25 Game PSP Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

25 Game PSP Terbaik Sepanjang Masa

Sebagai salah satu konsol game terlaris, Playstation Portable (PSP) memiliki deretan permainan yang luar biasa. Meski konsolnya tidak lagi diproduksi, keberadaan emulator seperti PPSSPP membuat banyak dari game PSP terbaik sepanjang masa ini laris manis diburu gamers.

Mulai dari GTA: Liberty City Stories, Persona 3 Portable, sampai Metal Gear Solid: Peace Walker, sulit rasanya untuk memilih game terbaik mengingat banyaknya game PSP yang mendapatkan rating bagus. Namun jika kamu ingin sesuatu yang unik, PSP memiliki cukup banyak game eksklusif yang sama bagusnya.

Mulai dari God of War: Ghost of Sparta, Jeanne d'Arc, hingga Metal Gear Solid: Portable Ops, ada cukup banyak game yang hanya bisa kamu mainkan di PSP. Beberapa yang lainnya dibuat terlebih dahulu untuk konsol tersebut sebelum diadopsi ke platform lainnya.

Nah, buat kamu yang sedang mencari rekomendasi, berikut adalah kumpulan game PSP terbaik sepanjang masa yang pantas kamu coba.

Kumpulan Game PSP Terbaik Sepanjang Masa

1. God of War: Ghost of Sparta

Berbekal penghargaan dari berbagai ajang, God of War: Ghost of Sparta jelas jadi salah satu game PSP terbaik yang bisa kamu mainkan. Game ini sendiri dibuat khusus untuk PSP pada tahun 2010 sebelum dibuat versi remastered-nya untuk Playstation 3 pada tahun 2012.

God of War: Ghost of Sparta (PSP)

Sama seperti game sebelumnya, Chains of Olympus, kamu akan berperan sebagai Kratos yang kini coba menelusuri asal muasalnya. Tidak cuma menawarkan cerita yang lebih luas, game ini pun menampilkan senjata baru, kekuatan magis, hingga kemampuan navigasi yang tidak ada di game sebelumnya.

Meski begitu secara umum gameplaynya tidak jauh berbeda dengan game God of Wars lainnya. Menelusuri dunia open-world bertemakan dunia Yunani kuno dan para dewanya sambil memecahkan puzzle jadi daya tarik game ini. Selain itu lawan berupa monster unik seperti minotaurs, cyclopes, dan harpies dalam mode slash combo jelas sangat memuaskan bagi pecinta game aksi laga seru.

2. Metal Gear Solid: Portable Ops

Metal Gear Solid adalah salah satu serial game terbaik buatan Hideo Kojima yang hadir di semua konsol Sony. Beruntungnya, PSP memiliki beberapa game MGS yang dibuat khusus untuk konsol tersebut dengan rating yang sangat bagus pulak!

Metal Gear Solid: Portable Ops (PSP)

Game MGS pertama di PSP yang harus kamu coba pertama adalah Portable Ops yang rilis pada tahun 2006. Beda dengan dua game MGS sebelumnya yang menggunakan sistem kartu, Portable Ops kembali menggunakan gameplay yang jadi ciri khasnya yang penuh dengan aksi laga dan stealth.

Satu hal yang berbeda dari game MGS lainnya adalah sistem Comrade yang memungkinkan kamu untuk merekrut sekutu dan membentuk tim khusus untuk setiap misi. Masing-masing pun memiliki kekuatan dan kelemahan yang nantinya harus kamu sesuaikan dengan misi yang akan kamu jalankan.

3. Metal Gear Solid: Peace Walker

Peace Walker merupakan game Metal Gear Solid lain yang juga dibuat khusus untuk konsol PSP. Kesuksesan game ini bahkan membuatnya dibuat ulang dalam format HD untuk konsol PlayStation 3 dan Xbox 360.

