15 Game RPG SNES Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

15 Game RPG SNES Terbaik Sepanjang Masa

(Update: 22 Agustus 2023) - Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa era Super Nintendo adalah masa keemasan RPG dan JRPG. Dibandingkan sekarang jumlah game RPG di masa itu sebenarnya tidak terlalu banyak, namun game-game tersebut menjadi 'hidangan pembuka' yang membuat orang-orang mulai mencintai genre petualangan hingga saat ini.

Beda dengan game-game lain sebelumnya, game dengan unsur cerita di dalamnya bukanlah hal yang umum seperti sekarang. Belum lagi unsur-unsur petualangan seru seperti menjelajahi dunia hingga meningkatkan level pemain jadi salah satu hal baru untuk gamers di masa tersebut.

Meski dibuat puluhan tahun yang lalu, beberapa game SNES masih sangat diminati di tengah banyaknya rilis game baru yang bermunculan, apalagi game ini kini bisa dimainkan dengan emulator SNES. Baik untuk bernostalgia atau merasakan serunya petualangan dalam gambar 8-bit atau 16-bit, berikut adalah beberapa rekomendasi game RPG SNES terbaik yang bisa kamu mainkan.

Game SNES RPG Terbaik

1. Chrono Trigger

Jika kamu sedang mencari game RPG SNES terbaik, rekomendasi pertama kamu adalah Chrono Trigger. Tidak cuma di SNES, game ini bahkan banyak masuk daftar game RPG terbaik di semua platform.

Chrono Trigger adalah salah satu game RPG SNES terbaik sepanjang masa

Dibandingkan kebanyakan game RPG di zamannya, Chrono Trigger merupakan paket lengkap di mana game ini memiliki alur cerita yang sangat menarik, soundtrack yang memukai, desain yang berwarna-warni, hingga gameplay yang menyenangkan.

Game ini sendiri memiliki tema time-traveling di mana tokoh utama bernama Crono memiliki tugas untuk mengubah masa depan dengan kembali ke beberapa era di masa lampau. Setiap misi dibuat dengan ceritanya masing-masing dengan beragam karakter yang dikisahkan dengan baik.

Satu hal yang menarik adalah jumlah ending yang bisa kamu dapat di game ini. Tidak kurang ada 12 ending berbeda tergantung keputusan yang kamu buat di game ini. Game ini bahkan memiliki mode New Game+ yang bisa merubah isi cerita sesuai dengan simpanan game kamu sebelumnya.

2. Super Mario RPG

Super Mario adalah salah satu franchise game paling populer di muka bumi. Pada awalnya karakter utama kita lebih dikenal dengan game platformer 2D yang ikonik. Namun mungkin tidak banyak yang tahu kalau Super Mario juga hadir dalam genre RPG di SNES.

Super Mario RPG SNES

Satu hal yang menarik, game ini menjadi game terakhir Super Mario di SNES. Selain itu game ini juga jadi satu-satunya game Super Mario yang hadir dalam lingkungan 3D. dan yang tidak kalah unik, game ini dibuat Nintendo bekerja sama dengan developer RPG terbaik, SquareSoft.

Sama seperti game Super Mario lainnya, di sini Bowser akan menculik Peach. Meski begitu tokoh antagonis di game kali ini adalah Smithy yang datang ke dunia Mario dan mencuri potongan bintang dari Star Road.

Dalam perjalanan untuk mengembalikan dunia seperti sedia kala, Mario akan menemukan banyak tantangan dan musuh. Namun kali ini Mario tidak bisa mengalahkan musuh dengan power-up atau menginjaknya, justru kamu akan menemukan cara pertempuran turn-based khas RPG untuk melakukannya.

3. Breath of Fire II

Breath of Fire adalah salah satu seri RPG paling populernya Nintendo. Seri yang pertama kali dirilis pada tahun 1993 ini bahkan berlanjut hingga seri ke-6 yang dirilis pada tahun 2016.

