30+ Game Balapan Terbaik di Playstation 1 - GimTekno

30+ Game Balapan Terbaik di Playstation 1

Lagi cari game balapan terbaik di Playstation 1? Ternyata ada banyak yang bisa jadi rekomendasi lho!

Mulai dari balap mobil dan motor, hingga balap kuda, konsol PS1 memiliki sederet game racing terlaris di mana kamu bisa beradu cepat dengan pembalap lainnya. Beberapa judul video game yang populer sekarang bahkan memulai debut mereka di konsol tersebut.

Meski kualitas grafisnya terbilang cukup tertinggal dibanding game saat ini, gameplay yang ditawarkan tidak kalah menarik dan tetap seru untuk dimainkan. Buat kamu yang punya pc/laptop low spec, game PS1 lawas ini bisa jadi rekomendasi game ringan untuk pc kentang kamu.

Nah, buat kamu yang mau mencobanya, berikut adalah beberapa game balapan terbaik di Playstation 1 yang bisa kamu coba.

Game Balapan Terbaik di Playstation 1

Game Developer Tahun Rilis
Bomberman Fantasy Race Atlus USA 1999
Chocobo Racing Square 1999
Colin McRae Rally Codemasters 1998
Colin McRae Rally 2.0 Codemasters 2000
Crash Team Racing Naughty Dog 1999
Destruction Derby 2 Reflections Interactive 1996
Driver Reflections Interactive 1999
Driver 2 Reflections Interactive 2000
Formula One 99 Studio 33 1999
Gallop Racer Tecmo 1996
Gran Turismo Polyphony Digital 1997
Gran Turismo 2 Polyphony Digital 1999
Hot Wheels - Turbo Racing Stormfront Studios 1999
Looney Tunes Racing Circus Freak Studios 2000
Moto Racer Delphine SI 1997
Moto Racer 2 Delphine SI 1998
NASCAR Rumble EA Redwood Shores 2000
NASCAR Thunder 2003 Budcat Creations 2002
NASCAR Thunder 2004 Budcat Creations 2003
Need for Speed II EA Canada 1997
Need for Speed III: Hot Pursuit EA Canada 1998
Need for Speed: High Stakes EA Canada 1999
Need for Speed: Porsche Unleashed Eden Studios 2000
Ridge Racer Revolution Namco 1996
R4: Ridge Racer Type 4 Namco 1999
Road Rash 3D Electronic Arts 1998
Road Rash: Jailbreak EA Redwood Shores 2000
Test Drive 5 Pitbull Syndicate 1998
Test Drive 6 Pitbull Syndicate 1999
Test Drive Le Mans Eutechnyx 2000
TOCA World Touring Cars Codemasters 2000
Toy Story Racer Traveller's Tales 2001

1. Chocobo Racing

Chocobo adalah salah satu karakter ikonik yang sering muncul di seri FInal Fantasy, salah satu seri game RPG terbaik di PS1. Popularitas burung berwarna kuning ini bahkan membuat mereka memiliki banyak judul game spin-off, salah satunya adalah Chocobo Racing.

Chocobo Racing Playstation 1

Di game ini, kamu bisa balapan dengan karakter dari dunia Final Fantasy, seperti Mog, Behemoth, Cactuar, Black Magician, Cloud, hingga Squall. Dan sesuai namanya, kamu pun bisa memilih Chocobo yang hadir dalam berbagai warna sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Chocobo Racing sendiri memiliki konsep seperti Mario Kart di mana kamu akan beradu cepat di lintasan bertema Final Fantasy, sambil mengumpulkan power up dan senjata yang dapat membantu kamu menang. Game ini pun memiliki beragam mini games yang bisa kamu buka dengan menamatkan mode cerita mereka.

2. Colin McRae 2.0

Colin McRae adalah pembalap kelahiran Skotlandia yang identik dengan balap rally di era 90-an. Popularitasnya pun membuat mantan juara dunia rally termuda ini digandeng sebagai nama franchise video game balap "Colin McRae Rally."

