18 Game Simulasi Bisnis Terbaik di PC - GimTekno

18 Game Simulasi Bisnis Terbaik di PC

Simulasi jadi salah satu genre seru untuk dimainkan. Salah satu sub-genrenya adalah game simulasi bisnis dan manajemen di mana kamu bisa berperan sebagai penjaga toko, kasir supermarket, tavern, atau pemilik perusahaan.

PC sendiri memiliki banyak judul game simulasi bisnis dan manajemen yang cukup banyak. Masing-masing memiliki tampilan desain, gameplay, cerita, serta keunikannya sendiri. Nah, buat kamu yang senang dengan permainan semacam ini, berikut adalah beberapa game simulasi bisnis dan manajemen terbaik yang bisa kamu mainkan di PC atau laptop.

Rekomendasi Game Simulasi Bisnis di PC

1. Recettear: An Item Shop's Tale

Recettear: An Item Shop's Tale adalah game simulasi bisnis dan role-playing indie yang dikembangkan oleh EasyGameStation dan diterbitkan oleh Carpe Fulgur. Awalnya dirilis di Jepang pada tahun 2007, game ini memperoleh popularitas internasional setelah dilokalkan dan dirilis untuk PC pada tahun 2010.

Recettear: An Item Shop's Tale

Dalam Recettear, pemain mengikuti kisah seorang gadis muda bernama Recette Lemongrass, yang tiba-tiba mendapati dirinya terlilit hutang setelah ayahnya menghilang. Untuk melunasi utangnya, Recette membuka toko barang dengan bantuan peri bernama Tear.

Beda dengan game sejenis, di sini kamu harus membeli dan menjual barang dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Dengan begitu kamu harus mempertimbangkan penawaran, permintaan, dan kepuasan pelanggan untuk menghasilkan penjualan yang menguntungkan.

Selain simulasi jual-beli barang, kamu pun bisa melakukan banyak hal lain, seperti mendekorasi toko untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, atau meminta petualang untuk menjelajahi ruang bawah tanah untuk menemukan barang dan peralatan berharga untuk dijual di tokomu.

2. Tavern Master

Tavern Master adalah game manajemen bisnis dengan latar belakang Abad Pertengahan. Dikembangkan oleh Untitled Studio dan diterbitkan oleh WhisperGames, game ini menghadirkan genre yang menyegarkan dan fokus pengembangan kedai minuman (tavern) dengan gameplay yang sederhana.

Tavern Master

Sebagai pemilik kedai, kamu harus pintar dalam mengatur orang-orang, mulai dari memilih koki untuk menyajikan hidangan terbaik, menyewa musisi agar pelanggan lebih rileks, hingga menyewa petualang untuk mencari bahan masakan yang kamu butuhkan.

Tidak cuma itu, Tavern Master juga termasuk game yang ringan, dengan minimum requirement berupa prosesor Intel Core® 2 Duo 1.8 GHz atau AMD Athlon X2 64 2.4 GHz, RAM 3 GB, dan ruang kosong 2 GB. Cocok banget jadi rekomendasi game simulasi bisnis di PC atau laptop kentang sekalipun.

3. Travellers Rest

Dengan konsep serupa, Travellers Rest adalah game mirip Tavern Master di mana kamu berperan menjadi pemilik penginapan atau tavern, namun dengan latar belakang dunia fantasi. Selain itu game ini juga memakai desain 8-bit/16-bit yang membuatnya jadi salah satu game piksel terbaik.

Travellers Rest

Dalam game simulasi bisnis ini, pemain harus mengurus berbagai aspek, seperti memasak dan menyajikan makanan, membuat minuman, dan menjaga suasana agar para pelanggan merasa bahagia dan puas. Pemain pun dapat menyesuaikan dan menghias penginapan mereka, menciptakan suasana yang hangat dan menarik bagi para tamu.

