17 Game Horror Terbaik di PC - GimTekno

17 Game Horror Terbaik di PC

Genre horror jadi salah satu favorit bagi kebanyakan orang, termasuk untuk urusan game. Suasana yang mencekam ditambah efek suara yang menyeramkan pastinya membuat bulu kuduk berdiri. Makanya game horor terbaik di PC jadi pilihan bagi mereka yang senang memacu adrenalin dan menguji keberanian mereka.

Di PC sendiri ada cukup banyak game horror dalam beragam bentuk permainan. Ada yang bisa dimainkan sendiri, multiplayer, bisa dimainkan secara online/offline, atau pilihan game gratis dan berbayar.

Nah, buat kamu yang sedang mencari game horror terseram untuk dimainkan di PC, berikut adalah beberapa rekomendasi terbaik yang bisa kamu coba!

Game Horror PC Paling Seram

1. Inunaki Tunnel

Buat kamu yang menyukai horror ala Jepang, Chilla's Art memiliki beberapa game horor yang terinspirasi dari kisah dan lokasi seram yang beneran ada di negeri Sakura tersebut. Salah satu game horor terseram yang mereka buat adalah Inunaki Tunnel (Terowongan Inunaki) yang sungguhan ada di kota Miyakawa, Fukuoka.

Inunaki Tunnel, game horror ala Jepang


Setelah banyaknya kasus kematian, terowongan tersebut menjadi lokasi yang terkenal paling angker di Kyushu. Berbagai cerita menyeramkan pun muncul dari lokasi tersebut. Tugas kamu di game ini nantinya adalah menyelidiki terowongan tersebut sambil memecahkan misteri di balik cerita di game ini.

Satu hal yang semakin membuat game ini menyeramkan adalah penggunaan grafis menggunakan foto-foto sungguhan dari lokasi tersebut. Tampilan layar pun dibuat seolah-olah kamu sedang melihatnya dari kamera VHS jadul yang kamu bawa. Hal ini membuat game terasa nyata dan benar-benar bisa membuat bulu kuduk siapa saja berdiri.

2. Fatal Frame

Game horor lain yang juga berasal dari Jepang adalah seri Fatal Frame. Game yang juga sering disebut sebagai Project Zero ini sendiri memulai debut mereka di konsol PS2 sebelum dirilis untuk PC beberapa tahun belakangan ini.

Fatal Frame


Salah satu ciri khas dari game ini adalah penggunaan Camera Obscura, sebuah kamera khusus yang dapat mengambil foto hantu dan makhluk supranatural. Untuk melawan makhluk menyeramkan di game ini, pemain harus mengambil gambar mereka dengan tepat pada momen yang paling efektif. Kamu pun bisa melihat masa lalu dari hantu yang berhasil kamu foto untuk membantu kamu memberi petunjuk atau mengikuti cerita dalam game ini.

Jika kamu ingin mencobanya, Fatal Frame hadir di PC melalui judul Maiden of Black Water dan Mask of the Lunar Eclipse yang sama-sama merupakan remake dari game yang sama di Wii. Kamu pun bisa merasakan tegangnya melawan hantu dan mencoba menjepretnya hanya dengan modal kamera saja.

3. Dread Out 2

Jika kamu familiar dengan game Fatal Frame atau game horror lain yang banyak mengekspolitasi bayangan, maka Dread Out adalah salah satu game horor terbaik di PC yang harus kamu coba.


Game Dread Out 2 sendiri merupakan sekuel dari game berjudul sama dan sudah mendapatkan respon yang sangat positif sejauh ini. Tidak hanya seru, game horror PC buatan Indonesia ini juga sangat menakutkan dan pastinya bisa bikin jantung kamu berdegup kencang.

Pada game ini kamu berperan sebagai gadis SMA bernama Linda. Tugas kamu adalah mengunjungi tempat-tempat seram di pelosok nusantara. Di game ini kamu bisa mengenal berbagai hantu dan lokasi seram yang kental dengan aroma lokal. Saat bermain, waspada terhadap ular betina bernama Blorong yang mengincarmu!

4. Pamali

Game horror PC buatan Indonesia lain yang juga mendapatkan banyak respon positif di Steam adalah Pamali. Game yang dikembangkan oleh Story Tale Studios ini menghadirkan angkernya hantu lokal yang ternyata tidak kalah seram dibanding hantu luar negeri.


Game ini sendiri memiliki banyak cerita menarik yang bisa dimainkan, mulai dari The Hungry Witch, The Little Devil, The Tied Corpse. Pada masing-masing cerita, kamu akan diajak untuk mengunjungi tempat berhantu dan berinteraksi dengan objek-objek misterius.