Breath of Fire II SNES

Meski berbeda-beda, seluruh seri Breath of Fire memiliki dua karakter yang sama, yaitu Ryu dan Nina. Breath of Fire II sendiri mengambil latar belakang waktu 500 tahun setelah seri pertama dan lebih fokus pada sekte yang ada pada saat itu.

Selain diisi dengan karakter yang unik dan menarik, gameplay game berbasis gilirannya juga sangat cepat dan menyenangkan. Setiap karakter memiliki spesialisasinya masing-masing, baik sebagai support, ofensif mage, atau campuran keduanya. Mereka juga memiliki skill pribadi yang bisa kamu gunakan di luar pertempuran, seperti menghilangkan jebakan, mencapai area yang jauh, atau berguling-guling di peta.

Satu hal yang menarik, di game ini terdapat mini games di mana kamu bisa merekrut penduduk desa yang memiliki keahliannya sendiri, item memasak, atau menjual baju besi terbaik dalam gim. Selain itu ada juga mini games memancing yang jadi salah satu elemen ikonik dari seri game SNES RPG terbaik ini.

4. Final Fantasy IV

Bicara tentang RPG rasanya belum lengkap tanpa menyebut seri legendaris Final Fantasy. Di antara seri lainnya, Final Fantasy IV dikenal banyak orang sebagai salah satu game yang semakin mempopulerkan seri tersebut.

Final Fantasy IV SNES

Tidak seperti pendahulunya, game keempat menghadirkan plot karakter yang kuat, alur naratif yang lebih menarik, dan pengenalan sistem pertarungan Active Time Based (ATB), yang hingga kini masih digunakan di banyak game RPG.

Pada game ini, kamu akan menjalankan tokoh bernama Cecil, seorang dark knight dan kapten Red Wings. Di awal cerita, ia mencuri Water Crystal dan mulai mempertanyakan perintah atasannya hingga akhirnya turun pangkat dan diberikan misi-misi kecil. Saat itulah dia mulai menyaksikan niat niat jahat Red Wings dan mencoba menebus kesalahannya.

Final Fantasy IV adalah game pertama di seri ini yang memiliki tokoh dengan spesialisasi tertentu. Bila sebelumnya kamu membeli mantra untuk mempelajari sihir, di sini masing-masing tojoh bisa mempelajari spesialisasi mereka dengan naik level atau memperolehnya dalam side quest.

5. Final Fantasy VI

Selain FF IV, game dari seri Final Fantasy lain yang juga perlu kamu mainkan di SNES adalah Final Fantasy VI. Game ini memiliki segalanya mulai dari karakter karismatik, dunia yang luas, dan soundtrack epik. Makanya tidak heran jika FFVI sering disebut sebagai salah satu game Final Fantasy terbaik sepanjang masa.

Final Fantasy VI SNES

Plot Final Fantasy VI menunjukkan kerajaan Gestahlian yang bernafsu untuk mengumpulkan keajaiban dunia untuk diri mereka sendiri. Kamu akan memainakn Terra, seorang gadis misterius yang dapat menggunakan sihir tanpa bantuan namun dikuasai oleh kerajaan.

Takdir membuat Terra mampu membebaskan dirinya dari kendali pikiran kekaisaran, dan dia bergabung dengan grup Returners, sebuah perlawanan yang menentang tangan besi Gestahlian.

Gim ini memiliki alur cerita yang sangat menarik di mana beberapa karakter memiliki narasi mereka sendiri untuk diceritakan. Terra, Locke, dan Celes semuanya memainkan peran penting dalam plot, yang akhirnya terkait dengan nasib dunia.

Satu hal yang menarik dari game RPG SNES terbaik ini adalah adanya sistem esper yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan karakter kamu. Setiap esper yang dilengkapi meningkatkan atribut tertentu saat naik level dan memungkinkan anggota untuk menggunakan sihir. Setelah memperoleh satu set poin sihir, karakter dapat menggunakan sihir tanpa esper.