Permainan ini menekankan pentingnya hubungan interpersonal, karena pemain berinteraksi dengan berbagai karakter yang memiliki kepribadian dan cerita unik. Membangun hubungan dengan karakter-karakter ini dapat membawa berbagai quest menarik, peristiwa, dan kesempatan untuk mempelajari lebih banyak tentang dunia dalam game ini.

4. Holy Potatoes! A Weapon Shop?!

Holy Potatoes! A Weapon Shop?! adalah permainan simulasi yang dikembangkan oleh Daylight Studios, dan pertama kali dirilis pada tahun 2015 untuk berbagai platform, termasuk PC, macOS, dan Linux. Permainan ini menggabungkan elemen permainan manajemen tipe tycoon dengan humor kocak dan karakter manusia berwujud kentang yang menggemaskan.

Holy Potatoes! A Weapon Shop?!

Dalam Holy Potatoes! A Weapon Shop?!, pemain berperan sebagai pandai besi yang mengelola toko senjata mereka di dunia kentang yang aneh, dan menjualnya kepada pahlawan, petualang, dan karakter kocak lainnya yang datang ke toko. Seiring berjalannya permainan, pemain dapat membuka dan menemukan blueprint, yang memungkinkan mereka membuat beragam senjata, mulai dari pedang dan kapak hingga tongkat ajaib dan artefak legendaris.

Hal menarik dari game ini adalah interaksi lucu dengan karakter kentang, dialog cerdas, dan banyak referensi budaya pop. Gaya seni yang imut dan cerah, serta mekanik permainan yang menarik, membuat Holy Potatoes! A Weapon Shop?! menjadi game simulasi bisnis yang menarik dan menyenangkan bagi pemain dari segala usia.

5. Kardboard Kings Card Shop Simulator

Karboard Kings Card Shop Simulator adalah game yang cocok untuk kamu yang senang dengan game supermarket atau semacamnya. Di game ini kamu akan berperan sebagai Harry hsu yang mewarisi toko kartu ayahnya. Sebagai pemain, kamu akan diminta untuk mengembalikan kejayaan toko tersebut dan membuatnya menjadi pusat permainan kartu bernama Warlock.

Kardboard Kings Card Shop Simulator

Di game ini kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengkoleksi kartumu sendiri, mendekorasi toko, dan tentu saja melakukan jual-beli kartu Warlock. Menariknya, harga kartu akan sangat fluktuatif dan membuat keuntungan yang kamu dapat tidak pasti. Jadi siap-siap memantau isu mengenai kartu, print ulang, perubahan peraturan permainan kartu, hingga pencrui yang bisa membuat harga kartu kamu berubah.

Tidak hanya aspek jual-belinya saja yang menarik. Di game ini kamu juga bisa mengikuti cerita Harry dan memecahkan masalah seputar kartu legendaris. Kamu pun bisa berpetualang ke Card Game Island di mana kamu bisa beradu skill dengan jagoan-jagoan Warlock di game ini.

6. Gas Station Simulator

Game simulasi bisnis lain yang bisa kamu coba adalah Gas Station Simulator. Meski namanya demikian, game ini tidak hanya memberikan simulasi pengisian bahan bakar saja, tapi juga banyak aspek bisnis lainnya.

Gas Station Simulator

Sebagai contoh, di game ini kamu dituntut untuk bisa mengingkatkan tampilan pom bensin, memperbaiki peralatan yang rusak, menyewa pekerja untuk membantu kamu dengan skill yang mereka miliki, dan mengelola pom bensin agar berjalan dengan sempurna, walau di jam tersibuk sekalipun.

Tidak cuma itu, kamu juga bisa mengembangkan pom bensin untuk melayani lebih banyak pembeli. Hal ini bisa dilakukan dengan mengintegrasikan bisnis lain, seperti menyediakan toilet, membuka toko sederhana, hingga memberikan layanan servis kendaraan. Apapun strategi bisnis yang kamu lakukan, jangan lupa untuk sering-sering memeriksa inventori agar kamu tidak kekurangan barang untuk dijual, terutama bahan bakar!

