, berikut adalah beberapa game Spiderman terbaik di Android dan PC yang bisa kamu mainkan. Beberapa di antaranya ada yang gratis dan bisa dimainkan offline lho!

Game Spiderman Terbaik di Android dan iOS

1. The Amazing Spider-Man 2

The Amazing Spider-Man 2 jadi salah satu game Spiderman yang menjadi favorit banyak orang. Sesuai dengan judulnya, The Amazing Spider-Man 2 merupakan game buatan Gameloft yang juga merupakan sekuel dari game dengan judul yang sama dan mencakup semua elemen yang membuat pendahulunya begitu menarik.

Game spiderman Terbaik di Android, The Amazing Spider-Man 2

Di dalam game ini, kamu akan berperan sebagai Spiderman dan menjelajahi kota Manhattan untuk bertarung dengan gangster, menolong petugas polisi yang terluka ke rumah sakit, dan banyak lagi. Selain itu, karakter kamu juga akan dilengkapi dengan spider-sense agar kamu bisa mendapatkan peringatan ketika musuh akan menyerang.

Meski tersedia di Google Play Store, game ini terbatas untuk mobile gamers dari Cina saja. Kamu yang ingin mencobanya masih bisa menemukan game ini di situs download apk seperti APKAward atau APKCombo.

2. MARVEL Contest of Champions

Marvel Contest of Champions adalah game berantem keluaran 2014 di mana kamu bisa bertarung menggunakan hero dan penjahat dari dunia Marvel, termasuk Spiderman. Sekilas game Android ini akan mengingatkan kita pada salah satu game Capcom terbaik, Marvel vs Capcom, mengingat ada banyak karakter yang bisa kamu pilih.

Marvel Contest of Champions


Dalam game ini, kamu bisa bermain sebagai Spiderman, atau memilih karakter apa pun dari Marvel dan DC. Selain itu, game pertarungan satu lawan satu klasik ini menawarkan mekanisme online, aliansi dengan pemain lain, dan berbagai kampanye menarik yang bisa kamu ikuti.

Tidak cuma itu, game gaya tempur game spiderman gratis ini diperbarui secara berkala dengan fitur-fitur baru. Kontrol yang mudah, grafik yang mengesankan, daftar karakter yang hebat, dan bisa dimainkan secara gratis menjadikan game Spiderman ini jadi salah satu yang paling dicintai sepanjang masa.

3. MARVEL Future Fight

Marvel Future Fight adalah game bertema superhero dengan sudut pandang (POV) orang ketiga. Mirip dengan MARVEL Contest of Champions, kamu pun bisa memilih beragam karakter dari dunia Marvel, mulai dari The Avengers, Inhumans, Defenders, X-Men, dan tentu saja Spider-Man.

MARVEL Future Fight

Di game ini, kamu bisa membuat tim berisi tiga karakter dan memakainya untuk memenuhi quest. Setelah misi selesai kamu bisa mengupgrade jagoan kamu dan menaikan level tim secara keseluruhan untuk menantang misi yang lebih berat lagi. Kamu pun bisa menguji kekuatan tim kamu dalam mode PvP.

Satu hal menarik, tim yang kamu bentuk pun bisa mendapatkan bonus efek tertentu bila dilakukan dengan kriteria tertentu. Misalnya saja jika kamu mengisi tim dengan member The Avengers, X-Men, atau The Guardian of the Galaxy.

4. MARVEL Strike Force: Squad RPG

Marvel Strike Force adalah game RPG aksi yang dikembangkan oleh Scopely. Dengan grafik dan gameplay yang menarik, ini bisa jadi game Spiderman terbaik dan paling adiktif yang pernah kamu mainkan.

MARVEL Strike Force: Squad RPG

Game ini sendiri bercerita mengenai bumi yang diserang oleh makhluk asing. Hal ini membuat semua hero dan penjahat bergabung untuk mempertahankannya. Di sini kamu dapat mulai berperan sebagai Spiderman, dan setelah mendapatkan hadiah, kamu dapat membuka kunci pahlawan lain seperti Luke Cage hingga petugas medis S.H.I.E.L.D.

Mirip dengan game RPG pada umumnya, kamu pun bisa mengupgrade dan meningkatkan skill karakter yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengatur strategi untuk memilih karakter yang paling cocok untuk beberapa jenis musuh tertentu.

