Postingan Populer

13 Game Mirip Stardew Valley di PC dan Android

Stardew Valley mendapatkan perhatian yang luar biasa sejak kemunculannya. Maka tidak heran bila penggemar game ini juga mencari alternatif game mirip Stardew Vallley, baik dari segi gameplay maupun kualitas grafis.

Game Stardew Valley sendiri muncul di tahun 2016 pada platform Windows. Di tahun yang sama, game ini juga mendapatkan penghargaan sebagai breakthrough game of the year dan terus mendapatkan respon positif hingga saat ini.

Bagi kamu yang belum pernah memainkannya, kamu mungkin akan ketinggalan salah satu game paling populer satu dekade terakhir ini. Dan buat kamu yang sudah memainkannya, berikut adalah beberapa game mirip Stardew Valley di PC dan Android yang harus kamu coba.

Game Mirip Stardew Valley

1. Harvest Moon

Bicara game mirip Stardew Valley rasanya lebih afdol bila kita menyebut nama Harvest Moon terlebih dahulu. Lagipula Eric Barone selaku pembuat Stardew Valley memang terinspirasi dari game ini.

Harest Moon One World Mirip Stardew Valley

Game Harvest Moon sendiri sampai saat ini jadi salah satu game simulasi farming paling populer. Muncul pertama kali di SNES pada tahun 1996, game Harvest Moon kini bisa dinikmati di Windows, Android, dan berbagai konsol lainnya.

Jalan cerita serta gameplay Stardew Valley dan Harvest Moon sendiri tidak jauh berbeda. Di kedua game tersebut kamu akan mendapatkan warisan sebuah lahan pertanian. Kamu pun mendapatkan tugas untuk membersihkan lahan, menanam, menjual hasil panen, mengurus ternak, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma itu saja, kamu pun bisa menjalin hubungan dengan orang-orang sekitar serta mengikuti berbagai festival yang diadakan sepanjang tahun.

Jika kamu menyukai Stardew Valley, kemungkinan besar kamu akan menyukai Harvest Moon. Meski seri originalnya di konsol lawas hanya bisa dinikmati lewat emulator, Harvest Moon versi terbaru seperti One World atau Light of Hope sudah bisa dimainkan secara native di PC Windows dan Android.

2. Garden Story

Garden Story adalah game dengan kisah menarik di mana kamu berperan sebagai sosok yang mirip buah berry. Setelah ditunjuk sebagai Guardian of the Grove, kamu harus bisa menyatukan komunitas yang terpecah belah dan melawan Rot yang mengancam wilayah kamu.

Garden Story

Di game ini sendiri terdapat banyak elemen yang membuatnya mirip dengan Stardew Valley seperti farming, memancing, atau mengumpulkan bahan makanan. Namun selain itu kamu juga bisa melawan musuh dan mempertahankan kota kamu dari ancaman.

Tiak cuma itu, kamu pun akan mendapatkan tugas baru setiap harinya. Jika kamu berhasil menyelesaikan berbagai misi, kamu bisa membuka memori yang memungkinkan kamu untuk menggunakan kekuatan dari leluhur kamu.

3. Doraemon Story of Seasons

Story of Seasons merupakan nama lain dari Harvest Moon khusus untuk pasar Amerika Utara. Seri game ini sendiri meneruskan kejayaan Harvest Moon dalam banyak game, termasuk spin-off yang dibuat berkolaborasi dengan franshise populer, Doraemon.

Doraemon Story of Seasons

Sama seperti game Stardew Valley dan Harvest Moon, elemen farming menjadi gameplay utama di game ini. Di game ini kamu bisa bercocok tanam, beternak, memancing, mendekorasi rumah, serta mengoleksi serangga.

Bedanya dengan game lain di daftar ini adalah adanya karakter-karakter dari dunia Doraemon. Kamu bahkan bisa berpetualang bersama dan membuka gadget keren yang dimiliki Doraemon untuk membantu kamu.

Hal lain yang cukup berbeda dari seri Harvest Moon lainnya adalah elemen romansanya. Di sini karakter kamu tidak bisa menikah dengan karakter lain. Game ini justru lebih fokus pada hubungan antara Nobita dengan teman-teman serta hewan-hewan di sekelilingnya.

4. Story of Seasons: Pioneers of Olive Town

Game dari Story of Seasons lain yang mirip dengan Stardew Valley dan harus kamu coba adalah Pioneers of Olive Town. Ceritanya sendiri tidak jauh berbeda dari seri SoS lainya di mana kamu bertugas untuk mengurus lahan milik kakek kamu dan mengembangkannya.

