16 Rekomendasi Game Mirip Genshin Impact - GimTekno

16 Rekomendasi Game Mirip Genshin Impact

(Update: 21 Juli 2023) - Game mirip Genshin Impact jadi buruan banyak gamers yang ingin memainkan game serupa di hp mereka. Tidak hanya sama-sama menawarkan RPG open world penuh aksi, banyak juga yang mencari alternatif yang bisa dimainkan secara offline atau memiliki ukuran kecil agar bisa dimainkan di hp low spec alias hp kentang.

Kesuksesan Genshim Impact sendiri tidak lepas dari visual mereka yang menarik serta dunia imersif yang sangat luas untuk dijelajahi. Level detail yang tinggi plus banyaknya karakter unik yang bisa kamu pilih juga membuat game ini begitu banyak dimainkan di seluruh dunia.

Jika kamu kecanduan bermain game ini, ada kemungkinan kamu akan mencari game yang  Genship Impact. Tidak hanya desain yang mirip, tapi juga alur cerita serta mekanisme permainan yang tidak jauh berbeda. Untungnya kamu tidak perlu repot mencarinya karena beberapa rekomendasi game mirip Genshin Impact berikut bisa dimainkan di PC, konsol dan smartphone Android.

Game Mirip Genshin Impact di Android, PC, dan Konsol

1. Honkai Impact 3rd

Platforms: Windows, iOS, Android

Game mirip Genshin Impact di Android dan PC

Rekomendasi game mirip Genshin Impact pertama yang harus kamu coba adalah Honkai Impact 3rd yang sama-sama buatan Mihoyo. Apalagi game RPG action gratis ini membentuk fondasi yang membentuk game Genshin Impact yang kamu kenal sekarang.

Di dalamnya, kamu akan ditugaskan untuk membimbing tim Valkyrie dengan keterampilan dan gaya bermain yang berbeda melalui skenario aksi-tempur yang serba cepat. Setiap Valkyrie dapat dinaikkan levelnya menggunakan pembelian dalam game dan leveling RPG tradisional untuk meningkatkan statistik dan potensi kerusakannya.

Sebagai bonus untuk penggemar Genshin, Honkai Impact 3rd telah mengadakan acara khusus yang menampilkan karakter Genshin Impact favorit penggemar seperti Fischl dan Keqing lho!

2. Honkai: Star Rail

Platform: Windows, Android, iOS, Playstation 5

Honkai: Star Rail

Jika kamu tertarik dengan Honkai Impact 3rd, kamu juga bisa memainkan Honkai: Star Rail yang jadi game baru mereka. Game yang dirilis tahun 2023 oleh miHoYo ini mengangkut beberapa karakter dari game Honkai sebelumnya, dan memiliki gameplay mirip Genshin Impact yang sukses di seri sebelumnya.

Di game ini, kamu akan berperan sebagai penjelajah luar angkasa dengan banyak planet yang bisa kamu kunjungi. Masing-masing planet memiliki ekosistem unik, lengkap dengan musuh, misi, dan politiknya sendiri.

Meski disangkal langsung oleh developernya, latar belakang tersebut membuat game ini seringkali mendapat julukan Sci-Fi Genshin Impact. apalagi sistem party dengan kombo yang efektif jenis musuh tertentu juga membuat game ini makin mirip dengan Genshin Impact.

3. The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Platforms: Nintendo Switch, Wii U

Zelda: Breath of the Wild jadi game sejenis Genshin Impact

The Legend of Zelda: Breath of the Wild (BotW) seringkali disebut sebagai game yang menjadi inspirasi Genshin Impact. Makanya kita bisa melihat banyak kesamaan yang membuat game ini jadi salah satu rekomendasi game mirip Genshin Impact terbaik yang bisa kamu coba.

Dari tampilannya, baik Genshin Impact maupun BotW terlihat memiliki style yang mirip. Di balik itu, keduanya sama-sama menawarkan open world luas dan mekanik yang sama seperti adanya tower, teknik climbing, hingga sistem memasak dan crafting.

Sistem pertarungan pun menjadi hal yang tidak kalah mirip. Jadi jika kamu memiliki konsol Nintendo Switch atau Wii U, The Legend of Zelda: Breath of the Wild adalah pilihan pas buat kamu yang ingin main game mirip Genshin Impact di konsol tersebut.

4. Immortals Fenyx Rising

Platforms: Windows, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch

Immortal Fenyx Rising, game open world mirip Genshin Impact

Immortals Fenyx Rising adalah game open world bebas lainnya yang juga sering dibandingkan dengan Breath of the Wild. Mirip game Genshin Impact, Immortals Fenyx Rising berhasil menarik inspirasi dari judul terlaris Nintendo tersebut, dan mengadaptasinya dengan cara yang unik dan menarik.