5. MARVEL Spider-Man Unlimited

Beda dengan game Spiderman terbaik di Android lainnya, MARVEL Spider-Man Unlimited merupakan game lari-larian alias endless running. Kamu pun bisa merasakan serunya berlari dan bertarung sambil berayun-ayun dengan jaring Spider-Man.

MARVEL Spider-Man Unlimited by Gameloft

Di game buatan Gameloft ini, kamu bisa memainkan hingga ratusan karakter dari Dunia Spider-Man. Tidak cuma beragam versi Spider-Man dan Spider-Woman, kamu pun bisa memainkan karakter Venom, Symbiote, hingga Mary Jane Watson.

Dalam mode Cerita, kamu bisa bertarung di Manhattan yang kacau dalam 7 lokasi Marvel yang berbeda. Kamu pun bisa melawan salah satu bos Sinister Six di akhir misi, mulai dari Green Goblin, Vulture, Electro, Sandman, Doc Ock hingga Mysterio.

6. Spider Fighter 3

Spider Fighter adalah serial game di mana kamu berperan sebagai Peter yang mendapatkan kemampuan bak laba-laba setelah digigit oleh hewan tersebut. Meski mirip kisah Peter Parker di Spider-Man, Spider Fighter bukanlah aplikasi resmi dari franchise tersebut.

Spider Fighter 3

Meski bukan game official, Spider Fighter 3 benar-benar mampu merealisasikan karakter manusia laba-laba dengan sempurna dan layak disebut sebagai salah satu game Spiderman terbaik di Android dan iOS. Pada seri ke-3-nya ini, Spider of Fighter menambahkan banyak fitur baru yang pastinya memanjakan penggemar Spiderman.

Dengan peningkatkan grafis, Spider Fighter 3 hadir dengan dunia open-world yang bebas kamu jelajahi. Kamu pun bisa menyelesaikan beragam misi sambil mencari rahasia tersembunyi di kota. Tidak ketinggalan, ada banyak kostum baru yang hadir dengan kemampuan unik yang bisa membantu kamu mengalahkan kejahatan.

7. Spider Girl

Masih dari developer yang sama, Starplay juga membuat game mirip Spiderman di Android bernama Spider Girl. Sesuai namanya, di sini kamu akan memainkan karakter dengan gender berbeda yang terinspirasi dari Spider Gwen dan kostumnya yang khas.

Spider Girl

Untuk gameplaynya sendiri tidak jauh berbeda dari Spider Fighter di mana kamu harus mengalahkan segerombolan anggota geng dan melawan bos mereka. Menariknya, menyelesaikan misi akan memungkinkan kamu memakai hero Marvel lain.

8. Ultimate Spider-Man: Total Mayhem

Ultimate Spider-Man: Total Mayhem adalah game Spiderman yang dirilis pada tahun 2010 di Android dan iOS oleh Gameloft. Meski gamenya tidak lagi bisa ditemukan di Play Store dan App Store, kamu masih bisa download apk game ini di beberapa situs.

Ultimate Spider-Man: Total Mayhem

Ultimate Spider-Man: Total Mayhem sendiri mengambil tempat pada Ultimate Marvel Universe (Earth-1610) dengan musuh-musuh ikonik Spiderman seperti Electro, Rhino, hingga Sandman.

Di sini, kamu bisa merasakan serunya jadi seorang Spiderman, mulai dari berayun dari satu tempat ke tempat lainnya, menggunakan spider-sense untuk menghindari serangan lawan, sampai menggunakan kombo serangan dengan gerakan khas Spidey yang akrobatik.

Game Spiderman Terbaik di PC dan Konsol

9. MARVEL's Spider-Man (2018)

Platform: PC, PS4, PS5

Tercatat sebagai game terlaris PS4 saat ini, wajar melihat nama MARVEL's Spider-Man sebagai salah satu game Spiderman terbaik di PC. Game ini bahkan hampir selalu masuk dalam daftar game terbaik di tahun rilisnya.

Game Spiderman terbaik di PC, MARVEL's Spider-Man (2018)

MARVEL's Spider-Man sendiri merupakan game Spiderman pertama yang dibuat oleh Insomniac setelah sebelumnya lebih banyak dibuat Activision. Game ini pun seakan menjadi reboot bagi franchise ini yang menghadirkan dunia baru Earth-1048 yang lebih terkait dengan film barunya dibandingkan versi komiknya.

