17 Game Nintendo Switch Terbaik untuk Anak Kecil - GimTekno

17 Game Nintendo Switch Terbaik untuk Anak Kecil

(Update: 14 juli 2023) - Mencari game Nintendo Switch terbaik untuk anak kecil mungkin bukanlah hal yang sulit. Salah satu konsol game terlaris ini memang memiliki banyak permainan dari berbagai genre yang pastinya cocok untuk semua kalangan usia.

Game Nintendo Switch terbaik untuk anak kecil

Untuk mencari game terbaik yang bisa dimainkan anak, kamu bisa memfilternya berdasarkan cerita, gameplay, atau tingkat kesulitannya. Tidak cuma itu, seluruh game Nintendo Switch juga sebenarnya memiliki rating ESRB atau PEGI untuk melihat rekomendasi usia minumum yang bisa memainkan game tersebut.

Nah, buat kamu yang sedang mencari game Nintendo Switch terbaik untuk anak-anak, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu lirik!

Game Nintendo Switch Terbaik untuk Anak

1. Animal Crossing: New Horizons

Release: 2020
ESRB Rating: Everyone

Animal Crossing: New Horizons Nintendo Switch

Animal Crossing: New Horizons adalah rekomendasi pertama jika kamu ingin mencari game Nintendo Switch untuk anak kecil. Selain punya tampilan lucu, gameplaynya pun cukup mudah di mana pemain bisa memancing, bercocok tanam, menangkap serangga, dan berinteraksi dengan karakter yang ada.

Game ini sendiri bisa dimainkan dengan santai tanpa perlu memenuhi target tertentu. Para pemain bisa mengkustomisasi pulau mereka, mendesain kostum, serta mengikuti berbagai event yang ada dalam game ini.

Satu hal penting, game Animal Crossing juga memiliki Parental Control yang memungkinkan orang tua untuk mengatur waktu bermain anak dan membatasi interaksi sosial online dengan orang yang tidak dikenal.

2. Rocket league

Release: 2017
ESRB Rating: Everyone


Rocket League

Apa jadinya jika permainan sepak bola digabungkan dengan kendaraan roda empat? Ya Rocket League jawabannya.

Rocket League adalah video game sepak bola dengan kendaraan yang dirilis pada 14 November 2017 di Nintendo Switch. Dengan cepat, game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Psyonix ini jadi favorit banyak gamers dari berbagai platform.

Permainan ini harus dimainkan dengan maksimal empat pemain yang dibagi dalam dua tim. Beda dengan sepak bola biasa, kamu akan menggunakan kendaraan bertenaga roket untuk menggiring dan memasukan bola ke gawang lawan. Pemenangnya adalah tim yang berhasil memasukan bola lebih banyak.

Dengan gameplay yang unik dan menghibur, Rocket League adalah permainan yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak atau dimainkan anak kecil. Dijamin mereka akan bersenang-senang dan gembira sambil berakrobat ria di atas mobil dan menjatuhkan bola ke gawang.

3. Mario Kart 8 Deluxe

Release: 2017
ESRB Rating: Everyone


Mario Kart 8 Deluxe Nintendo Switch

Game dari seri Super Mario lain yang juga jadi salah satu game Nintendo Switch terbaik untuk anak kecil adalah Mario Kart 8 Deluxe. Game balapan yang dikembangkan Nintendo di tahun 2017 ini memang sudah cukup lama namun tetap asik untuk dimainkan bersama-sama.

Sesuai namanya, game ini adalah entri utama kedelapan dalam seri Mario Kart. Salah satu game multiplayer terbaik di Nintendo Switch ini juga memiliki banyak karakter warna-warni, lintasan, dan beberapa mode game ini dikemas dengan apik dan menarik.

Kontrol game ini mudah dipelajari, dan dilengkapi mode smart steering yang membantu kamu tetap berada di jalur yang benar. Dibanding game balap lainnya, Mario Kart Deluxe akan sangat cocok untuk anak-anak, maupun orang dewasa.