7. Pixel Shopkeeper

Pixel Shopkeeper adalah game simulasi manajemen yang dikembangkan oleh Pixel Prototype. Sesuai namanya, game ini mengusung estetika retro, menarik para pemain yang menyukai grafik pixel klasik dan pengalaman permainan santai.

Pixel Shopkeeper

Dalam game simulasi bisnis ini, pemain berperan sebagai seorang pemilik toko yang bertugas mengelola sebuah toko kecil yang melayani berbagai petualang, pelancong, dan makhluk fantasi. Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh, menampilkan, dan menjual berbagai macam barang, mulai dari peralatan dan senjata hingga ramuan dan artefak ajaib.

Sebagai pemilik toko, pemain harus dengan hati-hati menetapkan harga untuk barang-barang mereka, mengatur tingkat persediaan stok, dan memastikan toko mereka menarik dan terorganisir dengan baik untuk menarik pelanggan. Seiring permainan, pemain dapat memperluas dan meningkatkan toko mereka, memungkinkan mereka menawarkan berbagai macam barang dan memberikan layanan yang lebih baik.

8. Port Royale 4

Port Royale 4 adalah game strategi dan simulasi bisnis berskala besar di mana kamu mengelola kerajaan bisnis, alih-alih toko atau supermarket.

Port Royale 4

Di game ini, kamu berperan sebagai gubernur kolonial abad ke-17 yang bertugas untuk memperluas bisnis di Karibia. Kamu pun harus membuat keputusan strategis yang dapat meningkatkan keuntungan yang kamu dapat.

Dibanding game lain di daftar ini, Port Royale 4 memiliki struktur ekonomi yang kompleks, seperti harga barang yang berfluktuasi berdasarkan penawaran dan permintaan. Aspek diplomatik juga menjadi bumbu seru yang membuat game simulasi dagang ini menjadi lebih menantang. Dan jika kamu memiliki komputer dengan spek rendah, kamu juga bisa memainkan game komputer jaman dulu seperti Port Royale pertama atau kedua.

9. Dave the Diver

Melihat namanya, sekilas Dave the Diver tidak mirip dengan game simulasi bisnis lainnya. Game ini sendiri memang menggabungkan aspek manajemen bisnis dengan RPG dan petualangan.

Dave the Diver

Di game ini, kamu berperan sebagai Dave yang memiliki restoran sushi yang dibukanya setiap malam. Menariknya, bahan baku yang dibutuhkannya dicarinya sendiri di tempat bernama Blue Hole. Berbekal harppon dan senjata lainnya, kamu nantinya bisa menangkap berbagai makhluk untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis kamu.

Game yang rilis tahun 2023 ini pun memiliki respon yang sangat positif, dengan adanya karakter yang menyenangkan dan jenaka. Kombinasi grafik pixel dan 3D pun membuat perjalanan bawah laut kamu semakin mengesankan dan memberi pengalaman menarik.

10. Medieval Shopkeeper Simulator

Medieval Shopkeeper Simulator adalah game simulasi indie di mana pemain berperan sebagai penjaga toko abad pertengahan yang mengelola toko mereka sendiri, menyewa petualang dan membuat berbagai barang untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan penduduk kota fantasi yang ramai.

Medieval Shopkeeper Simulator

Selain menjalankan toko, pemain juga dapat menjelajahi kota dan sekitarnya, berinteraksi dengan penduduk kota, serta melakukan misi dan misi untuk mendapatkan hadiah dan reputasi. Satu hal menarik, di game ini kamu pun bisa membuat keputusan yang bisa mempengaruhi harga, hingga keputusan dari penguasa yang bisa menguntungkan atau merugikanmu.

Buat kamu yang mau santai, game ini juga menawarkan visual art piksel yang menawan dan alur permainan yang tidak mengekang. Dengan begitu kamu bisa bebas membenamkan diri dalam latar abad pertengahan dan menikmati tantangan dan imbalan mengelola toko di dunia fantasi ini.

11. Offworld Trading Company

Game bergenre RTS umumnya menggunakan senjata dan taktik militer untuk mengalahkan lawan-lawanmu. Namun di Offworld Trading Company, kamu harus menjadi yang terbaik melalui permainan ekonomi dan keuangan.