5. Amnesia: The Dark Descent

Game ini sebenarnya sudah dirilis lebih dari satu dekade silam, namun Amnesia: The Dark Descent memiliki banyak review yang sangat positif dan menjadi game horror PC terbaik hingga saat ini. Dan untuk kamu yang sedang mencari game pc ringan bergenre horror yang bisa dimainkan dengan spek rendah, maka game ini bisa jadi salah satu pilihan.


Dilengkapi dengan grafik terbaik di masanya, game ini menawarkan suasana mencekam yang meneror kamu di setiap sidutnya. Selain itu game ini juga memiliki backsound yang bisa membuat bulu kuduk berdiri serta beragam puzzle yang bisa membuat kamu terus penasaran dengan cerita di dalamnya.

6. SOMA

Selain Amnesia, Frictional Games selaku pengembang game tersebut juga memiliki masterpiece lain berjudul SOMA. Sama seperti Amnesia, game ini patut disebut sebagai salah satu game horror terbaik di PC.

SOMA

Salah satu keunikan SOMA ada pada ceritanya yang banyak menggali konsep identitas kita sebagai manusia. Melalui dialog dan catatan yang kamu temukan, pemain dihadapkan pada pertanyaan sulit tentang apa artinya menjadi manusia dan sejauh mana kita harus pergi untuk mempertahankan eksistensi kita.

Amfosfer dan latar belakang game ini juga jadi salah satu poin plus SOMA. Lingkungan bawah laut yang gelap dan sunyi menciptakan rasa terisolasi dan kebingungan. Desain ruangan dan pencahayaan pun diatur untuk menambah nuansa horor yang membuat siapa saja merasa tegang, apalagi dengan adanya kehadiran makhluk-makhluk misterius yang mengintai di kegelapan.

7. Dead Space

Jika kamu menyukai SOMA, kemungkinan besar kamu juga akan menyukai Dead Space. Bedanya, kali ini kamu akan terdampar di kapal luar angkasa bernama USG Ishimura yang sudah dijangkiti wabah alien mengerikan.

Dead Space merupakan game horror survival dengan latar belakang alien dan luar angkasa

Keberhasilan Dead Space sebagai game horor terletak pada beberapa faktor kunci. Pertama, desain atmosfer dengan latar belakang luar angkasa yang sunyi dan kapal yang gelap menciptakan suasana yang mencekam. Adanya suara-suara yang menggema di ruang angkasa pun ikut memberikan nuansa yang membuat kita selalu waspada.

Pengembangan karakter yang cermat dan detail menciptakan koneksi emosional dengan pemain di mana karakter kamu, Isaac Clarke, diceritakan sebagai orang biasa.

Gameplay Dead Space juga menjadi keunggulan utama. Desain senjata yang unik, fokus pada pemecahan teka-teki, dan elemen survival yang menciptakan keterbatasan sumber daya membuat permainan menjadi lebih menantang. Musuh yang kreatif dan menakutkan, dikenal sebagai Necromorphs, pun mengharuskan pemain untuk berpikir cepat dan bertindak strategis di tengah ketakutan.

8. Resident Evil 7 Biohazard

Resident Evil jadi salah satu nama besar saat kita membicarakan masalah game horror terbaik untuk PC, bahkan untuk banyak konsol di pasaran. Nama game buatan Capcom ini memang sudah melekat luas di kalangan pecandu adrenalin yang senang berpetualang dan memecahkan teka-teki sambil melawan zombie yang berkeliaran.


Resident Evil 7 Biohazard sendiri merupakan kelanjutan dari kesuksesan Resident Evil 6 sebelumnya. Mengambil waktu dan tempat di daerah pedesaan di Amerika, kamu tetap akan disuguhkan petualangan yang seru dan menarik dengan suasana tegang khas Resident Evil.

Meski gameplaynya terbilang mirip dengan versi sebelumnya, ada beberapa tambahan fitur menarik yang pastinya bisa bikin petualangan kamu makin seru dan meningkatkan level horror game ini ke step berikutnya.

9. Resident Evil 2 Remake

Resident Evil 2 jadi salah satu game bergenre horror yang menancapkan nama Resident Evil sebagai salah satu game paling seram di jamannya. Untungnya kamu tidak memerlukan konsol lawas untuk bisa memainkan game klasik ini karena Capcom merilis versi remake-nya yang bisa dimainkan di PC atau laptop kamu.


Tidak sekedar memperbaiki kualitas grafisnya, game remake ini dibuat total dari awal untuk menyediakan pengalaman baru serta cerita yang lebih mendalam. Kontrol serta pergerakan kamera yang baru juga bisa membuat game ini fresh meski gameplaynya tidak jauh berbeda dengan versi aslinya.