Story of Seasons: Pioneers of Olive Town

Di dalam game ini, kamu bisa menanam tanaman pangan, mengurus hewan ternak, serta membangun lahan pertanian kamu sedikit demi sedikit. Tidak cuma itu, kamu pun bisa membantu mengembangkan Olive Town dengan menyediakan mereka dengan segala macam tools yang mereka butuhkan.

Secara keseluruhan, game yang dikenal di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari ini mirip dengan game Harvest Moon klasik, di mana kamu bahkan bisa menikah dengan gadis impianmu. Tentunya dengan beragam tambahan fitur seperti sprites atau tempat-tempat misterius seperti sky island dan perut gunung berapi.

5. Littlewood

Dengan tampilan pixel dan gameplay yang sedikit mirip, tidak sulit untuk melihat LittleWood sebagai game yang serupa dengan Stardew Valley.

Littlewood

Game ini sendiri berkisah ketika tokoh utama kita berhasil mengalahkan penyihir gelap. Setelah itu yang tersisa adalah membangun kota kembali, mempelajari hobi baru, atau membangun hubungan spesial dengan berbagai karakter di game ini.

Meski tidak ada unsur farming, kamu tetap bisa melakukan banyak hal mulai dari menjelajahi dunia Solemn yang luas, mengumpulkan material untuk crafting atau dijual kembali, membuat bangunan baru, atau memenuhi permintaan warga.

Selain itu jangan lupa untuk menemui orang-orang di sekeliling kamu dan minta mereka untuk tinggal di kotamu. Siapa tahu mereka bisa membuka memori kamu mengenai kisah yang terjadi di masa lalu.

6. My Time at Portia

Jika kamu mencari game alternatif Stardew Valley yang memiliki gameplay yang serupa namun dengan tampilan 3D, My Time at Portia bakalan jadi game yang cocok untukmu. Tidak cuma itu, game ini juga memiliki sedikit unsur roleplaying yang membuatnya sedikit berbeda dari Stardew Valley.

My Time at Portia

Di game ini, kamu berperan sebagai toko yang berusaha untuk menghidupkan kembali peternakan miilik ayahnya di kota Portia. Tidak cuma bercocok tanam saja, kamu pun bisa bermain-main di workshop dan membuat berbagai macam barang yang diminta oleh penduduk sekitar.

Tapi jangan terpaku grinding untuk mendapatkan banyak uang saja, karena di sini ada beragam hal menarik untuk dilakukan seperti mengiktui festival, bermain mini-games, atau sekedar berpetualang bersama teman-teman baru kamu di Portia.

7. Graveyard Keeper

Mendengar namanya, game ini lebih mirip game horror yah? tapi tenang, game simulasi mirip Stardew Valley ini tidak seseram itu kok!

Graveyard Keeper

Jika kamu menyukai Stardew Valley, kemungkinan besar kamu akan cocok dengan game yang satu ini. Tidak cuma grafiknya saja yang mirip, gameplaynya pun tidak jauh berbeda.

Sesuai dengan judulnya, di game ini kita berperan sebagai penjaga tempat pemakaman umum. Bukan hanya bertani saja, di game ini kita juga bertugas untuk mengautopsi mayat, membersihkan makam atau menggali lubang makam baru. Selain itu kita juga bisa membuat item, memelihara lebah, atau menambang batu dan metal.

Graveyard Keeper sendiri mendapatkan resepsi yang sangat baik dari dunia gaming. Jika kamu belum mencobanya, game ini tersedia di banyak platform mulai dari PC, Android, iOS, Linux, Switch, dan Playstation 4.

8. Slime Rancher

Slime Rancher adalah game mirip Stardew Valley yang muncul dengan tampilan 3D yang lucu dan imut serta penuh dengan gaya unik. Bila hal ini kurang meyakinkan kamu, Slime Rancher pernah masuk nominasi Game Indie Terbaik, serta Game Simulasi Terbaik lho!

Slime Rancher

Di game ini kamu akan berperan sebagai Beatrix LeBeau, seorang peternak mudah yang memiliki tujuan untuk mendapatkan hidup baru, jauh di tempat yang kita kenal sekarang ini.

Alih-alih engurus hewan ternak, di Slime Rancher kamu akan bertemu dengan makhluk slime lucu dan hobi sekali memantul. Tugas kamu adalah memberi mereka makan dan menjual 'kotoran' mereka untuk mendapatkan uang.

Tapi tidak cuma itu, slime Rancher juga memiliki dunia menarik yang bisa kamu jelajahi, berbagai penemuan yang bisa kamu cari, atau beragam item yang bisa kamu coba buat. Yang pasti, selalu akan ada hal baru yang akan membuat kamu kembali lagi ke game seru ini.

9. Sun Haven

Jika kamu membayangkan game Stardew Valley yang memiliki latar belakang dunia dari abada pertengahan serta suntikan karakter dari dunia mistis, maka kamu akan mendapatkan Sun Haven.

