19 Game Mirip Pokemon yang Harus Kamu Coba! - GimTekno

19 Game Mirip Pokemon yang Harus Kamu Coba!

Sebagai salah satu franchise game paling populer, wajar jika ada banyak game yang ingin mengikuti kisah sukses Pokemon. Game mirip Pokemon pun dapat dengan mudah kamu temui di berbagai perangkat, mulai dari konsol game, Android, hingga ke PC.

Game seperti Pokemon yang ada pun tidak melulu menyalinnya sama persis. Meski beberapa bagiannya serupa, ada elemen tambahan yang membuat mereka tetap unik dan memberikan pengalaman baru bagi kamu yang pernah bermain game Pokemon.

Nah, buat kamu yang senang menangkap monster dan melatihnya, atau sekadar beradu skill dengan trainer lainnya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi game mirip Pokemon yang bisa kamu coba.

Game Mirip Pokemon Terbaik

1. Monster Hunter Stories

Platforms: Nintendo 3DS, Android

Monster Hunter Stories memiliki permainan yang sangat berbeda dari game seri MH lainnya. Game ini menampilkan sistem pertarungan berbasis giliran serta kemampuan untuk berteman dengan monster dan menetaskan monster baru dengan mencuri telur.

Monster Hunter Series jadi game android yang mirip pokemon

Gim ini memungkinkan kamu untuk memberi nama, mengendarai, dan melatih monster untuk menjadi lebih kuat. Kamu pun bisa menyelami cerita orisinal yang akan menuntun kamu dalam misi mencegah penyakit hitam misterius yang menghancurkan dunia.

Satu hal menarik di game ini yang mirip Pokemon adalah mekanisme pertarungan dengan gaya Rock-Paper-Scissors, dengan serangan yang termasuk dalam salah satu dari tiga kategori: Kekuatan, Kecepatan, dan Teknik. Kamu pun bisa memilih salah satu senjata ikonik Monster Hunter, mulai dari The Great Sword, The Sword and Shield, The Hammer, atau The Hunting Horn.

2. PokeMMO

Platform: PC, Android, iOS

Sebenarnya jadi hal yang rancu untuk mencantumkan PokeMMO sebagai game mirip Pokemon, karena game ini memang game Pokemon. Tidak cuma punya region dan daftar Pokemon yang sama, kamu bahkan butuh ROM dari game Pokemon asli untuk bisa memainkannya.

PokeMMO

Meski bukan berasal dari developer resmi, PokeMMO memiliki semua yang diinginkan oleh pecinta game Pokemon. Salah satunya adalah adanya akses ke empat region (Kanto, Hoenn, Sinnoh dan Unova) dalam satu game saja. Hal ini pun memberikan kontinuitas karena setiap kali berpindah region, Pokemon dan stat yang kamu miliki akan tetap ada.

Selain itu ada banyak perubahan dari game aslinya, seperti AI untuk trainer yang lebih baik dan stat Pokemon yang disesuaikan agar tetap seimbang. Pokemon yang kamu miliki pun akan memiliki limit untuk mencegahnya jadi over-powered saat mengikuti alur cerita tertentu.

Satu hal yang patut diperhatikan, PokeMMO adalah game online multiplayer yang hadir dengan aspek MMO pada umumnya. Jadi di game ini kamu bisa bertemu atau bertanding dengan pemain lain di seluruh dunia, atau saling jual/beli item. Game ini pun memiliki sistem perekonomiannya sendiri yang uangnya nanti bisa kamu gunakan untuk trading.

3. PokeOne

Platform: Windows, Android

Jika kamu senang dengan game PokeMMO, kamu juga perlu mencoba PokeOne yang sama-sama bisa dimainkan secara online. Meski masih dalam versi open-beta, game ini sudah menampilkan setiap gerakan, kemampuan, dan mekanik gameplay dari Pokemon Red and Blue sampai Pokemon Sun and Moon.

