15 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa - GimTekno

15 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa

Konsol game terlaris di dunia

Sejak akhir 70-an, sudah ada banyak konsol game yang bermunculan. Mulai dari eranya Telstar dan Atari, lanjut ke NES dan SEGA, hingga Playstation, Switch dan Xbox. Namun manakah konsol game paling laris di dunia?

Masing-masing konsol memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap konsol juga memiliki game ikonik mereka sendiri yang membuat mereka lebih populer di kalangan gamer.

Sayangnya tidak semua konsol game mendapatkan cinta yang sama dari penggemarnya. Beberapa memiliki popularitas yang luar biasa dan berhasil mencatatkan penjualan terbesar dibanding konsol lainnya

Nah, mengutip dari Wikipedia, berikut adalah beberapa konsol game terlaris sepanjang masa hingga tahun 2023.

Consoles Released Units Sold (Million)
PlayStation 2 2000 155.00
Nintendo DS 2004 154.02
Nintendo Switch 2017 125.62
Game Boy & Game Boy Color 1989, 1998 118.69
PlayStation 4 2013 117.20
PlayStation 1 1994 102.49
Nintendo Wii 2006 101.63
PlayStation 3 2006 87.40
Xbox 360 2005 84.00
Game Boy Advance 2001 81.51
PlayStation Portable 2004 80-82
Nintendo 3DS 2011 75.94
NES/Famicom 1983 61.91
Xbox One 2013 51-58.5
SNES/Super Famicom 1990 49.1

Daftar Game Konsol Terlaris di Dunia

1. Playstation 2

Apa konsol video game terlaris dalam sejarah? Ternyata Playstation 2-lah yang jadi konsol game terlaris sepanjang masa hingga menjelang akhir tahun 2023 ini. Secara total, 155 juta lebih konsol PS2 terjual selama masa pakai sistem tersebut.

Konsol game terlaris sepanjang masa masih dipegang oleh Playstation 2 di 2023
Sony Playstation 2

Kemunculan PlayStation sebelumnya menghancurkan SEGA Saturn, dan Playstation 2 yang menjadi penerusnya juga menghambat upaya SEGA untuk kembali bersaing dengan Dreamcast. Hal ini bahkan membuat perusahaan tersebut meninggalkan dunia konsol untuk selamanya, dan belum bangkit lagi hingga kini.

Di zamannya, PS2 jauh lebih bertenaga dibanding konsol mana pun yang datang sebelumnya. Konsol game rumahan ini bahkan menyertakan pemutar DVD bawaan.

Selain itu, PS2 keluar dengan deretan judul eksklusif hit yang tak ada habisnya. Tidak tanggung-tanggung, konsol game ini memberikan kita banyak game keren seperti Kingdom Hearts II, Persona 3, Metal Gear Solid: Snake Eater, God of War 2, Shadow Colossus, dan Final Fantasy X.

2. Nintendo DS

Terjual lebih dari 154 juta unit di seluruh dunia, Nintendo DS adalah konsol genggam terlaris sepanjang masa. Di konsol ini kita bisa menemukan game-game keren seperti Mario Kart DS, Mario & Luigi: Partners in Time, Castlevania: Dawn of Sorrow, hingga beragam game Pokemon.

Nintendo DS & Nintendo DS Lite
Nintendo DS & Nintendo DS Lite

Nintendo DS sendiri memiliki desain layar ganda klasik dengan model game & watch yang membawa jajaran konsol genggam Nintendo ke puncak popularitas. Selain itu terdapat pula pengaturan layar ganda dan penekanan pada kontrol sentuh yang terhubung dengan konsumen dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh konsol lain di zamannya.

Nintendo DS sendiri mendapatkan beberapa kali revisi selama siklus hidup tujuh tahunnya. Meski model awal tidak diterima dengan baik, model DS lite dan DS XL mendominasi pasar dan membuka jalan bagi kemunculan Nintendo 3DS pada tahun 2011.

3. Nintendo Switch

Meski tergolong baru, Penerus Nintendo 3DS bernama Switch ini telah terjual lebih dari 125 juta unit dan tampaknya akan menjadi game konsol terlaris di dunia.

Nintendo Switch jadi konsol game paling laris beberapa tahun belakangan
Nintendo Switch

Konsol yang dirilis pada tahun 2017 ini bahkan nampaknya belum menunjukan tanda-tanda melambat. Menengok situs resmi Nintendo, masih ada beberapa game keren yang masih akan rilis di Nintendo Switch untuk dua tahun ke depan.

