18 Game JRPG Terbaik di Nintendo Switch - GimTekno

18 Game JRPG Terbaik di Nintendo Switch

Game JRPG terbaik di Nintendo Switch

Sejak lama, Nintendo sudah lekat dengan banyak judul game RPG. Makanya tidak heran jika kamu juga bisa menemukan banyak game JRPG terbaik di Nintendo Switch.

JRPG sendiri bisa dibilang berbeda dari RPG biasa. Perbedaan JRPG dan RPG yang paling mencolok tentu adalah desainnya yang mirip dengan anime. Di luar itu, JRPG biasanya memiliki world-building bertema fantasy atau sci-fi, serta memiliki pilihan dialog tetap namun dengan storytelling yang luar biasa.

Jika kamu menyukai RPG seperti ini, Nintendo Switch memiliki banyak game JRPG terbaik yang bisa kamu mainkan. Beberapa judul di bawah ini bahkan sering dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik di era modern selama 10 tahun terakhir ini.

Game RPG Terbaik di Nintendo Switch

1. Sea of Stars

Kita mulai daftar game JRPG terbaik di Nintendo Switch dengan Sea of Stars. Meski baru rilis bulan Agustus 2023 kemarin, game ini sudah mendapatkan respon positif dari para kritikus game dan penggemar JRPG.

Sea of Stars

Mengambil inspirasi dari game RPG SNES terbaik sepanjang masa seperti Breath of Fire, Illusion of Gaia dan Chrono Trigger, Sea of Stars mampu mengadaptasi unsur-unsur JPRG klasik dan membalutnya dalam tampilan dan gameplay yang dimodernisasi.

Game ini sendiri bercerita mengenai Valere dan Zale, pejuang Soltice yang mampu menggunakan kekuatan matahari dan bulan untuk mengalahkan lawan mereka dan si alkemis jahat. Dalam perjalanannya, kamu pun akan dibantu karakter lain yang nantinya juga bisa kamu kendalikan.

Bagi penggemar berat JRPG, Sea of Stars jelas jadi game yang harus kamu coba. Mulai dari karakter, cerita, alternate ending hingga tampilan pixel dan music 16-bit khas JRPG akan membuat kamu bernostalgia pada game RPG era 2000-an. Game ini pun hadir di berbagai platform lain seperti PC, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One dan Xbox Series X/S.

2. Persona 5 Royal

Sejak muncul di PS3 dan PS4 pada tahun 2016, Persona 5 dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Meski begitu pengguna Nintendo Switch harus menunggu hingga tahun 2022 untuk bisa menikmatinya.

Persona 5 Royal

Dibandingkan versi originalnya, Persona 5 Royal menambahkan banyak hal baru. Mulai dari thieves den baru, tambahan mini game, karakter serta chapter baru, dan masih banyak lagi.

Sama seperti game Persona pada umumnya, gameplay Royal terbagi menjadi 2 di mana karakter kamu bisa bersosialisasi di sekolah, dan berpetualang di metaverse.

Dungeon crawling memungkinkan kamu untuk bertarung melawan musuh dalam sistem turn-based khas JRPG. Kamu pun bisa mengumpulkan monster untuk dimanfaatkan dalam pertarungan. Namun highlight game ini adalah aspek sim di mana kamu bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekolahmu. Kamu pun bisa menikmati kisah seru yang penuh dengan intrik, patah hati, dan momen-momen seru.

3. Xenoblade Chronicles 3

Mulai dari Xenoblade Chronicles pertama, seri ini selalu berhasi mengeluarkan game dengan kualitas tertinggi. Melanjutkan kesuksesan kedua seri sebelumnya, Xenoblade Chronicles 3 hadir khusus di Nintendo Switch dengan banyak tambahan fitur baru.

Xenoblade Chronicles 3

Xenoblade Chronicles 3 sendiri memiliki cerita stand alone yang bisa dinikmati tanpa perlu memainkan dua seri sebelumnya. Namun kamu jelas akan terbantu untuk lebih familiar dengan dunia Xenoblade melalui seri pertama dan keduanya.