4. Nickelodeon Kart Racers

Release: 2022
ESRB Rating: Everyone 10+

Nickelodeon Kart Racers Nintendo Switch

Selain Mario Kart, game balapan seru lain di Nintendo Switch yang cocok untuk anak kecil adalah Nickelodeon Kart Racers. Dengan konsep serupa, di sini kamu bisa memainkan banyak karakter dari seri kartun populer seperti Rugrats, Hey! Arnold, Teenage Mutant Ninja Turtles, serta Spongebob Squarepants.

Dengan 24 lintasan balap dan 8 arena berbeda, kamu dan teman-teman kamu bisa saling adu cepat untuk menjadi yang terbaik. Kamu pun bisa mencoba mode co-op untuk bersatu mengalahkan tim balap lain yang menjadi lawanmu.

5. Splatoon 3

Release: 2022
ESRB Rating: Everyone 10+


Splatoon 3 Nintendo Switch

Splatoon 3 adalah video game tembak-tembakan seru buatan Nintendo yang dirilis pada September 2022  di Nintendo Switch. Game ini merupakan sekuel game dari nama yang sama dan memasukan gameplay mode cerita untuk single player.

Meski masuk genre tembak-tembakan, game ini dikemas dengan lucu dan cocok untuk dimainkan semua gamer dari berbagai kalangan usia, termasuk anak kecil.

Game ini pun tidak menggunakan animasi peluru sungguhan, melainkan tinta yang harus disemprotkan ke berbagai area di dalam peta pertempuran. Pemenang nantinya akan ditentukan oleh seberapa banyak area yang berhasil kamu warnai. Dengan jumlah pemain mencapai 4v4, game ini juga jadi salah satu game seru untuk dimainkan beramai-ramai.

6. Overcooked 2

Release: 2018
ESRB Rating: Everyone


Overcooked 2 Nintendo Switch

Overcooked 2 adalah video game simulasi memasak yang dirilis untuk Nintendo Switch, PS4, Windows, dan Xbox One. Game ini dikembangkan oleh Ghost Town Games dan dirilis oleh Tim 17 pada Agustus 2018 lalu.

Dalam game ini, sebuah tim yang terdiri dari hingga empat pemain secara kooperatif menyiapkan dan memasak pesanan di restoran. Para pemain diberi tugas seperti memotong dan memasak bahan, menggabungkannya di piring dan menyajikan hidangan dalam permainan.

Game ini menyajikan gameplay yang mudah dalam bentuk kompetisi yang sangat menyenangkan, lucu, dan bersahabat di mana semua pemain saling bersaing dan mencoba memasak makanan terbaik. Cocok untuk dimainkan anak kecil dan berbagai usia.

7. ARMS

Release: 2017
ESRB Rating: Everyone 10+


ARMS Nintendo Switch

ARMS adalah video game pertarungan 3D buatan Nintendo yang dirilis pada 2017 di Nintendo Switch. Game ini mirip dengan game bertarung pada umumnya di mana kamu harus bisa mengalahkan lawan. Bedanya, kamu akan memiliki tangan yang bisa dijulurkan dan dilengkapi dengan berbagai kemampuan.

Tidak seperti game pertarungan tradisional, penggunaan senjata tempur memberikan elemen kejutan menarik dalam setiap pertempuran. Makanya tidak heran jika ARMS menjadi salah satu game terlaris dan terbaik untuk dimainkan di Nintendo Switch bersama anak-anak.

8. Lego Marvel Superheroes 2

Release: 2017
ESRB Rating: Everyone 10+


LEGO Marvel  Superheroes Nintendo Switch

LEGO dan superhero Marvel seperti Thor, Hulk, dan Captain America adalah dua hal yang banyak disukai oleh anak kecil. Gabungan keduanya dalam satu game yang sama tentu akan sama menariknya untuk mereka juga bukan?

Lego Marvel Superheroes 2 adalah game superhero bertema aksi dan petualangan Lego. Game buatan Nintendo yang dirilis pada tahun 2017 ini memiliki ciri khas karakter LEGO yang pastinya menarik untuk anak kecil.

Anak-anak pastinya bersemangat mengetahui bahwa lego dan keajaiban dalam cerita game ini digabungkan bersama. Apalagi banyak aksi seru dan kocak saat pahlawan super mereka membuat lelucon, berkelahi dengan musuh dan ketika mereka jatuh.