Nintendo Switch sendiri memiliki banyak game keren yang membuat popularitasnya meroket. Sebut saja Mario Kart 8 Deluxe, Animal Crossing: New Horizons, The Legend of Zelda: Breathh of the Wild, hingga berbagai seri Pokemon.

Selain terkenal karena keserbagunaannya, Switch juga mendapatkan popularitas karena fokusnya pada gameplay kooperatif, memungkinkan teman dan keluarga untuk bermain bersama. Plus, dengan segala macam varian dan edisi kolektor – belum lagi model Switch OLED yang baru – sistem tampaknya bisa saja memecahkan beberapa rekor penjualan konsol game terbanyak di tahun-tahun mendatang.

4. Nintendo GameBoy & Game Boy Color

Meskipun secara teknis ada perangkat game portabel yang tersedia sebelum GameBoy, handheld console pertama Nintendo yang menggunakan sistem kartrid adalah Nintendo Game Boy.

Nintendo Gameboy & Game Boy Color
Nintendo Game Boy & Game Boy Color

Hal ini menjadi langkah sukses yang membantu memperluas pasar yang telah dipelopori oleh Nintendo sendiri dengan seri Game & Watch-nya (Gimbot).

GameBoy sendiri diproduksi cukup lama dan baru dihentikan secara teknis pada tahun 2003, beberapa tahun setelah dirilis ulang dalam bentuk Game Boy Color. Selama rentang waktu tersebut, GameBoy dan Gameboy Color telah terjual hampir 120 juta unit.

GameBoy sendiri mendominasi pasar perangkat genggam berkat jejeran game terbaik mereka seperti Tetris, Super Mario Land, serta seri Pokemon Red, Green, Blue, dan Yellow.

5. Playstation 4

PlayStation 4 (PS4) bisa dibilang bukan hanya salah satu konsol terlaris sepanjang masa, tetapi juga salah satu yang paling populer, mengalahkan pesaing yang keluar bersamaan seperti, Xbox One dan Wii U.

Playstation 4
Sony Playstation 4 (PS4)

Konsol tersebut juga memiliki jajaran judul eksklusif yang sangat menarik seperti Horizon Zero Dawn, God of War, dan kelanjutan dari franchise Uncharted, yang terus menjadi game andalan Playstation hingga saat ini.

Sejauh ini, PS4 telah terjual lebih dari 117 juta unit, dan saat ini masih dijual, sehingga jumlahnya akan terus bertambah, meski kemungkinan besar akan dihapus dalam waktu dekat seiring kemunculan PS5 di pasaran.

6. PlayStation 1

Playstation adalah percobaan pertama Sony di dunia game yang pada akhirnya menjadi salah satu tonggak bersejarah. Menariknya, PlayStation adalah buah hasil kerjasama yang gagal antara Sony dan Nintendo yang ingin mengembangkan cartridge CD-ROM untuk SNES.

Sony Playstation 1 mencatatkan salah satu penjualan konsol game terbanyak di dunia
Sony Playstation (PS1)

Kemunculan PlayStation sebagai konsol bertenaga tinggi benar-benar membawa warna baru di dunia game. Mereka pun mendominasi pasar dan jauh lebih unggul dibanding Nintendo 64 dan Sega Saturn yang rilis berdekatan.

Keberadaan PlayStation mendorong game ke era 3D, memaksa setiap perusahaan lain untuk mengejar ketinggalan. Game-game ikonik seperti seri Final Fantasy, Gran Turismo, Crash Bandicoot, hingga Metal Gear Solid pun turut meningkatkan popularias konsol game rumahan ini, dan membuatnya mencatatkan salah satu penjualan konsol game terbanyak hingga 102 juta unit di seluruh dunia.

Kehebatan PlayStation 1 pun membuat konsol ini bertahan begitu lama di pasaran. Diluncurkan pertama kali di tahun 1994, PS1 masih terus terjual hingga 2006, hanya satu setengah tahun sebelum kemunculan PS3.

7. Nintendo Wii

Saat pertama kali diumumkan, beberapa gamer mencemooh ide konsol game yang menggunakan kontrol gerak. Ada yang mengira itu tipu muslihat murahan atau Nintendo putus asa setelah kinerja GameCube yang loyo yang hanya terjual 21,7 juta unit. Namun, para kritikus segera terbukti salah, karena konsol tersebut diluncurkan dengan kesuksesan kritis dan terjual 101,53 juta unit.

Nintendo Wii
Nintendo Wii

Game yang berfokus pada gerakan seperti Wii Fit, Wii Sports, dan Just Dance mendominasi tangga lagu, masing-masing terjual puluhan juta kopi. Selain permainan gerak, Wii juga memiliki beberapa permainan yang diremehkan namun jadi underrated hits, termasuk Donkey Kong Country Returns, WarioWare Smooth Moves, dan banyak lagi.