Metal Gear Solid: Peace Walker (PSP)

Beda dari game MGS lainnya, Peace Walker berhasil menggabungkan elemen aksi klasik khas mereka dengan squad management. Jadi selain harus melakukan misi untuk mengalahkan sang Big Boss, kamu juga harus mengelola Mother Base dan semua skuad di dalamnya.

Plot yang dalam, beragam konten bonus, serta fitur yang memungkinkan kamu untuk membangun pasukan membuat game ini jadi salah satu judul Metal Gear Solid terbaik sepanjang masa. Game ini pun dapat memberikan kamu puluhan jam waktu bermain yang seru melalui perangkat genggammu.

4. Daxter

Daxter adalah game spin-off dari seri game Jak and Daxter yang lebih dulu populer di Playstation 2. Menariknya di PSP, game ini justru dapat respon yang lebih baik dari game utama mereka, Jak and Daxter: The Lost Frontier.

Daxter (PSP)

Daxter sendiri merupakan game aksi-petualangan di mana kamu akan berperan sebagai Daxter yang harus menyelamatkan Jak yang tertangkap oleh musuh. Gameplay nya menggabungkan elemen platforming, aksi, dan teka-teki. Kamu bisa menjelajahi berbagai lingkungan, melawan musuh, dan menggunakan alat-alat unik seperti serangga penghisap untuk membersihkan area dari ancaman

Dibanding game lain di seri ini, Daxter memberikan pandangan yang berbeda tentang dunia Jak and Daxter. Selain itu, permainan ini lebih fokus pada aksi dan platforming, di mana game Jak and Daxter lainnya lebih menekankan pada elemen petualangan terbuka dan eksplorasi.

5. LittleBigPlanet

LittleBigPlanet adalah game khusus PSP yang dibuat sebagai sekuel dari game dengan nama yang sama di PS3. Meski secara tidak langsung melanjutkan cerita dari versi PS3-nya, game ini dapat dimainkan secara independen satu sama lain tanpa perlu mengetahui cerita dari game sebelumnya.

LittleBigPlanet (PSP)

LittleBigPlanet sendiri merupakan sebuah game petualangan dengan karakter bernama Sackboy, sebuah boneka yang terbuat dari karung goni. Di sini kamu bisa berpetualang ke berbagai negara, memecahkan teka-teki dan menemui banyak karakter lain yang akan membantu kamu dalam perjalanan.

Satu hal menarik dari game ini adalah fitur kustomisasi yang kaya, di mana kamu bisa membuat dan berbagi level kamu sendiri dengan komunitas online. Meski begitu hal ini tidak bisa lagi dilakukan setelah server LittleBigPlanet tutup pada tahun 2016.

6. Castlevania: The Dracula X Chronicles

Castlevania adalah salah satu serial game populer yang memiliki 30 judul sejak 1986-2014. Di PSP, franchise ini diwakili oleh Castlevania: The Dracula X Chronicles yang rilis pada tahun 2007.

Castlevania: The Dracula X Chronicles (PSP)

Castlevania: The Dracula X Chronicles sendiri merupakan remake dari Castlevania: Rondo of Blood (1993) yang hanya dirilis di Jepang untuk konsol PC-Engine. Game ini pun mencantumkan versi remastered dari Castlevania: Symphony of the Night (1997) sebagai konten bonus mereka.

Meski sebagian besar sama, Castlevania: The Dracula X Chronicles menambahkan banyak hal baru, seperti tantangan, scene dan dialog tambahan. Game ini pun menambahkan Boss Rush Mode yang memungkinkan kamu untuk mengalahkan bos dengan dua pemain dan membuka soundtrack khusus.

7. Mega Man Powered Up

Selain LittleBigPlanet dan Castlevania, game platformer lain yang juga tidak boleh ketinggalan adalah Mega Man Powered Up. Game yang merupakan remake dari game original Mega Man (NES) ini berkisah mengenai usaha Mega Man dalam menghentikan Dr. Willy dan Robot Master dalam menguasai dunia.

