18 Game Alien Terbaik untuk Semua Platform - GimTekno

18 Game Alien Terbaik untuk Semua Platform

(Update: 29 Agustus 2023) - Alien jadi salah satu makhluk yang membuat manusia penasaran. Makanya game alien jadi genre yang cukup menarik untuk dimainkan. Meski kebanyakan alien dijadikan musuh dalam game, ada juga beberapa gim yang justru menjadikan alien sebagai salah satu karakter yang bisa kita mainkan.

Nah, buat kamu yang senang dengan game berlatar belakang luar angkasa yang penuh dengan alien dan makhluk aneh lainnya, berikut adalah beberapa game alien terbaik di mana kamu bisa perang melawan alien atau membantu mereka dalam misi.

Game Alien Terbaik

1. Mass Effect Legendary Edition

Release: 2021, Platform: PC, Playstation 4, Xbox One

Mass Effect Legendary Edition

Mass Effect adalah franchise game yang terkenal dengan alur cerita menarik seputar politik luar angkasa, lengkap dengan dunia yang dibuat secara detail. Mass Effect Legendary Edition bisa jadi gerbang untuk menyelami trilogi Mass Effect dengan tampilan yang lebih fresh dan peningkatkan gameplay yang mirip dengan game baru mereka.

Alien sendiri memegang peranan penting di game ini dan semakin memperkaya kedalaman serta keragaman cerita. Masing-masing alien pun memiliki kemampuan, budaya, serta sejarah yang memiliki andil pada posisi mereka dalam kisah di game ini.

Mulai dari Asari yang bisa hidup ribuan tahun, Krogan yang ganas, hingga Quarian dan kemajuan teknologinya, ras alien mampu menghadirkan intrik yang berbeda ke dalam gameplay. Kamu pun bisa memiliki alien sebagai sidekick yang akan membantu kamu untuk menyelesaikan beragam misi di Mass Effect.

2. The Eternal Cylinder

Release: 2021, Platform: PC, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series X/S

The Eternal Cylinder

Game alien lain yang harus kamu coba adalah The Eternal Cylinder, sebuah game aksi-petualangan di mana kamu berperan sebagai makhluk asing bernama Trebhums.

Trebhum sendiri merupakan alien dengan belalai seperti gajah yang hidup di sebuah planet yang eksotis. Sepanjang perjalanan kamu harus bisa menjawab teka-teki dan tantangan, serta menyelamatkan dunia yang sedang berada di ambang kehancuran karena benda misterius yang terus-menerus menghancurkan planet tersebut.

Satu hal yang menarik, Trebhum memiliki kemampuan untuk bermutasi dengan berbagai item yang yang kamu temukan di lingkungan sekitar. Mutasi ini akan mempengaruhi beberapa anggota tubuh Trebhum dan membuatnya memiliki kemampuan tambahan yang bisa membantu kamu menyelesaikan misi.

3. Aliens: Dark Descent

Release: 2023, Platform: PC, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series X/S

Aliens: Dark Descent

Daftar game alien terbaik rasanya tidak akan lengkap tanpa setidaknya satu entri dari franchise ikonik Alien yang mengisahkan perjuangan Ellen Ripley untuk bisa selamat dari makhluk asing luar angkasa yang disebut "The Alien" atau Xenomorph.

Jika kamu menyukai game keluaran terbaru, franchise yang dimulai pada tahun 1979 ini masih sering melakukan update, salah satunya adalah Alien: Dark Descent yang baru rilis tahun ini. Dengan latar belakang 19 tahun setelah trilogi originalnya, kamu harus memimpin sekelompok pasukan untuk melawan Xenomorph yang merajalela di Planet Lethe.

Game ini sendiri mengusung konsep taktikal yang mirip franchise XCOM. Jadi di sini kamu akan bertindak seperti komandan regus yang memberikan instruksi pada keempat anggotamu.

Menariknya, game ini menyinggung sisi non-fisik karakter di mana kamu bisa mengupgrade kesehatan mental para anggotamu. Hal ini bisa memberi pengaruh unik pada gameplay di mana karaktermu bisa saja salah sasaran dalam menembak, bertindak irasional, atau malah mensabotase permainan.

