Ranking 14 Game Dragon Quest Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

Ranking 14 Game Dragon Quest Terbaik Sepanjang Masa

Game Dragon Quest Terbaik Sepanjang Masa

Dari sekian banyak judul, akan sulit untuk menentukan game Dragon Quest terbaik, karena masing-masing seri memiliki petualangan, cerita, hingga nilai nostalgia yang berbeda.

Hingga kini, Dragon Quest memiliki 11 judul game utama dan belasan spin-off. Meski memiliki beberapa elemen yang mirip, masing-masing juga terbilang unik dengan karaker, dunia, hingga gameplay mereka sendiri.

Kamu yang ingin mencobanya pun tidak perlu memainkan game ini dari awal. Bila butuh rekomendasi, berikut adalah ranking Game Dragon Quest terbaik sepanjang masa yang bisa kamu mainkan.

Rekomendasi Game Dragon Quest Terbaik

1. Torneko: The Last Hope

Release: 1999, Platform: Playstation, Game Boy Advance

Torneko: The Last Hope

Kita mulai ranking game Dragon Quest terbaik sepanjang masa kita dengan Torneko: The Last Hope. Game ini merupakan game spin-off Dragon Quest dengan karakter Torneko atau Taloon, seorang pedagang dari game Dragon Quest IV.

Di game ini, karakter kamu terinspirasi untuk menjadi merchant terhebat di dunia. Game ini sendiri mengusung gameplay berupa roguelike di mana kamu bisa mengksplorasi dungeon dan melawan semua monster di dalamnya untuk mendapatkan harta karun dan item magic.

Elemen RPG juga terasa saat Torneko mendapatkan pengalaman dan naik level. Hal ini membuat ia menjadi lebih kuat dan dapat menggunakan peralatan yang lebih baik. Pemain juga dapat meningkatkan peralatan mereka menggunakan sistem upgrade game.

2. Dragon Quest Heroes II

Release: 2016, Platform: Playstation 3, Playstation 4, PS Vita, Nintendo Switch, PC

Dragon Quest Heroes II

Dragon Quest Heroes adalah game yang cocok untuk kamu yang lebih senang dengan pertarungan cepat penuh aksi. Bekerja sama dengan Omega Force yang juga membuat Dynasty Warrior, Dragon Quest Heroes adalah game RPG hack and slash dengan karakter ikonik dari Dragon Quest.

Sampai saat ini, sub-seri Dragon Quest tersebut sudah merilis dua game yang memiliki cerita dan latar belakang berbeda. Sekuelnya sendiri dibuat dengan menyempurnakan banyak hal dari game sebelumnya.

Selain itu Dragon Quest II juga menambahkan beberapa fitur seperti menangkap monster untuk dijadikan party member seperti game utama Dragon Quest. Di game ini pun karakter kamu memiliki kemampuan mirip Kirby di mana kamu bisa mencuri gerakan lawan saat pertarungan.

3. Dragon Quest Monsters: Joker 2

Release: 2010, Platform: Nintendo DS

Dragon Quest Joker 2

Menangkap monster dan membuatnya membantu kamu dalam pertarungan bukanlah konsep yang dimiliki Pokemon atau Digimon saja. Dragon Quest pun memiliki hal yang serupa, dan bahkan membuat sub-seri khusus dengan tema tersebut.

Meski sekilas mirip Pokemon, Dragon Quest Monster memiliki keunikannya sendiri. Pertama, DQM lebih fokus pada fusion dan monster synthesis sebagai inti permainan mereka. Pertarungan pun dilakukan dalam grup, yang berbeda dengan Pokemon yang lebih mengedepankan pertarungan 1v1. Tidak cuma itu, DQM pun menghapus random encounter dan menggantinya dengan monster yang terlihat langsung di peta.