Mega Man Powered Up (PSP)

Secara umum, gameplay game ini mirip dengan game Mega Man lainnya. Namun beda dari versi aslinya, Mega Man Powered Up memungkinkan kamu untuk mengontrol robot jahat yang kamu kalahkan. Game ini pun dilengkapi dengan creator mode dan challenge mode yang membuat game ini semakin seru.

Satu hal menarik, Mega Man Powered Up memungkinkan kamu untuk bermain dengan Old Style yang mirip dengan versi aslinya. Sedangkan New Style memungkinkan kamu memainkan game remake yang sudah disesuaikan dengan layar lebar PSP, dengan tambahan voice acting, stage baru, music remix, dan masih banyak lagi.

8. SOCOM U.S. Navy SEALs: Fireteam Bravo

Buat kamu yang senang dengan game tembak-tembakan dan FPS, PSP memiliki banyak judul yang bisa kamu mainkan mulai dari Syphon Filter, Tom Clancy's, atau Medal of Honor. Namun jika kamu ingin memainkan game eksklusif PSP, maka serial SOCOM U.S. Navy SEALs: Fireteam Bravo cocok untuk jadi rekomendasi.

SOCOM U.S. Navy SEALs: Fireteam Bravo (PSP)

Di serial game ini, kamu akan berperan sebagai anggota tim khusus Navy SEALs yang harus menyelesaikan beragam misi di banyak negara. Dalam menyelesaikan misi, kamu bisa mengontrol anak buah kamu dan melakukan koordinasi yang baik untuk memenangkan pertempuran.

Satu hal yang membuat game ini direspon dengan luar biasa pada saat dirilis adalah mode multiplayernya, baik secara online maupun ad-hoc. Meski kini jadi fitur standar, saat itu tidak ada banyak game yang memungkinkan kamu untuk perang melawan belasan orang lain dalam satu game yang sama.

9. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

Kingdom Hearts: Birth by Sleep adalah game yang dirilis khusus untuk PSP pada tahun 2010 sebelum dibuat ulang untuk beragam konsol lainnya. Berkisah mengenai perjalanan Terra, Aqua dan Ventus dalam mencari Master Xehanort, Birth By Sleep memberikan wawasan yang berharga tentang asal-usul dan motivasi karakter utama dalam serial Kingdom Hearts.

Kingdom Hearts: Birth by Sleep

Gameplay "Birth by Sleep sendiri merupakan gabungan elemen RPG dan pertarungan aksi real-time. Setiap karakter memiliki gaya pertarungan yang unik, serta kemampuan dan peralatan yang berbeda. Kamu dapat mengasah keterampilan karakter, mengumpulkan item, dan menjelajahi berbagai lokasi yang ikonik.

Dan mengingat game ini dibuat berkolaborasi dengan Disney, kamu pun bisa melihat berbagai dunia unik Disney mulai dari 100 Acre Wood, Neverland, dan menara misterius dari Fantasia. Selain itu kamu pun bisa melihat kameo dari tokoh kartun Disney seperti Donald, Goofy, hingga Maledicent.

10. Crisis Core: Final Fantasy VII

Game RPG PSP lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Crisis Core: Final Fantasy VII. Meski popularitasnya terdongkrak nama besar FF7, di baliknya Crisis Core memiliki gameplay dan cerita yang solid yang membuatnya layak jadi salah satu game terbaik di PSP.

Crisis Core: Final Fantasy VII

Berbeda dengan banyak game Final Fantasy yang menampilkan beberapa karakter yang bisa dimainkan, Crisis Core hanya berfokus pada satu karakter utama, Zack Fair. Hal ini memungkinkan pengembangan karakter yang lebih mendalam dan narasi yang lebih fokus pada satu perspektif.

Selain itu sistem pertarungannya lebih berorientasi aksi dengan elemen real-time, berbeda dengan sistem turn-based atau ATB (Active Time Battle) yang umum dalam seri Final Fantasy. Game ini pun memiliki fitur unik bernama sistem DMW, yang berfungsi seperti mesin slot di pojok layar. Kombinasi gambar yang cocok dapat mengaktifkan Limit Breaks, summons, atau buff spesial lainnya.

