Kenapa WA Tidak Bisa Dibuka dan Keluar Sendiri?! - GimTekno

Kenapa WA Tidak Bisa Dibuka dan Keluar Sendiri?!

Bingung kenapa wa tidak bisa dibuka dan keluar sendiri di Android atau iPhone? Padahal aplikasi sudah diupdate dan kuota masih ada? Tenang, masalah ini biasanya sepele dan bisa diselesaikan dengan mudah kok!

Jika hal ini terjadi, pada aplikasi WhatsApp akan muncul pesan error, "Sayangnya WhatsApp telah berhenti" atau "Unfortunately WhatsApp has Stopped." Setelah itu aplikasi wa keluar sendiri dan tidak bisa dibuka lagi.

Masalah seperti ini memang umum terjadi pada aplikasi WhatsApp. Jadi bukan perkara merek hp, entah kamu pakai Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Asus, Infinix, LG, atau Evercross.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah ini, cari tahu yuk apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri di Android dan iPhone kamu.

Penyebab WA Keluar Sendiri dan Keluar Sendiri serta Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab WA Keluar Sendiri dan Cara Mengatasinya

1. Masalah jaringan

Aplikasi yang mengandalkan koneksi internet seperi WhatsApp kemungkinan besar akan mogok jika ada masalah dengan konektivitas jaringan. Koneksi Wi-Fi atau data seluler yang buruk dapat mengganggu fungsionalitas aplikasi dan membuat WhatsApp tidak bisa dibuka.

Jadi sebelum mencoba semua solusi untuk mengatasi wa keluar sendiri, pastikan kamu sudah memiliki jaringan internet yang stabil terlebih dahulu yah!

2. Penuhnya memori

Penyebab WA keluar sendiri yang paling umum adalah karena penuhnya memori atau storage kamu. Jika ponsel kamu mengalaminya, maka aplikasi yang kamu buka akan bermasalah. Hal ini pun bisa membuat aplikasi crash, apalagi bila aplikasi tersebut sedang butuh resource yang lebih banyak.

Untuk mengatasi WA yang keluar sendiri akibat masalah ini, kamu hanya perlu membersihkan memori hp kamu saja. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih yang akan melakukannya secara otomatis.

Hapus chat dengan ukuran terbesar

Tahukah kamu kalau kamu bisa melihat daftar chat dengan ukuran terbesar di WhatsApp. Jika kamu sering berkirim gambar, video, atau audio, kemungkinan besar hp kamu akan cepat penuh dengan file-file tersebut.

Untungnya kamu tidak perlu menghapus seluruh chat WA, karena kamu bisa menghapus hanya chat yang punya ukuran besar saja. Caranya?

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih menu Setelan
  • Cari menu Penyimpanan dan Data > Kelola Penyimpanan
  • Jika sudah, kamu bisa melihat total memori yang terpakai dan chat mana saja yang punya ukuran paling besar.
Hapus chat wa dengan ukuran terbesar

Hapus chat lama

Jika kamu tidak mau menghapus chat dari teman atau kerabatmu, kamu bisa menghapus chat lama untuk membuat memori hp lega. Chat dari grup WA atau chat dari tukang paket bisa segera dihapus bila kamu sudah selesai membacanya.

Untuk melakukannya, pastikan kamu sudah menyimpan chat yang penting terlebih dahulu. Setelah itu cukup pilih chat yang akan dihapus, tekan agak lama sampai keluar menu, lalu pilih ikon Tong Sampah yang muncul di bagian atas.

Untuk menghapus chat dari grup WA caranya sedikit berbeda.

  • Masuk ke chat grup WA
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih menu Lainnya > Bersihkan Chat
Cara menghapus chat grup WA

Matikan fitur unduh otomatis

Satu hal yang membuat ukuran WhatsApp membesar adalah penggunaan media seperti file dokumen, gambar, audio, serta video. Jika chat wa kamu penuh dengan hal tersebut, maka hp kamu bisa cepat penuh dan jadi penyebab WhatsApp keluar sendiri.

Secara default, file multimedia yang dikirimkan orang lain akan langsung terunduh agar kamu bisa melihatnya. Namun untuk mencegahnya, kamu bisa lho mengatur agar file-file tersebut di-download saat kamu menginginkannya saja. Caranya?

  • Buka WA lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Setelan
  • Scroll ke bawah dan cari opsi Penyimpanan dan Data
  • Pada bagian Unduh otomatis media, kamu bisa mengatur hal apa saja yang bisa dilakukan untuk masing-masing jaringan, baik Seluler, Wi-Fi, atau Roaming
  • Buka setiap jaringan lalu pilih file yang akan diunduh secara otomatis oleh WhatsApp, entah itu gambar, video, audio, atau dokumen
Cara mematikan fitur download otomatis WhatsApp

Gunakan aplikasi pembersih

Jika kamu tidak ingin menghapus chat-chat wa, alternatif lain untuk membuat hp kamu lega adalah dengan membersihkan file sampah yang menumpuk di hp kamu.

Untuk melakukannya, kamu bisa memakai aplikasi pembersih, baik yang bawaan hp atau aplikasi lain yang kamu dapat dari Play Store/App Store.

3. Bug pada aplikasi WA

Adanya bug pada aplikasi WhatsApp juga bisa jadi alasan kenapa wa tidak bisa dibuka dan keluar sendiri. Selain itu update pada OS juga bisa menyebabkan masalah kompabilitas dengan sebuah aplikasi, termasuk WhatsApp.