Joker 2 sendiri merupakan sekuel dari game dengan nama yang sama, dengan tambahan fitur seperti real-time online battles serta jumlah monster yang jauh lebih beragam. Bila masih kurang, game ini bahkan memiliki versi Profesional yang hadir dengan konten yang lebih luas dan 100 spesies tambahan.

4. Dragon Quest Treasures

Release: 2022, Platform: Nintendo Switch, PC

Dragon Quest Treasures

Di antara game Dragon Quest lain di daftar ini, Treasures termasuk cukup baru mengingat game ini baru dirilis tahun kemarin. Meski begitu game spin-off ini memiliki banyak hal yang membuatnya pantas masuk dalam game Dragon Quest terbaik.

Game ini sendiri mengambil latar belakang sebelum Dragon Quest XI dengan karakter yang sama dari game tersebut, Erik dan Mia. Sekilas game ini mirip Pokemon Legends Arceus di mana kamu bisa berpetualang di dunia open world, bertarung, merekrut monster, mencari harta karun, hingga menelusuri keberadaan Dragonstones yang legendaris.

Bintang sesungguhnya dari game ini adalah dunianya, yang dibuat dengan banyak lanskap dan bioma yang menarik dan berwarna-warni. Beberapa level desain pun dibuat dengan seksama dan mempertimbangkan banyak hal, seperti kemampuan monster yang kamu miliki.

Hal ini rasanya tidak mengherankan mengingat Dragon Quest Treasures dibuat oleh Tose yang juga mengembangkan game-game keren seperti Splatoon, Paper Mario, hingga Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion.

5. Dragon Quest VI: Realms of Revelation

Release: 1995, Platform: SNES, Nintendo DS, iOS, Android

Dragon Quest VI: Realms of Revelation

Dragon Quest IV dirilis pada tahun 1995 pada konsol Super Famicom alias SNES. Meski begitu versi Bahasa Inggris-nya baru muncul saat game ini dibuat ulang untuk Nintendo DS pada tahun 2011, berbarengan dengan Dragon Quest IV dan V.

Meski dirilis dengan harga yang relatif tinggi, game ini mampu terjual hingga lebih dari 3 juta kopi di Jepang. Hal ini bahkan membuatnya jadi game paling laris di tahun 1995.

Pada game ini, kita akan disuguhkan cerita mengenai perjalanan pemain antara dunia nyata dan dunia mimpi, sambil mengungkap plot kompleks yang menghubungkan keduanya. Meski mirip dengan light-dark world yang ada di game Zelda: A Link to the Past, DQVI memiliki presentasi unik mereka sendiri, yang bahkan sering dianggap jadi rujukan bagi game Chrono Cross dan Final Fantasy X.

Sayang dari sisi gameplay, game ini tidak menawarkan inovasi baru dan mirip dengan pendahulunya. Satu-satunya perbedaan besar adalah tambahan bonus dungeon yang bisa diakses pemain yang sudah menamatkan game ini.

6. Dragon Quest IV: Chapters of the Chosen

Release: 1990, Platform: NES, Playstation 1, Nintendo DS, Android, iOS

Dragon Quest IV: Chapters of the Chosen

Dragon Quest IV: Chapters of the Chosen adalah game keempat dalam seri Dragon Quest yang dirils untuk Nintendo Entertainment System (NES) pada tahun 1990 di Jepang. Sejak itu, game ini telah dibuat ulang dan dirilis di berbagai platform, termasuk PlayStation, Nintendo DS, dan perangkat seluler.

Dikembangkan oleh Chunsoft dan diterbitkan oleh Enix (sekarang Square Enix), game ini terkenal dengan struktur berbasis chapter yang inovatif. Membagi cerita dalam lima chapter, masing-masing bab fokus pada cerita dari salah satu protagonis. Di chapter terakhir, karakter kamu akan mendapatkan ceritanya sendiri dan dibantu oleh karakter lain dari chapter sebelumnya.