Game Pokemon MMO - PokeOne

Yang paling menarik adalah fakta bahwa gim ini dapat dimainkan dalam tampilan 2D atau 3D, tergantung pada preferensi pemain. Hal ini menjadi sentuhan bagus yang memberikan keseimbangan yang baik antara game Pokemon yang kita kenal dengan visualisasi 3D yang populer saat ini.

Meski secara umum masih memiliki lebih sedikit Pokemon region yang terbatas, PokeOne sudah mendapat respon positif dari para penggemar game Pokemon. Game ini pun masih terus mendapatkan update dan terlihat cukup menjanjikan untuk jadi game Pokemon MMO terbaik.

4. Digimon: Next Order

Platform: PS4, PS Vita, Windows, Switch

Sejak kemunculannya, Digimon selalu dibandingkan dengan Pokemon. Apalagi keduanya memiliki konsep serupa meski pilihan monsternya berbeda. Makanya, jika kamu senang dengan game Pokemon dan sedang mencari game yang mirip Pokemon, maka Digimon bisa jadi opsi yang paling cocok.

Digimon: Next Order

Dibanding seri Digimon lainnya, Digimon: Next Order fokus pada aspek membesarkan dan melatih Digimon, dan cocok untuk kamu yang suka membesarkan Pokemon. Di awal permainan kamu akan diberikan dua Digimon yang nantinya bisa kamu latih dan kembangkan.

Saat menjelajahi dunia di game ini, kamu akan bertemu dengan pemilik Digimon lain dan menguji kemampuan Digimon kamu dalam pertarungan sesungguhnya. Namun alih-alih menggunakan sistem pertarungan berbasis giliran, salah satu game Digimon terbaik ini justru mengubahnya dengan menyajikan pertarungan secara real-time.

5. Nexomon: Extinction

Platforms: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Mac

Sekilas, Nexomon: Extinction terlihat mirip dengan game tiruan Pokemon lainnya. Meskipun tidak ada alasan yang jelas, vibe yang diberikan saat memainkan game ini mau tidak mau memang akan mengingatkan kita pada game Pokemon yang lebih populer.

Nexomon: Extinction

Namun, jika kamu sempat memainkannya, kamu akan mendapatkan game turn-based RPG yang berhasil mengadopsi bagian terbaik dari Pokemon dan menggabungkannya dengan beberapa konsep baru yang mengesankan. Salah satunya adalah mini-game menarik yang dapat dimainkan setiap kali kamu mencoba berteman dengan salah satu dari lebih dari 300 "Nexomon" yang unik.

Nexomon dikategorikan berdasarkan sembilan jenis elemen dan bahkan dapat berevolusi menjadi versi yang lebih kuat saat terkena item tertentu. Salah satu kekuatan terbesar Nexomon: Extinction adalah detail desainnya, yang membuat penjelajahan dunia baru di game ini tampak seperti petualangan seru.

6. Monster Crown

Platforms: PC, Nintendo Switch, PS Vita, Mac

Game Monster Crown juga termasuk dalam kategori yang sama dengan Nexomon tetapi lebih mirip sebagai alternatif Pokemon era Game Boy. Game ini menampilkan animasi retro modern yang cocok untuk kamu yang menyukai game petualangan JRPG.

Monster Crown

Dari segi cerita, memainkan game ini rasanya seperti bernostalgia dengan game Pokemon lama kamu, hanya dengan 'suasana' yang jauh lebih gelap. Ada orang jahat yang kamu coba hentikan, namun kamu akan mendapatkan bantuan dari monster yang kamu temukan sepanjang perjalanan.

Selain misi utama, ada banyak side quest yang dirancang dengan baik serta pembiakan monster yang diklaim lebih baik dari Pokemon. Jika kamu berminat untuk memainkan game mirip Pokemon jadul, Monster Crown bisa jadi alternatif yang patut dipertimbangkan.