11. Dissidia 012 Final Fantasy

Meski memiliki mode cerita, Dissidia 012 adalah game Final Fantasy yang berbeda karena lebih fokus pada elemen pertarungan. Di sini kamu bisa bertarung menggunakan karakter populer dari semua serial Final Fantasy, mulai dari FFI hingga FFXIII.

Dissidia 012 Final Fantasy (PSP)

Pertarungan dalam Dissidia 012 berlangsung secara real-time di arena 3D, di mana kamu bisa bergerak bebas dan menggunakan serangan fisik, magic, dan kemampuan spesial. Sistem Brave dan HP adalah elemen kunci, di mana kamu harus mengumpulkan Brave Points untuk melakukan serangan HP yang bisa mengurangi darah lawan.

Dibandingkan game Dissidia sebelumnya, versi ini memiliki fitur baru seperti Sistem Assist yang memungkinkan kamu memanggil karakter lain untuk membantu dalam pertempuran. Assist dapat digunakan untuk melancarkan serangan kombo atau menyelamatkan diri dari serangan musuh. Hal ini pun menambah elemen tidak terduga yang membuat pertarungan semakin seru.

12. Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Jika kebanyakan game Final Fantasy kental dengan elemen RPG dan sistem turn based combat-nya, Final Fantasy Tactics justru lebih condong pada aspek taktikal. Meski begitu hal ini tidak menghalangi game ini untuk jadi salah satu game Final Fantasy terbaik, malah game ini jadi inspirasi bagi banyak game taktikal RPG lain yang rilis setelahnya.

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

The War of the Lions sendiri merupakan remake dari game Final Fantasy Tactics original yang rilis di PS1. Secara umum, ceritanya tetap sama di mana kamu berperan sebagai bangsawan muda bernama Ramza Beoulve yang terjebak dalam konflik antara dua faksi yang berusaha menguasai kerajaan.

Selain memperbaiki dan menyesuaikan tampilan game dengan layar lebar PSP, game ini pun memberikan cutscene dan karakter baru, memperbaiki terjemahan, hingga menambahkan beberapa mekanika tambahan. Versi PSP ini pun menyertakan mode multiplayer yang memungkinkan kamu untuk terlibat dalam pertempuran versus atau kooperatif dengan teman melalui koneksi ad-hoc.

13. Jeanne d'Arc

Jeanne d'Arc adalah game tactical RPG yang terinspirasi dari kisah nyata Jeanne d'Arc (Joan of Arc), seorang pahlawan wanita Prancis dari abad ke-15. Namun, game ini menggabungkan elemen fantasi dan sejarah, menciptakan narasi unik yang penuh dengan makhluk magis, iblis, dan kekuatan supranatural.

Jeanne d'Arc

Gameplay-nya sendiri menggunakan sistem pertempuran berbasis grid yang mirip dengan Final Fantasy Tactics. Di sini kamu akan mengontrol sebuah tim yang terdiri dari berbagai karakter, masing-masing dengan kelas, kemampuan, dan peralatan yang berbeda. Pertarungan berlangsung di medan perang yang berbasis grid isometrik, di mana posisi, ketinggian, dan jarak sangat mempengaruhi hasil pertempuran.

Meski begitu game ini juga punya keunikannya sendiri. Misalnya saja karakter kamu bisa mempelajari kemampuan khusus melalui penggunaan Skill Stones. Karakter kamu pun bisa meninggalkan area "Burning Aura" di grid setiap melakukan serangan. Hal ini akan memberikan bonus kekuatan serangan pada karakter lain yang menyerang dari dalam aura tersebut.

14. Valkyria Chronicles 2

Masih dari genre tactical RPG, kali ini ada Valkyria Chronicles 2 yang mengambil latar belakang dunia Eropa pada masa Perang Dunia II. Di sini kamu akan berperan sebagai Avan Hardins yang terlibat dalam perang melawan kelompok pemberontak saat hendak mengungkap misteri di balik kematian kakaknya.