Selain hal tersebut, hal inovatif lain dari game ini adalah pengenalan mode Tactics yang jadi inspirasi sistem Gambit pada FF XII. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengatur strategi untuk party member mereka dan mengontrol alur pertempuran.

Tidak cuma itu, game ini pun jadi seri pertama yang memperkenalkan kasino. Di sini kamu bisa menemukan banyak mini-games seperti slot machine, poker, atau game monster betting yang sudah ada sejak DQIII. Token yang kamu dapat pun nantinya bisa ditukarkan dengan item spesial yang dapat meningkatkan kekuatan karakter kamu.

7. Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past

Release: 2000, Platform: Playstation 1, Nintendo 3DS, iOS, Android

Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past

Sebagai game dengan penjualan terbanyak untuk Playstation 1 di Jepang, tentu tidak sulit untuk melihat Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past sebagai salah satu game Dragon Quest terbaik sepanjang masa bukan? Kesuksesan ini bahkan membuat seri ini sebagai game pertama setelah DQIV yang dirilis di luar Jepang, hingga jadi salah satu game RPG terbaik di Playstation 1.

Satu hal yang membuat Dragon Quest VII populer adalah ukurannya yang masif. Bahkan tanpa menyelesaikan side-quest, diklaim butuh waktu hingga seratus jam untuk menamatkannya. Belum lagi pacing yang dianggap lambat oleh kebanyakan orang. Namun remake untuk 3DS di tahun 2016 pun mengatasi hal ini agar game ini lebih memikat untuk non-penggemar Dragon Quest.

Kisahnya sendiri mengikuti sang protagonis dan kawan-kawan saat mereka menjelajahi serangkaian pulau di sekitar rumah mereka di Estar. Dengan memecahkan misteri dan melakukan perjalanan melalui waktu, kelompok tersebut mengungkap sejarah tersembunyi dunia mereka.

Secara umum, mekanis game masih tetap mengikuti seri sebelumnya meski ada beberapa perubahan. Seperti adanya class system yang memungkinkan kamu untuk mengkustomisasi karakter, serta kemampuan untuk saling berbicara antar party member yang dapat memberikan petunjuk dan strategi dalam permainan.

8. Dragon Quest Wars

Release: 2009, Platform: Nintendo DSi

Dragon Quest Wars

Game ini mungkin akan jarang disebut saat membahas game Dragon Quest terbaik sepanjang masa. Tidak seperti kebanyakan game di franchise ini, Dragon Quest Wars hanya dirilis untuk Nintendo DSi yang mungkin kalah populer dibanding konsol Nintendo lainnya.

Dragon Quest Wars sendiri menawarkan hal berbeda dengan mengusung pertempuran turn-based strategy. Hal yang wajar mengingat game ini dibuat bersama Intelligent System yang juga membuat Fire Emblem, salah satu seri game taktikal RPG terbaik.

Dalam game Dragon Quest Wars, kamu bisa mengumpulkan tim berisi karakter dari dunia Dragon Quest. Masing-masing memiliki kemampuan uniknya sendiri, serta kelebihan dan kekurangan saat terlibat dalam pertempuran taktis di peta berbasis grid. Tujuannya adalah untuk mengalahkan tim lawan dengan memanfaatkan medan, posisi, dan keterampilan karakter untuk menang.

9. Dragon Quest Heroes: Rocket Slime

Release: 2005, Platform: Super Famicom, Playstation 2, Nintendo DS, Android, iOS

Dragon Quest Heroes: Rocket Slime

Sebagai salah satu monster paling ikonik di Dragon Quest, Slime memiliki game spin-off mereka sendiri. Sayangnya dari 3 judul yang ada, hanya satu saja yang diterjemahkan ke Bahasa Inggris, yaitu Dragon Quest Heroes: Rocket Slime yang rilis untuk Nintendo DS.

