17 Game Tower Defense Terbaik di Android - GimTekno

17 Game Tower Defense Terbaik di Android

Tower Defense menjadi salah satu genre game yang cukup menarik di Android dan iPhone. Kamu pun bisa menemukan banyak game tower defense terbaik di Play Store dan App Store, baik untuk dimainkan secara offline maupun online.

Di game ini, kamu hanya perlu mempertahankan markas dari gelombang serbuan musuh dengan menempatkan menara, tentara, atau hero di lokasi yang tersedia. Masing-masing menara pun memiliki kemampuan khusus, dan bahkan bisa diupgrade untuk meningkatkan daya serangnya.

Tidak cuma penuh aksi seru, game semacam ini juga butuh strategi yang jitu agar kamu bisa memenangkan permainan. Nah, buat kamu yang sedang mencari game tower defense terbaik di Android atau bahkan iPhone dan iPad, simak dulu yuk daftarnya di sini.

Game Tower Defense Terbaik

1. Kingdom Rush

Kingdom Rush (Play Store) | Kingdom Rush (App Store)

Kingdom Rush

Kingdom Rush jadi game tower defense terbaik pertama yang patut kamu coba. Sebelum populer di Android dan iPhone, game ini sudah lebih dulu ngetop di PC dan bisa dimainkan secara online lho!

Pada game ini, kamu harus menjaga istana dari lebih dari 45 musuh yang berbeda, termasuk penyihir jahat, orc, troll, dan naga. Untuk melakukannya, kamu bisa memilih untuk meletakan beragam menara dan mantra yang bisa dikendalikan dengan mudah.

Buat strategi untuk menyerang penyusup dan bertempur di hutan, pegunungan, dan medan tempur lainnya. Rekrut prajurit dan perintahkan pasukan kamu untuk melawan kekuatan jahat. Dengan grafik yang menyenangkan dan beberapa mode tambahan, Kingdom Rush adalah game tower defense terbaik, baik untuk pemula atau untuk kamu yang sudah sering memainkannya.

2. Clash of Clans

Clash of Clans (Play Store) | Clash of Clans (App Store)

Clash of Clans

Clash of Clans adalah game perang klan paling epik yang melibatkan beragam aktivitas, mulai dari membangun klan, mengembangkan desa, hingga mempertahankan wilayah kamu dari serangan lawan seperti Orang Barbar dan Penyihir.

Tidak hanya bisa dimainkan offline sendirian, di game ini kamu juga bisa duel dengan atau melawan teman dan pemain lain dari seluruh dunia. Kamu bahkan bisa beradu skill dengan pemain lain, atau menguji kemampuan kamu dalam Legend League yang lebih kompetitif.

Agar bisa sukses, pastikan kamu merencanakan strategi pertempuran unik untuk mempertahankan desa kamu yang berharga dengan Tower, meriam, bom, jebakan, dan tembok pertahanan yang tebal. Kamu pun bisa menyerang desa lawan untuk menjarah loot yang bisa dipakai untuk mengembangkan desa kamu sendiri.

3. Clash Royale

Clash Royale (Play Store) | Clash Royale (App Store)

Clash Royale

Game tower defense terbaik berikutnya adalah Clash Royale yang juga sama-sama dibuat oleh Supercell, pengembang dari game Clash of Clans. 

Pemain nantinya memiliki menara raja dan dua unit di sampingnya, yang harus dipertahankan sambil menyerang menara lawan. Game ini butuh pemikiran strategis, karena pemain harus mengelola ramuan, menyebarkan kartu pada waktu yang tepat, dan menyesuaikan strategi berdasarkan gerakan lawan.

Satu hal menarik dari game ini adalah sistem kartu di mana kamu bisa mengumpulkan dan meningkatkan kartu, yang masing-masing punya kemampuan dan kekuatan unik. Membangun dek yang seimbang sangat penting untuk bisa sukses di game ini.

4. Plants vs Zombies 2

Plants vs Zombies 2 (Play Store) | Plants vs Zombies 2 (App Store)

Plants vs Zombies 2

Plants vs Zombies 2 bisa kita sebut sebagai game zombie terbaik di Android bila kita bicara permainan dengan karakter seram tersebut. Meneruskan kesuksesan game sebelumnya, Plants vs Zombies 2 hadir di Android dan iOS dengan lebih banyak senjata, karakter, yang membuatnya jadi game strategi lucu penuh aksi keren yang sangat asik untuk dimainkan.

