Ranking 11 Game Pokemon Terbaik di Nintendo Switch - GimTekno

Ranking 11 Game Pokemon Terbaik di Nintendo Switch

Game Pokemon terbaik di Nintendo Switch

Sebagai game eksklusif Nintendo, Pokémon hadir di hadir semua konsol mereka, termasuk Nintendo Switch yang rilis belakangan. Deretan game Pokémon Terbaik di Nintendo Switch pun semakin memperkuat nama franchise mereka di dunia gaming.

Dengan konsol yang lebih bertenaga, banyak game Pokémon di Nintendo Switch hadir dengan tampilan yang jauh lebih keren dan dinamis. Beberapa bahkan menawarkan inovasi baru di seri game ini untuk menghadirkan kesan fresh pada franchise yang sudah berusia hampir tiga dekade ini.

Meski begitu semua game Pokémon di Nintendo Switch tidak mendapatkan popularitas yang sama. Buat kamu yang penasaran, berikut adalah ranking game Pokémon terbaik di Nintendo Switch berdasarkan skor dari Metacritic dan Famitsu yang mereka dapat.

Game Pokémon Terbaik di Nintendo Switch

11. Pokémon Quest

Pokémon Quest adalah game keluaran 2018 yang berlatar belakang pulau Tumblecube dengan koleksi Pokémon original dari region Kanto yang populer di Pokémon Red and Blue. Satu hal yang membuatnya unik adalah bentuk Pokémon (di sini disebut Pokéxel) yang lebih menyerupai karakter Minecraft dengan desain kubus mereka.

Pokémon Quest Nintendo Switch

Secara umum, game ini tidak jauh berbeda dari game Pokémon lainnya. Kamu bisa berkeliling untuk melawan Pokémon lain, menangkapnya, serta melatihnya untuk menjadi lebih kuat.

Satu hal yang cukup menarik adalah sistem base camp management yang berpengaruh besar pada gameplay. Dengan mengupgrade dan mendekorasinya, kamu bisa memikat Pokémon lain untuk datang dan menjadi bagian dari camp yang kamu dirikan.

10. Pokémon Café ReMix

Sesuai namanya, Pokémon Café ReMix adalah game Pokémon di mana kamu bisa mengelola kafe kamu sendiri dengan dibantu para Pokémon yang menggemaskan. Game ini pun cocok untuk kamu yang ingin main dengan tempo yang lebih santai.

Pokémon Café ReMix Nintendo Switch

Bernama asli Pokémon Café Mix, di sini kamu harus memenuhi pesanan setiap pelanggan yang datang. Pesanan pun dibuat dengan menyelesaikan puzzle, di mana kamu harus menautkan gambar Pokémon yang sama dalam satu gerakan.

Beberapa elemen dari game Pokémon pun masih tetap dipertahankan, seperti Pokémon yang bisa level up. Dengan begitu kamu bisa membuat menu baru untuk menarik Pokémon tertentu, atau menggunakan skill mereka untuk membuat game puzzle menjadi lebih mudah.

9. Pokémon Unite

Pokémon Unite merupakan game Nintendo Switch gratis yang sedikit berbeda dari game Pokémon lainnya. Unite merupakan game multiplayer battle arena di mana dua tim dengan masing-masing 5 pemain bertarung dalam durasi maksimal 10 menit.

Pokémon Unite Nintendo Switch

Satu kemiripan dengan game Pokémon lainnya adalah gameplaynya di mana kamu mendapatkan starting Pokémon yang statnya rendah, namun bisa ditingkatkan dengan menggunakannya mengalahkan pemain lawan. Setiap Pokémon pun memiliki serangan khusus yang bisa dimanfaatkan dalam pertarungan.

Didownload lebih dari 70 juta kali hingga pertengahan 2022, game ini sebenarnya terbilang sukses. Namun aspek MOBA serta adanya micro-transactions yang dirasa tidak adil membuat game ini banyak mendapatkan kritik.

8. Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl

Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl adalah game keluaran 2021 yang merupakan remake dari game Nintendo DS berjudul Pokémon Diamond and Pearl. Game ini pun jadi game mainline pertama yang dibuat oleh ILCA, bukan Game Freak seperti seri lainnya.

Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl Nintendo Switch

Sama seperti game Pokémon lainnya, kamu akan berpetualang dan mengumpulkan Pokémon serta melatihnya untuk mengalahkan para trainer untuk menjadi yang terbaik. Mengikuti versi aslinya, game pun dibuat berlatar belakang region Sinnoh dengan Pokémon dari generasi kedelapan.