Game ini berlatar belakang dunia Slimenia, di mana pemain mengontrol slime bernama Rocket yang memulai misi untuk menyelamatkan sesama slime yang telah ditangkap oleh Plob. Gim ini menampilkan campuran aksi, pemecahan teka-teki, dan pertempuran tank.

Tank Battles jadi salah satu daya tarik terbesar game ini. Di sini pemain dapat mengontrol tank raksasa berbentuk naga, yang dapat disesuaikan dengan berbagai amunisi dan peralatan. Mirip game tank lainnya, misi kamu adalah menghancurkan tank lawan sambil melindungi tank kamu sendiri.

10. Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bride

Release: 1992, Platform: Super Famicom, Playstation 2, Nintendo DS, Android, iOS

Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bride

Jika karena bukan jadi salah satu game Dragon Quest terbaik, DQV mungkin tidak akan terus diporting ke berbagai perangkat yang lebih modern. Pertama kali muncul di Super Famicom pada tahun 1992, game ini dibuat ulang untuk Playstation 2 di tahun 2004, NDS di tahun 2008, serta Android dan iOS di tahun 2014.

Satu hal yang menarik dari Dragon Quest V adalah cerita yang melibatkan tiga generasi sekaligus. Di sini kamu akan mengikuti kisah sang Pahlawan, mulai dari masa kanak-kanak, dewasa, hingga menikah dan memiliki anak.

Tidak cuma itu, Dragon Quest V juga memperkenalkan ability untuk menangkap monster dan membuat mereka jadi party member. Konsep ini pun akhirnya sering dipakai di game Dragon Quest setelahnya, bahkan menjadi inspirasi bagi sub-seri Dragon Quest Monster yang memiliki konsep game mirip Pokemon.

11. Dragon Quest Builders 2

Release: 2018, Platform: Playstation 4, Nintendo Switch, PC, Xbox One

Dragon Quest Builders 2

Secara singkat, Dragon Quest Builders 2 adalah game yang menggambungkan unsur RPG dari game Dragon Quest dengan Minecraft, dan sedikit elemen dari Animal Crossing.

Inti dari permainan ini berputar sekitar konstruksi dan kreativitas. Di sini pemain bisa mengumpulkan resources, merancang struktur, atau membuat item yang bisa dipakai untuk membangun kota atau desa. Selain itu pemain juga bisa merekrut warga, menjelajahi gua, melawan monster, hingga mengunjungi kota milik temanmu.

Melanjutkan kesuksesan seri sebelumnya, game ini juga dibuat dengan tambahan masukan dari para penggemarnya. Fitur baru yang diperkenalkan di sekuel ini antara lain fast-travel, perspektif orang pertama, eksplorasi bawah laut, serta gliding.

Sama seperti game Dragon Quest lainnya, cerita jadi hal yang menarik untuk ditawarkan. Dengan latar belakang setelah event Dragon Quest II, game ini mengikuti kisah Children of Hargon, yang dirancang untuk mencegah pembangunan. Pemain nantinya berperan sebagai Builder yang bersama Malroth, mengembalikan dunia ke masa kejayaannya dengan memperkenalkan konsep Building dan mengalahkan Children of Hargon.

12. Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies

Released: 2009, Platform: Nintendo DS

Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies

Game Dragon Quest terbaik berikutnya adalah seri ke-9 mereka yang berjudul Sentinels of the Starry Skies. Beda dengan game lainnya, DQIX memiliki cerita yang fokus pada dunia dan karakter NPC dibanding tokoh utama dan rekan-rekannya.

Di game ini kamu akan berperan sebagai malaikat Celestrian yang sayapnya dilucuti dan dikirim ke Bumi setelah peristiwa bencana. Untuk memulihkan sayap mereka dan memecahkan misteri di balik bencana tersebut, kamu pun ditugaskan untuk melindungi dunia fana, sambil membantu berbagai karakter dengan perjuangan pribadi mereka sendiri.