7. Temtem

Platform: Windows, Switch, PS5, Xbox Series X/S

Temtem adalah MMORPG di maka kamu berperan sebagai pengumpul monster dengan gameplay berkonsep catch-em-all ala Pokemon . Pada game ini kamu akan bisa melakukan perjalanan dan mengumpulkan pengalaman untuk menjadi penjinak terbaik di dunia Temtem.

Temtem

Saat kamu menjelajahi enam pulau terapung yang membentuk Kepulauan Mengapung Temtem, kamu akan menemukan berbagai Temtem yang hidup damai dengan manusia. Selain itu ada juga Temtem liar yang bisa ditangkap dan dilatih.

Mode single-player game ini sangat mirip dengan Pokemon di mana kamu harus melatih jagoan kamu dan mengalahkan pemimpin Dojo. Jika kamu menggunakan mode multi-player, kamu bisa terhubung dengan pemain lain di dunia dan saling bertempur, barter, atau berinteraksi secara real-time.

8. Jade Cocoon: Story of the Tamamayu

Platform: PS1

Jade Cocoon: Story Of The Tamamayu bisa dibilang jadi salah satu game underrated RPG yang dirilis untuk PlayStation 1. Tidak cuma punya gameplay unik, desain game yang dibuat berkolaborasi dengan Studio Ghibli pun sempat mendapat pujian saat pertama kali riilis.

Jade Cocoon: The Story of Tamamayu

Dengan gameplay mirip Pokemon, pemain dapat menangkap dan mendapatkan Minion yang dapat digunakan dalam pertempuran. Minion ini pun nantinya bisa kamu gunakan dalam pertarungan atau dipelihara untuk mendapatkan silk yang nantinya bisa dijual. Semakin sering kamu menangkap Minion, semakin banyak pula Minion yang bisa kamu simpan.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah kemampuan kamu untuk menggabungkan Minion untuk mendapatkan Minion yang lebih hebat dalam ratusan kombinasi yang berbeda. Minion tersebut juga bisa dirancang untuk memiliki beberapa elemen berbeda yang membuatnya lebih efektif dalam melawan berbagai jenis monster.

9. Yo-Kai Watch 3

Platform: Nintendo 3DS

Yo-Kai Watch adalah franchise game di mana karakter kamu memiliki jam tangan khusus yang membuat penggunanya mampu melihat Yo-Kai, makhluk seperti hantu yang terinspirasi dari Budaya Jepang. Jika kamu suka dengan aspek mengumpulkan Pokemon, Yo-Kai Watch akan sangat cocok untukmu.

Yo-Kai Watch 3

Dalam game ini, kamu bisa mengumpulkan ratusan Yo-Kai yang nantinya bisa membantu kamu dalam pertempuran. Masing-masing Yo-Kai pun memiliki skill tertentu, baik defensif, offensif, atau sebagai support. Jadi kamu harus mengatur strategi untuk memilih 6 Yokai terbaik untuk bertanding dalam pertarungan 3v3.

Sedikit berbeda dari Pokemon, kamu bisa memberi makanan favorit pada lawanmu saat pertandingan untuk membuatnya bergabung denganmu. Selain itu Yo-Kai yang berasal dari tribe yang sama juga bisa melakukan fusion yang semakin menambah kedalaman strategi saat kamu bertarung.

10. World of Final Fantasy

Platform: PC, Xbox One, PS4, Nintendo Switch

World of Final Fantasy adalah game yang menggabungkan dunia Final Fantasy dengan gameplay ala Pokemon. Di game ini, terdapat monster bernama Mirage yang mirip Pokemon di mana mereka bisa ditangkap untuk membantu kamu dalam pertempuran. Mirage ini pun bisa naik level, dan bahkan berevolusi untuk menjadi Mirage yang lebih kuat.

