Ranking 14 Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

Ranking 14 Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

 

Ranking Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Sudah merilis puluhan judul sejak tahun 1996, tentu bukan hal yang mudah untuk membuat ranking game Harvest Moon terbaik sepanjang masa. Apalagi setiap game memiliki keunikan yang memberikan kesan berbeda pada setiap pemain.

Secara umum, game yang kini dikenal dengan nama Story of Seasons ini punya jalan cerita yang mirip. Kamu bertugas untuk mengembangkan lahan pertanian dan membuatnya sukses. Satu hal unik dari game ini adalah interaksi dengan penduduk desa sekitar, di mana kamu bisa menikah, atau bahkan memiliki anak.

Keunikan Harvest Moon membuatnya sering disebut sebagai pionir bagi game farming yang muncul setelah mereka. Game mirip Harvest Moon seperti Stardew Valley bahkan menyebut seri ini sebagai inspirasi terbesar mereka.

Nah, buat kamu yang ketagihan dengan serunya game semacam ini, berikut adalah beberapa game Harvest Moon terbaik sepanjang masa yang bisa kamu coba!

Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

14. Harvest Moon: The Tale of Two Towns

Rilis: 2011 (NDS, Nintendo 3DS)

The Tale of Two Towns adalah game Harvest Moon yang memiliki cerita unik mengenai rivalitas antara dua kota, Bluebell dan Konohana. Di awal game, kamu diceritakan hilang ingatan dan harus memilih untuk tinggal di salah satu kota tersebut.

Harvest Moon: The Tale of Two Towns

Bluebell adalah kota yang fokus pada peternakan, sementara Konohana lebih fokus pada pertanian. Memilih salah satu kota akan berpengaruh pada ladang yang nantinya kamu kelola.

Untuk gameplay tidak ada yang jauh berbeda dari game Harvest Moon lainnya. Satu hal yang menarik adalah kompetisi memasak yang dilakukan empat kali dalam semusim. Meski kamu tidak perlu berpartisipasi, mengikuti kontes ini akan mempercepat kamu mengisi friendship meter dan menyatukan kedua kota tersebut.

13. Harvest Moon: Hero Of Leaf Valley

Rilis: 2009 (PSP), 2012 (PS Vita)

Harvest Moon: Hero of the Leaf Valley bisa dibilang sebagai enhanced version dari game Save the Homeland yang juga masuk sebagai game Harvest Moon terbaik sepanjang masa dalam artikel ini.

Harvest Moon: Hero Of Leaf Valley

Sama seperti pendahulunya, kamu akan diminta untuk mengembangkan lahan pertanian kamu agar tidak tergusur oleh kepentingan korporat bernama FunLand yang ingin mengubahnya sebagai tempat bermain. Setelah berhasil melakukannya dalam dua tahun, kamu akan diberikan tantangan baru untuk mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu.

Namun dibandingkan dengan Save the Homeland, game ini memiliki jumlah karakter yang lebih banyak dengan ending yang juga tidak kalah beragam. Fitur untuk dapat menikah dengan NPC pun dikembalikan. Di antara semua calon pasangan yang ada, Alice si CEO FunLand dan Harvest Goddess jadi tantangan tersendiri bagi para pemain vetaran Harvest Moon.

12. Story Of Seasons: Pioneers Of Olive Town

Rilis: 2021 (Switch, Windows), 2022 (PS4)

Story Of Seasons: Pioneers Of Olive Town jadi game Harvest Moon terbaik buat kamu yang senang dengan gameplay yang lebih santai. Mirip dengan Animal Crossing, kamu bisa mengurus pertanian dan mendekorasi bangunan kamu sesuai selera.

Story Of Seasons: Pioneers Of Olive Town

Game ini tetap mempertahankan beberapa fitur ikonik dari Story of Seasons, seperti kustomisasi karakter serta pilihan tingkat kesulitan di awal game. Namun yang membuatnya unik adalah luasnya lahan pertanian dan banyaknya kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat tersebut.