Di game ini kamu hanya perlu mengumpulkan pasukan tanaman ajaib dan menyusun rencana untuk melindungi rumah dari serbuan zombie. Nantinya kamu juga bisa memperkuat tanaman dengan mendapatkan paket benih di sepanjang permainan.

Ada lebih dari 300 level dan 11 dunia yang epik untuk dijelajahi, dari Mesir Kuno hingga Masa Depan yang futuristik. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menguji keterampilan kamu dengan bersaing dengan pemain lain untuk mencapai skor tinggi.

5. Castle Creeps

Castle Creeps (Play Store) | Castle Creeps (App Store)

Castle Creeps

Pada game Castle Creeps, kamu harus bisa menjaga kota dari serbuan panglima perang, goblin, dan ogre. Makanya, kamu harus memperkuat pertahanan dan mencoba berbagai strategi untuk muncul sebagai pemenang.

Di game tower defense ini, kamu akan menghadapi pertempuran yang tak terhitung jumlahnya sembari membangun, meningkatkan, dan memperbaiki menara kamu. Kamu pun bisa merekrut hero terbaik untuk membantu kamu melindungi kerajaan, dan membantunya level-up untuk meningkatkan kekuatannya.

Dengan musuh yang terus berdatangan, kamu harus bisa mengubah teknik untuk menginspirasi dan memerintah semua pasukan yang tersedia secara real-time. Pastikan semua tower dan hero kamu siap untuk melawan Warlord yang datang dengan kekuatan terbaiknya.

6. Realm Defense

Realm Defense (Play Store) | Realm Defense (App Store)

Realm Defense

Realm Defense adalah game tower defense terbaik yang akan menantang kamu di lebih dari 300 level permainan yang berbeda. Masing-masing pun dilakukan di tempat yang berbeda, lengkap dengan tower unik mereka sendiri.

Bangunlah kekuatan kamu dengan menggunakan pemanah, item, barak, menara sihir, dan meriam untuk menangkal serangan lawan. Jangan lupakan juga hero-hero epik dengan kekuatannya yang dahsyat, mulai dari Fee the Archer, Lancelot the Knight, hingga Smoulder the Mighty Dragon.

Pastikan juga kamu tidak melewatkan tantangan harian yang bisa memberikan kamu kekuatan untuk meningkatkan kemampuan hero kamu, serta event global berhadiah skin untuk membuat hero kamu tampil unik.

7. Steampunk Tower Defense

Steampunk Tower Defense (Play Store) | Steampunk Tower Defense (App Store)

Steampunk Tower Defense

Sekilas, tampilan game ini hampir mirip dengan Kingdom Rush. Bedanya, game ini memiliki tema steampunk, lengkap dengan unit, tower, serta hero yang bisa kamu kendalikan.

Steampunk Defense sendiri bercerita mengenai konflik yang muncul antara kamu dan penjajah jahat. Tujuan kamu sekarang adalah melawan mereka untuk melindungi kebebasan kamu. Bangun tim penembak jitu, penembak, roket, menara es, dan pertahanan untuk menghalau gelombang serangan lawan.

Pada game ini ada tiga pulau untuk dijelajahi dengan 24 level berbeda serta enam senjata unik. Rancang strategi untuk memerintahkan pasukan besi steampunk kamu menuju kemenangan. Karakter, alur cerita, dan grafiknya yang keren dijamin akan membuat kamu betah memainkan game tower defense offline ini berlama-lama.

8. Steampunk Tower 2

Steampunk Tower 2 (Play Store)Steampunk Tower 2 (App Store)

Steampunk Tower 2 Defense

Meski punya nama yang sama, Steampunk Tower 2 bukanlah sekuel dari game sebelumnya. Keduanya bahkan dibuat oleh pengembang yang berbeda, satu-satunya kesamaan hanya pada nama dan tema steampunk-nya saja.

Melanjutkan kisah Steampunk Tower pertama, Lord Bingham lagi-lagi butuh bantuan kamu untuk berperang, kali ini melawan musuh baru yang hdir dengan armor ekstra dan bos yang semakin tangguh.

Beda dengan game tower defense terbaik lain di daftar ini, senjata yang kamu gunakan akan diletakan pada satu tower saja. Game ini pun mengkombinasikan aspek town building yang memungkinkan kamu membuat kota steampunk, lengkap dengan sistem transportasi serta lab untuk meningkatkan kekuatan senjatamu.

9. Bloons Tower Defense 6

Bloons TD 6 (Play Store) | Bloons TD 6 (App Store)

Bloons Tower Defense 6

Ada banyak alasan kenapa Bloons TD jadi salah satu game tower defense paling populer di Android dan iOS. Melalui seri terbarunya, Bloons TD 6, kita akan kembali diajak untuk menyusun Monkey Tower dan meminta bantuan para Hero untuk mengalahkan invasi Bloon.