Offworld Trading Company

Dalam game simulasi bisnis ini, pemain berperan sebagai pengusaha dan bersaing untuk mendirikan dan memperluas perusahaan mereka di Planet Mars. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan dominasi ekonomi dengan mengelola sumber daya secara efisien, menetapkan rute perdagangan, dan membuat keputusan bisnis strategis.

Salah satu fitur unik dari gim ini adalah kemampuan untuk menggunakan Offworld Trading, di mana pemain dapat meluncurkan roket dari Mars ke Bumi untuk menjual barang mereka atau bahkan memanipulasi pasar dengan menyebabkan kekurangan atau membanjirinya dengan sumber daya tertentu. Tindakan ini menciptakan peluang menarik untuk kolaborasi dan kompetisi antar pemain.

12. Winkeltje: The Little Shop

Winkeltje: The Little Shop adalah game keluaran tahun 2022 di mana kamu berperan sebagai penjaga toko. Di game ini, kamu bertugas untuk membeli, menjual, menjaga stok, dan mendapatkan keuntungan. Barang yang kamu jual bisa didapat dari pedagang, atau crafting menggunakan bahan-bahan yang kamu kumpulkan.

Winkeltje: The Little Shop

Selain jual-beli barang, kamu juga dituntut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Menariknya, kebutuhan setiap orang akan dipengaruhi oleh musim yang sedang berjalan. Kamu pun harus waspada terhadap event random yang bisa memberikan tantangan lebih, terutama pada supply barang yang kamu butuhkan.

Meski berorientasi profit, game Winkeltje: The Little Shop sendiri dapat dimainkan dengan santai. Tanpa adanya batas waktu, kamu bisa melakukan banyak hal terlebih dahulu dan membuka toko saat kamu sudah siap dengan semua persiapanmu.

13. Dealer's Life 2

Dealer's Life 2 memiliki konsep yang berbeda dibanding game simulasi bisnis lain di daftar ini. Mirip dengan seri TV populer Pawn Star, di sini kamu dituntut untuk bisa menawar barang dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Dealer's Life 2

Metode haggling, atau saling menawar ini dilengkapi dengan teknologi yang membuat pengalaman tawar-menawar kamu semakin seru. Setiap pelanggan tidak hanya punya tampilan khas, tapi juga kepribadian unik yang membuat kamu harus bisa menyesuaikan strategi sesuai dengan lawan bicaramu. Namun hati-hati, karena salah satu di antara mereka bisa saja mencoba menjual barang palsunya kepadamu!

Jika hal ini cukup memusingkan, jangan khawatir. Kamu bisa juga lho menyewa spesialis yang masing-masing punya tugas khusus, seperti meyelidiki kepribadian seseorang, memperbaiki barang, menilai barang, dan masih banyak lagi.

14. Marenian Tavern Story

Marenian Tavern Story adalah game simulasi dan permainan peran yang dikembangkan oleh RideonJapan, Inc. Game ini awalnya dirilis untuk platform seluler sebelum tersedia untuk PC di Steam. Gim simulasi bisnis ini menggabungkan elemen manajemen kedai, memasak, dan RPG tradisional.

Marenian Tavern Story

Dalam Marenian Tavern Story, pemain berperan sebagai Runic yang mengelola kedai minuman di dunia fantasi bernama Marenia. Gameplay utama berputar di sekitar pengelolaan kedai tersebut, seperti menyiapkan dan menyajikan berbagai hidangan, mengelola inventaris, mengumpulkan bahan, mengembangkan resep baru, dan mempekerjakan staf.

Namun satu hal yang menarik, di game ini kamu juga bisa menjelajahi dunia, menyelesaikan misi, hingga melawan monster. Petualangan ini nantinya dapat membantu pemain mengumpulkan bahan-bahan langka dan mengungkap rahasia tentang dunia game.