Dibandingkan seri sebelumnya, Xenoblade Chronicles 3 sangatlah masif, baik dari segi world-building hingga isi ceritanya. Kamu pun bisa mengumpulkan 19 hero berbeda yang memiliki skill dan kemampuan masing-masing.

Gameplay game ini pun sedikit mengalami perubahan di mana kamu bisa bertarung dengan 7 party members. Tergantung karakter yang kamu pilih, kamu bisa membuka class tertentu atau menggunakan kombo untuk serangan yang lebih kuat.

Dari sisi cerita, Xenoblade Chronicles 3 juga menawarkan kisah hebat dengan karakter yang mudah disukai. Penggemar game ini bahkan menyukai game ini karena plotnya yang humanis dan emosional, dengan latar belakang politik, perang, dan perselisihan yang sangat menarik.

4. The Legend of Heroes: Trails from Zero

Satu fakta menarik, seri The Legend of Heroes sudah ada sejak tahun 1989 sebagai bagian dari franchise Dragon Slayer. Baru pada judul ketiga pada tahun 1994-lah, nama Dragon Slayer dihilangkan dari judul dan menggunakan nama The Legend of Heroes hingga sekarang.

The Legend of Heroes: Trails from Zero

Dibandingkan seri JRPG lain, The Legend of Heroes jadi salah satu fenomena unik. Sama-sama memiliki tema dan karakter yang unik, TLoH lebih fokus pada cerita yang mereka sampaikan. Terkadang kamu bahkan tidak menemukan aksi di awal permainan. Kadang sebuah kisah diceritakan hingga setengah permainan.

Jika kamu menyukai game RPG dengan cerita yang menarik, kamu bisa mencoba The Legend of Heroes: Trail from Zero. Meski ada seri Trail of Cold Steel yang lebih baru dan modern, Trail from Zero dengan cerita stand-alone-nya bisa jadi gerbang untuk merasakan dunia The Legend of Heroes.

Di sini kamu akan berperan sebagai Llyod Bannings yang juga ada di seri sebelumnya. saat akan bergabung dengan Crossbell Police Dept., kamu malah diajak bergabung dengan divisi baru bernama Special Support Section yang menangani banyak kasus aneh. Dengan grid-based combat system yang menyenangkan, kamu bisa bereksplorasi di dunia yang luar biasa lengkap dengan ceritanya yang menarik.

5. Final Fantasy XII: The Zodiac Age

Final Fantasy adalah salah satu seri paling populer dan rasanya tidak perlu diperkenalkan lagi. Beberapa judulnya bahkan masuk dalam daftar game RPG terbaik sepanjang masa.

Final Fantasy XII: The Zodiac Age

Nintendo Switch sendiri memiliki koleksi Final Fantasy yang cukup banyak. Kamu bisa memainkan seri original dari 1-12 serta beberapa game spinoff dan remastered game.

Meski semua game Final Fantasy layak dimainkan, Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa jadi pilihan pertamamu. Ada beberapa alasan kenapa FF XII ini bisa jadi game RPG terbaik di Nintendo Switch.

Perrtama, FFXII berlatar belakang di Ivalice, yang mungkin jadi salah satu world-building paling dikembangkan di luar game MMO mereka. FF XII pun menampilkan sistem pertempuran taktis yang dikombinasikan dari sistem ATB klasik, FF Tactics, serta elemen FF XI Online.

Kombinasikan hal tersebut dengan soundtrack dan desain yang keren, plus job system ikonik FF, maka kamu akan mendapatkan dunia luas yang luar biasa bisa kamu jelajahi lewat konsol Switch kamu.

6. Octopath Traveler 2

Jika kamu menginginkan game JRPG dengan tampilan khas mereka yang masih 2D, maka kamu perlu mencoba Octopath Traveler dan sekuelnya.

Octopath Traveler 2

Terinpsirasi dari JRPG lawas, Octopath hadir dengan hadir dengan tampilan 2.5D yang mengkombinasikan karakter 2D dengan lingkungan 3D. Buat kamu yang senang dengan game RPG dari zaman SNES atau PS1, Octopath Traveler bisa memberikan kesan yang sama , namun dengan sentuhan modern.