4. Alien: Isolation

Release: 2014, Platform: PC, Playstation 3, Playstation 4, Xbox One, Xbox 360, Nintendo Switch, Android, iOS

Alien: Isolation

Rekomendasi franchise Alien lainnya adalah Alien: Isolation, sebuah game survival horror dengan kisah berlatar belakang 15 tahun setelah fim Alien pertama. Di game ini kamu akan berperan sebagai Amanda Ripley yang menyelidiki ibunya yang menghilang di stasiun luar angkasa yang luas. Dan sama seperti cerita di franchise Alien lainnya, keadaan menjadi lebih buruk setelah stasiun terkunci dan Xenomorph yang mematikan naik ke atas kapal.

Beda dengan game bergenre seperti ini, Alien: Isolation lebih fokus pada aspek survival dan stealth, dan tidak melibatkan banyak baku tembak. Agar bisa menang, kamu harus bisa memanfaatkan situasi, resource dan lingkungan, sambil menghindari perilaku Xenomorph yang sulit diprediksi.

Gameplay semacam ini membuat Alien: Isolation menjadi salah satu game Alien terbaik. Game ini pun banyak dipuji karena mampu menghadirkan suasana mencekam yang mirip dengan filmnya. Desain visual dan suara yang dihadirkan pun mampu menggambarkan suasana horror mencekam saat kamu harus bertahan hidup dari situasi yang tidak menguntungkan.

5. Halo: The Master Chief Collection

Release: 2014, Platform: PC, Xbox One, Xbox Series X/S

Halo: The Master Chief Collection

Meski aspek utama dalam game ini adalah gameplay tembak-menembaknya, Halo secara mengejutkan sangat detail dalam membuat dunia, karakter, dan cerita yang berputar di sekitar konflik antara peradaban manusia dan kerajaan makhluk asing dari luar angkasa.

The Covenant merupakan perkumpulan alien yang terdiri dari beberapa spesies asing termasuk Unggoy, Kig-Yar, dan San'Shyuum, yang masing-masing memiliki ciri fisik dan kepribadian yang berbeda yang berperan penting dalam membentuk taktik mereka.

Cara terbaik untuk merasakan saga Halo secara keseluruhan adalah melalui Halo: The Master Chief Collection. Game ini meliputi Halo: Combat Evolved Anniversary, Halo 2: Anniversary, Halo 3, Halo 3: ODST, Halo: Reach, and Halo 4.  Semua di-remake dan hadir dengan dukungan monitor beresolusi tinggi, peningkatan kualitas audio dan visual, serta multipemain LAN.

6. Metroid Dread

Release: 2021, Platform: Nintendo Switch

Metroid Dread

Metroid adalah salah satu franchise game terbaik dari Nintendo dengan karakter utama ikonik bernama Samus Aran yang dalam perjalanannya selalu berhadapan dengan alien. Untungnya ia dipersenjatai dengan exoskeleton keren yang bisa diupgrade dengan segudang kemampuan baru.

Di Metroid Dread, Samus berangkat untuk menyelidiki transmisi misterius yang datang dari planet ZDR di mana dia bertemu dengan sejumlah monster, baik organik maupun robot. Di sini kamu pun akan kamu akan bertemu dengan ras kuno berbentuk manusia burung yang dikenal sebagai Chozo, yang ternyata bertanggung jawab dalam menciptakan musuh luar angkasa di seluruh seri Metroid seperti Mother Brain.

Sama seperti game Metroid lainnya, Metroid Dread juga menampilkan aksi laga platformer. Meski begitu seri ini mendapatkan tambahan kemampuan stealth dengan Phantom Cloak yang dapat membuat Samus menghilang namun membuatnya lambat. Hal ini pun akan sangat berguna saat kamu berhadapan dengan robot EMMI yang cukup sulit ditaklukan.

