15 Game Nintendo Switch Gratis, Main Sepuasnya! - GimTekno

15 Game Nintendo Switch Gratis, Main Sepuasnya!

Game Nintendo Switch Gratis

Sebagai salah satu konsol terlaris sepanjang masa, Switch hadir dengan deretan judul game berkualitas. Menariknya, tidak semuanya berbayar! Ada cukup banyak game Nintendo Switch gratis yang juga bisa kamu mainkan di konsol tersebut.

Game dengan konsep free-to-play sendiri bukan hal yang baru di dunia gaming. Cara ini seringkali digunakan untuk menarik lebih banyak minat pemain. Keuntungan pun tidak melulu didapat dengan menjual akses game saja, tapi juga bisa melalui cara lain, seperti pembelian dalam game, penjualan paket digital game, dsb.

Jika kamu ingin mencobanya, ada banyak game Nintendo Switch gratis yang bisa kamu coba. Genre permainannya pun beragam, mulai dari game tembak-tembakan, berantem, petualangan, atau sekadar untuk seru-seruan.

Game Nintendo Switch Gratis

1. Fall Guys

Nintendo Switch Release: 2022

Genre: Multiplayer, Party

Fall Guys Nintendo Switch

Pertama kali rilis pada tahun 2020, pengguna Nintendo Switch harus sedikit bersabar hingga 2022 untuk bisa memainkan game ini di konsol mereka. Hal ini pun tidak jadi masalah mengingat Fall Guys jadi salah satu game paling populer, apalagi game ini juga gratis!

Fall Guys sendiri menjadi game battle royale yang bikin ketagihan di mana kamu menggerakan karakter lucu melalui banyak mini-games seru. Tugas kamu pun hanya untuk menang sebanyak-banyaknya dan mendapatka experience, Kudos (mata uang di Fall Guys), atau sekadar mahkota juara.

Meski mini-games yang ada bisa tampak repetitif dan membosanka, Fall Guys bisa jadi game yang bisa kamu mainkan untuk seru-seruan bersama teman. Gam ini pun tidak butuh keterampilan khusus dan bisa jadi game Nintendo Switch yang cocok untuk anak kecil.

2. Warframe

Nintendo Switch Release: 2018

Genre: Acion, Multiplayer, Role-Playing

Warframe Nintendo Switch

Warframe pertama kali dirilis pada tahun 2013 untuk PC dan mulai diporting ke konsol lain sebelum mendarat di Nintendo Switch pada tahun 2018.

Menariknya, Warframe mendapatkan rating yang tidak terlalu bagus di awal pengembangannya. Namun developer game ini terus memberikan update baru secara rutin hingga poin tersebut menjadi kelebihan game ini. Warframe yang dirilis di Nintendo Switch pun mendapatkan rating yang sangat memuaskan dibanding versi di konsol lain.

Warframe sendiri merupakan game action RPG bertema sci-fi yang memiliki campaign menarik dengan aksi pertarungan cepat, kustomisasi yang melimpah, dan dunia penuh petualangan. Yang paling seru, game ini bisa kamu mainkan secara gratis, meski kamu bisa membeli beberapa skin melalui mcirotransactions.

3. Rocket League

Nintendo Switch Release: 2017

Genre: Sports, Action, Racing

Rocket League Nintendo Switch

Apa jadinya jika kamu menggabungkan game balap dengan sepakbola, Rocket League jawabannya!

Rilis pertama kali pada tahun 2015, Rocket League akhirnya menggratiskan game ini pada tahun 2020. Pemain pun tidak perlu membayar sepeserpun dan dapat memainkan game ini di berbagai platform.

Game ini sendiri mudah dimainkan, meski cukup sulit untuk dikuasai. Selain harus punya skill baik, kamu pun harus bisa bekerja sama dengan tiga orang rekan lainnya untuk bisa menang di game unik ini.

Dengan komunitas yang kuat di belakangnya, Rocket League jadi game Nintendo Switch gratis yang harus kamu mainkan. Apalagi game ini terus mendapatkan update berupa season baru, event, serta mode game baru yang semuanya bisa kamu dapat secara gratis!