Colin McRae 2.0 Playstation 1

Sesuai inspirasinya, game ini fokus pada balap reli di mana kamu bisa coba menaklukan berbagai trek dengan kontrol dan navigasi yang sempurna. Pemain pun harus bisa memperhitungkan kondisi cuaca, permukaan jalanan, serta kerusakan pada mobil yang bisa mempengaruhi performanya.

Dan sama seperti balap rally sungguhan, di sini kamu pun bisa balapan ditemani co-driver co-driver yang memberikan arahan lisan dan peringatan kepada pemain saat balapan. Instruksi co-driver ini akan sangat penting untuk menavigasi jalur yang menantang secara efektif.

3. Crash Team Racing

Sebelum ngetop dengan seri game Uncharted dan The Last of Us, mungkin belum banyak yang tahu jika Naughty Dog populer lebih dulu melalui seri Crash Bandicoot. Tidak cuma melalui seri utamanya, game spin-off Crash Team Racing (CTR) pun jadi hits di masanya.

Crash Team Racing Playstation 1

Di game balapan PS1 ini, kamu bisa memainkan beragam karakter, mulai dari Crash dan Coco Bandicoot, Dr. Neo Cortex, Uka Uka, Dingodile, dan masih banyak lagi. Dengan gameplay mirip Mario Kart, kamu bisa beradu cepat di berbagai lintasan dengan desain warna-warni khas game Crash Bandicoot.

Meski tidak ada yang bisa dibilang otentik, Crash Team Racing sering dianggap sebagai salah satu game balapan terbaik di PlayStation 1 dan sangat dikenang oleh para penggemar serial ini. Game ini bahkan memiliki versi remaster berjudul Crash Team Racing: Nitro-Fueled yang dirilis untuk konsol modern pada tahun 2019.

4. Driver

Sebagai peraih penghargaan Best Racing Game di ajang Game Critics Awards, Driver tentu pantas disebut sebagai game balapan terbaik di Playstation 1 bukan?

Driver Playstation 1

Terinspirasi dari judul film klasik berjudul The Driver, game ini mengambil adegan film yang fokus pada skill mengemudi dan gerakan manuver mobil yang realistis. Pemain pun harus bisa menyelesaikan beragam misi, mulai dari membuntuti tersangka, menghindari kejaran polisi, hingga melakukan berbagai macam stunt menggunakan mobil.

Driver sendiri tidak cuma soal balapan saja, tapi juga melibatkan aksi dan petualangan. Di sini kamu berperan sebagai Tanner, seorang detektif yang menyamar sebagai supir sewaan untuk menjatuhkan sindikat kriminal. Dengan latar belakang tahun 60-an dan 70-an, kamu akan diajak berkendara mengelilingi kota yang dibuat mirip dengan Chicago, Havana, Las Vegas, dan Rio de Janeiro.

5. Gran Turismo

Gran Turismo adalah seri game balapan terbaik yang pertama kali memulai debut mereka di Playstation 1. Seri ini sendiri dikenal karena aspek realism dan authenticity di mana mereka mampu mengkombinasikan balapan seru dengan realita dunia balap, seperti mobil sungguhan yang dibuat dengan detail hingga trek yang benar-benar ada di dunia nyata.

Gran Turismo Playstation 1

Gran Turismo 2 yang rilis pada tahun 1999 di Playstation sendiri jadi pembuka yang pas untuk menyelami seri ini. Dengan ratusan mobil yang bisa dipilih, kamu bisa beradu balap di sirkuit terkenal seperti Laguna Seca dan Pikes Peak Hill Climb. GT2 pun menghadirkan fitur canggih di masanya, seperti cuaca dan waktu yang dinamis, serta efek kerusakan pada kendaraan.

Satu hal menarik dari game racing PS1 ini adalah adanya License Test yang mengharuskan kamu untuk melalui serangkaian tes untuk mendapatkan lisensi (SIM balap). Dengan begitu kamu bisa melangkah sedikit-demi-sedikit untuk meningkatkan skill membalap kamu dan berlomba di tingkatan yang lebih tinggi.

6. Moto Racer 2

Buat kamu yang senang dengan olahraga motocross, Moto Racer 2 bisa jadi game balap terbaik di PS1 yang bisa kamu coba. Melanjutkan sukses game pertamanya, Moto Racer 2 hadir dengan tampilan yang lebih baik, frame rate yang lebih cepat, serta beberapa fitur tambahan.