World of Final Fantasy

Dari segi cerita, kamu akan mengontrol Lann dan Reynn untuk berpetualang di dunia Grymoire. Dalam perjalanannya, kamu akan bertemu dengan banyak tokoh ikonik dari seri Final Fantasy, seperti Cloud dan Tifa dari FF7, Squall dari FF8, Tidus dan Yuna dari FF10, atau Lightning dari FF13. Mirages yang ada di game ini pun mengambil tokoh monster dari seri FF, mulai dari Ifrit, Shive, Chocobo, Cactuar, Tonberry, Moogle, Omega, dan masih banyak lagi.

Pertarungan dilakukan oleh 6 karakter dengan 4 Mirage di dalam party tersebut. Sistemnya sendiri lebih condong ke Final Fantasy dengan penggunaaan Active Time Battle (ATB) dan penggunaan Action Point (AP).

Menariknya, Mirage yang kamu gunakan nantinya akan berpengaruh pada skill dan kemampuan yang bisa kamu gunakan. Selain itu ada sistem Summon yang khas dari Final Fantasy di mana kamu bisa memanggil Special Mirage yang punya kekuatan yang lebih dahsyat dari Mirage biasa.

11. Chocobo's Mystery Dungeon: Every Buddy!

Platform: Nintendo Switch, Playstation 4

Spin-off Final Fantasy lain yang juga jadi game mirip Pokemon adalah Chocobo's Mystery Dungeon: Every Buddy! Game ini sendiri merupakan versi remaster dari game Final Fantasy Fables: Chocobo's Dungeon yang sebelumnya rilis pada tahun 2007.

Chocobo's Mystery Dungeon: Every Buddy!

Dalam game ini, kamu akan mengendalikan Chocobo dan temannya Cid dalam mengembalikan ingatan orang-orang yang terkunci dalam berbagai ruang bawah tanah. Saat melintasi dungeon, kamu akan bertemu dengan monster yang bisa kamu jadikan teman dengan Buddy System. Monster tersebut pun nantinya bisa membantu kamu melalui pertempuran sulit.

Konsep random generated dungeon seperti di game ini sendiri bukan hal yang aneh di game Pokemon. Kamu bahkan bisa menemukan game yang mirip di seri Pokemon Super Mystery Dungeon yang dirilis untuk 3DS pada tahun 2016. Jadi jika kamu senang dengan game roguelike mirip Pokemon, kamu harus mencoba game yang satu ini.

12. Coromon

Platform: Nintendo Switch, Android, iOS, PC

Coromon adalah game mirip Pokemon yang akan mengingatkan pada game Pokemon dari generasi ke-3 dan ke-4, mulai dari cerita, gameplay hingga tampilan retronya. Pixel art yang digunakan pun mendapatkan sentuhan modern dan cocok jadi salah satu game piksel terbaik buat kamu yang senang dengan tampilan tersebut.

Coromon

Mirip dengan game Pokemon, Coromon akan mengajak kamu untuk menjadi Coromon Masters. Di game ini kamu bisa melintasi lingkungan yang beragam, sambil menangkap dan memelihara lebih dari 100 makhluk unik bernama Coromon. Sistem pertempuran berbasis giliran dengan stamina bar dan pertimbangan elemen pun jadi hal yang tidak kalah mirip.

Dengan evolusi, penyesuaian, dan alur cerita yang memikat, Coromon mempu memberikan nostalgia RPG klasik sambil memperkenalkan mekanika modern. Gaya ini pun mampu menghadirkan pengalaman unik bagi penggemar lama genre ini dan pendatang baru.

13. Cassette Beasts

Platforms: Nintendo Switch, Xbox One, PC, Xbox Series X and Series S

Cassette Beasts adalah game yang menggabungkan penjinak monster, turn based combat, dan dunia open world menjadi pengalaman bermain yang menarik. Meski ada elemen yang familiar dari Pokemon, pengenalan monster fusion, stiker kustomisasi, dan konsep manusia yang bisa berubah menjadi beast akan memberikan pengalaman berbeda dari Pokemon.