Pada update terbarunya, Bloons menyediakan lebih dari 60 maps yang bisa kamu coba taklukan dengan 23 jenis Monkey Towers dan 14 Hero berbeda. Masing-masing menara dan Hero pun memiliki kekuatan unik yang bisa kamu atur sesuai musuh yang menyerangmu.

Kamu yang senang main sendirian bisa memainkan game ini secara offline. Game ini pun menyediakan quest yang bisa membantu kamu familiar dengan cerita dan mekanisme permainan game ini. Namun buat kamu yang senang main beramai-ramai, Bloons RD 6 juga menyediakan mode multiplayer hingga 4 pemain. Kamu pun bisa membentuk tim untuk bertanding melawan tim lainnya untuk jadi yang terbaik di Leaderboard.

10. Defense Legend 4

Defense Legend 4 (Play Store)Defense Legend 4 (App Store)

Defense Legend 4

Selain Bloons, Defense Legend juga jadi salah satu seri game tower defense terbaik yang kini sudah memasuki versi keempatnya. Mengambil tema Sci-Fi, game ini berkisah mengenai peperangan manusia dan kegelapan yang menyerang dari segala arah.

Berbekal senjata modern, kamu harus bisa menghalau serangan dari darat, udara, dan mengantisipasi pergerakan di bawah tanah. Selain itu kamu juga harus terus memeriksa keadaan serta memperbaiki tower yang dapat dirusak oleh musuh.

Defense Legend 4 ini mendapat banyak pujian, terutama dari sisi tampilan visual yang terbilang keren. Gameplay-nya pun sangat memuaskan tanpa adanya kewajiban untuk membayar sepeser pun untuk bisa menikmati pengalaman seru yang ditawarkan game ini.

11. Cube Defender

Cube Defender (Play Store) | Cube Defender (App Store)

Cube Defender: Casual Tower Defense

Cube Defender memilki segalanya untuk jadi salah satu game tower defense terbaik di Android. Mulai dari gaya bermain dan kontrol yang mudah, variasi unit yang beragam, level yang terus diupdate, hingga karakter lucu berbentuk kubus yang menarik.

Beda dari game sejenisnya, Cube Defender menggunakan map berbentuk grid. Kamu pun bisa meletakan menara kamu di manapun untuk memaksimalkan keuntunganmu. Setiap menara pun dapat digabungkan dan diupgrade secara real-time untuk mengalahkan musuh lebih cepat.

Jika kamu bosan melawan AI, Cube Defender juga memiliki mode PvP berhadiah trofi dan reward menarik. Kamu pun bisa membuat atau bergabung dengan klan untuk mendapatkan mode permainan dan fasilitas ekslusif dari Cube Defender.

12. Summoner's Greed: Idle Hero RPG

Summoner's Greed (Play Store)Summoner's Greed (App Store)

Summoner's Greed: Idle Hero RPG

Summoner's Greed adalah game tower defense di mana kamu berperan sebagai penyihir yang harus mempertahankan harta yang sudah kamu curi dari sang raja. Namun dengan kemampuanmu, kamu bisa memanggil bantuan para monster dan menggunakan mantra sihir untuk mengalahkan lawan.

Jumlah monster yang bisa kamu summon pun sangat beragam. Masing-masing memiliki kekuatan yang dapat membantu pertahanan maupun penyerangan. Setiap monster pun memiliki kemampuan pasif yang pastinya bisa membantu kamu mempertahankan harga karun yang sudah kamu curi.

Selain punya gameplay yang solid, game ini pun bisa dimainkan secara offline dan punya grafik yang sangat bagus. Kamu pun bisa mengoleksi berbagai monster keren dengan berbagai tingkatan, mulai dari yang common, rare, epic, hingga legendary.

13. Korilakkuma Tower Defense

Korilakkuma Tower Defense (Play Store)Korilakkuma Tower Defense (App Store)

Korilakkuma Tower Defense

Korilakkuma adalah karakter lucu buatan San-X yang banyak muncul di berbagai media, termasuk video game. Karakter ini bahkan tampil dalam berbagai aplikasi Android, mulai dari game simulasi pertanian, game puzzle, game clicker, dan masih banyak lagi.

Korilakkuma Tower Defense pun jadi game tower defense unik yang menggabungkan serunya mengatur strategi tower dengan kelucuan karakter Korilakkuma dan kawan-kawan dalam menghalau serangan tentara Kiiroitori. Mekanismenya yang solid pun membuat game ini tak kalah seru dibanding game sejenisnya.