9. Minecraft

Release: 2018
ESRB Rating: Everyone 10+

Minecraft buatan Mojang adalah game yang sangat populer dan menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Meski memiliki tampilan yang sederhana, Minecraft menjadi menjadi salah satu game terlaris dan banyak dimainkan oleh gamers dari berbagai kalangan usia.

Game sandbox ini memungkinkan kamu untuk menuangkan berbagai ide kreatif untuk menggunakan alat dan mengubah dunia kamu sendiri. Jika kamu butuh sedikit tantangan, mode game Survival akan membuat kamu lebih waspada dengan banyaknya musuh yang berkeliaran di malam hari dan siap merusak kreasi yang sudah kamu buat dengan susah payah.

Minecraft sendiri sangat mudah untuk dimainkan dan memiliki kontrol yang tidak sulit dipelajari oleh anak kecil. Di beberapa negara, game ini bahkan diajarkan pada anak kecil untuk melatih kreatifitas mereka dalam menggunakan blok bangunan untuk membangun struktur yang lebih kompleks. Makanya Minecraft bisa jadi salah satu game Nintendo Switch terbaik untuk anak kecil yang bisa kamu rekomendasikan.

10. Pokémon: Let's Go, Pikachu! and Let's Go, Eevee!

Release: 2018
ESRB Rating: Everyone


Pokémon: Let’s Go, Eevee! Nintendo Switch

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pokémon? Tidak cuma anak kecil, seri kartun legendaris ini juga disukai oleh banyak orang dewasa.

Pada Nintendo Switch, kamu bisa mengikuti perjalanan Ash dan kawan-kawan dalam seri game Pokémon: Let's Go, Pikachu! and Let's Go, Eevee! Game ini berhasil menggabungkan gameplay turn-based tradisional dari seri utama mereka dengan beberapa elemen dari game mobile Pokémon GO.

Gabungan kedua fitur tersebut jadi pengantar yang sempurna untuk mengenalkan seri Pokémon pada anak kecil. Orang dewasa pun dapat menikmati perjalanan nostalgia yang luar biasa dari game yang sudah dimulai sejak lebih dari dua dekade yang lalu.

11. Pokémon Snap

Release: 2021

ESRB Rating: Everyone

Pokemon Snap Nintendo Switch

Meski sama-sama Pokemon, game ini memiliki konsep permainan yang sama sekali berbeda dengan seri Pokemon lainnya. 

Sesuai namanya, misi di Pokemon Snap adalah mengambil gambar dari setiap pokemon yang ada, lalu mengumpulkan dan menyusunnya. Sedikit mirip dengan misi untuk melengkapi Pokedex-mu sendiri. Setiap gambar nantinya akan diberi nilai sesuai dengan langka atau tidaknya pose atau kelakuan yang dilakukan Pokemon tersebut.

Dengan gameplay yang jauh lebih rileks, Pokemon Snap jadi game Nintendo Switch yang cocok untuk anak kecil di bawah usia sekolah. Apalagi gameplay-nya jauh dari kekerasan dan tidak memiliki adegan kekerasan sama sekali.

12. Just Dance

Release: 2022
ESRB Rating: Everyone


Just Dance Nintendo Switch

Buat kamu yang ingin menghadiahkan game Nintendo Switch untuk anak yang aktif bergerak, Just Dance bisa jadi pilihan yang menarik. Sesuai dengan namanya, game ini akan mengajak kamu untuk berdansa ria mengikuti gerakan seru berdasarkan lagu-lagu populer.

Tidak hanya asik dimainkan sendiri, game ini juga support multiplayer hingga 6 orang. Menariknya, game ini memiliki mode anak yang hadir dengan lagu dan koreografi khusus untuk anak kecil.

13. Yoshi's Crafted World

Release: 2019
ESRB Rating: Everyone

Yoshi's Crafted World Nintendo Switch

Jika kamu mencari gim yang santai dan cocok untuk anak kecil, Yoshi's Crafted World akan membuat kamu bahagia. Gim ini tidak sulit, musiknya terdengar seperti kumpulan lagu pengantar tidur, dan grafiknya terlihat sangat imut.