7. Prey

Release: 2017, Platform: PC, Playstation 4, Xbox One

Prey (2017) Game

Prey jadi salah satu game first-person shooter bertemakan alien dan space travel yang dibuat oleh Arkane Studios. Di game alien ini, kamu berperan sebagai peneliti sains di stasiun luar angkasa yang dibanjiri alien bernama Typhon yang berbahaya.

Sepanjang permainan, kamu akan menemukan berbagai spesies Typhon, mulai dari Mimic yang dapat berubah bentuk, Telepath yang dapat mengontrol dan memanipulasi Typhon lain, hingga Phantom yang dapat berpindah tempat.

Mempelajari cara menangani masing-masing alien di game ini sangat penting agar kamu dapat membuka kunci area baru, menyelamatkan survivor lainnya, dan berhasil keluar dari stasiun Talos I hidup-hidup.

8. Subnautica: Below Zero

Release: 2021, Platform: PC, Nintendo Switch, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series X/S

Subnautica: Below Zero

Bertindak sebagai sekuel dari game bertahan hidup yang sukses sebelumnya, Subnautica: Below Zero akan membawa kamu kembali ke Planet 4546B, dunia asing yang hampir seluruhnya tertutup air.

Setelah mendarat, karakter kamu akan menemukan wilayah es baru di permukaannya dan mulai mengungkap semua misterinya. Sama seperti game sebelumnya, kamu bisa mengeksplorasi planet tersebut sambil memanfaatkan sumber daya alam untuk membuat dan memperluas pangkalan, kapal selam, serta peralatan.

Meski begitu perlu kamu ketahui bahwa 'alien' di game ini tidak memiliki bentuk seperti daftar game sebelumnya. Di sini justru kamu akan bertemu dengan kehidupan asing dan memanfaatkan mereka untuk mendapatkan resource yang kamu butuhkan. Meski begitu ada juga makhluk asing yang cukup agresif dan harus kamu waspadai.

9. Half-Life 2

Release: 2004, Platform: PC, Xbox, Xbox 360, Playstation 3, Android

Half-Life 2 adalah game first person shooter (FPS) yang mengkombinasikan elemen tembak-tembakan, puzzles, dan storytelling yang menarik. Di game ini, kamu akan berperan sebagai ilmuwan bernama Gordon Freeman yang bergabung dengan gerakan perlawanan untuk menentang kekaisaran alien bernama The Combine.

Dengan puluhan penghargaan yang diraihnya, Half-Life 2 adalah salah satu game terbaik sepanjang masa, yang sekuelnya masih ditunggu hingga saat ini. Game ini pun memiliki komunitas modding yang kuat dan telah banyak menghasilkan mod yang membuat game ini terasa fresh dan seru tetap seru untuk dimainkan hingga saat ini.

10. Journey to the Savage Planet

Release: 2020, Platform: PC, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, Stadia

Journey to the Savage Planet

Game alien selanjutnya adalah Journey to the Savage Planet, game petualangan komedi yang akan membawa kamu menjelajahi planet asing berwarna-warni ARY-26 untuk menentukan apakah planet itu cocok untuk kolonisasi manusia atau tidak.

Saat menjelajahi ARY-26, kamu akan menemukan sejumlah bentuk kehidupan alien seperti Pufferbird, Barfer, dan Floopsnoot. Masing-masing memiliki perilaku dan kebiasaan aneh yang memengaruhi cara mereka bereaksi terhadap pemain, lingkungan, dan makhluk lainnya.

Di game ini kamu bisa melakukan beragam eksperimen seperti menggabungkan berbagai senjata, beragam bahan dan material, serta item untuk memicu respons unik dari satwa liar di planet asing tersebut.

11. Destroy All Humans!

Release: 2020, Platform: PC, Playstation 4, Xbox One, Stadia, Nintendo Switch

Destroy All Humans! Remake 2020

Destroy All Humans! adalah game alien yang merupakan remake dari game dengan judul yang sama yang dirilis pada tahun 2005. Dengan pendekatan yang sangat unik dibanding game alien lainnya, di sini kamu justru akan berperan sebagai alien, alih-alih melawan mereka!