Luasnya lahan pertanian yang kamu miliki adalah andil dari sistem crafting yang mungkin akan familiar bagi penggemar Stardew Valley. Di game ini kamu bisa membuat berbagai mesin industri yang bisa membantu kamu membuat berbagai produk dengan bahan-bahan yang dihasilkan peternakan dan pertanianmu. Kamu pun bisa mengubah material, seperti kayu menjadi lumber, atau ore menjadi bar.

11. Harvest Moon 3D: A New Beginning

Rilis: 2012 (Nintendo 3DS)

Harvest Moon: A New Beginning adalah game terakhir yang menggunakan nama Harvest Moon sebelum menggantinya dengan Story of Seasons. Di sini kamu akan bertugas untuk mengelola lahan di Echo Village, mengembangkannya dan membuat penduduk kembali ke kota tersebut.

Harvest Moon 3D: A New Beginning

Game ini sedikit berbeda dengan game Harvest Moon lainnya karena di awal permainan hanya ada tiga orang lainnya saja di kota tersebut. Namun setelah membangun kota, satu-persatu NPC akan muncul dan kembali membuka bisnis mereka. Festival dan calon pasangan pun akan mulai muncul dan secara perlahan mengembalikan suasana asli Harvest Moon.

Dibanding game lain di seri ini, kustomisasi jadi salah satu kelebihan A New Beginning. Kamu dapat membuat karakter kamu sendiri, serta mengganti kostumnya setelah kamu mendirikan Tailor. Kamu bahkan bisa memodifikasi tampilan rumah dan kota kamu dan membuatnya unik dari pemain lainnya.

10. Harvest Moon: Save The Homeland

Rilis: 2001 (PS2), 2011 (PS3)

Game Harvest Moon terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Harvest Moon: Save The Homeland. Beda dengan game Harvest Moon lainnya, Save the Homeland memiliki konsep yang berbeda dengan adanya batasan waktu satu tahun dan banyaknya pilihan ending yang berbeda-beda.

Harvest Moon: Save The Homeland

Pada game ini, kamu akan mewarisi ladang milik kakekmu. Sayangnya area tersebut akan dihancurkan dalam waktu satu tahun untuk dijadikan resor dan taman bermain. Tugas kamu adalah menyelamatkan ladang tersebut dengan cara berteman dengan NPC dan membantu mereka mencapai keinginan mereka.

Ending yang kamu dapat nantinya akan tergantung NPC yang kamu bantu. Di akhir tahun, kamu akan diberikan opsi untuk memulai kembali permainan. Namun kamu tetap bisa menyimpan progress farm kamu agar kamu bisa fokus untuk mendapatkan ending lainnya.

Meski cukup unik, Harvest Moon: Save The Homeland seringkali dikritik karena tidak terlalu mirip dengan game Harvest Moon lainnya. Apalagi di game ini ada beberapa fitur yang dihilangkan, seperti tidak adanya kemungkinan untuk menikah dengan salah satu NPC. Meski begitu game ini sangat layak untuk dicoba bagi para penggemar Harvest Moon yang ingin sesuatu yang berbeda.

9. Story of Seasons

Rilis: 2015 (Nintendo 3DS)

Story of Seasons adalah game pertama yang menyandang nama tersebut setelah konflik dengan Natsume. Sempat membuat bingung para fans, game ini dengan cepat mendapatkan respon positif dari para penggemar Harvest Moon.

Story of Seasons 3DS 2015

Meski sudah berpisah, semua elemen penting dari game Harvest Moon sebelumnya tetap bisa kamu lihat di sini. Kustomisasi karakter dari Harvest Moon: A New Beginning jadi salah satunya, lengkap dengan tambahan aksesori yang dapat memberikan karakter kamu kemampuan tambahan.