4. Fortnite

Nintendo Switch Release: 2018

Genre: Action, Battle Royale, Shooter

Fortnite Nintendo Switch

Fortnite rasanya jadi game yang tidak perlu diperkenalkan lagi. Sejak kemunculannya, game ini telah menjelma dari sekadar game tembak-tembakan menjadi fenomena kultural. Mulai dari kolaborasinya dengan Marvel dan NFL, hingga gerakan dan emotes unik dari karakternya.

Fortnite boleh dibilang jadi salah satu game online multiplayer dan game battle royale terbesar. Dan selain karena permainannya yang seru, salah satu alasannya adalah karena game ini juga gratis, termasuk di Nintendo Switch.

Semua mode multiplayer di Fortnite bisa kamu mainkan secara gratis sepenuhnya. Meski begitu kamu bisa membeli V-Bucks yang nantinya bisa digunakan dalam micro transactions untuk membeli skin, emotes, atau battle-passes.

5. Smite

Nintendo Switch Release : 2019

Genre: Multiplayer, Strategy, Adventure, Action

Smite Nintendo Switch

Smite adalah game Multiplayer Online Battle Arena yang pertama kali rilis pada tahun 2013 untuk PC. Meski game yang pernah mengadakan turnamen dengan hadiah jutaan dollar ini tidak lagi sepopuler dulu, Smite tetaplah game yang menarik untuk dimainkan.

Smite sendiri memiliki banyak kemiripan dengan game MOBA lainnya. Bedanya, Smite menggunakan sudut pandan orang ketiga. Selain itu setiap pemain bisa menggandeng satu 'Dewa' yang masing-masing memiliki kemampuan dan skill unik mereka sendiri.

Versi gratis game ini bisa dimainkan tanpa mengurangi pengalaman bermain kamu. Hanya saja 'Dewa' yang bisa kamu pilih akan dibatasi dan dirotasi setiap bulannya. Transaksi mikro pun tersedia untuk membuka semua 'Dewa' tersebut, atau untuk membeli skin, boost, emotes, hingga mengakses quest tertentu.

6. Tetris 99

Nintendo Switch Release : 2019

Genre: Multiplayer, Puzzle

Tetris 99

Tetris adalah game buatan Soviet di tahun 1985 yang jadi ikon dan masih terus dimainkan hingga sekarang. Jika kamu ingin memainkannya di Nintendo Switch, Tetris 99 adalah pilihan yang pas buat kamu.

Beda dengan game Tetris pada umumnya, game Nintendo Switch gratis ini juga menggabungkannya dengan mode battle royale. Dengan begitu kamu akan bersaing dengan 98 orang lainnya untuk menjadi yang terbaik.

Gameplaynya sendiri mirip dengan Tetris biasa di mana kamu harus bisa menyusun balok sedemikian rupa dalam level yang semakin lama semakin cepat. Bedanya, di game ini kamu bisa melakukan sabotase pada pemain lawan dengan 'membuang' balok yang berhasil kamu susun.

7. Pacman 99

Nintendo Switch Release : 2021

Genre: Arcade

Pacman 99 Nintendo Switch

Mengikuti kesuksesan Tetris 99, kamu juga bisa memainkan game ikonik Pacman dengan mode battle royale dan bermain sambil bertanding dengan puluhan pemain lainnya.

Konsepnya sendiri sama seperti game Pacman biasa. Ketika karakter kamu berhasil memakan 'pellets', maka ia bisa memperoleh kekuatan untuk memakan hantu yang mengejarnya. Bedanya, hal ini akan membuat pemain lain diganggu "Jammer Pac-Man" yang bisa mengganggu permainan mereka.

8. Sky: Children of the Light

Nintendo Switch Release : 2021

Genre: Adventure, Multiplayer, Role-Playing

Sky: Children of the Light Nintendo Switch

Sky: children of Light adalah game indie buatan thatgamecompany, yang pertama rilis di iOS dan Android, sebelum muncul di Nintendo Switch pada tahun 2021.

Sama seperti game buatan mereka sebelumnya, Journey, Sky juga menggunakan konsep open world di mana kamu bisa menjelalahi berbagai macam dunia dengan pemandangan unik.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah aspek sosialnya. Jadi di sini kamu tidak akan menemukan musuh layaknya game action. Justru kamu akan bertemu dengan banyak karakter dan coba membuat koneksi dengan mereka. Sepanjang perjalanan, kamu pun akan menemukan banyak puzzle yang menarik untuk dipecahkan, serta misteri di balik dunia Children of Light.