Valkyria Chronicles 2

Satu hal unik dari game ini adalah Sistem BLiTZ yang menggabungkan elemen turn-based strategy dengan kontrol third-person shooter. Hal ini memungkinkan kamu untuk menggerakkan sebuah unit dalam mode third-person untuk menyerang musuh, mengambil posisi, atau menggunakan kemampuan khusus mereka.

Selain itu game ini juga mengadopsi elemen life-sim di mana karakter kamu bisa berinteraksi dengan karakter lain di Akademi Lanseal, mengikuti berbagai kegiatan dan misi sampingan. Hal ini pun punya pengaruh besar terhadap perkembangan cerita dan hubungan antar karakter.

15. Ridge Racer (2004)

Buat kamu yang senang balapan, PSP memiliki cukup banyak judul yang bisa diandalkan, mulai dari Burnout Legends, Colin Mcrae Rally, TOCA Race Driver, hingga Gran Turismo. Namun buat kamu yang ingin mencari game yang hanya ada di Playstation Portable, Ridge Racer adalah salah satu game balap mobil terbaik di PSP yang bisa kamu mainkan.

Ridge Racer (PSP)

Meski kini jadi standar bagi banyak game balap saat ini, Ridge Racer termasuk game unik di masanya dengan menawarkan balapan yang fokus pada drifting dan sistem nitro. Jadi selain perlu menguasai seni drifting untuk berbelok tajam tanpa kehilangan kecepatan, kamu pun harus bisa mengatur strategi penggunaan nitro untuk melampaui musuh-musuhmu.

16. Wipeout Pure

Buat kamu yang ingin game balap yang sedikit berbeda, Wipeout Pure dan tema futuristiknya jadi salah satu yang terbaik. Tidak cuma harus jadi yang tercepat di atas lintasan, kamu pun harus bisa bertahan hidup dari serangan lawan atau malah menyerang mereka dengan senjatamu sendiri.

Wipeout Pure (PSP)

Game ini sendiri merupakan bagian dari seri Wipeout yang dikenal dengan balapan anti-gravitasinya. Alih-alih menggunakan kendaraan biasa, di game ini kamu justru akan menggunakan kendaraan mirip kapal berkecepatan tinggi yang meluncur dan melayang di lintasan futuristik.

Tidak cuma menekan pedal gas dalam-dalam, kamu pun bisa mengumpulkan berbagai power-up dan senjata selama balapan, termasuk roket, ranjau, dan perisai. Penggunaan strategis senjata ini dapat menentukan kemenangan atau kekalahan dalam balapan.

17. Virtua Tennis: World Tour

Game olahraga PSP lainnya (jika kamu menghitung balapan liar Ridge Racer sebagai salah satunya) adalah Virtua Tennis: World Tour. Game yang dikenal di Jepang dengan nama Power Smash: New Generation ini memungkinkan kamu untuk memainkan deretan petenis kelas dunia saat itu, mulai dari Andy Roddick, Roger Federer, hingga Maria Sharapova.

Virtua Tennis: World Tour memiliki berbagai mode untuk dimainkan, mulai dari Quick Match dan Exhibition yang cocok untuk permainan singkat, atau Multiplayer Mode di mana kamu bisa bermain bersama tiga orang lainnya.

Mode utama dalam game ini adalah World Tour, di mana kamu bisa membuat dan mengkustomisasi karakter kamu sendiri. Kamu pun nantinya dapat bersaing di berbagai turnamen di seluruh dunia, sambil meningkatkan keterampilan karakter kamu melalui latihan dan mini-games.

18. Rock Band Unplugged

Rock Band Unplugged adalah game ritme musik yang mirip dengan Guitar Hero atau Beat Saber. Tidak seperti versi Rock Band lainnya yang memerlukan alat musik fisik seperti gitar, drum, atau mikrofon, Rock Band Unplugged mengadaptasi gameplay ke kontrol PSP, memberikan pengalaman ritme yang seru dan portabel.