Dengan tujuan untuk membuat kota Oak Tree menjadi tujuan dagang internasional, ada banyak hal selain bertani yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menyewakan ladang, membuat safari hewan liar, hingga membuka toko kecil dan memproduksi barang untuk diperdagangkan seperti keju, kain, atau furniture.

8. Story Of Seasons: Trio Of Towns

Rilis: 2017 (Nintendo 3DS)

Story Of Seasons: Trio Of Towns adalah game Harvest Moon yang dirilis bertepatan dengan perayaan ke-20 tahun berjalannya franchise game tersebut. Karena itulah mereka membuat proyek ambisius dengan membuat Trio of Towns yang hadir dengan tiga kota berbeda dengan kebudayaan yang berbeda-beda pula.

Story Of Seasons: Trio Of Towns

Di dalam game ini, kamu tidak hanya bertugas untuk mengurus lahan pertanian saja, tapi juga mempelajari keunikan masing-masing kota dan menyatukan ketiganya. Dengan kota yang masing-masing berlatar belakang wild west khas Amerika, Hawaii, serta Jepang, kamu bisa menemukan jauh lebih banyak NPC dibanding game Harvest Moon lainnya.

Karena itulah, aspek sosial menjadi titik berat bagi game ini. Selain bisa mempelajari masing-masing kebudayaan dari para NPC, game ini pun menyediakan calon pasangan terbanyak, hingga 14 orang. Dengan tampilan yang lebih modern, keunikan ini membuat Story of Seasons: Trio of Towns sering disebut sebagai salah satu game Harvest Moon terbaik sepanjang masa.

7. Harvest Moon: Sunshine Islands

Rilis: Nintendo DS (2009)

Harvest Moon: Sunshine Islands adalah game yang masih berhubungan dengan game sebelumnya berjudul Island of Happiness. Malah salah satu bagian dari Island of Happiness ikut jadi bagian dari game ini.

Harvest Moon: Sunshine Islands

Di game ini, kamu bisa memilih karakter laki-laki Mark atau perempuan bernama Chelsea. Beda dengan game Harvest Moon terbaik lainnya, Sunshine Islands menggunakan setting-an lahan berbentuk pulau, alih-alih lahan peternakan pedesaan seperti biasanya.

Gameplaynya sendiri mirip dengan game Harvest Moon lainnya. Namun di game ini kamu akan mendapatkan misi tambahan untuk mengumpulkan Sun Stones. Batu ajaib ini nantinya bisa dipakai untuk membuka pulau baru dan mendapatkan hewan ternak serta tanaman unik di dalamnya.

6. Harvest Moon: Animal Parade

Rilis: 2009 (Wii)

Sesuai namanya, Harvest Moon: Animal Parade adalah game Harvest Moon yang memberikan fokus lebih pada hewan. Dalam game ini, kamu bertugas untuk membawa kembali Harvest King untuk membantu mengembalikan pohon suci yang membuat semua hewan pergi dari pulau Castanet.

Harvest Moon: Animal Parade

Setiap hewan yang ada terbagi menjadi empat kategori, yaitu hewan peliharaan, hewan ternak, hewan unggas, dan hewan sirkus. Kamu pun bisa menemukan hewan eksotis seperti singa atau burung unta. Beberapa hewan tersebut bahkan bisa kamu tunggangi untuk melintasi pulau dengan lebih cepat.

Satu hal menarik lain dari game ini adalah jumlah anak yang bisa kamu miliki. Bersama dengan game original Harvest Moon di SNES, Animal Parade juga memungkinkan kamu untuk memiliki dua anak. Keluarga kamu pun nantinya bisa ditugaskan untuk membantu mengurus lahan, atau diajak untuk mengikuti festival yang ada.