8. PlayStation 3

Saat pertama kali diluncurkan pada November 2006, Playstation 3 kurang mendapatkan resepsi mengingat harganya yang cukup mahal. Apalagi konsol ini harus bersaing dengan Xbox 360 dan Nintendo Wii yang juga masuk dalam daftar konsol game terlaris sepanjang masa.

Playstation 3
Sony Playstation 3 (PS3)

Meski memulai dengan lambat, popularitas PS3 beranjak naik. Apalagi konsol ini memang memiliki banyak fitur yang menjadi breakthrough bagi deretan konsol PS seperti penggunaan Blu-Ray Disc untuk pertama kalinya, serta integrasi social gaming melalui Playstation Network.

Pada akhirnya, PS3 pun diberkahi dengan beberapa game andalan seperti Grand Theft Auto V, Gran Turismo 5, The Last of Us, Uncharted 3. PS3 pun bisa terjual lebih dari 80 juta unit hingga akhir masanya di tahun 2017.

9. Xbox 360

Diluncurkan pada tahun 2005, Xbox 360 adalah konsol kedua dari seri Xbox. Hingga dinonaktifkan pada tahun 2016, Xbox 360 jadi konsol game Microsoft paling laris dan terjual hingga 84 juta di seluruh dunia.

Meski bukan yang paling populer, Xbox 360 sering dianggap sebagai salah satu tonggak bersejarah dalam dunia game. Alasannya adalah adanya fitur Xbox live yang berperan penting pada distribusi media digital serta multiplayer gaming.

Microsoft Xbox 360
Xbox 360

Satu fitur menarik dari Xbox 360 lainnya adalah pengenalan sensor gerak Kinect yang dirilis 5 tahun setelahnya. Perangkat ini bahkan sempat menjadi fenomena dan bahkan membuat game Kinect Adventures! menjadi game paling laris di Xbox 360.

10. Game Boy Advance

Game Boy original adalah salah satu konsol game terbaik di masanya. Namun pada akhir 90-an, keterbatasan hardware membuat konsol genggam ini kalah bersaing dengan konsol rumahan lain yang lebih canggih. Meski sempat meluncurkan Game Boy Color, suksesor sebenarnya jadi Game Boy adalah Game Boy Advance (GBA) yang diliris pada tahun 2001.

Game Boy Advance & Gameboy Advance SP
Game Boy Advance & Game Boy Advance SP

Dibandingkan pendahulunya, GBA memiliki grafis setara SNES yang membuatnya mampu merebut hati para gamers. Pada perjalanannya, GBA pun mendapatkan banyak perubahan seperti pengenalan lampu backlight, serta perubahan desain menjadi clamshell yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.

GBA sendiri pada akhirnya jadi salah satu konsol paling laris di dunia. Konsol genggam ini pun populer dengan beragam judul dari franchise game seperti Pokemon, Super Mario, serta Kirby.

11. PlayStation Portable

Playstation Portable (PSP) adalah jawaban dari SONY atas dominasi Nintendo dengan Game Boy-nya di pasar konsol game portable. PSP pun dilengkapi dengan audio dan video player yang membuatnya juga sering dianggap sebagai portable media player lengkap di masanya.

Playstation Portable (PSP)
Playstation Portable (PSP)

Saat pertama kali dirilis pada Desember 2004, PSP menjadi konsol portabel paling canggih. Hal ini jadi kelebihan PSP yang mampu menawarkan grafis yang jauh lebih baik dibanding kompetitornya. Konsol ini pun memiliki fitur remote play yang membuatnya mampu dipasangkan dengan PS2 dan PS3 dan mempu mengakses fitur-fitur yang ada pada kedua konsol tersebut.

Menariknya, deretan game PSP masih banyak dimainkan, terutama dengan emulator. Dengan semakin canggihnya smartphone dan tampilan landscape yang sama, kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain PSP dan mengakses game-game keren seperti GTA: Vice City, Monster Hunter, God if Wars: Chains of Olympus, Crisis Core: FF VII, Tekken: Dark Ressurection, atau Metal Gear Solid: Peace Walker.

12. Nintendo 3DS

Meski mendapatkan sukses dengan Nintendo DS, Nintendo 3DS yang jadi penerusnya justru malah sempat terpuruk saat diluncurkan tahun 2011. Untungya, mereka mengubah strategi penjualan dengan memangkas harga 3DS dan menawarkan game gratis membuat game ini kini bahkan jadi salah satu produk Nintendo dengan penjualan konsol game terbanyak.