Dari segi gameplay, game ini mirip dengan GTA dengan konsep open world di mana kamu bisa berkeliling kota, berbicara dengan NPC, hingga menyelesaikan misi dan membuka gadget dan kostum baru. Pertarungan pun dilakukan dengan kemampuan khusus Spiderman yang lincah dan fokus pada penggunaan kombo.

Dibandingkan game sebelumnya, berayun dari satu lokasi ke lokasi lainnya terasa lebih realistis. Apalagi sebelumnya Insomniac juga membuat game dengan konsep yang serupa di Sunset Overdrive. Jaid buat penggemar Spiderman yang ingin mencoba gamenya di PC atau Playstation, MARVEL's Spider-Man akan sangat cocok jadi game pertamamu.

10. MARVEL's Spider-Man: Miles Morales (2020)

Platform: PC, PS4, PS5

Menyusul kesuksesan MARVEL's Spider-Man pertama, muncullah spin-off berjudul Miles Morales yang mengambil karakter baru dari komik Spider-Man. Sesuai judulnya, di sini kamu akan berperan sebagai Miles yang harus melindungi Harlem dari ancaman perang Roxxon Energy Corporation dan pasukan perang Underground yang dipimpin Tinkerer.

Spider-Man: Miles Morales

Secara umum, game ini mirip dengan pendahulunya, namun dengan tambahan kekuatan dan gadget baru. Jadi selain menggunakan jaring laba-labamu, karakter kamu juga bisa mengeluarkan jurus Venom Blast atau Mega Venom Blast, serta berkamuflasi untuk menyamarkan diri.

Satu hal menarik, di beberapa bagian kamu bisa mengontrol Miles saat tidak menjadi Spider-Man. Kamu pun tidak bisa memakai kemampuan dan gadget yang kamu miliki. Hal ini jadi daya tarik unik MARVEL's Spider-Man: Miles Morales yang membuatnya jadi salah satu game Spiderman terbaik.

11. MARVEL's Spider-Man 2 (2023)

Platform: PS5

Kesuksesan dua game sebelumnya jadi tantangan bagi Insomniac untuk menghadirkan karya yang jauh lebih baik dari dua pendahulunya. Namun melihat dari rating dan tala penjualan, MARVEL's Spider-Man 2 mampu jadi sekuel yang diidamkan para pecinta Spider-Man.

MARVEL's Spider-Man 2 (2023)

Game yang dibuat khusus untuk Playstation 5 ini memiliki cerita yang meneruskan dua seri sebelumnya dengan musuh baru Kraven the Hunter dan Venom. Di game ini kamu bisa mengontrol karakter Peter Parker dan Miles Morale dan memakainya secara bergantian, masing-masing dengan cerita mereka sendiri serta misi yang disesuaikan dengan kemampuan mereka.

Dibanding dua game Insomniac sebelumnya, Spider-Man 2 hadir dengan dunia yang lebih luas dengan tambahan kota Brooklyn dan Queens. Kostum Spider-Man pun mendapat tambahan sayap yang membuatnya dapat berkeliling kota lebih cepat melalui wind tunnel. Selain itu keberadaan Symbiote pun akan membuat Peter Parker memiliki kekuatan alien yang unik mirip dengan komiknya.

12. Spider-Man: Shattered Dimensions (2010)

Platform: PC, PS3, NDS, Wii, Xbox 360

Game Spiderman terbaik selanjutnya adalah Spider-Man: Shattered Dimensions yang dirilis pada tahun 2010. Game ini memiliki konsep unik di mana kamu bisa memainkan empat versi Spiderman sekaligus (tiga pada NDS).

Game Spiderman Terbaik di PS3, Spider-Man: Shattered Dimensions (2010)

Konsep multiverse ini akan membawa kita pada dunia dari empat dimensi yang berbeda, mulai dari dunia the Amazing Spider-Man, Spider-Man Noir, Spider-Man 2099, serta Ultimate Spider-Man. Masing-masing dunia pun dibuat dengan style dan artwork yang berbeda-beda sesuai penggambaran di komik mereka.

Tidak cuma itu, kemampuan masing-masing karakter kamu pun berbeda, seperti Spider-Man Noir yang memilih gaya bertarung khas assassin dan teknik stealth-nya, atau Spider-Man 2099 yang dapat memperlambat waktu untuk menangkal serangan lawan. Cerita yang saling bertaut pun membuat Shattered Dimension memiliki plot yang menarik untuk diikuti.

