Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Login, Harap Tunggu Beberapa Menit - GimTekno

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Login, Harap Tunggu Beberapa Menit

"Harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi" adalah salah satu pesan error yang muncul saat Instagram tidak bisa login. Tapi tenang, masalah ini bukan karena ig kamu di-hack kok!

Jika pesan error tersebut muncul, maka kamu tidak akan bisa login ke akun Instagram-mu untuk sementara. Sayang masalah ini seringkali tidak berlangsung beberapa menit saja, beberapa pengguna bahkan bisa terkunci hingga berjam-jam. Dan jika pesan ini terus-menerus muncul, tentu akan sangat mengesalkan bukan?

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, yuk simak penyebab error "Harap tunggu beberapa menit" di Instagram dan bagaimana cara mengatasi Instagram yang tidak bisa login tersebut.

Penyebab Error Instagram "Harap Tunggu Beberapa Menit"

Error harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi instagram/ig

Sebagai salah satu aplikasi sosial media terbesar di dunia, Instragram terus melakukan berbagai perbaikan untuk menjadikan Instragram sebagai tempat yang nyaman bagi penggunanya. Salah satunya adalah dengan menghalau bot dan proses otomatisasi lainnya.

Jika ada gerakan mencurigakan pada sebuah akun, akan muncul pesan error, salah satunya adalah "Harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi." Namun dengan total pengguna mencapai 1.4 milyar, semua proses tersebut tentu harus dilakukan secara otomatis.

Sayangnya filter ini tidaklah sempurna. Karena meski kamu bukanlah bot, ada kemungkinan Instagram menandaimu sebagai bot karena kamu melakukan hal yang dianggap mencurigakan seperti beberapa contoh berikut:

1. Login dan Logout dalam waktu singkat

Penyebab utama munculnya pesan error "Harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi" adalah karena kamu terlalu cepat login dan logout berkali-kali. Hal ini biasanya sering terjadi pada kamu yang menggunakan akun Instagram yang sama di beberapa perangkat sekaligus, seperti smartphone dan PC.

Selain itu, hal yang serupa seperti refreshing atau reloading terlalu sering dalam waktu singkat juga bisa membuat Instagram menandai kamu sebagai bot yang berusaha meretas sebuah akun.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Penggunaan aplikasi yang butuh akun Instagam untuk login juga bisa jadi penyebab munculnya pesan error "Harap tunggu beberapa menit." Jika kamu baru saja menginstal aplikasi tersebut, kemungkinan besar hal ini adalah penyebabnya.

Tidak cuma itu, Instagram pun memiliki batas berapa banyak aplikasi yang bisa mengakses layanan mereka melalui aplikasi pihak ketiga. Jadi jika kamu menggunakan beberapa aplikasi dan login secara bersamaan, akan muncul pesan error "Harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi" di Instagram.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Login

Sesuai dengan pesan error yang muncul, kamu sebenarnya bisa menunggu beberapa saat untuk bisa login kembali. Sayangnya beberapa orang terkadang bisa terblokir hingga berjam-jam tanpa ada tanda bisa login kembali. Jika kamu benar-benar ingin segera bisa login, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Menonaktifkan aplikasi pihak ketiga

Jika sebelumnya Instagram kamu baik-baik saja sebelum menginstal salah satu aplikasi dari pihak ketiga, maka kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut terlebih dahulu, apalagi jika aplikasi tersebut butuh login dengan akun Instagram-mu.

Jika kamu menggunakan beberapa aplikasi yang butuh login dengan akun Instagram, kamu bisa 'memutuskan' koneksi tersebut agar error tidak bisa login ke Instagram tidak terjadi berulang-ulang.

Hapus aplikasi pihak ketiga saat tidak bisa login instagram

Untuk melakukannya, kamu bisa melakukan langkah berikut setelah berhasil login ke Instagram.

  1. Masuk ke halaman profil Instagram
  2. Klik menu Settings atau Pengaturan
  3. Lihat pada menu Apps and Websites atau Aplikasi dan Situs Web
  4. Ketuk Aktif lalu pilih opsi Hapus untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan

Perlu diketahui bahwa cara ini akan membuat kamu logout dari aplikasi yang hapus.

2. Menggunakan jaringan internet lainnya

Salah satu teknik yang dipakai Instagram untuk menghalau bot adalah dengan memblokir alamat IP mereka. Untuk mengakali hal ini, kamu bisa menggunakan jaringan internet lainnya, entah dari jaringan data seluler ke WiFi atau sebaliknya.

Dengan menggunakan jaringan internet yang berbeda, maka kamu akan mendapatkan alamat IP yang berbeda pula. Hal ini pun jadi solusi paling jitu untuk mengatasi masalah Instagram tidak bisa login.

3. Menggunakan VPN

Gunakan VPN untuk mengatasi pesan error ig "Harap Tunggu Beberapa Menit"

Jika kamu tidak memiliki jaringan internet lain di rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi VPN yang bisa membantu 'menyamarkan' IP address kamu. Melalui VPN, Instagram tidak akan bisa melacak alamat IP asli kamu sehingga blokir yang kamu dapat akan ikut terangkat.

Pastikan kamu menggunakan layanan VPN legal dan terpercaya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.


Itulah dia beberapa langkah yang bisa dilakukan saat kamu tidak bisa login ke Instagram akibat pesan error, "Harap tunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi." Mengganti jaringan internet jadi cara paling ampuh untuk mengatasinya. Namun jika belum berhasil, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba. (GimTekno.com)

0 Komentar