Game ini sendiri mengikuti 8 orang karakter yang sebenarnya memiliki petualangan terpisah. Meski begitu kedelapan orang tersebut tetap berjalan bersamaan dan bisa kamu gunakan bersama dalam pertempuran. Namun beda dengan seri pertamanya, karakter di Octopath Traveler II bisa saling berinteraksi.

Secara gameplay, game ini memiliki sistem pertarungan turn-based yang mirip pada JRPG pada umumnya. Bedanya, di sini kamu bisa memanfaatkan waktu siang dan malam untuk keuntungan kamu. Game ini pun memiliki battle system bernama Latent Power yang bisa di-charge ketika menerima damage atau saat memukul lawan.

7. Shin Megami Tensei 5

Shin Megami Tensei 5 adalah game buatan Atlus yang juga memproduksi seri game Persona. Sama seperti seri sebelumnya, SMT 5 adalah game bergenre dark JRPG yang kali ini berlatar belakang Tokyo paska-apokaliptik yang penuh dengan ruang bawah tanah dan iblis yang mengganggu.

Shin Megami Tensei 5

Secara visual, game ini jelas lebih baik dibanding pendahulunya. Baik karakter, iblis, hingga lingkungan pada game dibuat dengan sangat sempurna. Untuk gameplay, game ini tetap menggunakan mekanisme sebelumnya seperti adanya kemampuan untuk menggabungkan iblis yang kamu tangkap.

Namun sebelum memainkannya, perlu kamu tahu kalau seri Shin Megami Tensei terbaru ini diklaim lebih sulit dibanding pendahulunya.

8. Atelier Ryza 3: Alchemist of the End & The Secret Key

Atelier adalah seri game buatan Gust yang sudah ada sejak akhir 90-an. Pada awalnya game ini hanya muncul di Playstation dan tersedia dalam Bahasa Jepang saja, meski satu dekade terakhir ini banyak game mereka yang dibuat dalam Bahasa Inggris.

Atelier Ryza 3: Alchemist of the End & The Secret Key

Salah satu daya tarik utama game ini adalah unsur alchemy di mana kamu bisa mengumpulkan bahan dan objek untuk membuat resep yang bisa digunakan dalam pertempuran atau membuat perlengkapan kamu.

Game terbaru dari seri ini adalah Atelier Ryza 3: Alchemist of the End & The Secret Key. Di sini Ryza dan kawan-kawannya bertugas untuk menelusuri Kepulauan Kark Isles yang tiba-tiba muncul dan memberikan bisikan mengenai Code of Universe. Meski begitu game ini juga tetap mempertahankan formula suksesnya dalam urusan alchemy.

Dibanding game lain di seri ini, Atelier Ryza 3 jadi salah satu yang terbaik. Secara gameplay, game ini menggunakan sistem turn-based combat system yang menyenangkan, crafting system yang menarik, serta karakter yang mudah disukai. Padukan ini dengan cerita dan ending yang memuaskan, maka kamu akan mendapatkan salah satu game JRPG terbaik di Nintendo Switch yang bisa kamu mainkan dengan santai.

9. Ni No Kuni: Wrath Of The White Witch

Ni No Kuni: Wrath of the White Witch adalah game yang sudah ada sejak zaman PS3 di tahun 2011. Game ini lalu dirilis ulang untuk Nintendo Switch pada tahun 2019 dan tetap menjadi salah satu JRPG terbaik yang asik untuk dimainkan.

Ni No Kuni: Wrath Of The White Witch

Salah satu daya tarik utama game ini adalah keterlibatan Ghibli dalam pembuatan desainnya yang khas. Soundtracknya pun dibuat oleh Joe Hisashi yang juga banyak terlibat dalam proyek Ghibli seperti Princess Mononoke dan Spirited Away.