Sayangnya tidak semua mengamini versi remake yang satu ini. Selain karakter dengan tampilan chibi yang dirasa tidak sebaik dua game remake sebelumnya, banyaknya glitch pada game ini juga membuatnya berada di baris terakhir dalam dafar game Pokémon terbaik di Nintendo Switch.

7. New Pokémon Snap

New Pokémon Snap adalah game Pokémon unik di mana misi kamu adalah memotret berbagai jenis Pokémon. Game ini sendiri merupakan sekuel dari game Pokémon Snap yang lebih dulu muncul di Nintendo 64 pada tahun 1999.

New Pokémon Snap Nintendo Switch

Secara umum, gameplay game ini mirip dengan versi originalnya. Meski begitu ada banyak tambahan fitur seperti adanya waktu siang malam yang berpengaruh pada jenis Pokémon yang muncul, kesempatan untuk mengambil gambar Pokémon dalam form Illumia mereka, hingga poin tambahan untuk memotret Pokémon dalam pose tertentu.

Gameplay yang solid dan mudah, serta tampilannya yang lucu membuat New Pokémon Snap jadi salah satu game Nintendo Switch terbaik untuk anak kecil. Sayang cara main yang jauh berbeda dari game Pokémon lainnya membuat game ini tidak terjual sebaik game lainnya.

6. Pokkén Tournament DX

Pokkén Tournament DX adalah enhanced version dari game dengan judul sama yang lebih dulu muncul di arcade dan Wii U. Namanya sendiri merupakan singkatan Pokémon dan Tekken yang menjadi inspirasi pertarungan di dalamnya, bedanya kali ini kamu memakai karakter dari dunia Pokémon.

Pokkén Tournament DX

Pergerakan pemain jadi hal yang membuat kedua game tersebut mirip. Di luar itu, Pokkén Tournament DX menambahkan 'bumbu' mereka sendiri, misalnya teknik khas Pokémon seperti special moves dan Mega Evolutions, hingga penggunakan Support Pokémon untuk memberikan keuntungan tambahan dalam permainan.

Beda dengan versi Wii U-nya, game Pokken di Nintendo Switch mendapatkan respon yang sangat positif, apalagi banyak tambahan karakter baru seperti Blastoise, Empoleon, hingga Darkrai. Sayangnya game fighting bukan untuk semua orang dan hal tersebut membuat game ini tidak selaris game lainnya.

5. Pokémon Mystery Dungeon: Rescue Team DX

Pokémon Mystery Dungeon: Rescue Team adalah game roguelike yang merupakan remake dari game Pokémon Mystery Dungeon: Blue Rescue Team and Red Rescue Team yang rilis pada tahun 2005. Game ini juga jadi sejarah mengingat ini pertama kalinya game spin-off Pokémon mendapatkan versi remake-nya.

Pokémon Mystery Dungeon: Rescue Team DX Nintendo Switch

Sama seperti versi aslinya, di sini kamu akan berperan sebagai Pokémon yang ditugaskan untuk menyelesaikan beragam misi, mulai dari mengirim barang, mengatar klien, hingga menyelamatkan Pokémon. Menariknya, karakter kamu akan ditentukan berdasarkan personality quiz yang dilakukan di awal game, untuk menentukan apakah kamu menjadi Pikachu, Charmander, Squirtle, atau Pokémon generasi ketiga lainnya.

Meski menambahkan banyak fitur baru, game ini mendapatkan respon yang biasa saja. Sama seperti game roguelike pada umumnya, misi yang kamu dapat bisa terasa repetifif meski setiap map dibuat secara random.

4. Pokémon Scarlet and Violet

Pokémon Scarlet and Violet adalah game Pokémon generasi ke-9 pertama yang memperkenalkan lebih dari 100 Pokémon baru, seperti Sprigatito, Fuecoco, Quaxly, Tinkaton, hingga Ceruledge.

Pokémon Scarlet and Violet

Tidak seperti game Pokémon sebelumnya, Pokémon Scarlet and Violet memperkenalkan dunia open-world bernama region Paldea. Kamu pun bisa memilih tiga rute petualangan yang masing-masing bisa diselesaikan tanpa urutan tertentu. Di game ini pun terdapat fitur baru, seperti Tera Type yang jadi bentuk transformasi Pokémon.