Rock Band Unplugged (PSP)

Rock Band Unplugged sendiri menekankan gameplay ritme di mana kamu harus menekan tombol sesuai dengan not yang muncul di layar. Kamu pun bisa bergantian mengendalikan instrumen yang berbeda (gitar, bass, drum, dan vokal) dengan menggunakan tombol PSP. Pastikan kamu memainkan not-not dengan tepat untuk menjaga setiap instrumen tetap berjalan dalam harmoni.

Satu hal menarik dari game ini adalah World Tour Mode, di mana kamu bisa membentuk band, melakukan tur di berbagai lokasi, dan membuka lagu-lagu serta kostum baru. Kamu pun nantinya bisa mengkustomisasi anggota band dan memilih setlist untuk dimainkan di konsermu.

19. Lumines

Sekilas, permainan Lumines mirip dengan Tetris di mana kamu harus menyatukan setiap blok random yang kamu dapat. Bedanya, Lumines juga menambahkan elemen warna yang membuat game ini semakin menantang, serta lantunan musik yang mempengaruhi tempo dan ritme permainan.

Lumines: Puzzle Fusion (PSP)

Variasi dalam musik, tema, dan mode permainan membuat game ini sangat asik untuk dimainkan berulang-ulang. Kamu bisa terus kembali ke game ini untuk mengalahkan skor tertinggi dan membuka lebih banyak skins dan lagu.

Buat kamu yang senang dengan game puzzle, semua game di seri Lumines jelas jadi game yang wajib kamu coba. Meski game ini juga dibuatkan sekuelnya di berbagai konsol lain, versi PSP-nya tetap jadi versi yang terbaik di antara yang lainnya.

20. Patapon

Patapon adalah serial game ritme-strategi yang dirilis untuk PlayStation Portable (PSP), dikembangkan oleh Pyramid dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment. Game ini menggabungkan elemen ritme dengan taktik dan strategi dalam dunia yang unik dan bergaya artistik.

Patapon (PSP)

Cerita dalam Patapon mengikuti suku kecil bernama Patapon yang telah kehilangan kejayaan mereka dan berkelana untuk menemukan tanah yang dijanjikan, bernama Earthend. Di sini kamu akan berperan sebagai "Mighty Patapon" yang mampu menggunakan kekuatan drum untuk memimpin dan memerintahkan suku tersebut dalam pertempuran dan eksplorasi.

Gameplay Patapon sendiri merupakan kombinasi antara ritme dan elemen strategi. Kamu bisa menggunakan tombol PSP untuk memukul drum dalam pola tertentu, yang kemudian diinterpretasikan sebagai perintah untuk suku Patapon. Pola drum yang berbeda menghasilkan perintah yang berbeda seperti maju, menyerang, bertahan, dan lainnya.

21. Grand Theft Auto: Liberty City Stories

Grand Theft Auto adalah salah satu serial game paling populer di banyak konsol. Beruntung, PSP memiliki tiga judul game Grand Theft Auto yang semuanya mendapatkan respon positif, salah satunya adalah Liberty City Stories.

Grand Theft Auto: Liberty City Stories (PSP)

Game yang jadi prekuel dari Grand Theft Auto III ini berlatar belakang kota Liberty City, yang terinspirasi oleh New York City. Di sini kamu akan berperan sebagai Toni Cipriani, seorang anggota keluarga kriminal Leone yang kembali ke Liberty City setelah bersembunyi selama beberapa tahun.

Gameplay dalam Liberty City Stories mengikuti formula khas Grand Theft Auto, dengan dunia terbuka yang luas dan kebebasan untuk menyelesaikan misi utama dan sampingan. Kamu pun bisa menjelajahi Liberty City, mengambil berbagai misi, dan terlibat dalam berbagai aktivitas kriminal untuk membangun reputasimu.