Di Jepang, game ini sempat menjadi fenomena berkat fitur multiplayer online-nya. Dengan begitu pemain dapat saling terhubung dan melakukan misi bersama-sama, serta saling bertukar item atau peta harta karun untuk mencari item langka.

Fitur kustomisasi game ini pun mendapat apresiasi lebih dari para penggemarnya. Di game Dragon Quest IX, pemain dapat membuat karakter mereka, dengan tampilan, skill, dan class mereka sendiri.

13. Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King

Released: 2004, Platform: Playstation 2, Android, iOS, Nintendo 3DS

Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King

Game ini pertama kali rilis di Jepang dengan nama Dragon Quest VIII: Sora to Umi to Daichi to Norowareshi Himegimi. Di Jepang, game ini menjadi game Playstation 2 terlaris, dan jadi game Dragon Quest pertama yang memperoleh skor 39/40 dari Famitsu.

Satu hal yang membuat game ini populer di masanya adalah peningkatan grafis signifikan dibanding seri sebelumnya. Dunia 3D bergrafik cell-shaded mampu menghidupkan gaya seni ikonik seri ini dengan tampilan baru. Hal ini pun berpengaruh pada gameplay yang kemudian dilengkapi dengan animasi gerakan musuh serta sudut kamera yang bisa diatur.

Di balik itu, game Dragon Quest VIII juga memiliki cerita apik yang memiliki banyak side quest dan mini-games. Interaksi karakter kamu bersama Yangus, Angelo dan Jessica pun menambah kedalaman cerita yang kental dengan nuansa balas dendam, persahabatan, dan pertempuran antara terang dan kegelapan.

Game ini sendiri jadi pionir franchise Dragon Quest di dunia barat dengan adanya lokalisasi ke Bahasa Inggris. Game ini pun jadi yang pertama menggunakan nama Dragon Quest, setelah sebelumnya selalu dirilis dengan nama Dragon Warrior karena alasan hak cipta.

14. Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age

Release: 2017, Platform: Nintendo 3DS, Playstation 4, PC, Nintendo Switch, Xbox One, Stadia

Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age

Meski dirilis tahun 2017, Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age adalah seri terakhir sebelum Dragon Quest XII yang rencananya akan rilis beberapa tahun ke depan. Game ini pun jadi yang pertama rilis untuk PC demi menggaet lebih banyak pemain.

DQXI memiliki segalanya untuk jadi game Dragon Quest terbaik sepanjang masa.

Dengan gaya visual ikonik dari Akira Toriyama, Dragon Quest XI mampu menangkap esensi JRPG klasik sambil menggabungkan mekanisme permainan modern dan visual yang memukau. Hal ini memberikan keseimbangan antara nilai tradisional Dragon Quest, namun tetap mampu memberikan hal baru bagi pemain.

Seperti game Dragon Quest lainnya, game ini juga memiliki cerita serta narasi yang menarik dan emosional. Pada game ini juga terdapat karakter yang dikembangkan dengan baik dan menawan, masing-masing dengan motivasi, cerita latar, dan progres mereka sendiri.

Game ini juga memiliki enhanced version Dragon Quest XI S: Echoes of an Elusive Age - Definitive Edition dengan konten yang lebih besar, dari cerita utama hingga side quest, mini-game, dan rahasia tersembunyi. Pemain dapat dengan mudah menghabiskan waktu puluhan jam untuk menjelajahi dan mengalami semua yang ditawarkan oleh game ini.


Ada banyak alasan kenapa Dragon Quest bisa jadi salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Selama bertahun-tahun, mereka konsisten membuat game berkualitas dengan cerita dan gameplay menarik, dilengkapi dengan visual art khas Akira Toriyama.

Tidak cuma seri utamanya, beberapa game spin-off mereka pun menawarkan sesuati yang unik dan cocok disebut sebagai salah satu game Dragon Quest terbaik sepanjang masa. (GimTekno.com)

0 Komentar