Moto Racer 2 Playstation 1

Pada game ini, kamu akan mengontrol seorang pembalap motocross dalam melalui beragam medan. Kamu pun bisa memilih untuk jadi pengendara Superbike dan beradu cepat di lintasan balap jalanan. Dengan 32 trek dan 16 motor berbeda, kamu tidak akan kekurangan tantangan seru di game ini.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah fitur level editor yang memungkinkan kamu untuk memodifikasi trek sesuai keinginanmu. Kamu pun bisa memilih dua mode berbeda, Simulation atau Arcade, untuk memilih balapan dengan santai atau balapan kompetitif.

7. Hot Wheels Turbo Racing

Sesuai namanya, Hot Wheels Turbo Racing adalah game racing PS1 di mana kamu bisa memilih berbagai mobil Hot Wheels, masing-masing dengan atribut uniknya sendiri. Kamu pun bisa berkompetisi dalam balapan di trek yang terinspirasi oleh desain Hot Wheels asli, lengkap dengan loop, lompatan, corkscrew, dan elemen khas lain dari rangkaian trek ikonik Hot Wheels.

Hot Wheels Turbo Racing Playstation 1

Salah satu fitur menonjol dari game ini adalah sistem aksinya. Pemain dapat melakukan aksi dan trik di udara saat balapan. Hal ini nantinya bisa membantu mengisi Turbo Meter yang dapat mempercepat kendaraan kamu. Selain itu mobilmu pun bisa 'rusak' saatmenabrak rintangan atau mobil lawan.

Secara keseluruhan, Hot Wheels Turbo Racing jadi game balap seru yang bisa dimainkan siapa saja. Game ini pun terbilang berhasil menerjemahkan keseruan mobil mainan Hot Wheels ke dalam format video game, dan cocok bagi penggemar game balap manapun.

8. NASCAR Rumble

Meski tidak sepopuler F1, NASCAR adalah salah satu lomba balap terbesar di Amerika Utara. Maka tidak heran jika franchise tersebut banyak membuat video game di PC dan berbagai konsol.

NASCAR Rumble

Di antara banyak judul game yang mereka buat, NASCAR Rumble rasanya patut jadi salah satu game balap mobil terbaik di Playstation 1. Beda dengan judul lain yang menampilkan gameplay realistis di lintasan berbentuk oval, NASCAR Rumble justru menambahkan twist yang membuatnya lebih mirip Mario Kart.

Jadi meski kamu tetap balapan dengan mobil NASCAR, kamu akan bertanding di lintasan yang berbeda, lengkap dengan power up dan kekuatan rumble yang bisa membantu kamu menang. Meski melenceng jauh dari balapan NASCAR biasa, game ini tetap mendapat review yang baik dan jadi hal yang baru bagi para fans mereka.

9. Need for Speed III: Hot Pursuit

Need for Speed adalah salah satu franchise balap terlama yang dimulai dari tahun 1994 dan masih berlanjut hingga sekarang. NFS II: Hot Pursuit sendiri jadi salah satu judul game balap terbaik di Playstation 1, yang menghadirkan banyak fitur baru dan meninggalkan warisan yang besar bagi franchise ini.

Need for Speed III: Hot Pursuit Playstation 1

Sesuai namanya, mode Hot Pursuit jadi fokus game ini di mana kamu harus balapan sambil menghindari kejaran polisi. Dibanding seri sebelumnya, jumlah polisi dan hadangan yang mereka buat akan jauh lebih banyak. Polisi tersebut pun mendapatkan peningkatan aspek taktikal yang membuat kejar-kejaran jauh lebih seru dan menantang.

Tidak cuma itu, aspek car tuning yang jadi fitur khas NFS pun pertama kali dikenalkan di seri in. Jadi kamu bisa memodifikasi beragam komponen mobil agar sesuai dengan gaya balapmu. Di luar itu, salah satu game Need for Speed terbaik ini juga memiliki tampilan grafis dan detail mobil yang tergolong sangat baik untuk konsol Playstation 1, yang membuatnya masih asik dimainkan sekarang.