Menariknya, di sini kamu bisa berperan sebgai Leon dan Claire yang masing-masing memiliki alur ceritanya sendiri. Dengan begitu kamu bisa menyelami kisah di kota yang terinfeksi zombie tersebut dari dua sudut pandang yang berbeda. Tidak hanya itu, game ini juga menyediakan seragam custom yang bisa kamu gunakan pada dua tokoh utama yang kamu gunakan.

10. Man of Medan

The Dark Pictures Anthology: Man of Medan terdengar seperti game horror PC buatan Indonesia bukan? Padahal game ini dipublikasikan oleh Bandai Namco lho!


Namun jangan heran bila mendengar kata 'Medan' karena nama tersebut diambil dari kapal SS Ourang Medan, kapal dari zaman belanda yang terkenal angker dan menjadi latar belakang di game ini.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah gameplay-nya. Di sini kamu akan mengontrol salah satu karakter yang terperangkap pada sebuah kapal hantu. Nantinya kamu diharuskan untuk membuat keputusan berdasarkan logika atau kata hati yang pastinya akan mempengaruhi jalan cerita di game ini.

Tidak hanya itu, game ini memiliki mode "Shared Story" di mana kamu bisa bermain berdua bersama teman kamu secara online, atau "Movie Nights" di mana kamu bisa bermain multiplayer bersama lima orang teman dan bermain secara bergantian.

11. Outlast 2

Game horor terbaik PC selanjutnya datang dari Red Barrels melalui seri Outlast. Meneruskan pendahulunya, Outlast 2 juga sama-sama menghadirkan kisah horor dengan atmosfer yang menyeramkan dan alur cerita yang penuh misteri.

Outlast 2

Di sekuelnya ini, kita akan dibawa ke tengah hutan Arizona, di mana wartawan investigatif, Blake Langermann, mencari tahu kebenaran di balik hilangnya seorang wanita. Di baliknya, ternyata ada konspirasi mengejutkan yang penuh dengan elemen keagamaan yang gelap dan ketakutan psikologis.

Keberhasilan Outlast 2 sebagai game horor terletak pada desain atmosfernya yang luar biasa. Lingkungan yang sepi, dengan suara-suara aneh yang menggema di kejauhan, dan pencahayaan yang temaram berhasil membuat situasi yang mencengkram tanpa perlu mengandalkan jumpscare.

Gameplaynya yang immersive juga turut mengukuhkan posisi Outlast 2 sebagai salah satu game horor terbaik. Pemain diberikan kamera dengan fitur night vision, yang menambah elemen ketakutan dengan visibilitas terbatas. Kamu pun harus bisa mengalahkan musuh yang menantang sembari menaklukan rasa takutmu!

12. The Evil Within 2

The Evil Within 2 dikembangkan oleh Tango Gameworks dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks. Dalam pembuatan game ini, mereka meminta bantuan dari Shinji Mikami, yang menyutradarai serial original Resident Evil. Jadi, The Evil Within 2 mampu memberikan esensi serupa melalui game survival dan gaya horornya yang khas.


The Evil Within 2 adalah game survival horor dengan konsep orang ketiga, dengan mode opsional orang pertama. Dalam game ini, kamu akan diperlihatkan detail kehidupan seorang mantan detektif polisi. Meski kehilangan segalanya, ia rela masuk ke dunia STEM yang penuh dengan monster dan hal menakutkan lainnya demi menyelamatkan putrinya.

Kamu sebagai pemain dapat menggunakan tiga mode kesulitan, menggunakan senjata unik, menyembunyikan diri, menyergap musuh, membuat item, meningkatkan atribut, dan sebagainya menggunakan sistem leveling seperti di game RPG.

13. Alien: Isolation

Penggemar fans Alien mungkin tidak asing dengan suasana horror yang diciptakan oleh lingkungan asing yang penuh dengan makhluk mematikan berwujud Xenomorph. Di antara banyak game Alien, Aline: Isolation jadi salah satu yang terbaik dan cocok untuk penggemar game thriller dan horor.

Alien: Isolation jadi game horror terbaik dari dunia Aliens


Poin terkuat dari Alien: Isolation adalah desain musuhnya yang tak terduga dan mampu menciptakan kepanikan bagi para pemain. Pemain pun harus memanfaatkan sejumlah keterampilan dan sumber daya dengan cerdik untuk bertahan hidup, menambahkan elemen survival yang mendalam ke dalam gameplay game ini.

Cerita yang terasa otentik dan imersif membawa pemain dalam perjalanan putus asa untuk bertahan hidup di tengah ruang angkasa yang sunyi dan menakutkan. Intrik, ketegangan, dan elemen misteri yang menggugah imajinasi, menjadikan Alien: Isolation sebagai salah satu game alien terbaik sepanjang masa.