Pada game ini kamu berperan sebagai Furon Cryptosporidium, alias Crypto, seorang tentara alien yang ditugaskan untuk menyusup ke planet Bumi dan memanen DNA penghuninya untuk memastikan kelangsungan hidup spesiesnya.

Untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, Crypto dilengkapi dengan gudang persenjataan alien yang memungkinkan dia untuk membaca pikiran, mengubah bentuk, menghancurkan daging, dan bahkan menyelidiki manusia kapan pun dia mau.

12. Into the Breach

Release: 2018, Platform: PC, Nintendo Switch, Stadia, Android, iOS

Into the Breach

Jika kamu lebih menyukai strategi atau taktik, maka ada kemungkinan kamu cocok untuk memainkan Into the Breach atau pendahulunya, FTL: Faster than Light. Keduanya dikembangkan oleh Subset Games dan sma-sama jadi game alien terbaik di Android dan perangkat gaming lainnya.

Disajikan sebagai permainan roguelike minimalis, game ini akan memberi kamu misi untuk membela planet Bumi dari pasukan monster asing yang menyerupai artropoda yang dikenal secara kolektif sebagai Vek.

Gameplay game ini berputar di sekitar strategi tactical turn-based battle menggunakan mekanisme yang dioperasikan tentara yang dapat dipersenjatai, dan dilengkapi dengan berbagai senjata dan baju besi ala mecha.

13. Satisfactory

Release: 2019, Platform: PC

Satisfactory adalah game mirip Factorio yang berbasis otomatisasi yang akan membawa kamu untuk menjelajah ke planet asing yang penuh dengan satwa liar dan sumber daya eksotis. Cocok untuk kamu yang mencari game alien dengan sedikit gaya yang berbeda.

Di game ini, kamu bisa mengumpulkan bahan yang berbeda yang nantinya bisa digunakan untuk membuat alat, memperluas dan membangun lini produksi, dan membuka kunci teknologi baru dengan melakukan penelitian.

Meskipun gameplaynya kurang fokus pada pertempuran dan kelangsungan hidup daripada banyak game dalam daftar ini, ada banyak keragaman alien di game ini dan bagaimana kamu bisa berinteraksi dengan mereka.

14. Earth Defense Force 5

Release: 2017, Platform: PC, Playstation 4

Earth Defense Force 5

Earth Defence Force 5 adalah salah satu game perang melawan alien terbaik yang bisa kamu mainkan. Di game ini, kamu akan kedatangan alien berupa gerombolan serangga menyeramkan, robot, dan makhluk raksasa yang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Sama uniknya seperti game lain di seri Earth Defence Force, sekuel ke- 5 ini juga memiliki beberapa penyempurnaan fitur terdahulu serta peningkatan grafis dan gameplay. Game ini pun memiliki jumlah misi terbanyak dibanding game Earth Defense Force lainnya.

Di game ini kamu bisa melawan gerombolan musuh menggunakan sejumlah senjata dan peralatan, termasuk menggunakan mecha, dalam pertempuran skala besar. Game ini pun dilengkapi dengan engine yang memungkinkan kamu menghancurkan lingkungan sekelilingmu dan akan sangat asik dimainkan beramai-ramai.

15. Crysis Remastered Trilogy

Released: 2020, Platform: PC, Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, Nintendo Switch, Xbox One

Crysis 3 Remastered

Trilogi Crysis membawa kita dalam perang melawan alien menggunakan senjata nanosuit canggih yang memungkinkan seseorang untuk melakukan hal-hal hebat di luar batas manusia. Meski game pertamanya rilis pada tahun 2007, kamu bisa memainkan versi remastered trilogi Crysis yang rilis di tahun 2020.

Trilogi Crysis sendiri mengikuti serangkaian konflik yang berasal dari penemuan makhluk luar bumi. Di game pertama, artefak misterius yang ditemukan di pulau terpencil mengarah pada konfrontasi dengan pasukan Korea Utara dan penjajah asing yang bermusuhan. Di game kedua kita akan diajak untuk menyelidiki krisis energi global, dengan pemberontakan yang dipimpin sipil melawan perusahaan militeristik sambil menghadapi ancaman alien baru. 