Meski menarik dan terbilang inovatif, game ini mendapatkan review yang biasa saja. Namun hal ini tidak menghalangi Scarlet and Violet jadi salah satu game Pokémon terbaik di Nintendo Switch sekaligus yang terlaris.

3. Pokémon: Let's Go, Pikachu! and Let's Go, Eevee!

Pokémon: Let's Go, Pikachu! and Let's Go, Eevee! adalah game remake dari Pokémon Yellow yang rilis pada GameBoy pada tahun 1998. Sama seperti pendahulunya, game ini berlokasi di region Kanto dan melibatkan 151 Pokémon original dari generasi pertama. Fitur seperti Pokémon trading dan multiplayer battle pun tetap dipertahankan di game ini.

Pokémon: Let's Go, Pikachu! and Let's Go, Eevee! Nintendo Switch

Meski begitu ada perbedaan yang cukup mencolok di game ini. Seperti koleksi Pokémon yang ditambahkan dari Pokémon X, Y, Omega Ruby and Alpha Sapphire, serta Pokémon Sun and Moon. Selain itu Pokémon liar kini terlihat di peta, lalu gameplay-nya pun lebih mirip Pokémon Go dibanding game Pokémon tradisional.

Inovasi ini membuat Pokémon: Let's Go, Pikachu! and Let's Go, Eevee! jadi salah satu game Pokémon terbaik di Nintendo Switch. Mereka bahkan jadi salah satu yang terlaris dan banyak dinominasikan dalam banyak penghargaan.

2. Pokémon Sword and Shield

Pokémon Sword and Shield adalah seri pertama dari Pokémon generasi kedelapan dengan karakter populer seperti Scorbunny, Zacian, hingga Sirfetch'd. Sama seperti game Pokémon lainnya, tugas kamu adalah melatih Pokémon dan menjuarai Pokémon League Champion sambil menghalangi rencana jahat Team Yell.

Pokémon Sword and Shield Nintendo Switch

Berlatar belakang region Galar, Sword and Shield memperkenalkan banyak fitur baru, seperti Dynamaxing dan Gigantamaxing yang dapat mengubah ukuran serta bentuk Pokémon. Lalu ada mekanik baru bernama Poké Jobs yang memungkinkan Pokémon mendapatkan experience atau item langka dengan melakukan tugas tertentu.

Satu-satunya kritik adalah tidak disertakannya Pokémon dari era sebelum Sword and Shield yang sempat menghadirkan boikot besar-besaran. Namun di luar itu, Pokémon Sword and Shield tetap jadi salah satu game Pokémon terbaik di Nintendo Switch dengan gameplay-nya yang lebih solid dan kompleks.

1. Pokémon Legends: Arceus

Tidak diragukan lagi, Pokémon Legends: Arceus adalah salah satu game Pokémon terbaik sepanjang masa, tidak hanya di Nintendo Switch saja. Bertindak sebagai prekuel dari game Pokémon Diamond and Pearl yang rilis pada tahun 2006, pemain akan dikirim ke masa lalu berlatar belakang region Hisui.

Pokémon Legends: Arceus Nintendo Switch

Sama seperti game Pokémon lainnya, tugas kamu adalah menangkap semua Pokémon dan melengkapi Pokédex-mu. Bedanya, Arceus memiliki sistem open-world dengan berbagai biome dan Pokémon unik di masing-masing wilayah tersebut.

Secara gameplay, Pokémon Legends: Arceus seringkali dibandingkan dengan seri Monster Hunter dan The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Starting Pokémon yang bisa didapat pun cukup menarik, karena kamu bisa memilih Rowlet dari Sun and Moon, Cyndaquil dari Gold and Silver, atau Oshawott dari Black and White.

Semua inovasi yang dilakukan pada game ini mungkin jadi perubahan paling besar dibandingkan formula sukses game Pokémon selama ini. Tidak hanya membuatnya unik, Pokémon Legends: Arceus pun dapat diterima dengan sangat baik dan jadi salah satu seri Pokémon terlaris di dunia.


Di antara semua game Pokémon yang ada, tidak sulit untuk memilih Arceus sebagai urutan teratas ranking game Pokémon terbaik di Nintendo Switch. Meski begitu game Pokémon lainnya juga tidak kalah menarik, apalagi beberapa game spin-off yang menawarkan gameplay unik dibanding seri utamanya. (GimTekno.com)

0 Komentar