15. Big Ambitions

Buat kamu yang senang dengan konsep zero to hero, Big Ambitions jadi game simulasi bisnis yang cocok untukmu. Mulai dari modal seadanya, kamu bisa merintis usaha kamu sendiri dan membuatnya jadi kerajaan bisnis terbesar.

Big Ambitions

Saat memulai, kamu bisa memilih usaha kamu sendiri. Untuk mengembangkannya, kamu bisa mengambil pinjaman, menyewa gedung, mendesain logo, merenovasi toko, dan banyak lagi. Sesuai dengan strategi yang kamu jalankan, usaha kamu bisa berubah menjadi toko sukses, chain store, hingga korporasi besar.

Satu hal menarik, game ini juga menggabungkan aspek personal life simulator. Dengan begitu karakter kamu bisa menikmati keuntungan yang didapat dari bisnisnya sendiri dan mengupgrade lifestyle yang mereka miliki.

16. Definitely Not Fried Chicken

Definitely Not Fried Chicken adalah game simulasi bisnis yang dikemas dengan sedikit twist. Toko yang kamu buat di sini nantinya hanya menjadi kedok bagi usaha terlarang yang kamu lakukan.

Definitely Not Fried Chicken

Dengan latar belakang tahun 80-an, game ini menawarkan konsep yang unik dibanding game sejenis. Kamu pun harus bisa menyeimbangkan dua usaha berbeda yang kamu miliki tersebut. Toko yang kamu buat sebagai kedok pun tidak terbatas pada toko ayam goreng, tapi juga klub malam, toko senjata atau tempat laundry.

Selain aspek bisnis, pegawai juga menjadi fokus utama di game ini. Agar mereka selalu dalam performa terbaik, kamu harus berusaha untuk menjaga moral mereka. Tidak cuma itu, kamu pun harus mendesain dengan baik agar pelanggan tidak mengetahui usaha terlarang yang kamu jalankan dibalik usaha legalmu.

17. Ravenous Devil

Masih dengan konsep yang sama, Ravenous Devil adalah game simulasi bisnis di mana kamu bisa membuka usaha, namun dengan sedikit twist di mana bahan baku yang kamu dapat diperoleh melalui tindak kejahatan.

Ravenous Devil

Di game ini kamu bisa memilih salah satu tokoh, antara Percival dan Hildred. Percival memiliki toko jahit di mana pakaian yang dijualnya didapat dengan menghilangkan nyawa orang lain. Sementara Hildred memiliki sebuah pub yang menyediakan hidangan dari tubuh orang yang telah tiada.

Membaca deskripsinya, game ini jelas bukan untuk anak kecil atau kamu yang mudah takut. Meski menyeramkan dan cukup sadis, game ini mendapatkan rating yang sangat baik di Steam dan jadi salah satu game menajemen yang menarik untuk dimainkan.

18. Potionomics

Potionomics adalah game di mana kamu berperan sebagai Sylvia yang mewarisi toko potion milik pamannya. Untungnya kamu tidak sendirian karena ada banyak teman yang bisa membantu kamu dalam hal nego harga dengan pelanggan dan bersaing dengan kompetitormu.

Potionomics

Membuat potion jadi gameplay utama permainan ini. Tidak hanya tepat, kamu pun harus menyesuaikan rasa dan aromanya dengan permintaan pelanggan. Agar harga jualnya lebih tinggi, pastikan kamu menggunakan bahan dan peralatan terbaik, serta dekorasi yang menawan.

Btw, Potionomics tidak hanya menawarkan aspek trading saja lho! Kamu pun bisa mengatur deck-building untuk mengatur level stress karakter kamu, atau berinteraksi dengan karakter lain hingga membuatnya jadi pasanganmu.


Itulah dia beberapa game simulasi bisnis terbaik yang bisa kamu mainkan di PC. Tidak melulu seputar jual beli barang saja, game simulasi di atas juga mengkombinasikan genre lain seperti RPG, life sim, hingga petualangan agar permainan tersebut tidak cepat membuat bosan. (GimTekno.com)

0 Komentar