10 Aplikasi Media Sosial Populer di Korea Selatan - GimTekno

10 Aplikasi Media Sosial Populer di Korea Selatan

aplikasi media sosial orang korea

Di masa serba canggih seperti saat ini, aplikasi media sosial sangatlah menjamur. Fungsi media sosial ini bisa jadi sarana sharing informasi, berbagi kenangan hingga komunikasi.

Orang Korea Selatan juga gemar sekali bermain media sosial, termasuk pada idolnya. Aplikasi media sosial ini juga sering digunakan para idol Kpop untuk komunikasi dengan para fansnya.

Di Korea Selatan media sosial lebih sering disebut dengan SNS. SNS sendiri singkatan dari Social Networking Service. Ada banyak sekali SNS yang digunakan warga Korsel. Penasaran aplikasi sosial media yang lagi trend di Korsel saat ini ? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Aplikasi Sosmed yang Banyak Digunakan di Korea Selatan

1. Cyworld

Cyworld merupakan media sosial yang cukup tua di Korsel. Sosial media ini didirikan pada 1999 yang sebenarnya mirip dengan Friendster (2002). Bisa dibilang Cyworld merupakan media sosial yang memicu social media lainnya muncul di Korsel.

Untuk membuat akun Cyworld warga Korsel wajib mengisi nomor KTP Korea Selatan. Setiap pengguna juga memiliki halaman profil pribadi yang sering dikenal dengan Minihompy. Halaman profil inipun bisa dihiasi dengan beragam aksesoris sesuai dengan keinginan pemiliknya. Ada pula fitur diary untuk menuliskan kehidupan sehari-harinya.

Dulunya fitur ini sangat populer karena selebritis juga hobi bermain Cyworld. Penggemar pun jadi mengetahui apa yang dilakukan oleh idolanya. Cyworld dulunya ingin masuk pasar US dan Eropa sayangnya usahanya gagal dilakukan.

2. Daum Cafe

Daum Cafe sering digunakan sebagai forum berkumpul online orang Korea di dunia maya. Daum Cafe ini mirip dengan Kaskus bila di tanah air. Segala perbincangan bisa ditemukan disini mulai dari ngomongin idola Kpop, olahraga, komputer bahkan pelajaran pun ada disini. Media sosial ini bahkan menyediakan forum yang mengumpulkan penggemar dan idolanya secara virtual.

Subforum tersebut dikenal sebagai fancafe yang cukup populer di Korea Selatan. Daum Cafe juga termasuk media sosial paling banyak digunakan oleh penggemar Kpop. Ada pula fitur rooms yang tersedia untuk mencari teman yang ingin menonton konser bersama. Fancafe official artist dalam Daum Cafe biasanya memiliki level untuk mendapatkan konten eksklusif.

Untuk bisa naik level ada perbedaan sistem yang diberlakukan di setiap fancafe. Para artis Kpop yang sering memposting tulisannya di media sosial ini diantaranya ialah 2PM, IU hingga BTS. Daum Cafe sendiri hanya tersedia dalam bahasa Korea Selatan sehingga bila tidak memahami hangul akan sulit bagimu bergabung disini.

3. Naver Cafe

Browser paling sering digunakan orang Korea Selatan bukanlah Google, melainkan Naver. Fitur pencarian pada Naver hampir sama dengan Google, meski Naver sepenuhnya menggunakan hangul. Sama seperti Google, Naver juga merupakan web pencarian yang menyediakan kabar berita, layanan surel bahkan pencarian tesis. 

Namun lebih dari sekadar mesin pencari, Naver juga seperti sosmed yang wajib dimiliki warga Korsel di mana penggunanya bisa saling berkomentar dan terhubung satu dengan lainnya. Naver ini juga menyediakan forum online yang diberi nama dengan Naver Cafe yang banyak digunakan untuk saling berbagi informasi.

Selain Naver Cafe terdapat pula layanan lainnya. Misalnya saja Junior Naver yang merupakan mesin pencarian untuk anak-anak. Ada pula layanan Naver blog yang dirilis sejak Oktober 2003 seperti layaknya Wordpress.

4. Naver Band

Selain Naver Cafe, Naver juga memiliki aplikasi sosial media Korea lain bernama Naver Band. Namun beda dengan Naver Cafe yang banyak diisi remaja, sebagian besar pengguna Naver Band adalah mereka yang berusia lebih dari 40 tahun.

Beda dengan Naver Cafe, Naver Band menyediakan ruang khusus untuk grup dan diskusi internal komunitas. Dengan fitur mirip Facebook, Naver Band bisa digunakan untuk membuat chat rooms, membuat community board, membagikan kalender, membuat poling, dan masih banyak lagi.

5. Kakaotalk

Kakaotalk buatan Daum jadi aplikasi perpesanan paling populer di Korea Selatan. Salah satu aplikasi chatting terbaik ini bisa digunakan pada ponsel maupun PC. Media sosial ini pasti dimiliki oleh hampir semua orang di Korea Selatan. Pengguna aplikasi ini mencapai lebih dari 130 juta orang di seluruh dunia. 93% penggunanya adalah warga Korsel dan sisanya dari Filipina, Vietnam dan negara lainnya.