Dari sisi cerita, Ni No Kuni menawarkan kisah yang mengharukan di mana karakter utama mereka, Oliver, berusaha untuk menghidupkan kembali ibunya yang telah tiada.

Dari segi gameplay, tidak ada yang menonjol dari game ini. Namun jika di game RPG lain kamu bisa menyusun party dari karakter yang kamu jumpai sepanjang perjalanan, di game ini kamu akan ditemani oleh familiar yang masing-masing memiliki kekuatan dan ablity. Familiar ini bisa kamu dapatkan melalui pertempuran, mirip dengan Pokemon.

Secara umum, game ini mendapatkan respon yang sangat positif, terutama dari segi visual yang khas Ghibli. Jika kamu menyukai game ini, mainkan juga sekuel game ini, Ni no Kuni II: Revenant Kingdom yang juga tersedia di Switch.

10. Pokemon Legends: Arceus

Pokemon adalah franchise game dengan puluhan judul yang tersebar di berbagai konsol. Bagi pengguna Switch, kamu mungkin perlu mencoba Pokemon Legends: Arceus untuk mencoba pengalaman yang berbeda dibanding game Pokemon lainnya.

Pokemon Legends: Arceus

Bisa dibilang, Pokemon Legends: Arceus adalah game Pokemon terbaik di Nintendo Switch untuk sekarang. Game ini sendiri memiliki misi utama yang mirip dengan game Pokemon lainnya. Bedanya, di sini kamu akan berada pada lokasi open-world luas dengan settingan masa sebelum game utama Pokemon.

Tugas kamu adalah melengkapi Pokedex dan menangkap semua Pokemon yang ada di dunia ini. Caranya pun beragam. Selain lewat battle, kamu juga bisa menangkap Pokemon dengan umpan, atau bersembunyi di balik rerumputan tinggi.

Kebebasan untuk menjelajahi open-world inilah yang membuat Pokemon Legends: Arceus mendapatkan respon positif, dan membuatnya jadi game Pokemon dengan rating tertinggi di Switch.

11. Tales of Vesperia: Definitive Edition

Tales of Vesperia: Definitive Edition adalah salah satu game remaster di Nintendo Switch yang awalnya dirilis pada Xbox di tahun 2008. Versi extended-untuk PS3 sendiri tidak pernah diterjemahkan sampai akhirnya Nintendo Switch merilis ulang game ini pada tahun 2019.

Tales of Vesperia: Definitive Edition

Ceritanya sendiri mengikuti tokoh bernama Yuri Lowell dan guild Brave Vesperia yang dibuatnya. Saat membantu Estelle pada sebuah misi, Yuri akan bertarung dengan banyak faksi yang ingin mengksploitasi teknologi Blastia yang mengatur sumber daya di dunia Terca Lumireis.

Dibandingkan versi originalnya, Tales of Vesperia: Definitive Edition memiliki tambahan konten seperti cerita baru, mini games, lokasi dungeon baru, hingga pengisian suara penuh.

Untuk gameplay, Vesperia tidak menggunakan sistem giliran layaknya JRPG. Ia memiliki sitem sendiri bernama Linear Motion Battle System yang mirip dengan game fighting. Kamu sendiri hanya menggerakan tokoh utama kamu saja, sementara party member yang lain akan dikontrol oleh AI yang sudah kamu setting sebelumnya.

12. YS VIII: Lacrimosa of DANA

Ys VIII: Lacrimosa of Dana awalnya dibuat untuk PS Vita dan PS4 pada tahun 2016 dan jadi game pertama dari Falcon yang pertama kali muncul di Playstation. Pada tahun 2018, game ini di-porting ke Switch meski ada beberapa grafis yang harus dikorbankan.

Ys VIII: Lacrimosa of DANA

Dalam game ini, kamu akan mengikuti kisah Adol Christin yang kapalnya terdampar dan harus bertahan hidup di sebuah pulau. Dengan penumpang kapal lain yang selamat, Adol pun menjelajahi pulau dan menemukan banyak misteri di dalamnya. Pertemuannya dengan gadis misterius bernama Dana dan ramalannya akan membawa Adol dan kawan-kawan dalam usaha menyelamatkan nasib umat manusia.