22. Monster Hunter Freedom Unite

Monster Hunter adalah serial game mirip Pokemon, di mana kamu bisa berperan sebagai pemburu yang mengambil berbagai misi untuk memburu monster besar. Di antara semua game Monster Hunter yang rilis di PSP, Freedom Unite jadi yang terbaik.

Monster Hunter Freedom Unite (PSP)

Game ini sendiri menjadi versi ekspansi dari Monster Hunter Freedom 2. Freedom Unite menambahkan banyak konten baru, termasuk lebih banyak monster, misi, dan area untuk dijelajahi. Selain itu ada juga fitur baru seperti Felyne Comrades yang membantu pemain dalam perburuan.

Meski bisa sedikit repetitif, berbagai jenis monster, senjata, dan misi memberikan banyak variasi dan replay value. Makanya tidak heran jika Monster Hunter Freedom Unite jadi salah satu game PSP terlaris sepanjang masa.

23. LocoRoco

LocoRoco adalah game platformer yang unik dan penuh warna yang dirilis khusus untuk PlayStation Portable (PSP) dan Playstation 4. Di sini kamu akan mengontrol karakter LocoRoco yang lucu untuk melintasi berbagai level dan mengalahkan musuh yang disebut Moja Troop.

Gameplay LocoRoco berfokus pada mengendalikan karakter LocoRoco yang bulat dan elastis. Nantinya kamu tidak mengontrol LocoRoco secara langsung, melainkan memiringkan konsol ke kiri dan kanan. Karakter kamu pun bisa membesar atau berpisah jadi bagian kecil-kecil untuk melewati beberapa rintangan tertentu.

Mekanisme unik ini membuat LocoRoco jadi game yang sangat menarik. Setiap level pun dirancang dengan penuh warna dan kreativitas, menampilkan berbagai tantangan dan rintangan yang harus diatasi. Level-level ini dipenuhi dengan musuh, rahasia tersembunyi, dan mini-game yang menyenangkan.

24. Persona 3 Portable

Persona 3 Portable merupakan game remake dari game dengan nama yang sama yang lebih dulu rilis di Playstation 2. Meski ceritanya sebagian besar sama, game ini mendapatkan sistem pertempuran baru yang dipakai pada game Persona 4.

Persona 3 Portable

Gameplay Persona 3 Portable terbagi antara waktu di sekolah dan waktu di malam hari. Di siang hari, kamu bisa berinteraksi dengan karakter lain, membangun hubungan sosial, dan mempersiapkan diri untuk pertempuran di malam hari. Di malam hari, kamu bisa menjelajahi Tartarus dan mengalahkan semua monster yang berkeliaran di area tersebut.

Dibandingkan game Persona sebelumnya, di sini kamu memilih gender karaktermu. Tidak hanya mempengaruhi penampilan, hal ini pun akan berdampak pada aspek sosial di game ini. Kamu pun bisa mendapatkan pengalaman bermain yang sedikit berbeda dengan jalur cerita dari sudut pandang berbeda.

25. Tekken: Dark Resurrection

Buat kamu yang senang game berantem, Tekken: Dark Resurrection adalah game fighting yang solid dan menghibur di PSP. Game ini pun terbilang masih asik dimainkan sekarang dengan grafis yang impresif, gameplay yang cepat dan intens, serta berbagai mode permainan yang beragam.

Meskipun tidak menawarkan cerita yang mendalam, game ini berhasil menangkap inti dari seri Tekken dengan baik. Bagi penggemar game fighting dan penggemar seri Tekken, Tekken: Dark Resurrection adalah pilihan yang bagus untuk dimainkan di PSP.


Sepanjang sejarahnya, PSP telah merilis banyak game yang memukau para pemain dengan berbagai genre dan kualitasnya yang luar biasa. Meskipun konsolnya sudah tidak lagi diproduksi, game PSP terbaik sepanjang masa masih menarik minat banyak penggemar sebagai alternatif game Android. (GimTekno.com)

0 Komentar