Dibandingkan game tower defense lainnya, Korilakkuma TD memiliki gameplay yang lebih santai. Grafiknya yang lucu dan berwarna-warni pun semakin membuat game ini cocok untuk kamu yang ingin mencari game yang lebih santai.

14. Mindustry

Mindustry (Play Store) | Mindustry (App Store)

Mindustry

Jika kamu butuh game tower defense yang berbeda, Mindustry adalah salah satunya. Di game ini kamu tidak hanya harus meletakan menara untuk menghalau musuh, tapi juga mengatur sistem industri untuk mengumpulkan resource yang dibutuhkan dalam membangun sistem pertahananmu.

Semakin jauh permainan kita, sistem industri ini akan semakin kompleks, lengkap dengan bor, conveyor belt, hingga pembangkit berskala kecil. Setelah menyelesaikan sebuah level, kita bisa menyimpan resource yang tidak lagi terpakai, yang nantinya bisa kita pakai untuk mengupgrade skill dan menara.

Dibandingkan game tower defense lainnya, Mindustry jelas jauh lebih kompleks. Game ini juga memiliki mode multiplayer dan fitur level editor untuk merancang permainan kamu sendiri. Enaknya lagi, game tower defense gratis ini juga berukuran kecil dan pas buat kamu yang sedang cari game ringan Android.

15. Broken Universe: Tower Defense

Broken Universe (Play Store) | Broken Universe (App Store)

Broken Universe: Tower Defense

Dirilis awal 2022, Broken Universe sekilas mirip dengan game tower defense pada umumnya. Meski begitu game ini juga memiliki beberapa elemen kejutan yang bisa memberikan kesan fresh bagi pecinta genre tersebut.

Pertama, kita bisa memilih lokasi untuk meletakan markas. Setelah itu kita bisa mengatur jaringan jalan (maze), entah dengan membuat labirin, membuat perangkap, menyudutkan lawan, atau membuat tembok pertahanan kokoh untuk markasmu.

Musuh yang ada pun didesain dengan sangat baik dan punya tampilan visual yang tak kalah menarik. Dengan beragam monster yang ada, kamu harus siap untuk menghadapi musuh yang bisa memberondong markas kamu, melakukan self-destruct, hingga bos yang memiliki pola khusus yang butuh strategi jitu untuk dikalahkan.

16. Maze Defender

Maze Defender (Play Store) | Maze Defender (App Store)

Maze Defender

Maze Defenders adalah game tower defense 3D yang bisa dimainkan secara offline. Sama seperti game tower defense lainnya, tugas kamu adalah mempertahankan menara, kali ini dari serbuan makhluk dari dunia fantasi seperti orc dan undead.

Mirip dengan Broken Universe, kamu bisa mengatur jaringan jalan (maze) untuk mempersulit langkah musuh-musuhmu. Jadi selain menggunakan senjata yang tepat, jalan ini juga jadi kunci sukses agar kamu bisa menang di game ini.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa memodifikasi tower sesuai dengan rune, talent, dan builder yang kamu punya. Dan jika kamu merasa jago, jangan lupa untuk mencoba Ranked Maps mereka untuk bertanding dengan pemain lain dan mendapatkan hadiah menarik.

17. Arknights

Arknights (Play Store) | Arknights (App Store)

Arknights

Arknights mengkombinasikan elemen tower defense dengan sistem pertarungan ala RPG yang membuatnya unik dan berbeda dari game lain di daftar ini. 

Berbeda dengan game tower defense terbaik lainnya, setiap tower di game ini direpresentasikan sebagai hero. Hero ini bisa didapat secara default sesuai campaign yang kamu lakukan, atau melalui fitur gacha unlocking system.

Masing-masing hero ini memiliki stat dan pola serangan yang bisa diupgrade. Kamu pun harus menguasainya agar bisa mengatur strategi yang tepat untuk mengalahkan musuh. Di luar itu, desain visual yang menawan jadi daya tarik terbesar lain dari game ini. Selain itu penggunaan voice acting berbahasa Jepang jadi poin plus bagi penggemar game gacha.


Itulah beberapa rekomendasi game tower defense terbaik yang bisa kamu mainkan di Android dan iOS.  Meski punya mekanisme permainan yang hampir mirip, masing-masing memiliki gaya serta tampilan unik mereka sendiri. Dengan gameplay yang seru, game tower defense pun jadi game yang seru untuk dimainkan berulang-ulang. (GimTekno.com)

0 Komentar