5. Harvest Moon 64

Platform: Nintendo 64

Harvest Moon 64 adalah game yang dirilis untuk Nintendo 64 pada tahun 1999. Meski sudah cukup jadul, game ini pantas masuk daftar game Harvest Moon terbaik sepanjang masa berkat inovasinya yang menjadi ciri khas permainan ini hingga kini. Game ini bahkan menjadi dasar bagi game Harvest Moon populer lainnya, Back to Nature.

Harvest Moon 64

Beda dari versi asli Harvest Moon di SNES, HM64 memperkenalkan banyak hal baru, seperti jumlah waktu dalam satu hari, stamina yang terbatas, jam buka toko, hingga empat musim dalam satu tahun. Tidak ketinggalan, HM64 juga memperkenalkan fitur yang memungkinkan karakter kamu untuk menikah dengan salah satu NPC yang ada di kota.

Game ini pun jadi game Harvest Moon pertama yang hadir dengan tampilan 3D. Meski kini terlihat biasa saja, hal tersebut terbilang revolusioner pada masanya dan membuat Harvest Moon 64 begitu dikenang hingga saat ini.

4. Harvest Moon/Story of Seasons: A Wonderful Life

Rilis: 2004 (GameCube), 2005 (PS2), 2022 (Switch, Windows, Xbox Series X/S, PS5)

Harvest Moon: A Wonderful Life pertama kali rilis di GameCube sebelum di-porting ke PS2 dengan beberapa tambahan fitur seperti event dan soundtrack baru. Game ini pun dibuat ulang pada tahun 2022 dengan judul Story of Seasons: A Wonderful Life dan dirilis untuk konsol modern seperti PS5 dan Switch. Game ini juga memiliki versi lain bernama Harvest Moon: Another Wonderful Life yang hadir dengan karakter perempuan.

Story of Seasons: A Wonderful Life

Permainan ini jadi game Harvest Moon pertama di mana anak kamu nantinya bisa tumbuh dewasa dengan tampilan dan karakter sesuai dengan pasanganmu. Ia pun bisa memilih profesinya sendiri, dan bahkan dapat mewarisi ladang yang kamu punya bila ia memutuskan untuk menjadi petani. Menariknya, game ini bahkan bisa tamat lebih cepat jika ada beberapa hal yang tidak bisa kamu penuhi, seperti telat menikah sebelum chapter pertama, atau membuat istri kamu bercerai.

Hal menarik lain dari game ini adalah konektivitasnya dengan permainan Friends of Mineral Town yang ada di GBA. Dengan menyambungkan keduanya, kamu bisa mengakses lokasi yang ada di kedua game, mendapatkan item di game lainnya, hingga membuat para NPC berbicara mengenai kota lain tersebut. Buat kamu yang main dengan emulator, kamu bisa mencari tutorialnya melalui Google untuk mencobanya.

3. Harvest Moon/Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Rilis: 2003 (GBA), 2020 (Switch, Windows), 2021 (Xbox One, PS4)

Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah remake dari Back to Nature untuk konsol genggam GameBoy Advance. Game ini sendiri nantinya dibuat ulang lagi untuk Nintendo Switch dengan nama Story of Seasons: Friends of Mineral Town.

Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Mirip dengan pendahulunya, baik Harvest Moon FoMT atau Seasons Story FoTM memiliki cerita yang mirip di mana kamu harus mengelola sebuah lahan pertanian. Dan sebagai salah satu seri awal, game ini memperkenalkan banyak hal yang jadi gameplay unik dari franshise Harvest Moon. Tidak hanya bertani dan beternak, aspek sosial juga jadi hal penting dalam game ini.

Satu perbedaan besar dari ketiganya adalah tampilan visualnya. Harvest Moon: Friends of Mineral Town memiliki sprite khas GBA, sementara Story of Seasons: Friends of Mineral Town memiliki tampilan yang lebih modern. Jika kamu mau mencoba salah satu game Harvest Moon terbaik sepanjang masa, Story of Seasons: Friends of Mineral Town bisa jadi game pertama yang harus kamu coba!