Crysis 3 berpusat pada kembalinya Prophet, seorang prajurit super, saat ia melawan perusahaan besar korup yang mengendalikan Kota New York pasca-apokaliptik dalam sebuah nanodome, mengungkap aliansi mereka dengan spesies asing yang bermusuhan dan berusaha menggagalkan rencana dominasi mereka.

16. XCOM 2

Release: 2016, Platform: PC, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, iOS, Android

Game tembak-tembakan alien XCOM 2

Sekuel lain dari franchise game alien populer yang penuh dengan bentuk kehidupan asing adalah XCOM 2. Game ini merupakan permainan dengan genre turn-based tactics dan merupakan lanjutan dari game XCOM: Enemy Unknown.

Berada dua puluh tahun di masa depan setelah event terakhir, di game ini kamu harus memimpin pasukan kecil ke dalam pertempuran melawan penjajah alien dengan teknologi dan senjata canggih mereka.

Alien di game ini akan menimbulkan ancaman yang signifikan karena teknologi dan taktik mereka yang canggih tetapi pada akhirnya dapat dikalahkan dengan peralatan dan koordinasi yang tepat. Jadi jika kamu suka dengan game perang melawan alien, seri ini tidak boleh kamu lewatkan.

17. Phoenix Point

Release: 2019, Platform: PC, Stadia, Playstation 4, Xbox One

Phoenix Point

Jika kamu menyukai game strategy seperti XCOM 2, maka kamu juga akan menyukai Phoenix Point yang dikembangkan oleh orang yang juga membuat game X-COM. Terinpsirasi dari game buatannya tersebut, Phoenix Point hadir dengan tampilan dan gameplay yang lebih modern, serta sedikit twist menarik dalam ceritanya.

Phoenix Point sendiri bercerita mengenai dunia yang terpapar Pandoravirus, virus alien yang membuat makhluk hidup berubah menjadi monster ganas yang menakutkan. Kamu pun ditugaskan untuk menyibak rahasia dibalik virus dan asalnya, sambil membuat keputusan  yang dapat menyelamatkan umat manusia.

Sama seperti seri XCOM, pertermpuran dilakukan dengan sistem turn-based tactical combat di mana pemain harus mampu mengatur strategi dan memanfaatkan medan sekitar untuk dapat mengalahkan musuh. Namun hati-hati karena Pandoravirus bisa bermutasi dan berevolusi, dan butuh strategi lain untuk mengalahkannya.

18. Dead Space

Release: 2008, Platform: PC, Playstation 3, Xbox 360

Dead Space

Dead Space adalah game horror survival yang pertama kali rilis pada tahun 2008, namun mendapatkan remake pada tahun 2023. Di sini kamu akan berperan sebagai Isaac Clarke yang ditugaskan untuk menginvestigasi komunikasi yang hilang pada USG Ishimura.

Dead Space sering disebut-sebut sebagai game klasik modern dalam genre survival horror, dan meninggalkan dampak jangka panjang pada game horor, yang menekankan ketegangan psikologis dan pengelolaan sumber daya. Di sini pemain harus menavigasi koridor Ishimura yang gelap dan menakutkan sambil menghadapi makhluk aneh dan mematikan yang dikenal sebagai Necromorph.

Kesuksesan Dead Space pun diteruskan dengan hadirnya sekuel. Namun saat sekuelnya memperkenalkan lebih banyak elemen gameplay yang berorientasi pada aksi, Dead Space yang asli tetap dikenal karena pengalaman survival horrornya yang epik.


Itulah daftar game alien terbaik yang bisa kamu mainkan. Tidak hanya melawan mereka, kamu bahkan bisa menjadi alien yang berusaha mengalahkan umat manusia.

Genre yang bisa kamu pilih pun sangat beragam. Tembak-tembakan dan perang melawan alien jadi satu yang paling populer. Namun ada juga game horror dan survival yang memberikan pengalaman bermain yang berbeda buat kamu yang senang dengan aspek menyeramkan alien. (GimTekno.com)

0 Komentar