Sun Haven

Sama seperti Stardew Valley, di game ini kamu juga bisa melakukan beberapa tugas ringan seperti farming, memasak, memancing, mengumpulkan resource, sampai bersosialisasi dengan karakter lain di game ini.

Bedanya, di sini kamu bisa memilih karakter kamu dari berbagai ras seperti Human, Demon, Angel, Elemental, Naga, and ras mirip hewan bernama Amari.

Selain itu game ini juga memasukan sedikit unsur RPG karena karakter kamu bisa naik level dan mendapatkan kekuatan dan skill yang bisa digunakan untuk melawan musuh dalam game ini. Namun sebelum melakukannya, kamu bisa bersantai terlebih dahulu dan membangun kota kamu agar kembali ke masa kejayaannya.

10. Moonlighter

Moonlighter adalah game indie yang dirilis pada tahun 2018. Game ini sendiri mungkin akan sedikit berbeda dari Stardew Valley karena lebih mengedepankan aspek shopkeeping dan petualangan seru melawan musuh.

Moonlighter

Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai penjaga toko yang bertugas untuk mendapatkan uang dengan menjual potion, senjata, atau armor. Namun di malam hari, kamu akan menjadi seorang petualang dan mengeksplorasi dungeon, melawan musuh, dan mendapatkan beragam harta karun.

Meski tidak ada unsur farming yang khas di Stardew Valley, game ini tetap menawarkan tantangan manajemen saat kamu mengurus toko dan mengembangkan usahamu. Di malam hari, kamu pun bisa beraksi melawan banyak monster atau bahkan membuka portal ke dunia lainnya.

11. Animal Crossing: New Horizon

Animal Crossing: New Horizon jadi game yang mendapat sambutan meriah, terutama saat pandemi di mana semua orang dianjurkan untuk tetap di rumah. Dengan karakter yang lucu dan gameplay yang sangat santai, Animal Crosssing jadi game yang cocok untuk anak kecil namun tetap bisa dinikmati orang dewasa.

Jika kamu menyukai game Stardew Valley, kamu juga harus mencoba salah satu seri Animal Crossing seperti New Horizon. Di sini kamu bisa melakukan banyak hal seperti di Stardew Valley, namun tanpa batasan waktu ataupun pertempuran.

Tidak cuma bercocok tanam, di sini pun kamu bisa mendesain rumah, memancing, menangkap serangga, atau sekedar menjelajahi dunia Animal Crossing yang indah. Tidak cuma itu, kamu pun bisa berkunjung ke rumah temanmu bila kamu terhubung secara online lho!

12. Hokko Life

Jika kamu mencari game mirip Stardew Valley yang serupa dengan Animal Crossing: New Horizon, maka kamu perlu mencoba Hokko Life. Meski saat tulisan ini dibuat Hokko Life masih dalam tahap early access, game ini sudah mendapat sambutan yang luar biasa positif.

Hokko Life

Sama seperti Stardew Valley, di game ini kamu akan mendapatkan misi untuk mengubah desa kecil kamu menjadi sesuatu yang berbeda. Kamu pun bisa melakukan banyak hal mulai dari bercocok tanam, menangkap serangga, hingga mengumpulkan resources dari berbagai tempat di desa kamu.

Satu hal yang membuatnya unik adalah tingkat kreativitas yang ditawarkannya. Di sini kamu tidak hanya bisa 'membuat' sesuatu, namun juga merancang tampilannya. Dijamin ide-ide kreatif kamu bisa dituangkan dengan baik di dalam game ini!

13. Yonder: The Cloud Catcher Chronicles

Yonder: The Cloudcatcher Chronicles akan lebih cocok untuk kamu yang mencari alternatif Stardew Valley yang lebih condong ke open world RPG. Jadi jika kamu suka elemen farming dari Stardew Valley ditambah petualangan seru ala Zelda, maka game ini akan sangat cocok untuk kamu.

Yonder the Cloud Catcher Chronicles

Misi utama di game ini adalah untuk mengalahkan makhluk bernama Murk yang banyak berkeliaran di dunia game ini. Untuk melakukannya, kamu harus mengumpulkan sprites dan mempersiapkan diri dengan berbagai perlengkapan. Untuk melakukannya, kamu harus bercocok tanam, memancing, serta membuat item kamu sendiri. Dan sama seperti Stardew Valley, ada juga efek siang dan malam yang menjadi komponen penting di game ini.

Dibandingkan Stardew Valley, game ini mungkin lebih fokus pada aspek petualangannya. Sosialisasi dengan lingkungan sekitarnya pun sangat minim. Namun jika kamu ingin game yang lebih seru dan menenangkan, Yonder: The Cloudcatcher Chronicles bisa jadi opsi yang pas buat kamu.

 

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

GimTekno