Pengembang aplikasi sendiri secara rutin melakukan pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi jika kamu lama tidak melakukannya, coba lakukan update WA kamu sekarang juga!

4. HP kepanasan

Coba cek sudah berapa lama kamu mainan hp?

Pemakaian hp dalam waktu lama, baik untuk gaming atau streaming, lama-kelamaan bisa membuatnya suhunya meningkat. Saat suhu mulai panas, maka hp akan melakukan beberapa tindakan pencegahan agar hp tidak rusak, salah satunya adalah dengan mematikan aplikasi untuk membuat suhunya turun.

Jika kamu tidak bisa membuka aplikasi WA saat hp kamu panas, maka hal ini sangat wajar dan tidak perlu jadi masalah besar. Kamu hanya perlu menunggu sampai hp dingin kembali untuk menggunakan WA secara normal.

5. Kompabilitas dengan aplikasi lain

Selain konflik dengan OS, beberapa aplikasi juga bisa memiliki masalah kompabilitas dengan aplikasi lainnya. Hal ini bisa menimbulkan banyak masalah atau bahkan membuat aplikasi tersebut crash.

Bicara kaitannya dengan WhatsApp, kamu yang menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi di luar WA Bisnis kemungkinan besar bisa mengalami hal ini. Jadi bila sebelumnya wa kamu aman, namun bermasalah setelah menginstal WA Clone atau WA Mod seperti WA GB, bisa jadi ada konflik di antara aplikasi tersebut yang jadi penyebab WA sering keluar sendiri dan tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menghapus aplikasi yang bermasalah. Jika kamu memakai beberapa aplikasi WA agar bisa pakai banyak nomor, kamu bisa memanfaatkan fitur Tambahkan akun yang memungkinkan kamu memakai beberapa nomor di satu aplikasi WhatsApp. 

6. Aplikasi WA di-hack orang lain

Alasan lain kenapa wa tidak bisa dibuka dan keluar sendiri bisa jadi berkaitan dengan masalah keamanan, entah wa kamu sedang disadap, di-spam atau di-hack orang lain.

Untuk mengetahuinya, ada beberapa ciri yang bisa kamu kenali, di antaranya:

  • Pesan terbaca sendiri - Centang biru jadi penanda sebuah pesan sudah dibaca. Namun jika centang biru muncul meski kamu belum membaca pesannya, kemungkinan besar wa kamu sudah disadap orang lain.
  • Mengirim pesan sendiri - Sama seperti pesan yang terbaca sendiri, WA yang mengirim pesan sendiri juga jadi tanda jelas kalau ada yang meng-hack wa kamu.
  • Keluar sendiri dari aplikasi WA - Hal ini bisa terjadi jika ada kode OTP yang masuk lalu diikuti dengan keluarnya kamu dari aplikasi WA.
  • Ada usaha login dari perangkat tak dikenal - Jika ada usaha login dari perangkat yang tidak kamu kenal, pastikan kamu menghapusnya dari daftar akses.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya waspada terhadap link mencurigakan, tidak sembarangan memberi tahu kode OTP, hingga mengabaikan pesan asing dari nomor yang tidak kamu kenal.

Di luar itu, kamu juga bisa memakai fitur autentikasi dua faktor bawaan WhatsApp. Dengan begitu kamu bisa mencegah WhatsApp dibajak dengan menggunakan nomor PIN sebelum nomor WA kamu bisa dipakai di perangkat lain.

Untuk melakukannya,

  • Buka WhatsApp, lalu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  • Buka menu Setelah > Akun lalu pilih opsi Verifikasi Dua Langkah
  • Setelah itu buatlah PIN yang terdiri dari enam angka. Jangan lupa untuk memasukan alamat email agar kamu bisa mengatur ulang PIN jika lupa
  • Setelah itu kamu hanya perlu klik Lanjut untuk mengaktifkan fitur two-step verification di WhatsApp
Aktifkan verifikasi dua langkah jika wa tidak bisa dibuka karena spam

7. Aplikasi WA yang bermasalah

Jika data yang terkait dengan suatu aplikasi rusak, aplikasi tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik dan bisa mogok. Menghapus cache aplikasi atau menginstal ulang aplikasi umumnya bisa membantu kamu mengatasi WhatsApp yang suka/sering keluar sendiri di hp.

8. Pemakaian WhatsApp Web

Buat kamu yang menggunakan WhatsApp di Web, jangan heran jika WA sering keluar sendiri karena hal tersebut adalah fitur keamanan mereka agar tidak sembarang orang bisa memakai akun WA setelah kamu selesai memakainya.

Buat kamu yang menggunakan laptop/komputer sendiri, kamu bisa mencentang opsi "Keep me signed in" di bagian bawah QR Code saat masuk atau kamu tetap login meski sudah tidak lagi memakai WhatsApp Web.


Itulah dia beberapa alasan kenapa WA tidak bisa dibuka dan keluar sendiri. Pada umumnya hal ini berhubungan dengan memori hp yang penuh. Jadi membersihkan hp bisa jadi langkah paling ampuh. Namun bila kendala masih terjadi, ada beberapa cara memperbaiki WhatsApp keluar sendiri di Android dan iPhone yang bisa kamu coba. (GimTekno)

0 Komentar