Meski memiliki banyak kesamaan, Immortals Fenyx Rising juga memiliki ciri khasnya sendiri yang membuatnya unggul dari Genshin Impact. Salah satunya adalah cara bepergian di mana kamu bisa menaiki banyak hewan/kendaraan untuk sampai ke tujuan. Immortal pun memiliki lebih banyak puzzle dan dungeon untuk dipecahkan.

Meski begitu Immortal Fenyx Rising juga memiliki kekurangan dibanding Genshin Impact, seperti opsi crafting yang lebih terbatas. Selain itu Genshin Impact juga memiliki unsur RPG yang lebih kuat di mana kamu bisa meningkatkan level karakter dan senjata kamu dengan cara yang lebih kompleks.

5. Final Fantasy XIV Online

Platforms: Windows, PS4, PS5

Final Fantasy XIV, game MMORPG mirip Genshin Impact


Final Fantasy XIV Online memiliki cerita menarik karena game originalnya sempat mendapatkan kritik ketika dirilis pada tahun 2010 lalu. Namun siap sangka versi online mereka justru meledak. Meski sudah dirilis lebih dari sedekade lalu, FF 14 Online masih rutin diupdate dengan Endwalker menjad DLC terbaru mereka.

Game mirip Genshin Impact ini sama-sama memiliki gameplay ala RPG. Kamu bisa memilih karakter dari class tertentu, mengikuti aktivitas dan event, serta menyimak berbagai cerita di dalam game ini. Keduanya pun sama-sama menjual gacha item yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan karaktermu.

Satu perbedaan mencolok, Final Fantasy XIV adalah game MMORPG. Ini artinya kamu bisa berinteraksi dengan pemain lainnya, meski tidak ada salahnya untuk mengeksplorasi dunia luas di game ini sendirian.

6. Dragon Quest XI: Echoes Of An Elusive Age

Platforms: Windows, PS4, Xbox One, Nintendo Switch

Dragon Quest XI - Echoes of Elusive Age, game RPG mirip Genshin Impact

Dragon Quest XI adalah salah satu seri terbaru dari franchise game terbaik yang dibuat oleh Square Enix, di mana kamu berperan sebagai seorang pemuda yang mendapati dirinya sebagai reinkarnasi dari pahlawan legendaris kuno. Dengan pengetahuan ini, sang pahlawan berangkat untuk menjelajahi tanah baru yang aneh dengan tim petualang untuk mengungkap misteri masa lalunya.

Meskipun ceritanya sebagian besar berfokus pada perjalanan pahlawan, pemain dapat menghabiskan waktu untuk meningkatkan keterampilan lainnya, seperti membuat perlengkapan, dan melengkapi berbagai pakaian, mirip dengan game Genshin Impact. 

Selain itu di game ini juga terdapat banyak side-quest, mini-game, dan konten lain yang tidak kalah seru untuk kamu mainkan. Dengan karakter yang memukau dan visual art yang mirip, kamu bisa mengeksplorasi dunia luas di game open world mirip Genshin Impact ini.

7. The Legend of Neverland

Platform: Android, iOS

The Legend of Neverland jadi game tiruan yang serupa dengan Genshin Impact


Sejak dirilis, game The Legend of Neverland sudah menjadi perbincangan dan sering disebut sebagai game open world mirip Genshin Impact di Android dan iOS. Meski begitu setiap orang rasanya cukup puas dengan hasilnya karena game ini menjadi salah satu yang terlaris dan populer di kalangan mobile gamer.

Secara umum, game ini menawarkan konsep open-world action RPG. Di game ini kita bisa melihat beberapa elemen yang mirip Genshin Impact seperti tampilan visual, hingga dunia dengan beberapa lokasi yang mirip. Namun di antara semuanya, desain user interface-nya lah yang mengingatkan kita dengan Genshin Impact.

Meski begitu, ada beberapa perbedaan yang sebenarnya cukup membuat game ini berbeda dibanding Genshin Impact. Salah satunya adalah konsep MMORPG, fitur kustomisasi karakter yang berbeda, serta ukuran kecil yang membuat kualitas grafisnya terasa lebih ringan.

8. Ni No Kuni II: Revenant Kingdom

Platforms: Windows, PS4, Nintendo Switch

Ni no Kuni II - Revenant Kingdom, game RPG mirip Genshin Impact

Game Ni No Kuni II membuat beberapa penyempurnaan pada loop gameplay versi sebelumnya yang membuat seri ini lebih mirip dengan RPG aksi seperti Genshin Impact. Di game ini kamu akan bermain sebagai raja muda yang gelarnya dicabut dan harus berangkat untuk membangun kerajaan baru dengan bantuan dari tim sahabat yang luar biasa.