Jika kamu ingin memainkannya, game ini bisa didapat secara gratis dan dimainkan hingga tamat. Meski begitu ada beberapa micro transaction yang kebanyakan dipakai untuk item kosmetik.

9. Overwatch 2

Nintendo Switch Release: 2022

Genre: Action, Shooter, Multiplayer

Overwatch 2 Nintendo Switch

Game Nintendo Switch gratis lain yang juga bisa kamu instal adalah Overwatch 2. Beda dengan pendahulunya, seri kedua mereka memiliki beberapa heroes baru, mengurangi jumlah pemain hingga 5, serta menggunakan konsep free-to-play.

Dalam game ini, kamu harus bisa memilih hero yang tepat untuk melawan musuh, serta kompatibel dengan karakter yang dipilih rekan-rekanmu. Strategi dan komunikasi jadi kunci untuk memenangkan pertandingan di luar skill yang kamu miliki.

Overwatch 2 juga terus memberikan pengalaman baru bagi pemainnya dengan terus menambahkan event dan mengupdate game secara berkala. Semua mode bisa kamu mainkan gratis, meski ada beberapa micro transactions yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan hero dengan cepat atau mengubah tampilan karakter kamu.

10. Arena of Valor

Nintendo Switch Release: 2018

Genre: Strategy, Action, Multiplayer

Arena of Valor Nintendo Switch

Jika kamu menyukai game MOBA, pilihan game Nintendo switch gratis lain yang bisa kamu mainkan adalah Arena of Valor. Game ini sendiri merupakan adaptasi dari game Honor of Kings dari Tencent untuk pemain dari luar Cina.

Di dalam game in, kamu bisa memilih lebih dari 110 hero dan memainkan beberapa mode permainan, mulai dari Ranked Matches hingga Death Matches. Pemenang nantinya akan mendapatkan reward seperti Gold yang bisa dipakai untuk membuka hero atau arcana.

Bagi kamu yang sudah memainkan game ini di smartphone, kamu juga perlu mencoba versi Switch-nya. Memanfaatkan hardware Switch, Tencent membuat game ini dengan grafis dan animasi yang lebih baik, serta penambahan detail. Sayangnya ini membuat pemain biasa tidak bisa bertanding bersama pemain yang memakai Switch. Meski begitu hal ini patut dicoba mengingat game ini bisa kamu instal gratis di konsol tersebut.

11. Yu-Gi-Oh! Master Duel

Nintendo Switch Release : 2022

Genre: Strategy, Board Game, Simulation

Yu-Gi-Oh! Master Duel

Yu-Gi-Oh! adalah salah satu game kartu paling populer di banyak platform gaming. Di game ini, kamu bisa bertarung menggunakan kartu yang memiliki atribut dan kemampuan khususnya masing-masing.

Di dalam game ini, kamu bisa memilih untuk bertarung dengan pemain lainnya atau melakukan solo game melawan komputer untuk mendapatkan reward.

Satu hal yang berbeda dibanding seri sebelumnya adalah adanya craft points yang bisa didapat dengan 'membongkar' kartu. Poin yang kamu dapat nantinya akan berbeda tergantung tingkat kelangkaan kartu tersebut. Sesuai namanya, craft poin tersebut nantinya bisa dipakai untuk membuat kartu favoritmu, atau bahkan satu deck sekaligus.

12. Super Kirby Clash

Nintendo Switch Release: 2019

Genre: Platform, Action

Super Kirby Clash Nintendo Switch

Meski bukan yang tertua, Kirby jadi franchise game Nintendo dengan judul game terbanyak sejak rilis pertama kali pada tahun 1992. Pada Nintendo Switch, Super Kirby Clash jadi salah satu yang bisa kamu mainkan dengan gratis.

Super Kirby Clash sendiri merupakan upgrade dari Team Kirby Clash Deluxe yang dirilis pada Nintendo DS. Di game ini kamu bisa berteman dengan 3 orang lainnya (atau AI) untuk menyelesaikan quest dan mengalahkan bos jahat. Menariknya, Kirby yang kamu pilih memiliki ability yang berbeda, seperti menghentikan waktu, menyembuhkan rekan, atau memberikan damage maksimum pada lawan.