Sebagai informasi tambahan, game ini juga memiliki versi lain bernama Harvest Moon: More Friends of Mineral Town yang rilis dua tahun setelah game aslinya. Satu-satunya perbedaan adalah karakter perempuan yang bisa kamu mainkan, serta beberapa perubahan untuk menyokong cerita dengan karakter baru tersebut.

2. Harvest Moon: Back to Nature

Rilis: 1999 (PS), 2008 (PS3, PSP)

Bagi banyak pecinta game Harvest Moon, Back to Nature mungkin jadi game pertama yang membuat mereka jatuh hati. Meski game Harvest Moon sebelumnya sudah memberikan fondasi yang solid, keberadaan Harvest Moon: back to Nature semakin menancapkan nama franchise ini pada audience yang lebih luas.

Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon: Back to Nature sendiri bisa dibilang sebagai 'penerus' dari Harvest Moon 64, meski karakter yang sama tersebut hadir dengan kepribadian, lingkungan dan gaya hidup baru yang membuatnya tampak seperti game baru. Di sini kamu berperan sebagi Pete yang mewarisi ladang milik kakeknya. Bercocok tanam dan beternak jadi kegiatan sehari-hari, meski begitu ada banyak hal lain yang tidak kalah seru, seperti menambang, memancing, atau mengikuti event.

Gameplay yang mudah dan beragam karakter yang punya cerita unik jadi daya tarik terbesar game ini. Dan meski tampilannya kini terlihat ketinggalan zaman, Back to Nature masih cukup seru untuk dimainkan. Makanya tidak heran jika game ini dibuat ulang untuk konsol lain dan bahkan juga ikut jadi salah satu game Harvest Moon terbaik sepanjang masa.

1. Harvest Moon: Magical Melody

Rilis: 2006 (GameCube), 2009 (Wii)

Harvest Moon: Magical Melody merupakan update dari game Bokuj┼Ź Monogatari: Shiawase no Uta yang pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2005. Game ini sendiri layak disebut sebagai game Harvest Moon terbaik sepanjang masa karena mampu menawarkan sesuatu yang unik pada franchise tersebut.

Harvest Moon: Magical Melody

Sama seperti game Harvest Moon lainnya, kamu bisa mengembangkan pertanian dan berinteraksi dengan penduduk kota. Namun aspek interaksi ini punya twist tersendiri di mana kamu bisa bertemu dengan karakter baru dengan memenuhi kriteria tertentu, atau membuat mereka pergi dari kota kamu jika kamu mengabaikan mereka.

Selain itu, kamu pun punya tugas lain untuk mengumpulkan musical notes demi menghidupkan kembali Harvest Goddess. Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri karena kamu harus bisa menemukannya melalui petunjuk yang diberikan penduduk kota. Jika kamu berhasil menemukan 50 dari 100 melodi yang ada, maka kamu bisa menyelesaikan misi dan meneruskan kehidupan kamu.

Keunikan ini membuat Harvest Moon: Magical Melody memiliki nilai replay value tinggi dan asik dimainkan berulang-ulang. Apalagi ada mini games, aspek rivalitas dengan Jimmy si antagonis, serta banyaknya jumlah NPC yang bisa kamu ajak berinteraksi. Tidak ketinggalan, jumlah calon pengantin yang bisa kamu pilih pun lebih beragam, baik bermain sebagai karakter laki-laki atau perempuan.


Itulah dia ranking game Harvest Moon terbaik sepanjang masa. Meski hal ini bisa jadi hal yang subjektif tergantung game pertama apa yang kamu mainkan, Harvest Moon (dan kini Story of Season) tetap jadi game dengan genre unik yang layak untuk dimainkan.

Meski kebanyakan punya cara main yang sama, masing-masing juga punya keunikannya sendiri yang memberikan sedikit twist yang membuatnya jadi lebih dari sekadar game pertanian biasa. (GimTekno.com)

0 Komentar