13. Spider-Man: Web of Shadows (2008)

Platform: PC, PS2, PS3, PSP, Wii, Xbox 360, NDS

Spider-Man: Web of Shadows adalah game Spiderman unik yang fokus pada moralitas sang superhero. Dengan cerita yang cenderung lebih gelap, kamu bisa memilih untuk menjadi Spider-Man baik yang dicintai orang banyak, atau Spider-Man jahat yang ditakuti.

Spider-Man: Web of Shadows (2008)

Pada beberapa momen dalam game, kamu akan dihadapkan pada pilihan yang bisa mempengaruhi reputasimu. Menariknya, reputasi ini juga bisa mempengaruhi karakter yang bisa kamu summon dalam pertarungan. Spider-Man baik dapat memanggil superhero seperti Luke Cage, Moon Knight, atau Wolverine. Sementara spider-Man jahat bisa memanggil penjahat seperti Vulture, Rhine, atau Electro.

Sebagai info tambahan, game yang dirilis pada tahun 2008 ini dirilis untuk banyak konsol berbeda. Meski begitu ada perbedaan besar pada setiap konsol yang membuat tampilan game berbeda. Versi PC, PS3 dan Xbox 360 menampilkan game open world 3D, versi PS2 dan PSP akan menampilkan game side-scrolling beat 'em up' dalam tampilan 2.5D, sementara versi NDS-nya merupakan game side-scrolling 2D dengan gameplay mirip Metroid atau Castlevania.

14. Ultimate Spider-Man (2005)

Platform: PC, PS2, Xbox, GBA, GameCube, NDS

Ultimate Spider-Man adalah game Spiderman yang dibuat mengikuti cerita dalam komik dengan judul yang sama. Game ini bahkan dibuat dengan gaya tampilan yang mengikuti gambar dalam komik tersebut. Di sini kamu akan ditugaskan untuk menyelidiki Trask Industries dan hubungannya dengan Venom symbiote dan kematian orang tuanya.

Ultimate Spider-Man (2005)

Sama seperti sebelumnya, setiap konsol menampilkan gameplay yang sedikit berbeda. Pada versi PC, PS2 dan Xbox, kamu bisa menelusuri dunia open world yang terinspirasi dari kota Manhattan dan Queens. Kamu pun bisa menyelesaikan misi yang tersebar di beberapa tempat.

Satu hal yang membuat game ini menarik adalah fitur yang membuat kamu bisa bermain sebagai Spider-Man dan Venom sekaligus. Masing-masing memiliki kemampuan yang akan membuat eksplorasi dan pertarungan jadi menarik. Keduanya pun memiliki cerita-nya sendiri yang nantinya akan saling bertaut.

15. Spider-Man (2002)

Platform: PC, PS2, Xbox, GameCube, GBA

Game Spider-Man atau Spider-Man: The Movie yang rilis pada tahun 2002 dibuat sebagai pelengkap dari film dengan judul yang sama. Popularitas film-nya pun diikuti oleh kesuksesan game Spider-Man dan membuatnya layak masuk daftar game Spiderman terbaik di PC dan konsol.

Game Spiderman terbaik di PS2, Spider-Man: The Movie (2002)

Meski sebagian besar plot-nya sama, game ini hadir dengan lebih banyak lokasi, adegan serta penjahat tambahan yang tidak ada di film-nya. Kamu pun bisa berayun layaknya Spiderman meski kegagalan akan mendatangkan instant death pada karakter kamu.

Satu hal menarik dari game ini adalah sistem penilaian yang didasarkan pada beberapa aspek tertentu. Sebagai contoh, Time mengharuskan kamu untuk menyelesaikan level dalam waktu tertentu, Style akan meminta kamu untuk membuat kombo sebanyak-banyaknya, Secrets mewajibkan kamu untuk mencari lokasi tersembunyi, dan masih banyak lagi.

16. Spider-Man 2 (2004)

Platform: PC, PS2, Xbox, GameCube, GBA, NDS, PSP, Mobile

Spider-Man 2 merupakan sekuel dari game sebelumnya yang juga dirils bersamaan dengan terusan film Spider-Man pada tahun 2004. Game ini memiliki kisah yang secara umum mirip, meski dengan penambahan adegan dan karakter, serta kemunculan penjahat lain selain Doctor Octopus.

