15 Aplikasi Browser Tanpa Iklan Terbaik di Android - GimTekno

15 Aplikasi Browser Tanpa Iklan Terbaik di Android

Rekomendasi browser tanpa iklan di Android dan iOS

Iklan jadi salah satu hal yang mengganggu kenyamanan saat browsing, terutama bagi mereka yang melakukannya secara berlebihan. Untungnya ada banyak browser tanpa iklan yang hadir dengan fitur adblocker bawaan.

Kebanyakan browser modern sendiri sebenarnya memiliki support addon atau ekstensi yang dapat memblokir iklan secara otomatis seperti Adblock Plus atau uBlock Origin. Sayangnya hal ini masih belum bisa diterapkan di smartphone. Untungnya ada beberapa developer yang mengembangkan browser dengan fitur tersebut di dalamnya.

Nah, buat kamu yang ingin internetan dengan nyaman, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi browser tanpa iklan yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Browser Tanpa Iklan Android

1. Firefox

Mozilla Firefox sudah lama dikenal sebagai salah satu alternatif Chrome terbaik. Tidak hanya memiliki fitur yang tidak kalah banyak, Firefox juga lebih baik dalam hal transparansi dan privasi data, hingga urusan kecepatan.

Firefox hadir dengan ekstensi untuk memblokir iklan

Tidak cuma itu, Firefox juga jadi rekomendasi pertama browser tanpa iklan Android dan iOS. Meski tidak dilakukan secara default, Firefox memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk menginstal beragam ekstensi, termasuk adblocker seperti uBlock Origin. Dengan ekstensi ini, kamu bisa memblokir 99% iklan di berbagai website dan situs video seperti Youtube.

Support terhadap ekstensi ini membuat Firefox jadi browser powerful yang bisa kamu modifikasi untuk keperluan kamu. Kamu bahkan bisa mengubah temanya sesuka hati. Selain itu kamu juga bisa login menggunakan email agar data-data kamu bisa disinkronkan, antara browser desktop dan mobile.

2. Firefox Focus

Selain aplikasi utamanya, Mozilla juga membuat varian browser lain untuk fungsi khusus, salah satunya adalah Firefox Focus. Beda dengan Firefox biasa, browser ini diperuntukan bagi kamu yang ingin browsing hal tertentu dan menghapus jejakmu setelah selesai menggunakannya.

Firefox Focus

Firefox Focus hadir dengan tampilan dan layout minimalis, tanpa tabs. Browser ini pun akan memblokir online tracker secara otomatis, dan menawarkan kamu opsi untuk menghapus history, password, dan cookies setelah kamu selesai menggunakan browser ini.

Firefox Focus pun jadi salah satu browser tanpa iklan terbaik yang mampu memblokir iklan, popup yang mengganggu, hingga menghentikan fitur autoplay video. Jadi tidak hanya membuat kamu lebih nyaman, kamu pun bisa browsing lebih cepat dan menghemat lebih banyak kuota internet.

3. DuckDuckGo

Lebih dulu dikenal sebagai mesin pencari selain Google yang menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi, DuckDuckGo kini memiliki browser mereka sendiri yang bisa kamu download untuk PC Windows, serta smartphone Android dan iOS.

DuckDuckGo Private Browser

Beda dengan Firefox, fitur adblocker sudah terpasang secara default di browser ini. Meski begitu kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu untuk bisa memblokir iklan. Selain itu DuckDuckGo juga memiliki fitur lain yang tidak kalah keren, terutama yang berhubungan dengan keamanan kamu di dunia maya.

Jika kamu memilih untuk tetap melihat iklan, DuckDuckGo bisa memfilter iklan yang sesuai dengan keyword yang kamu cari. Meski begitu mereka tetap tidak menggunakan ads tracker dan memodifikasi tampilannya agar tidak mengganggu kenyamanan kamu.

4. Bromite

Bromite mungkin jadi satu-satunya aplikasi browser tanpa iklan yang tidak bisa kamu temui di Play Store. Menurut pembuatnya, hal ini dilakukan agar Bromite dapat memiliki kontrol penuh terhadap aplikasi mereka, tanpa perlu diatur mengenai masalah iklan.

Bromite

Dengan begitu, Bromite jadi browser terbaik yang mampu menghadirkan kebebasan saat kamu browsing, menonton video, membaca artikel, atau hal lain saat menjelajahi dunia maya.

Bromite sendiri dibuat berdasarkan Chromium yang membuatnya mirip dengan Chrome. Meski begitu browser ini menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi, serta beberapa fitur tambahan seperti adblocker. Kamu bahkan bisa mengatur filter kamu sendiri untuk memilah-milih website mana yang mau kamu masukan whitelist dan blacklist.