Melihat gameplay-nya, game ini memang dibuat dengan target audiens yang lebih muda dan baru mulai memainkan game di Nintendo Switch. Mengingat imutnya tampilan karakter dan dunia Yoshi ini, tidak sulit untuk membayangkannya disukai oleh anak-anak.

14. Captain Toad: Treasure Tracker

Release: 2018
ESRB Rating: Everyone

Captain Toad: Treasure Tracker Nintendo Switch

Captain Toad: Treasure Tracker adalah game berbasis platform yang penuh dengan teka-teki dan sangat cocok untuk dimainkan oleh anak kecil. Kamu bahkan bisa mengakses permainan multiplayer untuk bermain bersama teman di game ini.

Kontrol game ini sangat mudah dan tidak perlu banyak aksi. Kamu hanya perlu berkeliling di sekita lingkungan untuk mencari petunjuk tentang cara mengumpulkan setiap permata agar bisa melalui setiap levelnya yang mudah.

Perlu diingat bahwa game Captain Toad pada dasarnya adalah permainan puzzle. Jadi game ini mungkin akan kurang cocok untuk anak kecil yang lebih senang dengan game yang penuh aksi seperti game berantem atau tembak-tembakan.

15. Super Mario Odyssey

Release: 2017
ESRB Rating: Everyone 10+

Super Mario Odyssey

Super Mario Odyssey adalah gim video berbasis platform yang dirilis pada 27 Oktober 2017 di Nintendo Switch. Gim yang dikembangkan langsung oleh Nintendo ini adalah salah satu game Mario terbaik di Nintendo Switch yang harus kamu coba.

Pada game ini, kamu akan mengikuti petualangan Mario dan partnernya Cappy. Kamu akan mengantar keduanya untuk melakukan perjalanan melintasi berbagai dunia demi menyelamatkan putri Peach dari si jahat Bowser.

Super Mario Odyssey merupakan game petualangan besar dan cukup mudah untuk dimainkan oleh anak kecil. Berbagai rintangannya pun dapat dinikmati dan sempurna untuk dimainkan bersama anak-anak. Tidak cuma itu, game ini pun memiliki alur cerita yang luar biasa dan memiliki nilai hiburan yang sangat besar.

16. 1-2 Switch

Release: 2017
ESRB Rating: Everyone 10+

Game Nintendo Switch terbaik untuk anak berikutnya adalah 1-2 Switch. Game buatan Nintendo yang dirilis pada tahun 2017 ini merupakan game yang asik untuk dimainkan beramai-ramai dan penuh dengan mini-game seru yang mudah dimainkan oleh anak kecil sekalipun.

Pada game ini terdapat game-game ringan mulai dari Air Guitar, Baby, Ball count, Baseball Beach Flag, Boxing Gym, Copy Dance, Dance off, dan banyak game lain yang bisa kamu nikmati bersama.

17. Go Vacation

Release: 2018
ESRB Rating: Everyone

Go Vacation Nintendo Switch

Go Vacation adalah game anak santai yang berlatar belakang di pulau Kawawii yang bebas kamu kunjungi. Dengan area seperti Marine, Snow, City, dan Mountain, kamu bisa menikmati pemandangan yang unik dengan aktivitas berbeda di dalamnya.

Dalam game ini, kamu bisa bereksplorasi, menemukan area tersembunyi, memecahkan rahasia dan mencari item koleksi. Selain itu kamu pun bisa melakukan banyak aktivitas lain seperti surfing, ski, tenis, memancing, balapan, hingga menunggangi kuda. Bermain bersama-sama dan menjelajahi pulau dengan teman di game ini juga bisa jadi kegiatan asik bagi anak untuk menghabiskan waktu santai mereka.

Semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan, semakin banyak pula uang yang kamu dapat. Uang tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengkustomisasi karakter dan membeli pernak-pernik lucu untuk mereka. 


Dengan bentuk yang lucu, Nintendo Switch jadi konsol yang populer di kalangan anak kecil. Di dalamnya pun terdapat banyak game dengan grafis kartun yang sama menariknya untuk mereka. Tidak ketinggalan, ada cukup banyak game Nintendo Switch untuk anak kecil yang aman dimainkan. (Gimtekno.com)

0 Komentar