Penambahan pertempuran real-time, fitur kustomisasi jagoan yang lebih kompleks, dan "Higgledies" baru, makhluk elemen yang mengeluarkan mantra dan meningkatkan kekuatan rekan-rekan kamu, membuat pertempuran lebih seru dan menarik.

Selain itu, mekanisme pertarungan di game ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan kemampuan para pahlawan dan mengombinasikan serangan satu sama lain seperti di Genshin Impact.

9. Tower of Fantasy

Platform: Android, iOS, Windows, PlayStation 4, PlayStation 5

Tower of Fantasy

Sama seperti Genshin Impact yang terinspirasi oleh Breath of the Wiild, Tower of Fantasy juga terinspirasi dari Genshin Impact, namun dengan sedikit sentuhan yang membuatnya tetap unik.

Saat diumumkan pertama kali, Tower of Fantasy seringkali disebut sebagai tiruan Genshin Impact mengingat keduanya sama-sama merupakan game gacha di open world yang luas dengan karakter ala anime dengan gameplay yang mirip hack and slash.

Meski begitu keduanya sedikit berbeda, terutama tema Sci-Fi berlatar belakang pasca apokaliptik yang dipakai Tower of Fantasy. Sistem kombatnya pun lebih fokus pada senjata, di mana karakter kamu bisa menggunakan 3 senjata sekaligus untuk menciptakan pertempuran yang lebih heboh.

10. Ys IX: Monstrum Nox

Platforms: Windows, PS4, PS5, Nintendo Switch, Google Stadia

Ys IX: Monstrum Nox, game PC mirip Genshin Impact

Ys IX: Monstrum Nox adalah game action role playing yang bisa jadi alternatif Genshin Impact bila kamu mencari game yang mirip-mirip. Bahkan jika tidak pun, seri Ys yang rilis tahun 2019 ini punya cerita menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Satu kesamaan Ys IX dengan Genshin Impact adalah banyaknya karakter yang bisa kamu pilih untuk membantuk sebuah party berisi 4 orang. Kamu pun sama-sama bisa mengganti kontrol di antara mereka. Bedanya, karakter yang tidak kamu gunakan akan ikut bertarung dan tidak menghilang.

Sistem kombat yang dipakai kedua game ini pun tidak jauh berbeda, di mana masing-masing karakter memiliki skill masing-masing dan dapat mengeluarkan kombo. Meski begitu refleks memainkan peran besar dalam pertempuran Ys IX, karena perfect block dan dodge akan memberi pemain efek slow-mo dan kekebalan.

11. Sword Art Online: Integral Factor

Platform: Android, iOS

Sword Art Online: Integral Factor

Sword Art Online: Integral Factor adalah game buatan Bandai yang diadaptasi dari anime dengan judul yang sama. Bila kamu pernah menontonnya, game ini punya alur yang sama di mana kamu akan pindah ke dunia Aincrad dan menaklukan tiap level di dunia tersebut.

Integral Factor bisa dibilang mirip game Genshin Impact karena kamu bisa mengeksplorasi dunia luas di setiap level di dunia Aincrad. Sistem pertempuran yang mengkombinasikan hack and slash dengan elemen RPG juga bisa ditemukan di game ini.

Namun beda dengan Genshin Impact, SAO: Integral Factor adalah game mobile MMORPG di mana kamu bisa berkolaborasi dengan pemain lain untuk menyelesaikan 100 lantai tantangan. Kamu pun hanya bisa mengontrol 1 karakter yang bisa dilengkapi dengan berbagai macam senjata.

Satu hal menarik, desain dan gameplay yang menarik membuat game ini jadi salah satu game Android terbaik di tahun 2021 silam. Selain itu ukurannya yang ringan membuat Sword Art Online jadi alternatif bagi kamu yang sedang mencari game mirip Genshin Impact size kecil.

12. Punishing: Grey Raven

Platform: Android, iOS

Punishing: Grey Raven, Game mirip genshin impact size kecil

Game mirip genshin impact size kecil lain yang bisa kamu mainkan di Android dan iPhone adalah Punishing: Grey Raven. Game ini sendiri memang dibuat sebagai klone dari Honkai sehingga beberapa elemennya mirip Genshin Impact, seperti penggunaan 3 karakter dalam satu party.

Sistem pertempuran yang digunakan game ini sedikit banyak mirip dengan Honkai dan Genshin Impact dengan sistem perlengkapan dan mekanik gacha-nya. Selain itu kamu pun memiliki stamina bar yang bisa berkurang saat melakukan aktivitas tertentu, bahkan saat menghindari serangan lawan.

Meski begitu Punishing: Grey Raven juga memiliki keunikannya sendiri. Salah satunya adalah orb based action system di mana pemain harus mendapatkan 3 orb dengan warna yang sama untuk mengeluarkan skill karaktermu.