Nintendo 3DS
Nintendo 3DS

Salah satu yang membuatnya unik dibanding pendahulunya tentu adalah kualitas grafisnya. Sesuai namanya, konsol ini memiliki fitur stereoscopic 3D yang membuatnya mampu menampilkan efek 3D tanpa aksesoris tambahan.

Tidak cuma itu, Nintendo 3DS pun memiliki banyak deretan game yang memorable dan masih layak dimainkan saat ini, seperti Mario Kart 7, Pokémon X & Y, Pokémon Sun & Moon, Animal Crossing: New Leaf, hingga The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

13. Nintendo Entertainment System (NES)

Nintendo Entertainment System (NES) adalah konsol game 8-bit yang petama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1983 dengan nama Family Computer (FC) atau Famicom. NES pun menjadi konsol dengan masa hidup terlama karena masih diproduksi di Jepang hingga tahun 2003. Servis resmi mereka pun masih berjalan hingga akhir 2007.

Famicom dan Nintendo Entertainment System (NES)
Famicom & Nintendo Entertainment System (NES)

Meski secara grafis bukanlah yang terbaik dibanding konsol modern, NES adalah salah satu konsol game paling bersejarah. Beberapa media gaming bahkan meletakan NES sebagai konsol game terbaik sepanjang masa.

Salah satu alasan kenapa NES begitu populer adalah momen rilisnya yang sangat tepat. Pada tahun 1983, dunia game konsol sempat mengalami crash akibat meningkatnya popularitas PC dan rendahnya kualitas game yang dibuat oleh banyak konsol game di zaman tersebut. Kemunculan NES yang merupakan re-design dari Famicom dua tahun kemudian pun mengubah persepsi orang terhadap konsol game.

NES sendiri jadi konsol pertama yang memperkenalkan pemakaian lisensi untuk game buatan pengembang pihak ketiga. Hal ini membuat game NES memiliki kualitas yang lebih tinggi. Tidak tanggung-tanggung, NES berhasil mengajak Konami, Capcom, Namco, Taito, Atari, hingga Activision dalam pembuatan game mereka.

Tidak dipungkiri, gebrakan NES membuat Nintendo lebih populer secara global. Hal ini bahkan menjadi langkah awal bagi Jepang dalam merajai industri game hingga sekarang.

14. Xbox One

Xbox One adalah konsol game rumahan buatan Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2013 sebagai penerus Xbox 360. Meski memiliki banyak kelebihan dibanding pendahulunya, Xbox One hanya bertahan beberapa tahun saja dan mencatatkan penjualan yang lebih rendah.

XBox One S
Xbox One S

Salah satu penyebab utamanya adalah persaingan ketat dengan konsol generasi ke-8 seperti PS4 dan Nintendo Switch. Kurangnya game ekslusif serta kebijakan mereka terhadap indie game juga menjadi kekurangan konsol ini, meski pada akhirnya mereka tetap bisa menjual hingga lebih dari 50 juta unit ke seluruh dunia.

15. Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Setelah sukses dengan NES, Nintendo mendapat saingan dari SEGA dan NEC yang lebih dulu meluncurkan konsol 16-bit dengan tampilan yang lebih baik. Pada tahun 1990, nintendo pun menjawab tantangan ini dengan meluncurkan Super Famicom atau Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Super Famicom & Super Nintendo Entertainment System (SNES)
Super Famicom & Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Meski muncul belakangan, SNES tetap lebih unggul dibanding para pesaingnya. Meski belum mampu mengalahkan pendahulunya, SNES mampu terjual hingga 49 juta unit di seluruh dunia dan menjadi konsol game paling laris pada masanya. Menariknya, popularitas SNES bahkan tetap tinggi meski konsol 32-bit telah muncul di pasaran.

Salah satu alasan kenapa Nintendo tetap bisa berjaya dengan SNES adalah kelanjutan kerjasama dengan developer game seperti Capcom, Konami, Tecmo, Square, Koei, dan Enix. Makanya tidak heran jika game SNES terbaik masih sering dimainkan hingga sekarang, dan bahkan diporting ke konsol yang lebih baru seperti Nintendo Switch atau dimainkan melalui emulator SNES.


Itulah dia daftar konsol game terlaris sepanjang masa yang berhasil terjual hingga puluhan juta unit di seluruh dunia. Meski berada di posisi pertama, posisi PS2 rasanya sangat terancam dengan pesatnya penjualan Nintendo Switch. PS5 yang baru-baru ini muncul pun bisa bersaing ketat untuk bisa masuk ke dalam daftar ini. (Gimtekno.com)

0 Komentar