6. Secret of Mana

Seri Secret of Mana awalnya lahir sebagai salahs atu spin-off dari Final Fantasy sampai akhirnya mampu keluar dari bayang-bayang mereka dan jadi salah satu game RPG terbaik di SNES.

Secret of Mana SNES

Game ini dimulai ketika tokoh utama bernama Randi mencabut pedang misterius yang menyebabkan munculnya monster. Untuk memulihkan situasi seperti sedia kala, Randi harus mengunjungi delapan kuil yang tersebar di seluruh dunia Mana.

Pada perjalanannya, Randi akan bertemu dengan tokoh lain seperti Primm atau Popoi yang masing-masing memiliki skill khusus yang bisa membantu kamu untuk menyelesaikan semua misi di game ini.

Secret of Mana mungkin tidak memiliki salah satu narasi terpadat dan paling rumit di SNES. Namun, skenarionya yang penuh warna, lingkungan eklektik, dan sistem pertarungannya sangat menyenangkan dan pastinya cocok untuk penggemar JRPG.

7. Tales of Phantasia

Game ini dibuat berdasarkan novel dengan nama yang sama, Tales of Phantasia diterbitkan oleh Namco (Bandai Namco saat ini). Game ini dikembangkan oleh Wolf Team, dan masih menjadi salah satu seri game RPG terbaik hingga saaat ini.

Tales of Phantasia SNES

Dunia Tales of Phantasia membawa elemen dan referensi ke mitologi Nordik dan perjalanan waktu. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai pendekar pedang Cress Albane, yang melakukan perjalanan untuk membalas dendam pada penjahat yang menghancurkan kampung halamannya sambil mencari liontin keluarganya. Dalam perjalanannya, Cress menemukan bahwa takdirnya lebih rumit daripada yang dia bayangkan.

Game ini telah menginovasi sistem pertarungannya dengan Linear Motion Battle System (LMBS), sebuah pertarungan dalam format 2D, layaknya game fighting. Unit jarak dekat harus mendekati musuh untuk menyerang, memberikan Artes (skill), sementara petarung jarak menengah dan penyihir tetap di belakang.

Kapan saja, kamu dapat menunda pertempuran dan masuk ke menu untuk menggunakan item atau secara manual memilih mantra mana yang akan digunakan. Ini adalah sistem pertarungan yang berkembang hingga hari ini dan beda dengan sistem hack and slash yang banyak digunakan pada game RPG saat ini.

8. Star Ocean

Star Ocean adalah game yang dibentuk oleh ex-karywan Wolf Team yang memproduksi seri Tales of Phantasia. Game ini sendiri merupakan campuran antara sci-fi dan fantasi berlatar belakang abad pertengahan. Sistem pertempuran di game ini mengingatkan pada Tales of Phantasia, tetapi medan perangnya 3D dengan tampilan isometrik.

Star Ocean SNES

Salah satu hal unik dari game ini adalah adanya tindakan dan keterampilan yang dimiliki masing-masing karakter. Hal ini bisa memicu reaksi yang berbeda tergantung karakter apa yang sedang kamu gunakan. Kamu pun bisa memakainya untuk mendapatkan keuntungan seperti minimnya random encounter dengan musuh, diskon saat membeli item, atau bahkan mencuri dari NPC.

Hal ini membuat game ini memiliki pengalaman berbeda setiap kali kamu mainkan. Lagipula game ini memiliki 10 karakter yang hanya bisa dipakai 8 saja. Jadi kamu perlu memainkan game ini setidaknya dua kali untuk mencoba semua karakter tersebut.

9. Dragon Quest V

Seri Dragon Quest sering disebut-sebut sebagai kompetitor berat dari franchise Final Fantasy di platform SNES. Meski memiliki genre yang mirip, Dragon Quest sebenarnya memiliki nilai uniknya tersendiri yang membuat game ini jadi salah satu game RPG ikonik hingga saat ini.