5. Brave

Aplikasi browser tanpa iklan selanjutnya adalah Brave, yang dibuat oleh mantan co-founder Mozilla. Sama seperti Firefox, Brave memprioritaskan privasi pengguna. Brave bahkan menambahkan berbagai perbaikan yang membuat browser ini diklaim lebih cepat dibanding browser terbaik lainnya.

Brave Browser

Pada Brave Browser juga terdapat built-in adblocker yang mampu memblokir iklan, popup, dan konten lain yang menghalangi kenyamanan kamu dalam berinternet ria. Sesi internet-an kamu pun akan jauh lebih menyenangkan dengan adanya fitur lain seperti Firewall, VPN, hingga Night Mode.

Satu hal yang menarik, Brave memiliki opsi "Allow Brave Acceptable Ads" yang akan menampilkan iklan pada website yang kamu support. Selain tetap memberikan pemasukan bagi sebuah website, kamu juga akan mendapatkan reward berupa token BAT.

6. Opera

Browser dengan adblocker bawaan lain yang juga bisa dipakai di Android dan iOS adalah Opera. Fitur ini dapat membantu kamu browsing lebih nyaman tanpa tampilan iklan yang mengganggu. Keberadaan adblocker dan tracker-blocker ini juga dapat membuat kamu browsing lebih cepat tanpa adanya script yang menghambatnya.

Opera

Di luar itu, Opera juga memiliki banyak fitur yang membuatnya jadi salah satu browser terbaik. Sebagai contoh, Opera menawarkan fitur VPN (Virtual Private Network) gratis yang dapat mengenkripsi jaringan dan membuat browsing kamu makin aman, sekaligus sebagai anti blokir yang membantu kamu membuka website tertentu.

Sebagai salah satu browser tertua, Opera pun selalu diupdate untuk mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu implementasinya bisa kita lihat pada fitur Aria-AI yang dapat membantu kamu dalam berbagai hal, mulai dari mencari jawaban tertentu, hingga merencanakan perjalananmu.

7. Vivaldi

Dibuat oleh mantan CEO Opera, Vivaldi juga menawarkan browser tanpa iklan yang hadir dengan fitur adblocker bawaan. Dengan fitur ini, Vivaldi mampu memblokir iklan yang mengganggu, melindungi perangkat kamu dari pelacak, dan secara tidak langsung memuat halaman web lebih cepat.

Vivaldi

Menariknya, fitur ini hadir dengan opsi yang memungkinkan kamu untuk memilih untuk memblokir tracker saja, atau tracker dan iklan. Selain itu kamu juga bisa mengubah filter iklan, serta menggunakan fitur tersebut tanpa perlu rooting atau menginstal ekstensi tambahan terlebih dahulu.

Di luar itu, Vivaldi adalah browser yang sempurna untuk kamu yang senang riset topik tertentu. Kamu bisa memanfaatkan fitur seperti Vivaldi Translate, built-in screenshoot features, membuat rich-text notes, hingga memakai Reader View untuk membaca artikel website tanpa elemen lain yang mengganggu.

8. Free Adblocker Browser: Adblock

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak fitur utama dari browser ini. Dan meski namanya cukup panjang dan sulit diingat, Free Adblocker Browser (FAB) adalah salah satu browser tanpa iklan terbaik dengan rating rata-rata di atas 4.5 dan jumlah instalasi di atas 10 juta!

Free Adblocker Browser: Adblock

Dengan fitur bawaannya, FAB Browser bisa memblokir berbagai jenis iklan di website, seperti banner ads hingga popup. Browser ini pun dapat memblokir iklan Youtube agar kamu dapat menonton video tanpa gangguan.

Di luar itu semua, FAB Browser juga memiliki banyak fitur lain yang membuatnya tidak kalah canggih dari browser lain, mulai dari VPN, AI Search, Comic Mode, hingga penggunaan Brave Search Engine untuk memastikan keamanan data kamu di dunia maya.

9. Adblock Browser

Adblock Plus adalah salah satu ekstensi terbaik untuk memblokir iklan di berbagai browser, mulai dari Chrome, Firefox, Opera, Safari, hingga Microsoft Edge. Mengingat layanan tersebut sulit untuk dipakai di smartphone, tim Adblock Plus membuat Adblock Browser yang dapat dipasang di Android dan iOS.

Adblock Browser

Sama seperti ekstensinya, Adblock Browser juga ampuh untuk menghilangkan tampilan iklan yang terlalu banyak dan mengganggu. Browser ini pun juga bisa melindungi kamu dari tracker yang mencuri data-data pribadimu. Dan mirip dengan browser tanpa iklan kebanyakan, Adblock browser juga memiliki fitur "Allow Acceptable Ads" untuk menampilkan iklan di website yang kamu support.

Di balik itu semua, Adblock Browser adalah browser yang solid dengan tampilan yang minimalis. Browser ini pun terbilang cepat, ringan dan support download dengan kecepatan tinggi.