10. R4: Ridge Racer Type 4

Jujur saja, Ridge Racer mungkin berada di belakang Gran Turismo atau Need for Speed saat kita bicara game balapan terbaik di PS1. Padahal game buatan Namco ini jadi salah satu game balap mobil terlaris di Playstation 1.

R4: Ridge Racer Type 4

Lebih dulu populer di arcade, R4: Ridge Racer Type 4 tetap mempertahankan gameplay balap khasnya saat diadopsi ke PS1. Di sini pemain bisa memilih mobil berperforma tinggi dan berkompetisi dalam balapan intens yang fokus pada skill drifting dan kontrol kendaraan yang baik.

Game ini pun memiliki mode cerita yang menarik di mana kamu bisa memilih salah satu dari empat tim yang masing-masing memiliki narasi dan tingkat persaingannya sendiri.

11. Road Rash: Jailbreak

Road Rash adalah salah satu seri game racing PS1 unik yang menggabungkan elemen balapan dengan pertarungan. Seri yang dimulai di Sega Genesis ini mengharuskan kamu untuk jadi yang tercepat sambil menjatuhkan musuh dengan pukulan dan beragam senjata, sambil menghindari serangan mereka.

Road Rash: Jailbreak Playstation 1

Playstation sendiri memiliki tiga judul Road Rash, dengan Jailbreak jadi yang terakhir sekaligus yang terbaik di antara ketiganya. Beda dengan dua judul sebelumnya, Road Rash: Jailbreak lebih fokus pada aspek balapannya dibanding pertarungannya.

Di game ini kamu pun bisa berloma dalam berbagai mode, seperti Five-O, Time Trial, Cops and Robbers, Skull-to-skull, dan mode Sidecar. Buat kamu yang ingin mengikuti ceritanya, ada mode Jailbreak di mana kamu berperan sebagai Jack dan Jake yang berusaha mengeluarkan teman mereka dari dalam penjara.

12. Test Drive 6

Test Drive jadi salah satu franchise game balap terlama mengingat game pertama mereka sudah ada sejak tahun 1987. Sempat vakum sejak tahun 1991, Test Drive pun hidup kembali dengan meluncurkan beberapa game balap di konsol Playstation 1.

Test Drive Playstation 1

Test Drive sendiri merupakan game balap arcade yang dikenal memiliki banyak kendaraan berlisensi. Tidak seperti game balap lain, di sini kamu bisa mengendarai mobil keluaran pabrikan ternama seperti Ferrari, Porsche, Chevrolet, hingga Dodge. Masing-masing pun memiliki karakteristik kecepatan, handling, dan performanya sendiri.

Hal unik lain dari game ini adalah mode Stop The Racers dan Stop The Bomber. Alih-alih menjadi pembalap, di mode ini kamu malah akan menjadi polisi yang harus mengejar pembalap liar dan menangkap mereka.

13. Toy Story Racer

Toy Story Racer adalah game balap PS1 yang terinspirasi dari film pertama Toy Story. Jadi selain karakternya, kamu pun bisa beradu skill di berbagai lokasi yang jadi latar belakang film tersebut seperti Rumah Andy dan Sid, Pizza Planet, tempat parkir, dan masih banyak lagi.

Toy Story Racer Playstation 1

Saat memulai, kamu bisa memilih salah satu karakter dari Woody, Buzz, Bo Peep, dan RC. Setelah mengumpulkan banyak tentara mini, kamu pun bisa membuka banyak lokasi dan 8 karakter tambahan seperti Mr. Potato Head, Slinky Dog, Rex, atau Babyface.

Meski awalnya ditujukan untuk anak kecil, desain dan detail yang bagus serta gameplaynya yang seru membuat game ini juga populer untuk kalangan usia lainnya. Makanya tidak heran jika Toy Story Racer jadi salah satu game balapan terbaik di Playstation 1.


Itulah dia beberapa rekomendasi game balapan terbaik di Playstation 1 yang bisa kamu coba. Tidak cuma balap mobil, kamu pun bisa mencoba balapan lain seperti motocross, formula 1, superbike, hingga mobil mainan. (GimTekno.com)

30+ Game Balapan Terbaik di Playstation 1

0 Komentar