Spider-Man 2 (2004)

Dibandingkan pendahulunya, Spider-Man 2 meningkatkan semua hal, mulai dari mekanisme permainannya, dunia open-world yang lebih luas, sampai pertarungan yang lebih kompleks.

Spider-Man 2 sendiri sering disebut sebagai salah satu game Spiderman terbaik sepanjang masa. Ceritanya yang menarik dan tampilannya yang masih terbilang baik membuat game ini masih enak dimainkan di zaman sekarang.

17. Spider-Man (2000)

Platform: PC, PS1, N64, GBC, Dreamcast

Game Spider-Man yang diliris pada tahun 2000 akan selalu dikenang sebagai game Spiderman terbaik sepanjang masa berkat berbagai inovasi yang mereka lakukan di game tersebut.

Game Spiderman terbaik di PS1, Spider-Man (2000)

Pertama, game menampilkan grafik 3D setelah semua game Spiderman sebelumnya memakai grafik 2D. Hal ini pun membuat game Spider-Man mampu menggambarkan gerakan Spiderman dengan lebih realistis di zamannya, mulai dari saat merayap di dinding hingga saat berayun dari satu bangunan ke bangunan lainnya.

Game ini pun mampu menggambarkan cerita dalam komik dengan sempurna, termasuk kehadiran tokoh-tokoh ikonik seperti Scorpion, Rhino, Venom, dan Mysterio. Mereka bahkan menyiapkan karakter baru bernama Monster Ock yang merupakan gabungan Doctor Octopus dan Carnage.

Hal lain yang juga membuat penggemar Spiderman bersuka cita adalah kehadiran pengisi suara dari kartun Spiderman di zaman tersebut. Narasi yang dilakukan oleh Stan Lee sang pencipta karakter Spiderman pun semakin membuat game ini melegenda.

18. Spider-Man and Venom: Maximum Carnage (1994)

Platform: SNES, Mega Drive Genesis

Spider-Man and Venom: Maximum Carnage adalah game bet 'em up' dengan tampilan piksel khas konsol jadul. Meski awalnya mendapat respon yang biasa saja, belakangan ini Spider-Man and Venom: Maximum Carnage mendapatkan apresiasi lebih dan dianggap sebagai game Spiderman terbaik dari era 16-bit.

Spider-Man and Venom: Maximum Carnage

Maximum Carnage sendiri merupakan game Spiderman pertama yang dibuat mengikuti kisah di komik-nya. Di game ini, kamu akan bertarung bersama Venom untuk mencegah kejahatan yang dilakukan Carnage dan anak buahnya.

Satu hal menarik dari game ini adalah adanya item tersembunyi yang memungkinkan kamu untuk men-summon karakter Marvel seperti Captain America, Black Cat atau Iron Fist. Tergantung siapa yang men-summon mereka, karakter hero tersebut bisa membantu dalam berbagai cara, meski efektivitasnya akan tergantung karakter yang kamu pakai, Spiderman atau Venom.

19. Spider-Man: The Video Game (1991)

Platform: Arcade

Dari awal 90-an, ada game Spider-Man: The Video Game yang sempat jadi game paling banyak dimainkan di arcade. Tidak cuma itu, game ini bahkan sering disebut sebagai salah satu game superhero terbaik di zamannya.

Game Spider-Man terbaik di Arcade, Spider-Man: The Video Game (1991)

Spider-Man: The Video Game merupakan game beat 'em up' khas arcade dengan tampilan piksel yang masih cukup menarik untuk dilihat. Di sini kamu pun bisa melalui 16 level dengan musuh-musuh ikonik seperti The Sinister Six hingga Doctor Doom.

Meski bisa dimainkan sendirian, game ini juga memungkinkan kamu untuk bermain co-op hingga empat pemain. Nantinya kamu bisa memakai karakter tambahan seperti Black Cat, Hawkeye, dan Sub-Mariner. Jika kamu ingin mencobanya, ada beberapa situs yang memungkinkan kamu untuk bermain Spider-Man: The Video Game secara online lho!


Itulah dia beberapa game Spiderman terbaik di Android, PC, dan konsol yang bisa kamu coba. Meski game keluaran terbaru menyajikan tampilan dan gerakan yang lebih realistis, game Spiderman jaman dulu juga punya keunikan tersendiri dan bahkan sama asiknya untuk dimainkan. (GimTekno.com)

0 Komentar