Dragon Quest V SNES

Dibanding seri sebelumnya Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bride jadi game yang cukup menonjol. Selain alur cerita yang sangat mengesankan, permainan ini juga jadi seri Dragon Quest pertama yang memperkenalkan monster pada party kamu.

Cerita Dragon Quest V sendiri dimulai saat seorang anak bersama ayahnya berkeliling dunia untuk mencari pahlawan legendaris. Namun satu kejadian membuat sang ayah terbunuh dan membuat si anak jatuh dalam perbudakan. Beberapa tahun kemudian, ia pun berhasil kabur dan memiliki anak yang menjadi salah satu karakter utama dalam game ini. Cerita yang berlangsung sepanjang tiga generasi ini menjadi hal yang berbeda dibanding game RPG lain dan membuatnya jadi salah satu game Dragon Quest terbaik sepanjang masa.

10. EarthBound

Bicara game RPG umumnya kita akan membayangkan pemandangan berbau fantasi atau science-fiction seperti kerajaan zaman dahulu, era steampunk, hingga dunia masa depan. Lalu apa jadinya jika ada game RPG yang berlokasi di era modern? Itulah yang terjadi dengan Earthbound.

Earthbound SNES

Saat pertama kali keluar, game Earthbound kurang mendapat antusiame yang tinggi karena hal tersebut. Namun kini game tersebut mendapat sambutan yang lebih hangat, dan bahkan menjadi salah satu rekomendasi game klasik yang wajib dimainkan penggemar RPG.

Earthbound sendiri dikemas dengan cerita yang berbeda dengan banyak RPG lainnya. Cerita yang ditawarkan umumnya lebih riang dan menyenangkan, serta memiliki selipan humor yang cukup menggelitik. Sistem pertarungannya pun cukup unik di mana kamu tidak akan bertemu musuh secara random, dan bisa auto-menang melawan musuh yang lemah.

Jika kamu menginginkan pengalaman bermain RPG yang sedikit berbeda, Earthbound jelas harus kamu coba!

11. Lufia II: Rise of the Sinistral

Rekomendasi game RPG SNES terbaik lainnya adalah Lufia II. Meski merupakan sekuel dari Lufia I, cerita di game ini justru merupakan prekuel dari game tersebut. Selain meningkatkan kualitas grafis, game Lufia II juga hadir dengan sistem pertarungan baru.

Lufia II SNES

Bila game Lufia I mirip dengan RPG lainnya, game sekuelnya hadir dengan ruangan penuh teka-teki yang bisa cukup membingungkan. Dengan begitu kamu tidak perlu berlama-lama untuk menghabisi musuh dan meningkatkan level untuk lanjut dalam cerita.

Hal lain yang tidak kalah unik adalah adanya kapsul monster yang bisa kamu kumpulkan sepanjang perjalanan. Menariknya, monster-monster tersebut bisa masuk ke dalam party kamu dan naik level untuk membantu kamu menyelesaikan misi di game ini.

12. Ogre Battle: The March of the Black Queen

Bersama dengan sekuel Tactics Ogre: Let Us Cling Together, Ogre Battle: The March Of The Black Queen menjadi salah satu game taktikal RPG terbaik sepanjang masa. Kehadirannya bahkan sering disebut sebagai inspirasi bagi game taktikal setelahnya, seperti Final Fantasy Tactics.

Ogre Battle: The March of the Black Queen

Beda dengan game PRG kebanyakan yang fokus pada petualangan, Ogre Battle lebih fokus pada manajemen perang. Di game ini kamu bisa membentuk barisan pasukan dari berbagai unit, mulai dari pemanah, mage, naga, zombie, nija, samurai, hingga valkyrie.

Salah satu fitur menonjol dari Ogre Battle adalah gameplay strategisnya. Dengan memanfaatkan kelebihan dan kekurangan masing-masing unit, kamu harus bisa merencanakan gerakan, serangan, dan formasi dengan hati-hati untuk bisa menang.