Mirip dengan WhatsApp di Indonesia, KakaoTalk juga bisa dipakai untuk saling terhubung dengan banyak orang. Namun yang juga membuatnya jadi populer adalah intergrasinya dengan banyak layanan Kakao lainnya.

Tidak cuma itu, Kakaotalk juga memiliki forum untuk berbagi cerita dan gambar bernama Kakaostory. Pada awalnya Kakaostory menyatu dengan fitur Kakaotalk namun kini telah berdiri sendiri. Kakao Story mirip dengan Path maupun Timeline yang sering kita jumpai pada aplikasi Line.

6. LINE

Selain KakaoTalk, aplikasi sosial media buatan Korea lain yang tidak kalah populer adalah LINE yang dimiliki Naver namun dibuat di Jepang. Meski popularitasnya masih kalah dibanding KakaoTalk di Korea, LINE tetap memiliki banyak pengguna berkat fiturnya yang tidak kalah lengkap.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengirim pesan teks, foto, dan video, serta melakukan panggilan suara dan video conference. Selain itu LINE juga menyediakan platform untuk berbagai layanan seperti LINE Today, LINE Pay, LINE TV, serta LINE Webtoon yang banyak mempopuleran Manhwa buatan Korea Selatan.

7. Youtube

Di tanah air banyak sekali selebritis yang mulai menjadi youtuber. Hal ini serupa dengan Korea Selatan. Para aktris dan aktor juga mulai membuat channel Youtube mereka sendiri. Biasanya berisi tentang vlog alias kegiatan sehari-hari mereka maupun tips dan trik. Channel Youtube Blackpink dan BTS bahkan memiliki puluhan juta subscriber.

Selain itu melalui platform ini biasa MV maupun trailer drama mulai dirilis. Beberapa selebritis kenamaan yang memiliki channel Youtube ialah Suhyun Akmu, Park Min Young, Haha, Kim Jong Kook, Yoon Eun Hye, Solar Mamamoo hingga Chen EXO. konten yang mereka buat tak jarang disertai dengan subtitle bahasa Inggris untuk memudahkan fans asing.

8. Instagram

Contoh sosial media lainnya yang digunakan oleh orang Korea Selatan baru-baru ini adalah Instagram. Media sosial berbagi gambar dan video ini memang bukan aplikasi baru namun saat ini sangat digandrungi oleh kawula muda Korsel. Setiap aktor maupun boyband atau girlband Korsel juga banyak yang membuat akun instagram.

Selain membagikan kegiatan sehari-harinya media sosial ini juga digunakan untuk berkomunikasi dengan penggemarnya. Apalagi saat ini didukung dengan fitur live instagram yang membuat idola dapat berkomunikasi langsung dengan fans secara live. Instagram memberikan tanda centang biru untuk akun Instagram tokoh kenamaan agar mudah dikenali para fans.

9. TikTok

Tiktok bisa dibilang sebagai sosial media anti mainstream. Media sosial ini sebenarnya berasal dari China yang dirilis pada September 2016 silam. Di China Tiktok lebih dikenal dengan sebutan Douyin yang dibuat oleh Zhang Yiming. Penggunanya sendiri sudah 800 juta lebih di seluruh dunia dengan unduhan hingga 1.5 miliar di App Store dan Google Play.

Tiktok sendiri merupakan aplikasi media sosial yang bisa membuat penggunanya berbagi video klip berdurasi 15 detik. Tiktok juga digunakan oleh Blackpink, Zico, Jessica Jung, hingga Jessi. Tiktok menjadi sangat populer usai Zico mempromosikan lagunya melalui laman ini.

Lagu Zico berjudul Anysong bahkan viral dan mendapatkan penghargaan triple crown karena menjadi juara di tiga acara musik sekaligus. Strategi promosi ini kemudian dilakukan oleh musisi Korsel lainnya sehingga membuat Tiktok semakin populer di Korsel. Tiktok sendiri juga populer di tanah air walau sebelumnya pernah dicekal.

10. Facebook

Sebagai salah satu media sosial paling populer di dunia, Facebook juga memiliki banyak pengguna aktif dari Korea Selatan. Dari banyak sumber, popularitas sosial media ini bahkan bersaing ketat dengan KakaoTalk dan Instagram, meski beberapa tahun silam aplikasi sosial media ini sempat menjadi raja di Korea Selatan.

Satu hal yang menarik, di Korea, Facebook jarang dipakai untuk membagikan hal-hal yang privat. Facebook justru lebih banyak dipakai untuk sharing informasi penting, atau mengomentari postingan yang di-share orang lain. Selain itu fitur Facebook Messenger juga jadi aplikasi yang paling sering dipakai di Korea.


Itulah tadi beberapa aplikasi media sosial yang sering digunakan oleh warga Korea Selatan. Dari semua media sosial tersebut manakah yang menjadi favoritmu? (GimTekno.com)

0 Komentar