Cassette Beasts

Sama-sama bisa mengumpulkan monster/hewan, Cassette Beasts memiliki gameplay uniknya sendiri yang terbilang lebih kompleks dibanding Pokemon.

Di game ini, ada 14 tipe beast yang bisa kamu tangkap, masing-masing pun memiliki elemen yang membuatnya efektif dibanding elemen tertentu. Namun tidak seperti Pokemon, elemen ini bisa kamu ubah dengan menggabungkan monster, membuatnya lebih menguntungkan saat dihadapkan pada lawan yang sama.

Dengan sistem stiker yang sepenuhnya dapat disesuaikan dan kumpulan besar setiap monster, kamu bisa menerapkan banyak strategi kreatif. Stiker efek pasif, berbagai efek status, dan fitur transformasi membawa begitu banyak kesenangan dan chaos tak terduga ke dalam pertarungan.

14. Neo Monster

Platform: Android, iOS

Bagi kamu yang sedang mencari game mirip Pokemon di Android, Neo Monster adalah salah satu klon yang sempurna. Bisa dibilang satu-satunya perbedaan mencolok di antara keduanya adalah desain karakternya saja.

Neo Monster

Sama seperti Pokemon, game gratis ini juga memiliki beberapa dunia yang bisa kamu jelajahi. masing-masing memiliki keunikannnya sendiri, termasuk berbagai jenis Monster yang bisa kamu lawan, tangkap dan koleksi. Monster yang kamu dapat pun bisa kamu latih hingga berevolusi dan jadi lebih kuat.

Sistem pertarungan juga jadi satu hal yang sedikit berbeda. Di sini kamu akan bertarung 4v4 dengan total 16 monster. Dan jika kamu sudah menguasainya, kamu bisa mengikuti 6 liga untuk kamu taklukan.

15. EvoCreo

Platform: Android, iOS

Game mirip Pokemon terbaik di Android dan iOS lainnya adalah EvoCreo. Di game ini kamu sama-sama bisa mengumpulkan monster, melatihnya, dan memakainya dalam pertempuran. Kamu pun bisa bertanding melawan trainer lain (di game ini disebut evoker). Meski begitu ada beberapa hal yang membuat game lebih dari sekadar tiruan Pokemon.

Game mirip Pokemon di Android, EvoCreo

Dalam pertempuran, monster atau Creos yang kamu gunakan memiliki gerakan yang memiliki tingkatan dan harus di-charge. Dengan begitu kamu akan lebih tertantang karena tidak bisa selalu menggunakan gerakan yang sama untuk mendapatkan kemenangan mudah.

Namun jangan khawatir. Selain serangan biasa, kamu juga bisa menggunakan sistem yang mampu memberikan kamu buff atau bonus tambahan dalam pertempuran. Jadi jika kamu mencari game mirip Pokemon dengan gameplay yang lebih dalam, EvoCreo bisa menyediakannya untukmu.

16. Heartbeat

Platforms: PC

Heartbeat adalah salah satu game RPG terbaik dengan konsep pertarungan monster yang menarik. Gim yang dijalankan menggunakan RPG Maker ini akan memberikan kamu karakter utama bernama Eve Staccato, "Penyihir" yang berasal dari desa kecil di sisi gunung.

Heartbeat

Di dunia Eve, manusia dan makhluk yang dikenal sebagai Mogwai kesulitan untuk hidup berdampingan selama bertahun-tahun, mengakibatkan kekerasan dan kekacauan terus-menerus di kedua sisi. Nantinya kamu akan dengan cepat menemukan diri dalam misi berbahaya yang akan membentuk masa depan Mogwai dan umat manusia.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah adanya beberapa pilihan ending. Dan meski pilihan Mogwai-nya lebih terbatas dibanding Pokemon, cerita dalam game ini terlihat lebih menarik di mana masing-masing NPC pun punya latar belakang unik.