Untuk gameplay, game ini mirip dengan Tales of Vesperia yang merupakan action role-playing game. Bedanya, di sini kamu bisa mengendalikan semua karakter dan berpindah dari satu tokoh ke tokoh lainnya dalam pertempuran. Jadi kamu harus mengatur strategi agar kemampuan anggota party kamu bisa dipakai untuk mengalahkan musuh dengan lebih efektif.

Di antara game Ys lainnya, Ys 8 menjadi salah satu game yang berhasil menyeimbangkan cerita yang menarik dengan gameplay yang tidak kalah keren. Dan jangan khawatir tidak nyambung dengan seri Ys lainnya, karena game ini memiliki cerita yang berdiri sendiri dan cocok untuk kamu yang ingin berkenalan dengan dunia Ys.

13. Monster Hunter Stories 2: Wings Of Ruin

Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin adalah game yang dikembangkan Capcom dan Marvelous untuk Nintendo Switch dan PC Windows.

Monster Hunter Stories 2: Wings Of Ruin

Game ini sendiri mirip dengan Pokemon di mana kamu bisa bertarung dan mengumpulkan ratusan monster (monstie) berbeda. Kamu pun bisa menetaskan dan mengembangkan Monstie baru.

Menariknya, game ini terbagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama, kamu hanya memiliki 100-an monster untuk dikoleksi. Namun setelah kamu menyelesaikannya, akan muncul 150 monster baru dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi yang bisa kamu kumpulkan.

Meski begitu game ini memiliki sedikit mekanisme yang berbeda dibanding game Monster Hunter lainnya, karena battle dilakukan dengan sistem turn-based seperti JRPG. Kamu bahkan bisa menyerang anggota tubuh tertentu untuk mengalahkan Monstie lebih cepat.

14. Fire Emblem: Three Houses

Jika kamu menyukai game RPG taktikal seperti Final Fantasy Tactics atau Tactics Ogre, maka Fire Emblem: Three Houses adalah rekomendasi game JRPG terbaik di Switch yang bisa kamu mainkan.

Fire Emblem: Three Houses

Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai guru baru pada Garreg Mach Monastery. Di sini kamu bisa memilih satu dari 3 faksi lalu membantu siswa kamu, baik dalam pertempuran maupun dalam pergaulan.

Sama seperti game Fire Emblem lainnya, pertarungan dilakukan lebih taktikal di mana kamu harus mengatur letak karakter kamu dalam sebuah grid. Skill yang didapat pemain pun bisa diperoleh berdasarkan faksi yang kamu pilih atau melalui sekolah.

Meski begitu hal yang paling menarik adalah penggabungan social simulation dan manajemen waktu yang sekilas mirip game Harvest Moon. Jadi di game ini kamu bisa berinteraksi dengan NPC dan meningkatkan poin relasi kamu. Game ini pun memiliki kalender yang bisa dimanfaatkan untuk melihat beragam aktivitas, seperti mengajar, bercocok tanam, hingga memancing ikan di kolam.

15. Triangle Strategy

Masih dengan sistem pertempuran yang sama, Triangle Strategy jadi game JRPG terbaik di Nintendo Switch buat kamu yang senang dengan Final Fantasy Tactics atau Tactics Ogre.

Triangle Strategy

Sama seperti game pendahulunya, Triangle Strategy juga berkisah mengenai pergolakan politik. Di game ini kamu akan memerankan pewaris tahta Glenbrook bernama Serenoa yang berusaha mendamaikan tiga negara.

Mirip dengan game strategi RPG lain, di sini kamu akan mengontrol pasukan dalam grid layaknya catur. Penempatan posisi, pertimbangan elemen, dan variable lain harus jadi perhitungan bila kamu ingin memenangkan pertandingan.

Meski begitu perlu diketahui bahwa game ini memiliki banyak dialog panjang. Openingnya bahkan jadi salah satu yang paling lama. Namun jika kamu senang dengan aspek politik dan cerita di game ini, Triangle Strategy adalah game yang cocok untuk kamu mainkan.