13. Xenoblade Chronicles: Definitive Edition

Platform: Nintendo Switch

Xenoblade Chronicles: Definitive Edition

Awalnya dirilis untuk Wii, Xenoblade Chronicles jadi salah satu game JRPG terbaik di Nintendo Switch yang diakui secara universal yang memiliki banyak kesamaan dengan Genshin Impact. Di game ini, kamu berperan sebagai pahlawan muda bernama Shulk yang bergabung dengan karakter lain untuk mengalahkan pasukan robot alien yang dikenal sebagai Mechon.

Dalam perjalanannya, kamu akan mendapatkan bantuan dan bertarung dalam sistem yang menarik. Mirip seperti Genshin Impact, di setiap pertempuran kamu bisa menggabungkan elemen yang berbeda antara jagoan, dan membuka senjata baru memerlukan mekanisme gaya gacha yang mengingatkan kita pada sistem Wish Genshin.

Dengan art style ala anime yang serupa, Xenoblades Chronicles jadi game mirip Genshin Impact yang cocok untuk kamu yang senang bertempur dan mengumpulkan resource untuk mendapatkan senjata terbaik. Sistem gacha yang sama pun akan membuat game ini terasa familiar bagi pemain yang sebelumnya bermain Genshin Impact.

14. Scarlet Nexus

Platforms: Windows, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S

Scarlet Nexus jadi game mirip Genshin Impact untuk PC


Scarlet Nexus jadi pilihan bagus lainnya bagi siapa saja yang menyukai RPG aksi yang terinspirasi anime dengan grafis unik mirip Genshin Impact. Di dalamnya, kamu berperan sebagai anggota satuan tugas supernatural yang dikirim untuk melawan mutan jahat yang berencana menyerang dan memakan otak manusia dengan latar belakang dunia futuristik.

Dari segi cerita, gim ini mungkin akan sedikit umum, tetapi berhasil melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk membangun dunia yang terinspirasi sci-fi dengan lingkungan yang unik dan banyak efek visual yang menarik.

Selain itu, karakter dapat mempelajari kemampuan baru melalui skill tree yang dapat kamu atur dapat membuka kombo baru yang terlihat dan terasa sama memuaskannya dengan yang ada di game Genshin Impact.

15. Craftopia

Platforms: Windows, Xbox One, Xbox Series X/S, Android

Craftopia


Craftopia adalah game survival crafting open-world baru dari pengembang Jepang, Pocketpair, yang mengambil inspirasi dari Genshin di beberapa elemen game mereka.

Pertama, game ini menampilkan grafik khas Genshin Impact yang cerah dan berwarna-warni, serta memiliki latar belakang bertema fantasi yang penuh dengan keajaiban dan misteri. Mereka pun berhasil memadukan hal ini dengan fitur menarik seperti huntingfarminghack-and-slash, hingga membangun peralatan kamu sendiri.

Game ini adalah alternatif yang bagus untuk siapa saja yang senang denga aspek crafing yang mirip di genshin Impact. Cocok untuk kamu yang sudah tenggelam dalam banyak waktu di Genshin dan menginginkan sesuatu yang baru yang masih terasa familiar.

16. Persona 5 Royal

Platform: Nintendo Switch, PS4, PS5, Windows, Xbox One, Xbox Series X/S


Jika kamu menyukai JRPG dengan karakter yang menarik, maka kamu akan menyukai game Persona 5 Royal, yang mengembangkan versi aslinya dengan memperkenalkan anggota party baru, cutscene cerita, dan konten lainnya.

Pada game ini kamu akan berperan sebagai remaja pemberontak dengan nama sandi Joker. Mirip dengan game Pokemon, kamu bisa merekrut partner dan meingkatkan levelnya untuk membantu kamu.

Gameplay game ini terbagi antara penjelajahan bawah tanah berbasis giliran dan aktivitas sehari-hari seperti bersekolah, bekerja paruh waktu, berbelanja, dan bergaul dengan teman-teman.

Game RPG mirip Genshin Impact ini juga memiliki sistem leveling yang dirancang dengan baik yang menawarkan banyak ruang untuk gaya bermain yang dipersonalisasi dan strategi unik.


Itulah dia beberapa rekomendasi game mirip Genshin Impact yang bisa kamu temukan di berbagai platform. Beberapa memiliki banyak elemen yang membuatnya mirip, sementara yang lainnya mengkombinasikan elemen lain yang membuatnya unik. Pilihan game mirip Genshin Impact pun semakin beragam, bahkan ada yang bisa dimainkan secara offline dan memiliki ukuran kecil sehingga cocok untuk hp kentang. (GimTekno.com)

0 Komentar