17. Fae Tactics

Platforms: PC, Nintendo Switch

Fae Tactics adalah salah satu game RPG taktikal terbaik yang juga memiliki beberapa kesamaan dengan seri Pokemon populer. Di dalamnya, kamu akan mengontrol seorang penyihir muda bernama Peony saat ia berkelana melintasi dunia piksel 3D yang mempesona, dan bertemu sekutu untuk bersama-sama melawan musuh.

Fae Tactics

Seperti Pokemon, kamu bisa mengumpulkan makhluk (di sini bernama Fae) yang dapat membantu kamu dalam pertempuran, meski mekanismenya lebih mirip summon. Pertarungan pun dilakukan secara giliran di mana kamu bisa memberikan mantra yang berbeda untuk meningkatkan peluang yang menguntungkan kamu selama giliran heores tertentu. Musuh yang kalah pun bisa kamu ajak untuk bergabung dan digunakan dalam pertempuran.

Setiap member/Fae yang kamu miliki dapat naik level dari waktu ke waktu, dan kemampuan mereka dapat disesuaikan dengan keinginan kamu. Meskipun pilihan member yang bisa kamu gunakan tidak sebesar game Pokemon, masing-masing jagoan memiliki desain unik yang menonjolkan seni piksel cantik khas game Fae Tactics.

18. Pikmin Bloom

Platform: Android, iOS

Buat kamu yang sedang mencari game mirip Pokemon Go gratis, Pikmin Bloom bisa jadi alternatif terbaik. Keduanya sama-sama merupakan game augmented reality yang mengharuskan kamu pergi ke luar rumah untuk menyelesaikan misi. Lagipula Pokemon Go dan Pikmin Bloom sama-sama dibuat oleh Niantic sehingga tidak sulit untuk melihat kesamaan di antara keduanya.

Game mirip Pokemon Go, Pikmin Bloom

Dalam game ini, kamu hanya perlu berjalan kaki bersama makhluk bernama Pikmin. Pikmin ini bisa menemukan item seperti buah atau kostum sepanjang perjalanan. Tugas kamu nantinya adalah untuk membuat dunia penuh bunga yang nyaman untuk para Pikmin.

Dibandingkan Pokemon Go, Pikmin Bloom punya gameplay yang lebih santai. Kamu pun tidak perlu menangkap atau melatih Pikmin yang kamu dapat, atau bertarung dengan user lain dan gym leader. Jika kamu ingin game yang lebih mirip Pokemon, seri utama Pikmin 1,2 dan 3 akan lebih cocok untukmu.

19. Jurassic World Alive

Platform: Android, iOS

Game mirip Pokemon GO di Android lain yang juga menggunakan teknologi augmented reality adalah Jurassic World Alive. Sesuai namanya, kamu bisa mengumpulkan dan mengoleksi hewan-hewan besar dan buas dari zaman prasejarah di game ini.

Jurassic World Alive

Selain mengumpulkan dinosaurus, kamu juga bisa menemukan DNA mereka yang nantinya bisa dipakai untuk mengembangkan dinosaurus baru yang lebih ganas. Dan sama seperti Pokemon Go, kamu pun bisa membuat tim tangguh dan menantang pemain lain untuk menjadi yang terhebat di areamu.


Gameplay yang unik jadi salah satu alasan kenapa game Pokemon begitu digemari. Meski bukan konsep yang baru, melatih dan memelihara makhluk berkekuatan besar jadi hal yang seru dan memuaskan. Untungnya tidak sulit untuk mencari game mirip Pokemon di PC atau konsol gaming lainnya. Masing-masing pun memiliki elemen tambahan yang membuatnya tetap unik dan memberikan pengalaman bermain yang lebih fresh. (GimTekno.com)

0 Komentar