16. Bravely Default II

Bravely Default II adalah game yang dirilis untuk Nintendo Switch pada tahun 2021. Melihat gameplaynya, Bravely Default banyak mendapatkan komparasi dengan seri Final Fantasy era 90-an, apalagi keduanya sama-sama dipublikasikan oleh Square Enix.

Bravely Default II

Hampir semua elemen di game ini memang mirip dengan Final Fantasy. Mulai dari sistem pertarungan turn-based combat, spell dan item, hingga job system-nya. Meski begitu secara visual ada sedikit variasi dengan penggunaan karakter chibi nan imut di Bravely Default.

Bicara perbedaan, Bravely Default II memperkenalkan perintah Brave dan Default yang memungkinkan kamu untuk mengumpulkan poin yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan beberapa aksi sekaligus. Sistem job pun dibuat lebih advanced di maka kamu bisa memilih class tertentu seperti Valkyrie atau Black Mages untuk membantu kamu dalam pertempuran.

Secara umum, Bravely Default original yang dirilis untuk NDS mendapatkan respon yang sangat positif. Dan kemunculan sekuelnya seakan mengobati kerinduan penggemar JRPG modern nan lawas ini setelah hampir satu dekade berlalu.

17. Rise of the Third Power

Game JRPG lama identik dengan gambar piksel 16 bit, turn-based combat, dan karakter serta party member yang bisa level-up. Jika kamu ingin nostalgia dengan game semacam ini, Rise of the Third Power bisa jadi JRPG modern yang bisa kamu mainkan di Nintendo Switch.

Rise of the Third Power

Terinspirasi dari Perang Dunia Kedua, Rise of the Third Power bercerita mengenai sekelompok orang yang ingin menghentikan Kerajaan Arkadya untuk mendominasi dunia setelah perang dahsyat dua puluh tahun sebelumnya.

Untuk gameplay, pertempuran di game ini mungkin butuh sedikit strategi. Kamu harus bisa memaksimalkan kelebihan masing-masing karakter, kombo antar karakter, serta buffs dan debuff.

Menariknya, game ini memiliki empat mode permainan, yaitu Story, Normal, Hard, dan Expert. Selain itu ada opsi Save yang akan secara otomatis muncul saat kamu akan melawan Boss. Dibandingkan game JRPG zaman dulu, dua fitur ini akan sangat penting bagi kamu yang ingin menikmati cerita dalam game ini.

18. Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age

Dragon Quest adalah salah satu franchise game terlama dan terpopuler di semua konsol. Salah satu seri yang bisa kamu mainkan di Nintendo Switch adalah Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age.

Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age


Game ini sendiri sebenarnya dirilis terlebih dahulu untuk 3DS sebelum di-porting ke PS4 dan PC. Dragon Quest XI S sendiri merupakan versi extended yang diriis dua tahun kemudian dengan dunia yang lebih luas, ending baru, serta tambahan soundtrack orkestra.

Di game ini kamu akan menjadi Luminary, pahlawan buruan yang nantinya harus melindungi dunia dari kehancuran. Dalam perjalanannya, kamu akan ditemani oleh beberapa petualang lain dalam melakukan misi dan bertempur di seputar kerajaan Erdrea.

Secara keseluruhan, Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age mendapatkan respon yang sangat baik dari semua kritikus game, Game ini bahkan sering dianggap sebagai salah satu modern jRPG terbaik.

Salah satu daya tarik terbesarnya adalah elemen JRPG lawasnya. Selain itu sistem eksplorasinya yang lengkap dengan desain yang menarik dan pengembangan karakter yang baik membuat game ini akan sangat cocok untuk pecinta game petualangan JRPG ala Jepang.


Itulah dia beberapa game JRPG terbaik di Nintendo Switch yang bisa kamu mainkan. Selain game RPG modern, kamu pun bisa memainkan beberapa game JRPG remaster atau game yang diporting dari konsol lawas. Cocok untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan game favortimu dulu. (Gimtekno.com)

0 Komentar