10. Aloha Browser

Browser tanpa iklan selanjutnya adalah Aloha Browser yang dibuat oleh deveoper asal Siprus. Hadir dengan fitur adblocker bawaan, browser ini akan membuat kamu berselancar dengan nyaman di dunia maya tanpa gangguan iklan dan popup yang mengganggu.

Aloha Browser

Tidak cuma itu, satu hal yang membuat browser ini populer adalah layanan VPN gratis-nya. Jadi selain bebas iklan, Aloha juga jadi browser anti blokir di mana kamu bisa mengakses website dari negara pilihan untuk membuka website yang tidak bisa dibuka di Indonesia.

Aloha Browser pun populer berkat support terhadap jaringan blockchain yang memungkinkan kamu untuk mengksplorasi dunia kripto dan blockchain. Mereka bahkan menyediakan dompet kripto yang bisa dipakai untuk menjaga asetmu dengan aman.

11. AVG Secure Browser

Dikenal sebagai salah satu antivirus terbaik di PC dan Android, AVG juga memiliki aplikasi browser yang tidak kalah bagusnya. Sama seperti antivirusnya, kamu pun bisa mendapatkan beragam proteksi untuk melindungi kamu di dunia maya.

AVG Secure Browser

Buat kamu yang senang internetan tanpa terganggu iklan, AVG Secure Browser hadir dengan fitur adblock bawaan yang secara otomatis menghilangkan iklan dan popup yang mengganggu.

Di luar itu, browser ini hadir dengan beragam fitur keamanan canggih, mulai dari VPN gratis, PIN Lock, serta total data encryption yang mampu melindungi semua data browsing, tab, history, bookmark, hingga file unduhan kamu.

12. Pure Web Browser

Satu masalah yang hadir di kebanyakan browser modern adalah ukurannya yang besar, apalagi bagi mereka yang menawarkan banyak fitur di dalamnya. Pure Web Browser hadir sebagai solusi dengan ukuran instalasi kurang dari 10MB saja!


Meski berukuran kecil, browser tanpa iklan yang ringan ini hadir dengan fitur yang tidak kalah lengkap, seperti adanya built-in adblocker yang mampu menyaring berbagai iklan dan popup notifikasi yang mengganggu. Ukurannya yang kecil pun membuat browser ini cepat dan tidak menghabiskan storage hp kamu.

Selain itu browser ini juga memiliki fitur yang sama dengan browser kebanyakan, mulai dari video downloader, mode Incognito, screenshot, QR Code Scanner, built-in translation, Mode Malam dan masih banyak lagi.

13. Via Browser

Pilihan browser tanpa iklan yang ringan lainnya adalah Via Browser yang punya ukuran file instalasi kurang dari 5MB saja! Ukurannya yang kecil membuat browser ini hanya butuh sedikit resource dan cocok untuk hp low spec atau hp lama kamu.

Via Browser juga memiliki tampilan minimalis, apalagi tanp adanya tampilan iklan dan popup berkat fitur adblock bawaan mereka. Meski berukuran kecil, rendering setiap halaman sangat sempurna dan berbeda dengan browser versi lite yang seringkali kesulitan untuk merender halaman yang kompleks.

14. OH Web browser

Masih dengan tema yang sama, OH Web Browser juga jadi browser ringan yang cocok untuk kamu yang punya hp kentang. Dengan ukuran file 5MB, browser berbayar ini tetap memiliki fitur yang tidak kalah menarik dibanding browser lainnya.

Satu hal yang membuat browser ini unik adalah cara pakai yang dibuat khusus agar bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Dengan meletakan semua tombol di bagian bawah dan gesture control-nya, kamu bisa mengakses internet hanya dengan satu jari saja lho!

15. Carbon

Rekomendasi browser tanpa iklan terakhir adalah Carbon yang saat ini sudah diinstal lebih dari 5 juta kali. Dengan fitur bawaannya, browser ini mampu memblokir iklan, popup, dan banner yang mengganggu. Hal ini pun membuat browser mereka diklaim 3x lebih cepat dibanding browser lainnya, meski dengan koneksi internet yang lambat.

Carbon Browser sendiri dibuat menggunakan Chromium dan Blink engine. Meski mirip Chrome, browser ini lebih peduli masalah privasimu dengan tidak menyimpan cookies, history, atau cache. Kamu yang sudah terbiasa dengan Chrome pun tidak akan kesulitan dengan interface browser ini.


Itulah beberapa rekomendasi browser tanpa iklan yang bisa kamu download dan pasang di Android (dan iOS). Dengan fitur built-in adblocker atau ekstensi adblock, kamu bisa internetan dan menonton Youtube dengan nyaman tanpa gangguan iklan dan popup. (GimtTekno.com)

0 Komentar