14. The Mortuary Assistant

Dikelilingi oleh banyak tubuh yang tidak lagi bernyawa bukanlah hal yang bisa membuat seseorang merasa nyaman. Namun jika kamu adalah sesseorang yang bertugas di kamar mayat, apa yang bisa kamu lakukan?

The Mortuary Assistant

Sesuai judul game ini, di sini kamu akan berperan sebagai asisten penata jenazah (mortician) yang tiba-tiba saja mendapat panggilan tugas di malam hari. Pekerjaan yang sebelumnya tampak biasa saja seketika berubah drastis dengan kemunculan setan yang mampu merasuki semua tubuh yang ada di dalam ruangan tersebut.

Jadi tidak hanya merias jenazah, kamu pun harus bisa melawan setan yang berusaha mengganggu pekerjaanmu. Setiap musuh pun memiliki cara pengusiran yang berbeda sehingga kamu harus selalu waspada agar tidak ikut kerasukan.

15. Cry of Fear

Cry of Fear merupakan karya developer indie, Team Psykskallar, yang menyajikan game horor berbalut atmosfer yang suram dan cerita psikologis yang gelap. Di sini, kamu akan berperan sebagai Simon yang harus menavigasi lingkungan yang penuh dengan kegelapan, serta memerangi monster-monster mengerikan yang mewakili ketakutan dalam dirinya sendiri.

Cry of Fear

Salah satu kekuatan utama Cry of Fear terletak pada atmosfer yang diciptakannya. Suasana kota yang hancur dan kusam, dipadukan dengan desain suara yang menakutkan, membuat pemain benar-benar terjerat dalam ketidakpastian dan kecemasan. Meski sudah dirilis hampir satu dekade lalu, tampilan visualnya pun masih mampu memberikan kamu nuansa mencekam.

Gameplay yang berfokus pada survival horror juga memberikan tantangan yang cukup berat. Pemain harus berurusan dengan sumber daya terbatas, memecahkan teka-teki, dan menghadapi musuh yang menyeramkan. Namun di balik itu semua, tema psikologi yang menusuk jiwa-lah yang membuat game horor ini begitu menyeramkan.

16. Visage

Visage adalah game karya SadSquare Studio yang berkisah seputar rumah besar yang sarat dengan misteri dan kejadian supernatural. Di game ini kamu akan mengendalikan karakter yang harus menjelajahi rumah ini untuk mengungkap kebenaran di balik kejadian-kejadian yang mencekam.

Visage

Cerita Visage memainkan kekuatan psikologisnya dengan cerdas, menyajikan sejumlah kisah yang berkaitan dengan masa lalu karakter utama dan para penghuni rumah tersebut. Penyajian naratifnya yang terjalin secara kompleks menciptakan ketidakpastian namun menyisakan rasa penasaran bagi pemain untk mengetahui semua detailnya.

Hal ini pun diperkuat dengan elemen visual Visage yang memukau dengan pencahayaan yang dramatis, dan suara-suara yang memberikan nuansa mencekam. Jadi tanpa menggunakan jump scare pun, game ini tetap menyeramkan dan jadi salah satu game horor terbaik pc yang jadi rekomendasi.

17. Five Night at Freddy's 4

Five Nights at Freddy's jadi salah satu game horor yang cukup ngetop di Youtube. Dengan karakter ikonik seperti Freddy Fazbear, Chica, Bonnie, dan Foxy, pemain akan diajak menyusuri dunia penuh teror animatronik yang mengerikan sekaligus menegangkan.

Five Night at Freddy's 4

Salah satu judul yang cukup menyeramkan adalah Five Nights at Freddy's 4. Di game ini, kamu akan dibawa ke dalam dunia mimpi buruk seorang anak, di mana animatronik mencoba untuk merayap masuk dan menyelimutinya dalam gelap.

Keberhasilan Five Nights at Freddy's 4 sebagai game horror terbaik terletak pada atmosfernya yang intens dan mekanika permainan yang dinamis. Suara-suara yang mengintimidasi memberikan nuansa ketegangan saat kamu harus menyelesaikan teka-teki untuk menghalau para animatronik.

Mekanika permainan yang cerdas, dengan fokus pada mendengarkan dan merespons suara, membuat siapa saja bisa merasa panik. Kamu pun harus mengandalkan pendengaran dan reaksi cepat untuk tetap hidup. Jika sampai gagal, siap-siap saja diterkam oleh animatronik bergigi tajam yang bisa membuat kamu kaget setengah mati.


Rekomendasi game horor terbaik PC di atas dijamin bisa bikin jantung berdegup kencang, baik buat kamu yang senang jumpscare, makhluk seram, atau suasana yang mencekam. Dari Pamali yang penuh hantu lokal hingga Dead Space dan suasananya yang mencekam, pasti ada game horror yang berhasil bikin bulu kuduk kamu berdiri. (GimTekno.com)

0 Komentar