Cerita yang bercabang juga jadi hightlight penting dari game ini. Tergantung pada pilihan yang dibuat pemain sepanjang permainan, mereka dapat mengalami salah satu dari beberapa kemungkinan ending. Hal ini membuat game ini asik dimainkan berulang-ulang untuk membuka semua kemungkinan ending yang ada.

13. Soul Blazer

Soul Blazer jadi salah satu game underrated di SNES yang mungkin masih kalah populer dengan game lain di daftar ini. Apalagi game ini muncul di awal kemunculan SNES yang membuat grafik dan suaranya tidak sebaik game RPG lain yang muncul setelahnya. Meski begitu Soul Blazer memliiki cerita dan gameplay menarik yang membuatnya pantas jadi salah satu game RPG terbaik di Super Nintendo.

Soul Blazer SNES

Soul Blazer sendiri merupakan game pertama dari trilogi Gaia, bersama dengan Illusion of Gaia dan Terranigma. Meski begitu ketiganya memiliki cerita standalone yang berdiri sendiri, namun tetap memiliki elemen serta mekanisme yang mirip.

Di galam game ini, kamu akan menjadi pahlawan yang dikirim oleh dewa yang dikenal dengan nama The Master. Tugas kamu adalah memulihkan kehidupan dan ketertiban dunia yang telah dipenjarakan oleh penguasa jahat Deathtoll, dan membangun kembali kota dan desa yang hilang karena pengaruh jahatnya.

Tidak seperti RPG tradisional, Soul Blazer menampilkan pertarungan aksi real-time. Pemain terlibat dalam pertempuran dengan mengendalikan gerakan dan serangan pahlawan secara langsung mirip Legend of Zelda. Hal ini menambahkan elemen dinamis dan menarik ke dalam gameplay game ini.

14. Illusion of Gaia

Jika kamu menyukai Soul Blazer, kemungkinan besar kamu juga akan menyukai lanjutannya, Illusion of Gaia. Apalagi game ini juga hadir dengan grafik yang lebih baik dibanding pendahulunya tersebut.

Illusion of Gaia

Selain unsur cerita, Illusion of Gaia juga memiliki beberapa perbedaan dengan seri sebelumnya. Misalnya saja, mekanisme town building pada Soul Blazer kini digantikan oleh lebih banyak pertempuran. Game ini pun mengkombinasikan puzzle yang membuat eksplorasi terasa lebih menantang.

Illusion of Gaia juga memiliki sistem leveling yang berbeda dengan game RPG pada umumnya. Saat naik level, kamu bisa memilih sendiri untuk meningkatkan attack, defense atau health. Hal ini pun nantinya akan berpengaruh besar pada pertarungan, terutama dengan bos besar di masing-masing dungeon.

15. Secret of Evermore

Secret of Evermore dikembangkan oleh divisi Square mereka di Amerika Utara. Makanya, game ini memiliki desain dan humor ala Barat yang membuatnya lebih populer di kawasan tersebut.

Secret of Evermore

Mengikuti formula sukses Secret of Mana, game ini juga mengambil inspirasi dari berbagai kultur, dongeng, dan mitos. Karena itulah, game ini memadukan banyak unsur sejarah serta budaya pop, dengan dunia fanasti ala JRPG.

Secret of Evermore menampilkan pertarungan real-time di mana kamu bisa mengontrol karaktermu atau anjing peliharaanmu. Keduanya pun dapat saling bertukar tempat agar kamu bisa memanfaatkan kelebihan mereka. Selain itu pertarungan pun lebih seru dengan adanya sistem alkumia yang menggantikan peran magic pada RPG biasa.


Itulah dia beberapa game RPG SNES terbaik yang bisa kamu mainkan. Cocok untuk kamu yang senang dengan game 8bit atau sekedar ingin bernostalgia dengan game-game lawas kamu.

Meski gambarnya tidak semenarik game di PC atau Playstation terbaru, cerita menarik dan sistem pertarungannya unik membuat game SNES RPG terbaik tersebut patut untuk kamu coba. (GimTekno.com)

0 Komentar