Meski bisa diunduh gratis, kamu tetap bisa memainkan game ini hingga tamat. Di dalam game ini sendiri terdapat mata uang Gem Apples yang bisa dipakai untuk membeli upgrade atau item support. Meski bisa dibeli dengan uang sungguhan, Gem Apples ini juga bisa kamu dapat dengan menyelesaikan misi tertentu.

13. Super Animal Royale

Nintendo Switch Release : 2021

Genre: Arcade, Action, Battle Royale

Super Animal Royale Nintendo Switch

Buat kamu yang senang dengan game battle royale, Super Animal Royale adalah game gratis di Nintendo Switch yang bisa memberikan kamu pengalaman berbeda.

Dibanding game lain yang sejenis, Super Animal Royale dikemas dalam grafis 2D. Karakter yang bisa kamu pilih pun terdiri dari banyak hewan lucu yang menggemaskan namun mematikan. Game ini pun dilengkapi dengan map super besar yang dibuat sama menariknya.

Selain itu sudut pandangnya pun dibuat dari perspektif atas-bawah yang lebih mirip beberapa game RPG. Meski begitu gameplaynya tetap sama di mana kamu harus bisa bertahan hingga menjadi orang terakhir yang selamat.

14. Dauntless

Nintendo Switch Release : 2019

Genre: Action, Adventure, Role-Playing, Multiplayer

Dauntless Nintendo Switch

Jika kamu menyukai game seperti Monster Hunter, kamu bisa mencoba game Dauntless buatan Phoenix Labs. Meski secara grafis tampilannya lebih cartoony, game ini tetap bisa memberikan kamu vibe yang sama dengan game populer tersebut.

Dalam game ini kamu akan menjadi slayer yang bertugas untuk melindungi umat manusia dari monster-monster besar yang banyak berkeliaran. Dalam menjalankan tugas tersebut, kamu pun bisa bermain bersama hingga empat pemain. Hal ini membuat game ini juga jadi game yang seru untuk dimainkan beramai-ramai.

Dengan kualitas grafis yang baik serta aksi pertarungan yang luar biasa, sulit rasanya membayangkan kalau game ini bisa dimainkan secara gratis. Phoenix Labs sendiri akan memastikan kamu tetap bisa menikmati game ini, dan menyediakan micro transactions hanya untuk boost item dan tampilan karakter kamu saja.

15. Pokémon Unite

Nintendo Switch Release : 2021

Genre: Action, Role-Playing, Multiplayer

Pokemon Unite Nintendo Switch

Pokemon jadi franchise game yang tidak bisa lepas dari Nintendo. Jika kamu ingin merasakan serunya menangkap dan battle dengan trainer lainnya, Pokemon Unite jadi game Nintendo Switch gratis yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu game Pokemon terbaik di Nintendo Switch ini sendiri dibuat oleh TiMi Studio Group yang juga membuat game Arena of Valor. Beda dengan game Pokemon yang kamu kenal, Pokemon Unite adalah game MOBA di mana kamu bisa memasuki arena dengan empat orang pemain lain dan melawan tim musuh.

Gameplay dan battle system-nya sendiri mirip dengan game MOBA pada umumnya. Jadi jika di game Pokemon lain, jenis atau tipe Pokemon bisa mempengaruhi jalannya pertempuran, di game ini kamu akan lebih mengandalkan skill dan gerakan spesial untuk mengalahkan lawan.

Meski ada in-game purchase, game ini bisa dimainkan sepenuhnya tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Kamu bisa mendapatkan mata uang dalam game tersebut dengan cara normal melalui pertandingan, atau berpartisipasi dalam event musiman.


Ituah dia beberapa game Nintendo Switch gratis yang bisa kamu coba. Selain judul game di atas, sebenarnya masih ada beberapa lagi game gratis lain yang bisa kamu mainkan, seperti Pokémon Quest, Pokémon Café ReMix, Ninjala, World of Tanks Blitz, Asphalt 9: Legends, Fallout Shelter, Brawlhalla, The Elder Scroll: Blades, hingga Apex Legends.

Kebanyakan game di atas bisa kamu mainkan sepenuhnya tanpa mengurangi pengalaman bermain kamu. Meski begitu kamu juga bisa menemukan micro transaction atau in-game purchase untuk kamu yang ingin memodifikasi karakter atau membuka akses ke hero atau item tertentu tanpa perlu grinding terlebih dahulu. (Gimtekno.com)

0 Komentar